Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Periode Nataru, penumpang KAI Divre II Sumbar meningkat

    Periode Nataru, penumpang KAI Divre II Sumbar meningkat

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Periode Nataru, penumpang KAI Divre II Sumbar meningkat
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 23:11 WIB

    Elshinta.com – Penumpang kereta api di wilayah Sumatera Barat meningkat signifikan sejak masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, yaitu meningkat 16 persen dibanding hari biasa. Demikian disampaikan Kepala PT KAI Divre II Sumatera Barat, M. Tri Setyawan. 

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatat hingga hari keempat masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, tanggal 19 s.d 22 Desember 2024, terdapat 23.208 penumpang. Jumlah tersebut meningkat 16% atau rata-rata 5.800 penumpang per hari dibanding rata-rata harian penumpang pada bulan November 2024 sebanyak 4.995 penumpang per hari.

    “Rincian jumlah penumpang selama 4 hari awal masa Nataru ini yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Stasiun Naras pp sebanyak 17.514 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Pulau Air pp sebanyak 4.166 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Stasiun BIM/Duku – Stasiun Kayu Tanam pp sebanyak 1.528 penumpang,” kata Kepala PT KAI Divre II Sumatera Barat, M. Tri Setyawan, Senin (23/12).

    Stasiun Padang masih menjadi favorit untuk stasiun keberangkatan ataupun stasiun tujuan dengan jumlah penumpang sebanyak 12.804 penumpang. Disusul oleh Stasiun Pariaman sebanyak 9.873 penumpang, Stasiun Air Tawar sebanyak 4.103 penumpang, Stasiun BIM sebanyak 3.123 penumpang, dan Stasiun Duku sebanyak 2.763 penumpang.

    Dari sisi ketepatan waktu, untuk keberangkatan kereta api penumpang pada periode 19 s.d 22 Desember 2024, mencapai 100%, atau tepat sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun untuk ketepatan waktu kedatangan mencapai 98%.

    KAI menetapkan masa libur Nataru tahun ini yaitu selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Adapun puncak arus penumpang pada Nataru ini di KAI Divre II Sumbar diprediksi akan terjadi pada Rabu (25/12) dan Minggu (29/12).

    ”Masyarakat dapat menikmati libur Nataru menggunakan angkutan kereta api untuk berwisata, urusan bisnis, ataupun keperluan lainnya. KAI berkomitmen untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata M. Tri Setyawan.

    M. Tri Setyawan melanjutkan, pihaknya menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, mengingat tiket yang terbatas. Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan. 

    ”Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan tiket. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama tiket masih tersedia,” kata M. Tri Setyawan seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (23/12).

    KAI mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama saat menggunakan transportasi kereta api. Perhatikan juga barang bawaannya, jangan sampai membawa barang-barang yang dilarang dibawa di atas KA seperti barang berbau menyengat atau barang yang berbahaya.  

    Sumber : Radio Elshinta

  • Libur Nataru, Yogyakarta dan Surabaya Jadi Destinasi Favorit Penumpang Kereta Api

    Libur Nataru, Yogyakarta dan Surabaya Jadi Destinasi Favorit Penumpang Kereta Api

    Jakarta, Beritasatu.com – Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja dan Surabaya menjadi destinasi unggulan dengan jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) tertinggi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), 19 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025.

    Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengungkapkan, pembelian tiket KAJJ tertinggi adalah keberangkatan kereta Stasiun Pasar Senen menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagian besar penumpang menggunakan kereta api kelas ekonomi dibandingkan eksekutif.

    “Ada Jogja, kemudian Surabaya, Semarang, dan Purwokerto,” kata Didiek kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/12/2024).

    Sementara itu, PT KAI mencatat pembelian tiket KAJJ di 50 stasiun sudah mencapai lebih dari 2.000.000 penumpang dari 3.544.000 kursi yang tersedia. Oleh sebab itu, sampai Senin (23/12/2024) masih tersisa sebanyak 1.544.000 tempat duduk yang masih bisa mengangkut penumpang untuk tiket kereta api jarak jauh saat libur Nataru.

    Sejauh ini, jumlah penumpang yang sudah melakukan keberangkatan hampir mencapai 1.000.000 orang sejak Kamis (19/12/2024). Rata-rata penumpang KAJJ yang datang ke stasiun sekitar 200.000 orang per harinya.

    Dirut PT KAI turut mengimbau bagi masyarakat yang berencana menggunakan jasa layanan kereta api untuk segera melakukan pembelian tiket. Hal itu disebabkan harga tiket kereta api yang mengalami kenaikan mendekati hari Natal dan Tahun Baru.

    “Tarif tiket kereta api itu ada surplus ya, semakin cepat pesan maka akan mendapatkan harga yang paling efisien. Nanti kalau sudah mendekati hari keberangkatan (Nataru), maka yang tersisa tinggal (harga) yang di atas,” jelas Didiek terkait harga tiket kereta api jarak jauh saat libur Nataru.

  • Tips aman beli tiket KA jelang natal-tahun baru agar tak kehabisan

    Tips aman beli tiket KA jelang natal-tahun baru agar tak kehabisan

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Tips aman beli tiket KA jelang natal-tahun baru agar tak kehabisan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 23:35 WIB

    Elshinta.com – VP Public Relations PT KAI Anne Purba mengingatkan para penumpang terkait pembelian tiket perjalanan kereta api (KA) menjelang libur Natal  2024 dan Tahun Baru 2025 termasuk kereta jarak menengah dan jauh.

    “Tiket kereta api jarak menengah atau jauh pada libur natal dan tahun baru sudah dapat dipesan H-45 sebelum keberangkatan. Masyarakat diharapkan dapat memesan tiket lebih awal melalui aplikasi KAI Access, situs resmi KAI, atau mitra penjualan resmi lainnya untuk mengantisipasi kehabisan tiket dan mendapatkan jadwal perjalanan sesuai kebutuhan,” kata Anne, di Jakarta, Selasa (17/12).

    Selaras dengan itu, PT KAI pun gencar melakukan sosialisasi terkait pembelian tiket dan informasi lainnya melalui platform media sosial resmi. Mulai dari Instagram, X atau Twitter, dan Facebook.

    “Calon penumpang disarankan untuk mengikuti akun resmi KAI @kai121 untuk mendapatkan informasi terbaru dan akurat. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses siaran pers resmi KAI di web kai.id,” kata dia lagi.

    Selain itu, PT KAI juga menawarkan pelayanan perubahan jadwal perjalanan atau reschedule bagi penumpang yang telah membeli tiket, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    “Proses reschedule dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI atau di loket stasiun,” ujar Anne pula.

    Anne mengingatkan agar masyarakat untuk mengisi identitas yang sesuai saat melakukan pembelian tiket kereta api. Cara ini dilakukan demi mencegah upaya praktik percaloan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    “KAI terus berupaya mencegah praktik percaloan dengan menerapkan sistem pembelian tiket yang terintegrasi dan hanya melalui kanal resmi. Pelanggan diharapkan hanya memesan tiket di Access by KAI atau platform pembelian tiket resmi lainnya,” ujar dia lagi.

    Selama libur natal dan tahun baru, PT KAI menyiapkan langkah-langkah strategis yang berlangsung selama 18 hari, mulai dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Salah satu hal yang difokuskan adalah pelayanan yang optimal dan keselamatan penumpang.

    Melihat tingginya antusiasme masyarakat, PT KAI akan mengoperasikan tambahan sebanyak 56 perjalanan kereta api, terdiri dari 52 KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 2 KA Jarak Jauh PSO, serta 2 KA Lokal Komersial.

    “Penambahan ini menghadirkan total 517.176 tempat duduk tambahan, mencakup 491.976 untuk KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 10.600 untuk KA Jarak Jauh PSO, serta 14.600 untuk KA Lokal Komersial,” kata Anne.

    Dari aspek keselamatan, PT KAI akan selalu memastikan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan stasiun. Pihaknya rutin melakukan pemeriksaan intensif di jalur prioritas, termasuk titik rawan bencana, agar dapat merespons dengan cepat.

    “Dengan persiapan ini, KAI berkomitmen memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025,” katanya lagi.

    Sumber : Antara

  • Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI memperkuat kolaborasi strategis dengan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café.
     
    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.
     
    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.
     

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café ini merupakan wujud nyata kolaborasi antarBUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.
    Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024, di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.
     
    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50 persen untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi Rp100 ribu.
     

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Café mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus Noorsanto.
     
    Pada saat yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul. Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.
     
    ”KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Café, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi,” ujar Ririn.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Libur Nataru, 2 Juta Tiket Kereta Api Jarak Jauh Telah Terjual

    Libur Nataru, 2 Juta Tiket Kereta Api Jarak Jauh Telah Terjual

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan 2 juta tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) telah terjual untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Jumlah tersebut berdasarkan data per Senin (23/12/2024).

    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, tempat duduk yang disediakan untuk kereta api jarak jauh mencapai 3.544.000 kursi. “Artinya, masih tersedia sekitar 1.500.000 tiket hingga 5 Januari,” ujarnya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (23/12/2024).

    PT KAI menetapkan masa angkutan Nataru selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI menambah gerbong kereta dan tenaga kerja.

    “Kami menambah 2.000 tenaga kerja, termasuk 600 petugas di 50 stasiun. Hal ini untuk memastikan pelayanan optimal selama masa libur Nataru,” kata Didiek terkait penjualan tiket kereta api jarak jauh pada libur Nataru.

    Dalam lima hari terakhir, jumlah pengguna jasa KAJJ telah mencapai 1 juta orang, dengan rata-rata 200.000 penumpang per hari dari Stasiun Pasar Senen.

    “Diperkirakan puncak lonjakan penumpang terjadi pada 24 Desember 2024, menjelang Natal, dan lonjakan kedua pada 29 Desember 2024 serta 2 Januari 2025,” jelas Didiek.

    Selain menambah kapasitas kereta, PT KAI juga menyediakan layanan customer service online untuk mempermudah penumpang.

    “Kami memastikan seluruh operasional berjalan lancar sehingga masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman selama libur Nataru,” pungkas Didiek terkait penjualan tiket kereta api jarak jauh pada libur Nataru.

  • Respons Bos KAI Soal Rencana Merger dengan INKA

    Respons Bos KAI Soal Rencana Merger dengan INKA

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI merespons rencana Menteri BUMN Erick Thohir terkait penggabungan KAI dengan PT INKA. 

    Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian BUMN terkait rencana itu. Dia juga mengklaim baru saja mendapatkan informasi tersebut. 

    “Kita ya menunggu arahan Pak Menteri, karenakan kita baru dapat info dari Pak Menteri kemarin,” kata Didiek di Kementerian BUMN, Senin (23/12/2024). 

    Didiek juga mengatakan KAI akan siap jika memang ada arahan dari pemegang saham. 

    Sebelumnya, Kementerian BUMN berencana menggabungkan atau merger PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI dan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. 

    Upaya merger tersebut ditargetkan rampung pada tahun depan. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pihaknya akan mendorong KAI dan INKA menjadi satu holding dengan KAI sebagai induk dan INKA sebagai anak usaha. 

    “Tentu kita akan dorong, prosesnya nanti kan dari Kemenkeu persetujuannya. Kalau bisa tahun depan, tapi kan tergantung paperwork-nya” kata Erick di Kementerian BUMN, Selasa (17/12/2024).  

    Adapun Erick menyebutkan penggabungan dua BUMN ini didasari oleh keterkaitan bisnis satu dengan yang lain. Kementerian BUMN masih mengkaji terkait dengan rencana tersebut.  

    Penggabungan 2 BUMN bidang transportasi rel ini merupakan bagian dari rencana perampingan jumlah BUMN. Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan perampingan jumlah perusahaan pelat merah diperkirakan bakal mencapai 30 entitas.

  • KAI hadirkan KA direct train Semarang

    KAI hadirkan KA direct train Semarang

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

    KAI hadirkan KA direct train Semarang – Jakarta PP pada libur Nataru 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 14:37 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menghadirkan layanan perjalanan kereta api langsung tanpa transit, yaitu KA Direct Train pada momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. KA ini akan beroperasi mulai Selasa, 24 Desember 2024 hingga Minggu, 5 Januari 2025.

    KA Direct Train dengan rute Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir pp menawarkan kenyamanan perjalanan langsung tanpa pemberhentian di stasiun antara, sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat dibandingkan kereta api reguler lainnya.

    “Kami menghadirkan KA Direct Train ini untuk memberikan alternatif perjalanan yang cepat, nyaman, dan efisien bagi masyarakat yang ingin merayakan momen libur akhir tahun di Jakarta maupun Semarang. Dengan waktu tempuh hanya sekitar 4 jam 52 menit, layanan ini menjadi solusi terbaik bagi para pelanggan,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.

    Sebagai pembanding, waktu tempuh kereta regular sekitar 5 jam 10 menit untuk jarak Semarang – Jakarta.

    Jadwal Perjalanan KA Direct Train

    Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir:
    Waktu tempuh: 4 jam 52 menit, berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 11.00 WIB, tiba di Stasiun Gambir pukul 15.52 WIB

    Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng:
    Waktu tempuh: 4 jam 53 menit, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 23.55 WIB, tiba di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 04.48 WIB

    Kapasitas dan Tarif

    KA Direct Train menyediakan total 560 tempat duduk, yang terdiri dari:
    •    200 tempat duduk kelas eksekutif Stainless Steel New Generation, harga mulai 520 ribu rupiah
    •    360 tempat duduk kelas ekonomi Stainless Steel New Generation, harga mulai 280 ribu rupiah

    Tiket KA Direct Train dapat dipesan mulai Jumat, 20 Desember 2024 melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal penjualan resmi KAI lainnya.

    Layanan KA Direct Train ini dioperasikan untuk memberikan pengalaman perjalanan eksklusif dan bebas hambatan bagi pelanggan. Dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan fasilitas kereta yang mewah, pelanggan dapat menikmati perjalanan nyaman untuk merayakan liburan akhir tahun bersama keluarga dan orang terkasih.

    “Kami mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dan merasakan perjalanan eksklusif menggunakan kereta api tanpa pemberhentian. Jadikan momen libur Natal dan Tahun Baru lebih seru dan berkesan bersama KAI,” tutup Franoto seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Senin (23/12). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • DPRD Surabaya Kritik Keras KAI Terkait Sengketa Lahan

    DPRD Surabaya Kritik Keras KAI Terkait Sengketa Lahan

    Surabaya (beritajatim.com) – Komisi C DPRD Surabaya melayangkan kritik tajam kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 atas dugaan pelanggaran hukum dalam penanganan sengketa lahan di Surabaya. Dalam Rapat Dengar Pendapat yang digelar Senin (23/12/2024), DPRD menyoroti tindakan sewenang-wenang yang diduga dilakukan PT KAI terhadap warga yang lahan mereka masih dalam proses hukum.

    Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Aning Rahmawati, menilai PT KAI telah mengabaikan prosedur hukum yang berlaku. Ia menyebutkan bahwa dasar hukum yang digunakan PT KAI tidak relevan dengan kasus sengketa yang terjadi.

    “PT KAI tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk melakukan eksekusi di atas lahan sengketa. Ini bertentangan dengan prinsip hukum yang berlaku,” ujar Aning.

    Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Eri Irawan, turut mengecam tindakan PT KAI yang diduga melakukan pengambilalihan paksa lahan di Jalan Penataran 7, Surabaya. Menurut Eri, PT KAI mengabaikan keputusan pengadilan dan prosedur hukum yang seharusnya dijalankan.

    “PT KAI mengabaikan prosedur hukum, termasuk keputusan pengadilan dan keterlibatan jurusita. Tidak bisa ada eksekusi tanpa putusan pengadilan yang sah,” tegas Eri.

    Ia mendesak PT KAI untuk segera memulihkan hak warga yang terdampak serta menghentikan segala bentuk intimidasi dan kekerasan. DPRD, katanya, akan mengawal kasus ini hingga tuntas.

    Imam Syafi’i, salah satu warga yang terdampak, melayangkan protes keras atas tindakan PT KAI. Ia merasa dirugikan akibat pengambilalihan lahan yang masih dalam proses hukum.

    “Kami masih dalam proses hukum, tapi PT KAI bertindak seolah-olah mereka di atas hukum. Ini jelas tindakan main hakim sendiri,” keluh Imam.

    Komisi C DPRD Surabaya memberikan tenggat waktu tiga hari kerja bagi PT KAI Daop 8 untuk berkomunikasi dengan pimpinan mereka dan melaporkan hasilnya. Jika tidak ada solusi konkret dalam waktu tersebut, DPRD berjanji akan membawa persoalan ini ke tingkat yang lebih tinggi.

    “Semua pihak harus menghormati proses hukum dan mengutamakan musyawarah sebagai solusi,” tambah Aning.

    DPRD juga menyatakan akan berkoordinasi dengan DPR RI untuk memastikan penanganan kasus ini sesuai aturan yang berlaku. “Kami akan terus mengawal kasus ini agar berjalan sesuai hukum dan tidak merugikan warga,” tutup Aning. [asg/beq]

  • Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memberikan kemudahan dalam transaksi. Kali ini BRI mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Cafe.

    Hal itu terwujud berkat kolaborasi BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI.

    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.

    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan, kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Cafe ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Agus dalam keterangannya dikutip Senin (23/12).

    “Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.

    Adapun kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Cafe Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Cafe yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto.

    Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.

    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman.

    Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Cafe yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien.

    Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50% untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Cafe mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus.

    Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul.

    Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.

    “KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Cafe, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi.” ujar Ririn.

    (inh/inh)

  • Tiket transportasi umum tidak kena PPN 12 persen

    Tiket transportasi umum tidak kena PPN 12 persen

    Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo (Kiri) dan Direktur Utama Perum DAMRI Setia N Milatia Moemin (Kanan) saat konferensi pers Kesiapan KAI dan DAMRI Jelang Natal dan Tahun Baru di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Senin (23/12/2024). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

    Dirut DAMRI: Tiket transportasi umum tidak kena PPN 12 persen
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 23 Desember 2024 – 16:45 WIB

    Elshinta.com – Direktur Utama Perum DAMRI Setia N Milatia Moemin memastikan bahwa harga tiket transportasi umum tidak terpengaruh dengan kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai Januari 2025.

    Setia menyampaikan peraturan tersebut terbit pada 21 Desember 2024, yang menyebut bahwa transportasi umum tidak terkena PPN 12 persen.

    “Jadi awalnya ada kecuali public transport, tapi ini enggak ada lagi, sekarang keterangan tertulis Nomor 3 Tahun 2024 terkait PPN 12 persen, public transport sudah tertulis tidak kena PPN, karena ini kan untuk kemaslahatan masyarakat banyak,” ujar Setia di Jakarta, Senin.

    Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, yang meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan PPN 12 persen.

    “Sudah jelas kita nggak kena sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Didiek.

    Diketahui, pemerintah menetapkan barang dan jasa yang termasuk dalam kategori premium menjadi sasaran pengenaan tarif PPN 12 persen.

    Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan empat kategori barang dan jasa premium yang terkena PPN 12 persen adalah bahan makanan premium seperti beras premium, buah-buahan premium, daging premium (contoh: wagyu dan daging kobe), ikan mahal (contoh: salmon premium dan tuna premium), serta udang dan crustacea premium (contoh: king crab).

    Kedua, jasa pendidikan premium, “Dalam hal ini, untuk yang uang sekolahnya bisa mencapai ratusan juta,” kata Menkeu.

    Ketiga, jasa pelayanan kesehatan medis premium. Terakhir, listrik pelanggan rumah tangga 3.500-6.600 VA. Kategorisasi tersebut merupakan wujud asas keadilan dari penyusunan instrumen fiskal.

    Pemerintah juga menyiapkan paket stimulus ekonomi untuk kesejahteraan yang menyasar enam aspek, di antaranya rumah tangga, pekerja, UMKM, industri padat karya, mobil listrik dan hibrida, serta properti.

    Sumber : Antara