Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI dan agen perjalanan kolaborasi majukan pariwisata Indonesia

    KAI dan agen perjalanan kolaborasi majukan pariwisata Indonesia

    Salah satu kerja sama yang sukses dengan travel agent adalah menyelenggarakan rombongan wisata dari anak sekolah ketika hari kerjaJakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan agen perjalanan (travel agent) memajukan pariwisata Indonesia dengan menyediakan akses yang lebih mudah dan terjangkau bagi wisatawan dalam menjelajahi destinasi-destinasi unggulan di tanah air.

    “Salah satu kerja sama yang sukses dengan travel agent adalah menyelenggarakan rombongan wisata dari anak sekolah ketika hari kerja. Dimana KAI memberikan diskon menarik ketika perjalanan rombongan dilaksanakan pada hari kerja tersebut,” kata Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

    KAI menggelar Travel Agent Gathering 2024 di Jakarta, untuk memberikan apresiasi kepada para agen perjalanan atas kerja samanya dalam peningkatan jumlah penumpang kereta api melalui tiket rombongan, khususnya rombongan wisata.

    Hadis menyampaikan ucapan terima kasih kepada para agen perjalanan atas kolaborasi yang telah terjalin baik selama ini.

    “Semoga kerja sama yang sudah terjalin dengan baik akan terus meningkat, khususnya dalam upaya memajukan sektor pariwisata Indonesia melalui perjalanan dengan transportasi kereta api,” ujar Hadis.

    Baca juga: KAI Wisata raih penghargaan di Travel Agent Gathering 2024

    Baca juga: KAI tutup 7 perlintasan sebidang di sejumlah lokasi di Sumatera Utara

    VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan saat ini KAI melayani tiket KA rombongan dengan minimal pemesanan 10 kursi untuk kelas Eksekutif dan 20 kursi untuk kelas Ekonomi dan Bisnis.

    Ia menyebutkan bahwa saat ini KAI juga menyediakan pemesanan tiket rombongan melalui web groupbooking.kai.id yang dapat memesan minimal 10 kursi untuk semua kelas.

    “KAI juga memiliki portal web https://groupbooking.kai.id/ untuk proses booking tiket rombongan. Portal tersebut dapat melayani tiket rombongan keluarga, perusahaan, agen, sekolah, universitas dan komunitas,” ungkap Anne.

    Para travel agent dapat memanfaatkan pemesanan tiket rombongan melalui portal web https://groupbooking.kai.id/ dengan beragam keunggulan antara lain, calon penumpang dapat memilih kursi sesuai dengan keinginan secara mandiri.

    Kedua, para mitra bisa memesan dengan dua metode yaitu booking only (pembayaran uang muka 25 persen) atau dengan book and payment. Ketiga, terdapat pilihan transaksi pembayaran bisa dengan banyak Virtual Account Bank.

    Keempat, lanjut Anne, mitra mendapatkan fee atas setiap transaksi yang diakumulasikan dalam sebulan.

    “Saat ini KAI terus berupaya melakukan pengembangan seperti fitur pembayaran dengan kartu kredit, fitur perubahan nama penumpang, serta tarif khusus pemesanan pada groupbooking.kai.id,” tambah Anne.

    Anne mengatakan pada kegiatan tersebut KAI juga memberikan apresiasi kepada 10 Travel Agent dengan pemesanan tiket rombongan terbanyak yaitu KAI Wisata, Wiyata Tour and Travel, Fata Tour, Panorama JTB Tours, L-JC Tour and Travel, PT Safar Berkah Bersama, Prambanan Indah Tour, Line Tour and Travel, Airlangga Travel, serta FGA Tour and Travel.

    KAI berkomitmen untuk terus menjalin kolaborasi yang erat dengan agen perjalanan dalam upaya meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api rombongan.

    “Melalui berbagai program menarik seperti diskon khusus dan penawaran paket wisata yang kompetitif, KAI ingin mendorong lebih banyak kelompok termasuk sekolah dan perusahaan, untuk merasakan pengalaman bepergian bersama dengan kereta api,” kata Anne.

    Baca juga: Realisasi BBM subsidi bagi KAI Daop 1 capai 71,23 persen per September

    Baca juga: Kereta Api Perintis Sulsel angkut 431.325 penumpang hingga September

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • PT KAI menutup perlintasan sebidang untuk mitigasi kecelakaan 

    PT KAI menutup perlintasan sebidang untuk mitigasi kecelakaan 

    Masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dan mematuhi seluruh rambu-rambu yang ada ketika melintasi perlintasan sebidang kereta api.Solo (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) bersama dengan Kementerian Perhubungan menutup perlintasan sebidang untuk memitigasi kecelakaan lalu lintas.

    Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, di Solo, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan kegiatan penutupan perlintasan sebidang kali ini dilakukan secara serentak pada Rabu (30/10), di Wilayah Daop 1-9 dan Divre I-IV.

    Ia mengatakan untuk wilayah Daop 6, perlintasan sebidang yang ditutup berada di Km 94+1/2 antara Stasiun Salem-Kalioso, Banaran, Kalijambe, Kabupaten Sragen.

    Dia menambahkan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 Pasal 2, perlintasan sebidang yang tidak memiliki Nomor Jalur Perlintasan Langsung (JPL), tidak dijaga, dan/atau tidak berpintu yang lebarnya kurang dari 2 meter harus ditutup atau dilakukan normalisasi jalur kereta api.

    “Perlintasan sebidang pada Km 94+1/2 ini memiliki lebar kurang dari 2 meter, tidak dijaga, dan bahkan ilegal. Apabila dibiarkan terus-menerus, maka keselamatan perjalanan KA maupun masyarakat sekitar dapat terancam,” katanya.

    Apalagi, katanya pula, perlintasan sebidang menjadi salah satu titik rawan terjadinya gangguan perjalanan kereta api seperti kecelakaan temperan.

    Pihaknya mencatat terdapat 296 titik perlintasan sebidang di wilayah Daop 6 Yogyakarta yang terdiri dari titik perlintasan terjaga sebanyak 138 dan titik perlintasan yang tidak terjaga sebanyak 158.

    “Upaya penutupan perlintasan sebidang ilegal kali ini sejalan dengan aturan pada UU Nomor 23 /2007 tentang Perkeretaapian, UU Nomor 22 /2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 Pasal 5 dan 6,” katanya lagi.

    Ia mengatakan selama tahun 2024, Daop 6 mencatat telah terjadi 11 kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang jalur kereta api. Kecelakaan tersebut merenggut korban manusia sebanyak 16 orang, dengan rincian enam korban meninggal dunia, empat korban luka berat, dan enam korban luka ringan.

    Upaya lain yang dilakukan oleh Daop 6 untuk meningkatkan keselamatan pada perlintasan sebidang selama tahun 2024, di antaranya sosialisasi keselamatan secara langsung di perlintasan sebidang, sekolah, maupun masyarakat.

    “Selain itu, kami juga mengusulkan pembuatan perlintasan tidak sebidang kepada pemerintah dengan membangun flyover atau underpass, serta melakukan perawatan dan perbaikan peralatan di perlintasan sebidang,” katanya.

    Ia berharap seluruh unsur masyarakat dan pemerintah peduli terhadap keselamatan di perlintasan sebidang.

    “Masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dan mematuhi seluruh rambu-rambu yang ada ketika melintasi perlintasan sebidang kereta api,” katanya lagi.
    Baca juga: Daop 6 Yogyakarta tutup dua perlintasan di Kulon Progo-Sukoharjo
    Baca juga: KAI tutup 7 perlintasan sebidang di sejumlah lokasi di Sumatera Utara

    Pewarta: Aris Wasita
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Cegah Kecelakaan, KAI Tutup 3 Perlintasan Liar di Sukabumi-Bogor

    Cegah Kecelakaan, KAI Tutup 3 Perlintasan Liar di Sukabumi-Bogor

    Bogor

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menutup 3 titik perlintasan liar di Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat (Jabar). Perlintasan sebidang tanpa palang pintu itu ditutup secara serentak.

    “KAI Daop 1 Jakarta selama ini terus berusaha melakukan penutupan perlintasan untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta api,” kata Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Rabu (30/10/2024).

    Ketiga titik perlintasan sebidang liar itu ditutup serentak pada hari ini. Ketiga perlintasan liar itu ialah:

    1. KM 31+895 petak jalan Stasiun Cicurug – Stasiun Parungkuda,

    2. Perlintasan tidak resmi tidak terjaga KM 31+820 perlintasan tidak resmi tidak terjaga petak jalan Stasiun Cicurug –
    Stasiun Parungkuda di RT 02 RW 04 Kp. Bojong Astana Ds. Langengsari Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi, Jawa Barat, dan

    3. KM 46+050 perlintasan tidak resmi tidak terjaga petak jalur Stasiun Parungpanjang – Stasiun Cilejit di Kp. Salimah Rt 007/02 Desa Gintung Cilejit Kec Parung panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

    Pada periode Januari-30 Oktober 2024, KAI Daop 1 telah menutup 23 titik perlintasan. (dok KAI Daop 1)

    Normalisasi jalur KA dan penutupan kali ini juga melibatkan kewilayahan setempat, Babinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat setempat dan juga dari BTP kelas 1 Jakarta serta Direktorat Keselamatan DJKA.

    “Kami terus berupaya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan melakukan peningkatan keselamatan di perlintasan sebidang KA,” kata Ixfan.

    “Hingga tahun 2023 KAI Daop 1 telah melakukan penutupan sebanyak 65 titik perlintasan. Selanjutnya pada periode Januari hingga 30 Oktober 2024, berhasil menutup 23 titik perlintasan,” ungkap Ixfan.

    Ixfan juga menyayangkan, karena masih ada pengguna jalan yang tidak disiplin saat melintas di perlintasan sebidang. Selama tahun 2022 terdapat 211 kejadian temperan baik itu di perlintasan sebidang maupun di jalur KA, tahun 2023 terdapat 188 kejadian dan tahun 2024 hingga saat ini terdapat 116 kejadian, dengan rincian bulan januari 15 kali kejadian, Februari 14, Maret 13, April 15, Mei 8, Juni 11, Juli 16, Agustus 7, September 6 dan Oktober sampai dengan saat rilis dibuat sebanyak 11 kali kejadian.

    Sementara, pada tahun 2024 jumlah kejadian kecelakaan di perlintasan yaitu 38 titik perlintasan sebidang, korban dengan berbagai kondisi luka ringan, luka berat, hingga meninggal dunia.

    Ixfan mengingatkan para pengguna jalan raya yang akan melintas pada perlintasan sebidang agar selalu berhati-hati dan waspada. Pengguna jalan juga wajib mengutamakan perjalanan kereta api serta keselamatan dengan mematuhi rambu-rambu serta aturan yang ada.

    “Wajib ‘berteman’ (berhenti, tengok kanan-kiri, aman, dan jalan) serta tidak membuat ataupun membangun perlintasan-perlintasan liar. Pelanggaran di perlintasan sebidang serta jalan raya merupakan pelanggaran lalu lintas dan dapat ditindak pihak berwajib sesuai aturan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” tutup Ixfan.

    (jbr/imk)

  • Wajah Baru Kelas Bisnis KA Ranggajati Mulai 2 November 2024

    Wajah Baru Kelas Bisnis KA Ranggajati Mulai 2 November 2024

    Liputan6.com, Jember – Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Jember – Cirebon keberangkatan tanggal 2 November 2024 dari Stasiun Jember mengalami perubahan sarana.

    PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember melakukan penggantian kereta Bisnis pada KA Ranggajati dengan kereta Ekonomi New Generation hasil modifikasi dari Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan).

    “Formasi rangkaiannya masih sama, hanya saja untuk kereta yang kelas bisnis diganti dengan kereta ekonomi new generation,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro Selasa (29/10/2024)

    Lebih lanjut Cahyo menjelaskan, perubahan pada sarana KA Ranggajati berdampak pada kapasitas tempat duduk yang tersedia. Jika Sebelumnya KA Ranggajati membawa 5 kereta kelas eksekutif, 4 kereta kelas bisnis, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit dengan total kapasitas sebanyak 506 tempat duduk.

    Mulai 2 November 2024, untuk kereta kelas bisnis diganti dengan kereta ekonomi new generation sehingga kapasitasnya bertambah menjadi 538 tempat duduk.

    Dilakukannya penyesuaian sarana KA Ranggajati, juga berdampak terjadinya penyesuaian harga tiket. Sebelumnya, untuk kelas Bisnis pada KA Ranggajati dijual dengan harga Rp380–400 ribu, setelah menggunakan kereta ekonomi new generation harga tiketnya menjadi 450 ribu rupiah untuk relasi Jember – Cirebon.

    Pada kereta ekonomi new generation yang akan digunakan pada KA Ranggajati memiliki beberapa kelebihan, di antaranya tempat duduk menggunakan tipe captain seat (penumpang kiri dan kanan terpisah) dengan konfigurasi 2-2, sudut kemiringan sandaran yang bisa diatur (reclining) dan arah kursi dapat disesuaikan dengan arah laju kereta api (revolving).

    Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodifikasi mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. 

  • KA Gajayana peringati seperempat abad layani penumpang 

    KA Gajayana peringati seperempat abad layani penumpang 

    Sumber foto: El Aris/elshinta.com.

    KA Gajayana peringati seperempat abad layani penumpang 
    Dalam Negeri   
    Sigit Kurniawan   
    Senin, 28 Oktober 2024 – 20:44 WIB

    Elshinta.com – 25 tahun beroperasinya KA Gajayana yang melayani rute Malang-Jakarta dirayakan secara sederhana. Perayaaan seperempat abad kereta yang dinamai Raja Gajayana ini digelar di Stasiun Kereta Api Malang, Jawa Timur, Senin (28/10). 

    Prosesi perayaaan digelar dengan pemotongan nasi tumpeng yang diserahkan langsung Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo.

    “Sejak pertama kali beroperasinya pada 28 Oktober 1999, KA Gajayana terus berupaya memberikan pengalaman perjalanan yang selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu bagi pelanggan. Apalagi kereta Gajayana dulu dikenal merupakan kereta terpanjang rutenya,” ungkap Wisnu.

    Kereta api Gajayana memiliki tingkat okupansi sebanyak 80 persen yang memiliki relasi Stasiun Malang tujuan akhir Stasiun Gambir. 

    Dan PT KAI Daop 8 mengelar beberapa kegiatan meliputi sapa pelanggan KA Gajayana dengan memberikan souvenir pada pelanggan serta bagi yang berulang tahun, games lucky draw, serta hiburan live music di Stasiun Malang.

    “Termasuk memberi gift bagi penumpang yang berulang tahun tepat pada Oktober.” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, El Aris, Senin (28/10).

    Pada periode tahun 2024 bulan Januari hingga September, tingkat keterisian pelanggan KA Gajayana keberangkatan dari Stasiun Malang mencapai 60% – 70% dari total kapasitas 426 tempat duduk yang tersedia setiap hari. Sedangkan, tingkat keterisian pelanggan KA Gajayana secara keseluruhan mencapai 120% – 140% setiap hari.

    Wisnu Pramudyo mengutarakan bahwa KAI selalu memprioritaskan terhadap keselamatan, namun tetap memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Dijelaskannya, bagi pelanggan kelas Luxury pada KA Gajayana, bisa menikmati fasilitas di Ruang Luxury Lounge Stasiun Malang yang dibuka 1 jam sebelum keberangkatan KA Gajayana.

    Di dalamnya, pelanggan dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari ruang tunggu yang nyaman dan berpendingin udara, makanan dan minuman ringan secara cuma-cuma, musala dan toilet di Luxury Lounge, layanan TV berlangganan, hingga melayani kebutuhan informasi terkait layanan dan program KAI.

    “Hal ini ditujukan agar KAI dapat memberikan costumer experience saat menggunakan transportasi kereta api,” tandasnya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KA Pengumpan angkut sejuta pelanggan hingga triwulan tiga 2024

    KA Pengumpan angkut sejuta pelanggan hingga triwulan tiga 2024

    Jumlah pelanggan tersebut semakin bertambah seiring dengan makin banyaknya jumlah perjalanan KA Feeder relasi Bandung- Padalarang, PPBandung (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mencatat volume penumpang Kereta Pengumpan (Feeder) Kereta Cepat Whoosh relasi Bandung-Padalarang dan sebaliknya hingga triwulan tiga 2024, pada 30 September 2024, sebanyak 1.017.356 penumpang.

    Manajer Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan bahwa secara rinci, jumlah tersebut terbagi antara keberangkatan Stasiun Bandung sebanyak 964.636 penumpang, keberangkatan Stasiun Cimahi 52.720 penumpang, dan 1.124.233 penumpang yang turun di Stasiun Bandung.

    “Jumlah pelanggan tersebut semakin bertambah seiring dengan makin banyaknya jumlah perjalanan KA Feeder relasi Bandung- Padalarang, PP” ucap Ayep di Bandung, Sabtu.

    Ayep mengatakan bahwa saat ini jumlah perjalanan sebanyak 54 perjalanan setiap harinya dengan menyesuaikan jadwal KA Cepat Whoosh, di mana rute Bandung-Padalarang memiliki jadwal pertama dari pukul 05.33 dan jadwal terakhir jam 20.12.

    Sementara untuk rute sebaliknya, yakni Padalarang-Bandung memiliki jadwal pertama di jam 06.05 dan jadwal terakhir berangkat pukul 21.12.

    Ayep menambahkan bahwa dengan waktu tempuh sekitar 19-20 menit, diharapkan akan mempermudah masyarakat dalam mengakses moda transportasi baru yang menghubungkan Bandung dan Jakarta ini.

    “Dengan total waktu tempuh dari Padalarang ke Stasiun Bandung dan sebaliknya hanya 19 menit, diharapkan dengan adanya KA feeder ini, dapat mempermudah konektivitas masyarakat untuk menuju Stasiun Whoosh Padalarang melalui sistem transportasi yang bebas kemacetan dan tepat waktu,” kata Ayep.

    Baca juga: Kereta cepat Woosh catat jumlah perjalanan meningkat 242 persen
    Baca juga: Menhub harap jangkauan kereta api cepat menjadi lebih luas

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dukung pelantikan presiden besok, perjalanan LRT Jabodebek ditambah

    Dukung pelantikan presiden besok, perjalanan LRT Jabodebek ditambah

    Dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 364, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman transportasi publik yang lebih lancar dan nyaman selama berlangsungnya acara tersebutJakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan 364 perjalanan LRT Jabodebek pada Minggu 20 Oktober 2024 untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden.

    “Dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 364, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman transportasi publik yang lebih lancar dan nyaman selama berlangsungnya acara tersebut,” kata Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

    Dengan penambahan perjalanan ini, kata dia,  headway LRT Jabodebek berlaku secara merata sepanjang hari yakni 11 menit pada lintas Jatimulya / Harjamukti – Cawang, dan 5 menit pada lintas Cawang – Dukuh Atas.

    Pihaknya berharap inisiatif ini dapat memastikan kelancaran perjalanan, khususnya di area Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Jalan Merdeka Barat yang menjadi pusat acara.

    Baca juga: KAI: pengguna LRT Jabodebek meningkat 23 persen pada kuartal III 2024

    Adapun jadwal perjalanan pertama dan terakhir LRT Jabodebek pada 20 Oktober 2024 adalah sebagai berikut:

    Dukuh Atas – Jatimulya: Perjalanan pertama pukul 06:18, terakhir pukul 22:48.
    Dukuh Atas – Harjamukti: Perjalanan pertama pukul 06:23, terakhir pukul 22:53.
    Jatimulya – Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:24, terakhir pukul 21:54.
    Harjamukti – Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:30, terakhir pukul 22:00.

    Pihaknya juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna mendukung kenyamanan penumpang, dengan menambah personel pengamanan dan petugas pelayanan di berbagai stasiun.

    “Kami berharap penambahan jadwal perjalanan ini dapat mendukung masyarakat dalam menyaksikan momen bersejarah ini dengan lebih mudah dan nyaman, serta merasakan manfaat dari layanan transportasi publik yang terus kami kembangkan,” kata Mahendro.

    Baca juga: LRT Jabodebek hadirkan inisiatif ramah lingkungan dukung keberlanjutan

    Selain itu dia berharap penambahan perjalanan dapat mendorong lebih banyak masyarakat beralih menggunakan transportasi publik, sekaligus membantu mengurangi kemacetan dan polusi di kawasan Jabodebek.

    Mahendro juga mengimbau pengguna LRT untuk memberikan prioritas kepada penumpang rentan, seperti penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, serta orang tua yang membawa anak kecil.

    “Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan LRT Jabodebek dengan bijak, menjaga ketertiban, serta memperhatikan keselamatan selama perjalanan. Mengingat potensi peningkatan jumlah penumpang, kami berharap masyarakat dapat mendukung kelancaran perjalanan bersama,” ujar Mahendro.

    Baca juga: KAI tambah jam opersional dan perjalanan LRT Jabodebek, jadi 358 trip

     

    Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
    Editor: Risbiani Fardaniah
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mantan Dirut Jadi Tersangka, PT INKA Hormati Proses Hukum

    Mantan Dirut Jadi Tersangka, PT INKA Hormati Proses Hukum

    Surabaya (beritajatim.com) – Paska penetapan tersangka dan penahanan terhadap mantan Dirut PT INKA yakni BN, jajaran direksi PT INKA angkat bicara. PT INKA menghormati proses hukum atas langkah yang dilakukan pihak Kejaksaan Tinggi Jatim tersebut.

    “Kami tentu menghormati proses hukum itu. Kejaksaan Tinggi pasti punya dasar untuk menetapkan tersangka dan melakukan penahanan pada Pak BN. Kami menghormati,” kata GM Keuangan, Akuntansi dan TJSL PT INKA (Persero), Edwyn Dwi Cahyo selaku Plt. GM Sekretaris Perusahaan PT INKA (Persero), Rabu (2/10/2024).

    Seperti diberitakan sebelumnya Kejaksaan Tinggi Jatim telah menetapkan BN sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberiaan dana talangan pada proyek Solar Photovolic Power Plant 200 MW dan Smart City di Kinshasa Republik Demokratik Kongo.

    Selain menetapkan sebagai tersangka, Kejaksaan Tinggi juga memutuskan melakukan penahanan terhadap mantan Dirut itu selama 20 hari sejak tanggal 1 Oktober hingga 20 Oktober 2024 mendatang.

    Menjawab hal itu, Edwyn menegaskan pihaknya menghormati proses hukum yang sedang berjalan. “Sekali lagi, intinya kami menghormati proses hukum ini,” katanya.

    Pada bagian lain, Edwyn menyampaikan bahwa kegiatan operasional perusahaan tetap berjalan dengan normal untuk produksi sarana kereta api sesuai dengan target yang telah ditetapkan. “Kami saat ini fokus terhadap penyelesaian target produksi sarana perkeretaapian yang sudah di dalam kesepakatan kontrak dengan customer,” katanya.

    Berdasar catatan redaksi, Badan Usaha Milik Negara ini (BUMN) memiliki target memproduksi 612 kereta penumpang pesanan PT KAI (Persero), 16 trainset KRL baru (12 car per trainset) pesanan KAI Commuter, dan 450 Container Flat Top Wagon UGL Services Pty. Ltd. New Zealand

    Selain memenuhi kebutuhan dalam negeri, industri kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara itu juga telah menembus pasar luar negeri, seperti Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Australia. [uci/kun]

  • Viral Detik-detik Kereta Terobos Kobaran Api, KAI Langsung Buka Suara

    Viral Detik-detik Kereta Terobos Kobaran Api, KAI Langsung Buka Suara

    Jakarta

    Sebuah video viral di media sosial tentang Kereta Api (KA) dengan nomor 23 Argo Cheribon menerobos kobaran api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta pun mengungkap penyebab kejadian tersebut.

    Video viral tersebut tersebar di media sosial X dan TikTok. Peristiwa itu terjadi tepatnya di gudang palet madura yang lokasinya berdekatan dengan jalur rel KA di petak Jalur Hilir Karawang-Kedunggedeh Km 59+100, Kampung Babakan, Karawang.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan pihaknya awalnya menerima laporan pada Senin (19/8/2924) pukul 18.35 WIB. Kebakaran terjadi di gudang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta, sehingga kereta yang melintas seolah menerjang api.

    Ixfan mengungkapkan kebakaran diduga terjadi akibat rembetan dari pembakaran sampah oleh warga yang tidak diketahui pembakarnya.

    “Dengan adanya insiden tersebut kami dari pihak KAI langsung berkoordinasi dengan Unit terkait (Sinyal Telekomunikasi, Kepala Stasiun, Tim Pengamanan dan pihak Damkar setempat), kemudian dari pihak Damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan 3 Unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 wib dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA,” kata Ixfan dalam keterangan resmi, Rabu (21/8/24).

    Meskipun demikian, Ixfan menjamin perjalanan KA tidak terganggu imbas insiden itu. KAI juga tidak mengalami kerugian.

    “Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis, perjalanan KA tidak terganggu sama sekali aman sesuai jadwal,” jelas Ixfan.

    Lihat juga Video: Warga Terekam Buang Sampah ke Kereta Barang, KAI Ingatkan Ancaman Penjara

    (hns/hns)

  • Mobil Grab Vs Kereta Api di Blitar Diduga Petugas KA Telat Turunkan Palang Pintu

    Mobil Grab Vs Kereta Api di Blitar Diduga Petugas KA Telat Turunkan Palang Pintu

    Blitar (beritajatim.com) – Kecelakaan antara mobil Grab dengan kereta api Kertanegara di perlintasan jalan Nias Kota Blitar diduga akibat ada keterlambatan petugas jaga menurunkan palang pintu.

    Sehingga mobil Grab tersebut bisa melaju meski sirine perlintasan telah berbunyi. “Kondisi mobil tidak melaju begitu kencang, ada dugaan demikian tapi masih diselidiki lagi (soal keterlambatan petugas KA narik palang pintu),” kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP Taufik Nabila, Minggu (26/5/2024).

    Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), diketahui mobil Sigra itu tetap melaju meski sirene perlintasan sudah berbunyi. Namun saat kejadian memang palang pintu sebelah selatan belum tertutup.

    Nah, saat mobil usai melintasi rel kereta api, palang pintu sebelah utara langsung tertutup. Sehingga mobil terjebak diantara palang pintu dan rel kereta api. Tidak berselang lama kereta api Kertanegara melintas hingga akhirnya bagian belakang mobil tertemper keras.

    “Ada faktor kelalaian dari sopir karena dia tidak memperhatikan alarm perlintasan yang telah berbunyi, namun semua masih tahap penyelidikan ya,” tegasnya.

    Sementara itu, PT. KAI Daop 7 Madiun angkat bicara terkait hal itu. Menurutnya jika sirene perlintasan KA berbunyi maka pengendara diwajibkan berhenti.

    “Saya belum menerima detailnya, cuma yang pasti pengguna jalan harus berhenti jika sirine sudah dibunyikan atau palang pintu sudah diturunkan. Jadi tentunya kita bisa memperkirakan posisi pengemudi saat itu,” kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo.

    PT KAI Daop 7 Madiun menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Sat Lantas Polres Blitar untuk menyelidiki kasus kecelakaan ini.

    “Sebagai catatan bahwa palang pintu dibuat bukan untuk menjaga keselamatan pengguna jalan raya, namun memastikan perjalanan KA aman yang dengan sendirinya akan menjadi aman juga untuk pengguna jalan raya di perlintasan sebidang,” tutupnya. [owi/suf]