Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Promo Imlek 2025, KAI Beri Diskon 50 Persen untuk Kereta Rute Baru, Ini Daftar KA dan Syaratnya – Halaman all

    Promo Imlek 2025, KAI Beri Diskon 50 Persen untuk Kereta Rute Baru, Ini Daftar KA dan Syaratnya – Halaman all

    Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan promo Imlek Hoki Dompet Happy.

    Tayang: Selasa, 28 Januari 2025 15:30 WIB

    Tangkapan Layar Instagram @kai_

    Tangkapan Layar Instagram @kai_, Promo Imlek 2025, KAI Tebar Diskon 50 Persen untuk pembelian 29 Januari 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan promo Imlek Hoki Dompet Happy.

    Mengutip dari Instagram @kai121_, promo Imlek Hoki Dompet Happy ini menghadirkan diskon 50 persen untuk 5 kereta rute baru.

    “Wah, Ada Promo Diskon 50 persen untuk Kereta Rute Baru di Imlek Hoki Dompet Happy nih!!” tulis Instagram @kai121_.

    Promo ini hanya berlaku untuk pembelian pada tanggal 29 Januari 2025 dan untuk keberangkatan 1 – 6 Februari 2025.

    Daftar Kereta yang Dapat Promo Tiket Diskon 50 Persen

    1. Madiun Jaya 

    Madiun – Pasar Senen (PP)

    Eksekutif dan Ekonomi

    2. Sancaka Utara

    Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap (PP)

    Eksekutif dan Bisnis

    3. Cakrabuana

    Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP)

    Eksekutif dan Ekonomi

    4. Ijen Ekspres

    Ketapang – Malang (PP)

    Eksekutif dan Ekonomi

    5. Gunung Jati

    Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP)

    Eksekutif dan Ekonomi

    Syarat dan ketentuan

    Pembelian tarif diskon ini dapat dilakukan di semua saluran penjualan pada tanggal 29 Januari 2025
    Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1 – 6 Februari 2025
    Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya
    Tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku
    Selama alikasi tiket dan tarif diskon masih tersedia

    (Tribunnews.com/Farrah)

    Artikel Lain Promo Imlek 2025

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • KAI Meriahkan Imlek, Pertunjukan Barongsai Digelar di Sejumlah Stasiun

    KAI Meriahkan Imlek, Pertunjukan Barongsai Digelar di Sejumlah Stasiun

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) menggelar rangkaian acara untuk memeriahkan perayaan Imlek 2025 bertajuk ‘Imlek at Station’. Kegiatan akan berlangsung di 13 stasiun di seluruh Indonesia.

    VP Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, acara yang digelar pada saat perayaan Imlek mencakup pertunjukan barongsai, pembagian jeruk, serta berbagai kompetisi dengan hadiah menarik.

    “Kegiatan ini berlangsung di 13 stasiun di seluruh Indonesia, menghadirkan semangat kebersamaan dan keceriaan kepada pelanggan setia KAI,” kata Anne dalam keterangannya, Selasa (28/1/2025).

    Anne mengungkap, pertunjukkan barongsai di 13 stasiun akan digelar pada Rabu (29/1/2025) dengan jadwal sebagai berikut:

    1. Hall Utara Stasiun Bandung: 14.00-15.00 WIB

    2. Lobi Atas Stasiun Purwokerto: 08.00-09.00 WIB

    3. Hall Stasiun Gambir: 07.30-08.00 WIB (pertunjukan dilakukan pada 28 Januari 2025)

    4. Hall Stasiun Cirebon: 14.00-17.00 WIB

    5. Stasiun Surabaya Gubeng: 07.30-08.30 WIB

    6. Stasiun Tebing Tinggi: 10.00-13.00 WIB

    7. Pintu Timur Stasiun Yogyakarta: 08.00-10.00 WIB

    8. Hall Utara Semarang Tawang Bank Jateng: 10.00-11.00 WIB

    9. Halaman Stasiun Madiun: 09.15-10.15 WIB

    10. Hall Stasiun Pasar Senen: 15.30-16.00 WIB (pertunjukan dilakukan pada 28 Januari 2025)

    11. Stasiun Jember: 09.00-11.00 WIB

    12. Hall Stasiun Kertapati: 07.00-09.00 WIB

    13. Stasiun Tanjungkarang: 07.30-08.30 WIB

    Anne menambahkan, KAI juga akan membagikan jeruk kepada pelanggan di kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

    “Momentum ini diharapkan dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi penumpang selama perjalanan mereka,” ujarnya.

    Berikut dua lokasi stasiun untuk pembagian jeruk:

    1. Stasiun Gambir: Kereta Api Argo Sindoro, Argo Semeru, Taksaka, dan Argo Bromo Anggrek

    2. Stasiun Pasarsenen: Kereta Api Fajar Utama Yogyakarta, Matarmaja, dan Gaya Baru Malam Selatan

    Selain itu, KAI turut menggelar kompetisi photo dan video bertema “Perayaan Imlek di Stasiun”. Hadiah berupa voucher tiket kereta api eksekutif dan luxury menanti para pemenang. Pemenang akan diumumkan pada 10 Februari 2025 melalui media sosial @kai121.

    Anne juga mengajak semua masyarakat untuk mengikuti Imlek Quiz yang berlangsung di Instagram Story @kai121 pada 27-29 Januari 2025. 

    “Pemenang kuis harian akan diumumkan pada 30 Januari 2025 dan berhak mendapatkan merchandise menarik,” pungkasnya. 

    Adapun KAI mencatat lonjakan penumpang selama periode libur panjang Imlek dan Isra Mi’raj. 

    Tercatat hingga 28 Januari 2025 pukul 07.00 WIB, Anne menyebut, volume penumpang kereta api jarak jauh mencapai 129.890 orang, atau 101% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 129.608 kursi. Angka ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi yang aman dan nyaman ini.

    “Hal ini disebabkan oleh adanya penumpang dinamis yang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang perjalanan,” ungkapnya. 

  • Kereta Api RI Makin Ngebut di 2025, Kecepatan Digeber 120 Km/Jam

    Kereta Api RI Makin Ngebut di 2025, Kecepatan Digeber 120 Km/Jam

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan resmi menetapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025. Grafik perjalanan ini akan mulai diberlakukan pada 1 Februari 2025, mencakup jaringan jalur kereta api nasional di Jawa dan Sumatera, dengan berbagai penyesuaian dan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

    “Dalam Gapeka 2025, waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat karena peningkatan kecepatan pada 1.076 perjalanan kereta, dengan peningkatan kecepatan mencapai 5-30 km/jam. Selain itu, rute baru juga dibuka untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Langkah ini merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah melalui KAI dalam menyediakan layanan transportasi yang lebih efisien dan kompetitif,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip Selasa (28/1/2025).

    Anne menambahkan, salah satu perubahan signifikan adalah perluasan layanan kereta api perintis di lintas Rantauprapat Baru-Pondok S5 dan Kreunggeukeuh-Kutablang-Muara Satu. Optimalisasi layanan kereta api perkotaan, seperti KRL Jabodetabek, juga menjadi fokus utama. Selain itu, pola operasi beberapa kereta api, seperti KRL Yogyakarta, KA Bandara YIA, KA Bandara Adi Soemarmo, dan KA Bandara Kualanamu, telah disesuaikan untuk memenuhi permintaan pasar. Jadwal kereta feeder pun telah diatur ulang untuk meningkatkan integrasi dengan layanan Whoosh di Stasiun Padalarang.

    “DJKA dan KAI juga telah melakukan berbagai peningkatan prasarana perkeretaapian sebagai bentuk pengembangan kualitas layanan diantaranya meliputi perubahan jalur tunggal menjadi jalur ganda pada segmen Sepanjang-Mojokerto dan Kiaracondong – Cicalengka serta pembangunan jalur baru pada lintas Kutablang-Muara Satu dan Rantauprapat Baru-Pondok S5. Selain itu, terdapat penambahan stasiun pemberhentian baru, yakni Stasiun Pondok Rajeg (Revitalisasi BPTJ), Stasiun Kedinding dan Stasiun Boharan sebagai stasiun naik turun penumpang. Optimalisasi lainnya dalam Gapeka 2025 ini dilakukan seperti penambahan intermediate Blok pada jalur KA Prabumulih – Simpang yang diharapkan dapat meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api, khususnya pada kereta api angkutan barang,” tuturnya.

    Inovasi ini memungkinkan peningkatan kecepatan maksimum hingga 120 km/jam di beberapa segmen jalur, seperti:

    Foto: Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Dok. KAI)
    Ilustrasi Kereta Api Jarak Jauh. (Dok. KAI)

    • Cikarang – Cikampek
    • Cikampek – Haurgeulis
    • Cirebon – Cirebon Prujakan
    • Cirebon Prujakan – Tegal
    • Cirebon Prujakan – Prupuk
    • Tegal – Comal
    • Kalibodri – Semarang Poncol
    • Semarang Tawang – Ngrombo
    • Ngrombo – Kradenan
    • Kebasen – Kutoarjo
    • Banjar – Kawunganten
    • Jeruklegi – Kroya
    • Kutoarjo – Yogyakarta
    • Lempuyangan – Solobalapan
    • Solojebres – Walikukun
    • Gundih – Solobalapan
    • Walikukun – Mojokerto
    • Kertosono – Blitar
    • Cepu – Lamongan
    • Mojokerto – Wonokromo
    • Wonokromo – Surabaya Gubeng
    • Leces – Probolinggo
    • Probolinggo – Pasuruan

    Perubahan ini berdampak pada waktu perjalanan yang lebih singkat. Berikut beberapa layanan kereta api dengan waktu tempuh yang dipangkas:

    1. KA Majapahit, lintas pelayanan Pasarsenen – Malang dengan pemangkasan waktu tempuh 119 menit;

    2. KA Pandalungan, lintas pelayanan Gambir – Jember dengan pemangkasan waktu tempuh 95 menit;

    3. KA Progo, lintas pelayanan Lempuyangan – Pasarsenen dengan pemangkasan waktu tempuh 85 menit;

    4. KA Tawang Jaya, lintas pelayanan Pasarsenen – Semarang Poncol dengan pemangkasan waktu tempuh 76 menit;

    5. KA Ciremai, lintas pelayanan Bandung – Semarang Tawang dengan pemangkasan waktu tempuh 74 menit;

    6. Serta KA-KA lainnya.

    “Perubahan dalam Gapeka 2025 ini kami harapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat secara optimal. Inovasi ini juga diharapkan dapat memperkuat peran kereta api sebagai moda transportasi yang aman, cepat, dan efisien,” tutup Anne.

    (wur/wur)

  • Libur Panjang, 27.206 Penumpang Tinggalkan Jakarta Melalui Stasiun Gambir dan Pasar Senen – Halaman all

    Libur Panjang, 27.206 Penumpang Tinggalkan Jakarta Melalui Stasiun Gambir dan Pasar Senen – Halaman all

    PT KAI mencatat sebanyak 27.206 penumpang telah meninggalkan Jakarta pada momen libur panjang pekan ini.

    Tayang: Senin, 27 Januari 2025 11:50 WIB

    Dok Polres Jakarta Pusat

    Ilustrasi Stasiun Gambir – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta mencatat sebanyak 27.206 penumpang telah meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada momen libur panjang, Senin (27/1/2025). 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta mencatat sebanyak 27.206 penumpang telah meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada momen libur panjang, Senin (27/1/2025).

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyebutkan, 10.278 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, sedangkan dari Stasiun Pasar Senen tercatat 16.928 penumpang.

    “Tingkat okupansi telah mencapai 71,6 persen, dengan total tiket yang terjual sebanyak 27.206 tempat duduk,” ujar Ixfan dalam keterangannya, Senin (27/1/2025).

    Ixfan mengingatkan penumpang yang ingin merencanakan perjalanan dengan menggunakan kereta api pada masa libur panjang akhir pekan ini, segera untuk melihat ketersediaan tiket agar tidak kehabisan.

    “Untuk periode ini 24-29 Januari 2025, sisa tempat duduk yang tersedia sebanyak 49.430, untuk ketersediaan tempat duduk dinamis karena penjualan tiket kereta api masih berlangsung,” tambahnya.

    Perjalanan Kereta Memutar Jalur akibat Banjir di Grobogan

    Perjalanan kereta dari Surabaya dan Jember menuju Jakarta mengalami kendala akibat banjir di wilayah Grobogan, Jawa Tengah. 

    Sejumlah kereta terpaksa memutar jalur melalui Gambringan-Gundih-Brumbung dan Surabaya-Solo-Brumbung, yang menyebabkan keterlambatan baik di Stasiun Gambir maupun Pasar Senen.

    Berikut daftar keterlambatan kereta yang tercatat:

    KA 107 (Jayabaya), relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 03.23 WIB, lambat 111 menit.
    KA 129A (Gumarang), relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 05.25 WIB, lambat 185 menit.
    KA 63 (Sembrani), relasi Surabaya Pasarturi-Gambir, tiba di Stasiun Gambir pukul 07.21 WIB, lambat 136 menit.
    KA 3 (Argo Anggrek), relasi Surabaya Pasarturi-Gambir, tiba di Stasiun Gambir pukul 07.26 WIB, lambat 126 menit.
    KA 77F (Pandalungan), relasi Jember-Gambir, estimasi tiba di Stasiun Gambir pukul 09.00 WIB, lambat sekitar 252 menit.
    KA 131 (Dharmawangsa), relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, estimasi tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 11.20 WIB, lambat sekitar 159 menit.
    KA 185B (Blambangan), relasi Ketapang-Pasarsenen, estimasi tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 11.40 WIB, lambat sekitar 260 menit.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’2′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Sejumlah KA Terlambat Tiba di Stasiun Senen dan Gambir Akibat Banjir Grobogan

    Sejumlah KA Terlambat Tiba di Stasiun Senen dan Gambir Akibat Banjir Grobogan

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api akibat banjir di jalur kereta api Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan. Jalur lintas Semarang-Surabaya tersebut ditutup sementara sejak Jumat (24/1/2025) pukul 22.25 WIB demi keselamatan perjalanan.

    Penutupan jalur ini menyebabkan sejumlah kereta api mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen karena harus memutar melalui jalur alternatif.

    Berikut daftar kereta api yang terdampak dan waktu keterlambatannya:
    1. KA 107 (Jayabaya): Surabaya Pasarturi-Pasar Senen, tiba pukul 03.23 WIB, terlambat 111 menit.
    2. KA 129A (Gumarang): Surabaya Pasarturi-Pasar Senen, tiba pukul 05.25 WIB, terlambat 185 menit.
    3. KA 63 (Sembrani): Surabaya Pasarturi-Gambir, tiba pukul 07.21 WIB, terlambat 136 menit
    4. KA 3 (Argo Anggrek): Surabaya Pasarturi-Gambir, tiba pukul 07.26 WIB, terlambat 126 menit.
    5. KA 77F (Pandalungan): Jember-Gambir, estimasi tiba pukul 09.00 WIB, terlambat sekitar 252 menit.
    6. KA 131 (Dharmawangsa): Surabaya Pasarturi-Pasar Senen, estimasi tiba pukul 11.20 WIB, terlambat sekitar 159 menit.
    7. KA 185B (Blambangan): Ketapang-asar Senen, estimasi tiba pukul 11.40 WIB, terlambat sekitar 260 menit.

    Sementara itu, keberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Senin (27/1/2025) tetap dilakukan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menegaskan keselamatan adalah prioritas utama. Untuk itu, jalur terdampak banjir ditutup sementara guna memastikan penanganan dilakukan secara intensif meski terjadi keterlambatan perjalanan kereta api.

    “KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung untuk memulihkan kondisi secepat mungkin,” ujar Ixfan.

    KAI juga memberikan layanan, seperti pengembalian tiket secara penuh, penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan, dan service recovery untuk penumpang yang terdampak keterlambatan kereta api.

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempercepat penanganan di lokasi terdampak,” tutup Ixfan terkait keterlambatan kereta api karena banjir grobogan.

  • Libur Panjang Isra’ Mi’raj dan Tahun Baru Imlek, Tiket KA Divre IV Tanjungkarang Ludes Terjual

    Libur Panjang Isra’ Mi’raj dan Tahun Baru Imlek, Tiket KA Divre IV Tanjungkarang Ludes Terjual

    Liputan6.com, Lampung – Tiket kereta api untuk periode libur panjang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili telah habis terjual. PT KAI (Persero) Divre IV Tanjungkarang mencatat, hingga Kamis (23/1/2025), sebanyak 13.656 tiket untuk perjalanan 24-29 Januari 2025 telah terjual habis. Dalam periode tersebut, PT KAI Divre IV menyediakan 13.656 kursi, yang terdiri dari 6.360 kursi untuk KA Rajabasa rute Tanjungkarang-Kertapati, dan 7.296 kursi untuk KA Kualastabas rute Tanjungkarang-Baturaja.

    Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari mengatakan bahwa tiket KA Rajabasa telah dibuka sejak H-45 keberangkatan, sementara tiket KA Kualastabas mulai tersedia pada H-7 keberangkatan. “Pada periode ini, kami mengoperasikan enam perjalanan kereta api untuk melayani masyarakat dan mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin memanfaatkan libur panjang akhir pekan,” kata Zaki, Jumat (24/1/2025).

    Zaki juga mengimbau para pelanggan untuk mengatur waktu keberangkatan dengan baik guna menghindari keterlambatan, terutama karena jalan raya diprediksi akan semakin padat selama libur panjang ini. “Kami berkomitmen untuk memastikan perjalanan kereta api di momen long weekend ini berjalan dengan selamat, aman, lancar, dan tertib,” pungkasnya.

  • KAI Daop Jember Pastikan Kenyamanan Penumpang di Tengah Gangguan Perjalanan Akibat Banjir Grobogan

    KAI Daop Jember Pastikan Kenyamanan Penumpang di Tengah Gangguan Perjalanan Akibat Banjir Grobogan

    JAKARTA – Banjir yang melanda Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mengakibatkan keterlambatan perjalanan kereta api, termasuk KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan.

    Sebagai bentuk perhatian kepada penumpang yang terdampak, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember memberikan kompensasi berupa makanan dan minuman melalui program service recovery.

    “Sebagai bagian dari komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik, makanan dan minuman disediakan untuk penumpang yang mengalami keterlambatan perjalanan,” ujar Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro, di Jember, seperti dikutip ANTARA.

    Ia menjelaskan bahwa banjir di Grobogan memaksa KAI melakukan rekayasa pola operasi untuk KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan, sehingga kedua kereta tersebut terlambat tiba di stasiun tujuan.

    “KAI tetap berupaya memastikan kenyamanan penumpang meski di tengah situasi darurat dengan memberikan service recovery berupa makanan dan minuman sesuai prosedur,” tambahnya.

    Program service recovery ini didasarkan pada ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Dalam aturan tersebut disebutkan:

    Jika keterlambatan mencapai 1 jam, penumpang mendapatkan minuman ringan.Jika keterlambatan melebihi 3 jam, diberikan minuman dan makanan ringan.Untuk keterlambatan lebih dari 5 jam, penumpang berhak menerima makanan berat.

    Pada kasus ini, KA Pandalungan mengalami keterlambatan hingga 5 jam, sementara KA Blambangan Ekspres terlambat sekitar 2,5 jam saat tiba di tujuan.

    “Penumpang yang mengalami keterlambatan lebih dari 1 jam sebelum keberangkatan juga dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian dana 100 persen, di luar biaya pemesanan,” jelas Cahyo.

    KAI Daop 9 Jember juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang akibat kondisi banjir, yang berada di luar kendali perusahaan. Meski demikian, KAI tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk memastikan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

    Dari total 24 perjalanan kereta api yang dikelola Daop 9 Jember setiap hari, hanya empat perjalanan yang terganggu akibat banjir, yakni KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres. Sementara 20 perjalanan lainnya tetap beroperasi normal.

    Cahyo menegaskan bahwa keselamatan tetap menjadi prioritas utama KAI. Jalur yang terdampak banjir untuk sementara waktu ditutup hingga dinyatakan aman untuk dilalui.

    “KAI berusaha memulihkan jalur yang terdampak dengan dukungan penuh tim tanggap darurat. Kami juga terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, DJKA, serta pemerintah daerah untuk mempercepat penanganan,” ungkapnya.

    Sebagai langkah mitigasi, KAI memberlakukan pola perjalanan memutar dan rekayasa operasional sementara untuk meminimalkan dampak terhadap penumpang.

  • KAI Daop 1 Jakarta operasikan 7 KA tambahan di libur Isra Mikraj-Imlek

    KAI Daop 1 Jakarta operasikan 7 KA tambahan di libur Isra Mikraj-Imlek

    KAI Daop 1 Jakarta mencatat lonjakan jumlah penumpang yang berangkat mulai Jumat (24/1) hingga Minggu (27/1) mencapai sekitar 111.992 penumpang.

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengoperasikan tujuh kereta api (KA) tambahan yang melayani berbagai tujuan di Pulau Jawa guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang di masa libur Isra Mikraj-Imlek 2025.

    “Penambahan kereta ini bertujuan untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat selama periode libur panjang,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

    Adapun KA tambahan yang dimaksud yakni KA Tambahan Pasar Senen – Lempuyangan (KA 10908) rute Pasar Senen – Lempuyangan yang beroperasi 23 – 30 Januari 2025.

    Lalu, KA Sembrani Tambahan (KA 7010A) rute Gambir – Surabaya Pasar Turi yang beroperasi: 24 – 31 Januari 2025.

    Selanjutnya, KA Tambahan Gambir – Yogyakarta (KA 7004B) rute Gambir – Yogyakarta yang beroperasi 24 – 30 Januari 2025.

    Kemudian, KA Tambahan Gambir – Yogyakarta (KA 7002B) rute Gambir – Yogyakarta yang beroperasi: 24 – 30 Januari 2025.

    Selain itu, terdapat KA Tambahan Gambir – Solo (KA 7016B) rute Gambir – Solo Balapan yang beroperasi 24 – 30 Januari 2025.

    Lalu, KA Argo Cheribon (KA 30F) rute Gambir – Cirebon yang beroperasi 28 – 29 Januari 2025.

    Terakhir, KA Argo Parahyangan (KA 40A) rute Gambir – Bandung yang beroperasi 28 – 29 Januari 2025.

    KAI Daop 1 Jakarta mencatat lonjakan jumlah penumpang yang berangkat mulai Jumat (24/1) hingga Minggu (27/1) mencapai sekitar 111.992 penumpang.

    Jumlah tersebut terdiri atas 41.809 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, 47.779 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, dan sisanya dari stasiun-stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta.

    Ixfan menuturkan sejak 24 Januari hingga 29 Januari 2025, KAI Daop 1 Jakarta menyediakan sebanyak 226.086 kursi dengan 411 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) atau rata-rata 69 KAJJ per hari.

    Dari 69 KAJJ ini, sebanyak 36 KA berangkat dari Stasiun Gambir, dan 33 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    “Total tiket telah dipesan sampai hari Minggu ini sebanyak 168.750 kursi atau 75 persen dari kursi tersedia,” ujar Ixfan.

    Dia merinci, dari jumlah tersebut sebanyak 57.697 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 73.946 dari Stasiun Pasar Senen dan sisanya dari stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Surat Terbuka Dirut KAI ke Pengguna Kereta Api: Kami Mohon Maaf – Page 3

    Surat Terbuka Dirut KAI ke Pengguna Kereta Api: Kami Mohon Maaf – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, melalui sebuah pernyataan resmi, meminta maaf atas keterlambatan perjalanan kereta api yang terjadi disebabkan oleh dampak banjir di wilayah Grobogan.

    Didiek memahami bahwa libur panjang selalu menjadi momen yang dinantikan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat.

    Menyadari hal ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik di setiap area operasional.

    Oleh karena itu, demi menjaga operasional tetap berjalan baik, PT KAI sengaja menunda beberapa perjalanan, karena keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama.

    “Kami sangat memahami libur panjang ini banyak rencana bersamakeluarga dan sahabat. KAl terus berusaha memberikan layanan terbaik di semua area operasional. Namun, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan perjalanan kereta api, terutama di jalur utara yang terdampak banjir di Grobogan,” kata Didiek, di Jakarta, Minggu (26/1/2025).

    Lebih lanjut Didiek Hartantyo menyampaikan bahwa tim KAI sedang bekerja keras untuk melakukan normalisasi jalur dan memastikan kerjasama dengan berbagai pihak terkait agar masalah ini segera teratasi.

    Isi Surat Terbuka Dirut KAI

     

    Berikut tulisan surat dari Didiek Hartantyo kepada para pelanggan kereta api:

     

    Pelanggan KAI yang kami cintai,

    Terima kasih atas kepercayaannya untuk melakukan perjalanan Bersama kami.

    Kami sangat memahami libur panjang ini banyak rencana Bersama keluarga dan sahabat. KAl terus berusaha memberikan layanan terbaik di semua area operasional.

    Namun, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan perjalanan kereta api, terutama di jalur utara yang terdampak banjir di Grobogan. Keselamatan Anda adalah prioritas kami.

    Kami sedang bekerja keras bersama seluruh pegawai untuk normalisasi jalur berkolaborasi dengan berbagai pihak.

    Sekali lagi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini

     

    Salam hangat,

    Didiek Hartantyo

     

  • Banjir Grobogan, PT KAI Daop 9 Jember Berikan Service Recovery untuk 7.647 Penumpang

    Banjir Grobogan, PT KAI Daop 9 Jember Berikan Service Recovery untuk 7.647 Penumpang

    Jember (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember memberikan service recovery untuk 7.647 orang penumpang Kereta Api Pandalungan dan Kereta Api Blambangan Ekspres pada 22-26 Januari 2025.

    Layanan ini diberikan menyusul terjadinya banjir di Kabupaten Grobogan yang menghambat perjalanan kereta api sejak Selasa (21/1/2025). Dari 24 perjalanan kereta api yang dilayani di Daop 9 Jember setiap harin, banjir hanya mengganggu empat perjalanan yaitu KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres, selebihnya 20 perjalanan kereta api yang lain berjalan normal.

    Manajer Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan, pemberian service recovery diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 63 Tahun 2019 tentang tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

    “Dalam situasi ini, KAI tetap berusaha memastikan kenyamanan pelanggan dengan pembagian service recovery,” kata Cahyo, sebagaimana dilansir Humas PT KAI Daop 9, Minggu (26/1/2025).

    Banjir menyebabkan PT KAI merekayasa pola operasi, sehingga kereta mengalami keterlambatan tiba di tujuan. Sesuai aturan, apabila kereta yang digunakan mengalami keterlambatan, penumpang memperoleh minuman ringan pada satu jam pertama. Jika keterlambatan lebih dari tiga jam, maka akan diberikan minuman dan makanan ringan.

    Jika keterlambatan lebih dari lima jam, maka akan diberikan minuman dan makanan berat. Penumpang juga membatalkan tiket jika kereta api mengalami keterlambatan perjalanan lebih dari satu jam sebelum keberangkatan. Uang pembelian tiket akan dikembalikan 100 persen di luar bea pemesanan.

    PT KAI Daop 9 Jember meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat keterlambatan yang terjadi. “Banjir di Kabupaten Grobogan berada di luar kendali,” kata Cahyo. [wir]