Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Proyek LRT Jabodebek Masih Ngutang Rp 2,2 T, Kemenhub Buka Suara

    Proyek LRT Jabodebek Masih Ngutang Rp 2,2 T, Kemenhub Buka Suara

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara merespons pembayaran sisa utang sebesar Rp 2,2 triliun kepada PT Adhi Karya (Persero) Tbk untuk pembangunan LRT Jabodebek.

    Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Allan Tandiono mengatakan hingga saat ini Kemenhub bersama PT KAI (Persero) masih menunggu skema pembayaran utang dari Kementerian Keuangan.

    “Terkait pembayaran proyek, sebetulnya itu kan memang pekerjaan yang telah dilakukan oleh kontraktor Adhi Karya dan KAI perlu bayar,” jelas Allan dalam media briefing di Jakarta Selasa (30/9/2025).

    “Jadi Kementerian Perhubungan maupun KAI saat ini menunggu ya dari Kementerian Keuangan terkait skema pembayarannya seperti apa,” sambungnya.

    Allan menambahkan sebelum pelunasan utang akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu. Dengan begitu jumlah utang yang dibayarkan sesuai nilai pengerjaannya.

    “Nanti juga perlu diverifikasi terkait pembayarannya,” kata Allan.

    Sebagai informasi, sebelumnya Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (BPI Danantara) tengah mengkaji sisa tunggakan utang pemerintah kepada PT Adhi Karya (Persero) Tbk senilai Rp 2,2 triliun dalam proyek LRT Jabodebek.

    Chief Operating Officer (COO) Danantara Dony Oskaria mengatakan pihaknya akan meninjau lebih lanjut terkait rencana pengambilalihan utang proyek tersebut oleh KAI. Hal ini untuk memastikan perbaikan pada kinerja keuangan BUMN.

    “Nanti akan saya cek polanya, tentunya harusnya skemanya harus proper, harus benar, Karena harus memastikan bahwa setiap perusahaan menjadi sehat. Karena itu nanti saya cek untuk yang LRT tadi dengan Adhi Karya,” kata Dony, ditemui di Kantor Kemenko Pangan, Jakarta, Senin (29/9/2025).

    Utang Pemerintah di Proyek LRT

    Sisa utang pemerintah untuk pembangunan LRT sebesar Rp 2,2 T pertama kali dibahas oleh Direktur Utama ADHI, Entus Asnawi. Ia mengatakan pihaknya telah menerima penegasan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait pembayaran piutang yang akan dilakukan secara penuh oleh KAI.

    “Proses sekarang ini kami sudah dapat penegasan dari Kementerian Keuangan bahwa pembayarannya nanti akan dilakukan melalui KAI, misalnya dengan skema PMN atau skema subsidi ke KAI. PT KAI kemudian akan membayarkan secara penuh ke Adhi Karya,” ungkap Entus dalam acara Public Expose Live secara virtual, Senin (8/9/2025).

    Entus menambahkan, pihaknya masih menunggu kajian untuk mendapatkan angka komersial pembayaran utang tersebut. Menurutnya, pelunasan piutang pemerintah ini dapat membantu perseroan menyelesaikan sejumlah kewajiban.

    Entus juga memaparkan pembangunan LRT Jabodebek tahap pertama sepanjang 44 km awalnya didanai oleh pemerintah. Namun, terdapat perubahan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2015, di mana dana sebesar Rp 23,3 triliun diberikan melalui PMN dari total nilai kontrak Rp 25,5 triliun. Proyek LRT Jabodebek sendiri menghabiskan anggaran hingga Rp 32,5 triliun.

    (igo/hns)

  • Stasiun Dekat JIS Ditargetkan Rampung 2 Bulan Lagi

    Stasiun Dekat JIS Ditargetkan Rampung 2 Bulan Lagi

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemerintah Provinsi Jakarta meminta PT KAI (Persero) menyelesaikan Stasiun kereta rel listrik (KRL) baru di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menargetkan stasiun baru ini rampung dan siap beroperasi satu sampai dua bulan ke depan.

    Menurutnya hal ini juga sudah disampaikan ke KAI selaku BUMN operator layanan kereta api di Indonesia.

    “Kami kemarin bicara dengan pihak KAI minta supaya stasiun yang ada di dekat JIS itu segera direalisasikan sehingga masyarakat yang akan melakukan aktivitas atau beraktivitas di JIS itu bisa dengan mudah mengakses khususnya transportasi kereta api,” kata Dudy dalam media Briefing di Jakarta, Selasa (30/9/2025).

    “Saya minta konfirmasi lagi, harapan saya mungkin 1-2 bulan ini bisa selesai. Karena biasanya kalau di akhir tahun itu kan banyak event yang berlangsung di wilayah Ancol dan sekitarnya,” sambungnya.

    Dudy mengatakan keberadaan stasiun baru ini penting untuk mendorong aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi umum di sekitar stadium.

    “Selama ini kalau ada event ataupun kegiatan yang berlangsung di sana para pengunjung agak kesulitan mengakses layanan publik,” paparnya.

    Kemenhub bersama Pemprov Jakarta juga berencana untuk membangun stasiun khusus barang di Cipinang, Jakarta Timur. Stasiun baru ini ditujukan untuk mendukung proses bisnis PT. Food Station Tjipinang Jaya yang berlokasi di kawasan itu.

    “Kemarin sempat dibicarakan mengenai pengembangan stasiun barang yang di Cipinang. Stasiun barang yang di Cipinang itu untuk membantu agar kegiatan usaha atau kegiatan bisnis Food Station yang ada di Cipinang itu bisa bisa dimudahkan dengan disediakannya kereta barang dari pihak KAI,” terangnya.

    Sebagai tambahan informasi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menargetkan proyek itu akan selesai April 2024. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

    “Saat ini sedang kami siapkan stasiun KRL sementara di JIS. Pembangunannya sudah 30%,” kata dia dikutip dari Antara.

    Namun hingga kini proses pembangunan masih terus berlangsung dan ditargetkan rampung 1-2 bulan ke depan. Dengan begitu pada akhir tahun ini stasiun KRL baru itu sudah mulai beroperasi.

    (hns/hns)

  • KAI Tambah 10 Perjalanan Kereta Api pada Oktober 2025, Cek Jadwal Keberangkatannya

    KAI Tambah 10 Perjalanan Kereta Api pada Oktober 2025, Cek Jadwal Keberangkatannya

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memberlakukan perjalanan kereta api tambahan selama bulan Oktober 2025 untuk menunjang aktivitas masyarakat. 

    Melansir dari media sosial resmi Instagram @kai121_, terpantau terdapat 10 perjalanan kereta api tambahan yang akan dioperasionalkan, khususnya setiap akhir pekan sepanjang Oktober.  

    “Ada kereta api tambahan yang beroperasi di bulan Oktober! Cocok banget buat kalian yang mau traveling atau melepas rindu bersama keluarga di kampung halaman,” tulis KAI, dikutip pada Selasa (30/9/2025).  

    Kereta tambahan ini juga akan menggunakan sarana baru, khususnya kereta kelas ekonomi menggunakan stainless steel new generation (72 seat), new generation modifikasi (72 seat), premium stainless steel (80 seat), dan new image (80 seat). 

    Khusus pada keberangkatan 1—31 Oktober 2025, KAI memberlakukan kereta api tambahan KA Argo Anjasmoro (eksekutif stainless steel Gen.1) dengan relasi Surabaya Pasarturi—Gambir untuk keberangkatan 12.05 WIB dan tiba pukul 21.10 WIB dan Gambir—Surabaya Pasarturi keberangkatan 23.35 dan tiba pada 08.40 WIB.

    Selain itu, KA Sancaka Utara juga akan dioperasikan menggunakan armada eksekutif mild steel dan ekonomi new generation modifikasi untuk relasi Surabaya Pasarturi—Cilacap keberangkatan pukul 07.00 WIB dan sebaliknya dengan keberangkatan pukul 17.10 WIB. 

    KA Ijen Express dengan armada eksekutif stainless steel Gen.1 dan ekonomi new generation modifikasi juga akan melaju dari Ketapang—Malang yang akan berangkat pukul 19.30 dan Malang—Ketapang pukul 07.50. 

    Adapun untuk keberangkatan pada tanggal 2—5, 9—12, 16—19, 23—26, serta 30—31 Oktober 2025 akan disediakan lima kereta tambahan rute Gambir—Cilacap PP, Surabaya Gubeng—Yogyakarta PP, Gambir—Bandung PP, Semarang Poncol—Tegal PP, dan Gambir—Solo Balapan PP. 

    Sementara untuk keberangkatan pada 2—6, 9—13, 16—20, 23—27, serta 30—31 Oktober 2025, KAI menyediakan satu kereta tambahan Arjuno Ekspres rute Malang—Surabaya Gubeng PP.

    Berikut daftar keberangkatan kereta tambahan periode Oktober 2025:

    1. Khusus Keberangkatan (berangkat/tiba) 2—5 Oktober, 9—12 Oktober, 16—19 Oktober, 23—26 Oktober, serta 30—31 Oktober 2025

    KA Purwojaya 50F Gambir—Cilacap (07.00/12.51)

    KA Purwojaya 53F Cilacap—Gambir (06.55/12.55) 

    KA Purwojaya 58F Gambir—Cilacap (13.25/19.17)

    KA Purwojaya 53F Cilacap—Gambir (20.05/02.10)

     

    KA Sancaka 87F Surabaya Gubeng—Yogyakarta (22.00/02.00) 

    KA Sancaka 88F Yogyakarta—Surabaya Gubeng (22.25/02.25)

     

    KA Parahyangan Fakultatif&Panoramic Bandung—Gambir (10.25/13.13)

    KA Parahyangan Fakultatif&Panoramic Gambir— Bandung (13.40/16.42)

     

    KA Kaligung 221F Semarang Poncol—Tegal (21.00/23.35)

    KA Kaligung 222F Tegal— Semarang Poncol (20.30/22.43)

     

    KA Batavia 7005 Solo Balapan—Gambir (22.00/07.05) 

    KA Batavia 7006 Gambir—Solo Balapan (09.35/18.00)

     

    2. Khusus Keberangkatan 2—6 Oktober, 9—13 Oktober, 16—20 Oktober, 23—27 Oktober, serta 30—31 Oktober 2025

    KA Arjuno Ekspres 66F Malang—Surabaya Gubeng (05.30/07.29)

    KA Arjuno Ekspres 65F Surabaya Gubeng—Malang (10.10/12.06)

     

    3. Khusus Keberangkatan Tanggal 5, 12, 19, dan 26 Oktober 2025

    KA Cirebon Fakultatif 125F Cirebon—Gambir (20.30/23.24) 

    KA Cirebon Fakultatif 126F Gambir—Cirebon (23.55/05.20)

  • Rayakan HUT Ke-80, KAI Luncurkan E-Sport Center Pertama di Stasiun Gambir
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        29 September 2025

    Rayakan HUT Ke-80, KAI Luncurkan E-Sport Center Pertama di Stasiun Gambir Nasional 29 September 2025

    Rayakan HUT Ke-80, KAI Luncurkan E-Sport Center Pertama di Stasiun Gambir
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meresmikan peluncuran E-Sport Center pertama di Stasiun Gambir, Jakarta pada Minggu (28/9/2025).
    Direktur Utama KAI Bobby Rasyidin menegaskan bahwa E-Sport Center bukan sekadar hiburan, tetapi bagian dari visi besar KAI untuk menghadirkan nilai tambah bagi generasi muda.
    “Hari ini KAI genap berusia 80 tahun. Kami ingin menatap masa depan bersama generasi X, Y, dan Z yang mendominasi 85 persen pelanggan kami. Mereka lahir dan tumbuh bersama teknologi,” ujar Bobby dalam keterangan resminya, Senin (29/9/2025).
    Ia menekankan, E-Sport Center di Stasiun Gambir adalah hadiah sekaligus komitmen KAI untuk menciptakan ruang yang sehat, kreatif, dan kompetitif bagi generasi digital.
    Peresmian E-Sport Center sekaligus menjadi bagian dari puncak perayaan HUT ke-80 KAI yang dimeriahkan dengan KAI E-Sport Tournament 2025 bertajuk “Warrior’s Series”.
    Turnamen tersebut diikuti 3.400 pemain dari 17 kota di Jawa dan Sumatera, mulai dari Jakarta hingga Medan, yang bertanding dalam gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan Free Fire.
    Sejumlah bintang
    e-sport
    Tanah Air hadir untuk memeriahkan suasana dalam
    fun match
    bersama tim
    e-sport
    KAI, antara lain Vivian (Mother of Tanks) yang merupakan juara dunia Mobile Legends Women’s Invitational Esport World Cup 2025, Fanny Cynthia (Funi), RRQ Banana, serta Nevinne sebagai
    shoutcaster
    MLBB.
    KAI E-Sport Tournament 2025 memperebutkan total hadiah Rp 5 juta di setiap kota, dengan babak kualifikasi dimulai 28 September hingga final pada 30 September 2025. Puncak penyerahan hadiah secara simbolis akan digelar di Bandung pada 4 Oktober 2025.
    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menekankan bahwa kegiatan
    e-sport
    sejalan dengan nilai-nilai korporasi.

    E-sport
    mengajarkan
    teamwork
    , sportivitas, dan inovasi. Nilai-nilai ini selaras dengan karakter insan KAI, yaitu
    commitment, integrity, teamwork, accountability, responsibility
    (CITAR),” jelas Anne.
    Melalui E-Sport Center dan turnamen ini, lanjut dia, KAI ingin semakin dekat dengan komunitas muda, sekaligus memperkenalkan inovasi digital KAI yang mendukung perjalanan pelanggan.
    Pada momentum HUT ke-80, KAI menegaskan transformasinya dari sekadar penyedia layanan transportasi menjadi penggerak gaya hidup digital masyarakat.
    KAI berkomitmen menghadirkan perubahan dari
    consumer benefit
    menuju
    emotional benefit
    demi mewujudkan perjalanan kereta api yang efisien dan penuh kesan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 14.341 Tiket KA Rp 80.000 Gagal Dijual, Tenang! Masih Ada Diskon 20%

    14.341 Tiket KA Rp 80.000 Gagal Dijual, Tenang! Masih Ada Diskon 20%

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas antusiasme yang sangat tinggi terhadap program flash sale tiket kereta api Rp80.000 dalam rangka peringatan HUT ke-80 KAI. Program ini berlangsung pada 28 September 2025 mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.20 WIB. Dalam periode singkat tersebut, tercatat sebanyak 14.341 tiket berhasil terjual.

    “Pencapaian ini menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat yang mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan keterjangkauan. Kami sangat mengapresiasi dukungan besar dari pelanggan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya, Minggu (28/9/2025).

    Anne menambahkan, respons besar yang ditunjukkan masyarakat menjadi motivasi bagi KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.

    “Kami akan terus menjaga kepercayaan ini dengan pelayanan yang lebih baik, inovatif, dan customer-oriented,” jelasnya.

    KAI juga menyadari adanya masukan dari masyarakat terkait akses aplikasi Access by KAI selama periode penjualan berlangsung.

    “Kami memahami kendala yang dialami sebagian pelanggan dan akan melakukan evaluasi serta peningkatan sistem agar dapat lebih optimal melayani lonjakan akses secara bersamaan di kemudian hari,” ungkap Anne.

    Selain flash sale, pelanggan masih dapat menikmati promo Birthday Sale 2025 Spesial HUT ke-80 KAI berupa diskon 20% untuk periode keberangkatan 28 September 2025 hingga 12 November 2025. Promo ini masih berlangsung hingga pukul 24.00 WIB hari ini melalui aplikasi Access by KAI.

    (wur/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Gelar Upacara HUT ke-80, KAI Pertegas Semangat Melayani

    Gelar Upacara HUT ke-80, KAI Pertegas Semangat Melayani

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 di Pusdiklat Ir. H. Juanda, Jalan Laswi No. 23, Bandung, pada Minggu (28/9/2025). Upacara dipimpin langsung oleh Direktur Utama KAI, Bobby Rasyidin, dan diikuti jajaran komisaris, direksi serta ribuan pegawai dari berbagai unit kerja KAI.

    Dalam kesempatan tersebut, Bobby Rasyidin menegaskan tekad KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan melalui tema besar tahun ini, yaitu “Semakin Melayani.” Tema Semakin Melayani adalah janji KAI untuk terus menghadirkan layanan yang lebih baik, berinovasi tanpa henti, serta memberi kontribusi nyata bagi bangsa

    “Tepat 80 tahun lalu, pengambilalihan kantor pusat kereta api di Bandung dari tangan kolonial menjadi tonggak berdirinya Jawatan Kereta Api Republik Indonesia. Peristiwa ini menegaskan bahwa kereta api adalah aset kedaulatan rakyat Indonesia, yang kini telah bertransformasi menjadi PT Kereta Api Indonesia, perusahaan yang kita cintai dan banggakan,” ujar Bobby Rasyidin dalam keterangan tertulis, Minggu (28/9/2025).

    Di samping itu, dia juga turut menekankan peran strategis perusahaan sebagai tulang punggung mobilitas nasional dan pilar pembangunan ekonomi. Ia mengingatkan seluruh insan KAI agar senantiasa menjaga keselamatan, keamanan, dan kesehatan menjelang periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2025/2026 yang akan segera datang.

    Sebagai bagian dari perayaan HUT ke-80, KAI memberikan penghargaan kepada pegawai berprestasi serta pegawai yang telah berdinas selama 10, 20, dan 30 tahun. Penghargaan ini menjadi wujud apresiasi perusahaan atas dedikasi dan loyalitas insan KAI dalam menjaga keberlangsungan layanan kereta api.

    Tidak hanya itu, dalam momentum penuh makna ini, KAI juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu sebagai bentuk kepedulian sosial dan komitmen perusahaan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama.

    Kemeriahan upacara tahun ini juga semakin terasa dengan dresscode khusus. Untuk jajaran Dekom, Direksi, EVP, dan VP ditetapkan mengenakan Pakaian Kereta Api Tempoe Doeloe (SS, Perumka, PJKA, dan lainnya). Sementara itu, jajaran Manager hingga Pelaksana mengenakan Pakaian Dinas Harian KAI Masa Kini (R6 Putih). Nuansa ini menghadirkan harmoni antara warisan sejarah dan semangat modernisasi, sekaligus memperlihatkan perjalanan panjang KAI dari masa ke masa.

    Upacara HUT ke-80 KAI menjadi momentum refleksi perjalanan panjang perusahaan sejak berdiri pada 28 September 1945. Dari peristiwa heroik pengambilalihan kantor pusat kereta api di Bandung, kini KAI telah berkembang menjadi perusahaan transportasi modern yang melayani jutaan pelanggan setiap hari, mengangkut barang strategis bagi industri nasional, serta bertransformasi digital untuk menghadirkan layanan masa depan.

    “Selama delapan dekade, KAI bertumbuh, memberi manfaat bagi masyarakat, dan menjadi kebanggaan bangsa. Dengan semangat Semakin Melayani, mari kita songsong masa depan dengan keyakinan bahwa KAI bukan hanya penggerak perjalanan, tapi juga penggerak harapan dan kemakmuran bangsa,” tandas dia.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • HUT Ke-80 KAI: Jejak Transformasi dari Masa Sulit hingga Jadi Moda Transportasi Andalan
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        26 September 2025

    HUT Ke-80 KAI: Jejak Transformasi dari Masa Sulit hingga Jadi Moda Transportasi Andalan Nasional 26 September 2025

    HUT Ke-80 KAI: Jejak Transformasi dari Masa Sulit hingga Jadi Moda Transportasi Andalan
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang jatuh pada 28 September 2025, KAI menegaskan komitmennya untuk terus berevolusi dan meningkatkan kualitas layanan.
    Perayaan HUT ke-80 KAI mengusung semangat “Semakin Melayani” untuk merefleksikan perjalanan transformatif perseroan dari masa sulit hingga menjadi transportasi utama pilihan masyarakat Indonesia.
    “Perjalanan KAI hingga mencapai titik ini tidaklah mudah. Publik tentu masih ingat periode 1990-an hingga awal 2000-an yang menjadi masa sulit bagi perkeretaapian nasional,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba melalui siaran pers, Jumat (26/9/2025).
    Ia menceritakan bagaimana citra kereta api yang identik dengan keterlambatan, anjlok, dan kelebihan kapasitas (
    overcapacity
    ) sempat meruntuhkan kepercayaan publik.
    Hingga akhirnya, titik balik KAI terjadi pada 2009, saat reformasi besar-besaran dijalankan dengan menerapkan kedisiplinan secara ketat.
    KAI secara fundamental mengubah paradigma dari
    operation-centric
    menjadi
    customer-centric
    .
    Lewat perubahan tersebut, KAI menerapkan inisiatif baru, mulai dari sistem tiket daring, penertiban sistem
    boarding
    , pembatasan penumpang sesuai kapasitas tempat duduk, hingga peningkatan keamanan dan budaya tepat waktu.
    Sejumlah inisiatif tersebut berhasil mengubah wajah KAI dari transportasi kelas bawah menjadi moda transportasi yang aman, nyaman, dan andal.
    “Layanan digital hingga pemanfaatan teknologi terus dikembangkan oleh KAI untuk memberi pengalaman perjalanan yang baru,
    seamless
    , dan efisien bagi pelanggan,” jelas Anne.
    Komitmen KAI terhadap inovasi digital dan aksesibilitas layanan terus dibuktikan melalui berbagai inovasi terdepan.
    Salah satunya adalah fasilitas
    face recognition boarding gate
    yang kini telah tersedia di 22 stasiun besar di seluruh Indonesia.
    Selama periode Januari hingga Agustus 2025, teknologi tersebut telah dimanfaatkan oleh 7.478.690 pelanggan untuk memudahkan dan mempercepat proses
    boarding
    .
    KAI juga menawarkan kemudahan akses bagi pelanggan. Kini, pemesanan tiket dapat dilakukan hingga H-45 sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, serta berbagai mitra penjualan daring resmi.
    Dari sisi kenyamanan, KAI terus melakukan perbaikan. Saat ini, tengah dilakukan modifikasi pada kereta kelas ekonomi untuk memberikan ruang kaki (
    leg room
    ) yang lebih nyaman, dengan mengurangi kapasitas penumpang dari 80 menjadi 72 kursi.
    Selain itu, KAI menargetkan revitalisasi 200 kereta kelas ekonomi dan pengadaan 612 unit kereta baru, serta melanjutkan program peremajaan 438 kereta yang telah dilakukan pada 2017.
    Upaya transformasi yang dilakukan KAI sukses membuahkan hasil positif dan diapresiasi oleh pelanggan.
    Terbukti, Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index/CSI) KAI terus menunjukkan peningkatan sejak 2020.
    Pada semester I-2025, CSI KAI berhasil menyentuh angka 4,52 dari skala 5. Angka kepuasan ini mencerminkan kuatnya kepercayaan publik terhadap layanan KAI.
    Menginjak usia ke-80 tahun, KAI bertekad untuk tidak berhenti berbenah, terus berinovasi, dan konsisten melayani masyarakat Indonesia dengan menghadirkan layanan transportasi massal yang modern, andal, dan membanggakan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Top 3: Anak Usaha KAI Buka Lowongan Kerja – Page 3

    Top 3: Anak Usaha KAI Buka Lowongan Kerja – Page 3

    Anak usaha PT Kereta Api Indonesia, KAI Properti membuka lowongan kerja untuk 11 posisi di perusahaan. Lowongan kerja terdiri dari posisi staf konstruksi hingga marketing atau pemasaran.

    Rekrutmen KAI Properti jadi bagian perusahaan dalam mengelola aset milik grup KAI. Adapun, Pendaftaran dibuka mulai 24-30 September 2025.

    Calon pendaftar bisa mengakses laman https://kaiproperti.id/karir. Informasi detail mengenai persyaratan, tata cara pendaftaran, dan ketentuan lainnya dapat dilihat langsung dalam laman tersebut.

    “Rekrutmen ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat SDM KAI Properti dalam mendukung pengembangan properti dan infrastruktur perkeretaapian nasional,” ujar Plt Sekretaris Perusahaan KAI Properti, Ramdhani Subagja, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis, 25 September 2025.

    Melalui rekrutmen KAI Properti, perusahaan berharap dapat menjaring talenta-talenta unggul yang siap mendukung visi dan misi perusahaan dalam membangun infrastruktur dan properti perkeretaapian yang berkelanjutan.

    “Kami mengajak talenta terbaik bangsa untuk bergabung, berkontribusi, dan bersama-sama membangun masa depan transportasi dan properti berbasis perkeretaapian,” ia menambahkan.

    Berita selengkapnya baca di sini

  • KAI siap dukung POPNAS XVII di Jakarta

    KAI siap dukung POPNAS XVII di Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta siap mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVII dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (PEPARPENAS) XI Tahun 2025 di Jakarta pada November mendatang.

    “KAI Daop 1 Jakarta siap khususnya dalam penyediaan layanan transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu bagi peserta, official maupun masyarakat yang terlibat dalam ajang nasional ini,” kata Executive Vice President (EVP) KAI Daop 1 Jakarta, Yuskal Setiawan di Jakarta, Kamis.

    Hal ini dia sampaikan saat menerima kunjungan audiensi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta di Jakarta.

    Yuskal menyampaikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Jakarta juga membuka ruang kerja sama “branding” (iklan) di sejumlah stasiun strategis seperti Gambir dan Pasar Senen untuk memperkuat gaung pelaksanaan POPNAS dan PEPARPENAS 2025.

    Kepala Dispora DKI Jakarta Andri Yansyah menyampaikan tujuan audiensi yaitu untuk menjalin komunikasi, memperkuat sinergi dan membuka peluang kolaborasi antara Dispora dengan PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

    Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan POPNAS XVII dan PEPARPENAS XI Tahun 2025 yang akan berlangsung di Jakarta.

    Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, kolaborasi ini bagi KAI Daop 1 Jakarta bukan hanya soal layanan transportasi, tetapi juga tentang kontribusi dalam mendukung pengembangan generasi muda, semangat sportivitas dan nilai inklusif.

    “Kami berharap, kehadiran KAI dalam ajang POPNAS dan PEPARPENAS dapat memberikan pengalaman positif serta meninggalkan kesan bahwa transportasi kereta api selalu menjadi sahabat perjalanan masyarakat,” ungkap Ixfan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Lowongan Kerja KAI Properti, Ini Posisi dan Kualifikasinya! – Page 3

    Lowongan Kerja KAI Properti, Ini Posisi dan Kualifikasinya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT KA Properti Manajemen (KAI Properti) kembali membuka kesempatan bagi para talenta terbaik bangsa di berbagai bidang untuk berkarir dan bergabung dengan perusahaan tersebut.

    Melalui pengumuman di akun Instagram resminya @kaiproperti, anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berdiri sejak tahun 2009 ini membuka lowongan kerja untuk 11 posisi strategis. Mulai dari staf konstruksi dan perawatan hingga staf bidang manajemen bisnis.

    KAI Properti bergerak di sektor konstruksi, properti, perdagangan, serta perawatan infrastruktur perkeretaapian. Dalam perjalanannya, perusahaan telah menunjukkan kiprah positif dalam mendukung pembangunan nasional, khususnya pada pengembangan prasarana perkeretaapian yang menjadi tulang punggung transportasi publik di Indonesia.

    Ruang lingkup bisnis yang dijalankan KAI Properti cukup luas. Di bidang konstruksi, perusahaan menangani pembangunan jalan dan jembatan, gedung perkantoran, fasilitas umum, serta instalasi telekomunikasi dan jaringan listrik aliran atas. Selain itu, KAI Properti juga mengelola properti komersial seperti area pertokoan, pusat perbelanjaan, hingga hotel yang mendukung aktivitas masyarakat.

    Tidak hanya bergerak dalam konstruksi dan pengelolaan properti, KAI Properti juga berperan penting dalam pengadaan barang, mesin, dan fasilitas transportasi.

    Perusahaan memiliki keahlian khusus dalam perawatan rel kereta dan jembatan, yang menjadikannya mitra strategis dalam menjaga keberlangsungan infrastruktur transportasi perkeretaapian di tanah air.

    Dengan visi menjadi perusahaan properti dan jasa konstruksi umum yang terpercaya dan profesional, terutama di bidang prasarana perkeretaapian, KAI Properti terus menunjukkan komitmennya melalui berbagai proyek strategis. Upaya ini menjadi bentuk nyata dukungan perusahaan terhadap keberlanjutan transportasi publik sekaligus pembangunan nasional.

    Saat ini, KAI Properti membuka lowongan kerja untuk sebelas posisi strategis. Kesempatan ini menjadi peluang berharga bagi para kandidat yang ingin berkontribusi secara nyata pada perkembangan industri transportasi di Indonesia.

    Berikut informasi lengkap terkait lowongan ini: