Daftar Kereta yang Alami Pengalihan Rute dan Dibatalkan akibat Luapan Sungai Grobogan hingga 5 Februari 2025
Tim Redaksi
GROBOGAN, KOMPAS.com
– PT Kereta Api Indonesia (
KAI
) Daerah Operasi 4 Semarang mengumumkan perpanjangan pengalihan rute perjalanan kereta api dan pembatalan sejumlah perjalanan hingga 5 Februari 2025.
Keputusan ini diambil sebagai dampak dari luapan Sungai Grobogan yang mengganggu jalur kereta api di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan.
Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menegaskan bahwa keselamatan penumpang dan perjalanan kereta api adalah prioritas utama.
“Oleh karena itu, jalur yang terdampak luapan air harus ditutup agar proses perbaikan dapat dilakukan secara optimal,” ujarnya, Kamis.
DOKUMEN PT KAI PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang masih menerapkan pola operasi pengalihan rute perjalanan kereta api serta pembatalan beberapa perjalanan hingga Rabu (5/2/2025) lantaran masih melakukan perbaikan dan normalisasi jalur KA di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan Kebijakan ini diberlakukan karena proses normalisasi jalur KA di Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, masih berlangsung dan belum dapat dilalui secara aman.
Pihaknya mengaku telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk mempercepat pemulihan jalur.
“Saat ini kami bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pengerjaan pengisian karung dengan batu
kricak
, pengiriman bantalan beton, pemasangan perancah besi, pembangunan tanggul darurat, serta pembuatan temporary track menggunakan alat berat sebagai langkah kesiapan normalisasi jalur,” tambah Franoto.
KAI juga meminta maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat gangguan perjalanan ini.
“Penutupan jalur ini berdampak pada perjalanan KA yang melintasi rute Semarang-Surabaya dan sebaliknya. Oleh karena itu, KAI menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan beberapa KA serta membatalkan perjalanan lainnya hingga normalisasi jalur selesai,” jelasnya.
Berikut adalah daftar perjalanan KA yang mengalami pengalihan rute dari 30 Januari hingga 5 Februari 2025:
Berikut daftar perjalanan kereta api yang dibatalkan hingga 5 Februari 2025
Sebagai bentuk kompensasi bagi pelanggan yang terdampak, KAI menyediakan layanan pengembalian tiket secara penuh (100 persen) atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan.
Pelanggan yang mengalami keterlambatan perjalanan akan mendapatkan layanan
service recovery
sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
“Kami memahami ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat kondisi ini. Oleh karena itu, kami terus berupaya mempercepat penanganan dengan menggandeng berbagai pihak,” tutup Franoto.
Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal perjalanan KA atau mekanisme pengembalian tiket, pelanggan dapat menghubungi layanan resmi KAI melalui:
“Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dan dukungan seluruh pelanggan selama proses penanganan ini berlangsung. Keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama kami,” pungkas Franoto.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia
-
/data/photo/2025/01/28/6798c447a90b8.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Daftar Kereta yang Alami Pengalihan Rute dan Dibatalkan akibat Luapan Sungai Grobogan hingga 5 Februari 2025 Regional 30 Januari 2025
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5114731/original/039894900_1738236685-20250130_112147.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Gapeka 2025 Mulai Bulan Depan, Perjalanan LRT Jabodebek Tak Berubah – Page 3
Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) pada 1 Februari 2025 mendatang. Namun, perubahan itu tak akan berdampak pada perjalanan LRT Jabodebek.
Manager Public Relation LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan, pihaknya tetap menjalankan jadwal operasional yang berlaku saat ini. Sedangkan, kereta api jarak jauh dan KRL Commuter Line akan mengalami beberapa perubahan.
“Tidak ada (perubahan) sama sekali. Untuk bulan Februari kami masih akan menggunakan jadwal yang sama,” kata Mahendro, ditemui di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (30/1/2025).
Dia menjelaskan, pada bulan depan LRT Jabodebek akan melayani sebanyak 348 perjalanan pada hari kerja. Kemudian, akan ada sebanyak 270 perjalanan di akhir pekan dan hari libur nasional.
“Jadi minggu ataupun hari libur nasional itu tetap 270 (perjalanan) dan 348 (perjalanan) di hari kerja,” ujar Mahendro.
Menurutnya, perubahan akan terjadi mulai Maret 2025 mendatang. Bukan imbas dari Gapeka, melainkan karena adanya tambahan rangkaian kereta LRT Jabodebek yang dioperasikan.
Sebagai informasi, saat ini LRT Jabodebek menjalankan 20 rangkaian kereta (trainset). Pada Maret 2025, akan ditambah sebanyak 2 trainset sehingga LRT Jabodebek mengoperasikan 22 trainset.
“Mungkin nanti di bulan Maret kami rencana ada perubahan jadwal, tapi nanti detailnya akan kami sampaikan,” ungkapnya.
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5075081/original/034505700_1735827541-20250102-Rencana_Penutupan_Stasiun_Karet-HER_6.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Stasiun Karet Tak Jadi Ditutup! – Page 3
Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter memastikan Stasiun Karet tidak akan ditutup sepenuhnya untuk operasional KRL Commuter Line Jabodetabek. Namun terintegrasi dengan Stasiun BNI City, yang terletak tepat di samping timur Stasiun Karet.
Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto menargetkan Stasiun Karet dan Stasiun BNI City akan saling tersambung pada April 2025.
“Itu sebenarnya nanti Karet dan BNI City akan kita integrasikan. Nanti Insya Allah di bulan April sudah selesai semua, nyambung,” ujar Asdo di Kantor KAI Commuter, Stasiun Juanda, Jakarta, Kamis (30/1/2025).
Menurut dia, pengintegrasian kedua stasiun dilakukan lantaran kondisi Stasiun Karet sudah tidak memenuhi syarat untuk naik dan turun penumpang. Selain karena pintu masuk Stasiun Karet yang tepat berada di perempatan lampu merah TPU Karet Bivak, lokasinya pun persis bersebelahan dengan Stasiun BNI City yang secara usia pengoperasian lebih muda.
“Karena jaraknya kan memang terlalu dekat. Masinis itu paling stres kalau di situ. Bahasanya, baru ngegas ya udah ngerem lagi, karena jaraknya terlalu dekat,” imbuh Asdo.
Sudah Direncanakan Sejak 2020
Adapun rencana penggabungan kedua stasiun disebut telah dicanangkan sejak 2020 silam. Bekerjasama dengan Pemprov DKI, PT KAI (Persero) selaku induk usaha hendak mengelola kawasan transportasi terintegrasi.
Stasiun BNI City yang jadi tempat bersandar KRL Jabodetabek dan KA Bandara, nantinya bisa diakses dengan berjalan kaki dari Stasiun KRL Sudirman, yang juga tersambung langsung dengan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas.
Sementara untuk Stasiun Karet nantinya tetap akan difungsikan sebagai pintu keluar atau masuk menuju Stasiun BNI City.
“Karet tetap kita buka, untuk pelanggan tetap bisa mengakses dari Karet. Oleh karena itu penumpang akan naik atau turun (KRL) melalui BNI City. Yang lebih nyaman, lebih bagus stasiunnya dan peronnya lebih luas,” kata Asdo.
-
/data/photo/2025/01/30/679b63395e544.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
KAI Commuter Bakal Tutup Loket di Semua Stasiun, Pelanggan Bakal Dilayani Secara Digital Megapolitan 30 Januari 2025
KAI Commuter Bakal Tutup Loket di Semua Stasiun, Pelanggan Bakal Dilayani Secara Digital
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com –
PT Kereta Api Indonesia (
KAI
) Commuter berencana menutup semua loket tiket di stasiun dan beralih sepenuhnya ke layanan digital.
Hal ini disampaikan Direktur Utama
KAI Commuter
, Asdo Artriviyanto, dalam jumpa pers di Kantor PT Kereta Commuter Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2025).
“Kemudian digital transformasi, kami terus lakukan, termasuk sistem pembayaran. Ya mudah-mudahan tahun ini segera kami
launching
dengan beberapa bank,” ujar Asdo.
“
Top-up
dengan menggunakan QRIS, yang nanti lama-lama akan menghilangkan loket-loket, semuanya dengan digital,” ucap dia menambahkan.
Wacana ini muncul setelah KAI Commuter melihat bahwa mayoritas pelanggan telah terbiasa menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran.
Meski demikian, KAI Commuter tetap mempertimbangkan pelanggan yang belum familiar dengan metode pembayaran digital.
“Jadi nanti untuk awalnya, akan kami coba di stasiun-stasiun besar yang mayoritas masyarakatnya sudah familiar dengan QRIS,” kata Asdo.
Salah satu proyek percontohan dari konsep
Smart Station
ini adalah Stasiun BNI City.
“Jadi semuanya nanti akan dilayani secara digital. Dari mulai informasi, pelayanan
in-out
, kemudian pelayanan seperti toilet, musala, dan sebagainya, nanti dengan teknologi digitaliasi,” pungkas Asdo.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved. -

Banjir Grobogan, Sejumlah Perjalanan KA Dibatalkan hingga 5 Februari
Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI masih memberlakukan pola operasi memutar dan membatalkan sejumlah perjalanan kereta api akibat banjir luapan Sungai Tuntang, Grobogan, Jawa Tengah hingga 5 Februari 2025.
“Terdapat tiga pola operasi memutar dan 10 perjalanan KA yang dibatalkan,” kata Vice President Public Relation PT KAI Anne Purba kepada Bisnis, Kamis (30/1/2025).
Beberapa perjalanan KA yang batal yaitu KA 227 Blora Jaya lintas Cu-Smc, KA 228 Blora Jaya lintas Smc-Cu, KA 7009A Sembrani Tamb lintas Sbi-Gmr, KA 7010A Sembrani Tamb lintas Gmr-Sbi, KA 546 Kedung Sepur lintas Smc-Nbo, KA 545 Kedung Sepur lintas Nbo-Smc, KA 548A Kedung Sepur lintas Smc-Nbo, KA 547 Kedung Sepur lintas Nbo-Smc, KA 169 Tegal Bahari lintas Tg-Pse dan KA 170 Tegal Bahari lintas Pse-Tg.
Sebelumnya, KAI juga memastikan penumpang yang terdampak berhak atas pengembalian tiket 100% atau reschedule perjalanan tanpa biaya tambahan.
Penumpang yang mengalami keterlambatan kereta akibat pola operasi ini akan diberikan kompensasi berupa service recovery sesuai aturan yang berlaku.
Daftar perjalanan KA yang memutar:
KA memutar via GBN – GD – BBG
1. KA 125 Harina lintas SBI-CKP
2. KA 126A Harina lintas CKP-SBI
3. KA 231 Ambarawa Ekspres lintas SBI-SMC
4. KA 232 Ambarawa Ekspres lintas SMC-SBI
5. KA 229 Ambarawa ekspres lintas SBI-SMC
6. KA 230 Ambarawa ekspres lintas SMC-SBI
7. KA 132A Dharmawangsa Ekspres lintas PSE-SBI
8. KA 131 Dharmawangsa Ekspres lintas SBI-PSE
9. KA 284 Parcel Utara lintas KPB-SBI
10. KA 283 Parcel Utara lintas SBI-KPB
KA memutar via SGU – SK – BBG
1. KA 1 Argo Bromo Anggrek lintas SBI-GMR
2. KA 2 Argo Bromo Anggrek lintas GMR-SBI
3. KA 61 Sembrani lintas SBI-GMR
4. KA 62A Sembrani lintas GMR-SBI
5. KA 63 Sembrani lintas SBI-GMR
6. KA 64 Sembrani lintas GMR-SBI
7. KA 77F Pandalungan lintas SBI-GMR
8. KA 78F Pandalungan lintas GMR-SBI
9. KA 107 Jayabaya lintas SBI-PSE
10. KA 108 Jayabaya lintas PSE-SBI
11. KA 129A Gumarang lintas SBI-PSE
12. KA 130A Gumarang lintas PSE-SBI
13. KA 186B Blambangan Ekspres lintas PSE-SBI
14. KA 185B Blambangan Ekspres lintas SBI-PSE
15. KA 219A Kertajaya lintas SBI-PSE
16. KA 220A Kertajaya lintas PSE-SBI
17. KA 235 Airlangga lintas SBI-PSE
18. KA 236B Airlangga lintas PSE-SBI
KA Memutar via SGU – YK – PWT – CN
1. KA 3 Argo Bromo Anggrek lintas SBI-GMR
2. KA 4 Argo Bromo Anggrek lintas GMR-SBI
-

Legislator DPR RI dari Jember Ini Soroti Kekalahan Rakyat dalam Sejumlah Konflik Agraria
Jember (beritajatim.com) – Muhammad Khozin, legislator DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan bangsa Daerah Pemilihan Jember dan Lumajang, menyoroti kekalahan rakyat dalam sejumlah konflik agraria.
“Ketika rakyat berhadapan dengan negara, sudah bisa ditebak siapa yang kalah, pasti rakyat,” kata Gus Khozin, sapaan akrab Khozin, dalam siaran persnya, usai rapat kerja Komisi II DPR bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kamis (30/1/2025) siang.
Khozin lantas mencontohkan konflik antara PT Kereta Api Indonesia dengan masyarakat di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Ratusan keluarga yang telah puluhan tahun tinggal di area tersebut dan membayar pajak rutin harus digusur PT KAI yang berbekal grondkaart era pemerintah kolonial Belanda sebagai dasar pemberian sertifikat oleh BPN.
Persoalan lainnya di Kampung Tapak Kerbau, Desa Gersik Putih, Kabupaten Sumenep. BPN memberikan 19 sertifikat hak milik (SHM) yang diklaim sebelumnya daratan dan belakangan mengalami abrasi. BPN merespons persoalan ini normatif sehingga berpotensi memunculkan letupan-letupan sosial.
Dengan banyaknya persoalan tanah yang berujung pada kekalahan rakyat di hadapan negara, Khozin menagih peta jalan penyelesaian konflik agraria kepada Menteri ATR/BPN Nusron Wahid. Ia juga mendorong dilakukannya penyelesaian jalan tengah dalam banyak persoalan pertanahan, khususnya di Pulau Jawa.
“Saya mendorong perlu upaya win-win solution, misalnya warga diberi SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) hingga beberapa waktu yang disepakati sembari dilakukan pendekatan persuasif agar tidak terjadi gesekan di masyarakat,” kata alumnus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ini.
Pemerintah juga diminta tak sekadar mencabut SHM yang dianggap bermasalah, seperti dalam perkara pagar laut Tangerang. “Setelah dicabut SHM nya tentu harus ada langkah penindakan baik pidana maupun administratif khususnya di internal ATR/BPN,” kata Khozin bersemangat. [wir]
-

Ribuan Penumpang di Stasiun Klakah Lumajang Membludak
Lumajang (beritajatim.com) – Mobilitas penumpang di Stasiun Klakah, Kabupaten Lumajang, mengalami peningkatan signifikan selama libur panjang Isra’ Mi’raj dan Tahun Baru Imlek 2025.
Tercatat sebanyak 2.843 penumpang naik dan turun di stasiun ini sejak Jumat (24/1) hingga Rabu (29/1).
Kepala Stasiun KA Klakah, Faisal mengungkapkan, penumpang kereta api kelas Eksekutif yang naik selama periode tersebut mencapai 261 orang, sedangkan yang turun sebanyak 236 orang. Total penumpang kelas Eksekutif di Stasiun Klakah dalam enam hari terakhir mencapai 497 orang.
“Untuk kelas Eksekutif, penumpang yang naik mencapai 261 orang dan 236 orang turun dari kereta api di Stasiun Klakah” papar Faisal, Rabu (29/1/2025).
Sementara itu, penumpang kereta kelas Ekonomi mendominasi dengan jumlah mencapai 2.346 orang. Sebanyak 1.146 penumpang naik, sementara 1.200 lainnya turun di stasiun tersebut.
“Masyarakat cenderung memilih KA Ekonomi, terbukti dari jumlah penumpang yang jauh lebih tinggi dibandingkan kelas Eksekutif,” ujar Faisal.
Secara keseluruhan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mencatat telah melayani 123.447 penumpang selama enam hari periode liburan ini.
Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, menjelaskan bahwa jumlah tersebut terdiri dari 61.671 penumpang yang berangkat dan 61.776 penumpang yang tiba di sejumlah stasiun di bawah naungan Daop 9 Jember, termasuk Stasiun Klakah, Kabupaten Lumajang.
“Jumlah penumpang ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api sebagai moda transportasi utama,” kata Cahyo.
Pada hari terakhir liburan, Rabu (29/1), sebanyak 10.925 penumpang menggunakan layanan kereta api untuk berbagai tujuan, baik dalam wilayah Daop 9 Jember yang meliputi Pasuruan hingga Banyuwangi, maupun ke luar kota.
Sebagian besar penumpang kembali ke perantauan atau kota asal mereka menjelang dimulainya kembali aktivitas kerja dan sekolah pada Kamis (30/1/2025) hari ini. (vid/ted)


