Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI Siapkan Posko dan Tambah Personil Operasional Sepanjang Nataru 2024/2025

    KAI Siapkan Posko dan Tambah Personil Operasional Sepanjang Nataru 2024/2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyiapkan posko Nataru dan menambah tenaga tambahan untuk kebutuhan operasional sepanjang Natal dan Tahun Baru 2024/2025. 

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan masa operasional Nataru KAI tetapkan berlangsung selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Sementara Posko Nataru akan akan berlangsung selama 12 hari, dari 23 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025.

    “Kami telah menyiapkan 777 tenaga tambahan untuk kebutuhan operasional, termasuk Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus, yang tersebar di area Jawa dan Sumatera,” kata Anne dalam keterangan resmi, Sabtu (7/12/2024). 

    Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan pelanggan, KAI juga menambah 170 Customer Service Mobile (CSM) yang akan bertugas di 39 stasiun di Daerah Operasi dan Divisi Regional. CSM ini siap membantu pelanggan dengan informasi dan layanan langsung untuk memastikan kebutuhan terpenuhi secara cepat dan efisien.

    Dalam upaya menciptakan perjalanan yang aman, KAI berkolaborasi dengan aparat keamanan, termasuk Polsuska, security, serta melibatkan TNI/Polri. Selain itu, KAI menambah tenaga operasional seperti petugas cleaning service di stasiun 145 orang, On-Train Cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang. 

    “Penambahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan peningkatan frekuensi perjalanan kereta selama periode Nataru, sehingga kebersihan stasiun dan kereta tetap terjaga dengan optimal,” kata Anne. 

    Selain itu, selama masa Posko Nataru, seluruh pegawai KAI tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan untuk memastikan kelancaran pelayanan di seluruh stasiun.

    Adapun berdasarkan data hari ini Sabtu, 7 Desember 2024 Pukul 07.00 WIB jumlah tiket KA Jarak Menengah/Jauh serta KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 803.626 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. 

    Dari 803.626 tiket terjual tersebut terdiri dari 792.296 KA Jarak Menengah/ Jauh atau 28,59% dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 11.330 tiket atau 1,41% dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket. 

    Untuk KA Jarak Menengah/Jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal sendiri pemesanannya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    Pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 Penumpang KAI, 35.407.300 Penumpang KAI Commuter, 4.142.520 Penumpang LRT Jabodebek, 588.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 Penumpang KAI Wisata, 487.728 Penumpang KAI Bandara, 29.160 Penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC. 

    Adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC.

  • Anggaran Bangun 3 Juta Rumah Minim, Maruarar Minta Dukungan Pengembang – Page 3

    Anggaran Bangun 3 Juta Rumah Minim, Maruarar Minta Dukungan Pengembang – Page 3

    Sebelumnya, Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman menargetkan lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang berada di kawasan Stasiun Manggarai, Jakarta menajdi calon lokasi program 3 juta rumah yang dicanangkan Presiden Prabowo Subianto.

    Hal itu disampaikan Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait.”Kami berharap PT KAI terlebih dulu bisa melakukan survey dan pendataan hunian yang ada di lahan negara yang ada di sekitar kawasan Stasiun Manggarai,” tutur Menteri Ara panggilan akrabnya saat melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Manggarai, Jakarta, ditulis Kamis (28/11/2024).

    Menteri Ara menilai, lahan negara yang menjadi aset PT KAI bisa menjadi lokasi pembangunan rumah rakyat. Hal ini mengingat lokasinya berada di kawasan strategis di perkotaan sehingga bisa menjadi hunian yang layak bagi masyarakat.

    Pihaknya menyatakan akan berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyusun perencanaan program penataan kawasan permukiman di sekitar Stasiun Manggarai. 

    Hal tersebut untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan negara yang ada di kawasan perkotaan sehingga dapat menjadi lokasi pembangunan hunian bagi rakyat sekaligus mendukung pelaksanaan Program 3 Juta Rumah.

    “Kami berharap PT KAI terlebih dulu bisa melakukan survei dan pendataan hunian yang ada di lahan negara yang ada di sekitar kawasan Stasiun Manggarai,” tutur dia 

    Berdasarkan data yang ada, PT KAI saat ini juga telah bekerja sama dengan Perum Perumnas membangun 4 hunian berbasis TOD di sejumlah titik stasiun yang ada. Lokasinya antara lain di Semesta Mahata Serpong, Semesta Mahata Margonda, Semesta Mahata Tanjung Barat dan Semesta Parayasa.

  • 1 juta penumpang kereta api naik turun di KAI Daop 6 pada November 2024

    1 juta penumpang kereta api naik turun di KAI Daop 6 pada November 2024

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    1 juta penumpang kereta api naik turun di KAI Daop 6 pada November 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 06 Desember 2024 – 16:27 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta mencatat pelayanan penumpang selama bulan November 2024. Sebanyak 1.068.413 penumpang terlayani di berbagai stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta, meningkat 1,3% dibandingkan dengan bulan Oktober 2024 yang mencatat 1.054.111 penumpang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023, terjadi kenaikan 3% dari 1.042.329 penumpang.

    Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro menjelaskan, dari total bulan November 2024 tersebut, penumpang yang berangkat sebanyak 530.916 penumpang, sementara penumpang yang tiba mencapai 537.497 penumpang. Puncak keberangkatan terjadi pada Minggu, 3 November 2024, dengan jumlah 27.833 penumpang, diikuti Minggu, 17 November dengan 26.729 penumpang, dan Minggu, 24 November dengan 25.863 penumpang.

    Sementara itu, jumlah kedatangan tertinggi terjadi pada Jumat, 29 November 2024, dengan 24.992 penumpang, disusul Jumat, 15 November 2024 dengan 24.108 penumpang, dan Jumat, 1 November dengan 24.077 penumpang.

    “Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan jumlah penumpang naik tertinggi, mencapai 229.849 penumpang. Stasiun Lempuyangan menyusul dengan 121.977 penumpang, diikuti Stasiun Solobalapan 95.207 penumpang, Stasiun Purwosari 24.967 penumpang, dan Stasiun Klaten 24.426 penumpang,” ujar Krisbiyantoro, Kamis (05/12/2024)

    Untuk kedatangan, Stasiun Yogyakarta yang tertinggi dengan 231.488 penumpang, diikuti Stasiun Lempuyangan 122.401 penumpang, Stasiun Solobalapan 102.946 penumpang, Stasiun Klaten 23.753 penumpang, dan Stasiun Purwosari 23.482 penumpang.

     KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan mereka kepada kereta api.

    “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan kereta api. Peningkatan jumlah penumpang ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan, baik dari sisi sarana kereta, fasilitas di stasiun, maupun pelayanan secara keseluruhan,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Jumat (6/12). 

    KAI berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan guna memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi para pelanggan. “Kami akan terus meningkatkan pelayanan kereta api jarak jauh dan kereta lokal agar tetap menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Dukungan dan kepercayaan pelanggan adalah semangat kami untuk terus berbenah dan memberikan yang terbaik,” tambah Krisbiyantoro.

    Dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang terus menunjukkan tren positif, KAI berkomitmen dapat memberikan kontribusi lebih dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pembangunan daerah melalui layanan transportasi yang andal dan berkelanjutan.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Tiket KA Rajabasa Nataru 2024/25 Ludes Terjual, Ini Upaya KAI Hadapi Nataru

    Tiket KA Rajabasa Nataru 2024/25 Ludes Terjual, Ini Upaya KAI Hadapi Nataru

    Liputan6.com, Lampung – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang mencatatkan penjualan tiket angkutan Nataru 2024/25 yang sudah mencapai 45% atau sekitar 19.041 tiket dari total 42.120 tiket yang disediakan. Dari jumlah tersebut, tiket KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati telah terjual habis, dengan 19.080 tiket terjual penuh.

    Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari mengatakan bahwa tiket KA Rajabasa mulai bisa dipesan sejak H-45 sebelum keberangkatan, sementara untuk KA Kualastabas, tiket baru bisa dipesan mulai H-7. “Pada momen angkutan Nataru 2024/25, PT KAI Divre IV menyiapkan total 6 perjalanan kereta api, yang terdiri dari dua KA Kualastabas relasi Tanjungkarang – Baturaja pulang pergi (PP) dan satu KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati PP,” kata Zaki, Rabu (4/12/2024).

    Selain itu, PT KAI Divre IV Tanjungkarang telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna memastikan kenyamanan dan keselamatan perjalanan selama masa angkutan Nataru. Keandalan sarana dan prasarana kereta api menjadi fokus utama untuk menjamin kelancaran perjalanan yang tepat waktu dan aman. “Berbagai fasilitas, mulai dari stasiun, kereta api, hingga jalur keluar-masuk penumpang di stasiun, telah diperiksa dan dipersiapkan dengan cermat. Kebersihan stasiun, ruang tunggu, toilet, dan kereta juga menjadi prioritas untuk memastikan kenyamanan pelanggan,” jelas dia.

    Untuk meningkatkan keselamatan, KAI juga menyiagakan petugas perawatan sarana dan prasarana selama 24 jam serta menambah personel di lokasi-lokasi prioritas, seperti perlintasan tak terjaga dengan volume lalu lintas tinggi dan daerah pemantauan khusus (Dapsus).

    KAI Divre IV Tanjungkarang telah memetakan 12 titik daerah pemantauan khusus di wilayah operasionalnya, yang terdiri dari 1 titik longsor, 9 titik amblesan/tanah labil, dan 2 titik bangunan hikmat rawan. Guna mengantisipasi gangguan, KAI juga menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS), yang terdiri dari berbagai alat darurat seperti batu balas, bantalan rel, dan karung untuk penanganan banjir dan amblesan.

    Zaki mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang, mengingat masih tersedia tiket KA untuk masa angkutan Nataru. “Melalui berbagai persiapan ini, KAI berkomitmen untuk menjadikan perjalanan kereta api pada momen Nataru 2024/2025 sebagai pilihan transportasi terbaik yang mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan keberlanjutan,” tutup Zaki.

  • Yuk Intip! Jurus Bos KAI Kebut Transformasi Bisnis

    Yuk Intip! Jurus Bos KAI Kebut Transformasi Bisnis

    Jakarta: Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo mendorong inovasi dan transformasi KAI selama beberapa tahun terakhir. Didiek mengungkapkan, transformasi oleh BUMN perkeretaapian ini dilakukan dengan tiga prinsip utama yaitu adaptif, solutif, dan kolaboratif. 
     
    “Inovasi seperti digitalisasi sistem tiket, layanan compartment suite, hingga kereta panoramic tidak hanya memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman tetapi juga emosional bagi pelanggan,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 6 Desember 2024.
     
    Di tengah tantangan pandemi covid-19, KAI melakukan transformasi besar-besaran melalui pendekatan berbasis data, integrasi teknologi, serta tata kelola perusahaan yang baik. Selain itu, KAI terus berkomitmen pada keberlanjutan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).
     

    Untuk itu, Didiek dianugerahi penghargaan Best of The Best Marketeer of The Year 2024 dan  The Best Industry Marketing Champion 2024 for The Transportations Sector pada ajang Marketeer of The Year 2024. Menurutnya, keberhasilan penghargaan ini juga berkat kerja keras seluruh pegawai KAI.
     
    “Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh tim KAI yang telah bekerja keras dan berinovasi untuk menjadikan KAI sebagai perusahaan transportasi kelas dunia. Ini adalah motivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan dan bangsa Indonesia,” ujar Didiek. 
     
    Terpisah Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, KAI juga mentransformasi layanan dan infrastruktur. KAI menghadirkan inovasi seperti kereta panoramic, compartment suite, hingga face recognition boarding untuk memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi pelanggan.
     
    “KAI melayani berbagai segmen masyarakat dari Commuter Line hingga kereta api jarak jauh. KAI juga memposisikan diri sebagai pelopor di sektor transportasi melalui produk premium yang menargetkan segmen pasar baru, sekaligus mengintegrasikan moda transportasi darat, laut, dan udara,” tutup Anne.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Hadapi musim hujan, KAI Divre II Sumbar tingkatkan pengawasan jalur KA 

    Hadapi musim hujan, KAI Divre II Sumbar tingkatkan pengawasan jalur KA 

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Hadapi musim hujan, KAI Divre II Sumbar tingkatkan pengawasan jalur KA 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 06 Desember 2024 – 21:46 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (Sumbar) meningkatkan pengawasan jalur rel kereta api sebagai langkah antisipasi menghadapi musim penghujan. Hal ini menjadi perhatian KAI guna menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api dari risiko banjir dan tanah longsor.

    ”Kami berupaya meminimalisir potensi gangguan perjalanan KA dampak dari cuaca yang mulai memasuki musim penghujan.  Di antaranya Divre II Sumbar telah melakukan galian di saluran drainase, perkuatan penahan tanah dengan dinding penahan ataupun bronjong pada daerah dengan pengawasan khusus,” kata Kepala KAI Divre II Sumatera Barat, Muh. Tri Setyawan, Jum’at (6/12). 

    KAI Divre II Sumbar juga telah memetakan daerah-daerah pemantauan khusus di lintas wilayah kerjanya. Setidaknya terdapat 32 titik daerah pemantauan khusus (Dapsus) lokasi potensi rawan banjir, longsor, dan amblesan. Daerah pemantauan khusus tersebar di sejumlah titik.

    Untuk mengantisipasi gangguan perjalanan KA pada jalur tersebut, KAI Divre II Sumbar menyiagakan sejumlah petugas khusus di titik-titik dapsus. Petugas tersebut secara bergantian bersiaga selama 24 jam untuk terus memantau daerah potensi bencana.

    “Seluruh petugas ini telah diberikan pelatihan intensif untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menangani situasi darurat selama operasional musim penghujan,” ucap Muh. Tri Setyawan.

    KAI juga menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang tersebar di sejumlah titik strategis. AMUS terdiri dari berbagai peralatan dan material yang dapat langsung digunakan jika terjadi kondisi darurat. 

    Beberapa material penting untuk pendukung langkah antisipasi penguatan tubuh badan rel meliputi rel cadangan, karung berisi pasir, batu balas, bantalan rel, dan lainnya. AMUS disiapkan di 4 titik yaitu Stasiun Padang, Stasiun Lubuk Alung, Stasiun Pauhlima, dan di KM 49+100 antara Stasiun Lubuk Alung – Stasiun Naras

    Sejumlah alat berat juga KAI siagakan seperti mesin pemadat dan pengatur batu balas untuk memastikan kondisi jalur tetap laik dilintasi kereta api.

    “Kami berharap langkah ini dapat meminimalkan potensi gangguan sehingga pelanggan dapat menikmati perjalanan kereta api dengan selamat, aman, dan nyaman,” tutupnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Jelang Libur Nataru, Tingkat Kemantapan Jalan Kota Tegal Dipastikan Sangat Baik

    Jelang Libur Nataru, Tingkat Kemantapan Jalan Kota Tegal Dipastikan Sangat Baik

    TRIBUNJATENG.COM,TEGAL – Pemerintah Kota Tegal memastikan tingkat kemantapan jalan di sepanjang Kota Tegal sangat baik menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

    Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal, Setia Budi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi libur Nataru 2024.

    Ia sudah berkoordinasi dengan lembaga terkait, dari Polres Tegal Kota , PPK 1.1, PPK 1.4, dan PT KAI.

    “Untuk jalan yang menjadi kewenangan nasional, kami sudah komunikasi dengan PPK 1.1 dan PPK 1.4. Sedangkan jalan kota yang menjadi kewenangan kami sudah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan,” katanya kepada tribunjateng.com, Jumat (6/12/2024).

    Budi memastikan, jalan yang ada di Kota Tegal tingkat kemantapannya sudah baik dan bisa dilalui secara aman oleh masyarakat, khususnya pemudik.

    Beberapa titik sempat menjadi fokus, seperti jalan di Persimpangan Rel Kereta Api Tirus.

    Tetapi sudah tertangani dengan baik bersama PT KAI Daop 3.

    “Kemarin sudah ada perbaikan dan saat ini kondisinya sudah bagus. Sehingga bisa dilalui pengendara dengan aman,” ungkapnya. (fba)

  • Sopir Ambulans di Kediri yang Baru Pulang Antar Jenazah Tersambar Kereta Api, Berujung Tewas

    Sopir Ambulans di Kediri yang Baru Pulang Antar Jenazah Tersambar Kereta Api, Berujung Tewas

    ERA.id – Ambulans RSUD Gambiran Kota Kediri tertabrak Kereta Api (KA) Matarmaja relasi Malang-Pasarsenen di perlintasan tanpa penjaga di petak jalan Ngujang-Kras, Rabu (4/12/2024) sekitar pukul 11.57 WIB.

    Peristiwa tragis ini merenggut nyawa Tofa, sopir ambulans yang baru saja mengantarkan jenazah ke Desa Nyawangan, Kecamatan Kras. Ambulans bernomor polisi AH 8749 AC tersebut pun terseret sejauh beberapa meter dari lokasi tabrakan.

    “Saat ini, proses evakuasi masih berlangsung. Petugas dari PT KAI bersama aparat setempat sudah berada di lokasi untuk membantu penanganan,” ungkap Kuswardojo, Manager Humas Daop 7 Madiun, dalam keterangan tertulisnya.

    Kuswardojo menyampaikan keprihatinannya atas insiden ini. Ia menyoroti kurangnya kesadaran pengguna jalan dalam mematuhi aturan di perlintasan sebidang.

    “Kami sangat menyesalkan kecelakaan ini. Perlintasan sebidang sering menjadi titik rawan, tidak hanya merugikan PT KAI tetapi juga membahayakan masyarakat sekitar,” ujarnya.

    Ia mengingatkan pentingnya kedisiplinan saat melintas di perlintasan kereta api. “Pengguna jalan harus berhenti, menengok kanan dan kiri untuk memastikan kondisi aman sebelum melanjutkan perjalanan. Ini adalah kunci keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang,” tegas Kuswardojo.

  • KAI Sumut sediakan 159.192 tiket sambut libur Natal dan tahun baru

    KAI Sumut sediakan 159.192 tiket sambut libur Natal dan tahun baru

    KAI Divre I Sumut berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang

    Medan (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara menyediakan sebanyak 159.192 tiket kereta api untuk menyambut libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin di Medan, Kamis, mengatakan sampai saat ini pihaknya sudah menjual sebanyak 10 ribu tiket atau 6,3 persen dari 159.192 tiket yang disediakan untuk menyambut libur Natal dan tahun baru.

    “Jumlah tersebut masih akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung. KAI Divre I Sumut berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket kereta api masa Natal dan tahun baru masih cukup banyak tersedia,” katanya.

    Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal penjualan tiket lainnya mulai H-45 sebelum keberangkatan untuk kereta api antar kota dan H-7 untuk kereta api Lokal.

    Menyambut masa Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, KAI Divre I Sumut berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan kereta api.

    Salah satu upaya nyata adalah dengan menambah jumlah Customer Service Mobile (CSM) di Stasiun Medan sejumlah 3 orang dan di Stasiun Kisaran 2 orang.

    CSM tersebut dikerahkan untuk membantu dan memberikan informasi secara langsung kepada pelanggan kereta api, memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan cepat dan efisien.

    Persiapan fasilitas lainnya juga telah disiapkan untuk mendukung angkutan Natal dan tahun baru antara lain, Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan.

    Dengan teknologi Face Recognition, pelanggan tidak perlu lagi repot membawa tiket fisik atau menunjukkan identitas.

    Cukup dengan verifikasi wajah, proses boarding menjadi lebih cepat, efisien, aman dan ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan kertas.

    KAI juga turut menghadirkan suasana liburan yang semarak dengan dekorasi tematik Natal dan tahun baru di stasiun. Penumpang dapat merasakan kenyamanan tambahan selama menunggu keberangkatan, sekaligus menikmati suasana yang hangat dan menyenangkan.

    Pewarta: Juraidi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • KAI Daop Jember lakukan inspeksi KA menjelang Natal dan tahun baru

    KAI Daop Jember lakukan inspeksi KA menjelang Natal dan tahun baru

    Terdapat enam aspek yang diperiksa yakni aspek keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan dan kesetaraan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019

    Jember, Jawa Timur (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember telah melakukan inspeksi dengan mengecek sarana prasarana kereta api untuk memastikan perjalanan kereta api aman dan nyaman menjelang masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Kami bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Surabaya mengadakan inspeksi keselamatan (Rampcheck) di beberapa stasiun dan kereta api pada 2-4 Desember 2024,” kata Manajer Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Jawa Timur, Kamis.

    Menurutnya, keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi salah satu fokus dari KAI Daop 9 Jember dalam menyambut angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 karena biasanya pada saat itu terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api.

    “Rampcheck dilakukan untuk memastikan layanan kereta api di Daop 9 Jember telah sesuai dengan standar yang ditetapkan, sehingga saat melayani penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru dapat menghadirkan layanan transportasi kereta api yang aman dan nyaman,” tuturnya.

    Ia menjelaskan sejumlah stasiun yang dilakukan pemeriksaan yaitu Stasiun Pasuruan, ⁠Probolinggo, ⁠Tanggul, ⁠Jember, ⁠Kalisetail, ⁠Rogojampi, ⁠Banyuwangi Kota dan Satsiun ⁠Ketapang. Sedangkan rangkaian kereta api yang dicek meliputi dua rangkaian KA Blambangan Ekspres dan rangkaian KA Mutiara Timur.

    “Terdapat enam aspek yang diperiksa yakni aspek keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan dan kesetaraan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api,” katanya.

    Objek pemeriksaan di stasiun meliputi keberfungsian kamera pengawas (Closed-Circuit Television/CCTV), keberadaan petugas keamanan, loket penjualan tiket, ruang tunggu penumpang, toilet, musala, serta informasi pelayanan seperti denah stasiun, jadwal KA, peta jaringan KA dan yang lainnya.

    Sementara itu, untuk pemeriksaan di atas kereta api meliputi ketersediaan APAR, rem darurat, petunjuk jalur evakuasi, alat pemecah kaca, kamera pengawas, P3K, lampu penerangan, info stasiun yang akan disinggahi/dilewati, kebersihan toilet, pengatur sirkulasi udara, dan fasilitas bagi difabel.

    “Hasil dari pemeriksaan, secara umum operasional kereta api di Daop 9 Jember sudah memenuhi ketentuan Standar Pelayanan Minimum (SPM) sebagaimana diatur dalam PM 63 Tahun 2019,” ujarnya.

    Kendati demikian, lanjut dia, KAI Daop 9 Jember berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada penumpang, terlebih pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2025.

    Pewarta: Zumrotun Solichah
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024