Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI siapkan 1,3 juta tiket untuk liburan Isra Miraj dan Imlek

    KAI siapkan 1,3 juta tiket untuk liburan Isra Miraj dan Imlek

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    KAI siapkan 1,3 juta tiket untuk liburan Isra Miraj dan Imlek
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 24 Januari 2025 – 17:36 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan 1,3 juta tiket angkutan kereta api jarak jauh guna mendukung liburan panjang Isra Miraj hingga Tahun Baru Imlek 2025.

    “KAI menghadirkan solusi perjalanan hemat dan nyaman bagi masyarakat dengan menyediakan 1.308.943 tempat duduk untuk perjalanan kereta api jarak jauh selama libur panjang Imlek dan Isra Miraj mulai 24 Januari hingga 3 Februari 2025,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

    Anne menyampaikan, hal itu merupakan upaya KAI dalam memberikan pengalaman perjalanan terbaik dengan harga yang terjangkau.

    Menurut dia, antusiasme pelanggan terlihat dari tingginya penjualan tiket hari ini pada 24 Januari 2025, sebanyak 132.977 tiket telah terjual, melampaui kapasitas yang tersedia sebanyak 129.166 tempat duduk dengan okupansi mencapai 103 persen.

    “Sementara itu, pada 25 Januari 2025, penjualan tiket yaitu 135.284 atau 104 persen dari tempat duduk yang KAI sediakan sebanyak 129.836 tempat duduk,” ujarnya.

    Anne mengungkapkan alasan dibalik okupansi kereta api yang melebihi angka 100 persen. Hal ini disebabkan adanya penumpang dinamis yaitu penumpang yang turun-naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir.

    Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, KAI juga mengoperasikan sejumlah kereta tambahan dengan berbagai tujuan populer.

    Ia menyebutkan, kereta tambahan yang tersedia yakni, KA Argo Parahyangan Tambahan (7045B) relasi Bandung-Gambir; KA Argo Parahyangan Tambahan (7046A) relasi Gambir-Bandung; KA Sembrani Tambahan (7009A) relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir; KA Sembrani Tambahan (7010A) relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

    Selanjutnya, KA Tambahan Bandung-Solo Balapan (7022C) relasi Bandung-Solo Balapan; KA Tambahan Bandung-Solo Balapan (7024D) relasi Bandung-Solo Balapan; KA Tambahan Gambir-Solo Balapan (7016B) relasi Gambir-Solo Balapan.

    Kemudian, KA Tambahan Gambir-Yogyakarta (7002B) relasi Gambir-Yogyakarta; KA Tambahan Gambir-Yogyakarta (7004B) relasi Gambir-Yogyakarta; KA Tambahan Lempuyangan-Pasarsenen (10907) relasi Lempuyangan-Pasarsenen; KA Tambahan (10908) relasi Pasarsenen-Lempuyangan.

    Berikutnya, KA Tambahan (7021D) relasi Solo Balapan-Bandung; KA Tambahan (7023C) relasi Solo Balapan-Bandung; KA Tambahan (7015B) relasi Solo Balapan-Gambir; KA Tambahan (7001B) relasi Yogyakarta-Gambir; dan KA Tambahan (7003B) relasi Yogyakarta-Gambir.

    “Melalui penambahan kereta ini, pelanggan dapat memilih jadwal yang fleksibel dan menikmati perjalanan dengan harga yang terjangkau sesuai kelas yang disediakan,” ucap Anne.

    KAI terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan. Pemesanan tiket dapat dilakukan dengan cepat dan praktis melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, serta mitra penjualan tiket resmi lainnya.

    Anne mengatakan, langkah tersebut untuk memastikan masyarakat dapat menikmati perjalanan yang terjangkau tanpa mengurangi kenyamanan dan keselamatan.

    KAI terus berupaya memberikan manfaat maksimal kepada pelanggan sekaligus mendukung mobilitas masyarakat secara optimal, terutama pada liburan panjang memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili Tahun 2025.

    “Langkah ini juga mencerminkan semangat Asta Cita melalui upaya KAI untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Anne.

    Sumber : Antara

  • Libur akhir Januari, volume penumpang KA di stasiun Daop 6 meningkat

    Libur akhir Januari, volume penumpang KA di stasiun Daop 6 meningkat

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Libur akhir Januari, volume penumpang KA di stasiun Daop 6 meningkat
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 24 Januari 2025 – 21:21 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta mencatatkan peningkatan signifikan dalam volume keberangkatan dan kedatangan penumpang kereta api selama libur panjang perayaan Isra Mi`raj dan Tahun Baru Imlek 2025, (24-30/1). Peningkatan ini mencerminkan antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan transportasi kereta api yang nyaman dan efisien untuk bepergian selama periode liburan.

    “Kami mencatat kenaikan jumlah kepadatan penumpang hingga 10% dibandingkan hari biasa pada periode yang sama. Antusiasme masyarakat untuk menghabiskan libur long weekend cukup tinggi,” ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro.

    Daop 6 mencatat bahwa jumlah volume penumpang keberangkatan di seluruh stasiun pada periode Jumat-Kamis (24-30/1) mencapai 118.251 penumpang. Angka tersebut naik 16% dari hari biasa pada periode yang sama minggu sebelumnya, Jumat-Kamis (17-23/1), yang mengangkut 101.525 penumpang.

    Keberangkatan penumpang selama tujuh hari periode tersebut paling banyak ada di Stasiun Yogyakarta sebanyak 55.837 penumpang, disusul Stasiun Lempuyangan sebanyak 35.342 penumpang, dan Stasiun Solobalapan sebanyak 12.050 penumpang.

    Sementara itu kata Krisbiyantoro, jumlah kedatangan penumpang pada periode yang sama mencapai 110.330 penumpang atau naik 4% . Sementara itu jumlah kedatangan penumpang selama tujuh hari periode tersebut paling banyak ada di Stasiun Yogyakarta sebanyak 51.000 penumpang, disusul Stasiun Lempuyangan sebanyak 33.164 penumpang, dan Stasiun Solobalapan sebanyak 12.673 penumpang.

    Untuk memastikan kenyamanan penumpang selama masa liburan, KAI Daop 6 Yogyakarta telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya penambahan jumlah perjalanan KA, peningkatan pengawasan di area keberangkatan dan kedatangan, serta penambahan petugas pelayanan di stasiun-stasiun utama.

    KAI Daop 6 meluncurkan 6 KA tambahan keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan, Klaten, Yogyakarta, Lempuyangan, dan Wates dalam rangka libur panjang Isra’ Mi’raj dan Imlek dengan rincian sebagai berikut:

    Keberangkatan 23-29 Januari 2025

    * KA 7003B Tambahan YK GMR (Yogyakarta-Gambir) Berangkat 18.20 – Datang 02.10
    * KA 7015B Tambahan SLO GMR (Solo Balapan-Gambir) Berangkat 21.50 – Datang 06.48
    * KA 7023C Tambahan SLO BD (Solo Balapan-Bandung) Berangkat 20.40 – Datang 05.05

    Keberangkatan 23-30 Januari 2025

    * KA 10907 Tambahan LPN PSE (Lempuyangan-Pasarsenen) Berangkat 06.00 – Datang 13.55

    Keberangkatan 24-30 Januari 2025

    * KA 7001B Tambahan YK GMR (Yogyakarta-Gambir) Berangkat 05.50 – Datang 13.17

    Keberangkatan 25, 26, 29 & 30 Januari 2025

    * KA 7021D Tambahan SLO BD (Solo Balapan-Bandung) Berangkat 09.10 – Datang 19.03

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada para pengguna jasa kereta api yang telah memilih untuk menggunakan moda transportasi kami selama libur panjang ini. Kami berharap, peningkatan volume penumpang ini dapat terus berlangsung dengan lancar dan aman, serta memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi seluruh penumpang,” ujar Krisbiyantoro seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Jumat (24/1). 

    Dengan pertumbuhan penumpang yang terus meningkat, KAI Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, serta beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat akan transportasi yang aman dan nyaman. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • 5 Kereta Tambahan Siap Beroperasi Selama Libur Panjang Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek di Daop 8 Surabaya

    5 Kereta Tambahan Siap Beroperasi Selama Libur Panjang Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek di Daop 8 Surabaya

    Surabaya, Beritasatu.com – Pada libur panjang akhir Januari 2025 yang bersamaan dengan perayaan Isra Mikraj atau Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek, PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan lima kereta tambahan. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang diperkirakan akan meningkat selama periode libur panjang tersebut.

    Diperkirakan akan ada peningkatan jumlah penumpang kereta di wilayah Daop 8 Surabaya pada libur panjang Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek akhir bulan ini. 

    Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan perjalanan penumpang selama liburan tersebut, Daop 8 Surabaya menambah lima kereta tambahan.

    Kereta tambahan tersebut meliputi Kereta Sembrani tambahan rute Surabaya – Jakarta, Kereta Sancaka rute Surabaya – Yogyakarta, Kereta Mutiara Timur rute Surabaya – Banyuwangi, dan dua kereta lokal komersial Arjuno Ekspres rute Surabaya – Malang dan sebaliknya. Kelima kereta tambahan ini akan beroperasi dari tanggal 24 hingga 30 Januari 2025.

    Luqman Arif mengungkapkan, selama libur panjang Isra Mikraj atau Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek tersedia 46 kereta jarak jauh reguler dan lima kereta tambahan yang beroperasi. Setiap harinya, disediakan 28.288 tiket keberangkatan untuk melayani para penumpang yang bepergian selama periode liburan ini.

    “Selama libur panjang, kami mengoperasikan 46 kereta jarak jauh reguler dan lima kereta tambahan. Setiap hari, kami menyediakan 28.288 tiket untuk melayani penumpang selama masa libur panjang,” ujar Luqman Arif kepada wartawan pada Jumat (24/1/2025).

    Beberapa tujuan favorit penumpang selama libur panjang Isra Mikraj atau Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek di Daop 8 Surabaya antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember, dan Banyuwangi.

  • KAI Pastikan Jalur Kereta Grobogan Sudah Diperbaiki

    KAI Pastikan Jalur Kereta Grobogan Sudah Diperbaiki

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan jalur kereta api di kilometer 32+5/7 antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan, yang sebelumnya rusak akibat banjir, kini telah diperbaiki.

    Menurut Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, perbaikan tersebut dilakukan secepat mungkin untuk memastikan kelancaran operasional kereta api.

    “Walaupun kemarin sempat terjadi hambatan, kami memastikan perbaikan jalur sudah selesai sehingga operasional kereta kembali normal,” ujar Ixfan, Jumat (24/1/2025).

    Perbaikan jalur terkait perbaikan jalur kereta Grobogan menjadi prioritas karena tingginya mobilitas masyarakat selama libur panjang 25–29 Januari 2025. PT KAI mencatat lonjakan penumpang yang signifikan dari wilayah Daop 1 Jakarta.

    Hingga Jumat (24/1/2025), jumlah penumpang yang berangkat mencapai 36.826 orang. Perinciannya, Stasiun Pasar Senen dengan 16.244 penumpang dan Stasiun Gambir: 13.723 penumpang.

    Untuk mengakomodasi lonjakan ini, KAI menambah tujuh perjalanan kereta api guna memastikan kapasitas maksimal.

    KAI mengimbau masyarakat untuk datang lebih awal ke stasiun, memeriksa kesesuaian tiket, dan mematuhi aturan perjalanan demi kenyamanan bersama.

    “Dengan tambahan perjalanan dan perbaikan jalur, kami optimistis dapat melayani masyarakat dengan optimal selama momen libur panjang,” tutup Ixfan terkait perbaikan jalur kereta Grobogan.

  • Jalur rel Stasiun Bandung sempat tergenang banjir dan ganggu feeder

    Jalur rel Stasiun Bandung sempat tergenang banjir dan ganggu feeder

    Kami mengucapkan permohonan maaf kepada para penumpang KA Feeder yang mengalami kelambatan.

    Bandung (ANTARA) – Jalur rel di Stasiun Bandung (Bandung-Ciroyom) sempat tergenang banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Jawa Barat, sejak Jumat sore, dan mengganggu perjalanan tiga kereta pengumpan (feeder) Whoosh yang mengalami keterlambatan.

    Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan bahwa saat kejadian tiga feeder, yakni KA 7351 relasi Bandung-Padalarang, KA 7348 relasi Padalarang-Bandung, dan KA 7353 relasi Bandung-Padalarang, mengalami keterlambatan karena menunggu pemeriksaan oleh petugas jalur rel di lokasi.

    “Kami mengucapkan permohonan maaf kepada para penumpang KA Feeder yang mengalami kelambatan,” kata Ayep dalam keterangan, di Bandung, Jumat.

    Namun demikian, Ayep menyampaikan bahwa keterlambatan ini tidak mengganggu penumpang tiba di Stasiun Padalarang untuk melanjutkan perjalanan dengan Kereta Whoosh.

    Ayep menyampaikan saat ini, genangan banjir tersebut telah surut melalui sistem drainase yang masih berfungsi baik, dan dia memastikan jalur rel telah diperiksa dan dinyatakan aman untuk dilalui kereta, dan operasional perjalanan kereta api berjalan normal tanpa gangguan.

    “Penumpang tidak perlu khawatir, karena keselamatan dan kenyamanan perjalanan tetap menjadi prioritas utama,” ujarnya.

    Ayep mengatakan tim Prasarana PT KAI Daop 2 Bandung juga melakukan inspeksi dan pemantauan intensif terhadap kondisi rel, jembatan, dan infrastruktur pendukung lainnya

    Daop 2 Bandung juga melakukan penjagaan dan stand by 24 jam di titik-titik pada Daerah Pantauan Khusus di wilayah Daop 2 Bandung.

    “Keamanan dan keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Meskipun hujan deras terus berlangsung, kami telah menerapkan prosedur standar untuk memastikan jalur tetap aman. Tim kami bekerja 24 jam untuk memonitor kondisi jalur dan langsung mengambil tindakan apabila ada potensi gangguan,” ujar Ayep.

    PT KAI mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mempercayakan perjalanan mereka kepada layanan kereta api.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Daop 1 Jakarta tambah perjalanan KA lokal Pangrango

    KAI Daop 1 Jakarta tambah perjalanan KA lokal Pangrango

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    KAI Daop 1 Jakarta tambah perjalanan KA lokal Pangrango
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 24 Januari 2025 – 16:55 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta menambah frekuensi perjalanan untuk kereta api (KA) Lokal Pangrango relasi Bogor – Sukabumi pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 yakni dari semula enam perjalanan menjadi delapan perjalanan.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan pada Gapeka 2023, KA Lokal Pangrango melayani enam perjalanan per hari dengan tiga perjalanan dari stasiun Bogor dan tiga perjalanan dari stasiun Sukabumi dan pada Gapeka 2025 jumlah perjalanannya menjadi delapan.

    “Guna mengakomodir permintaan pelanggan serta Komitmen KAI dalam meningkatkan pelayanan, KAI Daop 1 Jakarta menambah dua frekuensi perjalanan KA Lokal Pangrango sehingga pada Gapeka 2025 nanti total perjalanan KA Lokal Pangrango menjadi 8 perjalanan per hari,” kata Ixfan dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (24/1).

    Dia mengatakan perjalanan KA Pangrango menempuh waktu 1 jam 45 menit baik dari Stasiun Bogor ke Sukabumi maupun sebaliknya. KA ini tersedia dalam kelas yaitu kelas Ekonomi dan Eksekutif.

    Adapun jadwal keberangkatan KA dari Stasiun Bogor menuju Sukabumi yakni KA224 berangkat pukul 07.45 WIB dan tiba di Sukabumi pukul 09.30 WIB, lalu KA226 berangkat pukul 12.40 WIB dan tiba pukul 14.25 WIB, KA228 berangkat pukul 17.00 WIB tiba pukul 18.45 WIB, serta KA230 berangkat pukul 21.20 WIB dan tiba pukul 23.05 WIB.

    Sementara jadwal keberangkatan KA dari Stasiun Sukabumi menuju Bogor yaitu KA223 berangkat dari Sukabumi pukul 05.10 WIB dan tiba di Bogor pukul 06.57 WIB, KA225 berangkat pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 12.15 WIB, KA227 berangkat pukul 14.50 WIB dan, tiba pukul 16.35 WIB, serta KA239 berangkat pukul 19.10 WIB dan tiba pukul 20.55 WIB.

    “Saat ini, penjualan tiket KA Pangrango dapat dilakukan H-7 sebelum keberangkatan. PT ΚΑΙ Daop 1 Jakarta mengimbau masyarakat untuk memperhatikan perubahan jadwal perjalanan yang berlaku. Informasi lebih lanjut mengenai Gapeka 2025 dapat diakses melalui aplikasi KAI Access, situs resmi ΚΑΙ,”  ujar Ixfan.

    Sumber : Antara

  • Pasca Kebanjiran, Jalur Rel Petak Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati Sudah Bisa Dilalui – Halaman all

    Pasca Kebanjiran, Jalur Rel Petak Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati Sudah Bisa Dilalui – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT KAI Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyatakan satu jalur rel kereta api di petak lintas Semarang Tawang – Cepu – Surabaya Pasar Turi telah dapat dilalui mulai Jumat (24/1/2025).

    Menurutnya, tim KAI telah berupaya selama tiga hari terakhir dan mengerahkan ratusan petugas jalan rel dan jembatan, serta mengangkut material menggunakan Kereta Api Balas (KLB Balas) ke lokasi perbaikan.

    “Langkah ini memungkinkan perjalanan kereta api untuk kembali beroperasi tanpa perlu dilakukan rekayasa operasi memutar seperti KA Harina (126A) lintas Bandung-Cikampek-Surabaya Pasar Turi, KA Sembrani Tambahan (7010A) lintas Gambir-Surabaya Pasar Turi, dan KA Parcel lintas Kampung Bandan-Surabaya Pasar Turi,” kata Didiek dalam keterangannya, Jumat (24/1/2025).

    Didiek menyampaikan, KAI menyiapkan langkah antisipasi jangka panjang bersama BBWS dan BTP Jateng tengah untuk mematangkan rencana pembangunan tanggul di sisi jalur kereta api. Hal itu dilakukan guna mengurangi risiko kerusakan akibat bencana di masa mendatang. 

    “Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan jalur KA terhadap potensi bencana seperti banjir atau longsoran, sehingga perjalanan kereta api di masa mendatang akan lebih aman dan lancar,” paparnya.

    Untuk diketahui sebelumnya, Sungai Tuntang di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, meluap karena curah hujan yang tinggi sejak Senin (20/1/2025) malam.

    Akibatnya, Desa Papanrejo, Gubug, Grobogan terendam banjir hingga ketinggian satu meter. Sejumlah wilayah pun terisolasi karena air yang terus naik.

    “Ada lima rumah yang hanyut, kalau yang tergenang ada ratusan,” ujar Perangkat Desa Papanrejo, Purnomo, Selasa (21/1/2025).

    Bahkan, banjir besar ini juga menyebabkan rel kereta api amblas. Akibatnya, kereta dari Jakarta menuju Surabaya tak bisa melintas.

    Manager Humas Daop 4 Semarang KAI, Franoto Wibowo, menuturkan hingga Rabu (22/1/2025), jalur tersebut masih tak bisa dilewati kereta api.

    Rel sepanjang 100 meter amblas hingga kedalaman tiga meter di kedua jalur.

    “Proses perbaikan ini melibatkan puluhan petugas prasarana KAI Daop 4 Semarang yang didukung oleh tenaga bantuan eksternal agar pemulihan dapat dilakukan dengan lebih cepat,” terangnya, Rabu (22/1/2025).

    Mengutip TribunBanyumas.com, KAI saat ini tengah melakukan upaya untuk memperbaiki rel tersebut.
    Selain itu, pihak KAI meminta maaf atas gangguan ini.

    “KAI menyadari dampak yang ditimbulkan oleh gangguan ini terhadap pelanggan, terutama bagi yang telah merencanakan perjalanan menggunakan kereta api. Untuk itu, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” jelas Franoto.

  • 11 KA terlambat tiba imbas banjir Grobogan

    11 KA terlambat tiba imbas banjir Grobogan

    Ilustrasi penumpang kereta api (KA). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menghadirkan empat perjalanan kereta api (KA) baru pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025. (ANTARA/PT KAI Daop 1 Jakarta)

    Daop 1 Jakarta: 11 KA terlambat tiba imbas banjir Grobogan
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Jumat, 24 Januari 2025 – 07:16 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sebanyak 11 perjalanan kereta api (KA) terlambat di stasiun Daop 1 pada Kamis (23/1) ini imbas banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis menyebutkan KA yang terlambat antara lain KA 77F (Pandalungan) relasi Jember – Gambir yang terlambat 307 menit (sekitar lima jam 11 menit), KA 131 (Dharmawangsa) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen yang terlambat 306 menit, KA 219A (Kertajaya) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen terlambat 302 menit, serta KA 3 (Argo Bromo Anggrek) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir terlambat 301 menit.

    KA lainnya yang juga mengalami keterlambatan kedatangan yakni KA 185B (Blambangan) relasi Ketapang – Pasarsenen yang terlambat 237 menit, KA 129A (Gumarang) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, (terlambat 145 menit), KA 235 (Airlangga) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen (terlambat 96 menit).

    Lalu, KA 1 (Argo Anggrek) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir (terlambat 95 menit), KA 107 (Jayabaya) relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen (terlambat 87 menit), KA 57 (Brawijaya) relasi Malang – Gambir (terlambat 24 menit), serta KA 61 (Sembrani) relasi Surabaya Pasarturi – Gambir dengan estimasi tiba pukul 23.46 WIB.

    “Saat ini, upaya percepatan perbaikan di lokasi terdampak telah dilakukan oleh tim teknis guna meminimalisir keterlambatan lebih lanjut,” kata Ixfan.

    Selain itu, dia juga mencatat keterlambatan keberangkatan KA dari Stasiun Daop 1 Jakarta yakni KA 62A (Sembrani) relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (terlambat 60 menit), KA 4 (Argo Anggrek) relasi Gambir – Surabaya Pasarturi (terlambat 10 menit), KA 112 (Brantas) relasi Pasarsenen – Blitar (terlambat 60 menit).

    Sementara itu, KA 170B (Tegal Bahari) relasi Pasarsenen – Tegal, dibatalkan perjalanannya.

    Sumber : Antara

  • Sepanjang 2024, Pengiriman Barang Gunakan Kereta Api Mencapai 27 Juta Ton – Halaman all

    Sepanjang 2024, Pengiriman Barang Gunakan Kereta Api Mencapai 27 Juta Ton – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) mencatat sepanjang 2024 telah mengelola atau melakukan pengiriman sebanyak 27 juta ton barang.

    Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, mengatakan, dari total volume angkutan barang tersebut, 89 persen atau sekitar 24 juta ton didominasi oleh angkutan batu bara di Sumatera Selatan.

    Ia menyebut, peningkatan okupansi dan optimalisasi volume loading/unloading (lo/lo) di sejumlah stasiun muat menjadi faktor utama pencapaian ini, termasuk di Stasiun Kertapati yang mencatat peningkatan signifikan melalui penambahan volume muat pada tongkang.

    Di Tahun 2024, kata Fredi, angkutan peti kemas mengalami peningkatan kinerja sebesar 13 persen menjadi 2,3 juta ton, layanan kurir meningkat 11 persen dengan volume 58.903 ton, dan angkutan limbah B3 tumbuh signifikan hingga 34 persen dengan capaian volume 10.386 ton.

    “Sedangkan, untuk angkutan semen berhasil mencatatkan kinerja volume sebesar 529.737 ton, menunjukkan performa yang konsisten di berbagai lini bisnis,” kata Fredi dikutip Jumat (24/1/2025).

    Dari sisi finansial, anak usaha PT KAI (Persero) ini mencatatkan pendapatan sebesar Rp 1,1 triliun pada tahun 2024, dengan laba bersih mencapai Rp 89,6 miliar.

    Total aset perusahaan juga mengalami kenaikan sebesar 10 persen menjadi Rp 949 miliar.

  • KAI Tanjungkarang: Tiket libur panjang Isra Miraj-Imlek habis terjual

    KAI Tanjungkarang: Tiket libur panjang Isra Miraj-Imlek habis terjual

    Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api khususnya di momen long weekend ini dapat berjalan dengan selamat

    Bandarlampung, Lampung (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang, Lampung, menyebutkan tiket perjalanan untuk libur panjang Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek telah habis terjual.

    “Kami mencatat bahwa tiket yang telah disediakan oleh KAI Divre IV Tanjungkarang untuk periode libur panjang Isra Miraj, cuti bersama, dan libur Imlek sudah habis terjual,” kata Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari di Bandarlampung, Lampung, Jumat.

    Dia mengatakan KAI Divre IV Tanjungkarang pada periode libur panjang 24-29 Januari ini menyiapkan sebanyak 13.656 tiket KA atau tempat duduk.

    “Rinciannya sebanyak 6.360 tempat duduk KA Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati, dan 7.296 tempat duduk KA Kualastabas relasi Tanjungkarang-Baturaja,” kata dia.

    Azhar mengatakan tiket KA Rajabasa sudah dapat dipesan mulai H-45 keberangkatan, sementara untuk KA Kualastabas mulai H-7 keberangkatan.

    “Divre IV Tanjungkarang pada periode ini menyiapkan enam perjalanan KA sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan antisipasi peningkatan volume pelanggan yang ingin menikmati momen libur panjang akhir pekan depan,” kata dia.

    Divre Tanjungkarang mengimbau kepada pelanggan KA agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan.

    Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal kereta, mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen libur panjang seperti saat ini.

    “Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api khususnya di momen long weekend ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali,” katanya.

    Pewarta: Dian Hadiyatna
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025