Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI Siap Angkut 44,6 Juta Penumpang Saat Libur Natal dan Tahun Baru – Halaman all

    KAI Siap Angkut 44,6 Juta Penumpang Saat Libur Natal dan Tahun Baru – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI siap untuk mengangkut 44,6 juta penumpang pada libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    VP Public Relations PT KAI Anne Purba menerangkan, kereta jarak jauh dan kereta lokal siap menampung 44,6 juta penumpang. Dengan kereta tambahan berjumlah 62 perjalanan.

    “Kereta jarak jauh dan lokal itu sekitar hampir 35 juta dan di sini ada kereta tambahan 62 perjalanan antar provinsi per hari dengan kapasitas angkut per hari mencapai hampir 200.000 per hari,” ujar Anne di Stasiun Gambir, Jakrarta Pusat, Senin (9/12/2024).

    Sedangkan, EVP of Passenger Transport Marketing and Sales PT KAI Krisna Arianto berujar, untuk libur Natal dan Tahun Baru, KAI meningkatkan kapasitas penumpang sebesar 6 persen.

    “Tapi, kalau dibandingkan dengan Natal tahun lalu mungkin sampai 9 persen,” tuturnya.

    KAI Commuter siap mengangkut 35,4 juta penumpang, LRT Jabodetabek 4,1 juta penumpang, Kereta Api jarak jauh siap mengangkut 3,48 juta penumpang, LRT Sumatra Selatan sebanyak 588 ribu penumpang.

    “KAI Bandara sebanyak 487.728, KAI Wisata sebanyak 7.416, , KA Makassar Pare-Pare sebanyak 29.160 serta KCIC/Whoosh sebanyak 490.416,” tambahnya.

    Jumlah total KAI yang beroperasi pada masa Natal dan Tahun Baru ini, sebanyak 408 KA sementara pada tahun lalu sebanyak 374 KA, total railing pada 2024 yang beroperasi sebanyak 94 KA sementara tahun 2023 sebanyak 85 KA.

    Sementara itu, KAI mencatat sepanjang periode Januari – November 2024, telah melayani 333.371.342 penumpang di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

    Hal tersebut disampaikan Vice President Public Relations KAI Anne Purba. Menurutnya, angka tersebut mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi massal yang ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan.

    “Dari Januari hingga November 2024, KAI Group mencatat total 333.371.342 penumpang yang telah memanfaatkan layanan transportasi kereta api di wilayah Jabodetabek,” ujar Anne di Jakarta, Minggu (8/12/2024).

    Anne memaparkan,jumlah tersebut terdiri dari 9.714.046 penumpang menggunakan layanan kereta jarak jauh dan lokal yang dioperasikan oleh KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, 18.891.719 penumpang LRT Jabodebek. Layanan Whoosh yang dikelola KCIC tercatat 5.436.535 penumpang.

    “Commuter Line yang menjadi andalan mobilitas sehari-hari di Jabodetabek mencatat pengguna terbanyak dengan jumlah fantastis, yaitu 299.329.042 pengguna,” kata Anne.

     

  • Tersedia 44,7 Juta Kursi Kereta Api Selama Liburan Nataru, Ini Rute Favoritnya – Page 3

    Tersedia 44,7 Juta Kursi Kereta Api Selama Liburan Nataru, Ini Rute Favoritnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia Grup menyediakan total 44.754.280 tempat duduk selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) yang jatuh 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    “Untuk Nataru tahun ini KAI secara grup menyiapkan sekitar 44,7 juta kursi,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam acara Jumpa Pers Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (9/12).

    Anne merinci, jumlah kursi terdiri dari 3.572.588 Penumpang KAI, 35.407.300 Penumpang KAI Commuter, 4.142.520 Penumpang LRT Jabodebek. Disusul, 588.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 Penumpang KAI Wisata, 487.728 Penumpang KAI Bandara, 29.160 Penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC. 

    Untuk mengakomodir antusias masyarakat yang cenderung tinggi pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025. KAI juga akan mengoperasikan 52 KA Tambahan untuk perjalanan KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 2 KA Jarak Jauh PSO dan 2 KA Lokal Komersial dengan masing-masing kapasitas tempat duduk sebanyak 491.976 KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 10.600 KA Jarak Jauh PSO, dan 14.600 KA Lokal Komersial.

    Berdasarkan data hari ini Senin, 9 Desember 2024 Pukul 7.00 WIB jumlah tiket KA Jarak Menengah/Jauh serta KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 865.494 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. 

    Dari 865.494 tiket terjual tersebut terdiri dari 850.330 KA Jarak Menengah/ Jauh atau 30,69 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 15.164 tiket atau 1,89 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket. 

    Adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter. Disusul 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC. 

     

     

  • KAI Group Prediksi Penumpang Kereta Api Tembus 45 Juta Orang saat Libur Nataru

    KAI Group Prediksi Penumpang Kereta Api Tembus 45 Juta Orang saat Libur Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memprediksi lonjakan penumpang kereta api (KA) tembus 45 juta orang pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan perseroan telah menyiapkan strategi angkutan Nataru, baik dari sisi kesiapan armada, frekuensi kereta per hari, hingga sarana dan prasarana KA.

    “Untuk angkutannya, kami memprediksi selama Nataru ini hampir 45 juta orang yang akan menggunakan kereta, baik kereta jarak jauh, Whoosh, ataupun kereta lokal,” ujar Anne di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (9/12/2024).

    Lebih lanjut dia mengatakan, terkait penumpang kereta jarak jauh diprediksi ini hampir 3,5 juta orang, sedangkan penumpang KCIC alias Whoosh diprediksi sekitar 490.000 orang.

    Adapun, pada masa operasional Nataru PT KAI yang berlangsung pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Group menyediakan total 44,75 juta tempat duduk yang terdiri 3,57 juta penumpang KAI, 35,4 juta penumpang KAI Commuter, 4,14 juta penumpang LRT Jabodebek.

    “Selanjutnya, 88.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 penumpang KAI Wisata, 487.728 penumpang KAI Bandara, 29.160 penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 penumpang KCIC,” kata Anne. 

    Diberitakan sebelumnya, KAI menyiapkan sebanyak 56 kereta api (KA) tambahan yang beroperasi menjelang periode Nataru 2024/2025.

    Secara terperinci, KAI akan mengoperasikan 52 kereta api tambahan untuk perjalanan KA jarak menengah dan jarak jauh kelas komersial, dua KA jarak jauh PSO dan dua KA lokal komersial.

    Masing-masing kapastitas tempat duduk sebanyak 491.976 kursi untuk KA jarak menengah dan jauh kelas komersial, 10.600 kursi untuk KA jarak jauh PSO, dan 14.600 kursi untuk KA lokal komersial. 

    Berikut relasi perjalanan KA yang menjadi favorit pada pemesanan tiket hingga Senin (9/12/2024):

    1. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi sebanyak 39.188 penumpang.

    2. Relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi – Stasiun Pasar Senen sebanyak 36.329 penumpang.

    3. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwosari sebanyak 26.349 penumpang.

    4. Relasi Stasiun Purwokerto – Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.371 penumpang.

    5. Relasi Stasiun Purwosari – Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.020 penumpang.

    6. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwokerto sebanyak 24.143 penumpang.

    7. Relasi Stasiun Malang – Stasiun Pasar Senen sebanyak 23.825 penumpang.

    8. Relasi Pasar Senen – Stasiun Malang sebanyak 23.552 penumpang.

    9. Relasi Stasiun Lempuyangan – Stasiun Pasar Senen sebanyak 22.089 penumpang.

    10. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Lempuyangan sebanyak 20.695 penumpang.

  • KAI Operasikan 56 KA Tambahan pada Libur Nataru 2024/2025, Sebanyak 865.494 Tiket Sudah Terjual – Halaman all

    KAI Operasikan 56 KA Tambahan pada Libur Nataru 2024/2025, Sebanyak 865.494 Tiket Sudah Terjual – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mengoperasikan 52 KA tambahan untuk menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2024/2025.

    Hal tersebut bertujuan untuk mengakomodir antusias masyarakat yang cenderung tinggi pada masa libur Nataru 2024/2025.

    Adapun sebanyak 52 KA tambahan tersebut terdiri dari KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 2 KA Jarak Jauh PSO dan 2 KA Lokal Komersial.

    Masing-masing kapasitas tempat duduk adalah sebanyak 491.976 pada KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 10.600 KA Jarak Jauh PSO, dan 14.600 KA Lokal Komersial.

    Sebagai informasi, masa operasional Nataru, KAI tetapkan berlangsung selama 18 hari mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    “KAI siap mengakomodasi lonjakan permintaan selama libur Nataru dengan tambahan kereta dan kapasitas tempat duduk, memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan serta menghadirkan liburan seru Nataru,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.

    Berdasarkan rilis data KAI, per hari ini Senin (9/12/2024) pukul 7.00 WIB jumlah tiket KA Jarak Menengah/Jauh serta KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Nataru 2024/2025 yaitu 865.494 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588.

    Dari 865.494 tiket terjual tersebut terdiri dari, 850.330 KA Jarak Menengah/ Jauh atau 30,69 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket.

    Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 15.164 tiket atau 1,89 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.

    Untuk KA Jarak Menengah/Jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45.

    Kemudian, KA Lokal pemesanan tiketnya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    “Pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 Penumpang KAI, 35.407.300 Penumpang KAI Commuter, 4.142.520 Penumpang LRT Jabodebek, 588.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 Penumpang KAI Wisata, 487.728 Penumpang KAI Bandara, 29.160 Penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC,” ungkap Anne.

    Ia menambahkan, adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC.

    “Jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” tambah Anne.

    Berikut relasi perjalanan KA yang menjadi favorit pada pemesanan tiket hingga hari ini:

    Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi sebanyak 39.188 penumpang.
    Relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi – Stasiun Pasar Senen sebanyak 36.329 penumpang.
    Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwosari sebanyak 26.349 penumpang.
    Relasi Stasiun Purwokerto – Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.371 penumpang.
    Relasi Stasiun Purwosari – Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.020 penumpang.
    Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwokerto sebanyak 24.143 penumpang.
    Relasi Stasiun Malang – Stasiun Pasar Senen sebanyak 23.825 penumpang.
    Relasi Pasar Senen – Stasiun Malang sebanyak 23.552 penumpang.
    Relasi Stasiun Lempuyangan – Stasiun Pasar Senen sebanyak 22.089 penumpang.
    Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Lempuyangan sebanyak 20.695 penumpang.

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • KAI Siapkan Kereta Jakarta-Semarang Tanpa Henti, Tiket Cuma Rp 200.000 – Page 3

    KAI Siapkan Kereta Jakarta-Semarang Tanpa Henti, Tiket Cuma Rp 200.000 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan perjalanan langsung tanpa transit (Direct Transit) yang menghubungkan Stasiun Gambir dengan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.menyambut periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 dengan menghadirkan inovasi layanan Direct Train. 

    “Layanan ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat di masa liburan akhir tahun,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (9/12). 

    Layanan Direct Train ini hanya tersedia secara  pada 9 dan 10 Desember 2024. Untuk menikmati layanan ini, KAI memberikan promo diskon sebesar 50 persen untuk perjalanan tanggal 9 Desember. 

    “Dengan promo ini, pelanggan dapat menikmati perjalanan Jakarta-Semarang dengan harga Rp200.000 dari harga normal Rp400.000,” 

    Rute perjalanan ini tersedia untuk relasi (Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng) Pukul 23.20 WIB – 04.25 WIB serta (Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir) Pukul 11.00 WIB – 16.00 WIB. Bagi masyarakat yang tertarik menikmati layanan Direct Transit ini, tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Acces dan mitra resmi penjualan KAI lainnya.

    Sementara untuk update penjualan tiket Nataru 2024/2025 yang KAI tetapkan dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Berdasarkan data hari ini Minggu, 8 Desember 2024 Pukul 7.00 WIB jumlah tiket KA Jarak Menengah/Jauh serta KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 833.495 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. 

     

  • Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta di Pelintasan Kedung Badak Bogor
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        9 Desember 2024

    Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta di Pelintasan Kedung Badak Bogor Megapolitan 9 Desember 2024

    Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta di Pelintasan Kedung Badak Bogor
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com
    – Seorang pria berinisial JP (48), warga Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara,
    Kota Bogor
    , meninggal dunia setelah tertabrak kereta rel listrik (
    KRL
    ) di pelintasan Kedung Badak,
    Tanah Sareal
    , Senin (9/12/2024).
    Kepala Polsek Tanah Sareal Komisaris Polisi Ariani mengatakan bahwa korban mengalami luka parah, terutama pada bagian wajah.
    “Posisi korban masih di tengah rel saat dievakuasi, kita langsung bawa ke pinggir supaya tidak mengganggu perjalanan KRL,” ujar Ariani, Senin.
    Ariani menjelaskan bahwa kejadian ini pertama kali diketahui dari laporan masinis kereta kepada petugas sekuriti PT KAI.
    Masinis melaporkan adanya orang yang tertabrak di perlintasan KRL Bogor-Jakarta.
    Petugas sekuriti yang mengecek ke lokasi kejadian menemukan korban tergeletak di tengah rel.
    “Yang bersangkutan langsung melapor ke polisi. Setelah anggota tiba di TKP, korban lalu dievakuasi dan dibawa ke RSUD Kota Bogor,” kata Ariani.
    Polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti di lokasi kejadian.
    “Barang bukti yang kami amankan di lokasi ada handphone dan sepatu milik korban,” tutupnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI Operasikan 56 KA Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Rincian Rutenya – Halaman all

    KAI Operasikan 56 KA Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Rincian Rutenya – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mengoperasikan 52 KA Tambahan untuk menyambut libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Sebanyak 52 KA tambahan tersebut terdiri dari KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 2 KA Jarak Jauh PSO dan 2 KA Lokal Komersial.

    Dengan masing-masing kapasitas tempat duduk sebanyak 491.976 KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 10.600 KA Jarak Jauh PSO, dan 14.600 KA Lokal Komersial.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, berdasarkan data hari ini Senin, 9 Desember 2024 Pukul 7.00 WIB jumlah tiket KA Jarak Menengah/Jauh serta KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

    “Yaitu 865.494 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. Dari 865.494 tiket terjual tersebut terdiri dari 850.330 KA Jarak Menengah/ Jauh atau 30,69 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket,” ujarnya di Jakarta, Senin (9/12/2024).

    Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 15.164 tiket atau 1,89 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket. 

    Untuk KA Jarak Menengah/Jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45.

    Sedangkan KA Lokal sendiri pemesanannya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    “Pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 Penumpang KAI, 35.407.300 Penumpang KAI Commuter, 4.142.520 Penumpang LRT Jabodebek, 588.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 Penumpang KAI Wisata, 487.728 Penumpang KAI Bandara, 29.160 Penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC,” kata Anne. 

    Dia menambahkan, adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara.

    Kemudian, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC. 

    Jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung.

    “KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” tambah Anne. 

    Berikut relasi perjalanan KA yang menjadi favorit pada pemesanan tiket hingga hari ini:

    1. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi sebanyak 39.188 penumpang.

    2. Relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi – Stasiun Pasar Senen sebanyak 36.329 penumpang.

    3. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwosari sebanyak 26.349 penumpang.

    4. Relasi Stasiun Purwokerto – Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.371 penumpang.

    5. Relasi Stasiun Purwosari – Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.020 penumpang.

    6. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwokerto sebanyak 24.143 penumpang.

    7. Relasi Stasiun Malang – Stasiun Pasar Senen sebanyak 23.825 penumpang.

    8. Relasi Pasar Senen – Stasiun Malang sebanyak 23.552 penumpang.

    9. Relasi Stasiun Lempuyangan – Stasiun Pasar Senen sebanyak 22.089 penumpang.

    10. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Lempuyangan sebanyak 20.695 penumpang.

  • Januari-November 2024 KAI Angkut 333 Juta Penumpang – Halaman all

    Januari-November 2024 KAI Angkut 333 Juta Penumpang – Halaman all

     

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sepanjang periode Januari – November 2024, telah melayani 333.371.342 penumpang di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

    Hal tersebut disampaikan Vice President Public Relations KAI Anne Purba. Menurutnya, angka tersebut mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi massal yang ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan.

    “Dari Januari hingga November 2024, KAI Group mencatat total 333.371.342 penumpang yang telah memanfaatkan layanan transportasi kereta api di wilayah Jabodetabek,” ujar Anne di Jakarta, Minggu (8/12/2024).

    Anne memaparkan, jumlah tersebut terdiri dari 9.714.046 penumpang menggunakan layanan kereta jarak jauh dan lokal yang dioperasikan oleh KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, 18.891.719 penumpang LRT Jabodebek. Layanan Whoosh yang dikelola KCIC tercatat 5.436.535 penumpang.

    “Commuter Line yang menjadi andalan mobilitas sehari-hari di Jabodetabek mencatat pengguna terbanyak dengan jumlah fantastis, yaitu 299.329.042 pengguna,” kata Anne.

    Efisiensi kereta api, kata Anne, dapat dilihat dari kapasitas angkut yang besar. Dalam sekali jalan, 1 rangkaian kereta api jarak jauh terdiri dari 8 hingga 14 kereta penumpang dengan kapasitas hingga 1.120 tempat duduk.

    Jika dibandingkan dengan mobil pribadi berkapasitas 7 orang atau motor berkapasitas 2 orang maka 1 perjalanan kereta api dapat menggantikan 160 mobil atau 560 motor.

    Tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api dapat berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi karbon dan polusi udara di Jabodetabek.

    “Kementerian Perhubungan juga menyampaikan bahwa emisi yang dihasilkan kereta api jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil atau pesawat. Dalam 200 mil perjalanan, emisi yang dihasilkan mobil atau pesawat 5 kali lipat jika dibandingkan dengan kereta api,” terang Anne.

    Berdasarkan penelitian dari Departemen Bisnis, Energi, dan Strategi Industri Inggris via Our World in Data, emisi setara CO2 per penumpang per km pada kereta adalah 41 gram, sepeda motor 103 gram, dan mobil 192 gram.

    “Perjalanan kereta api dengan penumpang hanya menghasilkan 45.920 gram CO2 per km, jauh lebih rendah dibanding motor sebanyak 115.360 gram CO2, dan mobil sebanyak 215.040 gram CO2,” sambungnya.

  • 2 Pria Ditemukan Tewas di Jalur Kereta Api Dekat Pasar Enjo Jaktim, Ini Identitasnya – Page 3

    2 Pria Ditemukan Tewas di Jalur Kereta Api Dekat Pasar Enjo Jaktim, Ini Identitasnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Dua orang pria ditemukan tak bernyawa di jalur Kereta Api (KA) dekat Pasar Enjo, Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur (Jaktim) pada Sabtu, 7 Desember 2024 malam.

    Jasad korban pertama kali ditemukan oleh Petugas Keamanan Dalam (PKD) PT Kereta Api Indonesia (KAI). Ketika itu, saksi mendapat laporan adanya dua orang dalam posisi tersungkur pada pukul 22.00 WIB.

    Saat dicek, kedua korban sudah dalam keadaan meninggal. Bahkan kondisi jasadnya pun sangat mengenaskan.

    “Benar kejadian tersebut, dua orang laki-laki posisi tersungkur sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Kapolsek Jatinegara, Kompol Chitya Intania dalam keterangan tertulis, Minggu (8/12/2024).

    Chitya mengatakan, petugas PKD PT KAI kemudian meneruskan laporan temuan dua korban tersebut ke Polsek Jatinegara. Hasil pemeriksaan, kedua korban diduga meninggal akibat tersambar kereta api.

    “Di tubuh kedua almarhum terlihat luka-luka. Diduga tertemper kereta api,” ujar dia.

     

  • Januari-November 2024, KAI Group Angkut 421,77 Juta Penumpang Kereta

    Januari-November 2024, KAI Group Angkut 421,77 Juta Penumpang Kereta

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) group pada periode Januari hingga November 2024 mengangkut penumpang kereta api (KA) sebanyak 421,779 juta orang.

    “Jumlah tersebut terdiri atas 51,018 juta penumpang KAI, 18,891 juta penumpang kereta LRT Jabodebek, 341,155 juta penumpang KAI Commuter, 5,143 juta penumpang KAI bandara, 5,436 juta penumpang KCIC, dan 133.456 penumpang KAI wisata,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Sabtu (8/12/2024) dilansir Antara.

    Menurut Anne, tingginya penumpang kereta menunjukkan bahwa moda transportasi ini menjadi pilihan bermobilisasi.

    Untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, lanjut Anne, KAI mengganti komponen prasarana kereta api, khususnya konstruksi rel di jembatan baja yang sebelumnya menggunakan bantalan dari bahan kayu menjadi bahan sintetis.

    Selain itu, KAI wisata juga melayani berbagai layanan kereta premium, seperti carter kereta istimewa, kereta wisata berbagai jenis (Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, Imperial, Priority, Retro), dan KA panoramic.

    Anne menyampaikan, dalam menyambut angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (nataru) dengan masa operasional 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI memastikan perjalanan aman dan nyaman. Salah satu upaya itu menambah customer service mobile (CSM) di 39 stasiun daerah operasi dan divisi regional.

    Sebanyak 170 orang petugas tambahan juga akan dikerahkan untuk membantu dan memberikan informasi secara langsung kepada pelanggan kereta api guna memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan cepat dan efisien.

    Selain itu, KAI menambah tenaga operasional, seperti petugas cleaning service di stasiun sebanyak 145 orang, on-train cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang. “Kami ingin memastikan bahwa penumpang kereta tidak hanya sampai tujuan tepat waktu, tetapi merasakan kenyamanan perjalanan,” kata Anne.