Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru per Februari 2025, Cek Keberangkatan Paling Awal-Akhir – Halaman all

    Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru per Februari 2025, Cek Keberangkatan Paling Awal-Akhir – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah jadwal KRL Jabodetabek terbaru per Februari 2025.

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2025 yang efektif mulai Sabtu (1/2/2025)

    Jadwal Commuter Line atau KRL Jabodetabek mengalami penambahan 15 perjalanan. 

    Sebelumnya, ada 1.048 perjalanan KRL Jabodetabek dan kini menjadi 1.063 perjalanan.

    KRL Bogor melayani 392 perjalanan, sebelumnya hanya 379 perjalanan. 

    Sedangkan perjalanan KRL Cikarang ditambah 21 perjalanan, serta KRL Rangkasbitung menjadi 204 perjalanan dari sebelumnya 199 perjalanan.

    Berikut jadwal KRL Jabodetabek terbaru per Februari 2025, melansir dari laman KAI Commuter hari ini, Kamis (6/2/2025):

    Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru per Februari 2025
    Jadwal KRL Jabodetabek Cikarang

    Rute Stasiun Cikarang – Angke:

    Keberangkatan pertama: 04.12 WIB
    Keberangkatan terakhir: 22.25 WIB

    Rute Stasiun Angke – Cikarang:

    Keberangkatan pertama: 05.29 WIB
    Keberangkatan terakhir: 23.50 WIB

    Rute Stasiun Cikarang – Kampung Bandan:

    Keberangkatan pertama: 04.33 WIB
    Keberangkatan terakhir: 21.42 WIB

    Rute Stasiun Kampung Bandan – Cikarang:

    Keberangkatan pertama: 05.45 WIB
    Keberangkatan terakhir: 22.48 WIB

    Rute Stasiun Cikarang – Manggarai:

    Keberangkatan pertama: 04.12 WIB
    Keberangkatan terakhir: 22.56 WIB

    Rute Stasiun Manggarai – Cikarang:

    Keberangkatan pertama: 04.00 WIB
    Keberangkatan terakhir: 23.53 WIB

    Jadwal KRL Jabodetabek Bogor

    Rute Stasiun Bogor – Jakarta Kota:

    Keberangkatan pertama: 04.00 WIB
    Keberangkatan terakhir: 22.55 WIB

    Rute Stasiun Jakarta Kota – Bogor:

    Keberangkatan pertama: 05.25 WIB
    Keberangkatan terakhir: 00.20 WIB

    Rute Stasiun Jakarta Kota – Manggarai:

    Keberangkatan pertama: 05.29 WIB
    Keberangkatan terakhir: 19.15 WIB

    Rute Stasiun Manggarai – Jakarta Kota:

    Keberangkatan pertama: 05.29 WIB
    Keberangkatan terakhir: 20.17 WIB

    Jadwal KRL Jabodetabek Rangkasbitung

    Rute Stasiun Rangkasbitung – Tanah Abang:

    Keberangkatan pertama: 04.00 WIB
    Keberangkatan terakhir: 21.19 WIB

    Rute Stasiun Tanah Abang – Rangkasbitung:

    Keberangkatan pertama: 05.47 WIB
    Keberangkatan terakhir: 23.06 WIB

    Rute Stasiun Rangkasbitung – Parung Panjang:

    Keberangkatan pertama: 04.00 WIB
    Keberangkatan terakhir: 22.40 WIB

    Rute Stasiun Parung Panjang – Rangkasbitung:

    Keberangkatan pertama: 04.55 WIB
    Keberangkatan terakhir: 23.34 WIB

    Jadwal KRL Jabodetabek Tangerang

    Rute Stasiun Tangerang – Duri:

    Keberangkatan pertama: 04.25 WIB
    Keberangkatan terakhir: 22.37 WIB

    Rute Stasiun Duri – Tangerang:

    Keberangkatan pertama: 04.53 WIB
    Keberangkatan terakhir: 23.05 WIB

    Jadwal KRL Jabodetabek Tanjung Priok

    Rute Stasiun Tanjung Priok – Jakarta Kota:

    Keberangkatan pertama: 06.20 WIB
    Keberangkatan terakhir: 21.00 WIB

    Rute Stasiun Jakarta Kota – Tanjung Priok:

    Keberangkatan pertama: 06.36 WIB
    Keberangkatan terakhir: 21.16 WIB

    (Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

  • Sebanyak 47 ribu penumpang gunakan `face recognition` di Stasiun Medan selama 2024

    Sebanyak 47 ribu penumpang gunakan `face recognition` di Stasiun Medan selama 2024

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Sebanyak 47 ribu penumpang gunakan `face recognition` di Stasiun Medan selama 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Rabu, 05 Februari 2025 – 19:44 WIB

    Elshinta.com – Dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) KAI terus berkomitmen dengan mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan dalam berbagai operasional salah satu inovasi tersebut adalah penerapan sistem face recognition yang menggantikan tiket fisik berbahan kertas untuk proses boarding, sehingga itu dapat mengurangi limbah kertas dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

    Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikin mengatakan selain ramah lingkungan adanya face recognition juga berdampak positif karena mempercepat dan memudahkan penumpang KA untuk melakukan boarding.

    “Penerapan face recognition mempermudah proses boarding dan mengurangi antrean, terutama saat periode ramai seperti libur panjang dan akhir pekan,” ujar Anwar seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Rabu (5/2). 

    Menurut Anwar sejak diresmikan pada awal September hingga Desember 2024, face recognition telah digunakan sebanyak 47.319 kali di Stasiun Medan. Face Recognition ini terus mendapatkan kepercayaan masyarakat. Dari September hingga Desember 2024 mengalami peningkatan setiap bulannya, dengan rincian September sebanyak 5.886 pengguna, Oktober sebanyak 7.337, November sebanyak 12.667 dan Desember 21.429 pengguna Face Recognition.

    “Bagi masyarakat yang tertarik menggunakan layanan Face Recognition di Stasiun Medan ini dapat melakukan registrasi di stasiun, bisa juga mendaftar melalui aplikasi Access by KAI,” jelas Anwar. 

    Dengan adanya face recognition, penumpang cukup melakukan pemindaian wajah di gate boarding. Jika identitas diri, data tiket dan syarat lainnya telah sesuai maka secara otomatis pintu boarding akan terbuka.

    Anwar juga menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan keamanan data pada fitur face recognition yang dipergunakan oleh KAI karena sudah mengimplementasikan sistem manajemen keamanan Informasi berstandar internasional ISO 27001 tentang Standardisasi Manajemen Keamanan Informasi.

    “Data nama, NIK, dan foto penumpang akan disimpan pada infrastruktur KAI dan hanya dipergunakan untuk proses boarding menggunakan face recognition boarding gate. Data tersebut akan disimpan dalam waktu satu tahun, setelah itu akan dihapus otomatis secara sistem,” katanya.

    Selain itu  penumpang juga bisa mengajukan penghapusan data dirinya sewaktu-waktu setelah melakukan registrasi melalui aplikasi Access by KAI atau dengan mengajukan penghapusan data kepada KAI melalui petugas Customer Service di stasiun.

    “Melalui inovasi ini, harapannya KAI tidak hanya memudahkan perjalanan pelanggan, tetapi juga turut serta mendukung keberlanjutan lingkungan melalui pengurangan limbah kertas yang sejalan dengan SDGs,” tutur Anwar.

    Adapun tata Cara Pendaftaran Face Recognition via Aplikasi Access by KAI:
     
    1. Buka tab menu akun pada Access by KAI.
    2. Pilih menu Registrasi Face Recognition.
    3. Bacalah syarat dan ketentuan registrasi dan klik “Setuju” setelah memahami.
    4. Periksa kembali data diri seperti Nama Lengkap, NIK, dan Tanggal Lahir. Klik “Foto Selfie” untuk melengkapi proses verifikasi.
    5. Ikuti ketentuan pengambilan foto selfie yang benar. Klik “Ambil Foto KTP” untuk mengambil foto selfie.
    6. Setelah foto selfie dan data diri sudah lengkap dan sesuai, klik “Daftar Sekarang”.
    7. Konfirmasi data yang diberikan, lalu klik “Ya, Daftar” untuk menyelesaikan pendaftaran.
    8. Proses registrasi berhasil dan selesai.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Kereta api Batavia yang layani Gambir- Solo siap beroperasi 6 Februari

    Kereta api Batavia yang layani Gambir- Solo siap beroperasi 6 Februari

    Hadirnya KA ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan perjalanan antara Solo dan Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyatakan siap mengoperasikan kereta api (KA) baru, KA Batavia yang melayani rute Gambir – Solo Balapan pulang-pergi (PP) mulai 6 Februari 2025.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu mengatakan, peluncuran KA Batavia ini merupakan bagian dari pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025.

    Nama “Batavia” diambil dari nama lama Jakarta pada masa Hindia Belanda. Sementara itu, KA Batavia merupakan penamaan ulang dari layanan kereta api Manahan Tambahan yang telah beroperasi sejak 7 Februari 2024.

    “Hadirnya KA ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan perjalanan antara Solo dan Jakarta,” kata Ixfan.

    KA Batavia berangkat dari Stasiun Gambir pukul 09.35 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 18.00 WIB. Kereta nantinya berhenti di 11 stasiun yaitu, Stasiun Bekasi, Karawang, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kebumen, kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, dan Stasiun akhir Solo Balapan.

    KA Batavia terbagi menjadi dua kelas yaitu ekonomi dan eksekutif. Masing-masing kelas terdiri dari empat kereta. Adapun total kapasitas tempat duduk pada KA Batavia yaitu 488 tempat duduk dengan rincian 200 tempat duduk pada kelas eksekutif dan 288 tempat duduk kelas ekonomi.

    Harga tiket KA Batavia, yakni Rp350 ribu untuk kelas ekonomi dan Rp530 Ribu untuk kelas eksekutif.

    “Dengan adanya KA Batavia ini, beragam pilihan sarana pada Kereta Api, KAI memastikan pengalaman perjalanan yang lebih variatif, nyaman, dan sesuai kebutuhan penumpang,” ujar Ixfan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Perjalanan KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres kembali normal 

    Perjalanan KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres kembali normal 

    Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Perjalanan KA Pandalungan relasi Gambir – Jember dan KA Blambangan Ekspres relasi Pasar Senen – Ketapang di sejumlah stasiun tujuan di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur kembali normal pada Rabu.

    “Hari ini perjalanan KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres berangsur normal setelah kedua jalur di Kabupaten Grobogan itu bisa dilewati pada Selasa (4/2) pukul 18.18 WIB,” kata Manajer Hukum dan Humasda PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

    Menurut dia, perjalanan kedua KA tersebut terdampak putusnya jalur kereta api antara Stasiun Gubug – Stasiun Grobogan selama 14 hari atau dua pekan, sehingga perjalanannya harus memutar dan mengakibatkan kelambatan yang cukup tinggi.

    Hari ini KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Pasar Senen tiba di Stasiun Ketapang, Banyuwangi pukul 04.40 WIB tepat sesuai jadwal. Sedangkan untuk KA Pandalungan dari Stasiun Gambir yang terjadwal tiba di Stasiun Jember pukul 09.00 WIB mengalami kelambatan 16 menit dan baru masuk di Stasiun Jember pukul 09.16 WIB.

    “Meski jalur hulu dan hilir antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati sudah bisa dilalui, kecepatan di lokasi masih terbatas dan menjadikan adanya antrian kereta api yang akan melintas, sehingga KA Pandalungan masih mengalami sedikit kelambatan,” tuturnya.

    KAI Daop 9 Jember menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pemulihan jalur sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal, serta terima kasih kepada penumpang atas kesabaran dan pengertiannya selama proses perbaikan berlangsung.

    “Penumpang KA Pandalungan dan KA Blambangan Ekspres kini tidak perlu lagi khawatir karena perjalanan kedua kereta api telah kembali normal baik saat berangkat maupun tiba di stasiun tujuan,” katanya.

    Cahyo menjelaskan bahwa KAI Daop 9 Jember terus berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi kereta api terbaik bagi masyarakat dengan menjadikan keselamatan sebagai tujuan utama dan tetap menjaga kelancaran perjalanan kereta api.

    Pewarta: Zumrotun Solichah
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Akhirnya! 3 Layanan Kereta Api Jarak Jauh Berhenti di Stasiun Padalarang, Apa Aja?

    Akhirnya! 3 Layanan Kereta Api Jarak Jauh Berhenti di Stasiun Padalarang, Apa Aja?

    JABAR EKSPRES – PT KAI Daop 2 Bandung menghadirkan layanan baru bagi masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang hendak bepergian ke Surabaya, Garut, dan Pangandaran.

    Pasalnya, mulai 1 Februari 2025 PT KAI mengoperasikan transportasi kereta api (KA) Harina langsung dari Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

    KA Harina ini relasi Bandung-Surabaya Pasarturi PP, KA Pangandaran Relasi Banjar-Bandung-Gambir PP dan KA Papandayan relasi Garut-Bandung-Gambir akan berhenti di Stasiun Padalarang untuk melayani naik dan turun penumpang.

    Adanya rute perjalanan baru di Stasiun Padalarang itupun disambut baik oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat.

    Kepala Dishub Bandung Barat, Fauzan Azima mengatakan, hadirnya layanan rute perjalanan kereta api jarak jauh di Stasiun Padalarang akan memberikan alternatif pilihan sarana transportasi umum bagi warga KBB.

    “Jadi memudahkan masyarakat Bandung Barat melakukan perjalanan darat menggunakan kereta api. Kami sangat menyambut baik hal itu,” kata Fauzan saat dihubungi, Rabu (5/2/2025).

    BACA JUGA: KAI Daop 2 Bandung Sediakan Tarif Parsial Untuk Kereta Parahyangan, Tiket Dapat Dipesan H-45

    Berdasarkan data yang diperoleh Dishub Bandung Barat, untuk tiket kelas ekonomi KA Papandayan Rp50.000 dan kelas eksekutif Rp100.000.

    Sementara KA Pangandaran untuk kelas ekonomi Rp105.000 dan kelas eksekutif Rp130.000. KA Harina untuk kelas ekonomi Rp650.000 untuk kelas eksekutif.

    Adapun jadwal keberangkatan KA Harina, KA Papandayan, dan KA Pangandaran sebagai berikut:

    1. KA Harina Relasi Bandung- Surabaya Pasar turi, berangkat dari Bandung pukul 09.35 WIB tiba di Surabaya Pasarturi pukul 20.10 WIB.

    2. KA Papandayan relasi Garut-Bandung-Padalarang-Gambir, berangkat dari Garut
pukul 12.40 WIB tiba di Gambir pukul 18.00 WIB.

    3. KA Pangandaran relasi Banjar-Bandung-Gambir, berangkat dari Banjar pukul 17.00 WIB tiba di Gambir pukul 01.10 WIB.

    BACA JUGA: KAI Daop 2 Bandung Antisipasi Cuaca Ekstrem untuk Keselamatan dan Kenyamanan Perjalanan Kereta Api

    Ia berharap, dengan adanya rute tersebut bisa dimanfaatkan warga dalam melakukan perjalanan luar kota tanpa harus membawa kendaraan pribadi.

    “Naik kereta api lebih nyaman, aman, dan tentunya tidak akan terjebak kemacetan. Sebaliknya bagi masyarakat yang hendak ke Kabupaten Bandung Barat saat ini mudah,” tandasnya. (Wit)

  • KAI Daop 2 Bandung Sediakan Tarif Parsial Untuk Kereta Parahyangan, Tiket Dapat Dipesan H-45

    KAI Daop 2 Bandung Sediakan Tarif Parsial Untuk Kereta Parahyangan, Tiket Dapat Dipesan H-45

    JABAR EKSPRES – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung terus berkomitmen meningkatkan layanan bagi pelanggan setia transportasi kereta api.

    Sebagai bentuk komitmen tersebut, KAI Daop 2 kini menghadirkan tarif parsial untuk perjalanan Kereta Api (KA) Parahyangan.

    Dengan kebijakan ini, pelanggan dapat menikmati harga tiket yang lebih fleksibel sesuai dengan jarak tempuh.

    Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana menjelaskan bahwa kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan aksesibilitas layanan kereta api bagi masyarakat.

    “Kami berupaya memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin bepergian dengan tarif yang lebih fleksibel, sehingga perjalanan dengan Kereta Parahyangan menjadi lebih terjangkau bagi berbagai kalangan masyarakat,” jelas Dicky.

    Tarif parsial ini berlaku untuk perjalanan KA Parahyangan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung menuju Jakarta maupun sebaliknya.

    Dengan demikian, masyarakat yang hanya menempuh perjalanan sebagian rute dapat menikmati harga tiket yang lebih ekonomis.

    Dicky menambahkan KA Parahyangan yang resmi dioperaikan pada 1 Februari 2025, kini lebih mengakomodir masyarakat yang bepergian dari Bandung menuju Jakarta.

    KA Parahyangan melayani 8 stasiun pemberhentian yakni Stasiun Bandung, Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Bekasi, Jatinegara, dan Gambir dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam.

    Berikut Daftar Tarif KA Parahyangan

    1. Relasi Bandung/Cimahi – Gambir (PP)

    – Eksekutif: Rp 175.000,-

    – Ekonomi: Rp 125.000,-

    2. Bandung/Cimahi – Purwakarta (PP)

    – Eksekutif: Rp 60.000,-

    – Ekonomi: Rp 40.000,-

    3. Bandung/Cimahi – Cikampek (PP)

    – Eksekutif: Rp 90.000,-

    – Ekonomi: Rp 70.000,-

    4. Purwakarta – Gambir (PP)

    – Eksekutif: Rp 90.000,-

    – Ekonomi: Rp 70.000,-

    Berikut Jadwal Keberangkatan KA Parahyangan dari Bandung

    – KA 131 Berangkat (Bandung 05.00, Cimahi 05.12, Purwakarta 06.28), Datang Gambir 08.00

    – KA 135 Berangkat (Bandung 06.35, Cimahi 06.48, Purwakarta 08.10), Datang Gambir 09.40

    – KA 141F [Jadwal Sewaktu-Waktu] Berangkat (Bandung 10.25, Cimahi 10.38), Datang Gambir 13.13

    – KA 133 Berangkat (Bandung 11.05, Cimahi 11.17, Purwakarta 12.42), Datang Gambir 14.12

    – KA 137 Berangkat (Bandung 13.05, Cimahi 13.18, Purwakarta 14.35), Datang Gambir 16.04

    – KA 139 Berangkat (Bandung 19.25, Cimahi 19.38, Purwakarta 20.53), Datang Gambir 22.24

    Dicky menjelaskan guna memberikan kemudahan dalam perencanaan perjalanan, tiket KA Parahyangan kini dapat dipesan lebih awal, yaitu mulai H-45 sebelum tanggal keberangkatan.

    Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan mereka dengan lebih nyaman dan terjangkau.

  • 47 ribu penumpang gunakan “face recognition” di Stasiun Medan

    47 ribu penumpang gunakan “face recognition” di Stasiun Medan

    Medan (ANTARA) – Tercatat 47.319 penumpang kereta api di Medan Sumatera Utara sudah menggunakan face recognition atau sistem pengenalan wajah, yakni teknologi yang mengidentifikasi dan memverifikasi seseorang berdasarkan karakteristik unik wajah seseorang.

    “Ada 47.319 penumpang kereta api sudah menggunakan face recognition di Stasiun Medan sejak program tersebut diresmikan pada awal September hingga Desember 2024 oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara,” kata Manajer Humas KAI Sumut Anwar Solikhin di Medan, Rabu,

    KAI terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan dalam berbagai operasional.

    Salah satu inovasi tersebut adalah penerapan sistem tersebut yang menggantikan tiket fisik berbahan kertas untuk proses boarding sehingga itu dapat mengurangi limbah kertas dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

    “Face Recognition ini terus mendapatkan kepercayaan masyarakat. Dari September hingga Desember 2024 mengalami peningkatan setiap bulannya, dengan rincian September sebanyak 5.886 pengguna, Oktober sebanyak 7.337, November sebanyak 12.667 dan Desember 21.429 pengguna Face Recognition,” katanya.

    Selain ramah lingkungan adanya sistem itu juga berdampak positif karena mempercepat dan memudahkan penumpang kereta api untuk melakukan boarding.

    “Penerapan face recognition mempermudah proses boarding dan mengurangi antrean, terutama saat periode ramai seperti libur panjang dan akhir pekan. Bagi masyarakat yang tertarik menggunakan layanan face recognition di Stasiun Medan ini dapat melakukan registrasi di stasiun, bisa juga mendaftar melalui aplikasi Access by KAI,” katanya.

    Adapun tata cara pendaftaran sistem ini, yaitu via Aplikasi Access by KAI, yakni buka tab menu akun pada Access by KAI, pilih menu Registrasi Face Recognition, bacalah syarat dan ketentuan registrasi dan klik “setuju” setelah memahami.

    Selanjutnya periksa kembali data diri seperti Nama Lengkap, NIK, dan Tanggal Lahir. Klik “Foto Selfie” untuk melengkapi proses verifikasi. Ikuti ketentuan pengambilan swafoto yang benar, klik “Ambil Foto KTP” untuk mengambil swafoto.

    Kemudian setelah swafoto dan data diri sudah lengkap dan sesuai, klik “Daftar Sekarang”, konfirmasi data yang diberikan, lalu klik “Ya, Daftar” untuk menyelesaikan pendaftaran.

    Dengan adanya sistem itu, penumpang cukup melakukan pemindaian wajah di gate boarding. Jika identitas diri, data tiket dan syarat lainnya telah sesuai maka secara otomatis pintu boarding akan terbuka.

    Anwar menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan keamanan data pada fitur pengenalan wajah yang dipergunakan oleh KAI karena sudah mengimplementasikan sistem manajemen keamanan Informasi berstandar internasional ISO 27001 tentang Standardisasi Manajemen Keamanan Informasi.

    “Data nama, NIK, dan foto penumpang akan disimpan pada infrastruktur KAI dan hanya dipergunakan untuk proses boarding menggunakan face recognition boarding gate. Data tersebut akan disimpan dalam waktu satu tahun, setelah itu akan dihapus otomatis secara sistem,” katanya.

    Ia menjelaskan penumpang juga bisa mengajukan penghapusan data dirinya sewaktu-waktu setelah melakukan registrasi melalui aplikasi Access by KAI atau dengan mengajukan penghapusan data kepada KAI melalui petugas Customer Service di stasiun.

    “Melalui inovasi ini, harapannya KAI tidak hanya memudahkan perjalanan pelanggan, tetapi juga turut serta mendukung keberlanjutan lingkungan melalui pengurangan limbah kertas yang sejalan dengan SDGs,” katanya.

    Pewarta: Juraidi
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Daop 8 Surabaya buka pemesanan tiket lebaran 2025

    KAI Daop 8 Surabaya buka pemesanan tiket lebaran 2025

    Surabaya (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya secara resmi membuka penjualan tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2025, dapat dipesan mulai H-45 sebelum tanggal keberangkatan dan dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan.

    Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan mulai 4 Februari 2025, KAI telah membuka pemesanan tiket untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 21 Maret 2025, yang pemesanannya dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, serta seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

    “Kami mengingatkan pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, serta memasukkan data diri saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin agar tidak terjadi kekeliruan dalam pemilihan tanggal keberangkatan mudik,” kata Luqman di Surabaya, Rabu.

    Luqman menjelaskan, adapun jadwal pemesanan tiket untuk keberangkatan sebelum lebaran juga telah ditetapkan oleh KAI.

    “Tiket untuk keberangkatan 21 Maret 2025 atau H-10 dapat dipesan mulai 4 Februari 2025. Selanjutnya, tiket untuk H-9 hingga H-1 dapat dibeli secara bertahap setiap hari, mulai 5 Februari hingga 13 Februari 2025, dan seterusnya,” ucapnya.

    Adapun tiket untuk keberangkatan pada hari Lebaran, kata dia, pada 31 Maret 2025 (H), tersedia mulai 14 Februari 2025.

    “Sementara itu, tiket untuk periode arus balik setelah Lebaran, yakni pada H+1 hingga H+10, dapat dipesan mulai 16 Februari hingga 25 Februari 2025,” katanya.

    Luqman menambahkan, jika calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan dengan kereta api pada masa lebaran diimbau untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui kanal resmi.

    “Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pembelian sekaligus menghindari berbagai modus penipuan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab, jelasnya.

    Ia juga mengingatkan untuk loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara go show, yakni mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

    Oleh karena itu, lanjutnya, para pelanggan disarankan untuk mengamankan tiket sejak jauh hari agar tidak kehabisan.

    Selain itu, dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, pelanggan diminta untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal kereta.

    “Jadwal perjalanan bisa berubah sesuai Gapeka 2025, jadi pastikan untuk selalu mengecek informasi terkini sebelum berangkat,” kata Luqman.

    Terkait tarif, pihaknya juga memastikan jika harga tiket kereta api komersial selama masa angkutan Lebaran tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA).

    Sementara itu, untuk tarif kereta api Public Service Obligation (PSO) tetap mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

    “KAI berkomitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025,” ujar Luqman.

    “Dengan layanan yang semakin baik serta berbagai inovasi yang diterapkan, kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat,” tambahnya.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Evi Ratnawati
    Copyright © ANTARA 2025

  • PKL di Stasiun Pasar Senen ditertibkan

    PKL di Stasiun Pasar Senen ditertibkan

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menertibkan pedagang kaki lima (PKL) pada alur pintu masuk mobil di Stasiun Pasar Senen yang berdekatan dengan Taman Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

    “Lokasi tersebut merupakan jalur utama pelanggan yang akan bepergian menggunakan kereta api (KA),” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

    Dia mengatakan, kebersihan dan ketertiban menjadi prioritas utama agar masyarakat dapat menikmati lingkungan yang nyaman dan tertata baik.

    Penertiban PKL di lokasi tersebut bertujuan untuk menjaga kelancaran lalu lintas, memastikan kebersihan area serta memperindah kawasan sekitar stasiun.

    Penertiban ini merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum yang telah lama disosialisasikan kepada para pedagang.

    Peraturan tersebut secara tegas melarang penggunaan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi, termasuk berdagang.

    Merujuk Pasal 25 Ayat 2 bahwa setiap orang atau badan dilarang berdagang atau berusaha di bagian jalan, trotoar, halte, jembatan penyeberangan orang dan tempat-tempat umum lainnya.

    “Pelanggaran terhadap aturan ini akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar xfan.

    PT KAI Daop 1 Jakarta sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satpel Dinas Perhubungan Kecamatan Senen serta Bhabinkamtibmas Polsek Senen.

    Diharapkan dengan adanya penertiban ini, kawasan Stasiun Pasar Senen dapat menjadi lebih tertib, rapi dan nyaman bagi para pengguna transportasi kereta api serta masyarakat sekitar.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Perbaikan Rel Putus di Grobogan Rampung, Sudah Dapat Dilintasi Kereta

    Perbaikan Rel Putus di Grobogan Rampung, Sudah Dapat Dilintasi Kereta

    SEMARANG – Perbaikan jalur rel kereta api di perlintasan antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang terputus akibat banjir yang terjadi sekitar dua pekan lalu telah selesai dan mulai dapat dilalui kereta api.

    Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan satu dari dua jalur rel perlintasan tersebut telah selesai diperbaiki pada Selasa petang.

    “Sekitar pukul 18.18 WIB sudah bisa dilintasi KA dengan kecepatan terbatas,” katanya dilansir ANTARA, Selasa, 4 Februari.

    Ia menuturkan KA Airlangga relasi Surabaya-Jakarta yang pertama melintas dengan kecepatan 10 km per jam.

    Sebelum kembali dibuka untuk perjalanan KA, kata dia, PT KAI telah beberapa melakukan uji coba lintasan dengan menggunakan kereta perawat jalan rel serta lokomotif

    “Beberapa kali dilintasi dengan tingkat kecepatan yang berbeda,” katanya.

    Menurut dia, secara bertahap pola operasi KA yang sebelumnya harus memutar akan akan dicabut hingga perjalanan KA kembali normal.

    Usai perbaikan salah satu jalur, lanjut dia, jalur rel yang lain dalam waktu dekat ditargetkan juga akan segera dibuka dan dapat digunakan kembali.

    Sebelumnya, jalur rel di perlintasan antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati di Kabupaten Grobogan terputus akibat tergerus banjir yang melanda kawasan itu pada 21 Januari 2025

    PT KAI membutuhkan waktu sekitar 15 hari untuk melakukan perbaikan agar jalur dapat kembali digunakan.