Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Promo KAI Spesial Imlek 2025: Diskon 50 Persen Tiket Kereta Api untuk Rute Baru, Ini Syaratnya – Halaman all

    Promo KAI Spesial Imlek 2025: Diskon 50 Persen Tiket Kereta Api untuk Rute Baru, Ini Syaratnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar program promo diskon spesial Imlek 2025.

    PT KAI memberikan promo diskon tiket kereta api sebesar 50 persen untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2025 yang bertajuk ‘Imlek Hoki Dompet Happy.

    Calon penumpang bisa membeli tiket kereta api dengan potongan harga 50 persen hanya untuk pemesan mulai hari ini, Rabu, 29 Januari 2025.

    Tiket kereta api promo KAI Spesial Imlek 2025 dapat pakai untuk keberangkatan pada tanggal 1-6 Februari 2025.

    “Kalian bisa dapatkan promo diskon 50 persen ini di semua channel resmi penjualan tiket kereta api dengan periode pembelian mulai tanggal 29 Januari 2025, berlaku untuk keberangkatan tanggal 1-6 Februari 2025,” tulis Instagram @kai121_, dikutip Rabu (29/1/2025).

    Adapun promo KAI Spesial Imlek 2025 ini hanya berlaku bagi sejumlah rute baru yang akan hadir mulai 1 Februari 2025.

    Lantas, tujuan kemana saja rute yang mendapat diskon tiket promo KAI Spesial Imlek 2025?

    Serta, apa saja syarat dapat diskon 50 persen dari promo KAI Imlek 2025?

    Simak daftar kereta dan syarat untuk dapatkan diskon tiket kereta api promo KAI Spesial Imlek 2025, mengutip Instagram @kai121_ sebagai berikut.

    Daftar KA dan Rute yang Dapatkan Diskon Promo Spesial Imlek 2025

    “Ada promo tiket buat kalian yang ingin merasakan experience perjalanan dengan kereta rute baru: Madiun Jaya, Sancaka Utara, Cakrabuana, Ijen Ekspres, dan Gunungjati, yang akan hadir pada 1 Februari 2025,” tulis KAI.

    1. KA Madiun Jaya

    Rute Madiun – Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    2. KA Sancaka Utara

    Rute Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.

    3. KA Cakrabuana

    Rute Gambir – Cirebon – Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    4. KA Ijen Ekspres 

    Rute Ketapang – Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    5. KA Gunung Jati 

    Rute Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    Syarat dan Ketentuan Promo KAI Spesial Imlek 2025

    1.Pembelian tiket dengan tarif diskon dapat dilakukan melalui seluruh saluran penjualan KAI pada 29 Januari 2025.

    2. Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1-6 Februari 2025.

    3. Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya.

    4. Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

    5. Promo ini berlaku selama alokasi tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    (Tribunnews.com/Muhammad Alvian Fakka)

  • Puncak Arus Balik Libur Panjang, 37 Ribu Orang Tiba di Jakarta Via Kereta

    Puncak Arus Balik Libur Panjang, 37 Ribu Orang Tiba di Jakarta Via Kereta

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat lebih dari 37 ribu penumpang tiba di Jakarta hari ini usai libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 2025. Adapun hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik libur panjang yang berlangsung sejak 24 hingga 29 Januari 2025.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwinto mengatakan sebanyak 37.579 penumpang tiba di Jakarta pada hari ini. Rinciannya, di Stasiun Gambir sebanyak 13.003 penumpang, di Stasiun Pasar Senen: 14.165 penumpang, total Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang serta Stasiun Cikampek sebesar 10.411 penumpang.

    “Secara total, selama periode libur panjang ini, volume penumpang yang tiba di stasiun-stasiun Daop 1 Jakarta mencapai 185.948 penumpang,” kata Ixfan dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1/2025).

    Dengan begitu, rata-rata 30.825 penumpang per hari. Dengan rincian, di Stasiun Gambir sebesar 59.394 penumpang, di Stasiun Pasar Senen sebesar 67.508 penumpang, di Stasiun Jatinegara sebesar 21.745 penumpang, serta stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebesar 37.301 penumpang.

    Sementara itu, volume keberangkatan penumpang dari Jakarta pada hari ini, Rabu, 29 Januari 2025, juga tergolong tinggi dibanding hari biasa. Ixfan menyebut sebanyak 26.798 penumpang berangkat.

    Ixfan menjelaskan di Stasiun Gambir sebanyak 8.136 penumpang berangkat dengan 36 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ). Di Stasiun Pasar Senen sebanyak 10.950 penumpang berangkat dengan 33 perjalanan KAJJ dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 7.712 penumpang.

    Lebih lanjut, selama periode libur panjang 24-29 Januari 2025, jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang dioperasikan sebanyak 411 perjalanan, atau rata-rata 69 perjalanan per hari. Kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 222.873 tempat duduk dengan rata-rata 37.146 per hari dan tingkat okupansi 87,8%.

    “Total tiket terjual sebesar 195.735 tempat duduk. Sisa tempat duduk tersedia pada 29 Januari 2025: 10.947 tempat duduk di mana 23% dari total 37.382 tempat duduk,” imbuh Ixfan.

    (hns/hns)

  • Ada Banjir di Grobogan, Ini Kereta yang Terlambat Tiba di Jakarta

    Ada Banjir di Grobogan, Ini Kereta yang Terlambat Tiba di Jakarta

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api akibat luapan air di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, lintas Semarang-Surabaya. Jalur ini ditutup sementara sejak Jumat, 24 Januari 2025 pukul 22.25 WIB demi keselamatan perjalanan.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwinto mengatakan keselamatan adalah prioritas utama KAI. Oleh karena itu, jalur terdampak ditutup sementara agar dapat dilakukan upaya penanganan secara intensif.

    “KAI telah mengerahkan ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk mempercepat pemulihan jalur,” kata Ixfan dalam keterangannya, Rabu (29/1/2025).

    Ixfan menjelaskan penumpang yang terdampak diberikan layanan pengembalian tiket secara penuh atau reschedule perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, service recovery disediakan bagi penumpang yang mengalami keterlambatan sesuai ketentuan.

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. KAI terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempercepat penanganan di lokasi terdampak,” imbuh Ixfan.

    Atas insiden tersebut, Ixfan menerangkan terdapat ada keterlambatan beberapa kereta api yang tiba di wilayah Daop 1 Jakarta. Berikut daftar kereta yang terlambat:

    1. KA 77F Pandalungan, Jember – Gambir, tiba pukul 07.14, terlambat 149 menit

    2. KA 3 Argo Bromo Anggrek, Surabaya Pasarturi – Gambir, tiba pukul 07.37, terlambat 137 menit

    3. KA 63 Sembrani, Surabaya Pasarturi – Gambir, tiba pukul 08.52, terlambat 227 menit

    4. Plb 185B Blambangan, Surabaya Pasarturi – Pasar Senen, estimasi keterlambatan 246 menit

    5. Plb 219A Kertajaya, Surabaya Pasarturi – Pasar Senen, estimasi keterlambatan 158 menit

    (hns/hns)

  • Siap-Siap Stasiun Karet Ditutup, Ini Alasan dan Jadwalnya

    Siap-Siap Stasiun Karet Ditutup, Ini Alasan dan Jadwalnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Stasiun Karet akan ditutup mulai Februari 2025. Hal tersebut sudah dipastikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

    “Betul rencana nanti di GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) Baru 2025 bulan Februari Stasiun Karet tidak melayani naik turun penumpang,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (29/1/2025).

    Usai ditutup, Stasiun Karet akan dijadikan akses integrasi ke Stasiun Sudirman. Sehingga nantinya di Stasiun Sudirman sebagai hub moda terusan Whoosh-LRT-CL Basoetta.

    Ia pun memastikan fasilitas bangunan dan gedung Stasiun Karet tidak akan dibongkar.

    “Betul bangunannya tidak dihilangkan,” ujar Raden Agus.

    Alasan Stasiun Karet Ditutup

    Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan KAI Rudi As Atturidha menegaskan, penutupan Stasiun Karet karena jarak dengan Stasiun BNI City cukup dekat. Dia bilang nantinya para penumpang KRL Commuter Line akan dilayani di Stasiun BNI City dan Sudirman. Hal yang sama juga dilakukan untuk KA Bandara Soetta

    “Masih dong (KA Bandara) jadi masih tetap karena kita cover orang yang naik-turun LRT kan lumayan jauh. Nah makanya rencananya nanti di situ kita buka, untuk naik-turun juga,” ucapnya.

    “Karet sebetulnya kita sudah berdekatan, jadi sudah enggak efektif. Untuk KRL semuanya naik turunnya di sini (BNI City),” sebutnya.

    Kemudian lanjut Rudi, telah membuat selasar atau kawasan pejalan kaki yang menghubungkan antara area Stasiun BNI City dengan Stasiun Karet.

    “Stasiun Karet ditutup karena sudah dekat sekali dengan BNI City. Jadi kalau orang yang mau ke Karet, dia tinggal jalan aja. Kan kita sudah buat yang selasarnya sampai dengan ke BNI City,” ucapnya.

    Untuk waktunya, saat ini KAI tengah meminta persetujuan ke Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

    “Ini nanti lagi dimintakan persetujuan ke Kementerian,” kata dia.

    Demi Keselamatan Penumpang

    Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Asdo Artriviyanto mengungkapkan kalau rencana penutupan Stasiun Karet akan dilakukan dalam waktu dekat, yaitu tahun ini juga. Katanya penutupan Stasiun Karet menunggu GAPEKA 2025 diberlakukan.

    “Rencana nanti, di 2025, waktunya baru kita menunggu penyesuaian GAPEKA,” kata Asdo di Jakarta, Rabu (1/1/2024).

    VP Corporate Communication KAI Commuter Joni Martinus menjelaskan dalam upaya mengurangi waktu tempuh perjalanan kereta, saat ini KAI Commuter bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah melakukan pembahasan dan koordinasi bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan atau DJKA, untuk mengintegrasikan operasional Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City. Sebab, berdasarkan riset dan pengamatan faktual yang dilakukan, posisi Stasiun Karet hanya berjarak 350 meter dari Stasiun BNI City.

    “Pengguna Commuter Line akan terlayani lebih baik di Stasiun BNI City yang selama ini melayani rata-rata 2.408 orang atau sebanyak 100 orang pengguna per jam setiap hari. Dari sisi kapasitas maksimal, Stasiun BNI City pun dapat menampung penumpang sebanyak 2.000 pengguna setiap jamnya,” tutur Joni.

    Selain dapat menyingkat waktu perjalanan kereta, keberadaan Stasiun Karet dinilai sudah tidak layak. Berdasarkan data KAI, dalam satu jam pengguna Commuter Line yang masuk ke stasiun mencapai hampir 2 ribu penumpang, dengan waktu tunggu pemberangkatan selama 10 menit. Hal itu tentunya membutuhkan kapasitas ruang tunggu sebanyak 330 orang.

    Padahal, saat ini hall Stasiun Karet hanya dapat menampung sekitar 150 orang, sehingga lebih beresiko terhadap keselamatan pengguna. Belum lagi akses menuju pintu masuk Stasiun Karet rentan memicu kemacetan lantaran berada dekat perlintasan.

    “Jika digabung ke Stasiun BNI City, maka penumpang dapat menikmati fasilitas dan layanan yang optimal, dan tentunya lebih aman. KAI Commuter sebagai pengelola Commuter Line berkomitmen menjadikan safety atau keselamatan pengguna sebagai prioritas,” tegas Joni.

    KAI Commuter juga akan terus mengembangkan dan menambah fasilitas-fasilitas layanan pengguna di Stasiun BNI City secara bertahap. Dengan peningkatan tersebut, Commuter Line Basoetta diharapkan bisa menjadi pendukung ekosistem konektivitas ke Bandara Soekarno-Hatta dari dan menuju pusat kota Jakarta.

    (dce)

  • KAI Daop 1 Jakarta: 37 ribu penumpang tiba di Jakarta di hari Imlek

    KAI Daop 1 Jakarta: 37 ribu penumpang tiba di Jakarta di hari Imlek

    sebanyak 13.003 penumpang tiba di Stasiun Gambir dan 14.165 penumpang di Stasiun Pasar Senen

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 37.579 penumpang kereta api (KA) tiba di Jakarta dan beberapa stasiun lain di Daop 1 Jakarta pada hari Imlek ini atau puncak arus balik liburan.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwinto dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu merinci, dari jumlah tersebut sebanyak 13.003 penumpang tiba di Stasiun Gambir dan 14.165 penumpang di Stasiun Pasar Senen.

    Lalu, 10.411 penumpang tiba di Stasiun Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

    Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat tercatat dari stasiun di Jakarta dan lainnya di wilayah Daop1 Jakarta sebanyak 26.798 penumpang berangkat.

    Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.136 orang (dengan 36 perjalanan kereta api jarak jauh/KAJJ) berangkat dari Stasiun Gambir 10.950 orang (dengan 33 perjalanan KAJJ) dari Stasiun Pasar Senen.

    Sementara dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 7.712 penumpang.

    Adapun secara total, selama periode libur panjang Isra Mikraj dan Imlek 24-29 Januari 2025, volume penumpang yang tiba di stasiun-stasiun Daop 1 Jakarta mencapai 185.948 penumpang, atau rata-rata 30.825 penumpang per hari.

    “Stasiun Gambir 59.394 penumpang, Stasiun Pasar Senen 67.508 penumpang, Stasiun Jatinegara 21.745 penumpang, dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta 37.301 penumpang,” sebut Ixfan.

    Dia menambahkan jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang dioperasikan selama periode libur panjang 24–29 Januari 2025 yakni sebanyak 411 perjalanan, atau rata-rata 69 perjalanan per hari.

    “Kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 222.873 tempat duduk (rata-rata 37.146 per hari), dengan tingkat okupansi 87,8 persen,” kata Ixfan.

    Lalu, sisa tempat duduk tersedia hari ini yakni 10.947 tempat duduk atau 23 persen dari total 37.382 tempat duduk.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Promo Imlek! Simak Cara dan Syarat Dapat Potongan Harga 50% dari KAI

    Promo Imlek! Simak Cara dan Syarat Dapat Potongan Harga 50% dari KAI

    Bisnis.com, JAKARTA – Ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi jika Anda ingin mendapatkan diskon 50% dari KAI spesial Imlek 2025.

    Sebagaimana diketahui, KAI juga memberikan diskon menarik spesial Imlek bertajuk “Imlek Hoki Dompet Happy”. Tak main-main, promo yang diberikan berupa potongan harga hingga 50%.

    Meski demikian, calon penumpang perlu mengikuti beberapa syarat dan ketentuan dari PT KAI untuk bisa mendapatkan diskon ini.

    “Ada promo tiket buat kalian yang ingin merasakan experience perjalanan dengan kereta rute baru: Madiun Jaya, Sancaka Utara, Cakrabuana, Ijen Ekspres, dan Gunungjati, yang akan hadir pada 1 Februari 2025,” tulis KAI di media sosial resminya.

    “Kalian bisa dapatkan promo diskon 50% ini di semua channel resmi penjualan tiket kereta api dengan periode pembelian mulai tanggal 29 Januari 2025, berlaku untuk keberangkatan tanggal 1-6 Februari 2025,” lanjut mereka.

    Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara dan syarat mendapatkan diskon 50% dari KAI:
    Syarat Dapat Diskin 50% dari KAI

    Pembelian tiket dengan tarif diskon dapat dilakukan melalui seluruh saluran penjualan KAI pada 29 Januari 2025
    Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1-6 Februari 2025
    Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya
    Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku
    Promo ini berlaku selama alokasi tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    Daftar Kereta Api yang Bisa Dipilih

    KA Madiun Jaya relasi Madiun-Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
    KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi-Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.
    KA Cakrabuana relasi Gambir-Cirebon-Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
    KA Ijen Ekspres relasi Ketapang-Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.
    KA Gunung Jati relasi Gambir-Cirebon-Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    Cara mendapat diskon

    Kunjungi saluran penjualan tiket KAI favorit Anda.
    Pastikan Anda membeli tiketnya hari ini, Kamis 29 Januari 2025 untuk keberangkatan 1-6 Februari 2025.
    Pastikan Anda memilih kereta dan jurusan yang mendapat diskon.
    Jika kuota masih, maka Anda akan langsung mendapatkan diskon saat pembayaran.

  • Promo KAI Spesial Imlek 2025: Diskon 50 Persen Tiket Kereta Api untuk Rute Baru, Ini Syaratnya – Halaman all

    KAI Hadirkan Promo Imlek Hoki Dompet Happy, Ini Syarat dan Daftar KA yang Diskon 50 Persen – Halaman all

    KAI hadirkan promo spesial menyemarakan perayaan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili, ada diskon tiket 50 persen untuk pembelian 29 Januari 2025.

    Tayang: Rabu, 29 Januari 2025 08:34 WIB

    Instagram @kai121_

    DISKON KAI. Tangkapan Layar laman resmi Instagram @kai121_ yang diambil pada Rabu (29/1/2025). KAI hadirkan promo spesial Imlek 2025, ada diskon tiket 50 persen untuk pembelian 29 Januari 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan promo spesial menyemarakan perayaan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili yang bertajuk “Imlek Hoki Dompet Happy!”.

    Dalam promo ini, pelanggan dapat menikmati diskon tiket 50 persen untuk perjalanan dengan layanan kereta baru yang diresmikan pada Gapeka 2025.

    Promo ini berlaku untuk pembelian tiket pada 29 Januari 2025 dengan periode keberangkatan 1-6 Februari 2025.

    “Kami menghadirkan promo ‘Imlek Hoki Dompet Happy!’ untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih hemat dan berkesan bagi pelanggan setia.”

    “Kami juga berharap layanan kereta baru yang dirilis pada Gapeka 2025 dapat memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat secara lebih optimal,” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dikutip dari Siaran Pers KAI, Rabu (29/1/2025).
     
    Lebih lanjut, Anne mengatakan, KAI akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan melalui berbagai inovasi dan program menarik. 
     
    “Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk merencanakan perjalanan Imlek Anda bersama kereta api baru dengan rute baru yang nyaman, aman, dan ekonomis.”

    “Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi layanan Contact Center KAI 121 atau melalui aplikasi Access by KAI,” tutup Anne.

    Daftar KA yang Promo Diskon 50 Persen:

    1. KA Madiun Jaya

    Relasi Madiun – Pasarsenen (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    2. KA Sancaka Utara

    Relasi Surabaya Pasarturi – Solo Balapan – Cilacap (PP), Kelas Eksekutif dan Bisnis.

    3. KA Cakrabuana

    Relasi Gambir – Cirebon – Purwokerto (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    4. KA Ijen Ekspres 

    Relasi Ketapang – Malang (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    5. KA Gunung Jati 

    Relasi Gambir – Cirebon – Semarang Tawang Bank Jateng (PP), Kelas Eksekutif dan Ekonomi.

    Syarat dan Ketentuan Promo:

    Pembelian tiket dengan tarif diskon dapat dilakukan melalui seluruh saluran penjualan KAI pada 29 Januari 2025.
    Tarif diskon berlaku untuk periode keberangkatan 1-6 Februari 2025.
    Diskon tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya.
    Tiket dengan tarif diskon dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.
    Promo ini berlaku selama alokasi tiket dengan tarif diskon masih tersedia.

    (Tribunnews.com/Latifah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Daop 3 Cirebon tingkatkan keselamatan perjalanan KA dengan penggantian material prasarana

    Daop 3 Cirebon tingkatkan keselamatan perjalanan KA dengan penggantian material prasarana

    Sumber foto: Yohanes Charles/elshinta.com.

    Daop 3 Cirebon tingkatkan keselamatan perjalanan KA dengan penggantian material prasarana
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 28 Januari 2025 – 23:34 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan melakukan perbaikan dan penggantian material pada prasarana jalan rel sepanjang tahun 2024. 

    Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan KAI untuk memberikan pelayanan terbaik serta menjaga keandalan operasional kereta api, sekaligus mendukung transportasi yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

    Selama tahun 2024, KAI Daop 3 Cirebon berhasil mengganti rel baru sepanjang 10.000 meter. Penggantian rel ini adalah bagian dari upaya memperbarui infrastruktur jalan rel demi meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

    Selain itu, KAI Daop 3 juga melakukan pemasangan 3.803 batang bantalan sintetis yang berfungsi untuk memperkuat infrastruktur rel dan meningkatkan stabilitas jalur kereta api.

    Penggantian batu balast sebanyak 39.000 m³ juga turut melengkapi upaya KAI dalam memastikan daya tahan dan kestabilan jalur rel. Balast yang kuat dan stabil sangat penting untuk menjaga kualitas jalur rel, sehingga dapat meminimalisir risiko gangguan selama perjalanan kereta api.

    Tidak hanya rel dan bantalan, KAI Daop 3 juga mengganti 21 unit wesel baru pada tahun 2024. Wesel adalah komponen penting dalam sistem perkeretaapian yang memungkinkan kereta api berpindah jalur dengan aman dan lancar. 

    Penggantian wesel ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, keandalan prasarana, dan memastikan keselamatan selama perjalanan kereta api.

    Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, menjelaskan bahwa penggantian material pada prasarana jalan rel merupakan langkah strategis untuk memastikan perjalanan kereta api yang lebih aman, efisien, dan andal. 

    Menurutnya, upaya ini sejalan dengan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan pelanggan.

    “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini merupakan upaya KAI untuk menggerakkan transportasi berkelanjutan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” jelas Rokhmad kepada Kontributor Elshinta Yohanes Charles, Selasa (28/1). 

    Penggantian rel, wesel, dan bantalan ini juga merupakan langkah KAI untuk mendukung percepatan kecepatan kereta api dan peningkatan frekuensi perjalanan. 

    Seiring dengan bertambahnya jumlah perjalanan dan peningkatan on-time performance (ketepatan waktu), perawatan prasarana yang berkelanjutan menjadi kunci utama dalam menjaga keselamatan operasional perjalanan kereta api.

    “Perawatan prasarana menjadi aspek strategis untuk memastikan keselamatan tetap terjaga di tengah upaya KAI memberikan layanan terbaik. Melalui pencapaian ini, kami berharap dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat dan menghadirkan moda transportasi yang andal, aman, dan nyaman,” tutup Rokhmad. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Normalisasi jalur KA di Grobogan belum selesai, 28 KA harus memutar

    Normalisasi jalur KA di Grobogan belum selesai, 28 KA harus memutar

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

    Normalisasi jalur KA di Grobogan belum selesai, 28 KA harus memutar
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 28 Januari 2025 – 15:11 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang masih memberlakukan pola operasi perjalanan kereta api memutar dan membatalkan beberapa perjalanan KA pada Senin, 27 Januari 2025. Langkah ini diambil, karena normalisasi jalur KA pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan belum selesai.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa keselamatan menjadi prioritas utama KAI. Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif. KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.

    “Saat ini, KAI fokus lakukan mobilisasi peralatan berat seperti crane, eksavator, dan perancah besi ke lokasi. Tim Tanggap Darurat Daop 4 Semarang saat ini juga melakukan pekerjaan pengisian karung dengan batu kricak, kirim bantalan beton, dan pekerjaan pembuatan tanggul menggunakan alat berat sebagai upaya kesiapan dalam penanganan nantinya,” ungkapnya.

    KAI kembali menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi saat ini kepada seluruh pelanggan yang terdampak. “Dengan penutupan jalur tersebut, perjalanan KA yang melewati lintas Semarang-Surabaya maupun sebaliknya pasti terganggu. Sehingga KAI melakukan rekayasa pola operasi memutar atau melalui jalur alternatif, dan membatalkan beberapa perjalanan KA sampai dengan normalisasi jalur yang terdampak tersebut selesai dikerjakan,” terangnya.

    Berikut perjalanan KA yang menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan pada 27 s.d. 31 Januari 2025 sebagai berikut:

    Memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung:

    1.    KA Harina (125) relasi Surabaya-Bandung

    2.    KA Harina (126) relasi Bandung-Surabaya

    3.    KA Ambarawa Ekspres (231) relasi Surabaya-Semarang

    4.    KA Ambarawa Ekspres (232) relasi Semarang-Surabaya

    5.    KA Ambarawa Ekspres (229) relasi Surabaya-Semarang

    6.    KA Ambarawa Ekspres (230) relasi Semarang-Surabaya

    7.    KA Dharmawangsa Ekspres (132) relasi Jakarta-Surabaya

    8.    KA Dharmawangsa Ekspres (131) relasi Surabaya-Jakarta

    Memutar via Surabaya-Solo-Brumbung:

    1.    KA Argo Bromo Anggrek (1) relasi Surabaya-Jakarta

    2.    KA Argo Bromo Anggrek (2) relasi Jakarta-Surabaya

    3.    KA Sembrani (61) relasi Surabaya-Jakarta

    4.    KA Sembrani (62) relasi Jakarta-Surabaya

    5.    KA Sembrani (63) relasi Surabaya-Jakarta

    6.    KA Sembrani (64) relasi Jakarta-Surabaya

    7.    KA Pandalungan (77) relasi Jember-Jakarta

    8.    KA Pandalungan (78) relasi Jakarta-Jember

    9.    KA Jayabaya (107) relasi Malang-Jakarta

    10.    KA Jayabaya (108) relasi Jakarta-Malang

    11.    KA Gumarang (129) relasi Surabaya-Jakarta

    12.    KA Gumarang (130) relasi Jakarta-Surabaya

    13.    KA Blambangan Ekspres (186) relasi Jakarta-Ketapang

    14.    KA Blambangan Ekspres (185) relasi Ketapang-Jakarta

    15.    KA Kertajaya (219) relasi Surabaya-Semarang

    16.    KA Kertajaya (220) relasi Semarang-Surabaya

    17.    KA Airlangga (235) relasi Surabaya-Jakarta

    18.    KA Airlangga (236) relasi Jakarta-Surabaya

    Memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon:

    1.    KA Argo Bromo Anggrek (3) relasi Surabaya-Jakarta

    2.    KA Argo Bromo Anggrek (4) relasi Jakarta-Surabaya

    Daftar Pembatalan Perjalanan KA tanggal 27 s.d. 31 Januari 2025 sebagai berikut:

    1.    KA Blora Jaya (227) relasi Cepu-Semarang

    2.    KA Blora Jaya (228) relasi Semarang-Cepu

    3.    KA Kedung Sepur (546) relasi Semarang-Ngrombo

    4.    KA Kedung Sepur (545) relasi Ngrombo-Semarang

    5.    KA Kedung Sepur (548) relasi Semarang-Ngrombo

    6.    KA Kedung Sepur (547) relasi Ngrombo-Semarang

    7.    KA Tegal Bahari (169) relasi Tegal-Jakarta

    8.    KA Tegal Bahari (170) relasi Jakarta-Tegal

    KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan. 

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan di lokasi terdampak,” tambahnya.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: cs@kai.id, dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).

    “Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pihak selama masa penanganan ini. Keselamatan perjalanan kereta api menjadi prioritas kami,” tutur Franoto seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Senin (28/1). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Banjir Grobokan :  KA Blora Jaya dan KA Kedungsepur Tak Beroperasi,  Normalisasi Belum Selesai

    Banjir Grobokan :  KA Blora Jaya dan KA Kedungsepur Tak Beroperasi, Normalisasi Belum Selesai

    TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang membatalkan empat perjalanan kereta api (KA) yang melewati jalur Gubug, Kabupaten Grobogan, terhitung sejak Senin (27/1) hingga 31 Januari mendatang.

    Empat perjalanan KA yang dibatalkan atau berhenti beroperasi untuk sementara, yakni KA Blora Jaya relasi Cepu-Semarang dan sebaliknya serta KA Kedungsepur relasi Semarang-Ngrombo dan sebaliknya.

    Langkah ini diambil karena normalisasi jalur KA pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan belum selesai.

    Pada saat yang sama, PT KAI juga membatalkan operasi KA Tegal Bahari relasi Tegal-Jakarta dan sebaliknya.

    Selain membatalkan beberapa perjalanan KA, PT KAI juga masih memberlakukan pola operasi perjalanan kereta api memutar, seiring dengan belum rampungnya normalisasi jalur KA di Grobogan.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan, keselamatan menjadi prioritas utama KAI.

    “Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif,” kata Fran, sapaan akrabnya, kepada Tribun Jateng, Senin.

    Fran memaparkan, KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.

    “Saat ini, KAI fokus lakukan mobilisasi peralatan berat seperti crane, eksavator, dan perancah besi ke lokasi,” kata Fran, sapaan akrabnya.

    Fran mengungkapkan, Tim Tanggap Darurat Daop 4 Semarang saat ini juga melakukan pekerjaan pengisian karung dengan batu kricak, mengirim bantalan beton, dan membuat tanggul dengan alat berat sebagai upaya kesiapan dalam penanganan nantinya.

    “Dengan penutupan jalur tersebut, perjalanan KA yang melewati lintas Semarang-Surabaya maupun sebaliknya pasti terganggu sehingga KAI melakukan rekayasa pola operasi memutar atau melalui jalur alternatif, dan membatalkan beberapa perjalanan KA sampai dengan normalisasi jalur yang terdampak tersebut selesai dikerjakan,” terangnya.

    Dia menjelaskan, sebanyak delapan perjalanan KA memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung, yakni KA Harina relasi Surabaya-Bandung dan sebaliknya, KA Ambarawa Ekspres relasi Surabaya-Semarang dan sebaliknya, serta KA Dharmawangsa Ekspres relasi Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

    Selain itu, sejumlah KA harus memutar via Surabaya-Solo-Brumbung, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, KA Sembrani relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, KA Pandalungan relasi Jember-Jakarta dan sebaliknya, KA Jayabaya relasi Malang-Jakarta dan sebaliknya,

     KA Gumarang relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya, KA Blambangan Ekspres relasi Jakarta-Ketapang dan sebaliknya, KA Kertajaya relasi Surabaya-Semarang dan sebaliknya, KA Airlangga relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya.

    Pada saat yang sama, dua perjalanan KA terpaksa memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon. Kedua perjalanan KA itu, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Jakarta dan sebaliknya.

    Fran menambahkan, KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan.

    Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan.

     “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan di lokasi terdampak,” paparnya.

    Tinjauan Wamensos

    Sementara itu, pada Minggu (26/1), Wakil Menteri Sosial (Wamensos), Agus Jabo Priyono mengunjungi lokasi banjir di Desa Baturagung, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Kunjungan ini dilakukan untuk mengevaluasi kondisi pascabanjir dan memberikan bantuan langsung kepada warga.

    Agus Jabo didampingi oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni, mendatangi lokasi pengungsian di Balaidesa Baturagung sebagai tempat tujuan pertama. Setelah berinteraksi dengan warga, rombongan bertolak ke lokasi banjir untuk melihat langsung kondisi pemukiman warga terdampak banjir.

    Agus Jabo mengungkapkan, pihaknya telah memberikan bantuan yang diperlukan untuk meringankan beban warga terdampak. Bantuan yang disalurkan mencakup berbagai kebutuhan mendesak, seperti peralatan tidur, selimut, makanan, dan pakaian.

    “Kemensos sudah memberikan bantuan, ada peralatan tidur, selimut, makanan, hingga pakaian,” kata Agus Jabo di lokasi banjir di Desa Baturagung, Minggu.

    Selain itu, Kemensos juga telah melakukan penilaian terhadap kerusakan yang terjadi di Desa Baturagung. Banyak rumah yang rusak parah akibat banjir.

    “Kemensos sudah mengidentifikasi yang rusak berat ada 13, rumah tapi yang lain tetap kami asesmen. Yang 13 (rumah rusak berat—Red), kami beri bantuan pembangunan Rp 25 juta per rumah,” imbuhnya.

    Sebelumnya, curah hujan yang tinggi, pada Jumat (24/1) malam, menyebabkan volume Sungai Tuntang kembali meningkat drastis. Aliran air yang deras mengakibatkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Gubug, seperti Papanrejo, Kunjeng, Kwaron, dan Baturagung. Bencana susulan ini juga merusak rumah yang sempat dibersihkan warga setelah banjir pertama, pada Rabu (22/1) lalu. (iqs/fsn)