Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • 24 Perjalanan KA Relasi Gambir & Pasar Senen Terlambat, Ini Daftarnya

    24 Perjalanan KA Relasi Gambir & Pasar Senen Terlambat, Ini Daftarnya

    Jakarta

    PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta melaporkan sebanyak 24 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) hari ini, Rabu (20/11), akan mengalami Keterlambatan. Baik untuk perjalanan dari ataupun menuju Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan keterlambatan ini terjadi sehubungan adanya tiang listrik aliran atas (LAA) miring di antara Stasiun Cakung dan Bekasi.

    “Perbaikan pada jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) telah selesai dilakukan pada pukul 04.40 WIB setelah pemasangan tiang sementara (temporary) dan penyesuaian (adjusting),” kata Ixfan dalam keterangan resminya, Rabu (20/11/2024).

    “LAA dinyatakan aktif kembali pada pukul 04.44 WIB, dan petak jalan Cakung-Bekasi KM 26+100 telah dinyatakan aman serta dapat dilalui dengan kecepatan normal,” terangnya lagi.

    Dalam hal ini, KAI menduga ada pencurian kabel yang menyebabkan tiang LAA antara Stasiun Cakung dan Bekasi miring dan menyebabkan gangguan layanan. Hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan atas dugaan pencurian tersebut dengan pihak terkait.

    “KAI Daop 1 Jakarta menegaskan bahwa dugaan pencurian kabel feeder baru di lokasi kejadian belum ditemukan bukti yang mendukung,” jelas Ixfan.

    “Sebelumnya, pekerjaan pemasangan instalasi LAA baru oleh pihak ketiga dilakukan berdekatan dengan instalasi eksisting. Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan oleh unit terkait,” sambungnya.

    Lebih lanjut, Ixfan turut menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang menyebabkan keterlambatan pada sejumlah kereta api jarak jauh tersebut.

    “Jalur hulu dan hilir di jalur lama (non-DDT) kini dapat kembali dilalui oleh KRL, sedangkan jalur DDT untuk KAJJ telah beroperasi sejak pukul 22.30 WIB pada Selasa, 19 November 2024,” terangnya.

    Daftar Perjalanan KA yang Mengalami Keterlambatan

    Kereta Api Keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen:

    1. KA Gumarang (130A): 109 menit
    2. KA Purwojaya (72): 123 menit
    3. KA Taksaka (70): 115 menit
    4. KA Singasari (104): 320 menit
    5. KA Parcel Utara (284): 342 menit
    6. KA Bogowonto (136): 139 menit
    7. KA Mataram (90): 227 menit
    8. KA Progo (248A): 243 menit
    9. KA Tawangjaya (258): 227 menit
    10. KA Argo Parahyangan (7046A): 202 menit
    11. KA Argo Muria (16): 246 menit

    Kereta Api Kedatangan Stasiun Gambir dan Pasar Senen:

    1. KA Argo Muria (15): 90 menit
    2. KA Argo Parahyangan Tambahan (7045B): 110 menit
    3. KA Airlangga (235): 129 menit
    4. KA Matarmaja (233): 48 menit
    5. KA Senja Utama Yogyakarta (139): 47 menit
    6. KA Pangandaran (7027B): 136 menit
    7. KA Gaya Baru Malam Selatan (105A): 117 menit
    8. KA Sawunggalih (149): 150 menit
    9. KA Gumarang (129A): 77 menit
    10. KA Jayabaya (107): 112 menit
    11. KA Kutojaya Utara (223): 102 menit
    12. KA Jayakarta (217B): 64 menit
    13. KA Brantas (111): 57 menit.

    (fdl/fdl)

  • KA Gumarang Tersangkut hingga Kabel Diduga Dicuri

    KA Gumarang Tersangkut hingga Kabel Diduga Dicuri

    Jakarta

    Tiang listrik aliran atas (LAA) di lintasan Cakung-Bekasi miring hingga membuat KA Gumarang menyangkut. KAI menduga tiang LAA ini miring karena kabel diduga dicuri.

    Dirangkum detikcom, Rabu (20/11/2024), indisen ini terjadi malam tadi sekitar pukul 21.09 WIB. KAI dan KAI Commuter sempat menghentikan sementara perjalanan kereta di lokasi.

    Berikut fakta-faktanya:

    1. KRL Lintas Bekasi Sempat Hanya Sampai Cakung

    Imbas tiang LAA miring ini, perjalanan kereta rel listrik (KRL) lintas Bekasi sempat terkendala malam tadi. Petugas kemudian melakukan perbaikan tiang LAA.

    “Terdapat perbaikan tiang Listrik Aliran Atas (LAA) di antara Stasiun Cakung-Bekasi dan saat ini dalam penanganan oleh petugas,” demikian keterangan KAI Commuter Indonesia (KCI) lewat akun X (Twitter) @CommuterLine, Selasa (19/11/2024).

    KCI menjelaskan petugas di lapangan menangani kendala tersebut. Perjalanan Bekasi Line sempat hanya bisa sampai Stasiun Cakung.

    “Perjalanan Commuter Line Bekasi/Cikarang perjalanannya hanya sampai Stasiun Cakung untuk kembali menuju Stasiun Kampung Bandan via Manggarai atau via Pasar Senen,” tambahnya.

    2. 8 Kereta Jarak Jauh Terdampak

    Kereta api Gumarang tersangkut kabel buntut tiang LAA miring di lintas Bekasi. Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan akibat peristiwa ini membuat 8 perjalanan kereta api jarak jauh sempat terganggu.

    1. Plb 130A (Gumarang) Jalur III Stasiun Bekasi (Tidak preipal);
    2. Ka 104 (Singasari) sinyal masuk J10 Stasiun Bekasi;
    3. Ka 284 (Parcel Utara ) jalur VII Stasiun Jatinegara;
    4. Ka 72 (Purwojaya) jalur III Stasiun Jatinegara;
    5. Ka 70 (Taksaka) jalur II Stasiun Gambir;
    6. Ka 136 (Bogowonto) jalur IV Stasiun PasarSenen;
    7. Ka 15 (A.Muria) jalur I Stasiun Tambun; dan
    8. Plb 7045B ( Argo Parahyangan Tambahan) jalur IV Stasiun Cikarang.

    “Atas kejadian tersebut KAI Daop 1 Jakarta memohon maaf kepada pelanggan kereta api yang terdampak oleh kejadian tersebut,” kata Ixfan dalam keterangannya, Selasa (19/11).

  • KA Gumarang Tersangkut hingga Kabel Diduga Dicuri

    Penampakan Tiang LAA Miring Diduga Kabel Dicuri Sampai Tersangkut di KA

    Jakarta

    Tiang listrik aliran atas (LAA) miring membuat kereta api Gumarang tersangkut di jalur Cakung-Bekasi. KAI menduga LAA itu miring karena kabel dicuri. Begini penampakannya.

    Dari foto yang diberikan KAI Daop 1 Jakarta, Selasa (19/11/2024), tampak tiang dan kabel listrik menyangkut di atap KA Gumarang. Di luar kereta tampak kabel menjuntai.

    Pada foto lainnya, terlihat tiang LAA yang miring menimpa KRL Commuter. KRL tampak dalam posisi berhenti.

    KAI juga menyertakan foto tiang pada bagian kabel yang dicuri. Terlihat kabel telah terpotong.

    “Berdasarkan informasi di lapangan diduga telah terjadi pencurian terhadap kabel feeder baru yang kemudian dari ujung kabel yang dipotong tersebut mengarah ke jalur sehingga tersangkut atap KA 130A Gumarang,” kata Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko Ixfan dalam keterangannya.

    Tiang LAA miring bikin kereta nyangkut di Cakung Foto: (Dok. KAI DAOP I)

    KAI Daop 1 Jakarta kemudian melakukan evakuasi dan perbaikan kabel LAA yang tersangkut bagian atap kereta. KAI juga berkoordinasi pihak terkait (Dinas LAA).

    Ixfan mengatakan pihaknya melakukan penyelidikan terkait kasus ini. KAI juga menyampaikan permohonan maaf karena perjalanan kereta terganggu.

    “Untuk selanjutnya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Ixfan.

    (lir/jbr)

  • KAI Logistik Angkut 22 Juta Ton Barang, Paling Banyak Batu Bara

    KAI Logistik Angkut 22 Juta Ton Barang, Paling Banyak Batu Bara

    Jakarta

    KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) hingga Oktober 2024, KAI Logistik telah mengelola lebih dari 22 juta ton barang di antaranya 20 juta ton angkutan batu bara, 1,9 juta ton angkutan kontainer, 451.080 ton angkutan semen, 7.800 ton angkutan limbah B3, dan 49.000 ton angkutan kurir.

    “Pada Oktober 2024, volume angkutan barang yang dilayani KAI Logistik mengalami peningkatan sekitar 15% dibandingkan rerata volume bulanan tahun 2024 yaitu 2,2 juta ton. Perseroan optimis dalam waktu dua bulan tersisa ini mampu mengoptimalkan kinerja, baik pada aspek operasional maupun keuangan,” kata Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah dalam keterangan tertulis, Selasa (19/11/2024).

    Hingga triwulan III-2024, KAI Logistik mencatatkan rerata volume bulanan menyentuh angka 2,2 juta ton, dan pada Oktober KAI Logistik mengelola lebih dari 2,5 juta ton. Volume tersebut didominasi oleh angkutan batu bara di Sumatra Selatan yang mencapai 90% dari total volume yaitu sekitar 2,3 juta ton.

    Pada Oktober, segmen bisnis angkutan kontainer dan angkutan limbah B3 menunjukkan kinerja melebihi dari target capaian bulanan di mana angkutan kontainer melayani 210.000 ton, dan angkutan limbah B3 melayani sekitar 1.500 ton. Sementara layanan kurir menyumbang sekitar 5.100 ton.

    Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, tren peningkatan terjadi secara konsisten pada angkutan kontainer dan limbah B3. Pada periode tersebut, angkutan kontainer mencatatkan kinerja menyentuh 8% di atas target, sementara angkutan Limbah B3 mencatatkan sekitar 40% melebihi target kinerja.

    Layanan Angkutan Limbah B3 dilayani melalui KALOG Pro dengan keunggulan pada prioritas keamanan dan keselamatan sehingga menekan risiko cemaran lingkungan selama perjalanan, penerapan SOP yang ketat, pengawalan, hingga pemeriksaan di 4 titik pemberhentian. Angkutan limbah B3 juga telah mengantongi izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Kementerian Perhubungan.

    Sementara pada angkutan kontainer, perusahaan terus melakukan inovasi dalam memastikan optimalisasi rantai pasok logistik. Sejumlah langkah yang telah dilakukan seperti konektivitas angkutan kontainer pada kawasan strategis seperti pelabuhan dan kawasan industri, penguatan cold chain logistics, penerapan teknologi RFID pada unit kontainer hingga mengantongi sertifikasi Halal Logistik yang diterbitkan oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) untuk jenis produk Jasa Pendistribusian yang terdaftar di tiga terminal yaitu Terminal Barang Area Sungai Lagoa, Terminal Barang Area Klari, dan Terminal Barang Area Kalimas.

    “Kami mengapresiasi pelaku usaha yang telah memilih moda kereta api sebagai moda unggulan yang lebih ramah lingkungan, di mana tidak hanya lebih bersaing pada sisi ekonomi, namun juga turut memberikan andil signifikan pada kelangsungan aspek lingkungan, dan mengurangi risiko kerusakan infrastruktur jalan raya akibat beban yang berlebih,” tutup Fredi.

    (ara/ara)

  • KAI Angkut 4,8 Juta Ton Peti Kemas Hingga Oktober 2024

    KAI Angkut 4,8 Juta Ton Peti Kemas Hingga Oktober 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tercatat telah mengangkut 4,8 juta ton peti kemas sepanjang Januari-Oktober 2024, lebih tinggi dibandingkan perolehan sepanjang 2023. 

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan selama periode Januari hingga Oktober 2024, KAI berhasil mengangkut sebanyak 4.849.223 ton peti kemas. Capaian tersebut mengalami kenaikan sebesar 27,65% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan total jumlah angkutan mencapai 3.798.764 ton.

    “Capaian angkutan peti kemas dengan kereta api menunjukkan tren positif. Hingga Oktober tahun 2024, KAI berhasil mengangkut 4.849.223 ton, sudah melampaui total angkutan pada komoditi yang sama selama satu tahun penuh di 2023 yang tercatat sebesar 4.661.449 ton,” kata Anne dalam keterangan resmi, Senin (17/11/2024). 

    Anne menambahkan bahwa angkutan peti kemas dengan kereta api tersebar di berbagai wilayah, termasuk Daop 1 Jakarta, Daop 4 Semarang, Daop 8 Surabaya, dan Divre I Medan.

    Perusahaan-perusahaan industri di Jakarta Utara, Bekasi, Karawang, Cilegon, Gresik, Sei Mangkei, Kuala Tanjung, Belawan, dan Semarang masih mengandalkan kereta api untuk pengangkutan peti kemas. Anne menambahkan penggunaan kereta api disebabkan keunggulannya dalam kapasitas angkut yang besar dan biaya yang lebih efisien. 

    Anne mengklaim, KAI berkomitmen untuk terus memperkuat layanan angkutan barang dengan kereta api, yang dapat menjadi solusi terbaik untuk mendukung kelancaran distribusi barang, mengurangi dampak lingkungan, serta membantu mengatasi masalah kemacetan yang sering terjadi akibat angkutan truk.

    Selain efisiensi, kata Anne, penggunaan kereta api untuk angkutan barang juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan mengurangi masalah kemacetan. 

    “Kereta api tidak hanya menawarkan solusi yang lebih aman, tetapi juga berperan penting dalam mengurangi polusi udara dan kerusakan jalan akibat kendaraan berat,” ujar Anne.

    KAI berkomitmen untuk terus memperkuat layanan angkutan barang dengan kereta api, yang dapat menjadi solusi terbaik untuk mendukung kelancaran distribusi barang, mengurangi dampak lingkungan, serta membantu mengatasi masalah kemacetan yang sering terjadi akibat angkutan truk melebihi kapasitas yang mogok.

  • Truk Sering Bikin Celaka, Sudah Saatnya Angkutan Barang Pakai Kereta

    Truk Sering Bikin Celaka, Sudah Saatnya Angkutan Barang Pakai Kereta

    Jakarta

    Truk sedang menjadi sorotan akhir-akhir ini lantaran banyaknya terjadi kasus kecelakaan yang dipicu kendaraan jumbo tersebut. Pemerintah pun disarankan agar melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah memindahkan angkutan barang dari truk ke kereta api.

    “Untuk membenahi aktivitas truk dengan dimensi dan muatan berlebih (over load over dimension/ODOL), Kementerian Perhubungan jangan fokus di jalan raya, namun dapat mengoptimalisasi angkutan kereta api. Terlebih di jalan raya masih rawan pungutan liar (pungli) dan cawe-cawe oknum aparat penegak hukum (APH) di jembatan timbang,” buka pengamat transportasi Djoko Setijowarno dalam keterangan resminya, Senin (18/11/2024).

    Djoko menambahkan, saat ini jalan raya mendominasi angkutan barang secara nasional. Misalnya pada 2019 lalu, angkutan jalan mencatat 16,07 miliar ton/tahun (87,57%), angkutan udara 0,52 juta ton/tahun (0,003%), angkutan laut 2,23 miliar ton/tahun (12,16%), angkutan SDP 0,56 juta ton/tahun (0,003%), sementara angkutan kereta api cuma 47,6 juta ton/tahun (0,26%).

    “Padahal biaya transportasi menggunakan moda jalan raya akan efektif maksimal pada jarak 500 km. Lebih dari itu, truk barang akan membawa muatan lebih. Lihat saja tiap truk yang membawa muatan dari Jawa Timur ke Jakarta, Jawa Barat dan Banten atau sebaliknya, rata-rata membawa muatan lebih karena jaraknya sudah lebih dari 500 km. Jalan pantura dalam setahun, sekitar satu bulan mengalami perbaikan dan alami kemacetan panjang, perbaikan jalan secara bergantian antara Rembang – Semarang. Jelas sangat mengganggu kelancaran mobilitas orang dan barang,” terang Djoko.

    Djoko tak memungkiri jika tarif angkutan barang menggunakan kereta api lebih mahal ketimbang truk. “Namun dalam realitanya, di angkutan kereta api dibebani PPN (pajak pertambahan nilai) dan TAC (Track Access Charge). Selain itu moda KA wajib menggunakan BBM (bahan bakar minyak) nonsubsidi. Sementara BBM subsidi sebanyak 93% dinikmati warga yang mampu (pemilik kendaraan pribadi). Mestinya semua angkutan umum (orang dan barang) tak kecuali moda KA juga menggunakan BBM subsidi,” kata Djoko lagi.

    Maka dari itu, agar tarif membawa barang menggunakan moda KA dapat bersaing dengan moda jalan raya, pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan untuk menghilangkan PPN dan TAC. Selain itu, moda KA sebaiknya dibolehkan menggunakan BBM subsidi sebagai angkutan umum membawa barang.

    Ilustrasi kereta api angkutan barang Foto: Dok. KAI

    “Beberapa jenis barang yang dapat diangkut dengan kereta api, di antaranya barang kemasan, sparepart, obat-obatan, hewan peliharaan, pupuk, semen. Namun, angkutan barang dengan moda kereta api juga memiliki beberapa kelemahan, seperti membutuhkan sarana dan prasarana khusus, membutuhkan investasi, biaya operasi, biaya perawatan, dan tenaga yang cukup besar, pelayanan orang dan barang hanya terbatas pada jalurnya,” bilang Djoko.

    Data dari PT KAI (2024), panjang jalan rel di Pulau Jawa 4.564 km dan Pulau Sumatera 1.542 km. Saat ini tersedia 167 stasiun yang melayani aktivitas angkutan barang yang tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

    Selanjutnya, ada 10 komoditi yang dapat diangkut menggunakan moda KA, yaitu batubara (15 stasiun), petikemas (18 stasiun), semen/klinker (19 stasiun), BBM/BBK (12 stasiun), CPO dan Lateks (15 stasiun), Pulp (bubur kertas dan kayu) di 2 stasiun, retail (66 stasiun), pupuk (6 stasiun), B3 dan limbah B3 (4 stasiun), depo balast dan angkutan rel (10 stasiun).

    “Angkutan barang menggunakan moda kereta api diselenggarakan dengan menggunakan gerbong atau kereta bagasi. Kereta api barang atau kereta api kargo adalah kereta api yang digunakan untuk mengangkut barang. Kereta api sangat sesuai untuk mengangkut barang curah dan berat dalam jarak jauh karena gaya gesekan yang rendah. Beberapa kelebihan angkutan barang dengan kereta api di antaranya gerbong kereta api dapat diatur suhu ruang penyimpanan barangnya, kereta api bisa pindah dari satu titik ke titik lain dengan cepat, kereta api dianggap sebagai metode transportasi yang aman,” ungkap Djoko.

    (lua/rgr)

  • Tiket Kereta Wisata Dijual Mulai Rp 79.000, Layani Tujuan Bandung hingga Malang

    Tiket Kereta Wisata Dijual Mulai Rp 79.000, Layani Tujuan Bandung hingga Malang

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia menyediakan tiket Kereta Wisata dengan paling murah Rp 79.000 dan melayani tujuan ke beberapa kota dari Bandung hingga Malang. Harga promosi ini disediakan bagi pengunjung di KAI Expo 2024, yang diselenggarakan pada 16-17 November, di Jakarta Convention Center.

    Selama KAI Expo 2024, Kereta Wisata menawarkan promo untuk kelas ekonomi Rp 79.000, kelas eksekutif Rp 129.000, kelas bisnis Rp 249.000, dan kelas luxury Rp 449.000. 

    Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy mengatakan tarif ini berlaku untuk seluruh rute tujuan mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan kota lainnya. Ia juga menyebut saat ini tujuan yang paling diminati pengunjung adalah Yogyakarta dan Malang. 

    “Tiket yang kita siapkan pada tahun ini sebanyak 39.000 tiket untuk seluruh lintas dan seluruh kelas, termasuk Kereta Cepat Bandung. Target transaksi kita tahun ini untuk yang Jakarta sendiri 25.000-an tiket yang bisa terjual,” ujar Hendy Helmy kepada awak media di JCC, pada Sabtu (16/11/2024). 

    Menurut Hendy, yang membedakan tahun ini dengan sebelumnya adalah dengan diadakannya penjualan tiket halal. 

    “Nah, tahun ini kita tambahkan satu lagi, yaitu adanya penjualan tiket halal. Ini juga menjadi salah satu bagian dari kebutuhan masyarakat untuk bisa memberikan atau menginginkan adanya travel-travel yang lebih banyak. Seperti ibadah-ibadah umrah, haji, dan lain sebagainya,” ungkap Hendy. 

    Selain itu, bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman bersejarah, KAI Wisata juga menawarkan. diskon khusus untuk sewa KA Wisata Ambarawa dengan Lokomotif Uap, yang tersedia dengan harga Rp 25 juta untuk weekend (dari harga awal Rp 28 juta) dan Rp 16,5 juta untuk weekday (dari harga awal Rp 20 juta), khusus untuk reservasi minimal tiga minggu sebelum keberangkatan. 

    Selain itu, KAI Wisata juga mengadakan diskon bagi masyarakat yang ingin menyewa area pada Historic Building Lawang sewu dengan harga mulai dari Rp 24 Juta hingga Rp 30 juta khusus pemesanan maksimal H-14 acara dilakukan dan promo berlaku hingga 20 Desember 2024. KAI Wisata juga menyediakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin merasakan pengalaman unik menaiki Kereta Wisata Ambarawa, perjalanan ini menawarkan. sensasi berbeda dengan menggunakan lokomotif uap, serta pemandangan indah sepanjang rute Ambarawa – Tuntang. 

    “KAI Wisata tidak hanya menghadirkan promo Kereta Wisata saja namun lini bisnis lainnya seperti Wisata Historic Building Lawang Sewu & Museum Kereta Api Ambarawa, Luxury Lounge and hotel transit,” tambah Hendy. 

    KAI Expo 2024 digelar di dua kota, yakni Surabaya yang digelar pada 2-3 November 2024, di Dyandra Convention Center Surabaya. Kemudian baru digelar di Jakarta.

    “Kami berharap melalui KAI Expo di Jakarta ini, Kereta Wisata semakin dikenal oleh masyarakat, baik di dalam negeri maupun internasional. Dengan adanya diskon spesial untuk pola pemesanan FIT dan carter Kereta Wisata, kami berharap lebih banyak masyarakat dapat menikmati pengalaman berkesan dengan Kereta Panoramic, Kereta Wisata, Kereta Istimewa, serta layanan eksklusif KAI Wisata lainnya,” pungkasnya.

    Berikut 51 KA yang tersedia pada promo diskon KAI Expo 2024 di Jakarta

    1.    KA Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pp (Luxury Sleeper, Eksekutif)

    2.    KA Argo Cheribon Relasi Tegal-Cirebon-Gambir pp (Eksekutif, Ekonomi)

    3.    KA Argo Dwipangga Relasi Gambir-Solo Balapan pp (Luxury, Eksekutif)

    4.    KA Argo Lawu Relasi Gambir-Solo Balapan pp (Luxury, Eksekutif)

    5.    KA Tawang Jaya Premium Relasi Pasarsenen-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif, Ekonomi)

    6.    KA Argo Muria Relasi Gambir-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif)

    7.    KA Argo Semeru Relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif)

    8.    KA Argo Parahyangan Relasi Bandung-Gambir pp (Eksekutif, Ekonomi)

    9.    KA Argo Wilis Relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif)

    10.    KA Argo Sindoro Relasi Gambir-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif)

    11.    KA Fajar Utama Solo Relasi Pasarsenen-Solo Balapan (Eksekutif, Ekonomi)

    12.    KA Fajar Utama YK Relasi Pasarsenen-Yogyakarta (Eksekutif, Ekonomi)

    13.    KA Senja Utama YK Relasi Yogyakarta-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)

    14.    KA Gaya Baru Malam Selatan Relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif, Ekonomi)

    15.    KA Argo Merbabu Relasi Gambir-SMT Bank Jateng pp (Eksekutif)

    16.    KA Mutiara Selatan Relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp (Eksekutif, Ekonomi)

    17.    KA Wijaya Kusuma Relasi Cilacap-Ketapang pp (Eksekutif, Ekonomi)

    18.    KA Senja Utama Solo Relasi Solo Balapan-Pasarsenen (Eksekutif, Ekonomi)

    19.    KA Bima Relasi Surabaya Gubeng-Gambir pp (Eksekutif)

    20.    KA Gajahwong Relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp (Eksekutif, Ekonomi)

    21.    KA Harina Relasi Bandung-Surabaya Pasar Turi pp (Eksekutif, Ekonomi)

    22.    KA Brawijaya Relasi Malang-Gambir pp (Eksekutif)

    23.    KA Singasari Relasi Pasarsenen-Blitar pp (Eksekutif, Ekonomi)

    24.    KA Gajayana Relasi Gambir-Malang pp (Luxury, Eksekutif)

    25.    KA Sembrani Relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pp (Luxury, Eksekutif)

    26.    KA Tegal Bahari Relasi Pasarsenen-Tegal pp (Bisnis, Eksekutif)

    27.    KA Sancaka Relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta pp (Eksekutif, Ekonomi)

    28.    KA Gumilang Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi (Bisnis, Eksekutif)

    29.    KA Purwojaya Relasi Cilacap-Gambir (Eksekutif)

    30.    KA Ranggajati Relasi Cirebon-Jember (Eksekutif, Ekonomi)

    31.    KA Brantas Relasi Blitar-Pasar Senen (Eksekutif, Ekonomi)

    32.    KA Bogowonto Relasi Lempuyangan-Pasar Senen (Eksekutif, Ekonomi)

    33.    KA Ciremai Relasi Bandung-Semarang Tawang (Eksekutif)

    34.    KA Taksaka Relasi Gambir-Yogyakarta pp (Luxury, Eksekutif)

    35.    KA Lodaya Relasi Bandung-Solo Balapan pp (Eksekutif, Ekonomi)

    36.    KA Turangga Relasi Surabaya Gubeng-Bandung pp (Eksekutif)

    37.    KA Malabar Relasi Bandung-Malang pp (Eksekutif, Ekonomi)

    38.    KA Mataram Relasi Pasarsenen-Solo Balapan pp (Eksekutif, Ekonomi)

    39.    KA Logawa Relasi Jember-Purwokerto pp (Ekonomi)

    40.    KA Jaka Tingkir Relasi Pasarsenen-Purwosari pp (Ekonomi)  

    41.    KA Jayakarta Relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng pp (Ekonomi)  

    42.    KA Kertajaya Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi pp (Ekonomi)  

    43.    KA Pasundan Relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp (Ekonomi)  

    44.    KA Majapahit Relasi Pasarsenen-Malang pp (Ekonomi)  

    45.    KA Progo Relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp (Ekonomi)  

    46.    KA Menoreh Relasi Pasar Senen-SMT Bank Jateng (Ekonomi)  

    47.    KA Matarmaja Relasi Pasarsenen-Malang pp (Ekonomi)  

    48.    KA Tawang Jaya Relasi Pasarsenen-Semarang Poncol pp (Ekonomi)  

    49.    KA Dharmawangsa Relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi pp (Eksekutif, Ekonomi)  

    50.    KA Kertanegara Relasi Purwokerto-Malang pp (Eksekutif, Ekonomi)  

    51.     KA Sawunggalih Relasi Kutoarjo-Pasar Senen pp (Eksekutif, Ekonomi)

  • Tiket Whoosh Diskon 25%, Khusus Pemesanan di KAI Expo 2025

    Tiket Whoosh Diskon 25%, Khusus Pemesanan di KAI Expo 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menebar promo tiket Whoosh di gelaran KAI Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada 16-17 November 2024.

    General Manager Corporate Secretary Eva Chairunisa mengatakan, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan secara berkelompok minimal 20 penumpang, KCIC menawarkan diskon hingga 25%. 

    “Promo diskon ini berlaku khusus pemesanan tiket dilakukan pada booth KCIC di KAI Expo 2024. Program ini dapat digunakan untuk perjalanan dengan tujuan wisata, gathering, serta program Edu Wisata,” ujar Eva, dikutip Sabtu (16/11/2024).

    Lebih lanjut dia mengatakan, dengan hadirnya KCIC di KAI Expo 2024, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memanfaatkan layanan Whoosh sebagai moda transportasi modern dan ramah lingkungan.

    “Partisipasi KCIC dalam KAI Expo 2024 adalah salah satu upaya untuk lebih mendekatkan Whoosh kepada masyarakat. Kami ingin memperlihatkan bahwa perjalanan dengan Whoosh bisa menjadi pilihan yang menarik dan efisien untuk berbagai keperluan, mulai dari liburan hingga kegiatan edukasi,” katanya.

    Adapun, sejak dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023 hingga November 2024, KCIC telah melayani sebanyak 6,3 juta penumpang. Menurutnya KCIC akan terus berinovasi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh penumpang.

    Berdasarkan pantauan Bisnis di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/11) terlihat ribuan pengunjung memadati area KAI Expo 2024 untuk berburu promo tiket kereta api jelang akhir tahun. Adapun, harga tiket masuk KAI Expo sebesar Rp50.000. 

    Selain KCIC, ada juga PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang juga menebar promo tiket kereta api di gelaran KAI Expo 2024.

    Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy mengatakan gelaran KAI Expo 2024 di Jakarta ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya,KAI Expo 2024 juga digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 2-3 November 2024.

    Lebih lanjut Hendy mengatakan, tiket yang disiapkan pada KAI Expo di Jakarta ini sebanyak 39.000 tiket untuk seluruh lintas dan seluruh kelas. Sementara itu, target penjualan sebanyak 25.000 tiket.

    “Target transaksi kami di KAI Expo 2024 di Jakarta ini sekitar 25.000 tiket terjual. Relasinya untuk di Pulau Jawa,” kata Hendy Helmy.

  • Orang Dalam KAI Bocorkan Cara Dapat Tiket Kereta Harga Murah – Page 3

    Orang Dalam KAI Bocorkan Cara Dapat Tiket Kereta Harga Murah – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah setiap tahun memberikan subsidi kepada penumpang kereta api. Subsidi ini tidak diberikan ke semua rute tetapi sebagian saja. 

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI membagikan cara pembelian tiket kereta api yang telah disubsidi oleh pemerintah. Tentu saja dengan adanya subsidi ini maka harga tiket kereta api lebih murah.

    Vice President Public Relations PT KAI Anne Purba mengatakan, pelanggan atau penumpang kereta api hanya hanya diperbolehkan membeli 1 tiket KA public service obligation (PSO) per identitas dalam satu perjalanan.

    PSO ini merupakan sebutan untuk subsidi dari pemerintah. Oleh karena itu, aturan pembelian tiket PSO sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 63 tahun 2019.

    “Ketentuan ini berlaku khusus untuk kereta api bersubsidi (PSO) yang mendapat subsidi dari pemerintah untuk membantu mobilitas masyarakat dengan harga tiket yang lebih terjangkau,” ungkap  Anne di Jakarta, Sabtu (16/11/2024).

    Pembatasan pembelian tiket ini bertujuan untuk memastikan agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau.

    “Apabila pelanggan mencoba membeli tiket lebih dari satu untuk perjalanan yang sama dengan identitas yang sama, sistem aplikasi Access by KAI akan menolak pembelian tiket tersebut,” jelas Anne. 

    Berbeda dengan kereta api PSO pada kereta api komersial, pelanggan dapat membeli lebih dari satu tiket dalam satu perjalanan yang sama.

    Sistem di aplikasi Access by KAI memungkinkan pembelian tiket lebih dari satu untuk perjalanan yang sama meskipun dengan identitas yang sama.

    Selain kereta api PSO jarak jauh dan menengah, pelanggan kereta api juga menikmati subsidi untuk moda transportasi Commuter Line dan LRT Jabodebek. Pembelian tiket untuk Commuter Line dan LRT Jabodebek dilakukan dengan menggunakan kartu uang elektronik (KUE) dengan tarif yang sudah disesuaikan pada program subsidi PSO.

     

  • Sudah Bisa Dipesan, Yuk Berburu Tiket Kereta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025

    Sudah Bisa Dipesan, Yuk Berburu Tiket Kereta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025

    Sebelumnya, Ayep menjelaskan bahwa PT KAI Daop 2 Bandung terus berupaya mewujudkan angkutan kereta api yang aman, selamat, dan nyaman melalui keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian.

    Menurut Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, terdapat 164 perjalanan KA setiap hari di wilayah Daop 2 Bandung, dengan rincian 48 perjalanan KA Jarak Jauh, 46 perjalanan Commuter Line Bandung Raya, 10 perjalanan Commuter Line Walahar, 6 perjalanan KA Lokal Siliwangi dan 54 perjalanan KA Feeder Bandung-Padalarang.

    “Jalur tersebut mencakup 451,048 km spoor yang meliputi Stasiun Cibungur berada di wilayah barat, Stasiun Gandasoli berada di wilayah selatan, Stasiun Garut di wilayah timur, hingga Stasiun Banjar berada di wilayah timur,” ungkap Ayep.

    Ayep menjelaskan, terkait kondisi prasarana yang tidak layak dari hasil pemeriksaan segera ditindaklanjuti dengan segera. Pemeriksaan ini dilakukan baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan lori dresin.

    Selain itu juga menghadapi musim hujan unit Jalan Rel dan Jembatan juga melakukan normalisasi saluran-saluran di seluruh wilayah Daerah Operasi 2 Bandung.

    “Pengecekan juga meliputi kondisi jalur, bantalan, jembatan, serta potensi gangguan seperti pohon tumbang. Jika ditemukan, tim segera menindaklanjuti dengan penebangan pohon atau tindakan lain yang diperlukan,” sebut Ayep.

    Ayep juga menjelaskan selain melakukan pemeriksaan, jajaran Daop 2 Bandung juga melakukan pemetaan perlintasan dan mengedukasi masyarakat mengenai bahaya berada di jalur KA.

    “Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api untuk turut serta menjaga kebersihan dan keamanan jalur,” kata Ayep.