Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI angkut 39.549 ton avtur untuk suplai Bandara YIA

    KAI angkut 39.549 ton avtur untuk suplai Bandara YIA

    Dengan meningkatnya kebutuhan energi penerbangan di YIA, peran kereta api sebagai tulang punggung distribusi logistik pun kian krusial,

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat telah mengangkut 39.549 ton avtur untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar penerbangan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sepanjang periode Januari hingga Mei 2025.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, adanya peningkatan pada volume angkutan bahan bakar pesawat udara (Avtur) dari Stasiun Cilacap menuju Stasiun Rewulu yang kemudian akan disuplai ke Bandara YIA.

    “Selama Januari hingga Mei 2025, total Avtur yang diangkut mencapai 39.549 ton atau 111.990,30 kiloliter (KL), meningkat 12,23 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.243 ton atau 99.797,06 KL,” kata Anne di Jakarta, Rabu.

    Bahan bakar itu berasal dari Kilang Cilacap dan diangkut menggunakan kereta api menuju Rewulu untuk kemudian disuplai ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

    Pengangkutan Avtur dilaksanakan secara rutin setiap dua hari sekali dengan satu rangkaian kereta khusus. Moda rel menjadi pilihan strategis karena mampu mengangkut dalam volume besar secara tepat waktu, efisien, dan lebih ramah lingkungan dibanding angkutan jalan raya.

    “Dengan meningkatnya kebutuhan energi penerbangan di YIA, peran kereta api sebagai tulang punggung distribusi logistik pun kian krusial,” ujarnya.

    Menurut Anne, peningkatan volume angkutan Avtur mencerminkan kepercayaan industri terhadap moda kereta api sebagai solusi logistik energi.

    “KAI hadir sebagai moda transportasi yang andal dan berkelanjutan, mendukung ekosistem penerbangan nasional secara menyeluruh,” tuturnya.

    Keterlibatan KAI dalam mendukung konektivitas udara tidak hanya melalui logistik, tetapi juga mobilitas penumpang. Layanan KA Bandara meliputi KA Bandara YIA dan KA Bandara Srilelawangsa di Medan mengalami pertumbuhan positif.

    Sepanjang Januari hingga Mei 2025, jumlah pelanggan KA Bandara mencapai 2.854.707 orang, naik dari 2.237.209 orang pada periode yang sama tahun 2024.

    Pertumbuhan ini, lanjut Anne, tak lepas dari meningkatnya pergerakan masyarakat menuju bandara-bandara utama.

    Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa selama Januari hingga April 2025, sebanyak 58.660 wisatawan mancanegara tiba melalui Bandara YIA.

    “Lonjakan ini turut berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan pasokan Avtur dan aksesibilitas darat yang efisien,” katanya pula.

    Dengan sinergi antara angkutan barang dan penumpang, KAI memainkan peran ganda dalam memperkuat konektivitas antarmoda.

    Di satu sisi, kereta barang menopang rantai pasok energi strategis seperti Avtur. Di sisi lain, KA Bandara menjembatani mobilitas masyarakat menuju pusat-pusat transportasi udara secara cepat dan nyaman.

    “Melalui penguatan layanan logistik dan penumpang ini, KAI terus menegaskan perannya sebagai bagian integral dari sistem transportasi nasional yang andal, terintegrasi, dan berorientasi masa depan,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KAI Temukan 1.268 Barang Tertinggal Selama 2025, Nilainya Capai Rp 1,9 M

    KAI Temukan 1.268 Barang Tertinggal Selama 2025, Nilainya Capai Rp 1,9 M

    Bogor

    PT KAI mendata sebanyak 1.268 barang diduga milik penumpang tertinggal di KRL dan area stasiun selama periode Januari-Mei 2025. Total nilai barang yang ditemukan mencapai Rp 1,9 miliar.

    “Selama periode Januari hingga Mei 2025, KAI Daop 1 Jakarta telah mengamankan sebanyak 1.268 item barang. Total nilai temuan barang di Lost and Found mencapai Rp 1.985.817.500,00,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, Senin (16/6/2025).

    Ixfan mengatakan, ribuan barang tertinggal tersebut berupa makanan, barang umum dan barang berharga. Dari total 1.268, sebanyak 1.046 di antaranya sudah dikembalikan ke pemilik.

    “(Barang yang ditemukan) di antaranya, 115 item makanan, 548 item barang umum, 528 item barang berharga. Dari jumlah tersebut, 1.046 barang telah dikembalikan kepada pemiliknya, sementara sisanya masih disimpan dan diamankan oleh KAI,” kata Ixfan.

    Ixfan menambahkan, barang yang ditemukan di KRL atau area stasiun dapat diambil di Pos Pengamanan KAI Daop 1 Jakarta yang tersebar di beberapa stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. Khusus untuk barang berupa makanan olahan, KAI menetapkan kebijakan bahwa apabila tidak diambil dalam waktu lebih dari 1×24 jam, maka barang tersebut akan dimusnahkan.

    “Semua barang temuan akan diberi label identifikasi, diverifikasi, dan dimasukkan ke dalam database Lost and Found milik KAI. Sistem ini memungkinkan pelacakan barang berdasarkan deskripsi atau ciri-ciri barang yang telah dilaporkan,” kata Ixfan.

    (sol/fca)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Strategi Baru Anti-Pelecehan Seksual di Kereta: CCTV hingga Sanksi Blacklist

    Strategi Baru Anti-Pelecehan Seksual di Kereta: CCTV hingga Sanksi Blacklist

    Liputan6.com, Jember – Upaya pencegahan terjadinya pelecehan seksual di ruang publik terus digalakkan berbagai pihak. Terbaru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan fitur terbaru ‘Female Seatmap’ untuk memberi rasa aman dan mencegah terjadinya pelecehan seksual di kereta. 

    Melalui fitur ini, calon penumpang perempuan mendapat ‘kekhususan’ yakni boleh memilih kursi di dalam kereta yang berdekatan dengan sesama perempuan. Hal ini diharapkan bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual selama perjalanan di dalam kereta api. “Jadi penumpang wanita dapat memilih tempat duduk yang bersebelahan dengan sesama wanita. Ini bisa diakses di website KAI, agar dalam perjalan lebih aman dan nyaman,” tutur Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, Kamis (12/6/2025).

    Selain itu, PT KAI juga telah menyiapkan kamera CCTV di setiap stasiun dan juga di dalam kereta api. Hal ini sebagai strategi pencegahan sekaligus alat bukti jika terjadi pelecehan seksual, baik di stasiun maupun di dalam kereta api. “Kami juga mendorong masyarakat yang tahu atau mengalami pelecehan seksual, agar melapor. Kami siap memberi pendampingan hukum dalam penanganan pelecean seksual kepada aparat penegak hukum. Kita juga sudah siagakan Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) di setiap stasiun maupun rangkaian kereta api,” sambungnya. 

    Setiap orang yang kedapatan melakukan pelecehan seksual, akan dilarang naik kereta api atau masuk ke stasiun. “Dan penumpang yang ketahuan (melakukan pelecegan seksual) akan kami black list,” sambungnya tanpa menjelaskan lama masa black list tersebut. 

    Sejauh ini, selama tahun 2025, belum pernah lagi terjadi laporan terjadinya pelecehan seksual di seluruh unit kerja atau kereta api yang ada di Daop 9 Jember yang meliputi Probolinggo hingga Banyuwangi. “Kalau di tahun 2024, ada satu kasus dan sudah kita dampingi melapor ke aparat penegak hukum, dan pelakunya kita black list,” pungkas Cahyo. 

    Sementara itu, Wakil Bupati Jember, Djoko Susanto yang turut hadir dalam kegiatan di Stasiun Jember mengapresiasi upaya PT KAI dalam mencegah terjadinya pelecehan seksual di ruang publik. “Kita akan berupaya untuk memperluas area pencegahan pelecehan seksual di ruang publik. Nanti kita akan libatkan juga aparat seperti polisi dan TNI. Keamanan dan kenyamanan serta pencegahan kekerasan seksual adalah tugas kita bersama,” kata Djoko.

  • KAI Daop 7 Madiun Lakukan Perbaikan Geometri di 6 Perlintasan Sebidang

    KAI Daop 7 Madiun Lakukan Perbaikan Geometri di 6 Perlintasan Sebidang

    Madiun (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun terus memperkuat komitmennya dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa kereta api. Sebagai bentuk nyata dari komitmen tersebut, Daop 7 Madiun secara intensif melakukan pemeliharaan dan peningkatan prasarana, khususnya pada perlintasan sebidang.

    Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, menyampaikan bahwa kegiatan perawatan prasarana merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk mengurangi potensi gangguan perjalanan kereta api. Salah satu fokus utama kali ini adalah perbaikan dan penggantian geometri jalur rel di sejumlah perlintasan sebidang atau JPL (Jalan Perlintasan Langsung).

    “Perawatan ini tidak hanya penting untuk keselamatan, tetapi juga demi menjaga kenyamanan para penumpang. Tim Jalan Rel dan Jembatan kami telah melaksanakan serangkaian perbaikan dan penggantian prasarana, termasuk rel, wesel, dan bantalan rel di wilayah Daop 7,” ungkap Zainul.

    Beberapa pekerjaan yang telah dilakukan antara lain:

    1. JPL 04 (Perlintasan Ngetrep) – Desa Ngetrep, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun

    2. JPL 13 (Bayem Taman) – Desa Bayem Taman, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan

    3. JPL 114 – Jalan Provinsi Madiun–Surabaya, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun

    4. JPL 111 – Desa Sugihwaras, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun

    5. JPL 26 – Desa Paron, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi

    6. JPL 35 (Kedunggalar) – Desa Pulorejo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi

    Dalam proses tersebut, KAI Daop 7 mengganti rel tipe R54, memperbarui wesel, serta menambah batu balas untuk meningkatkan stabilitas dan elastisitas jalur rel. Upaya ini merupakan bagian dari langkah antisipatif dalam menjaga kelancaran operasional kereta api.

    Selain itu, KAI juga mulai mengadopsi teknologi ramah lingkungan dengan mengganti bantalan kayu pada jembatan baja menggunakan bantalan sintetis. Inovasi ini dinilai lebih tahan lama, kuat, dan tidak bergantung pada sumber daya alam yang tidak terbarukan.

    “Penggunaan bantalan sintetis mendukung visi perusahaan dalam menjalankan prinsip pembangunan berkelanjutan sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs),” ujar Zainul.

    Dengan langkah strategis ini, KAI Daop 7 Madiun berharap dapat terus memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh pelanggan. [fiq/but]

  • Kereta Api Kelas Super Mewah Laris Manis, Jumlah Penumpang Melonjak – Page 3

    Kereta Api Kelas Super Mewah Laris Manis, Jumlah Penumpang Melonjak – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sepanjang Januari hingga Mei 2025, sebanyak 11.465 pelanggan telah memilih Suite Class Compartment sebagai moda perjalanan kereta api mereka.

    Resmi diluncurkan pada 10 Oktober 2023, produk ini langsung menjadi primadona bagi pelanggan yang mengutamakan kenyamanan, privasi, dan pengalaman perjalanan yang eksklusif.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba, mengatakan tren tertinggi terjadi pada April 2025 dengan 2.450 pelanggan, dan tetap terjaga pada Mei 2025 dengan 2.366 pelanggan. Minat masyarakat terhadap layanan ini terus menunjukkan pertumbuhan yang konsisten.

    “Lonjakan pelanggan Suite Class Compartment pada April 2025 yang mencapai 2.450 orang tak lepas dari momentum libur panjang Idul Fitri serta rangkaian cuti bersama yang dimulai sejak awal bulan, disusul libur kenaikan Yesus Kristus dan Paskah di pertengahan bulan,” kata Anne dalam keterangannya, Minggu (15/6/2025).

    Periode Liburan

    Dua periode long weekend besar dalam satu bulan mendorong peningkatan mobilitas masyarakat, baik untuk mudik, liburan, maupun perjalanan bisnis, sehingga mendorong permintaan terhadap layanan premium yang menawarkan kenyamanan privat selama menempuh perjalanan jarak jauh.

    Ia menegaskan bahwa Suite Class Compartment mampu membuka segmen pasar baru di industri perkeretaapian.

    “Kereta ini mampu menciptakan segmen pelanggan baru. Bahkan banyak penumpang rutin yang kini beralih menjadi pelanggan compartment karena mencari kenyamanan lebih selama perjalanan jarak jauh,” ujar Anne.

  • KAI Jakarta tutup 26 titik perlintasan liar di awal 2025

    KAI Jakarta tutup 26 titik perlintasan liar di awal 2025

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengadakan kampanye keselamatan di perlintasan sebidang JPL 81 Km 27+264, petak jalan Bekasi – Bekasi Timur, Sabtu (14/6/2025). ANTARA/PT KAI Daop 1 Jakarta

    KAI Jakarta tutup 26 titik perlintasan liar di awal 2025
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Sabtu, 14 Juni 2025 – 23:25 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta menutup 26 titik perlintasan liar di awal tahun 2025 untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan masyarakat.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Sabtu mengatakan KAI Jakarta juga melakukan 10 kali sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang dan 9 kali sosialisasi di sekolah-sekolah yang berdekatan dengan jalur kereta api.

    KAI di dalam sosialisasi mengingatkan bahwa kendaraan dan pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat menyeberang di perlintasan sebidang.

    Ixfan menyebut kebijakan Ini sudah diatur di dalam pasal 114 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    UU tersebut menyatakan pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai diturunkan, dan/atau ada isyarat lain, mendahulukan kereta api, dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.

    Ixfan juga mengingatkan setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, menyeret, menggerakkan, atau memindahkan bagian jalur kereta api, serta melakukan kegiatan yang dapat membahayakan perjalanan kereta api atau mengakibatkan kerusakan prasarana perkeretaapian.

    Pelanggaran terhadap ketentuan ini dapat dikenai sanksi pidana sesuai pasal 199 UU Nomor 23 Tahun 2007 berupa pidana penjara paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp15 juta.

    Adapun terkait sosialisasi menjaga kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api, KAI Jakarta kembali mengadakan kampanye keselamatan pada Sabtu ini.

    Kegiatan yang berlangsung di perlintasan sebidang JPL 81 Km 27+264, petak jalan Bekasi-Bekasi Timur tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya beraktivitas di sekitar jalur rel dan pentingnya disiplin berlalu lintas saat melintasi perlintasan sebidang.

    “Keselamatan adalah prioritas utama. Kampanye seperti ini kami lakukan secara rutin untuk mengedukasi masyarakat agar tidak bermain, melintas sembarangan, atau beraktivitas di jalur kereta api,” ujar Ixfan.

    Sumber : Antara

  • Argo Sindoro & Argo Muria Pakai Rangkaian Stainless Steel New Generation Besok

    Argo Sindoro & Argo Muria Pakai Rangkaian Stainless Steel New Generation Besok

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan KA Argo Sindoro dan KA Argo Muria dengan rangkaian Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation yang mulai melayani pelanggan pada 15 Juni 2025.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan, pengoperasian dua layanan unggulan relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp dengan sarana baru ini merupakan bagian dari transformasi layanan KAI secara menyeluruh.

    “Melalui penggunaan Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation, pelanggan Argo Sindoro dan Argo Muria kini dapat merasakan perjalanan yang lebih nyaman dan modern,” ungkap Anne dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/6/2025).

    Jadwal Perjalanan KA Argo Muria dan KA Argo Sindoro

    A. Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng

    1. KA Argo Muria (KA 20)
    Berangkat Gambir: 07:15 WIB, tiba Semarang Tawang Bank Jateng: 12:25 WIB

    2. KA Argo Muria (KA 22)
    Berangkat Gambir: 22:40 WIB, tiba Semarang Tawang Bank Jateng: 03:55 WIB

    3. KA Argo Sindoro (KA 18)
    Berangkat Gambir: 16:45 WIB, tiba Semarang Tawang Bank Jateng: 21:55 WIB

    Argo Sindoro & Argo Muria Pakai Rangkaian Stainless Steel New Generation Foto: Dok. KAI

    B. Relasi Semarang Tawang Bank Jateng- Gambir

    1. KA Argo Sindoro (KA 17)
    Berangkat Semarang Tawang Bank Jateng: 07:00 WIB, tiba Gambir: 12:10 WIB

    2. KA Argo Muria (KA 21)
    Berangkat Semarang Tawang Bank Jateng: 17:00 WIB, tiba Gambir: 22:11 WIB

    3. KA Argo Sindoro (KA 19)
    Berangkat Semarang Tawang Bank Jateng: 22:40 WIB, tiba Gambir: 03:50 WIB

    Beragam keunggulan dihadirkan dalam rangkaian Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation. Desain eksteriornya menggunakan material baja nirkarat (stainless steel) modern yang lebih kuat dan tahan korosi, mendukung usia operasional sarana yang lebih panjang.

    Dari sisi kenyamanan, rangkaian ini dilengkapi dengan Passenger Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi perjalanan secara real-time, serta pintu otomatis elektrik dengan teknologi peredam suara, menciptakan kabin yang lebih tenang. Kursi penumpang didesain ergonomis dengan legroom luas dan footrest individual, memberikan kenyamanan ekstra selama perjalanan.

    Untuk performa operasional, rangkaian ini menggunakan boogie tipe K10 yang memberikan stabilitas optimal dengan kecepatan maksimal hingga 120 km/jam. Setiap kursi dibekali fasilitas pengisian daya ganda berupa stop kontak konvensional dan port USB. Sementara itu, sambungan antargerbong mengadopsi sistem corrugated below yang lebih stabil, aman, dan minim getaran.

    “Peningkatan layanan di KA Argo Sindoro dan Argo Muria ini sekaligus menjadi bagian dari realisasi program pengadaan sarana Kereta Stainless Steel New Generation yang tengah dijalankan KAI secara bertahap. Hingga 13 Juni 2025, KAI telah menerima 29 rangkaian kereta atau setara 314 unit dari total rencana pengadaan 612 unit kereta baru. Dengan capaian ini, program pengadaan telah terealisasi sebesar 51,31% dari target hingga 2026,” beber Anne.

    Argo Sindoro & Argo Muria Pakai Rangkaian Stainless Steel New Generation Foto: Dok. KAI

    Anne menambahkan, realisasi pengadaan Stainless Steel New Generation ini terus menunjukkan progres positif. Selain meningkatkan standar layanan, program ini juga memperkuat kemandirian industri perkeretaapian nasional karena seluruh rangkaian diproduksi oleh PT INKA (Persero).

    Tak hanya pengadaan baru, KAI juga melakukan percepatan peremajaan sarana melalui optimalisasi modifikasi kereta existing di Balai Yasa Manggarai. Hingga saat ini, sudah terdapat 92 unit kereta hasil modifikasi menjadi New Generation yang telah selesai dikerjakan.

    Modernisasi sarana ini diharapkan mampu memperluas jangkauan layanan kereta api nasional sebagai moda transportasi publik yang andal, modern, serta adaptif terhadap kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia.

    “Dengan hadirnya rangkaian Eksekutif Stainless Steel New Generation di Argo Sindoro dan Argo Muria, KAI menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan transportasi yang terus relevan dengan perkembangan zaman, serta meningkatkan kenyamanan pelanggan di setiap perjalanan,” tutup Anne.

    (ily/ara)

  • Aset negara berupa tanah ribuan meter diselamatkan PT KAI Jakarta

    Aset negara berupa tanah ribuan meter diselamatkan PT KAI Jakarta

    Petugas membersihkan puing-puing bangunan dari pihak-pihak tak bertanggung jawab yang menguasai lahan milik negara. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta menyelamatkan aset negara seluas lebih dari 17.000 meter persegi dan sejumlah bangunan sejak lima bulan terakhir tahun 2025. ANTARA/HO-PT KAI Daop 1 Jakarta

    Aset negara berupa tanah ribuan meter diselamatkan PT KAI Jakarta
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Sabtu, 14 Juni 2025 – 12:00 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta menyelamatkan aset negara seluas lebih dari 17.000 meter persegi (m2) serta sejumlah bangunan dari penguasaan dan penggunaan tanpa hak oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.  Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Sabtu, mengatakan, upaya ini dilakukan secara bertahap selama periode Januari hingga Mei 2025 di berbagai wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

    “Selama lima bulan pertama tahun ini, kami telah mengamankan tanah seluas 17.094,75 m² dan bangunan seluas 7.031,99 m², dengan total nilai aset mencapai lebih dari Rp105 miliar,” kata dia.

    Kegiatan penyelamatan aset dilakukan di 11 titik lokasi yang tersebar di sejumlah kota/kabupaten dalam wilayah kerja Daop 1 Jakarta, seperti Serang, Bogor, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Adapun pada Januari, penyelamatan aset dilakukan di tiga titik lokasi meliputi tanah seluas 3.212 m² dan bangunan seluas 486,5 m² dengan total nilai aset Rp16.092.784.000,-.

    Lalu, pada Februari di satu titik, meliputi tanah seluas 5.465 m² dan bangunan 1.172,79 m², dengan nilai aset Rp7.011.359.640,-. Kemudian, pada Maret di satu titik, yakni tanah seluas 702 m² dengan nilai aset Rp5.233.410.000,-. Selanjutnya pada April di dua titik meliputi tanah seluas 710 m² dan bangunan 105 m2 dengan nilai aset Rp10.466.820.000,-.

    Sementara pada Mei di empat titik termasuk tanah seluas 7.639 m² dan bangunan 5.428 m² dengan nilai aset Rp70.812.835.000,-. BUMN bidang transportasi publik tersebut akan terus melanjutkan program penyelamatan aset secara berkelanjutan agar tidak ada lagi aset milik negara yang dikuasai secara ilegal.

    “Ini juga bagian dari komitmen kami dalam mendukung transformasi dan optimalisasi aset BUMN,” kata Ixfan.

    Sumber : Antara

  • Tambahan 2 Kereta, Kini Ada 5 KRL Baru di Jalur Bogor dan Cikarang
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Juni 2025

    Tambahan 2 Kereta, Kini Ada 5 KRL Baru di Jalur Bogor dan Cikarang Megapolitan 14 Juni 2025

    Tambahan 2 Kereta, Kini Ada 5 KRL Baru di Jalur Bogor dan Cikarang
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT KAI Commuter kembali menambah dua rangkaian kereta rel listrik (KRL)
    commuter line
    untuk Bogor dan Cikarang Line.
    Kedua KRL ini dioperasikan mulai hari ini, Sabtu (14/6/2025), setelah melalui proses sertifikasi keselamatan dan kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.
    Dengan adanya penambahan dua
    trainset,

    KRL baru
    CLI-125 yang beroperasi di Jabodetabek kini ada lima rangkaian.
    “Hingga saat ini, KAI Commuter telah mengoperasikan sebanyak lima
    trainset
    CLI-125 yang terdiri dari tiga
    trainset
    di Lintas Bogor dan dua trainset Lintas Cikarang dengan seluruhnya SF12,” ujar Manager Public Relations KAI Commuter Leza Arlan dalam keterangan tertulis, Sabtu.
    SF12 artinya adalah satu
    trainset
    terdiri dari 12 gerbong. Sebelumnya, tiga KRL baru telah lebih dulu diluncurkan pada 1 juni 2025.
    Leza menegaskan, pengoperasian KRL baru ini untuk menggantikan dua
    trainset
    yang beroperasi di lintas tersebut, bukan menambah perjalanan kereta.
    Sebagai informasi, sepanjang Juni 2025 ini rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari kerja hampir 1 juta orang.
    Rata-rata pengguna pada lintas Bogor sebanyak 406.347 orang per harinya dan pada lintas Cikarang sebanyak 221.468 orang per harinya.
    Sedangkan untuk pengguna pada saat
    weekend
    di lintas Bogor pada bulan Juni di angka 311.533 orang.
    Sementara itu, di lintas Cikarang jumlah pengguna pada akhir pekan mencapai 179.046 orang.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 2 KRL Baru Beroperasi di Jalur Bogor dan Cikarang Mulai Hari Ini
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Juni 2025

    2 KRL Baru Beroperasi di Jalur Bogor dan Cikarang Mulai Hari Ini Megapolitan 14 Juni 2025

    2 KRL Baru Beroperasi di Jalur Bogor dan Cikarang Mulai Hari Ini
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT KAI Commuter menambah dua rangkaian
    KRL baru
    CLI-125 di lintas Bogor dan Cikarang pada akhir pekan ini, Sabtu (14/6/2025).
    Penambahan sarana baru ini dilakukan setelah dua rangkaian tersebut dinyatakan lulus sertifikasi keselamatan dan kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.
    Manager Public Relations KAI Commuter Leza Arlan menjelaskan, kedua rangkaian baru tersebut masing-masing terdiri dari 12 kereta atau satuan formasi SF12.
    “Untuk dua
    trainset
    beroperasi hari ini, masing-masing dijalankan di Lintas Bogor dan Lintas Cikarang,” ujar Leza dalam keterangannya, Sabtu.
    Dengan demikian, ada lima rangkaian CLI-125 yang telah beroperasi di Jabodetabek. Sebanyak tiga di antaranya melayani lintas Bogor dan dua lainnya beroperasi di lintas Cikarang.
    Namun, pengoperasian sarana baru ini bukan untuk menambah jumlah perjalanan, melainkan menggantikan rangkaian lama yang sebelumnya digunakan di lintas tersebut.
    “Pengoperasian trainset baru CLI-125 ini untuk menggantikan dua
    trainset
    yang beroperasi di lintas tersebut dan belum untuk tambahan perjalanan,” jelas dia.
    Rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari kerja selama Juni 2025 tercatat hampir mencapai 1 juta orang.
    Dari jumlah tersebut, pengguna di lintas Bogor tercatat sebanyak 406.347 orang per hari, sementara di lintas Cikarang sebanyak 221.468 orang.
    Sedangkan pada akhir pekan, volume pengguna di lintas Bogor tercatat mencapai 311.533 orang, dan lintas Cikarang sebanyak 179.046 orang.
    Melihat jumlah pengguna KRL yang banyak, Leza mengimbau kepada seluruh penumpang untuk menjaga fasilitas kereta.
    “Bagi pengguna Commuter Line yang akan menggunakan sarana KRL baru ini diimbau untuk menjaga fasilitas layanan yang tersedia di dalam kereta dengan tidak melakukan aksi vandalisme,” ucap dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.