Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Amblas 3 Hari Imbas Banjir, Satu Jalur KA di Grobogan Sudah Dapat Dilalui

    Amblas 3 Hari Imbas Banjir, Satu Jalur KA di Grobogan Sudah Dapat Dilalui

    Bisnis.com, JAKARTA — Satu jalur rel kereta api KM 32+5/7 antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan telah dapat dilalui setelah amblas selama 3 hari akibat banjir Sungai Tuntang. 

    Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, setelah upaya intensif yang dilakukan selama 3 hari terakhir, satu jalur (jalur hulu) pada Jumat (24/1/2025) pagi, di petak lintas Semarang Tawang – Cepu – Surabaya Pasar Turi kini telah dapat dilalui.

    Langkah ini memungkinkan perjalanan kereta api untuk kembali beroperasi tanpa perlu dilakukan rekayasa operasi memutar seperti KA Harina (126A) lintas Bandung-Cikampek-Surabaya Pasar Turi, KA Sembrani Tambahan (7010A) lintas Gambir-Surabaya Pasar Turi, dan KA Parcel lintas Kampung Bandan-Surabaya Pasar Turi. 

    “Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari tim operasional KAI yang bekerja tanpa henti siang dan malam serta dukungan penuh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB], Balai Besar Wilayah Sungai [BBWS], dan Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah [BTP Jateng],” kata Didiek dalam keterangan resmi, Jumat (24/1/2025). 

    Sebagai langkah antisipasi jangka panjang, KAI bersama BBWS dan BTP Jateng tengah mematangkan rencana pembangunan tanggul di sisi jalur kereta api untuk mengurangi risiko kerusakan akibat bencana di masa mendatang. 

    Didiek mengatakan, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan jalur KA terhadap potensi bencana seperti banjir atau longsoran sehingga perjalanan kereta api di masa mendatang akan lebih aman dan lancar.

    Sebelumnya, KAI memberlakukan pola operasi memutar untuk beberapa perjalanan, sementara KA lainnya dibatalkan sejak 21 Januari lalu. 

    Sebagai langkah awal, tim teknis KAI melakukan perbaikan dan penguatan struktur tubuh jalan rel untuk memastikan stabilitas jalur.

    Proses ini mencakup perbaikan tanah dasar, penambahan material konstruksi seperti batu kricak dan sirtu, serta pemasangan perancah besi untuk mencegah pergeseran jalur. Selain itu, trucuk atau tiang pancang dari besi rel juga ditambahkan untuk menahan erosi di sisi rel yang terdampak.

  • Libur panjang akhir Januari, KAI Divre I Sumut tambah perjalanan KA Sribilah

    Libur panjang akhir Januari, KAI Divre I Sumut tambah perjalanan KA Sribilah

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    Libur panjang akhir Januari, KAI Divre I Sumut tambah perjalanan KA Sribilah
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 23 Januari 2025 – 18:45 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) Divre I Sumatera Utara menambah perjalanan KA Sribilah Utama relasi Medan-Rantau Prapat PP pada libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek pada akhir Januari 2025.

    Menurut Manajer Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, secara total tiket KA pada libur panjang mulai 25-29 Januari 2025 di wilayah Divre I Sumut disediakan sebanyak 37.340 Jumlah tersebut terdiri dari layanan KA antar kota dan perkotaan.
     
    “Selama libur panjang, setiap harinya terdapat 1.060 tempat duduk KA tambahan Sribilah Utama dengan relasi Medan-Rantau Prapat PP pada periode libur panjang dari tanggal 25-29 Januari 2025,” ucap Anwar seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Kamis(23/01)

    Anwar juga menyebut untuk rangkaian KA tambahan Sribilah Utama yang dijalankan menggunakan kereta kelas ekomomi dengan kapasitas 530 tempat duduk di mana untuk jadwal keberangkatan, dari Stasiun Medan pukul 10.25 sedangkan keberangkatan dari Stasiun Rantau Prapat pukul 17.05 

    Selain itu untuk KA tambahan Sribilah Utama juga melayani naik turun penumpang di beberapa stasiun antara lain, Stasiun Bandar Khalipah, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Kisaran, dan Rantau Prapat.

    PT KAI Divre I Sumut telah melakukan berbagai langkah guna memastikan perjalanan KA yang selamat, aman dan nyaman. Kami juga menghimbau kepada calon penumpang yang akan melakukan perjalanan menuju stasiun untuk memperhitungkan waktu keberangkatan dari rumah agar tidak tertinggal KA.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Perumnas dukung program tiga juta rumah dengan pengembangan hunian TOD

    Perumnas dukung program tiga juta rumah dengan pengembangan hunian TOD

    Kami bersama dengan pihak-pihak terkait, seperti PT KAI berkomitmen untuk membangun stasiun berkonsep hijau di Lumpang Parayasa

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian BUMN melalui Perum Perumnas berkomitmen dalam melaksanakan 100 Hari Kerja Pemerintahan Prabowo-Gibran dengan mendukung program 3 juta rumah, salah satunya melalui capaian pengembangan hunian berkonsep Transit-Oriented Development (TOD) di kota-kota besar dan area sekitarnya.

    Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan nilai tambah dan aksesibilitas kawasan perumahan di Parung Panjang, Bogor, Perumnas bersama PT KAI, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan merencanakan pelaksanaan ground breaking Stasiun Lumpang pada kuartal I tahun 2025.

    Pengembangan hunian landed pertama yang berkonsep TOD tersebut ditandai melalui perencanaan pembangunan Stasiun Lumpang yang terletak di dalam kawasan perumahan Samesta Parayasa. Stasiun ini akan menjadi bagian integral dari pengembangan kawasan hunian sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

    “Samesta Parayasa bukan hanya hunian, tetapi juga solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menghadirkan akses transportasi publik yang terintegrasi. Kami bersama dengan pihak-pihak terkait, seperti PT KAI berkomitmen untuk membangun stasiun berkonsep hijau di Lumpang Parayasa,” ujar Budi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

    Stasiun Lumpang diproyeksikan dapat mengakomodasi 5.160 penumpang per hari, di tahun pertama operasional dengan relasi jalur Stasiun Tanah Abang-Rangkas Bitung.

    Lebih lanjut, ia menyebut kedepannya pengembangan Kawasan Samesta Parayasa tentu memerlukan dukungan dari berbagai stakeholder terkait, termasuk pemerintah.

    Tidak hanya dalam pembangunan dan pengembangan stasiun, namun juga sarana pendukung lainnya, sehingga dukungan pemerintah menjadi hal yang sangat diapresiasi.

    Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan komitmen Perumnas dalam pengembangan Stasiun Lumpang dan Kawasan Samesta Parayasa, diharapkan dapat menjadi terobosan dalam penyediaan hunian landed berbasis TOD di Indonesia.

    Proyek ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, tetapi juga menjadi langkah maju dalam menciptakan pola hunian dan transportasi yang berkelanjutan.

    Selain mengembangkan tiga hunian highrise berkonsep TOD di Jabodetabek, kini Perumnas kembali berinovasi dengan mengembangkan hunian landed berkonsep TOD pertama di Indonesia yang berkonsep hijau di Samesta Parayasa Parung Panjang, Bogor.

    Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Ini tanggung jawab besar Pusdalopka dalam menangani perjalanan KA

    Ini tanggung jawab besar Pusdalopka dalam menangani perjalanan KA

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Ini tanggung jawab besar Pusdalopka dalam menangani perjalanan KA
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 23 Januari 2025 – 18:58 WIB

    Elshinta.com – Pusat Pengendali Operasi Kereta Api atau Pusdalopka merupakan salah satu elemen kunci yang memainkan peran strategis dalam menjaga kelancaran operasional kereta api. Pusdalopka memiliki tanggung jawab besar dalam mengawasi, mengendalikan, dan mengkoordinasikan seluruh perjalanan kereta api, baik dalam kondisi normal maupun tidak normal. 

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan bahwa dalam situasi tidak normal atau darurat seperti gangguan sinyal, kerusakan jalur, atau kondisi cuaca ekstrem, Pusdalopka berfungsi sebagai “otak” pengelolaan operasional perjalanan kereta api serta pusat komando untuk mengambil keputusan cepat dan tepat guna meminimalkan dampak terhadap perjalanan kereta api.

    “Kami bekerja 24 jam tanpa henti untuk memastikan bahwa setiap perjalanan kereta api dapat berlangsung dengan aman dan tepat waktu. Dalam kondisi tidak normal, komunikasi dan koordinasi menjadi kunci utama dalam menangani situasi dengan cepat,” ujar Krisbiyantoro.

    Langkah Penanganan dalam Kondisi Tidak Normal

    Ketika terjadi gangguan pada perjalanan kereta api, Pusdalopka segera melakukan langkah-langkah berikut:

    Identifikasi dan Analisis Cepat

    Pusdalopka segera mengidentifikasi sumber gangguan melalui sistem monitoring yang canggih. Sistem ini juga terpantau secara terpusat dan termonitor pergerakan KA nya secara menyeluruh sehingga pengambilan keputusan untuk pengalihan rute lebih cepat. 

    Koordinasi dengan Tim Lapangan

    Pusdalopka berkomunikasi langsung dengan petugas lapangan, seperti masinis, petugas stasiun, dan teknisi, untuk memastikan tindakan perbaikan atau penanganan dapat dilakukan secepat mungkin.

    Pengaturan Ulang Jadwal dan Lintas

    Dalam situasi tertentu, Pusdalopka dapat mengatur ulang lintas perjalanan dan jadwal keberangkatan agar operasional kereta api tetap berjalan meski terjadi gangguan.

    Informasi kepada Penumpang

    Bersama tim pelayanan pelanggan, Pusdalopka memastikan informasi terkini terkait gangguan dan jadwal alternatif segera disampaikan kepada penumpang untuk mengurangi ketidaknyamanan. 

    “Dengan kerja keras dan dedikasi para petugas di pusat pengendali, kami berkomitmen memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi masyarakat. Kesiapan dalam menangani situasi tidak normal adalah bagian dari upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” pungkasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Kamis (23/1). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI: Satu jalur rel terputus akibat banjir Grobogan sudah tersambung

    KAI: Satu jalur rel terputus akibat banjir Grobogan sudah tersambung

    Salah satu lajur sudah selesai diperbaiki dan bisa dilintasi KA dengan kecepatan terbatas

    Semarang, Jateng (ANTARA) – PT KAI memastikan jalur rel di perlintasan antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati yang terputus akibat banjir di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat dini hari, sudah tersambung satu lajur.

    “Salah satu lajur sudah selesai diperbaiki dan bisa dilintasi KA dengan kecepatan terbatas,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo di Semarang, Jateng, Jumat.

    Menurut dia, KA Harina relasi Bandung-Surabaya menjadi kereta pertama yang melintas di jalur tersebut pukul 05.06 WIB.

    Meski telah tersambung, lanjut dia, masih terdapat beberapa perjalanan KA yang pola operasionalnya memutar melalui Brumbung-Gundih-Gambringan maupun jalur Solo

    Ia menyebut setidaknya terdapat 22 perjalanan KA yang pola operasionalnya harus memutar hingga hari ini.

    “Ada 13 KA yang perjalanannya masih memutar melalui Solo, seperti Argo Brono Anggrek, Sembrani, Gumarang, Pandalungn, dan Blambangan Ekspres,” katanya.

    PT KAI, lanjut dia, juga masih membatalkan perjalanan KA Kedungsapur dan KA Blora Jaya, meski jalur sudah tersambung hari ini.

    Franoto memastikan jadwal perjalanan KA akan secara bertahap kembali normal seiring dengan proses perbaikan jalur yang terputus.

    “Kepadatan jalur lintas saat ini masih terjadi dan secara bertahap akan terurai,” katanya.

    Selama empat hari jalur rel di Grobogan yang terputus, lanjut dia, tercatat 89 perjalanan KA yang pola operasionalnya memutar serta 29 KA yang perjalanannya dibatalkan.

    Sebelumnya, hujan dengan durasi panjang mengguyur berbagai wilayah di Jawa Tengah sejak Senin (20/1/2025) malam hingga Selasa (21/1/2025) mengakibatkan bencana alam di sejumlah daerah.

    Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Daop 3 Cirebon sediakan 18.742 tiket untuk libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek

    KAI Daop 3 Cirebon sediakan 18.742 tiket untuk libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek

    Sumber foto: Yohanes Charles/elshinta.com.

    KAI Daop 3 Cirebon sediakan 18.742 tiket untuk libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 23 Januari 2025 – 20:36 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) Daerah Operasi 3 Cirebon menyediakan sebanyak 18.742 Tiket KA untuk libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek pada minggu keempat bulan Januari 2025.

    Jumlah tersebut merupakan total Tiket untuk kereta api keberangkatan dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 3  mulai 25-30 Januari 2025.

    “Selama libur panjang, setiap harinya sebanyak 3.124 tempat duduk bisa dipesan untuk kereta api yang berangkat di sejumlah stasiun wilayah Daop 3 Cirebon  menuju sejumlah kota tujuan pada periode libur panjang dari tanggal 25-30 Januari 2025,” kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Yohanes Charles, Kamis (23/1). 

    Rokhmad mengatakan selama masa liburan ini pihaknya telah mempersiapkan tujuh perjalanan kereta api (KA)  untuk melayani masyarakat selama periode libur panjang tersebut. “Dari tujuh perjalanan tersebut, enam merupakan KA reguler dan satu perjalanan tambahan adalah KA Argo Cheribon Fakultatif. Kami juga mengoptimalkan formasi rangkaian kereta untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” katanya.

    Adapun untuk rutenya terdiri dari KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember, KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol dan KA Kaligung relasi Brebes-Semarang Poncol.

    Menurutnya, terdapat 123 perjalanan KA per hari yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon selama masa libur tersebut.

    “Diimbau kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api jauh-jauh hari, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan yang diinginkan sehingga tidak kehabisan tiket kereta,” ujarnya.

    Menurut Rokhmad, ribuan tempat duduk pada KA itu bisa segera dipesan melalui aplikasi Access By KAI dan layanan chanel resmi yang bekerja sama dengan KAI.

    Rokhmad menyampaikan kalau KAI Daop 3 Cirebon sudah melakukan berbagai langkah guna memastikan para penumpang bisa sampai ke daerah tujuan, dengan aman dan selamat serta dari kemacetan di jalan raya. Dengan demikian, para penumpang yang memakai jasa layanan transportasi KA dapat melaksanakan perjalanan yang menyenangkan selama liburan.

    “Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya, sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Rokhmad.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Daop 1 Jakarta catat 11 KA terlambat tiba imbas kasus Grobogan

    Daop 1 Jakarta catat 11 KA terlambat tiba imbas kasus Grobogan

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sebanyak 11 perjalanan kereta api (KA) terlambat di stasiun Daop 1 pada Kamis (23/1) ini imbas banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis menyebutkan KA yang terlambat antara lain KA 77F (Pandalungan) relasi Jember – Gambir yang terlambat 307 menit (sekitar lima jam 11 menit), KA 131 (Dharmawangsa) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen yang terlambat 306 menit, KA 219A (Kertajaya) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen terlambat 302 menit, serta KA 3 (Argo Bromo Anggrek) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir terlambat 301 menit.

    KA lainnya yang juga mengalami keterlambatan kedatangan yakni KA 185B (Blambangan) relasi Ketapang – Pasarsenen yang terlambat 237 menit, KA 129A (Gumarang) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, (terlambat 145 menit), KA 235 (Airlangga) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen (terlambat 96 menit).

    Lalu, KA 1 (Argo Anggrek) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir (terlambat 95 menit), KA 107 (Jayabaya) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen (terlambat 87 menit), KA 57 (Brawijaya) relasi Malang – Gambir (terlambat 24 menit), serta KA 61 (Sembrani) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir dengan estimasi tiba pukul 23.46 WIB.

    “Saat ini, upaya percepatan perbaikan di lokasi terdampak telah dilakukan oleh tim teknis guna meminimalisir keterlambatan lebih lanjut,” kata Ixfan.

    Selain itu, dia juga mencatat keterlambatan keberangkatan KA dari Stasiun Daop 1 Jakarta yakni KA 62A (Sembrani) relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (terlambat 60 menit), KA 4 (Argo Anggrek) relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (terlambat 10 menit), KA 112 (Brantas) relasi Pasarsenen – Blitar (terlambat 60 menit).

    Sementara itu, KA 170B (Tegal Bahari) relasi Pasarsenen – Tegal, dibatalkan perjalanannya.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Azis Kurmala
    Copyright © ANTARA 2025

  • Jalur rel terdampak banjir Grobogan ditargetkan bisa dilintasi Jumat

    Jalur rel terdampak banjir Grobogan ditargetkan bisa dilintasi Jumat

    proses pemadatan dan pengecekan keselamatan rel yang tergerus banjir sudah selesai dilakukan pada salah satu lajur pada Kamis sore

    Semarang (ANTARA) – PT KAI menargetkan jalur rel di perlintasan antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati yang masih terputus akibat banjir di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sudah dapat dilintasi pada Jumat (24/1).

    “Mudah-mudahan satu lajur sudah bisa terhubung dengan kecepatan yang dibatasi,” kata EVP of Corporate Secretary PT KAI Raden Agus Dwinanto Budiaji di Semarang, Kamis.

    Menurut dia, proses pemadatan dan pengecekan keselamatan rel yang tergerus banjir sudah selesai dilakukan pada salah satu lajur pada Kamis sore.

    Namun, lanjut dia, terdapat beberapa syarat keamanan yang harus dipenuhi sehingga masih akan memaksimalkan material yang sudah disebar.

    Usai memaksimalkan pemadatan material, kata dia, akan dilakukan uji lintasan dengan rangkaian kereta dan lokomotif.

    “Kami berusaha secepatnya, namun faktor keamanan juga harus dipastikan,” katanya.

    Ia mengatakan dengan kembali beroperasinya salah satu lajur tersebut maka akan mengurangi pola operasi memutar terhadap sejumlah KA dengan tujuan Semarang-Surabaya.

    “Percepatan penyelesaian satu lajur agar pola operasinya tidak memutar, sehingga waktu tempuh bisa kembali mendekati normal,” katanya.

    Sebelumnya, hujan dengan durasi panjang mengguyur berbagai wilayah di Jawa Tengah sejak Senin (20/1) malam hingga Selasa (21/1) mengakibatkan bencana alam di sejumlah daerah.

    Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
    Editor: Indra Arief Pribadi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menhub: Kereta tanpa transit dapat respons positif dari masyarakat

    Menhub: Kereta tanpa transit dapat respons positif dari masyarakat

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi mengungkapkan layanan kereta tanpa transit (direct train) mendapatkan respons positif dari masyarakat selama periode Natal-Tahun Baru 2024/2025.

    “Beberapa rute direct train yang mendapatkan respons positif dari masyarakat dengan terus mempertahankan kesiapan lokomotif dan masinis,” ujar Dudy dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis.

    Peluncuran layanan direct train rute Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta yang menunjukkan respons positif dari masyarakat.

    Sebagai informasi, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Menko Infra) Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) menilai bahwa direct train atau kereta api (KA) tanpa transit rute Jakarta-Yogyakarta bisa menjadi angkutan alternatif selama libur akhir tahun.

    Ia menyampaikan dari sejumlah moda transportasi yang ada baik darat, laut, dan udara, angkutan transportasi kereta api bisa menjadi alternatif masyarakat, utamanya selama musim angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Menurut AHY, kereta api hingga kini terus menjadi favorit sekaligus primadona transportasi umum.

    Oleh karena itu, ia berharap transportasi tersebut semakin maju dalam aspek pelayanan, keamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu.

    Menko AHY juga mengajak semua untuk terus bersinergi dan berkolaborasi memajukan perkeretaapian di Indonesia.

    Sementara itu, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi berharap layanan kereta tanpa henti ini bisa menjadi pilihan bagi pengguna kereta api, baik yang melakukan perjalanan untuk bekerja, berwisata, maupun yang akan pulang ke rumah.

    Menhub mengimbau PT KAI untuk tetap memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, khususnya dalam aspek keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu.

    Peluncuran direct train ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kemenko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, PT Kereta Api Indonesia, serta berbagai pihak terkait. Hal ini membuktikan, dengan sinergi yang kuat, transportasi modern dan berkelanjutan dapat terwujud.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menteri BUMN Pastikan Tiket Pesawat, Kapal hingga Kereta Tidak Akan Naik saat Lebaran 2025

    Menteri BUMN Pastikan Tiket Pesawat, Kapal hingga Kereta Tidak Akan Naik saat Lebaran 2025

    JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tiket pesawat, kereta api, hingga kapal penumpang yang dikelola oleh BUMN transportasi tidak naik pada periode mudik Lebaran 2025 atau Idulfitri 1446 H.

    Keputusan itu tersebut disampaikan Erick usai rapat dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, PT PELNI (Persero), Perum DAMRI, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

    “Tidak ada kenaikan harga tiket baik di PELNI, di ASDP, di Jasa Marga, di DAMRI, dan semua ini kita pastikan untuk mendorong daripada tentu ekonomi nasional,” kata Erick dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Rabu, 22 Januari.

    Terkait dengan diskon tiket untuk periode Lebaran, Erick mengaku masih perlu mendiskusikannya dengan Kementerian/Lembaga terkait.

    Adapun pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), pemerintah memberikan diskon tarif tiket pesawat sebesar 10 persen.

    “Nah apakah komponen itu nanti ada diskon? Tentu itu ada tupoksi yang lebih tinggi yang tentu kita lihat sesuai dengan aturan dari tentu Menteri Perhubungan ataupun yang lainnya,” ujar Erick.

    Di samping itu, Erick mengatakan, angkutan Lebaran tahun ini akan mendapat perhatian khusus dari Kementerian BUMN. Sebab, perayaan Idulfitri kali ini berdekatan dengan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka 1947.

    “Nah ini yang kita perlu antisipasi seperti apa nanti kebijakan pemerintah secara menyeluruh,” tutur Erick.

    Sementara itu, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan untuk periode mudik Lebaran atau Idulfitri tahun ini, KAI akan menambah kapasitas kursi hingga 8 persen, dengan jumlah tiket diperkirakan mencapai 3,8 juta.

    “Nah kemudian penjualan tiket seperti biasa 45 hari sebelumnya,” tutur Didiek.