Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI siap dukung POPNAS XVII di Jakarta

    KAI siap dukung POPNAS XVII di Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta siap mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVII dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (PEPARPENAS) XI Tahun 2025 di Jakarta pada November mendatang.

    “KAI Daop 1 Jakarta siap khususnya dalam penyediaan layanan transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu bagi peserta, official maupun masyarakat yang terlibat dalam ajang nasional ini,” kata Executive Vice President (EVP) KAI Daop 1 Jakarta, Yuskal Setiawan di Jakarta, Kamis.

    Hal ini dia sampaikan saat menerima kunjungan audiensi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta di Jakarta.

    Yuskal menyampaikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Jakarta juga membuka ruang kerja sama “branding” (iklan) di sejumlah stasiun strategis seperti Gambir dan Pasar Senen untuk memperkuat gaung pelaksanaan POPNAS dan PEPARPENAS 2025.

    Kepala Dispora DKI Jakarta Andri Yansyah menyampaikan tujuan audiensi yaitu untuk menjalin komunikasi, memperkuat sinergi dan membuka peluang kolaborasi antara Dispora dengan PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

    Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan POPNAS XVII dan PEPARPENAS XI Tahun 2025 yang akan berlangsung di Jakarta.

    Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, kolaborasi ini bagi KAI Daop 1 Jakarta bukan hanya soal layanan transportasi, tetapi juga tentang kontribusi dalam mendukung pengembangan generasi muda, semangat sportivitas dan nilai inklusif.

    “Kami berharap, kehadiran KAI dalam ajang POPNAS dan PEPARPENAS dapat memberikan pengalaman positif serta meninggalkan kesan bahwa transportasi kereta api selalu menjadi sahabat perjalanan masyarakat,” ungkap Ixfan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Lowongan Kerja KAI Properti, Ini Posisi dan Kualifikasinya! – Page 3

    Lowongan Kerja KAI Properti, Ini Posisi dan Kualifikasinya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT KA Properti Manajemen (KAI Properti) kembali membuka kesempatan bagi para talenta terbaik bangsa di berbagai bidang untuk berkarir dan bergabung dengan perusahaan tersebut.

    Melalui pengumuman di akun Instagram resminya @kaiproperti, anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berdiri sejak tahun 2009 ini membuka lowongan kerja untuk 11 posisi strategis. Mulai dari staf konstruksi dan perawatan hingga staf bidang manajemen bisnis.

    KAI Properti bergerak di sektor konstruksi, properti, perdagangan, serta perawatan infrastruktur perkeretaapian. Dalam perjalanannya, perusahaan telah menunjukkan kiprah positif dalam mendukung pembangunan nasional, khususnya pada pengembangan prasarana perkeretaapian yang menjadi tulang punggung transportasi publik di Indonesia.

    Ruang lingkup bisnis yang dijalankan KAI Properti cukup luas. Di bidang konstruksi, perusahaan menangani pembangunan jalan dan jembatan, gedung perkantoran, fasilitas umum, serta instalasi telekomunikasi dan jaringan listrik aliran atas. Selain itu, KAI Properti juga mengelola properti komersial seperti area pertokoan, pusat perbelanjaan, hingga hotel yang mendukung aktivitas masyarakat.

    Tidak hanya bergerak dalam konstruksi dan pengelolaan properti, KAI Properti juga berperan penting dalam pengadaan barang, mesin, dan fasilitas transportasi.

    Perusahaan memiliki keahlian khusus dalam perawatan rel kereta dan jembatan, yang menjadikannya mitra strategis dalam menjaga keberlangsungan infrastruktur transportasi perkeretaapian di tanah air.

    Dengan visi menjadi perusahaan properti dan jasa konstruksi umum yang terpercaya dan profesional, terutama di bidang prasarana perkeretaapian, KAI Properti terus menunjukkan komitmennya melalui berbagai proyek strategis. Upaya ini menjadi bentuk nyata dukungan perusahaan terhadap keberlanjutan transportasi publik sekaligus pembangunan nasional.

    Saat ini, KAI Properti membuka lowongan kerja untuk sebelas posisi strategis. Kesempatan ini menjadi peluang berharga bagi para kandidat yang ingin berkontribusi secara nyata pada perkembangan industri transportasi di Indonesia.

    Berikut informasi lengkap terkait lowongan ini:

  • KAI Buka Lowongan untuk 11 Posisi Staf, Minimal Pendidikan D-IV

    KAI Buka Lowongan untuk 11 Posisi Staf, Minimal Pendidikan D-IV

    Bisnis.com, JAKARTA — PT KAI Properti, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkontribusi dalam pengembangan properti dan infrastruktur perkeretaapian nasional. Minimal pendidikan D-IV dipersilakan mendaftar. 

    Plt Sekretaris Perusahaan KAI Properti Ramdhani Subagja menuturkan bahwa rekrutmen ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pembangunan strategis dan pengelolaan aset properti milik KAI Grup.  

    “Rekrutmen ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat SDM KAI Properti dalam mendukung pengembangan properti dan infrastruktur perkeretaapian nasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (24/9/2025). 

    KAI Properti terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang profesional, dinamis, dan berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia. Melalui rekrutmen ini, perusahaan berharap dapat menjaring talenta-talenta unggul yang siap mendukung visi dan misi perusahaan dalam membangun infrastruktur dan properti perkeretaapian yang berkelanjutan.

    “Kami mengajak talenta terbaik bangsa untuk bergabung, berkontribusi, dan bersama-sama membangun masa depan transportasi dan properti berbasis perkeretaapian,” tambahnya.

    Adapun persyaratan umum dalam rekrutmen kali ini mulai dari sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK yang masih berlaku, tidak terlibat narkoba dan psikotropika, serta tidak pernah di hukum penjara berdasarkan kekuatan hukum tetap. 

    Selain itu, tidak pernah mengalami pemutusan hubungan kerja karena pensiun dini, atas permintaan sendiri, dan hukuman disiplin sebagai pegawai tetap di Perusahaan/Induk Perusahaan/anak perusahaan lainnya/perusahaan patungan/perusahaan terafiliasi di KAI grup. 

    Persyaratan lainnya, yakni tidak pernah diberhentikan di perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin, tidak memiliki tato, memiliki sertifikasi Bahasa Inggris TOEFL ITP = 500 /TOEFL IBT = 61 / IELTS = 5,5 / TOEIC = 500 (menjadi nilai plus), bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Perusahaan. 

    Kemudian memiliki akreditasi program studi “A” saat tahun kelulusan oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Nasional, serta memiliki IPK Minimal 3,25.

    Pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 hingga 30 September 2025 melalui website https://kaiproperti.id/karir.

     Daftar Formasi yang Dibuka:

     

    1.Staf Bidang Konstruksi Jalan Rel dan Jembatan

    -Minimal pendidikan S1/D.IV jurusan Teknik Sipil

    -Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang konstruksi jalan rel dan jembatan

    -Memiliki sertifikasi kompetensi kerja Minimal level 7 (cth. Manajer Teknik Pembangunan Jalan Rel, dll)

    -Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek

    -Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad

    -Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab.

     

    2.Staf Bidang Konstruksi Gedung

    -Minimal pendidikan S1D.IV jurusan Arsitektur/Teknik Sipil/Teknik Elektro/Teknik -Mesin/Teknik Perpipaan/Manajemen Proyek Konstruksi
    -Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) Minimal level 7 (cth. Ahli Muda Konstruksi Gedung, Ahli Muda Elektrikal Konstruksi Bangunan Gedung, dll)
    -Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang konstruksi gedung
    -Memilikipengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek
    -Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad
    -Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab

     

    3.Staf Bidang Properti

    -Minimal pendidikan S1/D.IV Arsitek/Teknik Sipil/Teknik Elektro
    -Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) Minimal level 7 (cth. Ahli Muda Perawatan Bangunan Gedung, dll)
    -Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang properti
    -Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen proyek
    -Menguasai Ms Office, Ms Projects, SAP/ETABS, dan Autocad
    -Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab.

     

    4.Staf Bidang Supply Chain Management

    -Minimial pendidikan S1/D.IV Teknik Sipil/Teknik Industri
    -Menguasai MS Office, MS Projects, SAP/ETABS
    -Memahami jenis material konstruksi dan spesifikasi teknisnya, serta sumber pemasok yang andal
    -Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang supply chain management
    -Memiliki sertifikasi kompetensi kerja (SKK) minimal level 7 (cth. Manajer Logistik Proyek, Ahli Muda Bidang Keahlian Manajemen Konstruksi, dll) menjadi nilai plus
    -Memahami perhitungan Struktur, RAB & RAP
    -Memahami dinamika proyek konstruksi, seperti kebutuhan material
    -Menguasai perencanaan transportasi, jadwal pengiriman, dan pengelolaan inventaris untuk memastikan material tiba tepat waktu dan sesuai anggaran.

     

    5.Staf Bidang Keuangan

    -Minimal Pendidikan S1/D.IV jurusan Perpajakan/Akuntansi/Manajemen Keuangan
    -Mengerti dan paham akuntansi, perpajakan, dan pelaporan keuangan
    -Menguasai Ms Office dan SAP
    -Memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang keuangan
    -Mampu menyusun anggaran dan pelaporan anggaran
    -Mampu berkolaborasi, jujur, teliti, berintegritas dan bertanggung jawab
    -Diutamakan memiliki sertifikasi Brevet atau Manajemen Risiko
    -Diutamakan memiliki pengalaman sebagai Auditor.

    Syarat Human capital hingga marketing ….

  • Dirut KAI komitmen jalankan ESG sebagai tujuan strategis 2025-2029

    Dirut KAI komitmen jalankan ESG sebagai tujuan strategis 2025-2029

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen menjalankan prinsip lingkungan, sosial dan tata kelola (Environmental, Social, and Governance/ESG) sebagai tujuan strategis Rencana Jangka Panjang Perusahaan atau RJPP 2025-2029.

    “Komitmen ESG kami wujudkan dengan menempatkannya sebagai salah satu tujuan strategis dalam RJPP 2025–2029,” ujar Direktur Utama KAI Bobby Rasyidin kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

    Menurut Bobby, program-program keberlanjutan yang dijalankan antara lain penggunaan biodiesel B40, instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), serta penanaman lebih dari 106 ribu pohon di sepanjang lintasan rel dan lingkungan sekitar dari 2021 hingga Agustus 2025 .

    Digitalisasi menjadi pilar penting dalam transformasi KAI. Penerapan tiket elektronik (e-boarding pass) dan face recognition boarding gate mendukung efisiensi penggunaan kertas, selain itu juga mempercepat proses layanan sehingga pengalaman pelanggan semakin praktis.

    Sejalan dengan itu, ia mengatakan KAI memperkuat pengelolaan sampah dan limbah dengan sistem yang lebih terukur dan berkelanjutan.

    Skor ESG KAI tahun 2024 dari S&P Global berada di angka 41, dengan kategori data availability high. Hasil itu menjadi motivasi untuk terus memperbaiki langkah keberlanjutan yang dijalankan, lanjutnya.

    “Kami melihat digitalisasi dan otomasi sebagai inovasi paling mendesak. Teknologi ini mendukung peningkatan keselamatan sekaligus mempercepat pelayanan. Beberapa langkah sudah berjalan, seperti Access by KAI, face recognition boarding gate, Nilam Virtual Assistant, hingga female seat map,” kata Bobby.

    KAI juga menjalankan strategi dekarbonisasi secara bertahap. Pertama, melalui optimalisasi desain operasi dan elektrifikasi jalur, yang saat ini sudah mencapai 8,9 persen.

    Kedua, lewat efisiensi energi, misalnya penggunaan bangunan ramah lingkungan di kantor LRT Jabodebek. Ketiga, dengan mengganti energi konvensional ke energi terbarukan, seperti implementasi PLTS dan penggunaan biodiesel B40.

    Keempat, melalui kompensasi, yakni penanaman pohon di sepanjang lintasan.

    Dengan strategi itu, ia mengatakan KAI berharap transportasi kereta api semakin ramah lingkungan sekaligus memberi dampak positif bagi kualitas hidup masyarakat.

    “Kami juga mulai mengukur carbon footprint melalui tiket, serta menyediakan water station di stasiun. Semua inovasi ini dirancang agar setiap pelanggan merasakan pengalaman perjalanan yang lebih mudah, nyaman, dan sesuai dengan standar global,” kata Bobby.

    Ia juga menyampaikan bahwa masukan (feedback) dari pelanggan selalu KAI jadikan dasar transformasi. Misalnya, keluhan soal antrean panjang di “boarding gate” menjadi pemicu lahirnya “face recognition boarding”.

    Masukan agar layanan lebih ramah keluarga melahirkan ruang laktasi dan tempat bermain anak di stasiun, ujar Bobby.

    Kemudian saran tentang keamanan perempuan di transportasi umum mendorong hadirnya “female seat map” dan kereta khusus perempuan di KRL. Setiap inovasi, menurut dia, lahir dari dialog nyata dengan masyarakat melalui media sosial maupun langsung di stasiun.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Virna P Setyorini
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Tiket Kereta Api Lagi Dilego Murah, Ada yang Cuma Bayar Rp 80 Ribu

    Tiket Kereta Api Lagi Dilego Murah, Ada yang Cuma Bayar Rp 80 Ribu

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah menjual tiket kereta api dengan harga promo dan potongan harga besar. Bahkan ada tiket kereta api yang dijual dengan harga Rp 80 ribu saja.

    Hal ini merupakan bagian dari rangkaian promo spesial Flash Sale, Mini Expo, dan Birthday Sale. KAI akan merayakan ulang tahun yang ke-80 tepat pada 28 September 2025. Program ini memberi kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih hemat, nyaman, dan berkesan.

    “Nggak cuma itu! Ada promo KAI Birthday Flash Sale, tiket kereta api dengan harga Rp80.000,- aja! Ingat ya, Flash Sale ini berlangsung pada 28 September 2025, pukul 15.00 – 16.00 WIB, hanya di aplikasi Access by KAI,” ungkap KAI 121, Rabu (24/9/2025).

    Foto: Suasana arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa, (24/12/2024). Puncak Arus Mudik Libur Nataru 2024/2025 Yang Akan Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi hari ini, rilis pers KAI Daop 1 mencatat 93 Persen Tiket telah terjual. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
    Suasana arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa, (24/12/2024). Puncak Arus Mudik Libur Nataru 2024/2025 Yang Akan Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi hari ini, rilis pers KAI Daop 1 mencatat 93 Persen Tiket telah terjual. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

    Berikut ini promo tarif kereta api:

    Program Flash Sale

    Tarif promo Rp80.000 (flat jauh-dekat sama)
    Pembelian hanya di Access by KAI pada 28 September 2025 pukul 15.00-16.00 WIB (Dengan Kereta & Kuota yang tersedia)
    Berlaku untuk keberangkatan 29 September sampai dengan 12 November 2025
    Tiket dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku

    Program Mini Expo Discount 30%

    Pembelian hanya di booth KAI Mini Expo pada 24 September 2025
    Berlaku untuk Kereta Komersial keberangkatan H+45
    Tiket dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku
    Lokasi Booth Mini Expo: Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Jember, Stasiun Medan, dan Stasiun Kertapati

    Program Birthday Sale 20%

    Pembelian hanya di Access by KAI pada 28 September 2025
    Berlaku untuk Kereta Komersial keberangkatan H+45
    Tiket dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku

    “Oh iya, semua tiket promo dalam program KAI Birthday Sale ini, berlaku untuk keberangkatan sampai dengan H+45. Pastikan kembali tanggal keberangkatan kalian ya,” tutup KAI.

    (wur/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ada Perbaikan Jalur Kereta, Akses Jalan Juanda-Perjuangan Bekasi Ditutup
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        23 September 2025

    Ada Perbaikan Jalur Kereta, Akses Jalan Juanda-Perjuangan Bekasi Ditutup Megapolitan 23 September 2025

    Ada Perbaikan Jalur Kereta, Akses Jalan Juanda-Perjuangan Bekasi Ditutup
    Tim Redaksi
    BEKASI, KOMPAS.com –
    PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menutup akses Jalan Juanda menuju Jalan Perjuangan, Bekasi karena ada perbaikan jalur kereta pada Selasa malam (23/9/2025).
    Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan perbaikan jalur kereta dekat Stasiun Bekasi ini bagian dari pemeliharaan berkala.
    Tujuannya untuk meningkatkan kualitas jalur rel sekaligus menjamin keselamatan perjalanan KA maupun pengguna jalan yang melintas.
    “Pekerjaan dilakukan pada malam hari agar tidak terlalu mengganggu aktivitas lalu lintas,” ujar Ixfan dalam keterangannya, Selasa.
    Kata dia, selama proses perbaikan berlangsung, akses jalan dari Jalan Juanda menuju Jalan Perjuangan maupun sebaliknya ditutup sementara.
    Adapun akses Jalan Juanda menuju Jalan Perjuangan maupun sebaliknya ditutup mulai Selasa sampai Jumat (26/9/2025) mulai pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB.
    KAI sudah berkoordinasi dengan polisi dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi untuk mendukung kelancaran rekayasa lalu lintas selama pekerjaan berlangsung. 
    “Kami mengimbau masyarakat, khususnya pengendara yang biasa melintas di JPL 78 Jalan Perjuangan Bekasi, agar mengikuti arahan petugas di lapangan dan menggunakan jalur alternatif yang telah disiapkan,” tambah Ixfan.
    PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat adanya pekerjaan ini.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Akses Juanda–Perjuangan Bekasi ditutup, ada perbaikan jalur kereta

    Akses Juanda–Perjuangan Bekasi ditutup, ada perbaikan jalur kereta

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta menutup akses perlintasan kereta (JPL) 78 di Jalan Juanda-Perjuangan, dekat Stasiun Bekasi tepatnya km 28+679 untuk keperluan perbaikan jalur pada Selasa malam.

    Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Selasa mengatakan penutupan akses jalan di JPL 78 berlangsung pada 23 September – 26 September 2025 setiap pukul 22.00 WIB – 04.00 WIB.

    Menurut dia, kegiatan perbaikan ini bersifat mendesak sebagai bagian dari pemeliharaan berkala untuk meningkatkan kualitas jalur rel sekaligus menjamin keselamatan perjalanan KA maupun pengguna jalan yang melintas.

    “Pekerjaan dilakukan pada malam hari agar tidak terlalu mengganggu aktivitas lalu lintas. Namun, selama proses perbaikan berlangsung, akses jalan dari Jalan Juanda menuju Jalan Perjuangan maupun sebaliknya ditutup sementara,” ujar Ixfan.

    PT KAI Daop 1 Jakarta telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi untuk mendukung kelancaran rekayasa lalu lintas selama pekerjaan berlangsung.

    “Kami mengimbau masyarakat, khususnya pengendara yang biasa melintas di JPL 78 Jalan Perjuangan Bekasi agar mengikuti arahan petugas di lapangan dan menggunakan jalur alternatif yang telah disiapkan,” kata dia.

    PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul akibat adanya pekerjaan ini serta berterima kasih atas pengertian dan kerja sama semua pihak demi terciptanya perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan andal.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KAI Dukung UMKM Kembangkan Pasar dengan Fasilitas Sertifikasi

    KAI Dukung UMKM Kembangkan Pasar dengan Fasilitas Sertifikasi

    JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM.

    Executive Vice President of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menjelaskan bahwa Hampir 200 UMKM binaan kini difasilitasi untuk memperoleh sertifikasi halal, BPOM, dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) melalui kegiatan Kick Off Sertifikasi UMKM

    Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis KAI dalam mendukung UMKM agar memiliki paspor menuju pasar modern, ritel nasional, hingga peluang ekspor.

    “Dengan sertifikasi resmi, UMKM diharapkan semakin tangguh, kompetitif, dan siap menembus pasar internasional sebagai UMKM kelas dunia,” ungkapnya dalam keterangannya, Minggu, 21 September.

    Agus menjelaskan di era perdagangan modern, sertifikasi memiliki peran vital yaitu sertifikat halal meningkatkan kepercayaan konsumen, izin edar BPOM menjamin mutu dan keamanan produk, sementara perlindungan HKI menjaga karya UMKM agar bernilai ekonomi tinggi dan berkelanjutan.

    Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa fasilitas sertifikasi ini merupakan bagian penting dari strategi jangka panjang TJSL dan CSR KAI.

    “Sertifikasi halal, BPOM, dan HKI bukan sekadar syarat administratif, melainkan gerbang masa depan. Dengan legalitas yang kuat, branding kokoh, dan inovasi digital, UMKM binaan KAI siap menjadi bagian dari rantai ekonomi global dan melangkah menuju UMKM kelas dunia,” jelasnya.

    Agus juga menekankan pentingnya sinergi untuk memperkuat peran UMKM sebagai pilar ekonomi nasional.

    “KAI percaya UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Melalui sertifikasi, pendampingan, dan inovasi, KAI berkomitmen mencetak UMKM yang tidak hanya berdaya saing di dalam negeri, tetapi juga mampu bersaing di pasar global. Ini adalah bagian dari perjalanan KAI menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat,” tegasnya.

    Adapun, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi KAI dengan Rumah BUMN Bandung, Rumah BUMN Pertamina Palangka Raya, dan Purbalingga.

    Agus menyampaikan sinergi ini mencerminkan kekuatan kolektif antar-BUMN dalam menjadikan UMKM sebagai pilar ekonomi bangsa, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, berdaya tahan, dan berkelanjutan.

    Sebagai BUMN transportasi dan logistik, ia menyampaikan bahwa KAI tidak hanya berfokus pada layanan utama, tetapi juga konsisten menjadi katalisator ekonomi kerakyatan.

    Menurutnya melalui pembinaan UMKM, fasilitasi sertifikasi, hingga dukungan inovasi digital, KAI memperkuat peranannya dalam menghadirkan manfaat nyata serta membawa UMKM Indonesia naik kelas menuju UMKM kelas dunia.

  • Eks Bos KAI: Beban Kereta Cepat Whoosh Gerus Laba KAI

    Eks Bos KAI: Beban Kereta Cepat Whoosh Gerus Laba KAI

    Bisnis.com, JAKARTA — Mantan bos KAI atau Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) periode 2020–2025, Didiek Hartantyo, menyatakan proyek Kereta Cepat Jakarta—Bandung alias Whoosh memberi tekanan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, terutama pada sisi laba.

    Menurut Didiek, meski pendapatan KAI mengalami pertumbuhan tajam dari Rp14,4 triliun pada 2016 menjadi Rp35,9 triliun pada 2024, tak sebanding dengan laba yang dikantongi. Adapun, pertumbuhan tahunan rata-rata pendapatan atau compounded annual growth rate (CAGR) 2016–2024 adalah sebesar 12,1%.

    Dia menyampaikan, laba yang dibukukan hanya mencapai Rp2,2 triliun pada tahun lalu. Sebagai pembanding, pada 2016, laba yang dibukukan KAI adalah Rp1,08 triliun. Dengan catatan tersebut, CAGR kumulatif 2016–2024 untuk laba/rugi perusahaan adalah sebesar 9,3%. Dia menekankan salah satu penyebab utamanya adalah pembebanan dari proyek Kereta Cepat Jakarta—Bandung.

    “Bagi orang keuangan, pasti akan melihat ya, kenapa pendapatannya naik signifikan tetapi labanya begitu-begitu saja. Nah, kemarin sempat muncul berita-berita, mengenai kereta cepat [Jakarta—Bandung] itu beban-beban itu sebenarnya menggerus ada di sini [laba],” kata Didiek dalam acara bertajuk Meet The Leaders 8 di Universitas Paramadina, Jakarta, Sabtu (20/9/2025).

    Didiek menilai, proyek Kereta Cepat Jakarta–Bandung menjadi sebagai salah satu sumber risiko terbesar dalam finansial KAI. “Salah satu risiko terbesar adalah di situ [Kereta Cepat Jakarta—Bandung],” imbuhnya.

    Kendati demikian, eks bos KAI itu berharap masalah tersebut dapat segera tertangani agar tidak menjadi beban jangka panjang.Didiek berharap beban keuangan tersebut dapat ditangani secara struktural sehingga tidak membebani profitabilitas perusahaan di masa mendatang.

    “Tapi moga-moga ini tertangani dengan baik segera, sehingga struktur proyeknya bisa ditangani dengan baik, dan harapannya ke depan kereta api akan beban-beban ini akan bisa terselesaikan,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Didiek mengatakan bahwa sebelum pandemi, KAI menargetkan pertumbuhan pendapatan tahunan kumulatif (CAGR) sekitar 20%. Namun, imbas disrupsi pandemi Covid-19 pada 2020–2021, pertumbuhan pendapatan hanya tercapai di level 12,1%. Meski begitu, Didiek menegaskan bahwa KAI tetap mampu menjaga stabilitas kinerja, bahkan tanpa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan di tengah tekanan keuangan.

    Jika ditengok dari sisi EBITDA, KAI tetap menunjukkan kinerja yang solid. Didiek mencatat EBITDA perseroan pada 2024 mencapai Rp7,7 triliun, dengan pertumbuhan tahunan kumulatif (CAGR 2016–2024) mencapai 14,5%.

    “Tidak banyak BUMN yang mempunyai standar EBITDA seperti ini. Tahun yang lalu EBITDA kami Rp7,7 triliun. Jadi, Bapak-Ibu sekalian, pada saat pandemi pun hanya mengalami minus EBITDA-nya di tahun 2020, tapi selanjutnya adalah positif, menunjukkan bahwa kereta api sangatlah sehat,” bebernya.

    Adapun dari sisi aset, lanjut dia, KAI juga mencatatkan pertumbuhan empat kali lipat dari 2016–2025. Total aset perusahaan naik dari Rp25,1 triliun pada 2016 menjadi Rp102,4 triliun pada 2025.

  • Saingi Jepang-Singapura, Eks Bos KAI Klaim Ketepatan Waktu Kereta RI Hampir 100%

    Saingi Jepang-Singapura, Eks Bos KAI Klaim Ketepatan Waktu Kereta RI Hampir 100%

    Bisnis.com, JAKARTA — Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) 2020–2025, Didiek Hartantyo, menyebut ketepatan waktu kereta api di Indonesia saat ini sudah berada di level terbaik dunia. Bahkan, sejajar dengan negara-negara maju, seperti Jepang dan Singapura.

    Hal itu disampaikan Didiek dalam acara bertajuk Meet The Leaders 8 yang digelar di Universitas Paramadina, Jakarta, Sabtu (20/9/2025).

    Didiek menyoroti peningkatan signifikan yang telah dicapai sektor perkeretaapian nasional, baik dari sisi keselamatan maupun kualitas layanan selama satu dekade terakhir.

    Dia mengeklaim, kinerja ketepatan waktu operasional kereta api (on-time performance/OTP) mampu dipertahankan secara konsisten.

    Pada 2024, tingkat ketepatan keberangkatan berada di angka 99,77% dan ketepatan kedatangan di level 96,05%.

    “Ini on-time performance, ini kita bisa banggakan, karena kalau kita bandingkan dengan negara-negara maju, di Eropa, di Amerika, di Jepang, ini pun juga lebih tinggi ya. Jadi, [pada 2024] keberangkatan 99,77%, sementara kedatangan 96,05%,” kata Didiek.

    Adapun, ketepatan waktu perjalanan kereta ini ditentukan oleh kualitas sarana dan prasarana.

    Jika dibandingkan pada 2020, OTP keberangkatan dan kedatangan pernah berada di angka 99,54% dan 93,11%.

    Sepanjang 2020–2024, KAI mencatat realisasi tingkat ketersediaan sarana kereta konsisten di atas target minimum dan kegagalan sarana tetap di bawah batas toleransi.

    Pada periode yang sama, KAI mengeklaim gangguan prasarana menurun, kualitas jalur rel (track) meningkat, serta rencana kerja dan anggaran (RKA) perawatan sarana dan prasarana yang dibelanjakan secara optimal.

    Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa peningkatan ketepatan waktu tidak hanya terjadi pada layanan antarkota, melainkan juga pada kereta komuter dan kereta cepat dengan tingkat ketepatan 100%.

    “Kalau komuter kami itu juga bisa dibandingkan, apalagi kalau kereta cepat, ini ketepatan waktunya 100%,” ujarnya.

    Penurunan Kecelakaan

    Selain ketepatan waktu, Didiek menyebut KAI juga berhasil dalam menurunkan jumlah kecelakaan kereta api dan kecelakaan kerja selama 10 tahun terakhir.

    Didiek menuturkan bahwa jumlah kecelakaan yang turun itu menunjukkan keberhasilan strategi keselamatan KAl selama 10 tahun terakhir. Menurutnya, keberhasilan ini adalah komitmen berkelanjutan perusahaan untuk menjaga kepercayaan publik terhadap layanan KAI.

    “Dulu tahun 2015, 53 kecelakaan kereta api [KKA] dalam 1 tahun. Artinya hampir setiap minggu terjadi kecelakaan kereta api, kemudian juga terjadi kecelakaan kerja yang hampir sama [sebanyak 52 pada 2015],” ungkapnya.

    Namun, jumlahnya menurun pada 2024. Pada periode itu, terdapat 5 KKA dan 7 kecelakaan kerja.

    “Jadi, ini bagaimana kita membangun transportasi yang betul-betul selamat. Salah satu ukuran kinerja adalah on-time performance,” tandasnya.