ANTARA – PT KAI Commuter menghadirkan rail clinic dan rail library di stasiun Sumber Pucung kabupaten Malang, Rabu (4/12). Program ini sebagai wujud kepedulian PT KAI Commuter bagi warga pinggiran agar terakses layanan kesehatan yang layak, sekaligus untuk melahirkan generasi bangsa yang berwawasan luas.
(Achmad Syaiful Afandi/Chairul Fajri/Ludmila Yusufin Diah Nastiti)
Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia
-

KAI Commuter hadirkan rail clinic dan library bagi warga Malang
-

Ambulans RSUD Gambiran Kediri Tertabrak Kereta, PT KAI Ingatkan Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas
Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Isya Anshori
TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI – Kecelakaan maut di Kediri yang melibatkan mobil ambulans RSUD Gambiran Kediri dan Kereta Api Matarmaja relasi Malang-Pasarsenen terjadi di perlintasan sebidang KM 169+154, Desa Nyawangan, Kediri, Rabu (4/12/2024).
Pengemudi ambulans, Mohamad Ali Mustopa (29), warga Desa Petok, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, yang tengah dalam perjalanan kembali ke RSUD Gambiran Kediri, tewas di tempat, setelah kendaraannya tertabrak dan terseret kereta sejauh 500 meter.
Peristiwa ini juga menyebabkan keterlambatan sejumlah perjalanan kereta.
Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, menyampaikan keprihatinannya atas insiden ini.
Ia kembali mengingatkan masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas di perlintasan kereta.
“Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Pengguna jalan, termasuk ambulans sekalipun, wajib berhenti dan mendahulukan kereta api sesuai UU Nomor 23 Tahun 2007 dan UU Nomor 22 Tahun 2009. Kereta api memiliki jalur tetap dan tidak bisa berhenti secara tiba-tiba,” kata Kuswardojo, Rabu (4/12/2024).
Kuswardojo menambahkan, kecelakaan seperti ini dapat dicegah jika pengguna jalan lebih disiplin dan waspada.
“Kami terus mengimbau masyarakat untuk berhenti, melihat kanan-kiri, dan memastikan kondisi aman sebelum melintas. Keselamatan harus menjadi prioritas bersama,” tegasnya.
Insiden tersebut, menyebabkan keterlambatan pada beberapa jadwal kereta api.
KA Matarmaja mengalami keterlambatan hingga 147 menit, sementara KA lain seperti Dhoho, Malioboro Ekspres, dan Brantas juga terdampak.
“Kami mohon maaf kepada penumpang atas gangguan ini. Lokomotif sudah diganti, dan rangkaian telah diperiksa untuk melanjutkan perjalanan,” jelas Kuswardojo.
Sebagai langkah pencegahan, PT KAI Daop 7 Madiun berencana menutup perlintasan sebidang tak terjaga di lokasi kejadian.
Kuswardojo menyebut, di wilayah kerja Daop 7 Madiun terdapat 58 perlintasan tanpa penjagaan yang menjadi perhatian serius.
“Selama tahun 2024, kami telah menutup dan menyempitkan 15 perlintasan sebidang di berbagai lokasi. Namun, upaya ini tidak akan efektif tanpa partisipasi masyarakat. Keselamatan di perlintasan sebidang adalah tanggung jawab kita bersama,” tutup Kuswardojo.
Sebelumnya, kecelakaan tragis terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Nyawangan, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (4/12/2024) pagi.
Sebuah mobil ambulans milik RS Gambiran Kota Kediri tertabrak kereta api.
Menurut informasi yang dihimpun, ambulans tersebut baru saja mengantarkan jenazah dari RS Gambiran ke rumah duka di Desa Nyawangan.
Saat melintas di perlintasan rel yang tidak dilengkapi palang pintu, sopir ambulans diduga tidak menyadari kedatangan kereta api.
Tabrakan keras menyebabkan ambulans terseret beberapa meter hingga dekat SPBU Nyawangan.
Tabrakan tersebut menghancurkan bagian tengah ambulans, dan menyebabkan kerusakan parah pada kendaraan.
Akibat kecelakaan itu, sopir ambulans meninggal dunia di tempat.
Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kecelakaan maut di Kediri ini.
-

KAI Daop 7 cek kesiapan angkutan Nataru 2024/2025
Blitar (ANTARA) – Manajemen PT KAI Daop 7 Madiun, Jawa Timur, melakukan roadshow silaturahmi dengan para pekerja di lintas Operasi Daop 7 Madiun sekaligus melakukan pengecekan untuk persiapan Natal dan Tahun Baru 2024/2025.
Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Suharjono mengemukakan pihaknya bersama jajaran manajemen menyempatkan diri untuk mendengarkan kebutuhan dan permasahalan yang dihadapi di lintas operasional sebagai upaya meningkatkan keselamatan.
“Kesuksesan operasional kereta api tentunya hanya akan tercapai melalui kesiapan SDM dalam melayani pengguna jasa sebaik mungkin. Untuk itu roadshow ini menjadi sangat penting untuk mendengarkan masukan dari rekan-rekan di lintas,” kata Suharjono di Stasiun Blitar, Rabu.
PT KAI Daop 7 Madiun mengelola lebih dari 1.248 pekerja. Dari jumlah itu, 942 pekerja atau 73 persen di antaranya merupakan generasi milenial. Dengan kehadiran generasi muda yang inovatif dan energik ini, KAI berupaya memberikan pelayanan yang responsif terhadap kebutuhan pelanggan di masa kini.
Kegiatan ini juga rutin dilakukan jajaran KAI Daop 7. Namun, kegiatan ini menjadi lebih istimewa karena dilaksanakan menjelang masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Dengan masa itu, tentunya intensitas perjalanan dan jumlah pengguna jasa KA akan bertambah.
PT KAI juga ingin memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan seluruh komponen dalam operasional menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025
Selain melakukan silaturahmi dengan seluruh pekerja, manajemen PT KAI Daop 7 juga memeriksa kesiapan sarana, prasarana, fasilitas pelayanan dan keselamatan. Saat ini, Daop 7 Madiun menyiapkan 10 lokomotif dan 76 kereta untuk melayani perjalanan kereta api reguler selama masa Nataru.
Pada periode tanggal 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 sebanyak 45.432 tempat duduk disediakan untuk 4 keberangkatan kereta dari Daop 7 Madiun. Hingga kini, tercatat 29.905 tiket telah terjual untuk perjalanan dari wilayah Daop 7.
Khusus di Stasiun Blitar, telah disiapkan tiga lokomotif untuk melayani tiga perjalanan kereta api jarak jauh, yaitu Kereta Api Brantas relasi Blitar–Pasar Senen PP, Kereta Api Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong PP, dan Kereta Api Singasari relasi Blitar–Pasar Senen PP.
Pihaknya mengungkapkan dari tiga perjalanan kereta api keberangkatan Stasiun Blitar, pada periode 19 Desember 2024 – 5 Januari 2025 kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 34.362, dan yang sudah terjual sebanyak 23.695.
Selain itu, sejumlah fasilitas pelayanan di Stasiun Blitar seperti ruang tunggu yang nyaman, layanan water station, charger station, pos kesehatan, fasilitas untuk disabilitas hingga kebersihan kami lakukan pengecekan untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa.
Suharjono juga menegaskan bahwa PT KAI Daop 7 akan terus meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan berbagai persiapan ini, diharapkan masyarakat semakin percaya dan puas menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan, khususnya selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025.
“KAI Daop 7 Madiun tidak akan berhenti memberikan pelayanan terbaik serta menghadirkan inovasi dan kemudahan bagi pengguna jasa kereta api. Kami berkomitmen untuk selalu mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam setiap perjalanan kereta api,” kata dia.
Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024 -

643.290 Tiket Kereta Jarak Jauh Terjual untuk Libur Nataru
Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 643.290 tiket kereta api jarak menengah dan jauh telah terjual untuk periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Angka ini mencakup 23,22% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan oleh KAI, yaitu 2.770.864 kursi.
“Jumlah tiket kereta untuk libur Nataru yang terjual ini adalah data sampai hari Senin, 2 Desember 2024. Penjualan masih berlangsung sehingga angka ini akan terus berubah dan bertambah,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba, di Jakarta dilansir dari Antara, Selasa (3/12/2024).
Anne menjelaskan KAI Group telah menyediakan total 44.754.280 tempat duduk untuk melayani berbagai perjalanan selama periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Perincian kapasitas tersebut meliputi 3.572.588 kursi untuk kereta api jarak jauh KAI, 35.407.300 kursi untuk layanan KAI Commuter, 4.142.520 kursi untuk LRT Jabodebek, 588.304 kursi untuk LRT Sumsel, 487.728 kursi untuk KAI Bandara, dan 519.264 kursi untuk Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).
“Kami berharap masyarakat segera memesan tiket kereta untuk Nataru agar liburan akhir tahun dapat direncanakan dengan lebih baik,” tambah Anne.
Untuk mempermudah pemesanan tiket kereta untuk Nataru, KAI menyediakan layanan digital melalui aplikasi Access by KAI.
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/3761947/original/090867700_1639993117-20211220-Mudik_Jelang_Nataru-3.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
KAI Siapkan 44,7 Juta Tempat Duduk untuk Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru – Page 3
Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Group telah menyiapkan 44.754.280 tempat duduk untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 guna memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan bagi penumpang selama masa liburan.
“Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yang berlangsung pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/12/2024).
Anne merinci bahwa jumlah tempat duduk tersebut terdiri dari 3.572.588 untuk penumpang KAI, 35.407.300 untuk KAI Commuter, 4.142.520 untuk LRT Jabodebek, 588.304 untuk LRT Sumsel, 7.416 untuk KAI Wisata, 487.728 untuk KAI Bandara, 29.160 untuk KA Makassar-Parepare, dan 519.264 untuk KCIC.
Ia juga menjelaskan bahwa KAI Group telah menyiapkan total 40.782 perjalanan kereta api selama periode tersebut. Rinciannya adalah 7.328 perjalanan kereta api yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KAI Commuter, 1.872 perjalanan KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare, dan 864 perjalanan Whoosh oleh KCIC.
Hingga 1 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, tercatat sebanyak 613.079 tiket kereta jarak jauh dan menengah telah terjual untuk periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, atau 22,13 persen dari total 2.770.864 tempat duduk yang tersedia.
Penjualan tiket tertinggi untuk arus keberangkatan terjadi pada H-4 (21 Desember 2024) dengan total 46.887 tiket, sedangkan untuk arus balik tertinggi terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan total 45.425 tiket.
Anne menambahkan bahwa angka tersebut masih akan terus berubah dan bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.
“KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” ujar Anne. dilansir dari Antara.


:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2659825/original/099598800_1547045792-KERETA_API-Muhamad_Ridlo.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5028934/original/077185400_1732937223-IMG-20241129-WA0075.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
