Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI: Tiket Kereta Api Tidak Dikenakan PPN 12 Persen – Halaman all

    KAI: Tiket Kereta Api Tidak Dikenakan PPN 12 Persen – Halaman all

    KAI tetap meningkatkan fasilitas sarana maupun prasarana di stasiun ataupun dirangkaian kereta api.

    Tayang: Minggu, 29 Desember 2024 12:07 WIB

    SURYA/PURWANTO

    Ilustrasi calon penumpang menaiki kereta di Stasiun Kereta Api Malang, Jawa Timur 

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko memastikan pembelian tiket kereta api tidak dikenakan PPN 12 persen.

    “Untuk tiket kereta api masyarakat tidak perlu khawatir, tiket kereta api tidak dikenakan PPN 12 persen,” kata Ixfan di Jakarta, Minggu, (29/12/2024).

    Menurut Ixfan, meski tidak dikenakan PPN 12 persen, KAI tetap meningkatkan fasilitas sarana maupun prasarana di stasiun ataupun dirangkaian kereta api.

    “Agar penumpang merasa nyaman pada saat menunggu di stasiun untuk keberangkatan dan juga merasa nyaman, seru dan aman saat dalam perjalanan kereta api,” ujarnya.

    Sementara itu, Ixfan menyampaikan, untuk saat ini KAI Daop 1 Jakarta mencatat sudah memberangkatkan sebanyak 588 ribu lebih penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru 2025 di tanggal 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 .

    “KAI Daop 1 Jakarta  sudah memberangkatkan 645.895 penumpang dengan rincian KAJJ sebanyak 537.191 penumpang dan KA Lokal sebanyak 72.704 penumpang,” terang Ixfan.

    Tempat duduk yang tersedia sebanyak 296.369, yaitu pada KAJJ sebanyak 285.234 tempat duduk dan pada KA Lokal sebanyak 11.135 tempat duduk.

    “Kursi yang masih tersedia dinamis untuk ketersediaannya selama penjualan tiket periode Natal dan Tahun Baru 2025 masih dibuka dan berjalan,” kata Ixfan.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • KAI: Penjualan tiket KA jarak jauh dan lokal capai 2,9 juta penumpang

    KAI: Penjualan tiket KA jarak jauh dan lokal capai 2,9 juta penumpang

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatatkan penjualan tiket kereta api jarak jauh dan lokal untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 telah mencapai 2.924.387 per Minggu.

    “Berdasarkan data hari ini, Minggu, 29 Desember 2024 Pukul 06.00 WIB jumlah tiket KA jarak jauh dan KA lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 2.924.387 tiket,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

    Anne menyampaikan bahwa total kapasitas tempat duduk yang disediakan untuk angkutan KAI selama libur Natal dan tahun baru sebanyak 3.572.588 kursi penumpang.

    Dia menuturkan bahwa dari 2.924.387 tiket terjual tersebut terdiri dari 2.433.704 KA jarak jauh atau 88 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket.

    Sedangkan, untuk penjualan KA lokal sudah mencapai 490.683 tiket atau 61 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.

    Selanjutnya, untuk KA jarak menengah/jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal pemesanan baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    Lebih lanjut, Anne menyebutkan bahwa pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 penumpang KAI, 35.407.300 penumpang KAI commuter.

    Kemudian 4.142.520 penumpang LRT Jabodebek, 588.304 penumpang LRT Sumsel, 7.416 penumpang KAI Wisata, 487.728 penumpang KAI Bandara, 29.160 penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC.

    Ia menambahkan, adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel.

    Berikutnya 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC.

    “Secara keseluruhan, KAI Group telah menghantarkan 13.562.674 Penumpang di Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi pada masa Natal dan tahun baru ini,” kata Anne.

    KAI menyatakan bahwa jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung.

    Ia berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena beberapa tiket KA masa natal dan tahun baru sudah mulai habis terjual.

    Anne menambahkan, arus keberangkatan dan kedatangan liburan Natal dan tahun baru hingga saat ini sudah terpantau padat bahkan beberapa kereta yang menjadi primadona dengan okupansi sudah melebihi dari 100 persen seperti KA Airlangga, KA Joglosemarkerto.

    Selain itu KA Sritanjung, KA Blambangan Ekspres, KA Pariaman Ekspres, KA Rajabasa, KA Putri Deli, KA Matarmaja, KA Logawa, KA Bangunkarta, dan masih banyak KA lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Evi Ratnawati
    Copyright © ANTARA 2024

  • KAI Jember siapkan promo tiket 30 persen untuk libur akhir tahun

    KAI Jember siapkan promo tiket 30 persen untuk libur akhir tahun

    Penjualan tiket promo itu dimulai secara bertahap pada 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 untuk keberangkatan kereta api pada periode 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025

    Jember, Jawa Timur (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menyiapkan promo menarik yakni potongan tiket sebesar 30 persen untuk spesial liburan akhir tahun bertajuk “YES Deals” (Years End Sale Deals) untuk KA Mutiara Timur Pagi relasi Ketapang – Surabaya Gubeng.

    “Penjualan tiket promo itu dimulai secara bertahap pada 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 untuk keberangkatan kereta api pada periode 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025,” kata Manajer Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Sabtu.

    Promo tiket hingga 30 persen itu terdapat pada kelas ekonomi dan eksekutif KA Mutiara Timur pagi keberangkatan dari Stasiun Ketapang di Kabupaten Banyuwangi pukul 08.30 WIB.

    “Seperti pada kelas ekonomi, dari harga normal Rp220 ribu, setelah diskon tersebut harganya menjadi Rp154 ribu. Sedangkan kelas eksekutif dari Rp340 ribu menjadi Rp238 ribu,” tuturnya.

    Secara keseluruhan, lanjut dia, masih terdapat 20.167 tempat duduk yang tersedia di Daop 9 Jember untuk keberangkatan dari 28 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Dari Jumlah tersebut, sebanyak 2.614 tempat duduk di antaranya terdapat pada KA Mutiara Timur pagi.

    Beberapa ketentuan terkait dengan promo “YES DEALS” tersebut di antaranya tarif diskon tidak berlaku untuk Kereta Suite Class Compartment, Luxury, Panoramic, Priority, Imperial, dan/atau Kereta wisata lainnya.

    “Tidak berlaku pada tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi dan/atau diskon lainnya. Tiket dengan tarif diskon itu dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

    Cahyo menjelaskan bahwa tidak terdapat kuota khusus, kemudian promo diskon tiket berlaku selama tiket dan tarif diskon masih tersedia, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan promo tersebut karena dengan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan tepat waktu akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

    “Diskon tiket itu menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada akhir tahun dengan KA Mutiara Timur yang merupakan salah satu kereta ikon Daop 9 Jember,” ujarnya.

    Pewarta: Zumrotun Solichah
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • 70 ribu penumpang gunakan KA saat libur Nataru di wilayah Sumut

    70 ribu penumpang gunakan KA saat libur Nataru di wilayah Sumut

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    70 ribu penumpang gunakan KA saat libur Nataru di wilayah Sumut
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 27 Desember 2024 – 20:34 WIB

    Elshinta.com – Tercatat dari tanggal 19 – 26 Desember 2024 sebanyak 70.360 penumpang menggunakan layanan KA di wilayah KAI Sumatera Utara untuk melakukan perjalanan mudik maupun liburan Nataru 2024/2025.

    Menurut Manager Humas PT KAI Divre I Sumatera Utara, Anwar Solikhin, mengatakan bahwa puncak arus mudik Nataru terjadi pada tanggal 24 Desember 2024 dengan total penumpang yang diangkut sebanyak 10.150 penumpang.

    “Berdasarkan data kami untuk puncak arus mudik Nataru terjadi pada hari Selasa, 24 Desember 2024 dengan jumlah penumpang sebanyak 10.150 penumpang,” ucap Anwar seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Jumat (27/12).

    Lebih lanjut Anwar menyebut bahwa stasiun KA Medan menjadi stasiun paling tinggi jumlah penumpangnya, yakni penumpang berangkat mencapai 26.481 dan penumpang turun mencapai 23.300 penumpang pada periode 19 sd 26 Desember 2024.

    Selain Stasiun Medan terdapat beberapa stasiun dengan jumlah penumpang yang tinggi, seperti stasiun Kisaran sebanyak 7.224 penumpang berangkat dan  7.934 penumpang turun, kemudian stasiun Rantauprapat 7.150 penumpang berangkat dan 9.082 penumpang turun untuk stasiun Tanjung Balai sebanyak 5.535  penumpang berangkat dan 5.391 penumpang turun sementara itu untuk stasiun Tebingtinggi sebanyak 5.106 penumpang berangkat dan  5.273 penumpang turun dan Stasiun Siantar ada 5.106 penumpang berangkat dan 4.916 penumpang yang turun.

    Anwar juga menyebut hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KA di wilayah Sumut. Selain bebas macet, kereta api juga memiliki keunggulan lain seperti tepat waktu, nyaman dan ramah lingkungan.

    Sementara itu untuk pemesanan tiket masa Nataru di wilayah Divre I Anwar menjelaskan bahwa di Sumut telah mencapai 112.589 tiket atau baru 60% dari total tiket yang disediakan yakni 186.480. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat pemesanan secara online masih berlangsung hingga keberangkatan KA.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Naik KA Jarak Jauh Tak Cuma dari Stasiun Gambir & Senen, Ini Alternatifnya

    Naik KA Jarak Jauh Tak Cuma dari Stasiun Gambir & Senen, Ini Alternatifnya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melayani perjalanan KAJJ di beberapa stasiun seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, hingga Cikampek. Stasiun tersebut dapat menjadi alternatif selain dua stasiun besar di Jakarta, yakni Gambir dan Pasar Senen.

    Stasiun tersebut melayani perjalanan ke kota Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta, hingga ke Malang. Keberadaan stasiun itu dapat dimanfaatkan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang ingin melakukan perjalanan libur Natal dan tahun baru 2024/2025.

    “Alternatif stasiun keberangkatan KAJJ diwilayah Daop 1 Jakarta agar dapat meminimalisir keterlambatan calon penumpang jasa angkutan kereta api yang rumahnya atau tempat tinggalnya jauh stasiun besar Gambir dan Pasarsenen,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/12/2024).

    Stasiun Daop 1 Jakarta yang Melayani Penumpang KA Jarak Jauh:

    1. Stasiun Gambir

    Stasiun Gambir merupakan stasiun besar yang melayani penumpang kelas eksekutif namun juga ada beberapa kelas ekonomi premium seperti di KA Argo Parahyangan dan KA Argo Cheribon.

    2. Stasiun Pasar Senen

    Stasiun ini terletak di Kota Jakarta Pusat, stasiun Pasar Senen sendiri melayani penumpang KAJJ kelas campuran ada eksekutif, ekonomi premium hingga kereta PSO seperti kereta api KA Bengawan, KA Serayu, KA Airlangga dan KA Cikuray.

    3. Stasiun Jatinegara

    Stasiun ini awalnya hanya tempat kedatangan KA dari luar kota. Stasiun yang masih identik dengan bangunan Belanda tersebut sekarang sudah melayani keberangkatan untuk ke beberapa wilayah, seperti KA Argo Parahyangan, KA Cikuray, KA Argo Dwipangga dan lainnya.

    4. Stasiun Bekasi

    Stasiun yang awalnya diperuntukan hanya untuk Kereta Rangkaian Listrik (KRL) saja, sekarang sudah melayani keberangkatan KAJJ ke beberapa wilayah pulau Jawa. Seperti KA Argo Parahyangan, KA Brawijaya, KA Gumarang, KA Gajayana dan masih banyak lagi KAJJ yang dilayani oleh stasiun Bekasi.

    5. Stasiun Cikarang

    Di stasiun terintegrasi ini terdapatKRL Listrik, Commuter Line Purwakarta atau KA Lokal hingga melayani perjalanan KAAJ ke beberapa wilayah di pulau Jawa dengan KA yang berhenti di Stasiun Cikarang . Misalnya KA Pandalungan, KA Menoreh, KA Cikuray, KA Bangunkarta, KA Jayakarta, KA Sawunggalih, KA Bogowonto dan lainnya.

    6. Stasiun Karawang

    Stasiun iniadalah stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Nagasari, Karawang Barat, Karawang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +16 m ini KAJJ yang berangkat dari stasiun ini adalah KA Cikuray, KA Serayu, KA Blambangan Ekspress, KA Jayabaya, KA Majapahit dan KA Singasari.

    7. Stasiun Cikampek

    Ada dua jalur percabangan di stasiun ini yang mengarah ke Cirebon dan ke Bandung. selain KA Lokal atau Commuter Line Purwakarta, Stasiun Cikampek juga aktif melayani KAJJ seperti, KA Jayabaya, KA Singasari, KA Airlangga, KA Argo Cheribon, KA Cikuray dan KA Serayu.

    Sementara itu, penumpang yang naik KAJJ periode Natal dan Tahun Baru 2025 perhari Sabtu 28 Desember 2024 sebanyak 524.708 orang. Di Stasiun Gambir selama periode Nataru telah melayani 158.066 penumpang, sedangkan stasiun Pasar Senen sebanyak 234.683 penumpang.

    “Selain dari stasiun Gambir dan Pasar Senen, kami mencatat jumlah penumpang naik dari stasiun Bekasi sebanyak 66.820 penumpang, Cikampek sebanyak 7.999 penumpang, Cikarang sebanyak 29.948 penumpang, Jatinegara sebanyak 19.556 penumpang, Krawangan sebanyak 7.384 penumpang dan terakhir di stasiun Jakarta Kota sebanyak 252 penumpang,” ujar Ixfan.

    (ara/ara)

  • Momen Libur Nataru, KAI: Ada Diskon Tiket Kereta hingga 30%

    Momen Libur Nataru, KAI: Ada Diskon Tiket Kereta hingga 30%

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan potongan harga atau diskon tiket selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 hingga 30%.

    Promo tiket tersebut mulai dijual secara bertahap pada 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, untuk keberangkatan kereta api pada periode 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025

    VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, Promo ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menutup tahun dengan perjalanan hemat.

    “KAI kembali menghadirkan promo spesial akhir tahun bertajuk “YES DEALS” (Years End Sale Deals). Promo ini menghadirkan diskon hingga 30% untuk perjalanan kereta api pada momen tertentu masa Nataru 2024/2025,” tulisnya dalam keterangan resmi, Sabtu (28/12/2024).

    Adapun syarat dan ketentuannya, tarif diskon berlaku parsial. Tarif diskon tidak berlaku untuk Kereta Suite Class Compartment, Luxury, Panoramic, Priority, Imperial, dan/atau Kereta Wisata lainnya.

    “Tiket dengan tarif diskon ini tidak berlaku pada tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi dan/atau diskon lainnya,” tulisnya.

    Selain itu, tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

    “Untuk informasi lebih lanjut terkait promo tersebut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121,” tutup Anne.

    Berikut Daftar Kereta Api yang Mendapatkan Promo Tarif:

    1. Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP (Eksekutif)

    2. Argo Cheribon Relasi Gambir – Cirebon PP (Ekonomi, Eksekutif)

    3. Argo Merbabu (Tambahan) Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng PP (Eksekutif)

    4. Argo Muria Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    5. Argo Parahyangan Relasi Bandung – Gambir PP (Ekonomi, Eksekutif)

    6. Argo Sindoro Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    7. Banyu Biru Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)

    8. Blora Jaya Relasi Cepu – Semarang Poncol (Ekonomi)

    9. Direct Train SMT Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir PP (Ekonomi, Eksekutif)

    10. Direct Train YK Relasi Yogyakarta – Gambir PP (Eksekutif)

    11. Joglosemarkerto Relasi Purwokerto – Solo Balapan (Eksekutif)

    12. Joglosemarkerto Relasi Yogyakarta – Cilacap (Eksekutif)

    13. KA Tambahan PSE SMC Relasi Pasarsenen – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)

    14. KA Tambahan BD SLO Relasi Solo Balapan – Bandung (Ekonomi, Eksekutif)

    15. KA Tambahan SLO GMR Relasi Solo Balapan – Gambir (Eksekutif)

    16. KA Tambahan SLO PSE Relasi Solo Balapan – Pasarsenen (Eksekutif)

    17. KA Kaligung Relasi Brebes – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)

    18. KA Kaligung Relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan (Ekonomi, Eksekutif)

    19. KA Kaligung Relasi Tegal – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)

    20. KA Kamandaka Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Purwokerto PP (Eksekutif)

    21. KA Kutojaya Selatan (Tambahan) Relasi Kiaracondong – Kutoarjo PP (Ekonomi)

    22. KA Kutojaya Utara Relasi Kutoarjo – Jakarta Kota (Ekonomi)

    23. KA Kutojaya Utara (Tambahan) Relasi Kutoarjo – Pasarsenen (Ekonomi)

    24. KA Manahan Relasi Gambir – Solo Balapan (Eksekutif)

    25. Purwojaya Tambahan Relasi Cilacap – Gambir (Eksekutif)

    26. Sancaka Relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta PP (Ekonomi, Eksekutif)

    27. Sembrani Tambahan Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP (Ekonomi, Eksekutif)

    28. Sribilah Utama Relasi Medan – Rantau Prapat PP (Bisnis, Ekonomi, Eksekutif)

    29. Tegal Bahari Relasi Pasarsenen – Tegal PP (Eksekutif)

    30. KA Tambahan LPN PSE Relasi Lempuyangan – Pasarsenen PP (Ekonomi)

    31. KA Tambahan GMR YK Relasi Gambir – Yogyakarta PP (Eksekutif)

    32. Purwojaya Relasi Gambir – Cilacap (Eksekutif)

    33. Mutiara Timur Relasi Ketapang – Surabaya Gubeng PP (Ekonomi, Eksekutif)

    (luc/luc)

  • Mengintip Kiprah Aura Rahmi, Srikandi Transportasi yang Piawai Operasikan KA Otomatis – Halaman all

    Mengintip Kiprah Aura Rahmi, Srikandi Transportasi yang Piawai Operasikan KA Otomatis – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di Indonesia, tidak banyak perempuan yang tertarik menekuni profesi sebagai masinis kereta api.

    Diantara para masinis yang umumnya jadi profesi para lelaki ini terselip sosok masinis perempuan cantik.

    Aulia Rahmi, namanya. Dia bisa dikatakan menjadi Srikandi transportasi Indonesia.

    Sehari-harinya, perempuan bernama lengkap Aulia Rahmi Ramadana ini dipercaya tempatnya bekerja sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek.

    Aura mengaku nyaman dan bangga menekuni profesi ini.

    “Bagi saya, menjadi masinis bukan sekadar karier, melainkan bentuk pelayanan untuk masyarakat, dan itu memberikan makna mendalam dalam hidup saya,” ujar Aura Rahmi Ramadana dikutip Sabtu, 28 Desember 2024.

    Aulia Rahmi menjadi masinis di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan dia beruntung manajemen KAI memberi ruang kepada perempuan seperti dirinya untuk meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aura ingin membagikan pengalamannya guna menjadi inspirasi bagi para masyarakat, terutama perempuan di luar sana, yang bermimpi untuk menjadi seorang masinis.

    Berlatih hingga ke Negeri Jiran

    Putri Baturaja, Sumatera Selatan ini mengisahkan awal mula dirinya meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aulia Rahmi mengaku menjalani proses yang cukup panjang dan menantang, dimulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, hingga wawancara.

    Setelah dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari insan perkeretaapian, Aura pun mengikuti pelatihan intensif yang mencakup teori, praktik langsung di lapangan, dan simulasi pengoperasian kereta.

    Pelatihan tersebut tak hanya ia jalani di Indonesia, tetapi hingga bertandang ke Malaysia untuk belajar tentang cara pengoperasian kereta.

    KAI memperpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian tahun baru 31 Desember 2024. (dok. KAI)

    Adapun sejumlah pelatihan yang telah Aura lalui selama proses pendidikan menjadi masinis LRT Jabodebek.

    Diantaranya, harus mengikuti pelatihan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama dengan penggerak listrik (0.61) di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian Bekasi.

    Dia juga harus mengikuti pelatihan kecakapan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama (0.62) di LRT Sumatera Selatan; serta pelatihan awak sarana perkeretaapian otomatis (Professional Metro Train Driver) di Prasana Malaysia Berhad.

    Aura juga menjalani pelatihan Diklat SOP Train Attendant Sistem Grade of Automation (GoA) 3 Divisi LRT Jabodebek.

    Berbagai proses tersebut ia lalui dengan penuh kesungguhan dan dedikasi, hingga berhasil mengantongi sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Otomatis (2023–2027) setelah dinyatakan lulus uji sertifikasi.

    “Setelah dinyatakan lulus, saya resmi diangkat menjadi masinis muda,” ucap dia.

    Berbagai pelatihan tersebut juga membekali Aura dengan keahlian untuk mengoperasikan LRT Jabodebek berbasis sistem otomatis dan manual, keselamatan operasional dan penanganan situasi darurat, serta memahami standar pelayanan transportasi publik.

    Jerih payahnya dalam meraih mimpi pun terbayarkan. Aura menerima berbagai fasilitas yang diberikan oleh KAI, meliputi gaji, tunjangan kesehatan, asuransi, dan program kesejahteraan lainnya.

    Aura merasa seluruh fasilitas yang ia terima merupakan bentuk penghargaan atas tanggung jawab besar yang diemban oleh para masinis. Ia termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dan fokus pada tanggung jawabnya sebagai seorang masinis.

    Aura saat ini bertugas sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek yang menggunakan teknologi otomatis (driverless). 

    Meski kereta ini berbasis otomatis, peran masinis tetap penting dalam memantau dan memastikan kelancaran perjalanan serta keamanan penumpang.

    Transformasi transportasi publik

    Bagi Aulia Rahmi, menjadi masinis mendorongnya terus mengasah ilmu dan terus belajar. Aura tak kehabisan batu lompatan setelah berhasil mewujudkan cita-citanya.

    Perempuan kelahiran 1998 ini ini terlibat dalam pengembangan pemanfaatan teknologi dalam transformasi transportasi publik, wabilkhusus perkeretaapian, untuk menjadi langkah lanjutannya.

    Harapannya, dia bisa meningkatkan keahlian dalam pengoperasian kereta berbasis teknologi canggih.

    Dia tertarik mendalami sistem kereta otomatis (driverless) guna mendukung peningkatan efisiensi dan keamanan di dunia perkeretaapian.

    Dengan demikian, Aura berharap bisa berkontribusi secara langsung dalam pengembangan moda transportasi serupa di masa depan. 

    Aulia juga ingin menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuannya kepada generasi muda, terutama perempuan, agar semakin banyak yang tertarik untuk berkarier di bidang transportasi publik, khususnya perkeretaapian.

    Aura berpesan kepada para perempuan agar tidak takut bermimpi besar, meski apa yang diimpikan dianggap tidak umum bagi perempuan.

    Kunci dari keberhasilannya adalah keyakinan pada diri sendiri, kegigihan untuk terus belajar, dan komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

    Aura meyakini bahwa melalui kariernya sebagai seorang masinis, ia dapat membantu mobilitas banyak orang, baik untuk pekerjaan, pendidikan, hingga menjaga terjalinnya tali silaturahmi antaranggota keluarga yang terpisah oleh jarak.

    Dalam mengemban tanggung jawab dan menjalankan tugasnya, Aura berpegang teguh pada komitmen untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan mereka dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

    Dia mengaku dengan menekuni profesi sebagai masinis, dia dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat luas.

     

     

  • Sambut malam tahun baru, KAI perpanjang waktu layanan LRT Jabodebek

    Sambut malam tahun baru, KAI perpanjang waktu layanan LRT Jabodebek

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Sambut malam tahun baru, KAI perpanjang waktu layanan LRT Jabodebek
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 26 Desember 2024 – 23:10 WIB

    Elshinta.com – PT KAI memperpanjang jam operasional Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian tahun baru 31 Desember 2024, guna memastikan kebutuhan mobilitas masyarakat dapat terpenuhi.

    Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, Executive Vice President LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi menyebutkan dengan total 384 perjalanan LRT Jabodebek yang disiapkan, KAI siap memberikan layanan transportasi yang lebih fleksibel, aman dan nyaman di tengah suasana perayaan Tahun Baru 2025.

    “Perpanjangan jam operasional ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bermobilitas di malam pergantian tahun. Mengingat animo masyarakat merayakan momen pergantian tahun yang membuat potensi terjadinya kemacetan, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum seperti LRT Jabodebek agar perjalanan mereka lebih nyaman, aman dan lancar,” ujar Purnomosidi.

    Berikut adalah jadwal keberangkatan LRT Jabodebek pada tanggal 31 Desember 2024:

    Keberangkatan Pertama:
    – Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 05.30 WIB
    – Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 06.22 WIB
    – Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 05.22 WIB
    – Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 06.17 WIB

    Keberangkatan Terakhir:
    – Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 00.48 WIB
    – Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 01.40 WIB
    – Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 00.38 WIB
    – Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 01.33 WIB

    Selain itu, dia menambahkan KAI masih menerapkan tarif perjalanan normal yakni tarif maksimal Rp10.000 pada selain jam sibuk (off peak hour) dan Rp20.000 pada jam sibuk (peak hour). Adapun waktu peak hour yakni pada pukul 06.00 hingga 08.59 WIB dan 16.00 hingga19.59 WIB, dan selebihnya selain waktu yang disebutkan di atas, akan berlaku tarif off peak hour.

    “Dengan kebijakan ini, KAI terus berkomitmen menghadirkan layanan mobilitas yang andal bagi masyarakat. KAI berharap layanan ini dapat mendukung kemeriahan perayaan tahun baru, menjadikannya lebih seru dan berkesan,” tuturnya.

    Sumber : Antara

  • Tinjau Jaringan Komunikasi di Stasiun Senen, Wamen Komdigi Angga Raka Sapa Pemudik: Sinyal Aman? – Halaman all

    Tinjau Jaringan Komunikasi di Stasiun Senen, Wamen Komdigi Angga Raka Sapa Pemudik: Sinyal Aman? – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Digital (Wamen Komdigi) Angga Raka Prabowo menyapa dan berbincang dengan para warga yang hendak mudik dan berlibur di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025 saat sidak ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2024).

    Angga mengunjungi Stasiun Senen untuk memastikan akses sinyal komunikasi dari provider atau penyedia layanan untuk masyarakat terkoneksi dengan lancar melalui Mobil dan Stand Monitoring Spectrum Frekuensi Radio.

    “Habis kerja atau bagaimana?“ sapa Angga kepada seorang ibu yang membawa anak.

    “Dari Salatiga,” jawab wanita tersebut.

    “Tahun baruan di sini, keluarga di Jakarta?” tanya Angga.

    “Iya” jawab mereka.

    “Biasanya dari Jakarta ke Salatiga, ini Salatiga ke Jakarta, Natalan?” tanya Angga.

    “Natalan Pak,” jawab mereka serempak.

    “Selamat Natal ya,” ucap Angga.

    Angga kemudian menyapa dan berbincang bersama sejumlah anak-anak dan memberikan bingkisan dari PT KAI berupa tumblr atau tempat minum.

    “Dapat hadiahnya dari KAI dapat tumblr, nanti ada beberapa water station bisa ambil air,” kata Angga sembari memberi bingkisan itu.

    “Kamu siapa namanya?” tanya Angga.

    “Natalia,” jawab anak itu.

    “Sekolah, kelas berapa?” lanjutnya.

    “Kelas 5,” jawab anak kecil itu.

    “Mau jadi apa (cita-citanya)?” tanya Angga ke anak itu.

    “Dokter,” jawab anak tersebut.

    “Dokter apa?” tanya Angga kembali.

    “Dokter umum,” jawab dia.

    Orang tua dari anak itu pun turut meminta Angga mendoakan kelak cita-cita anak kecil itu tercapai.

    “Doain Pak,” sahut orang tua anak kecil itu.

    “Iya, ini aku doain kamu sukses, semangat ya,” demikian doa Angga ke anak itu.

    Tak hanya menyapa pemudik dari Salatiga ke Jakarta, Angga juga menyapa para pemudik yang akan pulang ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Beberapa pemudik yang disapa Angga mengaku akan pulang untuk libur Nataru ke Semarang, Jawa Tengah.

    “Sinyal handphone aman ya?” tanya Angga.

    “Aman pak,” jawab sepasang pemudik yang akan pulang ke Semarang.

    Angga juga mengecek ke pojok baca dan fasilitas water station yang disediakan PT KAI di stasiun agar berfungsi dengan baik. 

    Ia juga menjajal koneksi alat Monitoring Spectrum Frekuensi Radio. 

    Angga mengatakan pemantauan akses jaringan komunikasi dan internet itu dilakukan selaras dengan arahan Presiden Prabowo Subianto yang memerintahkan para menteri dan jajarannya untuk memastikan kenyamanan masyarakat di momen Nataru, termasuk memastikan kelancaran akses jaringan sinyal komunikasi.

    “Presiden menekankan bahwa masyarakat kita harus mendapatkan pelayanan terbaik dalam perjalanan yang mereka menuju ke daerahnya masing-masing baik pergi maupun kembali,” ujar Angga Raka.

    Angga Raka mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Digital ingin memastikan bahwa layanan terhadap akses komunikasi jaringan internet kepada setiap masyarakat yang datang dan pergi ke daerah berjalan dengan baik.

    “Tadi kita juga sudah mengecek kaitannya dengan sinyal tersebut. Alhamdulillah di stasiun ini, di daerah yang padat ini cukup baik. Kenapa kami ke Pasar Senen? Karena Pasar Senen salah satu stasiun yang terbanyak dari jumlah kedatangan dan keberangkatan,” tutur Angga Raka.

  • Cara Pesan Layanan Jasa Porter Online KAI, Tarif Flat Rp 38.000 – Halaman all

    Cara Pesan Layanan Jasa Porter Online KAI, Tarif Flat Rp 38.000 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) hadirkan inovasi baru untuk meningkatkan kenyamanan penumpang yaitu pesan jasa porter secara online.

    PT KAI melalui anak perusahaannya, KAI Wisata, merilis aplikasi ePorter yang telah terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI, yang dulu bernama KAI Access.

    Pemesanan porter stasiun secara online ini tentunya akan mempermudah penumpang untuk menggunakan layanan porter yang membantu membawa barang bawaannya.

    “Integrasi aplikasi ePorter dengan Access by KAI merupakan wujud nyata dari komitmen Kami untuk menghadirkan layanan yang lebih baik melalui transformasi digital,”

    “Kami percaya bahwa inovasi ini akan semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan KAI Wisata,” ujar Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy dalam keterangan resminya, Jumat (27/12/2024).

    Lantas, bagaimana cara pesan layanan Jasa Porter Online KAI?

    Cara Pesan Layanan Jasa Porter Online di Access by KAI

    Dilansir dari informasi resmi, cara pesan jasa porter online via Access by KAI sebagai berikut:

    Buka plikasi Access by KAI;
    Login dengan akun yang sudah terdaftar;
    Pilih ePorter;
    Klik dan pilih scan kode QR atau input ID Porter petugas porter di stasiun;
    Porter akan siap membawa barang bawaan penumpang ke kereta maupun ke penjemputan.

    Tarif Jasa Porter Online

    Tarif layanan porter akan ditampilkan secara jelas dan bersifat tetap (fixed price).

    Saat ini, layanan porter online memiliki tarif flat dengan nominal Rp 38.000, dalam bentuk Porter Instan yang tersedia di 14 titik stasiun di 10 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, dan Malang.

    Porter Instan ini akan berlaku selama uji coba periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, yang ditetapkan berlangsung sampai 5 Januari 2025.

    Adapun tarif yang tertera telah mencakup seluruh layanan porter yang akan membawa barang bawaan dari dan menuju kereta.

    Sehingga penumpang dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih mudah dan efisien.

    (Tribunnews.com/Latifah)