Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • 8,6 Juta Penumpang Naik Layanan KAI Selama Libur Natal 2024 – Page 3

    8,6 Juta Penumpang Naik Layanan KAI Selama Libur Natal 2024 – Page 3

    Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan sebanyak 3.544.000 kursi kereta api (KA) jarak jauh untuk periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo di Kompleks Stasiun Yogyakarta, Selasa, menyebut sebanyak 3,5 juta kursi KA itu disiapkan selama 18 hari, mulai 19 Desember sampai 5 Januari 2025.

    “Sampai saat ini, penjualan kira-kira sudah 41 persen,” ujar Didiek.

    Dengan begitu, hingga saat ini kurang lebih sebanyak 1.453.040 tiket kereta jarak jauh telah terjual.

    Didiek mengimbau para calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan saat momen Natal dan tahun baru segera memesan tiket lewat KA Access karena hingga kini masih bisa memilih waktu dan keretan dengan leluasa.

    “Masih bisa memilih waktu dan keretanya kalau sekarang, dan harganya masih relatif belum mencapai batas atas ya,” ujar dia.

    Untuk memastikan kelancaran serta keselamatan perjalanan KA selama periode libur akhir tahun, pihaknya telah menggelar inspeksi menggunakan kereta api inspeksi (KAIS) yang berlangsung 10 sampai 12 Desember 2024.

    Inspeksi dengan KAIS tersebut menyusuri sepanjang jalur KA lintas selatan dari Jakarta ke Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Malang hingga Surabaya dan lintas utara dari Jakarta, Cirebon, Semarang, Madiun, Surabaya, sampai Banyuwangi.

    Selain itu, PT KAI bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengevaluasi operasional “direct train” atau kereta api (KA) tanpa transit rute Jakarta-Yogyakarta.

    “Kita akan coba, kita akan cek beberapa kali kalau nanti semua evaluasinya baik kita akan jadikan kereta ke Yogyakarta,” ujar Didiek.

     

  • Ketika Wamen BUMN Dapat Keluhan Soal Kebersihan Toilet di Kereta Ekonomi

    Ketika Wamen BUMN Dapat Keluhan Soal Kebersihan Toilet di Kereta Ekonomi

    Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aminuddin Ma’ruf, mendapatkan keluhan dari salah seorang penumpang kereta kelas ekonomi, terkait kebersihan toilet.

    Keluhan tersebut didapatkan Aminuddin Ma’ruf saat dirinya melakukan peninjauan kesiapan angkutan kereta periode libur Natal dan Tahun Baru di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (25/12/2024).

    Ia menceritakan, terdapat salah seorang penumpang yang menceritakan pengalamannya ketika menggunakan layanan kereta kelas ekonomi. Yang menjadi sorotan utama adalah fasilitas toilet yang disebut perlu ditingkatkan kebersihannya.

    “Kami dialog dengan penumpang, secara umum fasilitas yang dimiliki dan ditawarkan kepada penumpang sudah dirasakan secara maksimal. Hanya beberapa poin saja soal toilet,” ungkap Aminuddin di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (25/12/2024).

    “Tadi saya cek di KA Menoreh saya cek toilet sudah bersih, tetapi ada beberapa penumpang yang menyampaikan untuk kebersihan toilet ditingkatkan,” sambungnya.

    Meski demikian, Aminuddin telah mengarahkan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo beserta jajarannya, untuk fokus dalam hal kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa kereta. 

    Dirut KAI akan mengerahkan timnya untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.  Didiek memastikan akan terus meningkatkan kenyamanan pada fasilitas operasionalnya.

    Ia pun berterima kasih kepada para penumpang yang kerap memberikan masukkan atau saran untuk kenyamanan para pengguna kereta.

    “Jadi, kita terus melakukan perbaikan. Tadi masih ada penumpang yang mengeluhkan mengenai kebersihan toilet ya,” papar Didiek dalam kesempatan yang sama. 

    “Ini menjadi masukan untuk melakukan dengan konsisten,” pungkasnya dalam menanggapi kebersihan toilet di kereta ekonomi.
     

  • Libur Nataru, penumpang KA di Stasiun Tegal capai 3.000 orang

    Libur Nataru, penumpang KA di Stasiun Tegal capai 3.000 orang

    Sumber foto: Hari Nurdiansyah/elshinta.com.

    Libur Nataru, penumpang KA di Stasiun Tegal capai 3.000 orang
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 24 Desember 2024 – 20:22 WIB

    Elshinta.com – Stasiun Tegal mencatat peningkatan signifikan jumlah penumpang menjelang perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Lonjakan tersebut terutama didorong oleh meningkatnya permintaan tiket kereta api dari berbagai rute, khususnya Kereta Tegal Bahari, Argo Cirebon, Tawang Jaya, dan sejumlah kereta api tambahan yang dioperasikan khusus untuk melayani lonjakan penumpang selama masa liburan akhir tahun.

    Data yang diperoleh dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop yang mengelola Stasiun Tegal menunjukkan peningkatan jumlah penumpang mencapai 3.000 penumpang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini terpantau sejak H-6 sebelum Natal dan diperkirakan akan terus meningkat hingga puncaknya pada H-1 Natal dan Tahun Baru. Pihak KAI memperkirakan jumlah total penumpang yang melewati Stasiun Tegal selama periode liburan Natal dan Tahun Baru 2024-2025 akan mencapai 4000-5000 penumpang

    Kereta Tegal Bahari, yang menjadi salah satu rute andalan dari dan menuju Tegal, tercatat mengalami peningkatan . Hal serupa juga terjadi pada Argo Cirebon dan Tawang Jaya yang melayani rute Tegal-Jakarta dan sekitarnya. KAI telah mengantisipasi lonjakan penumpang ini dengan menambah sejumlah kereta api tambahan, baik untuk kelas ekonomi maupun eksekutif, guna memenuhi permintaan masyarakat yang ingin mudik atau berlibur selama masa liburan.

    “Peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan tingginya animo masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi utama selama liburan Natal dan Tahun Baru,” ujar kepala Statsiun tegal, M. Zul Faroki seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Hari Nurdiansyah, Selasa (24/12). 

    Lebih lanjut Kepala Statsiun Tegal  juga menerangkan bahwa jajarannya di Daov IV Stasiun Tegal sudah siap menerima para pengunjung ataupun para wisatawan yang akan melaksanakan liburannya dengan menggunakan jasa kereta

    “Kami telah menyiapkan berbagai strategi untuk memastikan kelancaran perjalanan para penumpang, mulai dari peningkatan frekuensi pembersihan kereta, penambahan petugas di stasiun, hingga pengetatan pengamanan.” ungkapnya 

    Selain peningkatan jumlah penumpang, KAI juga mencatat peningkatan penjualan tiket kereta api secara online. Hal ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk membeli tiket secara digital dan menghindari antrean panjang di stasiun. KAI pun mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi calo tiket dan hanya membeli tiket melalui saluran resmi yang telah ditentukan.

    Meskipun peningkatan jumlah penumpang memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, hal ini juga membawa tantangan tersendiri. Pihak KAI dan Pemerintah Daerah setempat bekerja sama untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di sekitar Stasiun Tegal, termasuk pengaturan parkir dan manajemen crowd control. Upaya koordinasi ini bertujuan untuk meminimalisir potensi kemacetan dan memastikan kenyamanan para penumpang.

    Kesiapsiagaan petugas di Stasiun Tegal juga ditingkatkan untuk menghadapi potensi peningkatan jumlah penumpang. Petugas keamanan dan pelayanan pelanggan dikerahkan secara optimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa kereta api. KAI juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti ruang tunggu yang nyaman, toilet yang bersih, dan akses Wi-Fi.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Okupansi Penumpang Kereta Api Stasiun Pasar Senen Capai 99 Persen Saat Natal 2024

    Okupansi Penumpang Kereta Api Stasiun Pasar Senen Capai 99 Persen Saat Natal 2024

    Jakarta, Beritasatu.com – Selama masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan total 821.972 tempat duduk. Jumlah tersebut terdiri dari 358.358 tempat duduk untuk penumpang kereta api di Stasiun Gambir dan 463.614 tempat duduk di Stasiun Pasar Senen.

    Hingga Rabu (25/12/2024), sebanyak 475.000 tiket telah terjual, atau sekitar 58 persen dari total kapasitas yang tersedia. Di Stasiun Pasar Senen sendiri, PT KAI mencatat tingkat okupansi hampir penuh, dengan 26.030 tiket terjual, setara dengan 99 persen dari kapasitas.

    “Hari ini, sebanyak 40.854 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Perinciannya, 14.824 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir (okupansi 73 persen), sementara 26.030 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen (okupansi 99 persen),” ujar Manajer Humas PT KAI Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/12/2024).

    Jumlah penumpang kereta api yang tercatat masih dapat berubah seiring dengan terus berlanjutnya penjualan tiket hingga jadwal keberangkatan. PT KAI mengimbau masyarakat untuk secara berkala memeriksa ketersediaan tiket agar dapat menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan yang diinginkan.

    Meskipun perayaan Natal jatuh pada hari ini, puncak arus mudik terjadi pada 24 Desember. Pada tanggal tersebut, total keberangkatan dari kedua stasiun mencapai angka tertinggi selama masa angkutan Nataru yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Bagi masyarakat yang masih merencanakan perjalanan selama libur Nataru, tiket untuk keberangkatan setelah tanggal 25 Desember masih tersedia dalam jumlah cukup banyak. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan tiket pada tanggal-tanggal favorit seperti 19 hingga 25 Desember.

    Sejauh ini, Stasiun Pasar Senen mencatat lonjakan penumpang kereta api yang lebih tinggi dibandingkan Stasiun Gambir. Informasi ini dapat menjadi pertimbangan bagi calon penumpang yang ingin membeli tiket.

  • 40 Ribu Lebih Tiket Kereta Api Ludes Terjual saat Hari Libur Perayaan Natal 2024 – Halaman all

    40 Ribu Lebih Tiket Kereta Api Ludes Terjual saat Hari Libur Perayaan Natal 2024 – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta menyebut jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta masih tinggi pada saat Hari Raya Natal 2024.

    Tercatat, ada lebih dari 40 ribu tiket kereta api yang sudah habiz terjual pada Rabu (25/12/2024).

    “Untuk keberangkatan hari ini, Rabu (25/12) yang berangkat sebanyak 40.854 penumpang,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Rabu.

    Dari total tiket yang terjual, Ixfan mengatakan 14.824 tiket terjual kepada penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir. Sedangkan, 26.030 sisanya berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    Ixfan melanjutkan, secara total selama Nataru 2024/2025, PT KAI menyediakan sebanyak 821.972 tempat duduk. Stasiun gambir 358.358 seat dan Pasar Senen 463.614 seat. 

    “Dari kapasitas seat/tempat duduk yang disediakan, sampai dengan hari ini Rabu (25/12) telah terjual sebanyak 475.000 tiket atau 58 persen dari kapasitas tersedia,” jelasnya.

    Meski begitu, Ixfan mengatakan jumlah tersebut masih bisa berubah karena penjualan tiket masih terbuka.

    “Bagi para calon penumpang yang masih belum memiliki tiket diharapkan dapat segera membelinya, agar tidak kehabisan tiket saat akan berangkat,” tuturnya.

    Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memprediksi sebanyak 110,6 juta orang akan melaksanakan mudik Natal dan Tahun Baru.

    Angka itu meningkan 2,83 persen daripada tahun sebelumnya.

    “Tentunya di lapangan bisa meningkat realisasinya karena memang dibandingkan tahun sebelumnya juga terjadi peningkatan kurang lebih sekitar 3 sampai atau kurang lebih 17 persen daripada hasil survei,” kata Sigit usai Rakor Pelaksanaan PAM Nataru di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2024).

    Dalam hal ini, Polri pun bersama stakeholder terkait bakal menggelar Operasi Lilin 2024 untuk melakukan pengamanan pada saat perayaan tersebut.

    “TNI-Polri dan seluruh stakeholder tentunya akan bergabung bersama dan kita jg sudah menyiapkan 2.794 Posko terdiri dari 1.852 Pos PAM, 735 Pos Pelayanan, dan 207 Pos Terpadu untuk mengamankan 61.452 obyek pengamanan, di antaranya gereja, pusat perbelanjanaan, terminal, stasiun, pelabuhan, bandara, obyek wisata, maupun obyek perayaan tahun baru,” urainya.

    Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan Operasi Lilin 2024 akan berlangsung selama 13 hari, dari 21 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.

    Sebanyak 141.605 personel gabungan serta mendirikan 2.794 posko terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

    Kadivhumas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menjelaskan Operasi Lilin bertujuan menjamin keamanan masyarakat di masa libur panjang ini. 

    “Kegiatan ini adalah upaya kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan menjalankan aktivitas, baik untuk ibadah, perjalanan mudik, maupun rekreasi,” kata Irjen Sandi saat Apel Kesiapsiagaan Divhumas Polri dalam rangka persiapan Ops Lilin 2024, Rabu (18/12/2024).

  • KAI Kerahkan 9.768 Personel Tingkatkan Keamanan Libur Natal dan Tahun Baru – Halaman all

    KAI Kerahkan 9.768 Personel Tingkatkan Keamanan Libur Natal dan Tahun Baru – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengerahkan total 9.768 personel pengamanan yang terdiri dari 8.866 personel pengamanan internal dan 902 personel pengamanan eksternal saat libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, pengamanan ketat sudah mulai dilakukan di berbagai stasiun keberangkatan dan kedatangan penumpang di Daop dan Divre. Pengamanan di stasiun melibatkan TNI-Polri hingga pengerahan anjing K9. 

    “Pengamanan dilakukan sejak calon penumpang datang ke stasiun keberangkatan hingga stasiun tujuan akhir. Dalam upaya menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI berkolaborasi dengan aparat keamanan, termasuk Polsuska, security, serta melibatkan TNI/Polri,” ujar Anne di Jakarta, Rabu (25/12/2024).

    Personel tersebut meliputi Polsuska, petugas keamanan (security), Perwira Pembina (Pabin), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babin), Pam Swakarsa, serta petugas pengamanan tambahan lainnya.

    “KAI juga menyiapkan sarana penunjang pengamanan seperti metal detector, CCTV, mobil rescue dengan peralatan evakuasi keselamatan,” tutur Anne. 

    Di depan stasiun KAI, kata Anne, pihaknya menyediakan pos pelayanan keamanan untuk membantu masyarakat. Jika ada gangguan, kendala, atau situasi lainnya yang memerlukan bantuan, masyarakat dapat langsung menghubungi petugas di pos tersebut.

    “Selain itu, kami juga menerjunkan tim K9 untuk meningkatkan keamanan di stasiun, memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama,” jelas Anne.

    Anne menyampaikan bahwa anjing pelacak K9 dikerahkan di beberapa stasiun kereta api untuk mendukung keamanan, khususnya dalam mengantisipasi potensi adanya barang terlarang yang dibawa oleh penumpang.

    “Langkah ini dilakukan untuk memastikan keamanan bersama, sekaligus mencegah adanya pihak yang memanfaatkan situasi padatnya penumpang untuk melakukan tindakan melanggar hukum, seperti penyelundupan narkoba,” ujarnya.

    Selain itu, dia menjelaskan bahwa penggunaan anjing pelacak K9 di stasiun bersifat mobile, sehingga pengawasan tidak hanya terfokus pada satu titik, tetapi mencakup berbagai area di sekitar stasiun.

    “Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik di area stasiun maupun sepanjang jalur kereta. Khususnya di musim hujan dan masa Nataru ini, pengawasan dan pemantauan dilakukan lebih intensif di titik-titik yang rawan untuk memastikan perjalanan kereta tetap aman, nyaman dan lancar,” tukas Anne.

  • Tabrakan Kereta Bandung Raya dan KA Turangga, 3 Orang Tewas

    Tabrakan Kereta Bandung Raya dan KA Turangga, 3 Orang Tewas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kecelakaan tragis terjadi antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024) lalu. Insiden yang terjadi hampir satu tahun yang lalu ini berlangsung di kilometer 181+700, petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka, tepatnya pada pukul 06.03 WIB. Kejadian tersebut mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan 28 lainnya luka-luka.

    Kronologi Kejadian

    Pada pagi itu, Commuterline Bandung Raya sudah berjalan pelan karena mau bersiap berhenti di Stasiun Cicalengka, namun dari arah berlawanan dan di petak jalan yang sama KA Turangga dengan kecepatan tinggi datang dari Stasiun Cicalengka. Tabrakan pun tak terhindarkan.

    Sebanyak tiga gerbong dari Commuterline Bandung Raya anjlok, sementara delapan gerbong KA Turangga mengalami nasib serupa. Evakuasi korban segera dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama KNKT, TNI/Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, dan berbagai pihak lain yang terkait.

    Akibat dari adanya insiden tersebut, jalur ditutup sementara dan sejumlah perjalanan dialihkan oleh PT KAI Persero.

    “Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

    Korban dan Penanganan

    Dilaporkan oleh Kabid Humas Polda Jabar, Ibrahim Tompo, korban yang meninggal dunia dalam kejadian ini yakni Julian Dwi Setiono, Masinis KA Commuterline; Ponisan, Asisten Masinis KA Commuterline; dan Andrian, pramugara KA Turangga yang masih berusia 22 tahun.

    Sementara itu, 28 penumpang yang mengalami luka-luka telah dibawa ke RSUD Cicalengka untuk mendapatkan perawatan. Sebagian dari mereka sudah diperbolehkan pulang.

    Ibrahim mengungkapkan kapasitas KA Turangga ialah sebanyak 287 penumpang. Sementara kapasitas KRD sebanyak 191 penumpang.

    Upaya Penanganan

    Merespons kejadian tersebut, PT KAI segera mengupayakan perbaikan jalur rel dan evakuasi kereta yang anjlok. Pada saat itu, jalur rel antara Haurpugur dan Cicalengka tidak dapat dilalui. Kereta-kereta yang seharusnya melintas di jalur tersebut dialihkan melalui rute lain. Jalur utara melalui Cikampek dan Cirebon menjadi alternatif utama untuk kereta jarak jauh.

    “Memang dampak dari kejadian ini, jalur yang kereta api menuju selatan dari Bandung melewati Majalengka, kemudian Tasikmalaya, kemudian sampai ke Banjar dan Kroya karena kejadian ini, maka jalur tersebut belum bisa dilalui,” ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (05/01/2024).

    “Kereta yang seharusnya menuju jalur-jalur lokasi kecelakaan terpaksa harus memutar. Tetap ujungnya menuju Kroya dan seterusnya, tapi melewati jalur utara dari Bandung memutar dulu ke Cikampek ke Cirebon, nanti ke Kroya,” sambungnya.

    Selain itu, PT KAI menyediakan layanan refund 100% bagi penumpang yang memutuskan untuk membatalkan perjalanan. Posko pelayanan darurat juga telah didirikan di Stasiun Bandung untuk memberikan bantuan kepada penumpang.

    “Jadi kita sudah membuka refund di 1 stasiun, terutama karena ini dekat dengan Stasiun Bandung, sudah hampir masuk Stasiun Bandung, 14 menit lagi sampai Bandung, dan untuk posko pelayanan termasuk refund tiket sudah kita buka di Stasiun Bandung dan masyarakat bisa mengontak di KAI 121 atau by phone 021 121 untuk menanyakan update kejadian ini atau media sosial kita KAI 121,” jelasnya.

    “Bagi masyarakat yang ingin membatalkan perjalanannya, tentu ada pengembalian dana 100% kepada masyarakat dari KAI,” lanjutnya.

    Hasil Investigasi KNKT Terkait Penyebab Tabrakan KA Turangga Vs CL Bandung Raya

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan hasil investigasi kasus kecelakaan KA 350 CL Bandung raya – KA 65A Turangga yang terjadi pada Jumat, 5 Januari 2024 lalu.

    KNKT merilis detik-detik kronologi kecelakaan berawal saat KA 350 CL bandung Raya berangkat dari Stasiun Rancaekek menuju Stasiun Haurpugur pada pukul 05.41 WIB tanggal 5 Januari 2024. Pada pukul 05.46 WIB, terdapat KA 65A Turangga melintas langsung Stasiun Nagreg menuju Stasiun Cicalengka.

    Pada pukul 05.51 WIB, KA 350 CL Bandung Raya datang dan berhenti di jalur II Stasiun Haurpugur dan kemudian diberangkatkan kembali pada pukul 05.56 WIB ke Stasiun Cicalengka. Pada pukul 05.59 WIB, KA 65A Turangga melintas langsung Stasiun Cicalengka menuju Stasiun Haurpugur. Terjadi tabrakan antara KA 350 CL Bandung Raya dengan KA 65A Turangga di KM 181+700 petak jalan Stasiun Cicalengka-Stasiun Haurpugur.

    Plt. Kasubkom IK Perkeretaapian KNKT Gusnaedi Rachmanas mengatakan dari hasil investigasi kecelakaan tersebut murni karena masalah persinyalan. Detailnya, adanya sinyal yang dikirim sistem interface tanpa perintah peralatan persinyalan blok mekanik (Uncommanded Signal) Stasiun Cicalengka yang tidak terproses sistem blok elektrik di Stasiun Haurpugur.

    Dia mengatakan berdasarkan rekaman event data logger persinyalan elektrik Stasiun Haurpugur, saat sebelum kecelakaan muncul uncommanded signal (sinyal yang tidak diperintah) berupa pemberian “blok aman” ke arah Stasiun Cicalengka saat sedang berlangsung proses pemberian “warta masuk” KA 121 Malabar di Stasiun Haurpugur dari arah Stasiun Cicalengka.

    “Uncommanded signal tersebut terproses oleh persinyalan elektrik Stasiun Haurpugur kemudian ditampilkan pada layar monitor Stasiun Haurpugur berupa tanda panah kuning ke arah Stasiun Cicalengka yang mengindikasikan bahwa petak jalan ke arah Stasiun Cicalengka aman untuk dilalui KA,” ujarnya saat Konferensi Pers di Kantor KNKT, Jakarta, Jumat (16/2/2024).

    Gusnaedi menyebutkan simpulan dari kecelakaan ini terjadi akibat adanya sinyal yang dikirim sistem interface tanpa perintah peralatan persinyalan blok mekanik (uncommanded signal) Stasiun Cicalengka yang terproses oleh sistem persinyalan blok elektrik Stasiun Haurpugur.

    “Uncommanded signal tersebut kemudian ditampilkan pada layar monitor Stasiun Haurpugur sebagai indikasi seolah-olah telah diberi “Blok Aman” oleh Stasiun Cicalengka. Hal ini berdampak pada proses pengambilan keputusan selanjutnya untuk pelayanan KA dari masing-masing stasiun,” tambahnya.

    Terjadinya complacency terhadap masing-masing sistem persinyalan dan confirmation bias mempengaruhi proses pengambilan keputusan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Cicalengka dan PPKA Stasiun Haurpugur untuk memberangkatkan KA dari masing-masing stasiun. Peraturan Dinas Pelayanan Setempat (PDPS) baik di Stasiun Haurpugur maupun Stasiun Cicalengka tidak mengakomodir komunikasi antara persinyalan elektrik dengan mekanik.

    “Sehingga SOP di kedua stasiun tersebut tidak mewakili keadaan yang sebenarnya. Anomali berupa uncommanded signal yang sebelumnya telah terekam beberapa kali tidak tercatat sebagai gangguan persinyalan sehingga permasalahan tersebut tidak terdeteksi lebih awal,” tandasnya.

    (ayh/ayh)

  • Tips Aman Beli Tiket Kereta Api Jelang Natal dan Tahun Baru agar Tak Kehabisan

    Tips Aman Beli Tiket Kereta Api Jelang Natal dan Tahun Baru agar Tak Kehabisan

    JAKARTA – VP Public Relations KAI Anne Purba mengingatkan para penumpang terkait pembelian tiket perjalanan kereta api menjelang libur Natal dan Tahun Baru, yang termasuk kereta jarang menengan dan jauh.

    “Tiket kereta api jarak menengah atau jauh pada libur nataru sudah dapat dipesan H-45 sebelum keberangkatan. Masyarakat diharapkan dapat memesan tiket lebih awal melalui aplikasi KAI Access, situs resmi KAI, atau mitra penjualan resmi lainnya untuk mengantisipasi kehabisan tiket dan mendapatkan jadwal perjalanan sesuai kebutuhan,” jelas Anne, Selasa 24 Desember.

    Selaras dengan itu, PT KAI pun gencar melakukan sosialisasi terkait pembelian tiket dan informasi lainnya melalui platform media sosial resmi. Mulai dari Instagram, X atau Twitter, dan Facebook.

    “Calon penumpang disarankan untuk mengikuti akun resmi KAI @kai121 untuk mendapatkan informasi terbaru dan akurat. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses siaran pers resmi KAI di web kai.id,” terang dia.

    Selain itu, PT KAI juga menawarkan pelayanan perubahan jadwal perjalanan atau reschedule bagi penumpang yang telah membeli tiket, sesuai dengan starat dan ketentuan yang berlaku.

    “Proses reschedule dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI atau di loket stasiun,” sambung Anne.

    Anne mengingatkan agar masyarakat untuk mengisi identitas yang sesuai saat melakukan pembelian tiket kereta api. Cara ini dilakukan demi mencegah upaya praktik percaloan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    “KAI terus berupaya mencegah praktik percaloan dengan menerapkan sistem pembelian tiket yang terintegrasi dan hanya melalui kanal resmi. Pelanggan diharapkan hanya memesan tiket di Access by KAI atau platform pembelian tiket resmi lainnya,” terang dia.

    Selama libur nataru, PT KAI menyiapkan langkah-langkah strategis yang belangsung selama 18 hari, mulai dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Salah satu hal yang difokuskan adalah pelayanan yang optimal dan keselamatan penumpang.

    Melihat tingginya antusiasme masyarakat, PT KAI akan mengoperasikan tambahan sebanyak 56 perjalanan kereta api. Itu terdiri dari 52 KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 2 KA Jarak Jauh PSO, serta 2 KA Lokal Komersial.

    “Penambahan ini menghadirkan total 517.176 tempat duduk tambahan, mencakup 491.976 untuk KA Jarak Menengah dan Jauh kelas Komersial, 10.600 untuk KA Jarak Jauh PSO, serta 14.600 untuk KA Lokal Komersial,” beber Anne.

    Dari aspek keselamatan, PT KAI akan selalu memastikan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan stasiun. Pihaknya rutin melakukan pemeriksaan intensif di jalur prioritas, termasuk titik rawan bencana, agar dapat merespons dengan cepat.

    “Dengan persiapan ini, KAI berkomitmen memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025,” tuturnya.

  • Erick Thohir Ungkap Sejumlah Rencana Merger untuk Rampingkan Jumlah BUMN Jadi 30 Perusahaan

    Erick Thohir Ungkap Sejumlah Rencana Merger untuk Rampingkan Jumlah BUMN Jadi 30 Perusahaan

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong untuk memperkecil jumlah perusahaan-perusahaan pelat merah melalui merger. Nantinya perusahaan milik negara tersebut hanya akan ada sebanyak 30 perusahaan saja.

    Upaya merger atau penggabungan oleh Kementerian BUMN ditujukan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak pada sektor yang sama.

    Menteri BUMN Erick mengungkapkan, yang saat ini sedang dilakukan proses penggabungan atau holding, yakni BUMN sektor karya atau konstruksi, pelabuhan dan layanan angkutan penyeberangan, serta sektor kereta api.

    Untuk sektor kereta api, nantinya PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan merger dengan PT Industri Kereta Api (INKA).

    Kemudian, untuk BUMN sektor pelabuhan serta layanan transportasi penyeberangan laut yang akan dimerger adalah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Pelayaran Indonesia (Pelni), dan PT ASDP Indonesia Ferry.

    Sementara, untuk BUMN sektor karya atau konstruksi saat ini terdapat 7 korporasi. Rencananya, Kementerian BUMN bakal melakukan peleburan, dan hanya menjadikan 3 klaster perusahaan saja.

    Sebanyak 7 perusahaan BUMN karya yang dimaksud adalah PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero), PT PP (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

    “Saya kemarin dengan Pak Wakil Menteri sudah diskusi, mungkin ada 45 program yang akan kita dorong untuk 5 tahun ke depan, termasuk bagaimana konsolidasi dari 47 perusahaan ke 30 (perusahaan) itu,” ungkap Erick Thohir saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (24/12/2024).

    “Salah satunya yang tadi itu Kereta Api-INKA, ini semua perlu kajian dan prosesnya juga. Tapi arahnya ya ke 30,” sambungnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir menjelaskan progres rencana merger sejumlah BUMN saat ini.

    Untuk perusahaan sektor karya, saat ini Erick Thohir terus menjalin komunikasi dengan menteri pekerjaan umum. Hal ini dilakukan antara kedua kementerian, karena beberapa BUMN Karya memiliki penugasan dari Pemerintah dalam pembangunan sejumlah proyek.

    Begitu juga halnya dengan proses merger BUMN sektor transportasi laut dan pelabuhan.

    Kementerian BUMN terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), agar aksi korporasi merger dapat meningkatkan layanan transportasi khususnya penyeberangan.

    “Kalau Pelindo, Pelni, ASDP kita sudah sounding juga ke menteri perhubungan, beliau mendukung, karena ini bagian solusi juga,” ungkap Erick Thohir.

    “Terus kajian untuk BUMN karya, kemarin kan surat pertama tentu dari zamannya Pak Basuki, sekarang beda menteri, kajiannya harus diulang supaya memang secara hukum bisa pas gitu,” pungkasnya Erick dalam menanggapi rencana merger BUMN.

  • Menko AHY dan Menhub Resmikan Stasiun Kereta Cepat Karawang, Segini Harga Tiketnya – Page 3

    Menko AHY dan Menhub Resmikan Stasiun Kereta Cepat Karawang, Segini Harga Tiketnya – Page 3

    Stasiun kereta cepat Whoosh di Karawang resmi melayani penumpang, hari ini Selasa (24/12/2024). Pengoperasian Stasiun Karawang ini diharapkan membantu pencapaian target harian penumpang Whoosh yang masih di bawah rata-rata.

    “Kami menyambut baik pengoperasian Stasiun Karawang yang sempat tertunda karena akses pendukungnya belum siap. Kami berharap pengoperasian Stasiun Karawang untuk kereta cepat ini membantu mendongkrak jumlah penumpang Whoosh yang masih di bawah target harian,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syaiful Huda, Selasa (24/12/2024).

    Untuk diketahui kereta cepat whoosh dirancang mempunyai empat stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegal Luar. Kendati demikian sejak resmi beroperasi pada 17 Oktober 2024, hanya tiga stasiun yakni Halim, Padalarang, dan Tegal Luar yang beroperasi. Sedangkan Stasiun Karawang belum difungsikan melayani penumpang karena keterbatasan akses jalan menuju lokasi stasiun.

    Huda mengatakan target penumpang kereta cepat ulang alik Bandung-Jakarta dipatok di angka 29.000-31.000 orang per hari. Kenyataannya rata-rata penumpang harian Kereta Whoosh hingga hari ini berada di kisaran 18.000-19.000 orang. “Meskipun trennya saat ini terus naik namun masih jauh di bawah target yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga hal ini berpengaruh pada efektifitas operasional kereta cepat whoosh,” ujarnya.

    Beroperasinya Stasiun Karawang, kata Huda, diproyeksikan akan menambah jumlah penumpang harian dari Whoosh. Berdasarkan studi dari Universitas Indonesia yang menjadi rujukan PT KAI akan ada penambahan penumpang di kisaran 3.000-4.000 orang jika Stasiun Karawang benar-benar beroperasi.

    “Tentu jumlah yang cukup lumayan jika benar-benar terwujud,” katanya.