Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI tutup 309 perlintasan sebidang selama 2024 demi keselamatan

    KAI tutup 309 perlintasan sebidang selama 2024 demi keselamatan

    Selama tahun 2024, KAI mencatat 337 kejadian kecelakaan lalu lintas di perlintasan

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menutup sebanyak 309 perlintasan sebidang demi mencegah kecelakaan di jalur kereta api dan meningkatkan keselamatan.

    “Sepanjang Januari hingga Desember 2024, KAI telah berhasil menutup 309 perlintasan sebidang,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Rabu.

    Dia menyampaikan bahwa KAI terus berupaya meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah menutup sejumlah perlintasan sebidang secara proaktif.

    Hal ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 Pasal 2, yang menyatakan bahwa perlintasan sebidang yang tidak memiliki Nomor JPL, tidak dijaga, dan/atau tidak berpintu dengan lebar kurang dari 2 meter harus ditutup atau dilakukan normalisasi jalur kereta api.

    Anne mengatakan, KAI terus berupaya menutup perlintasan sebidang yang tidak memenuhi regulasi. Pasalnya, perlintasan sebidang menjadi salah satu titik rawan terjadinya kondisi tidak aman berlalu lintas.

    “Selama tahun 2024, KAI mencatat 337 kejadian kecelakaan lalu lintas di perlintasan, dengan total 334 korban. Dari jumlah tersebut, 129 orang mengalami luka ringan, 82 orang luka berat, dan 123 orang meninggal dunia,” ujar Anne.

    Dia merinci data korban akibat kondisi tidak aman dalam berlalu lintas di perlintasan per wilayah Daop/Divre pertama di Daop 1 Jakarta sebanyak 10 meninggal, tujuh luka berat, 22 luka ringan.

    Daop 2 Bandung terdapat delapan kasus meninggal, empat luka berat, satu luka ringan; Daop 3 Cirebon terdapat 11 meninggal, empat luka berat, satu luka ringan; Daop 4 Semarang tercatat 14 meninggal, lima luka berat, 15 luka ringan; Daop 5 Purwokerto tercatat lima meninggal, dan tiga luka ringan.

    Selanjutnya, Daop 6 Yogyakarta tercatat enam meninggal, tiga luka berat, satu luka ringan; Daop 7 Madiun tercatat tujuh meninggal, dua luka berat, enam luka ringan; Daop 8 Surabaya 13 meninggal, lima luka berat, 14 luka ringan.

    Berikutnya, Divre I Medan: 23 meninggal, 18 luka berat, 23 luka ringan; Divre II Sumatera Barat satu meninggal, tujuh luka berat, delapan luka ringan; Divre III Palembang sembilan meninggal, dua luka berat, 13 luka ringan; dan Divre IV Tanjungkarang lima meninggal, 18 luka berat, dan tujuh luka ringan.

    Anne menambahkan, sebelum pelaksanaan penutupan tim KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitarnya.

    Upaya penutupan perlintasan sebidang ilegal ini sejalan dengan aturan pada UU No:23 /2007 tentang Perkeretaapian, UU No: 22 /2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 pasal 5 dan 6.

    Keberadaan perlintasan sebidang di sebagian tempat melewati pemukiman warga dan daerah industri, sehingga rawan terjadi kondisi tidak aman bagi masyarakat.

    “Berdasarkan data dari Januari hingga Agustus 2024 saja sudah tercatat 535 kejadian temperan di jalur KA dan perlintasan. Pada tahun 2023 telah terjadi 774 kejadian temperan dan 738 kejadian temperan di tahun 2022,” jelas Anne.

    Upaya lain yang dilakukan KAI untuk meningkatkan keselamatan perlintasan sebidang sejak 2020 hingga 2024 meliputi sosialisasi keselamatan dengan melibatkan dinas perhubungan, railfans, dan masyarakat, pemasangan 1.553 spanduk peringatan di lokasi rawan, serta penertiban 646 bangunan liar di sekitar jalur KA.

    Selain itu, KAI juga mengusulkan pembuatan perlintasan tidak sebidang kepada pemerintah yaitu dengan membangun flyover atau underpass, serta melakukan perawatan dan perbaikan peralatan di perlintasan sebidang.

    Pada saat ini terdapat 3.693 titik perlintasan sebidang yang terdiri dari titik perlintasan terjaga sebanyak 1.883 (50,98 persen) dan titik perlintasan yang tidak terjaga sebanyak 1.810 (49,01 persen).

    KAI mengimbau masyarakat agar selalu meningkat disiplin berlalu lintas terutama ketika berada di perlintasan sebidang. Alat utama keselamatan di perlintasan tersebut adalah rambu – rambu lalu lintas.

    “Keberadaan palang pintu dan penjaga pintu hanyalah alat bantu keamanan semata. Jadi solusi utama untuk terhindar dari kecelakaan lalulintas di perlintasan adalah disiplin berlalu lintas,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Peringati Bulan K3, KAI Daop 6 komitmen keselamatan perjalanan KA

    Peringati Bulan K3, KAI Daop 6 komitmen keselamatan perjalanan KA

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Peringati Bulan K3, KAI Daop 6 komitmen keselamatan perjalanan KA
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 14 Januari 2025 – 15:42 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menegaskan komitmen terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui Peringatan bulan K3 Nasional setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari.  

    Bulan K3 Nasional tahun 2025 dengan tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Untuk Meningkatkan Produktivitas di KAI Group” ini menjadi momentum Daop 6 untuk menguatkan awarness baik pekerja maupun manajemen terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

    “Tahun 2024 telah kita lalui dengan sejumlah pencapaian yang membanggakan, salah satunya adalah KAI berhasil meraih peningkatan Budaya Keselamatan Proaktif. Kami telah mengalami peningkatan skor kematangan budaya keselamatan dari tingkat patuh menjadi proaktif,” kata Kepala Daerah Operasi 6 Yogyakarta Bambang Respationo dalam apel peringatan Bulan K3 Nasional di Halaman BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta, Senin (13/1).

    Ia menjelaskan bahwa tahun 2024 Daop 6 Yogyakarta dapat menjaga keselamatan dengan baik sehingga tidak ada kejadian kecelakaan KA. Namun ia menegaskan kepada jajaran Daop 6 untuk tidak lengah dan berpuas diri karena untuk menuju keselamatan yang optimal diperlukan kesadaran dan kepatuhan akan budaya keselamatan proaktif yang berkelanjutan oleh seluruh Insan KAI.

    Ia menatakan bahwa pencapaian ini harus menjadi penyemangat agar insan Daop 6 lebih proaktif dalam membangun budaya keselamatan dan menjadikan keselamatan menjadi yang utama. 

    “Fokus kita di tahun 2025 ini adalah terus membangun budaya keselamatan proaktif yang berkelanjutan. Komitmen ini perlu dibangun oleh seluruh insan KAI baik dari level pimpinan sampai ke seluruh jajaran pada semua aspek karena keselamatan adalah DNA dan pondasi bagi seluruh Insan KAI dalam memberikan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat,” seru Bambang.

    Bambang mengatakan bahwa dari sisi internal, Daop 6 Yogyakarta akan terus berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja.

    Ia juga mengajak masyarakat untuk membantu menjaga perjalanan KA dengan cara mematuhi aturan-aturan lalu lintas di perlintasan sebidang KA dan tidak beraktivitas apapun di jalur KA.

    “Kami berharap upaya baik dari internal dan eksternal KAI tersebut dapat selalu menjaga perjalanan KA agar senantiasa lancar, selamat, tepat waktu, dan nyaman,” tutup Bambang Respationo seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Selasa (14/1). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Jadwal Kereta Api Tambahan untuk Periode Libur Panjang Januari 2025 – Halaman all

    Jadwal Kereta Api Tambahan untuk Periode Libur Panjang Januari 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menyiapkan kereta api tambahan untuk menyambut libur panjang akhir pekan pada bulan Januari 2025.

    Penambahan ini diharapkan dapat memberikan alternatif perjalanan bagi pelanggan yang telah kehabisan tiket reguler sekaligus menambah pilihan waktu keberangkatan.
     
    “KAI akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Penambahan jadwal kereta api ini merupakan langkah kami untuk memastikan masyarakat tetap dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman selama periode libur panjang,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam siaran persnya, Senin (13/1/2025).

    “Kami mengimbau pelanggan untuk segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi KAI sebelum kehabisan tiket,” ungkapnya.

    Nantinya kereta api tambahan yang dioperasikan oleh KAI untuk akhir pekan panjang ini dilengkapi dengan berbagai tipe sarana yang modern dan nyaman.

    Adapun pilihan sarana tersebut meliputi kereta eksekutif Mild Steel, kereta eksekutif New Image, kereta eksekutif Stainless Steel Generasi 1, serta kereta Ekonomi Premium Stainless Steel yang dirancang dengan kenyamanan premium.

    Selain itu, ada juga kereta ekonomi long seat berkapasitas 80 penumpang yang menawarkan pengaturan tempat duduk praktis untuk perjalanan jarak pendek maupun menengah. 
     
    “Dengan beragam pilihan sarana ini, KAI memastikan pengalaman perjalanan yang lebih variatif, nyaman, dan sesuai kebutuhan penumpang. Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kereta api tambahan ini dengan segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra penjualan tiket resmi. Selain lebih praktis, pembelian tiket melalui aplikasi juga mendukung upaya digitalisasi layanan KAI,” kata Anne. 
     
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan ketersediaan tiket, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121 atau melalui media sosial resmi KAI.

    Selengkapnya, inilah jadwal KA tambahan untuk libur panjang akhir pekan pada bulan Januari 2025.

    Jadwal Kereta Api Tambahan untuk Libur Panjang Januari 2025

    Keberangkatan 10-12, 17-19 & 24-30 Januari 2025

    KA 190F Mutiara Timur (Ketapang-Surabaya Gubeng) Berangkat 08.30 WIB – Datang 15.04 WIB.
    KA 189F Mutiara Timur (Surabaya Gubeng-Ketapang) Berangkat 21.45 WIB – Datang 03.55 WIB.

    Keberangkatan 23 Januari 2025

    KA 83F Arjuno Ekspres (Surabaya Gubeng-Malang) Berangkat 09.35 WIB – Datang 11.37 WIB.
    KA 84F Arjuno Ekspres (Malang-Surabaya Gubeng) Berangkat 05.25 WIB  – Datang 07.27 WIB.

    Keberangkatan 23-29 Januari 2025

    KA 7003B Tambahan YK GMR (Yogyakarta-Gambir) Berangkat 18.20 WIB  – Datang 02.10 WIB.
    KA 7015B Tambahan SLO GMR (Solo Balapan-Gambir) Berangkat 21.50 WIB  – Datang 06.48 WIB.
    KA 7023C Tambahan SLO BD (Solo Balapan-Bandung) Berangkat 20.40 WIB  – Datang 05.05 WIB.

    Keberangkatan 23-30 Januari 2025

    KA 7024D Tambahan BD SLO (Bandung-Solo Balapan) Berangkat 10.25 WIB – Datang 19.24 WIB.
    KA 10907 Tambahan LPN PSE (Lempuyangan-Pasarsenen) Berangkat 06.00 WIB – Datang 13.55 WIB.
    KA 10908 Tambahan PSE LPN (Pasarsenen-Lempuyangan) Berangkat 16.00 WIB – Datang 23.58 WIB.

    Keberangkatan 23-31 Januari 2025

    KA 7009A Sembarani Tambahan (Surabaya Pasarturi-Gambir) Berangkat 12.40 WIB – Datang 21.22 WIB.

    Keberangkatan 24-30 Januari 2025

    KA 7004B Tambahan GMR YK (Gambir-Yogyakarta) Berangkat 05.50 WIB – Datang 13.07 WIB.
    KA 7001B Tambahan YK GMR (Yogyakarta-Gambir) Berangkat 05.50 WIB – Datang 13.17 WIB.
    KA 7002B Tambahan GMR YK (Gambir-Yogyakarta) Berangkat 18.40 WIB – Datang 02.10 WIB.
    KA 7016B Tambahan GMR SLO (Gambir-Solo Balapan) Berangkat 11.55 WIB – Datang 20.17 WIB.

    Keberangkatan 24-31 Januari 2025

    KA 7010A Sembarani Tambahan (Gambir-Surabaya Pasarturi) Berangkat 00.05 WIB – Datang 08.43 WIB.

    Keberangkatan 25, 26, 28 & 29 Januari 2025

    KA 7022C Tambahan BD SLO (Bandung-Solo Balapan) Berangkat 22.22 WIB – Datang 07.50 WIB.

    Keberangkatan 25, 26, 29 & 30 Januari 2025

    KA 7021D Tambahan SLO BD (Solo Balapan-Bandung) Berangkat 09.10 WIB – Datang 19.03 WIB.

    Keberangkatan 28 Januari 2025

    KA 199F Kaligung (Semarang Poncol-Tegal) Berangkat 19.40 WIB – Datang 21.45 WIB.
    KA 200F Kaligung (Tegal-Semarang Poncol) Berangkat 20.30 WIB – Datang 22.40 WIB.

    Keberangkatan 28 & 29 Januari 2025

    KA 29F Argo Cheribon (Cirebon-Gambir) Berangkat 20.00 WIB  – Datang 22.57 WIB.
    KA 30F Argo Cheribon (Gambir-Cirebon) Berangkat 23.30 WIB  – Datang 02.30 WIB.
    KA 40A Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) Berangkat 14.12 WIB – Datang 16.57 WIB.
    KA 51 Argo Parahyangan (Bandung-Gambir) Berangkat 10.50 WIB – Datang 13.50 WIB.

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • KAI Divre I Sumut layani 2,4 juta penumpang selama 2024

    KAI Divre I Sumut layani 2,4 juta penumpang selama 2024

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    KAI Divre I Sumut layani 2,4 juta penumpang selama 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 14 Januari 2025 – 16:45 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara selama periode tahun 2024 mencatat telah melayani sebanyak 2.433.647 penumpang ke berbagai tujuan. Jumlah tersebut terdiri dari 1.873.832 penumpang KA Jarak Jauh dan 559.815 penumpang KA Lokal.

    Manager Humas PT KAI Divre I Sumatera Utara, Anwar Solikhin mengatakan, puncak kepadatan penumpang tertinggi terjadi di bulan April 2024 bertepatan dengan momen libur Hari Raya Idul Fitri. Pada bulan April tersebut terdapat 232.971 penumpang yang dilayani di stasiun wilayah Divre I Sumut.

    Sedangkan puncak kepadatan penumpang selanjutnya terjadi di bulan Desember 2024, bertepatan dengan momen libur Natal dan Tahun Baru, dimana terdapat 231.433 penumpang yang menggunakan jasa KA.

    Untuk stasiun dengan keberangkatan penumpang tertinggi di wilayah Divre I Sumut pada periode tahun 2024 terjadi di Stasiun Medan dengan memberangkatkan sebanyak 885.674 penumpang, Stasiun Kisaran memberangkatkan 281.670, Stasiun Tanjung Balai sebanyak 235.107 penumpang, Stasiun Rantauprapat 207.063 penumpang dan Stasiun Tebing Tinggi memberangkatkan 178.937 penumpang.

    Sedangkan stasiun dengan kedatangan penumpang tertinggi terjadi di Stasiun Medan sebanyak 912.874 penumpang, Stasiun Kisaran 280.367 penumpang, Stasiun Tanjung Balai 238.583 penumpang, Stasiun Rantauprapat 210.289 dan Stasiun Tebing Tinggi sebanyak 183.068 penumpang.

    “KAI Divre I Sumut mengucapkan terima kasih kepada para penumpang KA atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api. KAI berkomitmen terus meningkatkan pelayanan lebih baik lagi di tahun 2025 ini,” jelas Anwar seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Selasa (14/1). 

    Anwar juga mengatakan bahwa ada beberapa peningkatan layanan yang telah Divre I Sumut lakukan selama tahun 2024 diantaranya pengoperasian Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan, fasilitas water station, fasilitas pengering payung, fasilitas Mushala di KA Sribilah Utama, penataan beberapa stasiun di wilayah Divre I yang meliputi Stasiun Binjai, Stasiun Kisaran, Stasiun Tanjung Balai, Stasiun Tebing Tinggi dan juga Stasiun Medan.

    Selain itu, pada tahun 2024, PT KAI Divre I Sumut juga telah melakukan upaya peningkatan kualitas prasarana berupa penggantian rel cascading R54 sepanjang 339 meter, penggantian rel cascading R42 sepanjang 1844 meter dan penggantian 850 bantalan kayu menjadi bantalan sintetis, untuk mendukung peningkatan kecepatan sehingga waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

    Selain itu KAI juga akan terus meningkatkan fasilitas untuk penumpang baik dari segi sarana kereta api maupun pada prasarana sehingga layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Menteri PKP Manfaatkan Tanah Koruptor untuk Program 3 Juta Rumah Rakyat

    Menteri PKP Manfaatkan Tanah Koruptor untuk Program 3 Juta Rumah Rakyat

    Tangerang, Beritasatu.com – Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait mengatakan akan memanfaatkan sebagian tanah koruptor yang sudah disita negara untuk program 3 juta rumah rakyat. 

    Hal tersebut disampaikan Menteri Maruarar Sirait saat kunjungan kerja untuk memantau pelayanan publik di pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

    “Setuju enggak kalau itu dilakukan? Setuju kan?” tanya Maruarar kepada sejumlah wartawan yang meliput di Pemkot Tangerang, Selasa (14/1/2025).

    Selain tanah koruptor, Kementerian PKP juga akan memanfaatkan aset tanah milik BUMN, seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan BTPN untuk program pembangunan 3 juta rumah.

    Maruarar mengaku sudah berbicara langsung terkait hal itu dengan Menteri BUMN Erick Thohir. 

    “Dari BUMN saya sudah sampaikan Pak Erick, dari Perumnas, KAI, dan BTPN, BTP gitu ya,” ucapnya.

    “Kemudian juga dari Departemen Keuangan, Ditjen Kekayaan Negara, eks BLBI, dari kejaksaan juga, bagaimana tanah-tanah dari koruptor itu bisa dibangun untuk rumah rakyat,” sambung Maruarar.

    Maruarar menyebut ini bagain dari terobosan pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Oleh karena itu, Kementerian PKP akan membuat formulasi, termasuk soal pembiayaan program 3 juta rumah.

    “Kita sudah sampaikan kepada Departemen Keuangan, kepada presiden, kepada BPKP untuk 50%-50%. Dengan apa dasarnya dan tujuannya, supaya penerima manfaat itu lebih banyak. Dengan membuat pembiayaan yang baru. Ya tadi APBN-nya 50% kemudian perbankannya 50%,” tambahnya.

    Menurut Maruarar, kalau itu semua tercapai maka akan paling tinggi di era pemerintahan Prabowo dan Gibran yang memberikan rumah subsidi kepada rakyat.

    “Nah doakan mudah-mudahan tahun ini kalau semua setuju, adalah tahun pertama kita paling tinggi memberikan rumah subsidi itu kepada rakyat yang membutuhkan,” jelas Maruarar.

  • Sambut libur panjang Januari 2025, KAI Daop 6 siapkan kereta tambahan 

    Sambut libur panjang Januari 2025, KAI Daop 6 siapkan kereta tambahan 

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Sambut libur panjang Januari 2025, KAI Daop 6 siapkan kereta tambahan 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 14 Januari 2025 – 20:34 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah menyiapkan kereta api tambahan untuk menyambut libur panjang akhir pekan di bulan Januari 2025. Tambahan kertas api ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan berlibur. Penambahan ini diharapkan dapat memberikan alternatif perjalanan bagi pelanggan yang telah kehabisan tiket reguler sekaligus menambah pilihan waktu keberangkatan.

    “KAI Daop 6 akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Penambahan jadwal kereta api ini merupakan langkah kami untuk memastikan masyarakat tetap dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman selama periode libur panjang. Kami mengimbau pelanggan untuk segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi KAI sebelum kehabisan tiket,” ungkap Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro. 

    Berikut adalah jadwal KA Tambahan keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan, Klaten, Yogyakarta, Lempuyangan, dan Wates: 

    Keberangkatan 23-29 Januari 2025

    – KA 7003B Tambahan YK GMR (Yogyakarta-Gambir) Berangkat 18.20 – Datang 02.10
    – KA 7015B Tambahan SLO GMR (Solo Balapan-Gambir) Berangkat 21.50 – Datang 06.48
    – KA 7023C Tambahan SLO BD (Solo Balapan-Bandung) Berangkat 20.40 – Datang 05.05

    Keberangkatan 23-30 Januari 2025

    – KA 10907 Tambahan LPN PSE (Lempuyangan-Pasarsenen) Berangkat 06.00 – Datang 13.55

    Keberangkatan 24-30 Januari 2025

    – KA 7001B Tambahan YK GMR (Yogyakarta-Gambir) Berangkat 05.50 – Datang 13.17

    Keberangkatan 25, 26, 29 & 30 Januari 2025

    – KA 7021D Tambahan SLO BD (Solo Balapan-Bandung) Berangkat 09.10 – Datang 19.03

    Kereta-kereta tambahan yang dioperasikan oleh KAI Daop 6 untuk akhir pekan panjang ini dilengkapi dengan berbagai tipe sarana yang modern dan nyaman. Pilihan sarana tersebut meliputi kereta eksekutif Mild Steel, kereta eksekutif New Image, kereta eksekutif Stainless Steel Generasi 1, serta kereta Ekonomi Premium Stainless Steel yang dirancang dengan kenyamanan premium. Selain itu, ada juga kereta ekonomi long seat berkapasitas 80 penumpang yang menawarkan pengaturan tempat duduk praktis untuk perjalanan jarak pendek maupun menengah. 

    “Dengan beragam pilihan sarana ini, KAI memastikan pengalaman perjalanan yang lebih variatif, nyaman, dan sesuai kebutuhan penumpang. Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kereta api tambahan ini dengan segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra penjualan tiket resmi. Selain lebih praktis, pembelian tiket melalui aplikasi juga mendukung upaya digitalisasi layanan KAI,” pungkas Krisbiyantoro seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Selasa (14/1). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI Sumut layani 2,4 Juta penumpang selama 2024

    KAI Sumut layani 2,4 Juta penumpang selama 2024

    Medan (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat selama 2024 telah melayani 2.433.647 penumpang ke berbagai tujuan yang terdiri atas 1.873.832 penumpang kereta api jarak jauh dan 559.815 penumpang lokal.

    Manajer Humas KAI Sumatera Utara Anwar Solikhin di Medan, Selasa, mengatakan puncak kepadatan penumpang tertinggi terjadi pada April 2024 bertepatan dengan momen libur Hari Raya Idul Fitri.

    Pada April tersebut terdapat 232.971 penumpang yang dilayani di seluruh stasiun wilayah Sumut.

    Sedangkan, puncak kepadatan penumpang selanjutnya terjadi Desember 2024, bertepatan dengan momen libur Natal dan Tahun Baru, yakni terdapat 231.433 penumpang yang menggunakan jasa kereta api.

    Untuk stasiun dengan keberangkatan penumpang tertinggi di wilayah Divre I Sumut pada 2024 terjadi di Stasiun Medan dengan memberangkatkan sebanyak 885.674 penumpang, Stasiun Kisaran 281.670, Stasiun Tanjung Balai 235.107 penumpang, Stasiun Rantauprapat 207.063 penumpang, dan Stasiun Tebing Tinggi 178.937 penumpang.

    Sedangkan, stasiun dengan kedatangan penumpang tertinggi juga terjadi di Stasiun Medan yakni 912.874 penumpang, disusul Stasiun Kisaran 280.367 penumpang, Stasiun Tanjung Balai 238.583 penumpang, Stasiun Rantauprapat 210.289 dan Stasiun Tebing Tinggi sebanyak 183.068 penumpang.

    “KAI Divre I Sumut mengucapkan terima kasih kepada para penumpang KA atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api. KAI berkomitmen terus meningkatkan pelayanan lebih baik lagi di tahun 2025 ini,” katanya.

    Beberapa peningkatan layanan yang telah Divre I Sumut lakukan selama 2024 di antaranya pengoperasian face recognition boarding gate di Stasiun Medan, fasilitas water station, fasilitas pengering payung, fasilitas Mushala di KA Sribilah Utama, penataan beberapa stasiun di wilayah Divre I yang meliputi Stasiun Binjai, Stasiun Kisaran, Stasiun Tanjung Balai, Stasiun Tebing Tinggi, dan juga Stasiun Medan.

    Selain itu, pada 2024, PT KAI Divre I Sumut juga telah melakukan upaya peningkatan kualitas prasarana berupa penggantian rel cascading R54 sepanjang 339 meter, penggantian rel cascading R42 sepanjang 1.844 meter dan penggantian 850 bantalan kayu menjadi bantalan sintetis, untuk mendukung peningkatan kecepatan sehingga waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

    “KAI akan terus meningkatkan fasilitas untuk penumpang baik dari segi sarana kereta api maupun pada prasarana sehingga layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat,” katanya.

    Pewarta: Juraidi
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI ganti rel baru sepanjang 495.562 meter tingkatkan keselamatan

    KAI ganti rel baru sepanjang 495.562 meter tingkatkan keselamatan

    Selama tahun 2024, KAI telah berhasil mengganti rel baru sepanjang 495.562 meter

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan telah melakukan penggantian rel baru sepanjang 495.562 meter selama tahun 2024 guna meningkatkan keselamatan moda transportasi tersebut.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan melakukan serangkaian penggantian material pada prasarana jalan rel sepanjang tahun 2024.

    “Selama tahun 2024, KAI telah berhasil mengganti rel baru sepanjang 495.562 meter,” kata Anne.

    Selain itu, lanjut Anne, ada pula penggantian 61.008 meter yang merupakan penggantian rel cascading, lalu 24.007 batang bantalan sintetis juga telah dipasang untuk memperkuat infrastruktur rel.

    “Tambahan balas sebanyak 251.565 m³ turut melengkapi upaya KAI dalam meningkatkan stabilitas dan daya tahan jalur rel. Tak hanya itu, KAI juga melakukan penggantian 210 unit wesel baru dan 24 unit wesel cascading,” ujarnya.

    Dia menjelaskan wesel adalah komponen penting yang memungkinkan kereta api berpindah jalur dengan aman, sehingga penggantian ini menjadi langkah dalam meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional.

    Ia mengaku bahwa langkah itu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan KAI untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga keandalan operasional kereta api di Indonesia.

    Lebih lanjut, Anne menjelaskan penggantian material pada prasarana jalan rel merupakan langkah strategis KAI untuk memastikan perjalanan kereta api yang lebih aman, efisien dan andal.

    “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini sebagai upaya KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tambah Anne.

    Ia mengatakan bahwa program penggantian rel dan wesel ini dilakukan dengan mematuhi standar keselamatan yang ketat dan prosedur operasi yang teruji.

    Hal tersebut dilakukan seiring dengan bertambahnya frekuensi perjalanan, percepatan kecepatan kereta api, dan peningkatan on-time performance (ketepatan waktu), perawatan prasarana yang berkelanjutan menjadi kunci utama dalam mendukung keselamatan operasional perjalanan kereta api.

    Ia menambahkan perawatan prasarana menjadi aspek strategis untuk memastikan keselamatan tetap terjaga di tengah upaya KAI memberikan layanan terbaik.

    “Melalui pencapaian ini, kami berharap dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat dan menghadirkan moda transportasi yang andal, aman dan nyaman,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Daop 8 umumkan 5 perjalanan KA jarak jauh baru sesuai Gapeka 2025

    KAI Daop 8 umumkan 5 perjalanan KA jarak jauh baru sesuai Gapeka 2025

    Salah satu manfaat utama Gapeka 2025 adalah efisiensi waktu perjalanan KA

    Surabaya (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengumumkan mulai 1 Februari 2025, terdapat lima perjalanan kereta api (KA) jarak jauh baru yang akan diberlakukan sesuai dengan penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025.

    “Kelima perjalanan tersebut adalah KA Harina Pagi (Bandung-Cikampek-Surabaya Pasarturi) PP, KA Mutiara Timur (Surabaya Pasarturi-Ketapang), KA Sancaka Utara Fakultatif (Cilacap-Solo Balapan-Gundih-Surabaya Pasarturi) PP, KA Ijen Ekspres Fakultatif (Malang-Ketapang) PP, dan KA Argo Anjasmoro Fakultatif (Surabaya Pasarturi-Gambir) PP,” ujar Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

    Selain penambahan perjalanan KA, kata dia, penerapan Gapeka 2025 juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kereta api kepada pelanggan di wilayah Daop 8 Surabaya, yang meliputi daerah dari batas utara Stasiun Tobo Bojonegoro hingga batas selatan Stasiun Wlingi di Kabupaten Blitar.

    “Salah satu manfaat utama Gapeka 2025 adalah efisiensi waktu perjalanan KA,” ucap Luqman.

    Ia menjelaskan penerapan Gapeka 2025 diperkirakan dapat menghemat waktu perjalanan KA jarak jauh hingga 440 menit per hari.

    Rinciannya, efisiensi waktu untuk KA Argo mencapai 54 menit, KA Eksekutif 82 menit, KA Eksekutif Campuran 239 menit dan KA Ekonomi 65 menit.

    Gapeka sendiri, lanjutnya, adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan dan posisi perjalanan kereta api.

    “Dengan Gapeka, perjalanan kereta api dapat lebih terkontrol, mulai dari keberangkatan, pemberhentian, kedatangan, hingga penyusulan atau persilangan,” jelasnya.

    Luqman menambahkan perubahan pada Gapeka 2025 disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya jalur ganda di lintas Sepanjang-Mojokerto, serta pergantian prasarana di wilayah Daop 8 Surabaya yang meningkatkan kecepatan perjalanan KA dan mengurangi waktu tempuh.

    Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mulai 1 Februari 2025, agar melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, atau seluruh channel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi.

    “KAI juga mengimbau pelanggan yang berangkat mulai 1 Februari 2025, untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket terkait dengan penerapan Gapeka 2025,” tuturnya.

    Ia menambahkan untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal KA terbaru mulai 1 Februari 2025, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan KAI di stasiun.

    “Atau juga bisa melalui contact center KAI di nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id dan juga melalui media sosial KAI121,” kata Luqman.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menaker: Tren Kecelakaan Kerja Meningkat Selama 4 Tahun, Ini Buktinya – Page 3

    Menaker: Tren Kecelakaan Kerja Meningkat Selama 4 Tahun, Ini Buktinya – Page 3

    Sebelumnya, dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Divisi LRT Jabodebek mengadakan Apel Peringatan di halaman Kantor Divisi LRT Jabodebek. Acara ini menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam mengutamakan keselamatan kerja.

    Dengan tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk Meningkatkan Produktivitas di KAI Group,” kegiatan ini menekankan pentingnya budaya keselamatan yang proaktif dan berkelanjutan.

    EVP LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, menyatakan bahwa penerapan K3 adalah kebutuhan esensial untuk menjamin operasional yang aman, nyaman, dan andal.

    Prestasi Zero Accident 2024

    Selama tahun 2024, LRT Jabodebek berhasil mencatatkan zero accident atau nihil kecelakaan kerja. Prestasi ini dicapai melalui penerapan konsisten program K3, termasuk:

    Perawatan rutin harian, bulanan, dan tahunan pada sarana dan prasarana.
    Inspeksi berkala.Pelatihan keselamatan bagi seluruh pegawai.
    Edukasi dan sosialisasi pentingnya keselamatan kerja.

    Komitmen Keselamatan Bersama

    Sebagai simbol komitmen keselamatan, dilakukan penandatanganan Komitmen Keselamatan Bersama oleh EVP LRT Jabodebek dan VP Rolling Stock selaku Ketua K3 LRT Jabodebek.

    Acara ini juga dimeriahkan dengan penyerahan simbolis Bendera K3, Kebijakan HSSE, dan UU Nomor 1 Tahun 1970 kepada perwakilan pekerja, sebagai bentuk penguatan budaya keselamatan kerja.