Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Kisah Aura Rahmi, Masinis Perempuan yang Mahir Operasikan Kereta Otomatis

    Kisah Aura Rahmi, Masinis Perempuan yang Mahir Operasikan Kereta Otomatis

    Jakarta: Aura Rahmi Ramadana, sosok perempuan yang sukses mendobrak stereotipe gender. Bukan tanpa sebab pastinya, itu karena dirinya mahir dalam mengendalikan rangkaian kereta listrik LRT Jabodebek.
     
    Meski harus melalui berbagai tantangan kala meniti karier dalam profesi yang didominasi oleh laki-laki, Aura tak memadamkan mimpinya untuk menjadi seorang pengemudi kereta api atau masinis.
     
    “Bagi saya, menjadi masinis bukan sekadar karier, melainkan bentuk pelayanan untuk masyarakat, dan itu memberikan makna mendalam dalam hidup saya,” ucap Aura Rahmi Ramadana memaknai profesinya sebagai seorang masinis, mengutip kisahnya yang disiarkan secara tertulis, Kamis, 26 Desember 2024.
     
    Perjalanan yang ditempuh Aura dalam meraih mimpinya tak terlepas dari kebijakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang memberi ruang bagi para perempuan Indonesia untuk meniti karier sebagai seorang masinis.
     
    Aura ingin membagikan pengalamannya guna menjadi inspirasi bagi para masyarakat, terutama perempuan di luar sana, yang bermimpi untuk menjadi seorang masinis.
     
    Berlatih hingga ke Negeri Jiran
     
    Putri Baturaja, Sumatra Selatan ini mengisahkan awal mula dirinya meniti karier sebagai seorang masinis. Ia mengaku menjalani proses yang cukup panjang dan menantang, dimulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, hingga wawancara.
     
    Setelah dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari insan perkeretaapian, Aura pun mengikuti pelatihan intensif yang mencakup teori, praktik langsung di lapangan, dan simulasi pengoperasian kereta.
     
    Pelatihan tersebut tak hanya ia jalani di Indonesia, tetapi hingga bertandang ke Malaysia untuk belajar tentang cara pengoperasian kereta.
     
    Adapun sejumlah pelatihan yang telah Aura lalui, meliputi pelatihan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama dengan penggerak listrik (0.61) di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian Bekasi; kecakapan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama (0.62) di LRT Sumatra Selatan; serta pelatihan awak sarana perkeretaapian otomatis (Professional Metro Train Driver) di Prasana Malaysia Berhad.
     
    Aura juga menjalani pelatihan Diklat SOP Train Attendant Sistem Grade of Automation (GoA) 3 Divisi LRT Jabodebek. Berbagai proses tersebut ia lalui dengan penuh kesungguhan dan dedikasi, hingga berhasil mengantongi sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Otomatis (2023-2027) setelah dinyatakan lulus uji sertifikasi.
     
    “Setelah dinyatakan lulus, saya resmi diangkat menjadi masinis muda,” ucap dia.
     
    Berbagai pelatihan tersebut juga membekali Aura dengan keahlian untuk mengoperasikan LRT Jabodebek berbasis sistem otomatis dan manual, keselamatan operasional dan penanganan situasi darurat, serta memahami standar pelayanan transportasi publik.
     
    Jerih payahnya dalam meraih mimpi pun terbayarkan. Aura menerima berbagai fasilitas yang diberikan oleh KAI, meliputi gaji, tunjangan kesehatan, asuransi, dan program kesejahteraan lainnya.
     
    Aura merasa seluruh fasilitas yang ia terima merupakan bentuk penghargaan atas tanggung jawab besar yang diemban oleh para masinis. Ia termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dan fokus pada tanggung jawabnya sebagai seorang masinis.
     
    Kini, Aura bertugas sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek yang menggunakan teknologi otomatis (driverless). Meski kereta ini berbasis otomatis, peran masinis tetap penting dalam memantau dan memastikan kelancaran perjalanan serta keamanan penumpang.
     

     

    Transformasi transportasi publik
     
    Walaupun menjadi masinis tak lagi sebatas bunga tidur bagi Aura, ia tetap tak letih mengasah ilmu dan terus belajar. Aura tak kehabisan batu lompatan setelah berhasil mewujudkan cita-citanya.
     
    Merujuk kembali kepada bagaimana Aura memaknai profesi masinis sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat, Srikandi kelahiran 1998 ini mengarahkan anak panahnya pada target yang baru.
     
    Ia membidik pengembangan pemanfaatan teknologi dalam transformasi transportasi publik, wabilkhusus perkeretaapian, untuk menjadi langkah selanjutnya.
     
    Harapan yang kini menjadi kompas dalam perjalanan kariernya adalah meningkatkan keahlian dalam pengoperasian kereta berbasis teknologi canggih. Ia berkomitmen untuk mendalami sistem kereta otomatis (driverless) guna mendukung peningkatan efisiensi dan keamanan di dunia perkeretaapian.
     
    Dengan demikian, Aura berharap bisa berkontribusi secara langsung dalam pengembangan moda transportasi serupa di masa depan.
     
    Tak hanya itu, ia juga ingin menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuannya kepada generasi muda, terutama perempuan, agar semakin banyak yang tertarik untuk berkarier di bidang transportasi publik, khususnya perkeretaapian.
     
    Aura berpesan kepada para perempuan agar tidak takut bermimpi besar, meski apa yang diimpikan dianggap tidak umum bagi perempuan.
     
    Ia sendiri membuktikan ucapan tersebut melalui keberhasilannya dalam meraih mimpi untuk menjadi seorang masinis. Menurut dia, capaiannya menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa berperan besar, khususnya dalam bidang kemajuan dunia transportasi.
     
    Kunci dari keberhasilannya adalah keyakinan pada diri sendiri, kegigihan untuk terus belajar, dan komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.
     
    Aura meyakini melalui kariernya sebagai seorang masinis, ia dapat membantu mobilitas banyak orang, baik untuk pekerjaan, pendidikan, hingga menjaga terjalinnya tali silaturahmi antaranggota keluarga yang terpisah oleh jarak.
     
    Dalam mengemban tanggung jawab dan menjalankan tugasnya, Aura berpegang teguh pada komitmen untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan mereka dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.
     
    “Melalui pekerjaan ini, saya dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat,” ucap Aura.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Cihuy! LRT Jabodebek Operasi Sampai Tengah Malam di Pergantian Tahun

    Cihuy! LRT Jabodebek Operasi Sampai Tengah Malam di Pergantian Tahun

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memutuskan untuk memperpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian tahun baru 31 Desember 2024. Hal ini guna memastikan kebutuhan mobilitas masyarakat dapat terpenuhi.

    Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi mengatakan terdapat 384 perjalanan LRT Jabodebek yang disiapkan. Penyesuaian jadwal operasional ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun tanpa harus menghadapi kemacetan.

    “Perpanjangan jam operasional ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bermobilisasi di malam pergantian tahun. Mengingat animo masyarakat merayakan momen pergantian tahun yang membuat potensi terjadinya kemacetan, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum seperti LRT Jabodebek agar perjalanan mereka lebih nyaman, aman dan lancar,” kata Purnomosidi dalam keterangan resmi, Kamis (26/12/2024).

    Berikut jadwal keberangkatan LRT Jabodebek pada 31 Desember 2024:

    Keberangkatan Pertama:

    * Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 05.30 WIB
    * Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 06.22 WIB
    * Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 05.22 WIB
    * Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 06.17 WIB

    Keberangkatan Terakhir:
    * Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 00.48 WIB
    * Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 01.40 WIB
    * Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 00.38 WIB
    * Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 01.33 WIB

    Selain itu, KAI masih menerapkan tarif perjalanan normal yakni tarif maksimal Rp 10.000 pada off peak hour dan Rp 20.000 pada peak hour. Adapun waktu peak hour yakni pada pukul 06.00 s.d. 08.59 WIB dan 16.00 s.d. 19.59 WIB, selebihnya akan berlaku tarif off peak hour.

    “Dengan kebijakan ini, KAI terus berkomitmen menghadirkan layanan mobilitas yang andal bagi masyarakat. KAI berharap layanan ini dapat mendukung kemeriahan perayaan tahun baru, menjadikannya lebih seru dan berkesan,” pungkasnya.

    (kil/kil)

  • Hari H Natal, Daop 4 Semarang kedatangan 26 ribu penumpang dari berbagai daerah

    Hari H Natal, Daop 4 Semarang kedatangan 26 ribu penumpang dari berbagai daerah

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

    Hari H Natal, Daop 4 Semarang kedatangan 26 ribu penumpang dari berbagai daerah
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 26 Desember 2024 – 17:06 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mencatat sebanyak 26.637 penumpang yang datang atau tiba dari berbagai daerah ke stasiun wilayah Daop 4 Semarang pada Rabu, 25 Desember 2024, bertepatan dengan hari raya Natal 2024.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa jumlah penumpang pada hari tersebut merupakan yang tertiingi selama 7 hari masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) yang dimulai pada Kamis, 19 Desember 2024 hingga Rabu, 25 Desember 2024.

    “Penumpang pada tanggal 25 Desember 2024, didominasi oleh penumpang jarak jauh seperti dari Jakarta dan Surabaya, serta penumpang lokal baik dari dan menuju Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Grobogan maupun Cepu,” ungkapnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Kamis (26/12). 

    Kedatangan penumpang tertinggi pada hari tersebut terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 8.225 penumpang, Stasiun Semarang Poncol 5.355 penumpang, Stasiun Tegal 4.215 penumpang, Stasiun Pekalongan 2.916 penumpang, Stasiun Pemalang 1.456 penumpang, Stasiun Cepu 1.241 penumpang dan Stasiun Ngrombo 993 penumpang.

    Sementara itu, untuk jumlah keberangkatan penumpang pada 25 Desember 2025 tercatat ada sebanyak 21.587 penumpang. Dengan sebaran penumpang tertinggi terjadi di Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 6.491 penumpang, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng 6.212 penumpang, Stasiun Tegal 2.553 penumpang, Stasiun Pekalongan 1.874 penumpang, Stasiun Cepu 859 penumpang, Stasiun Ngrombo 854 penumpang dan Stasiun Pemalang 831 penumpang.

    Sedangkan untuk kumulatif penumpang selama 7 hari masa Nataru, pada 19 hingga 25 Desember terdapat sebanyak 157.026 penumpang atau rata-rata 22.432 penumpang per hari yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 4 Semarang, dan terdapat 160.731 penumpang atau rata-rata 22.962 penumpang per hari yang tiba atau turun di stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

    Hingga Kamis, 26 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, tercatat sebanyak 260.084 penumpang telah memesan tiket kereta api di wilayah Daop 4 Semarang untuk masa Angkutan Nataru yang berlangsung hingga 5 Januari 2025. Dari total kapasitas 444.605 tempat duduk yang disediakan, tingkat keterisian mencapai sekitar 58 persen.

    Tren penjualan tiket masih terus meningkat. Kami mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dengan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi penjualan KAI lainnya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Aura Rahmi, masinis perempuan yang mahir operasikan kereta otomatis

    Aura Rahmi, masinis perempuan yang mahir operasikan kereta otomatis

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Aura Rahmi, masinis perempuan yang mahir operasikan kereta otomatis
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 26 Desember 2024 – 19:57 WIB

    Elshinta.com – Acapkali perempuan pendobrak stereotipe gender disandingkan dengan Srikandi, tokoh perempuan dalam epos Mahabharata yang lekat dengan nilai-nilai emansipasi wanita.

    Apabila India memiliki Srikandi yang piawai dalam olah panah, maka Indonesia memiliki Aura Rahmi Ramadana yang mahir dalam mengendalikan “ular besi”,  yakni rangkaian kereta listrik LRT Jabodebek.

    Meski harus melalui berbagai tantangan kala meniti karier dalam profesi yang didominasi oleh laki-laki, Aura tak memadamkan mimpinya untuk menjadi seorang pengemudi kereta api atau masinis.

    “Bagi saya, menjadi masinis bukan sekadar karier, melainkan bentuk pelayanan untuk masyarakat, dan itu memberikan makna mendalam dalam hidup saya,” demikian Aura Rahmi Ramadana memaknai profesinya sebagai seorang masinis.

    Perjalanan yang ditempuh oleh Aura dalam meraih mimpinya tak terlepas dari kebijakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang memberi ruang bagi para perempuan Indonesia untuk meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aura ingin membagikan pengalamannya guna menjadi inspirasi bagi para masyarakat, terutama perempuan di luar sana, yang bermimpi untuk menjadi seorang masinis.

    Berlatih hingga ke Negeri Jiran

    Putri Baturaja, Sumatera Selatan, ini mengisahkan awal mula dirinya meniti karier sebagai seorang masinis. Ia mengaku menjalani proses yang cukup panjang dan menantang, dimulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, hingga wawancara.

    Setelah dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari insan perkeretaapian, Aura pun mengikuti pelatihan intensif yang mencakup teori, praktik langsung di lapangan, dan simulasi pengoperasian kereta.

    Pelatihan tersebut tak hanya ia jalani di Indonesia, tetapi hingga bertandang ke Malaysia untuk belajar tentang cara pengoperasian kereta.

    Adapun sejumlah pelatihan yang telah Aura lalui, meliputi pelatihan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama dengan penggerak listrik (0.61) di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian Bekasi; kecakapan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama (0.62) di LRT Sumatera Selatan; serta pelatihan awak sarana perkeretaapian otomatis (Professional Metro Train Driver) di Prasana Malaysia Berhad.

    Aura juga menjalani pelatihan Diklat SOP Train Attendant Sistem Grade of Automation (GoA) 3 Divisi LRT Jabodebek.

    Berbagai proses tersebut ia lalui dengan penuh kesungguhan dan dedikasi, hingga berhasil mengantongi sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Otomatis (2023–2027) setelah dinyatakan lulus uji sertifikasi.

    “Setelah dinyatakan lulus, saya resmi diangkat menjadi masinis muda,” ucap dia.

    Berbagai pelatihan tersebut juga membekali Aura dengan keahlian untuk mengoperasikan LRT Jabodebek berbasis sistem otomatis dan manual, keselamatan operasional dan penanganan situasi darurat, serta memahami standar pelayanan transportasi publik.

    Jerih payahnya dalam meraih mimpi pun terbayarkan. Aura menerima berbagai fasilitas yang diberikan oleh KAI, meliputi gaji, tunjangan kesehatan, asuransi, dan program kesejahteraan lainnya.

    Aura merasa seluruh fasilitas yang ia terima merupakan bentuk penghargaan atas tanggung jawab besar yang diemban oleh para masinis. Ia termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dan fokus pada tanggung jawabnya sebagai seorang masinis.

    Kini, Aura bertugas sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek yang menggunakan teknologi otomatis (driverless). Meski kereta ini berbasis otomatis, peran masinis tetap penting dalam memantau dan memastikan kelancaran perjalanan serta keamanan penumpang.

    Transformasi transportasi publik

    Walaupun menjadi masinis tak lagi sebatas bunga tidur bagi Aura, ia tetap tak letih mengasah ilmu dan terus belajar. Aura tak kehabisan batu lompatan setelah berhasil mewujudkan cita-citanya.

    Merujuk kembali kepada bagaimana Aura memaknai profesi masinis sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat, Srikandi kelahiran 1998 ini mengarahkan anak panahnya pada target yang baru.

    Ia membidik pengembangan pemanfaatan teknologi dalam transformasi transportasi publik, khususnya perkeretaapian, untuk menjadi langkah lanjutannya.

    Harapan yang kini menjadi kompas dalam perjalanan kariernya adalah meningkatkan keahlian dalam pengoperasian kereta berbasis teknologi canggih. Ia berkomitmen untuk mendalami sistem kereta otomatis (driverless) guna mendukung peningkatan efisiensi dan keamanan di dunia perkeretaapian.

    Dengan demikian, Aura berharap bisa berkontribusi secara langsung dalam pengembangan moda transportasi serupa di masa depan.

    Tak hanya itu, ia juga ingin menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuannya kepada generasi muda, terutama perempuan, agar semakin banyak yang tertarik untuk berkarier di bidang transportasi publik, khususnya perkeretaapian.

    Aura berpesan kepada para perempuan agar tidak takut bermimpi besar, meski apa yang diimpikan dianggap tidak umum bagi perempuan.

    Ia sendiri membuktikan ucapan tersebut melalui keberhasilannya dalam meraih mimpi untuk menjadi seorang masinis. Menurut dia, capaiannya menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa berperan besar, khususnya dalam bidang kemajuan dunia transportasi.

    Kunci dari keberhasilannya adalah keyakinan pada diri sendiri, kegigihan untuk terus belajar, dan komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

    Aura meyakini bahwa melalui kariernya sebagai seorang masinis, ia dapat membantu mobilitas banyak orang, baik untuk pekerjaan, pendidikan, hingga menjaga terjalinnya tali silaturahmi antaranggota keluarga yang terpisah oleh jarak.

    Dalam mengemban tanggung jawab dan menjalankan tugasnya, Aura berpegang teguh pada komitmen untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan mereka dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

    “Melalui pekerjaan ini, saya dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat,” ucap Aura.

    Sumber : Antara

  • KAI Daop Semarang Kedatangan 26.000 Penumpang Pada Libur Natal

    KAI Daop Semarang Kedatangan 26.000 Penumpang Pada Libur Natal

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, Jawa Tengah, mencatat sebanyak 26.637 penumpang yang datang atau tiba dari berbagai daerah ke stasiun wilayah Daop 4 Semarang pada tanggal 25 Desember 2024, bertepatan dengan hari raya Natal 2024.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, di Semarang, Kamis, menyampaikan bahwa jumlah penumpang pada hari tersebut merupakan yang tertinggi selama tujuh hari masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yang dimulai Kamis (19/12/2024).

    “Penumpang pada tanggal 25 Desember 2024, didominasi oleh penumpang jarak jauh seperti dari Jakarta dan Surabaya, serta penumpang lokal baik dari dan menuju Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Grobogan maupun Cepu,” katanya.

    Ia menyebutkan kedatangan penumpang tertinggi pada hari tersebut terjadi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 8.225 penumpang, Stasiun Semarang Poncol 5.355 penumpang, Stasiun Tegal 4.215 penumpang.

    Kemudian, Stasiun Pekalongan 2.916 penumpang, Stasiun Pemalang 1.456 penumpang, Stasiun Cepu 1.241 penumpang, dan Stasiun Ngrombo 993 penumpang.

    Sementara untuk jumlah keberangkatan penumpang pada 25 Desember 2025 tercatat ada sebanyak 21.587 penumpang, dengan sebaran penumpang tertinggi  terjadi di Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 6.491 penumpang, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng 6.212 penumpang.

    Lalu, Stasiun Tegal 2.553 penumpang, Stasiun Pekalongan 1.874 penumpang, Stasiun Cepu 859 penumpang, Stasiun Ngrombo 854 penumpang dan Stasiun Pemalang 831 penumpang.

    Untuk tingkat keterisian penumpang secara kumulatif selama tujuh hari masa natal-tahun baru, pada 19 hingga 25 Desember terdapat sebanyak 157.026 penumpang atau rata-rata 22.432 penumpang per hari yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

    Terdapat 160.731 penumpang atau rata-rata 22.962 penumpang per hari yang tiba atau turun di berbagai stasiun wilayah Daop 4 Semarang.

    Untuk saat ini, Franoto menyebutkan tercatat sebanyak 260.084 penumpang telah memesan tiket kereta api di wilayah Daop 4 Semarang untuk masa angkutan natal-tahun baru yang berlangsung hingga 5 Januari 2025.

    Dari total kapasitas 444.605 tempat duduk yang disediakan, kata dia, tingkat keterisian mencapai sekitar 58 persen.

    “Tren penjualan tiket masih terus meningkat. Kami mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dengan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi penjualan KAI lainnya,” katanya lagi.

  • Pasti! Harga Tiket DAMRI hingga KAI Nggak Kena Penaikan PPN

    Pasti! Harga Tiket DAMRI hingga KAI Nggak Kena Penaikan PPN

    Jakarta: Direktur Utama Perum DAMRI Setia N Milatia Moemin memastikan harga tiket transportasi umum tidak terpengaruh dengan kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai Januari 2025.
     
    Setia menyampaikan peraturan tersebut terbit pada 21 Desember 2024, yang menyebut transportasi umum tidak terkena PPN menjadi 12 persen.
     
    “Jadi awalnya ada kecuali public transport, tapi ini enggak ada lagi, sekarang keterangan tertulis Nomor 3 Tahun 2024 terkait PPN 12 persen, public transport sudah tertulis tidak kena PPN, karena ini kan untuk kemaslahatan masyarakat banyak,” ujar Setia, dilansir Antara, Kamis, 26 Desember 2024.
     

     
    Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, yang meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan PPN menjadi 12 persen.
     
    “Sudah jelas kita nggak kena, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Didiek.
     
    Diketahui, pemerintah menetapkan barang dan jasa yang termasuk dalam kategori premium menjadi sasaran pengenaan tarif PPN jadi 12 persen.
     
    4 kategori barang dan jasa premium yang terkena PPN jadi 12 persen

    Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan empat kategori barang dan jasa premium yang terkena PPN jadi 12 persen adalah:

    Bahan makanan premium seperti beras premium, buah-buahan premium, daging premium (contoh: wagyu dan daging kobe), ikan mahal (contoh: salmon premium dan tuna premium), serta udang dan crustacea premium (contoh: king crab).
    Jasa pendidikan premium. Dalam hal ini, untuk yang uang sekolahnya bisa mencapai ratusan juta.
    Jasa pelayanan kesehatan medis premium. Listrik pelanggan rumah tangga 3.500-6.600 VA.

    Kategorisasi tersebut merupakan wujud asas keadilan dari penyusunan instrumen fiskal. Pemerintah juga menyiapkan paket stimulus ekonomi untuk kesejahteraan yang menyasar enam aspek, di antaranya rumah tangga, pekerja, UMKM, industri padat karya, mobil listrik dan hibrida, serta properti.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • KAI Sediakan Layanan Pesan Jasa Porter Secara Online, Begini Caranya

    KAI Sediakan Layanan Pesan Jasa Porter Secara Online, Begini Caranya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta mengungkapkan kini masyarakat bisa memesan jasa porter secara online sebelum perjalanan melalui fitur e-Porter yang terhubung melalui aplikasi Access by KAI.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan layanan ini ditujukan untuk memudahkan penumpang agar tidak bingung mencari porter atau pramubarang, pengguna jasa angkutan kereta api. Terlebih lagi di saat momen Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yang mengalami lonjakan penumpang.

    “Saat ini untuk memudahkan penumpang, sudah tersedia di aplikasi Access by KAI fitur E-Porter dengan cara pesan order sekarang, kemudian penumpang bisa memasukkan atau menginput nomor petugas porternya ataupun bisa dengan Scan Barcode yang ada di identitas porternya,” ujar Ixfan dalam keterangan tertulis, Kamis (26/12/2024).

    Ixfan mengatakan, porter pada yang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen totalnya ada 416 porter yang bekerja untuk melayani penumpang.

    Pada Stasiun Gambir ada 240 orang porter yang dibagi menjadi 2 shift sedangkan di Stasiun Pasar Senen ada 176 orang porter yang dibagi menjadi 2 shift.

    Die menjelaskan bahw porter yang ada di stasiun stasiun kereta api bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku agar penumpang merasa nyaman dan aman saat menitipkan barang bawaannya untuk dibawa oleh porter.

    “Porter yang ada pada Kereta Api Indonesia (KAI) harus bekerja sesuai SOP, tertib aturan di lokasi saat menjalankan pekerjaannya kemudian harus prioritaskan layanan penumpang agar penumpang merasa aman saat menitipkan barang bawannya dan memastikan penumpang mendapatkan layanan terbaik,” ucap Ixfan.

    Selain porter, KAI Daop 1 Jakarta juga berkolaborasi dengan mahasiswa dari Institute Teknologi Logistik (ITL) Trisakti dan Railfans untuk membantu memberikan informasi dan panduan serta melayani arus penumpang kereta api yang ada di stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta selama libur Natal dan Tahun Baru 2025.

    (kil/kil)

  • Operasional LRT Jabodebek Malam Tahun Baru Diperpanjang, Ini Jadwal Keberangkatannya – Halaman all

    Operasional LRT Jabodebek Malam Tahun Baru Diperpanjang, Ini Jadwal Keberangkatannya – Halaman all

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) perpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian Tahun Baru 31 Desember 2024.

    Tayang: Kamis, 26 Desember 2024 17:22 WIB

    dok. KAI

    KAI memperpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian tahun baru 31 Desember 2024, simak ini jadwal keberangkatannya. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian Tahun Baru pada 31 Desember 2024.

    Penyesuaian jadwal LRT Jabodebek ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun tanpa harus menghadapi kemacetan.

    Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, menyampaikan perpanjangan operasional ini merupakan langkah untuk mendukung kebutuhan masyarakat saat perayaan pergantian tahun.

    “Perpanjangan jam operasional ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bermobilisasi di malam pergantian tahun. Mengingat animo masyarakat merayakan momen pergantian tahun yang membuat potensi terjadinya kemacetan, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum seperti LRT Jabodebek agar perjalanan mereka lebih nyaman, aman, dan lancar,” ujar Purnomosidi dalam siaran persnya, Kamis (26/12/2024).

    Tak hanya itu, KAI juga masih menerapkan tarif LRT Jabodebek perjalanan normal yakni tarif maksimal Rp 10.000 pada off peak hour dan Rp 20.000 pada peak hour.

    Adapun waktu peak hour yakni pada pukul 06.00 sampai 08.59 WIB dan 16.00 sampai 19.59 WIB.

    Selain waktu yang disebutkan di atas, akan berlaku tarif off peak hour.

    Dengan total 384 perjalanan LRT Jabodebek yang disiapkan, KAI siap memberikan layanan transportasi yang lebih fleksibel, aman, dan nyaman di tengah suasana perayaan tahun baru.

    Selengkapnya, inilah adalah jadwal keberangkatan LRT Jabodebek pada tanggal 31 Desember 2024:

    Keberangkatan Pertama

    Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 05.30 WIB
    Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 06.22 WIB
    Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 05.22 WIB
    Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 06.17 WIB

    Keberangkatan Terakhir

    Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 00.48 WIB
    Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 01.40 WIB
    Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 00.38 WIB
    Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 01.33 WIB

    (Tribunnews.com/Latifah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • KAI Tambah Jam Operasional LRT pada Malam Tahun Baru, Cek Jadwalnya

    KAI Tambah Jam Operasional LRT pada Malam Tahun Baru, Cek Jadwalnya

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperpanjang jam operasi LRT Jabodebek dan pada malam pergantian tahun 31 Desember mendatang. 

    Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi mengatakan KAI menerapkan perpanjangan jam operasional LRT Jabodebek hingga melewati tengah malam pada pergantian tahun baru, 31 Desember 2024. Pihaknya memastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. 

    Penyesuaian jadwal operasional ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun tanpa harus menghadapi kemacetan,” tulis Purnomosidi dalam keterangan resmi, Kamis (26/12/2024). 

    Dengan perpanjangan jam operasional tersebut, KAI menyiapkan 384 perjalanan LRT Jabodebek. Berikut adalah jadwal keberangkatan LRT Jabodebek pada tanggal 31 Desember 2024:

    Keberangkatan Pertama:

    – Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 05.30 WIB

    – Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 06.22 WIB

    – Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 05.22 WIB

    – Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 06.17 WIB

    Keberangkatan Terakhir:

    – Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 00.48 WIB

    – Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 01.40 WIB

    – Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 00.38 WIB

    – Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 01.33 WIB

    Selain itu, KAI juga masih menerapkan tarif perjalanan normal yakni tarif maksimal Rp 10.000 pada off peak hour dan Rp 20.000 pada peak hour. Adapun waktu peak hour yakni pada pukul 06.00 WIB sampai 08.59 WIB dan 16.00 hingga 19.59 WIB. Selebihnya selain waktu yang disebutkan di atas, akan berlaku tarif off peak hour.

    Purnomosidi mengatakan animo masyarakat merayakan momen pergantian tahun yang membuat potensi terjadinya kemacetan, pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum seperti LRT Jabodebek agar perjalanan mereka lebih nyaman, aman, dan lancar.

  • 2,4 Juta Tiket KA Ludes Terjual, Tembus 223 Ribu Penumpang Sehari – Page 3

    2,4 Juta Tiket KA Ludes Terjual, Tembus 223 Ribu Penumpang Sehari – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sudah ada 2,4 juta tiket KA Jarak Jauh dan KA Lokal pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Masih ada tiket di sejumlah perjalanan yang bisa dibeli masyarakat.

    VP Public Relation KAI Anne Purba mengatakan antusiasme masyarakat yang menggunakan kereta api cukup tinggi. Hingga 25 Desember 2024 pukul 14.30 WIB, ada sebanyak 2.436.786 tiket yang terjual untuk periode Nataru. Adapun total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. 

    “Sejak 19 Desember hingga 25 Desember masa Nataru pada waktu yang sama, KAI telah memberangkatkan 1.421.361 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatera,” kata Anne dalam keterangannya, Kamis (26/12/2024).

    Rinciannya, 2.080.807 KA Jarak Jauh atau 75 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Untuk penjualan KA Lokal sudah mencapai 355.979 tiket atau 44 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.

    “Untuk KA Jarak Menengah/Jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal sendiri pemesanannya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan,” terang Anne.

    Rincian Keberangkatan Penumpang:

     – H-6 (19 Desember 2024): 163.674 Penumpang

    – H-5 (20 Desember 2024): 200.897 Penumpang

    – H-4 (21 Desember 2024): 212.357 Penumpang

    – H-3 (22 Desember 2024): 223.186 Penumpang 

    – H-2 (23 Desember 2024): 206.077 Penumpang 

    – H-1 (24 Desember 2024): 223.443 Penumpang 

    – H (25 Desember 2024): 191.514 Penumpang 

    – H+1 (26 Desember 2024): 148.381 Penumpang 

    – H+2 (27 Desember 2024: 125.991 Penumpang 

    – H+3 (28 Desember 2024): 124.544 Penumpang 

    – H+4 (29 Desember 2024): 130.104 Penumpang 

    – H+5 (30 Desember 2024): 92.668 Penumpang 

    – H+6 (31 Desember 2024): 77.812 Penumpang 

    – H (1 Januari 2025): 87.363 Penumpang 

    – H+1 (2 Januari 2025): 66.240 Penumpang 

    – H+2 (3 Januari 2025): 52.241 Penumpang 

    – H+3 (4 Januari 2025): 57.767 Penumpang 

    – H+4 (5 Januari 2025): 52.314 Penumpang