Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Menhub harap “direct train” kurangi penggunaan kendaraan pribadi

    Menhub harap “direct train” kurangi penggunaan kendaraan pribadi

    Yogyakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi berharap kereta api tanpa transit (direct train) rute Stasiun Gambir Jakarta-Stasiun Tugu Yogyakarta yang saat ini diuji coba, dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

    “Saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan direct train sebagai alternatif moda transportasi, khususnya bagi pengguna kendaraan pribadi yang akan melakukan perjalanan menuju Yogyakarta atau sebaliknya,” kata Menhub di Yogyakarta, Selasa.

    Menhub berharap dengan adanya layanan tersebut masyarakat dapat memiliki lebih banyak opsi transportasi, sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

    “Dengan hadirnya layanan ini, perjalanan jadi lebih cepat, nyaman, dan tentunya bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya,” ujar Menhub.

    Menhub telah menempuh perjalanan kurang lebih enam jam menaiki direct train dari Stasiun Gambir bersama Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri ATR/BPN Nusron Wahid dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

    Ia mengaku merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan menikmati perjalanan, serta dapat istirahat dengan nyaman selama di kereta.

    Menhub menjelaskan bahwa Kemenhub bersama PT KAI dan pemangku kepentingan terkait akan segera melakukan evaluasi untuk menentukan keberlanjutan direct train relasi Jakarta-Yogyakarta.

    Jika uji coba berjalan lancar dan animo masyarakat ternyata besar, maka layanan ini diharapkan bisa beroperasi pada masa Natal dan tahun baru dan setelahnya.

    “Kita lihat seberapa besar ketertarikan masyarakat terhadap layanan direct train ini. Hasilnya bisa kita lihat setelah kereta ini kembali ke Jakarta. Saya berharap antusias masyarakat sama besarnya seperti saat keberangkatan dari Jakarta kemarin,” tutur Menhub Dudy.

    Di tempat yang sama, Menko AHY mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub dan PT KAI yang telah berinovasi menyediakan layanan direct train Jakarta-Yogyakarta.

    “Mudah-mudahan dengan kerja sama, sinergi, dan kolaborasi semua pihak, kita bisa terus memajukan perkeretaapian di Indonesia,” kata Menko AHY.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2024

  • Jadwal Kereta Panoramic Desember 2024 Spesial Libur Akhir Tahun, Cek Rute dan Waktu Keberangkatan – Halaman all

    Jadwal Kereta Panoramic Desember 2024 Spesial Libur Akhir Tahun, Cek Rute dan Waktu Keberangkatan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah jadwal kereta Panoramic Desember 2024 terbaru resmi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Wisata.

    PT KAI telah merilis jadwal kereta Panoramic Desember 2024 terbaru spesial liburan natal 2024 dan tahun baru 2025 yang bertajuk “Liburan Seru Nataru.”

    “Jadwal Kereta Priority dan Kereta Panoramic pola FIT untuk Natal dan Tahun Baru sudah tersedia nih!.”

    “Rayakan #Momen15timewa kamu di akhir tahun dengan pengalaman perjalanan istimewa bersama Kereta Wisata Priority dan Panoramic,” tulis Instagram @kawisata, dikutip Selasa(17/12/2024).

    Jadwal kereta Panoramic Desember 2024 berlaku untuk periode keberangkatan mulai 16 Desember sampai 31 Desember 2024.

    Berdasarkan jadwal kereta Panoramic Desember 2024, rangkaian kereta mengikuti perjalanan Kereta Api (KA) Papandayan, KA Pangandaran, KA Argo Parahyangan, KA Argo Wilis, dan KA Turangga.

    Calon penumpang harap melihat jadwal keberangkatan kereta Panoramic Desember 2024 ini sebelum membeli tiket aplikasi Access by KAI.

    Simak jadwal kereta Panoramic Desember 2024 lebih lengkapnya, mengutip dari Instagram @kawisata

    1. KA Papandayan Panoramic

    Jadwal keberangkatan 16-31 Desember 2024

    Jam berangkat pukul 06.30 WIB dan tiba pukul 11.20 WIB

    Jam berangkat pukul 12.30 WIB dan tiba pukul 17.45 WIB

    2. KA Pangandaran Panoramic

    Jadwal keberangkatan 16-31 Desember 2024

    Jam berangkat pukul 09.30 WIB dan tiba pukul 16.25 WIB

    Jam berangkat pukul 16.55 WIB dan tiba pukul 00.49 WIB

    3. KA Argo Parahyangan Panoramic

    Jadwal keberangkatan 16-31 Desember 2024

    Rute Bandung – Jakarta (Gambir), 

    Jam berangkat pukul 05.25 WIB dan tiba pukul 08.25 WIB

    Rute Jakarta (Gambir) – Bandung,

    Jam berangkat pukul 18.25 WIB dan tiba pukul 21.24 WIB

    Jadwal keberangkatan 19-31 Desember 2024

    Rute Bandung – Jakarta (Gambir): 

    Jam berangkat pukul 10.50 WIB dan tiba pukul 13.50 WIB

    Rute Jakarta (Gambir) – Bandung: 

    Jam berangkat pukul 14.12 WIB dan tiba pukul 16.57 WIB

    4. KA Argo Wilis Panoramic

    Jadwal keberangkatan 16-31 Desember 2024

    Rute Bandung – Surabaya Gubeng 

    Jam berangkat pukul 07.40 WIB dan tiba pukul 17.35 WIB

    Rute Surabaya Gubeng – Bandung

    Jam berangkat pukul 08.15 WIB dan tiba pukul 18.08 WIB

    5. KA Turangga Panoramic

    Jadwal keberangkatan 16-31 Desember 2024

    Rute Bandung – Surabaya Gubeng:

    Jam berangkat pukul 18.10 WIB dan tiba pukul 04.21 WIB

    Rute Surabaya Gubeng – Bandung:

    Jam berangkat pukul 20.00 WIB dan tiba pukul 06.17 WIB

    Pemesanan tiket kereta panoramic perorangan bisa dilakukan di KAI Acces dan contact business di nomor 0811-1220-7227. 

    Tiket Kereta Panoramic Desember 2024 dijual mulai Rp 400.000 per orang tergantung jarak dan rute nya.

    Kereta Panoramic yang dikelola KAI Wisata merupakan Kereta Panoramic pertama di Indonesia. 

    Kereta ini merupakan hasil modifikasi dari kereta kelas eksekutif. 

    Kereta dilengkapi sunroof dan ukuran kacanya lebih besar. 

    Jadi para penumpang bisa melihat pemandangan lebih luas. 

    Elemen kaca yang dibuat lebih luas tersebut merupakan keunikan dan keistimewaan dari Kereta Panoramic.

    Lebih lengkapnya berikut fasilitas yang ada dalam Kereta Panoramic KA Wisata: 

    1. Ruang tunggu (Luxury Lounge)

    2. Automatic Sunroof dan Kaca Panoramic

    3. Snack

    4. Free Wifi

    5. Aneka sajian minuman (Kopi/Teh/Air Mineral)

    6. Dedicated Train Attendant

    7. Selimut

    8. 38 tempat duduk yang bisa diputar 360 derajat

    (Tribunnews.com/Muhammad Alvian Fakka)

  • KAI Operasikan 5.598 Perjalanan LRT Jabodebek Selama Libur Nataru

    KAI Operasikan 5.598 Perjalanan LRT Jabodebek Selama Libur Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mengoperasikan 5.598 perjalanan LRT Jabodebek selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Jumlah tersebut lebih tinggi 40% dibandingkan dengan jumlah perjalanan tahun lalu. 

    Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan selama periode angkutan Nataru yang berlangsung mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI akan mengoperasikan total 5.598 perjalanan LRT Jabodebek guna mendukung mobilitas masyarakat di kawasan Jabodetabek.

    “Selama periode Nataru 2024/2025, KAI menargetkan untuk melayani sebanyak 929.428 pengguna,” kata Mahendro dalam keterangan resmi, Selasa (17/12/2024).  

    Proyeksi ini menunjukkan peningkatan sekitar 45% dibandingkan dengan capaian Nataru 2023, yang melayani 638.690 pengguna. Mahendro mengklaim peningkatan jumlah pengguna ini seiring dengan bertambahnya minat masyarakat terhadap LRT Jabodebek, serta penambahan perjalanan yang disiapkan untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat.

    KAI berkomitmen untuk menyediakan fasilitas terbaik bagi pengguna. Di setiap stasiun telah disediakan berbagai fasilitas seperti toilet, musola, lift, eskalator, ruang menyusui, dan akses ramah disabilitas. Di Stasiun Cawang juga tersedia area bermain anak agar perjalanan keluarga semakin nyaman. 

    “Selain itu, bagi pengguna yang ingin membawa sepeda ukuran standar, KAI mengizinkan untuk membawa sepeda tersebut pada akhir pekan dan hari libur nasional, memberikan pilihan transportasi yang fleksibel bagi pesepeda,” kata dia. 

    LRT Jabodebek juga menyiapkan 1.221 petugas yang tersebar di seluruh stasiun dan kereta. Mulai dari Train Attendant, Ticketing Officer, Passenger Officer, Station Officer, Petugas Kebersihan, hingga Petugas Keamanan yang siap memberikan layanan, mulai dari informasi perjalanan hingga memastikan kebersihan dan kenyamanan selama perjalanan. Kehadiran petugas ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan lancar bagi pengguna yang bepergian.

    “Kami tetap berkomitmen melayani pengguna yang memerlukan transportasi di kawasan Jabodetabek, baik mereka yang tetap beraktivitas di area ini maupun yang memilih liburan di dalam kota menggunakan LRT Jabodebek,” ujar Mahendro.

  • Menhub harap KA langsung Jakarta-Yogyakarta layani Natal-tahun baru

    Menhub harap KA langsung Jakarta-Yogyakarta layani Natal-tahun baru

    Yogyakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi berharap kereta api tanpa transit (direct train) rute Stasiun Gambir Jakarta-Stasiun Tugu Yogyakarta yang saat ini diuji coba, dapat melayani angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Kami tidak mau buru-buru ya (penetapan kereta api rute Jakarta-Yogyakarta untuk layani angkutan Natal dan tahun baru), Tapi harapan kami akan melayani Natal dan tahun baru ini,” kata Menhub dalam jumpa pers di Yogyakarta, Selasa.

    Menhub menyampaikan hal itu seusai menjajal uji coba kereta api tanpa transit (direct train) dengan rute Stasiun Gambir Jakarta-Stasiun Tugu Yogyakarta. Kereta tersebut menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam dari Stasiun Gambir hingga tiba ke Stasiun Yogyakarta.

    “Jadi untuk direct train ini, hari ini kita uji coba kemudian kita evaluasi, dan apabila hasil evaluasi itu memang baik, maka kita akan lakukan layanan direct train ini untuk Natal dan tahun baru,” ucapnya.

    Dudy menuturkan bahwa setelah kereta api tersebut tiba di Stasiun Yogyakarta, selanjutnya akan kembali ke Jakarta yang juga tanpa transit. Setibanya di Jakarta, kereta tersebut akan dievaluasi mengenai kesiapan jelang angkutan Natal dan tahun baru.

    “Ini kereta akan kembali ke Jakarta, kita akan lihat lagi bagaimana hasilnya. Dari situ nanti KAI akan memutuskan apakah ini akan dilanjutkan pada masa Natal dan tahun baru (atau tidak),” terang Menhub.

    Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri), Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi (kedua kanan), menyapa penumpang kereta seusai uji coba kereta tanpa transit rute Jakarta-Yogyakarta di Yogyakarta, Selasa (17/12/2024). ANTARA/Harianto

    Dudy berharap pula agar ke depan ada peningkatan layanan sehingga para pengguna moda transportasi lain bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

    “Harapan kami semoga ini bisa seperti juga dari Jakarta ke Semarang. Itu sudah kita evaluasi dan itu bisa dijalankan,” katanya.

    Sebelumnya, Kemenhub dan PT KAI melakukan uji coba kereta api tanpa transit (direct train) dengan rute Stasiun Gambir Jakarta-Stasiun Tugu Yogyakarta.

    Rombongan tersebut berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta pada Senin (16/12) pukul 23.25 WIB. Dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Selasa pukul 05.30 WIB.

    Menhub Dudy mengatakan kereta api tanpa transit tersebut yang merupakan terobosan penting untuk melayani masyarakat dengan lebih cepat dan nyaman.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Evi Ratnawati
    Copyright © ANTARA 2024

  • Daop 8 intensifkan perawatan jalur KA jelang libur Natal-Tahun Baru

    Daop 8 intensifkan perawatan jalur KA jelang libur Natal-Tahun Baru

    Surabaya (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengintensifkan langkah-langkah perawatan jalur rel demi menjaga keselamatan perjalanan kereta api (KA) menjelang masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyatakan jika pihaknya rutin melakukan pengecekan dan perawatan berkala untuk memastikan jalur KA tetap laik operasi terlebih saat ini juga memasuki musim hujan.

    “Perawatan mencakup berbagai aspek teknis, seperti lebar spoor 1.067 mm, kelengkapan penambat antara rel dan bantalan, serta menjaga batas aman kanan dan kiri jalur KA sejauh 5 meter dari as rel,” kata Luqman, di Surabaya, Senin.

    Luqman menjelaskan, wilayah kerja KAI Daop 8 Surabaya meliputi panjang lintasan sejauh 530.168 km yang melintasi 12 kabupaten/kota di Jawa Timur, dengan batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah hingga Stasiun Mojokerto, dan selatan hingga Stasiun Wlingi.

    “Saat ini sebanyak 52 stasiun aktif di wilayah Daop 8 Surabaya yang melayani perjalanan KA jarak jauh, lokal, hingga angkutan barang,” katanya.

    Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mendukung kelancaran operasional, pihaknya telah menyediakan 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, empat UPT Jembatan, dan satu UPT Mekanik.

    “Para petugas ini yang bertanggung jawab melakukan pengukuran geometri rel, pengecekan sambungan dan baut, hingga perbaikan bantalan rel dan perawatan akan terus dilakukan untuk memastikan keselamatan perjalanan dan kenyamanan pelanggan kereta api,” ujar Luqman.

    Sementara itu, kata Luqman, pada periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, lebih dari 288.463 pelanggan diprediksi akan memanfaatkan angkutan KA di wilayah Daop 8 Surabaya.

    “Jumlah ini mencakup 149.543 pelanggan yang naik dan 138.920 pelanggan yang turun di berbagai stasiun. Namun data ini bersifat dinamis karena penjualan masih terus berlangsung,” tuturnya.

    Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket agar dapat memilih jadwal keberangkatan yang sesuai.

    “Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik demi kenyamanan pelanggan selama musim liburan,” kata Luqman.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • KAI Catat Penjualan Tiket KA Nataru Tembus 1,12 Juta Per Hari Ini

    KAI Catat Penjualan Tiket KA Nataru Tembus 1,12 Juta Per Hari Ini

    Bisnis.com, JAKARTA – PT KAI (Persero) mencatat penjualan tiket kereta api jarak menengah/jauh serta KA lokal untuk periode masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) mencapai 1.124.067 tiket per Minggu (15/12/2024) pukul 07.00 WIB.

    Adapun, total kapasitas tempat duduk kereta api yang disediakan KAI untuk periode Nataru adalah sebanyak 3.572.588. 

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan sebanyak 1.124.067 tiket terjual tersebut terdiri dari 1.090.640 KA jarak menengah/jauh atau 39,36% dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. 

    Sementara itu, untuk penjualan tiket KA Lokal mencapai 33.427 tiket atau 4,17% dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.

    Eva mengatakan, untuk KA jarak menengah/jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45 libur Nataru, sedangkan pemesanan tiket KA lokal baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan. Selain itu, ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    “Pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 penumpang KAI, 35.407.300 penumpang KAI Commuter, 4.142.520 penumpang LRT Jabodebek, 588.304 penumpang LRT Sumsel, 7.416 penumpang KAI Wisata, 487.728 penumpang KAI Bandara, 29.160 penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 penumpang KCIC,” kata Anne melalui keterangan resmi, Minggu (15/12/2024).

    Dia juga mengungkapkan total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA. Perinciannua, 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare, serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC. 

    “Jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena beberapa tiket KA masa Nataru sudah mulai habis terjual,” tutur Anne. 

    Berikut relasi perjalanan KA yang menjadi favorit pada pemesanan tiket pada Libur Nataru:

    1. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi sebanyak 47.634 penumpang.

    2. Relasi Stasiun Surabaya Pasar Turi – Stasiun Pasar Senen sebanyak 44.171 penumpang.

    3. Relasi Stasiun Malang – Stasiun Pasar Senen sebanyak 28.073penumpang.

    4. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwosari sebanyak 27.250 penumpang.

    5. Relasi Pasar Senen – Stasiun Malang sebanyak 26.797 penumpang.

    6. Relasi Stasiun Purwokerto – Stasiun Pasar Senen sebanyak 26.633 penumpang.

    7. Relasi Stasiun Purwosari – Stasiun Pasar Senen sebanyak 26.458 penumpang.

    8. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwokerto sebanyak 26.177 penumpang.

    9. Relasi Stasiun Lempuyangan – Stasiun Pasar Senen sebanyak 26.059 penumpang.

    10. Relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Lempuyangan sebanyak 22.568 penumpang.

  • HUT KPR BTN ke-48, BTN Gelar Soft Launching Super Apps Bale by BTN – Halaman all

    HUT KPR BTN ke-48, BTN Gelar Soft Launching Super Apps Bale by BTN – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar soft launching Super Apps Bale by BTN  pada rangkaian HUT KPR BTN ke-48.

    Bale by BTN merupakan transformasi dari BTN Mobile yang saat ini digunakan nasabah BTN untuk bertransaksi. Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait dan Menteri BUMN Erick Thohir.

    “Hari ini kami melakukan soft launching Bale by BTN untuk memperkenalkan Super Apps yang merupakan transformasi dari BTN Mobile ini kepada masyarakat. Rencananya Super Apps Bale by BTN akan diluncurkan secara resmi saat HUT BTN ke -75 pada tanggal 9 Februari 2025,” ujar Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu pada acara penutupan rangkaian HUT KPR BTN ke-48 di Jakarta, Minggu 15 Desember 2024.

    Nixon mengungkapkan Bale by BTN pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada pertengahan tahun ini dengan menggelar tiga promo sekaligus yakni Bale Unlock Your World, Bale Be Free dan Bale 3S. Bale Unlock Your World merupakan program bebas biaya tarik tunai ATM diluar negeri dan bebas biaya belanja di luar negeri dengan kartu debit BTN. Sedangkan Bale Be Free merupakan program bebas biaya untuk transaksi transfer, top up emoney dan pembayaran2 lainnya melalui BTN Mobile. Sementara Bale 3S (Santap, Santai, Sehat) merupakan Program Cashback 30 persen maksimal Rp15.000 untuk pembayaran F&B, supermarket, cinema, apotik dan lain lain menggunakan BTN Mobile, QRIS BTN dan Kartu Debit BTN. 

    Hal ini sejalan dengan visi BTN yang ingin selalu menjadi pilihan utama keluarga Indonesia dalam melakukan transaksi finansialnya. “Lebih lengkap nanti pada saat launching bale di acara HUT BTN Februari mendatang akan kita sampaikan,”tegas Nixon menambahkan.

    Selain soft launching Bale by BTN, dalam rangkaian HUT KPR BTN ke-48, telah dilaksanakan pameran properti yakni BTN Properti Expo 2024. Pameran yang berlangsung selama lima hari (10-15 Desember 2024) di delapan kota besar sekaligus, yaitu Medan, Tangerang, Jakarta, Cikarang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar mendapatkan antusias yang besar dari masyarakat. 

    Hal ini dibuktikan dari realisasi KPR yang melebihi target. Dari jumlah berkas pengajuan KPR yang masuk ke BTN nilainya telah mencapai sekitar Rp800 miliar.

    Disisi lain, terkait dengan HUT KPR Nixon mengatakan, selama 48 tahun BTN telah memainkan peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan rumah rakyat dan sekaligus menggerakkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor perumahan. Andil ini terlihat jelas dari kontribusi BTN sebagai bank pelaksana utama program perumahan subsidi pemerintah, dengan hampir separuh dari total kredit perumahan yang disalurkan BTN merupakan KPR subsidi.
     
    “BTN telah menjadi katalis bagi ekosistem perumahan dan perekonomian negara melalui perannya sebagai penyalur KPR terbesar di Indonesia. Pencapaian ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami karena BTN memainkan peranan strategis dalam membantu pemerintah mengurangi backlog perumahan nasional yang saat ini masih mencapai 9,9 juta. BTN terus memperkuat komitmennya sebagai pembuka akses kepada pembiayaan perumahan, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah agar mereka dapat memiliki hunian yang layak dan terjangkau,” paparnya.
     
    BTN pertama kali mendapatkan penugasan dari Menteri Keuangan Ali Wardhana sebagai penyelenggara KPR pada 29 Januari 1974, sejalan dengan program pemerintah yang tengah menggalakkan program perumahan untuk rakyat. Kemudian, BTN pertama kali menyalurkan KPR pada 10 Desember 1976 dengan total realisasi Rp38 juta untuk 17 unit rumah yang terbagi menjadi sembilan unit di Semarang, Jawa Tengah, disusul delapan unit rumah di Surabaya, Jawa Timur, pada tahun yang sama. Saat itu, penyaluran KPR perdana diinisiasi oleh BTN bersama Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dan pelaku bisnis industri properti.
     
    Sejak penyaluran KPR perdana tersebut, BTN secara konsisten menyalurkan KPR hingga saat ini lebih dari 90 persen portofolio kreditnya merupakan kredit perumahan. BTN memimpin pasar KPR di Indonesia dengan market share yang mencapai sekitar 40 persen secara nasional dan telah memberikan dampak turunan kepada 185 sub-sektor ekonomi dan lebih dari 7.000 mitra pengembang perumahan.
     
    Lebih lanjut, Nixon menegaskan, BTN telah menyatakan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam penyediaan rumah rakyat melalui Program 3 Juta Rumah.
     
    “BTN memiliki visi yang sama dengan pemerintah bahwa Program 3 Juta Rumah yang tersebar di pedesaan hingga perkotaan akan menurunkan angka kemiskinan di Indonesia dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Langkah berani ini diperlukan agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju dengan masyarakat yang lebih sejahtera, sesuai dengan visi Indonesia Emas pada 2045,” papar Nixon.

    Sementara itu, Menteri PKP Maruarar Sirait mengapresiasi BTN untuk sejumlah pencapaian sebagai bank penyalur KPR sejak 1976 dan kontribusinya bagi sektor perumahan nasional. “Saya menyampaikan beberapa apresiasi kepada BTN karena ada beberapa data, bahwa yang pertama, BTN menguasai dan berperan untuk market share KPR, terutama bagi masyarakat kecil di Indonesia sebanyak 40%. Saya doakan, tahun depan kalau bisa 60%, setidaknya 50%, karena harus ada progress,” ujar Maruarar.

    Hal kedua yang patut diapresiasi dari BTN, kata Maruarar, yaitu kontribusi BTN untuk memberikan akses KPR kepada sektor informal, yang saat ini proporsinya mencapai hampir 10?ri total penyaluran KPR BTN. “Artinya ada harapan masyarakat yang seperti kami temukan 3 hari lalu saat Akad KPR Massal BTN di Serang, bahwa ada pedagang bakso, pedagang sayur, dan pegawai minimarket yang bisa mendapatkan rumah karena jasa baik BTN,” ujar Maruarar.

    Hal yang ketiga, kata Maruarar, adalah peran BTN menyalurkan KPR kepada kaum milenial dan Gen Z, sehingga ada harapan bagi anak-anak muda Indonesia untuk dapat memiliki rumah pada usia sekitar 30 tahun. “Saya pikir ini adalah suatu langkah baru, bahwa negara hadir bagi anak muda dan negara hadir bagi kelompok informal,” kata Maruarar.

    Hal terakhir yang diapresiasi oleh Maruarar yakni edukasi yang dilakukan BTN untuk para pengembang, baik dari Realestat Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), dan Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra), karena mereka telah bekerja secara profesional. “Kami mendoakan,agar para pengembang semakin sukses dan maju usahanya,” tutur Maruarar.

    Tidak hanya itu, Maruarar memuji kiprah BTN melakukan pendampingan dan pembinaan kepada anak-anak muda di daerah untuk dapat menjadi pengusaha perumahan atau pengembang yang berkontribusi bagi sektor perumahan nasional. “Di Serang kemarin ada pengembang muda bernama Wawan, sangat muda sekali, namun dia bisa membangun ribuan rumah dalam satu tahun. Ini merupakan pemerataan yang bagus, kita harus mendukung agar pemerataan terjadi dan mendistribusi pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah,” ujar Maruarar.

    Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya mendukung Program 3 juta rumah dengan memberikan kemudahan regulasi untuk skema Rent-to-Own (RTO) atau sewa menjadi cicilan untuk memberikan akses bagi pekerja sektor informal bisa mendapatkan rumah. Selain itu, Kementerian BUMN juga mendorong sinergi untuk pembangunan hunian dengan skema Transit Oriented Development (TOD), yang proyek perdananya telah dilakukan di enam titik di Jakarta dan sekitarnya dengan melibatkan BTN, Perumnas, dan Kereta Api Indonesia (KAI).

    “Kementerian BUMN mendukung arahan Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk mempercepat Program 3 Juta Rumah, salah satunya terobosan yang sudah BTN lakukan bersama Perumnas dan PT KAI yakni TOD atau pembangunan perumahan susun di kawasan stasiun. Inisiasi lainnya banyak sekali, apakah nanti di atas pasar ada perumahan susun, contohnya,” ujar Erick.

    Selain Menteri Ara, para pengembang selaku pemangku kepentingan di sektor perumahan turut memberikan apresiasinya terhadap BTN yang telah menjadi mitra kerja erat dalam memenuhi kebutuhan perumahan rakyat.

    Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) Joko Suranto, mengatakan bahwa sejak 1976, BTN telah memberikan manfaat hunian yang layak dan terjangkau kepada jutaan masyarakat Indonesia, khususnya yang berpenghasilan rendah.

    “Saat ini, BTN sudah berkembang menjadi bank yang menjadi partner bagi siapapun dan memberikan kontribusi berupa akses kepada masyarakat untuk mudah memiliki rumah. Kami di REI sangat terbantu, serta selalu berinteraksi dan bekerja sama dengan baik bersama BTN. Kami mengucapkan selamat ulang tahun KPR BTN yang ke-48 kepada BTN. Semoga BTN menjadi bank yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ucap Joko.
     
    Pada kesempatan yang sama,Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (DPP APERSI) Junaidi Abdillah mengapresiasi BTN yang telah bekerja keras selama 48 tahun membuka akses pembiayaan bagi masyarakat untuk dapat memiliki hunian yang layak dan terjangkau.

    “APERSI selaku pengembang perumahan dan permukiman di Indonesia mendukung komitmen BTN untuk meningkatkan penyaluran KPR bagi masyarakat, termasuk mereka yang berpenghasilan rendah, agar sektor perumahan dapat semakin signifikan menggerakkan perekonomian dan memberikan perbaikan kesejahteraan bagi masyarakat banyak. Kami berharap kerja sama yang telah terbangun selama ini dengan BTN dapat terus dilanjutkan dan memberikan dampak positif bagi sektor perumahan nasional,” tutur Junaidi.
     
    Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pertimbangan Pusat Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Ari Tri Priyono mengatakan bahwa BTN selama ini telah menjadi mitra erat Himperra dalam mendukung program pemerintah untuk pembangunan perumahan rakyat. Menurut Ari, BTN berperan penting dalam penyediaan akses pembiayaan kepada masyarakat berpenghasilan rendah sehingga mereka dapat memiliki rumah layak huni dan terjangkau.
     
    “Himperra mengucapkan selamat kepada BTN, yang telah konsisten memberikan akses pembiayaan kepada masyarakat melalui penyaluran KPR selama 48 tahun. Pencapaian tersebut harus diapresiasi karena merupakan bukti solidnya BTN sebagai bank pemimpin KPR di perbankan nasional. Himperra berharap dapat terus berkolaborasi bersama BTN dalam mendukung program perumahan rakyat, karena baik Himperra maupun BTN memiliki cita-cita bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kepemilikan rumah,” tutur Ari.

  • Persiapan KAI untuk Nataru 2024/2025: 56 Kereta Tambahan dan 777 Tenaga Operasional – Halaman all

    Persiapan KAI untuk Nataru 2024/2025: 56 Kereta Tambahan dan 777 Tenaga Operasional – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan pelayanan optimal bagi penumpang selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Masa operasional Nataru KAI berlangsung selama 18 hari, mulai dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Penambahan Kereta dan Kapasitas Penumpang

    KAI akan mengoperasikan KA tambahan yang terdiri dari 52 KA Jarak Menengah dan Jauh Kelas Komersial, 2 KA Jarak Jauh PSO dan 2 KA Lokal Komersial.

    Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodasi tingginya antusias masyarakat selama periode libur Nataru.

    Nantinya, terdapat penambahan kapasitas penumpang sebanyak 491.976 tempat duduk untuk KA Jarak Menengah dan Jauh Kelas Komersial, 10.600 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh PSO, dan 14.600 tempat duduk untuk KA Lokal Komersial.

    Tenaga Tambahan dan Layanan Pelanggan

    Sebanyak 777 tenaga tambahan disiapkan untuk kebutuhan operasional, termasuk Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus yang tersebar di area Jawa dan Sumatera.

    “Kami telah menyiapkan 777 tenaga tambahan untuk kebutuhan operasional,” ungkap Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dalam siaran persnya.

    KAI juga menambah 170 Customer Service Mobile (CSM) yang akan bertugas di 39 stasiun di Daerah Operasi dan Divisi Regional untuk membantu pelanggan dengan informasi dan layanan langsung.

    Selain itu, juga dilakukan penambahan tenaga operasional seperti petugas cleaning service di stasiun 145 orang, On-Train Cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang.

    Fasilitas dan Kebersihan

    KAI telah mempersiapkan fasilitas secara maksimal, termasuk menjaga kebersihan stasiun, ruang tunggu, toilet, dan kereta.

    “Kebersihan stasiun dan kereta terus dijaga demi memberikan kenyamanan bagi pelanggan,” jelas Didiek.

    Untuk meningkatkan keselamatan, KAI menyiapkan petugas perawatan prasarana yang siap sedia 24 jam dan berkolaborasi dengan aparat keamanan, termasuk Polsuska dan TNI/Polri, untuk memastikan ketertiban selama periode Nataru.

    KAI mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang, karena tiket masih tersedia.

    Dengan berbagai persiapan tersebut, KAI berharap dapat memberikan layanan yang optimal selama periode Nataru 2024/2025.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Wamen ESDM Beberkan Realisasi Penyaluran BBM Pertalite-Solar Per November

    Wamen ESDM Beberkan Realisasi Penyaluran BBM Pertalite-Solar Per November

    Jakarta

    Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yuliot Tanjung membeberkan realisasi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) hingga November 2024. Menurutnya realisasi penyaluran BBM tahun ini hampir mencapai kuota yang telah ditentukan oleh pemerintah.

    Lebih rinci ia menjelaskan hingga November 2024 volume realisasi Jenis BBM Tertentu (JBT) sebesar 16,61 juta KL atau 85% dari kuota sebesar 19,58 juta KL. Sementara Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) mencapai 27,33 juta KL (86% dari kuota), dan Jenis BBM Umum (JBU) mencapai 30,07 juta KL (85% dari kuota).

    “Badan usaha yang berkontribusi sebanyak 1.910 Badan Usaha, yang terdiri dari 19 Badan Usaha Pemegang Usaha Izin Pengolahan, 30 Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Penyimpanan, 1.730 Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengangkutan, 131 Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga BBM,” papar Yuliot dalam keterangan tertulis, Minggu (15/12/2024).

    Hal tersebut ia sampaikan dalam ajang BPH Migas Awards 2024 di di Jakarta, Jumat (13/12). Lebih lanjut ia menjelaskan sejak 2017, telah dibangun 583 Penyalur BBM 1 Harga untuk menjamin ketersediaan energi terjangkau bagi masyarakat di wilayah 3T atau daerah yang tergolong tertinggal, terdepan, dan terluar.

    Yuliot menyampaikan hingga triwulan III 2024, volume pengangkutan gas bumi melalui pipa mencapai 921,2 juta MSCF, dan volume niaga gas bumi melalui pipa mencapai 277,8 juta MSCF.

    Realisasi volume HGBT untuk sektor industri sebesar 87,2 juta MMBTU (80% dari alokasi), sementara untuk sektor kelistrikan mencapai 60,1 juta MMBTU (57% dari alokasi).

    Sebanyak 31 Badan Usaha berkontribusi dalam pengangkutan dan niaga gas bumi melalui pipa, terdiri dari 11 Badan Usaha Pengangkutan, 13 Badan Usaha Niaga, dan 7 Badan Usaha Pengangkutan dan Niaga Gas Bumi.

    Sementara itu, Kepala BPH Migas, Erika Retnowati menjelaskan acara pemberian penghargaan dan apresiasi BPH Migas digelar untuk mendorong peran aktif dan meningkatkan kinerja pemangku kepentingan dalam memajukan sektor hilir minyak dan gas bumi, serta sebagai bagian dari transparansi informasi publik untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik.

    Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Menteri ESDM bersama Erika Retnowati. Penghargaan tersebut diberikan kepada kementerian, pemerintah daerah, dan badan usaha yang berkontribusi dalam penyaluran dan pengawasan distribusi BBM, termasuk Program BBM Satu Harga.

    Selain BPH Migas Awards 2024, rangkaian Hilir Migas Conference & Expo 2024 diselenggarakan sejak Kamis (12/12). Kegiatan ini meliputi sesi pleno dengan tema Kolaborasi dalam Transisi Energi: Mengembangkan Ekosistem Hilir Minyak dan Gas Bumi yang Adaptif dan Inovatif.

    Terdapat beberapa sesi panel yaitu panel BBM dengan tema Road Map Kebijakan BBM Ramah Lingkungan dan Partisipasi Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Penugasan dalam Implementasi dan Pengawasan Surat Rekomendasi melalui Aplikasi Xstar BPH Migas. Sesi panel lainnya di bidang gas bumi membahas tema Integrasi Pengembangan Gas Bumi dan Industri Hilirisasi untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.

    “Adapun plenary dan panel session tersebut melibatkan Kementerian ESDM, ahli bidang hilir migas, asosiasi bidang hilir migas, serta pemerintah daerah,” pungkas Erika.

    Hadir dalam acara ini antara lain Ketua Komisi XII Bambang Patijaya, Plt. Dirjen Migas KESDM Dadan Kusdiana, Dirjen Minerba KESDM Tri Winarno, Kepala BPSDM ESDM KESDM, Anggota Komite BPH Migas Abdul Halim, Basuki Trikora Putra, Eman Salman Arief, Iwan Prasetya Adhi, Saleh Abdurrahman, Wahyudi Anas dan Yapit Sapta Putra. Selanjutnya hadir Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon S, Direktur BBM Sentot Harijadi BTP, Direktur Gas Bumi Soerjaningsih, Kepala BPH Migas periode 2003-2013 Tubagus Haryono, Penjabat Gubernur Bangka Belitung Sugito, Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo, dan Direktur Manajemen Risiko PT. Pertamina Patra Niaga Rahman Pramono.

    (akn/ega)

  • 11 Kategori Penghargaan di BPH Migas Awards 2024: Ini Daftar Pemenangnya!

    11 Kategori Penghargaan di BPH Migas Awards 2024: Ini Daftar Pemenangnya!

    Jakarta

    Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menggelar acara BPH Migas Awards 2024. Dalam acara ini, BPH Migas menyerahkan penghargaan dan apresiasi kepada para pemangku kepentingan di sub sektor hilir migas. Gelaran ini memiliki 11 kategori penghargaan.

    Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Yuliot Tanjung didampingi oleh Kepala BPH Migas Erika Retnowati berkesempatan untuk menyerahkan penghargaan tersebut pada para pemenang di BPH Migas Awards 2024 yang diselenggarakan pada Jumat lalu.

    “Apresiasi diberikan kepada Kementerian/lembaga yang berkontribusi dalam kelancaran penyaluran dan pengawasan distribusi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah daerah dalam pengawasan pembangunan infrastruktur migas dan penyaluran, termasuk Program BBM Satu Harga,” ungkap Yuliot Tanjung dalam keterangan tertulis, Minggu (15/12/2024).

    Tak hanya itu, penghargaan kepada badan usaha diberikan bagi yang telah berkontribusi dan berperan aktif dalam meningkatkan ketersediaan layanan dan penyaluran migas. Penyaluran tersebut berimbas pada masyarakat dan industri dalam menggerakkan roda perekonomian nasional.

    Yuliot berpendapat penghargaan dan apresiasi untuk para pemangku kepentingan hilir migas ini menggambarkan komitmen, dedikasi dan kerja sama, serta semangat untuk terus berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

    Yuliot berharap kolaborasi yang telah terjalin antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga pelaku usaha ini tetap terjaga. Kolaborasi ini diharapkan bisa mewujudkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 8%.

    “Ujung-ujungnya adalah bagaimana kita bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat luas untuk mencapai Indonesia Emas Indonesia Maju pada tahun 2045,” tambahnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Yuliot menyampaikan capaian sub sektor hilir migas. Hingga November 2024, volume realisasi Jenis BBM Tertentu (JBT) sebesar 16,61 juta KL atau 85% dari kuota sebesar 19,58 juta KL.

    Di sisi lain, jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) sebesar 27,33 juta KL atau 86% dari total kuota 31,70 juta KL. Sementara itu, jenis BBM Umum (JBU) sebesar 30,07 juta KL, telah direalisasikan 85% dari kuota.

    “Badan usaha yang berkontribusi sebanyak 1.910 Badan Usaha, yang terdiri dari 19 Badan Usaha Pemegang Usaha Izin Pengolahan, 30 Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Penyimpanan, 1.730 Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengangkutan, 131 Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga BBM,” papar Yuliot.

    Sementara itu, untuk melayani dan menjamin ketersediaan energi dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat terutama di wilayah 3T, sejak 2017 telah terbangun 583 Penyalur BBM satu Harga.

    Lebih lanjut, Yuliot menjelaskan realisasi volume pengangkutan gas bumi melalui pipa sampai dengan triwulan III tahun 2024 sebesar 921,2 juta MSCF dan volume niaga gas bumi melalui pipa sebesar 277,8 juta MSCF. Realisasi volume HGBT sampai dengan triwulan III 2024 untuk sektor industri sebesar 87,2 juta MMBTU atau 80% dari alokasi sebesar 109,503 juta MMBTU. Sedangkan untuk sektor kelistrikan realisasinya sebesar sebesar 60,1 juta MMBTU atau 57% dari total alokasi sebesar 105,342 juta MMBTU.

    Adapun Badan usaha yang berkontribusi dalam pengangkutan dan niaga gas bumi melalui pipa sebanyak 31 Badan Usaha, yang terdiri dari 11 Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa, 13 Badan Usaha Niaga Gas Bumi Melalui Pipa, dan 7 Badan Usaha Pengangkutan Dan Niaga Gas Bumi Melalui Pipa.

    Kepala BPH Migas Erika Retnowati dalam laporannya mengungkapkan pemberian penghargaan dan apresiasi BPH Migas dilaksanakan untuk mendorong peran aktif dan meningkatkan kinerja para pemangku kepentingan dalam memajukan sektor hilir minyak dan gas bumi serta bagian dari keterbukaan informasi publik untuk mewujudkan good corporate governance.

    Berikut adalah pemenang 11 kategori penghargaan BPH Migas Awards 2024:

    1. Badan Usaha BBM Terbaik Kategori Besar (Volume Penjualan Lebih Besar Sama Dengan 150.000 KL/Tahun)

    PT Pertamina Patra NiagaPT AKR Corporindo Tbk

    2. Badan Usaha BBM Terbaik kategori Menengah (Volume Penjualan Antara 50.000 s.d 150.000 KL/Tahun)

    PT Aneka Petroindo JayaPT Mitra Andalan Batam

    3. Badan Usaha BBM Terbaik Kategori Kecil (Volume Penjualan Kurang Dari Sama Dengan 50.000 KL/Tahun

    PT Sumber Anugrah PrimaPT Petro Energi Samudra

    4. Pemerintah Daerah Terbaik yang Membantu Program Pemerintah Dalam Pengawasan Penyaluran BBM Bersubsidi)

    Pemerintah Provinsi Kepulauan RiauPemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

    5. Konsumen Pengguna JBT Minyak Solar Kategori Transportasi Khusus (Angkutan Umum Penumpang/Barang) Terbaik Dalam perencanaan dan Pemanfaatan.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero)PT Pelni (Persero)

    6. Penyalur terbaik

    Wilayah Barat: SPBU 34.17531 Kabupaten BekasiWilayah Tengah: SPBU 54.61245 Kabupaten SidoarjoWilayah Timur: SPBU 74.90288 Kota Makassar

    7. Penyalur BBM Satu Harga Terbaik

    SPBU 65.794002, Kec. Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan BaratSPBU 76.95807, Kec. Kabaruan, Kab. Kep. Talaud, Sulawesi UtaraSPBU 86.98904, Kec. Ilu, Kab. Puncak, Papua Tengah

    8. Penyalur BBM Satu Harga Terbaik

    SPBU 65.794002, Kec. Sajingan Besar, Sambas, Kalimantan BaratSPBU 76.95807, Kec. Kabaruan, Kab. Kep. Talaud, Sulawesi UtaraSPBU 86.98904, Kec. Ilu, Kab. Puncak, Papua Tengah

    9. Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi Terbaik Kategori Menengah Kecil (Kontribusi Volume Di Bawah 10%)

    PT Perusahaan Gas Negara TbkPT Majuko Utama IndonesiaPT Kalimantan Jawa Gas

    10. Badan Usaha Niaga Gas Bumi Terbaik kategori Besar (Kontribusi Volume Di Atas 10%)

    PT Perusahaan Gas Negara Tbk

    11. Badan Usaha Niaga Gas Bumi Terbaik Kategori Menengah Kecil (Kontribusi Volume Di Bawah 10%).

    PT Energasindo Heksa KaryaPT Pertamina GasPT Igas Utama

    Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh Kepala BPH Migas periode 2003-2013 Tubagus Haryono, Penjabat Gubernur Bangka Belitung Sugito, Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo, Direktur Manajemen Risiko PT. Pertamina Patra Niaga Rahman Pramono, Bupati penerima penghargaan, serta perwakilan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan Badan Usaha penghargaan BPH Migas Awards 2024.

    (akn/ega)