Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI sajikan “Balon Jumbo Dolan Jogja” sambut pengguna dan wisatawan

    KAI sajikan “Balon Jumbo Dolan Jogja” sambut pengguna dan wisatawan

    Maka, sambutan seperti ini kami hadirkan sebagai bagian dari pengalaman pelanggan yang lebih humanis dan dekat.

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkolaborasi dengan Visinema menghadirkan Balon Jumbo Dolan Jogja setinggi 10 meter di depan Stasiun Yogyakarta untuk menyambut pengguna kereta dan wisatawan selama 18-30 Juni 2025.

    Berada tepat di halaman depan stasiun yang berhadapan langsung dengan kawasan Malioboro Yogyakarta, instalasi itu menjadi daya tarik visual sekaligus simbol keramahan KAI kepada masyarakat.

    “Area depan Stasiun Yogyakarta adalah titik temu penting pelanggan, wisatawan, dan warga. Kami ingin menyambut mereka dengan cara yang lebih segar dan menyenangkan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba, di Jakarta, Jumat.

    Balon raksasa karakter Don itu bisa dikunjungi dua sesi setiap hari, yakni pukul 06.00-13.00 WIB dan 15.00-23.00 WIB.

    KAI mencatat pertumbuhan penumpang di Stasiun Yogyakarta menunjukkan peningkatan signifikan. Sepanjang 2024, jumlah penumpang naik mencapai 2.956.012 orang atau naik 13,7 persen dibanding tahun 2023. Penumpang turun juga meningkat sebesar 12,9 persen menjadi 2.902.443 orang.

    Tren positif itu berlanjut di tahun 2025. Periode Januari-Mei mencatat 1.164.550 penumpang naik dan 1.141.300 penumpang turun. Angka itu mencerminkan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan perjalanan yang paling diminati, khususnya saat masa liburan sekolah.

    Tak hanya melayani KA Jarak Jauh, Stasiun Yogyakarta juga menjadi simpul utama untuk layanan perkotaan. Commuter Line Yogyakarta mencatat peningkatan pelanggan dari 727.895 orang pada Januari-Mei 2024 menjadi 780.878 pada periode yang sama 2025.

    KA Prameks juga naik signifikan menjadi 207.325 penumpang dari sebelumnya 179.335.

    Akses ke Bandara YIA juga semakin mudah dengan KA Bandara. Sepanjang 2024, layanan ini mencatat 2.730.791 penumpang. Sementara dalam empat bulan pertama 2025, sebanyak 888.653 orang telah memanfaatkan layanan ini.

    Oleh karena itu, menurut Anne, kehadiran balon jumbo itu menjadi bagian dari komitmen KAI untuk menghadirkan pengalaman yang berkesan sejak pelanggan tiba di stasiun. Tak sekadar perjalanan, KAI ingin menjadi bagian dari momen menyenangkan yang dialami pelanggan.

    “Kami percaya bahwa perjalanan terbaik dimulai dari suasana yang baik juga. Maka, sambutan seperti ini kami hadirkan sebagai bagian dari pengalaman pelanggan yang lebih humanis dan dekat,” kata Anne pula.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KRL baru China CRRC CLI-125 tawarkan kenyamanan dan teknologi modern

    KRL baru China CRRC CLI-125 tawarkan kenyamanan dan teknologi modern

    Jakarta (ANTARA) – Kehadiran rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) terbaru buatan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) dengan kode CLI-125 mendapat sambutan positif dari masyarakat pengguna Commuter Line Jabodetabek.

    Rangkaian CRRC CLI-125 akan dioperasikan penuh secara bertahap, mencakup seluruh perlintasan padat seperti Bogor-Jakarta Kota, Bekasi-Manggarai, hingga Rangkasbitung-Tanah Abang.

    PT KAI Commuter menegaskan bahwa evaluasi menyeluruh akan terus dilakukan guna memastikan kesiapan teknis dan kenyamanan pengguna sebelum seluruh unit dioperasikan secara reguler.

    Sejak menjalani uji coba operasional beberapa waktu lalu, antusiasme masyarakat terus meningkat, terutama di kalangan railfans dan pengguna harian KRL.

    Rangkaian CRRC CLI-125, yang merupakan bagian dari upaya modernisasi armada oleh PT KAI Commuter, menarik perhatian karena desainnya yang futuristik serta fitur-fitur modern yang belum ada di armada sebelumnya.

    Dilengkapi dengan penyejuk udara (AC) yang lebih dingin, pencahayaan LED hemat energi, dan sistem informasi penumpang digital, CLI-125 menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan informatif.

    Tidak butuh waktu lama, peluncuran ini juga menjadi viral di dunia maya. Tagar#CRRCCLI125, #CRRCCLI125Jabodetabek, #KeretaCepatKita, dan #CepatNyamanAman langsung merajai daftartrendingdi media sosial X dan Instagram.

    Video-video perjalanan CLI-125 banyak diunggah oleh penumpang yang merekam suasana dalam kabin: kursi ergonomis, pencahayaan futuristik, layar informasi digital, hingga suara mesin yang senyap. Tak sedikit pula yang menyebut bahwa CRRC CLI-125 membawa napas baru bagi transportasi massal di Jabodetabek.

    “(Perjalanan) tadi enak banget, suaranya halus,terasa kedap suara dari dalam. Rasanya seperti naik Whoosh. AC-nya dinginbanget,” ujar Kerim Nurhuda (27), pengguna harian KRL, kepada Xinhua saat diwawancarai di Stasiun Jakarta Kota pada Selasa (17/6).

    Sebagai informasi, rangkaian CRRC CLI-125 merupakan bagian dari 16 set KRL baru yang dipesan oleh Indonesia dari China. PT KAI Commuter menyatakan bahwa armada ini akan secara bertahap menggantikan KRL lama yang sudah berusia lebih dari 20 tahun.

    “Pengadaan rangkaian CRRC CLI-125 merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna KRL Jabodetabek. Kami mengutamakan kenyamanan, efisiensi energi, serta pengalaman perjalanan yang lebih baik,” ujar Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resminya.

    CRRC CLI-125 Jabodetabek bukan hanya kereta, tetapi juga simbol transformasi dan kerja sama mendalam antara Indonesia dan China. Warga menyambutnya bukan sekadar sebagai alat transportasi, melainkan perwujudan mimpi, yakni mimpi tentang mobilitas yang adil, modern, dan bermartabat.

    Dengan respons positif masyarakat, diharapkan kehadiran CLI-125 menjadi tonggak baru dalam transformasi layanan transportasi publik yang lebih baik, nyaman, dan modern di Indonesia.

    Pewarta: Xinhua
    Editor: Junaydi Suswanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Angkutan Batu Bara Jadi Tulang Punggung KAI Logistik

    Angkutan Batu Bara Jadi Tulang Punggung KAI Logistik

    Jakarta

    KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih sertifikat pemeringkatan untuk periode 14 Mei 2025 sampai 1 Mei 2026 dengan peringkat AA (Double A; Stable Outlook) atau kategori sehat. Sertifikat itu dikeluarkan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

    Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah mengatakan peringkat AA ini mencerminkan komitmen KAI Logistik dalam menjaga kesehatan keuangan. Selain itu sebagai refleksi dari proyek strategis yang sedang dijalankan untuk memperkuat rantai pasok nasional, khususnya dalam komoditas batu bara dan pengembangan infrastruktur logistik.

    “Peringkat AA ini bukan hanya pengakuan terhadap performa keuangan KAI Logistik, tetapi juga refleksi dari proyek-proyek strategis yang tengah kami jalankan untuk memperkuat rantai pasok nasional, khususnya dalam komoditas batu bara dan pengembangan infrastruktur logistik,” kata Fredi dalam keterangan tertulis, Jumat (20/6/2025).

    Saat ini, KAI Logistik sedang merampungkan beberapa proyek strategis untuk akselerasi kinerja di antaranya Coal Unloading Terminal Kramasan. Proyek pengembangan terminal bongkar muat batu bara di Kramasan, Sumatra Selatan menjadi salah satu proyek penting dengan potensi volume mencapai lebih dari 17 juta per tahun dan akan menjadi simpul strategis dalam distribusi batu bara.

    Batu bara disebut masih menjadi tulang punggung performa perusahaan. Selain Coal Unloading Terminal Batu Bara ini, KAI Logistik juga tengah mengembangkan layanan pengelolaan container yard Sumatra Selatan.

    Pengembangan jaringan stasiun muat berbasis Container Yard di Sumatera Selatan melayani area muat batu bara dengan kapasitas awal 1-1,5 juta ton per tahun dan mampu mencapai kapasitas maksimal sebesar 4 juta ton per tahun. Proyek ini memperkuat layanan angkutan batu bara berbasis kereta api di wilayah Sumatra Selatan sebagai solusi logistik yang efisien.

    Selain batu bara, KAI Logistik juga fokus pada pengembangan pergudangan. Pihaknya mengembangkan fasilitas pergudangan modern di Pulau Jawa untuk mendukung layanan logistik terintegrasi.

    Sejalan dengan berbagai inisiatif strategis tersebut, KAI Logistik memproyeksikan pertumbuhan CAGR (Compound Annual Growth Rate) proyeksi pendapatan sebesar 10,4% dengan target pendapatan sebesar Rp 1,8 triliun pada tahun 2029, diikuti dengan CAGR proyeksi volume produksi sebesar 11,8% dengan target volume mencapai 47,2 juta ton pada tahun yang sama.

    “KAI Logistik akan terus berinovasi untuk menciptakan solusi logistik yang efisien, ramah lingkungan, serta memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. Peringkat AA ini menjadi pijakan penting untuk mewujudkan visi sebagai perusahaan logistik terdepan di Indonesia,” pungkasnya.

    (aid/ara)

  • Libur Sekolah, KAI Tambah Gerbong KA Rajabasa Relasi Tanjungkarang-Kertapati

    Libur Sekolah, KAI Tambah Gerbong KA Rajabasa Relasi Tanjungkarang-Kertapati

    Liputan6.com, Lampung – Menyambut musim libur sekolah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang resmi menambah jumlah rangkaian kereta pada KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati pulang-pergi (PP). Penambahan itu berlaku selama periode 13 Juni hingga 13 Juli 2025. Dalam kurun waktu tersebut, jumlah kereta ekonomi (K3) pada KA Rajabasa ditingkatkan dari 5 menjadi 8 gerbong.

    “Dengan penambahan ini, kapasitas tempat duduk per perjalanan meningkat signifikan dari 530 menjadi 848 kursi,” kata Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari melalui keterangan, Sabtu (14/6/2025).

    Zaki menyatakan bahwa langkah itu dilakukan setelah pihaknya mendapatkan izin resmi dari Kementerian Perhubungan. Tak hanya itu, KAI juga telah membuka penjualan tiket untuk rangkaian tambahan tersebut, sejak Jumat (13/6/2025).

    Lebih lanjut, Zaki mengimbau masyarakat untuk membeli tiket perjalanan hanya melalui saluran resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI atau datang langsung ke stasiun terdekat. “Langkah ini penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam merencanakan perjalanan, serta menghindari risiko penipuan atau kendala teknis dari pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab,” jelas dia.

    Dia menerangkan, untuk calon penumpang supaya lebih cermat saat melakukan pemesanan tiket, mulai dari memasukkan tanggal keberangkatan, rute perjalanan, hingga data diri. Menurut dia, hal tersebut krusial demi kelancaran perjalanan, termasuk memperhitungkan waktu tempuh menuju stasiun agar tidak tertinggal kereta.

  • KAI Beri Diskon 20% Selama Jakarta Fair, Cek Perjalanannya!

    KAI Beri Diskon 20% Selama Jakarta Fair, Cek Perjalanannya!

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI memberikan potongan harga khusus sebesar 20% untuk perjalanan kereta api komersial kelas Eksekutif dan Bisnis dalam rangka menyemarakkan Jakarta Fair Kemayoran 2025

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal yang aman, nyaman, dan efisien.

    Promo ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk terus hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui berbagai momentum strategis, termasuk keikutsertaan dalam perhelatan tahunan terbesar di ibu kota. 

    “Potongan harga ini berlaku untuk pembelian langsung di booth KAI selama Jakarta Fair Kemayoran 2025, yang digelar mulai 19 Juni hingga 13 Juli 2025,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/6/2025).

    Anne juga menjelaskan bahwa program ini tak hanya menjadi sarana promosi, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi aktif KAI dalam mendorong mobilitas nasional dan memperkuat pariwisata domestik melalui penyediaan layanan transportasi berkualitas. 

    “Jakarta Fair adalah momen yang dinantikan jutaan pengunjung. Kami ingin memberi nilai tambah bagi masyarakat yang hadir dengan memberikan kemudahan akses perjalanan menggunakan kereta api,” ujar Anne.

    Adapun tarif diskon 20% ini hanya dapat diperoleh secara langsung di booth KAI yang berada di area Jakarta Fair, selama acara berlangsung. 

    Tiket yang dibeli berlaku untuk keberangkatan hingga H-45 dari tanggal pembelian, dengan ketersediaan sesuai kuota yang disediakan.

    Diskon ini berlaku untuk perjalanan menggunakan kereta api komersial kelas Eksekutif dan Bisnis di Pulau Jawa dan Sumatera. 

    Namun demikian, tiket promo ini tidak berlaku untuk layanan premium seperti Kereta Kompartemen, Luxury, Priority, Imperial, Panoramic, dan kereta wisata lainnya.

    Anne menambahkan bahwa promo ini juga memiliki ketentuan tambahan, seperti tidak berlaku pada tarif khusus serta tidak dapat digabungkan dengan diskon atau reduksi lainnya. 

    Namun, tiket yang dibeli tetap dapat dibatalkan atau diubah jadwal sesuai regulasi yang berlaku.

    “KAI ingin menghadirkan pengalaman bepergian yang tak hanya efisien, tapi juga menyenangkan. Kami mengajak masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan potongan harga ini, khususnya bagi mereka yang hendak berlibur, pulang kampung, atau mengunjungi destinasi budaya dan kuliner di berbagai wilayah,” lanjut Anne.

  • KAI Logistik Raih Peringkat AA dari Pefindo – Page 3

    KAI Logistik Raih Peringkat AA dari Pefindo – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), berhasil meraih peringkat AA (Double A; Stable Outlook) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) untuk periode 14 Mei 2025 – 1 Mei 2026.

    Peringkat ini menandakan kemampuan keuangan perusahaan yang sangat kuat dan stabil dalam memenuhi komitmen jangka panjang.

    Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyatakan, pencapaian peringkat AA ini mencerminkan komitmen kuat KAI Logistik dalam menjaga kesehatan keuangan, mengelola risiko secara cermat, dan terus mengembangkan layanan logistik yang inovatif.

    “Peringkat AA ini bukan hanya pengakuan terhadap performa keuangan KAI Logistik, tetapi juga refleksi dari proyek-proyek strategis yang tengah kami jalankan untuk memperkuat rantai pasok nasional, khususnya dalam komoditas batu bara dan pengembangan infrastruktur logistik,” kata dia, Kamis (19/6/2025).

    Proyek Strategis: Coal Unloading Terminal Kramasan Jadi Andalan

    Salah satu proyek unggulan yang tengah digarap KAI Logistik adalah pengembangan Coal Unloading Terminal di Kramasan, Sumatra Selatan.

    Terminal bongkar muat batu bara ini memiliki potensi volume pengangkutan lebih dari 17 juta ton per tahun, menjadikannya simpul penting dalam distribusi batu bara nasional.

    Langkah ini dinilai strategis untuk memperkuat ekosistem logistik berbasis kereta api dan meningkatkan efisiensi dalam distribusi energi nasional.

     

  • KA Ambarawa Tabrak Truk Tangki Air di Lamongan, 1 Orang Tewas

    KA Ambarawa Tabrak Truk Tangki Air di Lamongan, 1 Orang Tewas

    Liputan6.com, Lamongan – Seorang sopir truk tangki pengangkut air meninggal dunia setelah truknya ditabrak Kereta Api (KA) Ambarawa Ekspres relasi Surabaya-Semarang di Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan.

    Insiden yang terjadi di perlintasan kereta api tanpa penjagaan tersebut terjadi pukul 14.18 WIB di jalur perlintasan 308a KM 183+1/2 antara Stasiun Lamongan dan Stasiun Surabayan.

    Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan setelah insiden tabrakan kereta itu KA Ambarawa harus berhenti luar biasa (BLB) guna dilakukan pemeriksaan.

    “Saat KA Ambarawa melintas, terjadi tabrakan dengan truk tangki yang mengakibatkan pengemudi truk meninggal dunia. Kereta pun harus berhenti luar biasa (BLB) untuk pemeriksaan sarana,” kata  Rabu (18/6/2025).

    Arif menjelaskan, hasil pemeriksaan menunjukkan terjadi kerusakan pada lokomotif KA Ambarawa Eskpres, kereta penumpang, kereta makan, dan kereta pembangkit.

    Setelah dinyatakan aman oleh petugas, KA Ambara Ekspres kembali melanjutkan perjalanan menuju Semarang dengan durasi keterlambatan sekitar 44 menit.

    “KAI memohon maaf atas keterlambatan dan telah menyiapkan layanan service recovery bagi penumpang,” jelas Arif.

     

    Enam gajah liar, termasuk empat bayi gajah, tewas dalam kecelakaan tragis saat sebuah kereta penumpang menabrak kawanan mereka di dekat Taman Nasional Minneriya, Sri Lanka.

  • Kemenhub dan KAI Daop 1 Jakarta perkuat integrasi transportasi

    Kemenhub dan KAI Daop 1 Jakarta perkuat integrasi transportasi

    Jakarta (ANTARA) – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta berkomitmen memperkuat layanan transportasi perkeretaapian yang terintegrasi dan berkelanjutan.

    DJKA Kemenhub melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung (BTP Bandung) bersama PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta siap melaksanakan uji coba pengoperasian skybridge yang menghubungkan Stasiun Bogor Paledang dengan Stasiun Bogor.

    “Uji coba operasi skybridge ini mulai dilaksanakan pada Rabu, 18 Juni 2025, dalam rangka mewujudkan layanan transportasi perkeretaapian yang terintegrasi dan berkelanjutan,” kata Kepala BTP Kelas I Bandung Endang Setiawan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

    Dia menyampaikan uji coba operasi skybridge itu merupakan bagian dari upaya peningkatan kenyamanan dan keamanan pengguna kereta api, khususnya dalam mendukung perpindahan penumpang dari dan menuju layanan KA Pangrango dan KRL Commuter Line.

    “Pembangunan skybridge ini merupakan wujud dari program Transit Oriented Development (TOD) yang bertujuan untuk mengoptimalkan akses transportasi publik,” ujarnya,

    Hal itu dilakukan agar dapat menunjang daya angkut penumpang, terutama dalam mendukung proses transit penumpang KRL Bogor Line dari Stasiun Bogor ke Stasiun Bogor Paledang dan sebaliknya.

    Endang juga menambahkan mulai 16 Juni 2025, seluruh aktivitas naik-turun penumpang KA Pangrango akan terpusat di Stasiun Bogor Paledang.

    “Kami mohon penumpang KA Pangrango dapat menyesuaikan perjalanannya ke depan,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa uji coba operasi skybridge sebelumnya dimulai pada 18 Juni 2025 pada pengoperasian skybridge tahap I.

    Kepada penumpang KA Pangrango yang akan melanjutkan perjalanan menggunakan KRL dapat melakukan tap in melalui skybridge untuk masuk ke Stasiun Bogor.

    Sebaliknya, penumpang KRL yang akan melanjutkan perjalanan dengan KA Pangrango dapat melakukan tap out melalui skybridge dan membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI.

    Skybridge sepanjang 200 meter ini tidak hanya menghubungkan dua stasiun kereta, tetapi juga langsung terintegrasi dengan Alun-alun Kota Bogor. Dengan kapasitas harian mencapai lebih dari 530 ribu penumpang, skybridge ini diharapkan menjadi penghubung vital bagi mobilitas masyarakat.

    Berdasarkan pantauan data internal, pada kondisi normal jumlah rata-rata penumpang KA Pangrango di Stasiun Bogor mencapai sekitar 800 hingga 1.600 penumpang per hari, baik yang naik maupun turun.

    Sementara itu, di Stasiun Bogor Paledang, rata-rata penumpang KA Pangrango berkisar 200 hingga 400 penumpang per hari. Secara keseluruhan, selama periode lima bulan terakhir (Januari hingga Mei 2025), Stasiun Bogor dan Stasiun Bogor Paledang telah melayani sebanyak 333.148 penumpang naik dan turun.

    Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta melalui Ixfan Hendriwintoko menyampaikan pihaknya sangat mendukung pengoperasian skybridge ini.

    “Kami berharap prasarana yang masih perlu disempurnakan dapat segera ditindaklanjuti agar saat pengoperasian, seluruh fasilitas berfungsi optimal,” kata Ixfan.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Maruarar Minta KPK Pastikan Lahan Rampasan Korupsi Buat Perumahan Rakyat Clean & Clear

    Maruarar Minta KPK Pastikan Lahan Rampasan Korupsi Buat Perumahan Rakyat Clean & Clear

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mencakup sejumlah poin kesepakatan, di antaranya terkait dengan pemanfataan barang rampasan. 

    MoU itu ditandatangani oleh Maruarar dan pimpinan KPK pada pertemuan yang digelar hari ini, Rabu (18/6/2025). Dia menjelaskan bahwa terdapat lima poin MoU yang ditandatangani seperti pertukaran informasi dan data serta pencegahan korupsi.

    Kemudian, peningkatan kapasitas SDM Kementerian PKP, pemanfaatan barang rampasan serta sosialisasi antikorupsi. Adapun mengenai pemanfaatan barang rampasan itu turut mencakup soal potensi penggunaan aset tanah rampasan tindak pidana korupsi guna pembangunan perumahan rakyat. 

    Ara, sapaannya, meminta kepada KPK agar lahan rampasan itu bisa clean and clear atau dipastikan tidak ditinggali oleh masyarakat. Hal itu guna menghindari adanya sengketa.   

    “Kalau boleh juga nanti yang diberikan kepada kami kalau bisa yang agak clear and clean. Karena cukup banyak tanah negara kita ini betul secara hukum tanah negara, tapi di atasnya sudah banyak yang tinggal di situ,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (18/6/2025).

    Sampat saat ini, katanya, belum ada pembahasan secara spesifik mengenai berapa atau lahan rampasan mana saja yang diperkirakan bisa untuk program perumahan rakyat. Namun, dia memastikan KPK sudah mulai memproses hal tersebut. 

    “Karena kan kami ada isu soal waktu nih biar cepat dan kalau bisa tidak perlu lagi ini kita tinggal nanti bagaimana prosedurnya. Tapi lahannya kalau boleh strategis kemudian lahannya juga jangan ada yang nempatin kalau bisa begitu,” terang Ara. 

    Selain ke KPK, Ara mengaku juga berkoordinasi dengan kementerian/lembaga hingga BUMN terkait untuk pencarian lahan bagi perumahan rakyat. Misalnya, ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN Kemenkeu), Bank Tanah hingga Kejaksaan Agung (Kejagung). 

    Beberapa BUMN juga yang berkoordinasi dengan Kementerian PKP terkait dengan lahan perumahan rakyat meliputi PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. atau PTPP serta Perumnas.

    Di sisi lain, Sekjen KPK Cahya H. Harefa menyambut baik MoU yang ditandatangani hari ini bersama dengan Menteri PKP serta jajarannya. Dia menyebut nota kesepahaman itu bakal meliputi pendidikan antikorupsi, pencegahan korupsi serta berbagai kerja sama. 

    “Mudah-mudahan ke depan kerja sama yang baik bisa dilaksanakan sehingga apa yang sudah ditugaskan oleh Pak Presiden Kepada Pak Menteri di antaranya mengenai 3 juta rumah dan juga program-program lain Pak Menteri dan jajaran bisa mewujudkan itu dengan baik dan KPK berperan juga di situ dalam menjaga supaya bisa terwujud antikorupsi di Kementerian PKP ini,” kata Cahya.

  • Truk Tertabrak Kereta di Perlintasan Tanpa Penjaga di Lamongan, Sopir Meninggal

    Truk Tertabrak Kereta di Perlintasan Tanpa Penjaga di Lamongan, Sopir Meninggal

    Lamongan (beritajatim.com) – Kecelakaan maut terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang dan penjaga di Desa Karanglangit, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Rabu (18/6/2025) sekitar pukul 14.22 WIB. Sebuah truk tangki berisi air tertabrak Kereta Ambarawa Ekspres 265 jurusan Surabaya–Semarang, menewaskan sopir truk di lokasi kejadian.

    Truk tangki tersebut dikemudikan oleh Ahmad Ainun Badiuyun, warga Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Saat itu, korban hendak menyeberang masuk ke desa dari arah utara. Namun, dari arah timur melaju cepat Kereta Ambarawa Ekspres yang langsung menghantam bagian depan truk.

    Benturan keras membuat kondisi truk rusak berat. Kepala truk bahkan terlepas dari rangka dan roda depannya sempat terpental hingga masuk ke sebuah warung yang berada tepat di sisi perlintasan. Sopir mengalami luka serius di bagian kepala dan perut, dan dinyatakan meninggal dunia di tempat. Jenazah korban dievakuasi ke RS Muhammadiyah Lamongan oleh petugas medis.

    “Rodanya tadi terlempar ke dalam warung, orang yang ngopi bergegas lari menjauh, jadi tidak ada yang terluka,” kata Rafa, warga yang juga penjaga warung di dekat lokasi kejadian.

    Petugas dari Polres Lamongan bersama tim teknis PT KAI langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan tengah menyelidiki penyebab pasti insiden ini. Evaluasi terhadap aspek keselamatan di perlintasan tanpa penjaga juga akan dilakukan.

    Peristiwa ini kembali menjadi peringatan akan pentingnya kewaspadaan saat melintasi perlintasan sebidang, terutama yang tidak dilengkapi sistem pengamanan aktif seperti palang dan penjaga. [fak/beq]