Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI Operasikan KA Perintis Cut Meutia di Aceh dengan Tarif Hanya Rp2.000, Ini Jadwal Perjalanannya – Halaman all

    KAI Operasikan KA Perintis Cut Meutia di Aceh dengan Tarif Hanya Rp2.000, Ini Jadwal Perjalanannya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus berupaya menghadirkan layanan transportasi yang terjangkau bagi masyarakat.

    Melalui layanan Public Service Obligation (PSO) di Aceh, KAI mengoperasikan Kereta Api Perintis Cut Meutia.

    Adapun tarif KA Perintis Cut Meutia sangat ekonomis yakni hanya Rp2.000 per perjalanan.

    Vice President Public Relations KAI, Anne Purba menyampaikan bahwa layanan ini bertujuan untuk memberikan akses transportasi yang lebih mudah bagi masyarakat khususnya di wilayah Aceh.

    “KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan dan aksesibilitas bagi masyarakat melalui layanan KA PSO. Dengan tarif yang sangat terjangkau, kami berharap layanan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” ujar Anne, dikutip dari Siaran Pers KAI, Sabtu (15/2/2025).

    Perlu diketahui, sepanjang tahun 2024, layanan KA Cut Meutia telah melayani total 52.950 penumpang.

    Sementara itu, pada Januari 2025, KA Cut Meutia telah melayani 5.018 penumpang.

    Data ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap layanan kereta api ini.

    “Menariknya, pada Februari 2024 jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai angka tertinggi yaitu 4.454 orang.”

    “Hal ini sejalan dengan peningkatan jumlah penumpang KA Cut Meutia pada bulan yang sama, yang mencapai 10.190 penumpang. Korelasi ini menunjukkan peran penting KA Cut Meutia dalam mendukung sektor pariwisata di Aceh,” tambah Anne.

    Pada tahun 2025, KA Cut Meutia melayani 8 perjalanan per hari (4 perjalanan pulang pergi/PP).

    Setiap rangkaian kereta memiliki kapasitas 144 tempat duduk dengan rute perjalanan yang dilayani adalah Kruenggeukueh (KRG) – Kruengmane (KRM) PP.

    “Dengan frekuensi perjalanan yang cukup dan kapasitas yang memadai, kami berharap dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Aceh,” jelas Anne.

    Selain sebagai moda transportasi, KA Cut Meutia juga berpotensi menjadi sarana wisata edukatif bagi anak-anak.

    Banyak sekolah di Aceh yang memanfaatkan perjalanan dengan kereta ini sebagai bagian dari kegiatan edukasi, mengenalkan moda transportasi kereta api kepada siswa sejak dini.

    “Keberadaan KA Cut Meutia merupakan wujud nyata dukungan KAI terhadap pengembangan transportasi publik yang lebih baik di daerah-daerah yang belum terjangkau layanan kereta api reguler.”

    “Dengan dukungan masyarakat dan sinergi yang kuat, KAI yakin bahwa layanan KA Cut Meutia dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi mobilitas serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Aceh,” papar Anne.

    Jadwal Perjalanan KA Cut Meutia

    KA U122: Kruenggeukueh – Kutabalang (07.04 – 08.06)
    KA U121: Kutabalang – Kruenggeukueh (08.20 – 09.24)
    KA U124: Kruenggeukueh – Kutabalang (10.14 – 11.16)
    KA U123: Kutabalang – Kruenggeukueh (11.30 – 12.34)
    KA U126: Kruenggeukueh – Kutabalang (13.24 – 14.26)
    KA U125: Kutabalang – Kruenggeukueh (14.40 – 15.44)
    KA U128: Kruenggeukueh – Kutabalang (16.34 – 17.36)
    KA U126: Kutabalang – Bungkaih (17.50 – 18.36)

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • KIA Klaim Sudah Tangani Keluhan Pemesanan Tiket Mudik Lebaran – Halaman all

    KIA Klaim Sudah Tangani Keluhan Pemesanan Tiket Mudik Lebaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menindaklanjuti kendala sistem pemesanan tiket, khususnya terkait antrean dan pembayarannya.

    “Setiap kendala yang terjadi, baik dalam proses antrean maupun transaksi pembayaran telah kami tindak lanjuti secara intensif,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Sabtu (15/2/2025).

    Anne berujar, KAI telah berkoordinasi dengan mitra pembayaran tiket guna memastikan bahwa setiap transaksi yang terdampak segera mendapatkan penyelesaian, termasuk proses refund dengan segera.

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan perjalanan pada periode Lebaran, KAI saat ini sedang menyiapkan layanan kereta tambahan guna meningkatkan kapasitas angkutan.

    Saat ini, KAI baru menyediakan 2.893.338 tempat duduk untuk perjalanan KA jarak jauh reguler selama periode angkutan Lebaran 2025, yakni dari 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Hari ini, 15 Februari 2025 tiket yang tersedia adalah untuk keberangkatan hingga Selasa, 1 April 2025 atau H+1 Lebaran,” imbuh Anne.

    Dia memastikan, informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi. Di sisi lain, KAI mengimbau pelanggan untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan melalui layanan pengaduan KAI121 yang tersedia 24 jam.

    “KAI menerapkan persyaratan ketat dalam pemesanan tiket rombongan untuk memastikan pemerataan kesempatan bagi masyarakat,” sambungnya.

    Sementara, alokasi tiket rombongan dibatasi maksimal 10 persen dari total kapasitas tempat duduk yang tersedia, dengan prioritas utama diberikan kepada program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan berbagai instansi.

    “Kebijakan ini bertujuan untuk memperluas akses bagi masyarakat umum dalam mendapatkan tiket, sekaligus mendukung program mudik gratis sebagai bagian dari upaya sosial membantu pergerakan masyarakat saat Lebaran,” tambah Anne.

  • Catat Jadwal Perjalanan & Harga Tiket KA Perintis Cut Meutia Aceh

    Catat Jadwal Perjalanan & Harga Tiket KA Perintis Cut Meutia Aceh

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan layanan Public Service Obligation (PSO) di Aceh yaitu Kereta Api Perintis Cut Meutia dengan tarif yang sangat ekonomis hanya Rp2.000 per perjalanan.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa layanan ini bertujuan untuk memberikan akses transportasi yang lebih mudah bagi masyarakat khususnya di wilayah Aceh. 

    “KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan dan aksesibilitas bagi masyarakat melalui layanan KA PSO. Dengan tarif yang sangat terjangkau, kami berharap layanan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” ujar Anne.

    Di sepanjang rute perjalanan KA Cut Meutia, terdapat beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh penumpang. Salah satunya adalah Rumah Cut Meutia, sebuah museum yang terletak di Desa Mesjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara. Rumah ini merupakan peninggalan sejarah yang memperingati perjuangan Cut Meutia dalam melawan penjajah.

    Sepanjang 2024, layanan KA Cut Meutia telah melayani total 52.950 penumpang. Sementara itu, pada Januari 2025, KA Cut Meutia telah melayani 5.018 penumpang. Anne mengklaim data ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap layanan kereta api ini.

    Anne mengatakan sepanjang Februari 2024 jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai angka tertinggi yaitu 4.454 orang. Hal ini sejalan dengan peningkatan jumlah penumpang KA Cut Meutia pada bulan yang sama, yang mencapai 10.190 penumpang. Korelasi ini menunjukkan peran penting KA Cut Meutia dalam mendukung sektor pariwisata di Aceh. 

    Pada 2025, KA Cut Meutia melayani delapan perjalanan per hari (4 perjalanan pulang pergi/PP). Setiap rangkaian kereta memiliki kapasitas 144 tempat duduk dengan rute perjalanan yang dilayani adalah Kruenggeukueh (KRG) – Kruengmane (KRM) PP.

    Berikut jadwal perjalanan KA Cut Meutia :

    1.    KA U122: Kruenggeukueh – Kutabalang (07.04 – 08.06)

    2.    KA U121: Kutabalang – Kruenggeukueh (08.20 – 09.24)

    3.    KA U124: Kruenggeukueh – Kutabalang (10.14 – 11.16)

    4.    KA U123: Kutabalang – Kruenggeukueh (11.30 – 12.34)

    5.    KA U126: Kruenggeukueh – Kutabalang (13.24 – 14.26)

    6.    KA U125: Kutabalang – Kruenggeukueh (14.40 – 15.44)

    7.    KA U128: Kruenggeukueh – Kutabalang (16.34 – 17.36)

    8.    KA U126: Kutabalang – Bungkaih (17.50 – 18.36)

  • KCIC Dukung Rencana Pemerintah Perpanjang Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya

    KCIC Dukung Rencana Pemerintah Perpanjang Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya

    Jakarta, Beritasatu.com – Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memastikan akan mendukung rencana pemerintah untuk memperpanjang jalur kereta cepat Jakarta-Bandung hingga mencapai Surabaya. Saat ini, proyek tersebut masih dalam tahap uji kelayakan.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, pihaknya bersama pemerintah tengah melakukan studi kelayakan terkait rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya. 

    Menurutnya, hal tersebut penting mengingat PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga tengah mengembangkan program kereta jarak jauh langsung tanpa transit dari Jakarta ke Surabaya.

    “Proyek Jakarta-Surabaya masih dalam tahap feasibility study yang dilakukan oleh pemerintah. Tentu saja, banyak hal yang masih perlu didiskusikan. KCIC juga dilibatkan dalam hal ini, tetapi kami akan menunggu kebijakan pemerintah selanjutnya. Yang pasti, kami akan mendukung sepenuhnya,” ujar Eva di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada Jumat (14/2/2025).

    Eva menjelaskan, pemilihan jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya juga mempertimbangkan pengembangan program direct train PT KAI. Pemilihan jalur tersebut bisa melalui jalur utara Pulau Jawa, jalur tengah, atau jalur selatan, dan semua itu akan dipertimbangkan dalam studi kelayakan yang sedang dilakukan pemerintah.

    “Semua itu akan tergantung pada studi kelayakan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk pilihan jalur, apakah jalur selatan atau utara,” tambahnya.

    Eva juga memastikan KCIC sudah melakukan transfer pengetahuan terkait pengoperasian dan pemeliharaan kereta cepat. Sebagai hasilnya, beberapa warga negara Indonesia kini sudah mampu mengoperasikan kereta Whoosh dan melakukan perawatan rutin terhadap kereta cepat.

    “Saat ini, kami sudah melakukan transfer pengetahuan sehingga sudah ada masinis Indonesia yang dapat mengendarai kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Kami juga telah melibatkan tenaga lokal dalam pemeliharaan sarana dan prasarana serta teknologi kereta cepat,” kata Eva.

    Eva menegaskan, begitu hasil studi kelayakan ini final dan kebijakan pemerintah sudah jelas, informasi lebih lanjut mengenai kereta cepat Jakarta-Surabaya akan segera diumumkan. “Untuk sementara, semuanya masih dalam tahap pembahasan,” tutupnya.

  • KAI Tetap Operasikan 13 Kereta Ekonomi Subdisi Jarak Jauh, Ini Rute dan Harga Tiketnya – Halaman all

    KAI Tetap Operasikan 13 Kereta Ekonomi Subdisi Jarak Jauh, Ini Rute dan Harga Tiketnya – Halaman all

    KAI mengoperasikan 13 kereta api ekonomi subsidi melalui skema Public Service Obligation (PSO) tahun 2025, simak rute dan harga tiketnya.

    Tayang: Jumat, 14 Februari 2025 11:53 WIB

    TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda

    KERETA EKONOMI BERSUBSIDI – Kereta Ekonomi Subdisi KA Bengawan jurusan Jakarta-Solo masih sepi penumpang, Selasa (23/6/2020). KAI tetap mengoperasikan 13 kereta api ekonomi subsidi melalui skema Public Service Obligation (PSO) tahun 2025, simak rute dan harga tiketnya. (Foto Arsip Tahun 2020) 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan 13 kereta api ekonomi subsidi melalui skema Public Service Obligation (PSO) di tahun 2025 ini.

    Sebagai bentuk pelayanan publik yang sejalan dengan Asta Cita, KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub tetap menyediakan sejumlah KA PSO jarak jauh dengan tarif yang terjangkau di berbagai rute di Jawa dan Sumatera.
     
    Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengatakan, layanan KA PSO merupakan bagian dari upaya KAI dalam mendukung perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan ekonomis.
     
    “Kereta api ekonomi bersubsidi ini memberikan akses mobilitas yang lebih luas bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan moda transportasi yang efisien dan hemat biaya. KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan agar masyarakat dapat menikmati perjalanan yang berkualitas,” ujar Anne, dikutip dari Siaran Pers KAI, Jumat (14/2/2025). 

    Lebih lanjut, dengan adanya KA PSO, masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi dapat menikmati layanan transportasi yang andal dan nyaman.

    Tak hanya itu, keberadaan KA PSO juga mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilaluinya serta membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar.
     
    “Selain itu, KA PSO juga memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat luas. Dengan tarif yang lebih murah, pelajar, pekerja, dan pelaku usaha kecil dapat bepergian dengan lebih hemat sehingga dapat mengalokasikan anggaran mereka untuk kebutuhan lain. Ketersediaan kereta ekonomi yang berkualitas juga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong penggunaan transportasi massal yang lebih ramah lingkungan,” kata Anne. 
     
    Sebagai informasi, sepanjang tahun 2024, total pelanggan KA PSO mencapai 16.492.750 penumpang.

    Sementara itu, selama Januari 2025, jumlah pelanggan KA PSO tercatat sebanyak 1.469.309 penumpang, mengalami kenaikan sebesar 11,49 persen dibandingkan periode Januari tahun 2024 sebanyak 1.317.833 penumpang.

    Angka tersebut tentunya menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta ekonomi bersubsidi yang tetap memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

    Daftar 13 Kereta Ekonomi Subdisi Jarak Jauh Tahun 2025

    Melansir informasi resmi KAI, daftar kereta api ekonomi bersubsidi tarif KA PSO sebagai berikut:

    KA Kahuripan rute Blitar-Kiaracondong (pulang pergi/PP), harga tiket Rp 84.000
    KA Bengawan rute Purwosari-Pasar Senen (PP), harga tiket Rp 74.000
    KA Sri Tanjung rute Lempuyangan-Ketapang (PP), harga tiket 94.000
    KA Airlangga rute Surabaya Pasarturi-Pasar Senen (PP), harga tiket Rp 104.000
    KA Serayu rute Purwokerto-Kroya-Pasar Senen (PP), harga tiket Rp 67.000
    KA Kutojaya Selatan rute Kutoarjo-Kiaracondong (PP), harga tiket Rp 62.000.
    KA Tawang Alun rute Ketapang-Bangil-Malang Kota Lama (PP), harga tiket Rp 62.000
    KA Bukit Serelo rute Kertapati-Lubuklinggau (PP), harga tiket 32.000
    KA Ekspres Rajabasa rute Kertapati-Tangjungkarang (PP), harga tiket Rp 32.000
    KA Putri Deli rute Tanjungbalai-Medan (PP), harga tiket Rp 27.000
    KA Probowangi rute Ketapang-Probolinggo-Surabaya Gubeng (PP), harga tiket Rp 56.000
    KA Kuala Stabas rute Baturaja-Tanjungkarang (PP), harga tiket Rp 29.000
    KA Cikuray rute Garut-Pasar Senen (PP), harga tiket Rp 45.000

    (Tribunnews.com/Latifah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Peta Rute KRL Commuter Line Terkini
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Februari 2025

    Peta Rute KRL Commuter Line Terkini Megapolitan 14 Februari 2025

    Peta Rute KRL Commuter Line Terkini
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah melakukan perubahan signifikan pada rute KRL Commuter Line sejak 28 Mei 2022.
    Perubahan ini terutama berdampak pada rute perjalanan dari Cikarang dan Bekasi, sementara jalur lainnya tetap beroperasi seperti biasa.
    Kini, perjalanan dari Cikarang ke Jakarta melalui jalur baru dengan rute:
    Selain itu, rute Bogor-Jatinegara yang sebelumnya melalui Tanah Abang kini tidak lagi tersedia.
    Dengan demikian, perjalanan dari Bogor kini hanya melayani rute menuju Jakarta Kota tanpa melewati Jatinegara.
    Sementara itu, rute KRL dari Rangkasbitung, Serpong, dan Tangerang tidak mengalami perubahan.
    Perjalanan dari dan ke wilayah ini tetap mengikuti jalur operasional yang telah berlaku sebelumnya.
    Perubahan rute ini juga mempengaruhi jadwal kedatangan dan keberangkatan KRL.
    Untuk mengetahui jadwal terbaru, masyarakat dapat mengakses informasi resmi melalui situs PT KAI di link berikut:
    Jadwal KRL Terkini
    .
    Dengan adanya perubahan ini, diharapkan pengguna KRL dapat menyesuaikan perjalanan mereka agar tetap nyaman dan efisien.
    Pastikan untuk selalu mengecek jadwal terbaru sebelum bepergian guna menghindari keterlambatan dan memilih rute yang paling sesuai dengan tujuan Anda.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kereta Ekonomi PSO, upaya hadirkan KA terjangkau dan berkualitas 

    Kereta Ekonomi PSO, upaya hadirkan KA terjangkau dan berkualitas 

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Kereta Ekonomi PSO, upaya hadirkan KA terjangkau dan berkualitas 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 13 Februari 2025 – 19:45 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta terus berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat, salah satunya melalui berbagai layanan Kereta Api Public Service Obligation (PSO).

    Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan bahwa sebagai bentuk pelayanan publik yang sejalan dengan Asta Cita, KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub tetap menyediakan sejumlah KA PSO jarak jauh dengan tarif yang terjangkau di berbagai rute di Jawa dan Sumatera.

    Beberapa KA antar kota PSO dengan harga yang sangat terjangkau serta berangkat awal dan melewati wilayah Daop 6 Yogyakarta adalah:

    1. KA Kahuripan (Blitar–Kiaracondong PP)

    2. KA Bengawan (Purwosari–Pasar Senen PP)

    3. KA Sri Tanjung (Lempuyangan–Ketapang PP)

    Sepanjang tahun 2024, total pelanggan KA PSO Daop 6 Yogyakarta mencapai 860.098 penumpang. Sementara itu, selama Januari 2025, jumlah pelanggan KA PSO tercatat sebanyak 71.937 penumpang. Angka tersebut tentunya menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta ekonomi bersubsidi yang tetap memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

    Krisbiyantoro menyatakan bahwa layanan KA PSO merupakan bagian dari upaya KAI dalam mendukung perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan ekonomis.

    “Kereta api ekonomi bersubsidi ini memberikan akses mobilitas yang lebih luas bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan moda transportasi yang efisien dan hemat biaya. KAI Daop 6 terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan agar masyarakat dapat menikmati perjalanan yang berkualitas,” ujar Kris. 

    Krisbiyantoro mengatakan dengan adanya KA PSO, masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi dapat menikmati layanan transportasi yang andal dan nyaman. Tidak hanya itu, keberadaan KA PSO juga mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilaluinya serta membuka akses peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

    “Selain itu, KA PSO juga memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat luas. Dengan tarif yang lebih murah, pelajar, pekerja, dan pelaku usaha kecil dapat bepergian dengan lebih hemat sehingga dapat mengalokasikan anggaran mereka untuk kebutuhan lain. Ketersediaan kereta ekonomi yang berkualitas juga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong penggunaan transportasi massal yang lebih ramah lingkungan,” kata Krisbiyantoro. 

    Sebagai wujud komitmen terhadap keberlanjutan dan inklusivitas, KAI Daop 6 akan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan. KAI Daop 6 juga akan memastikan bahwa setiap perjalanan kereta api tidak hanya mengutamakan aspek keselamatan dan kenyamanan, tetapi juga berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang lebih merata.

    “Dengan semangat Asta Cita, KAI Daop 6 berupaya menjadikan layanan transportasi yang lebih inklusif, berdaya saing, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat luas. Melalui KA PSO, KAI Daop 6 tidak hanya menyediakan layanan transportasi yang terjangkau, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” tutup Krisbiyantoro seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Kamis (13/2). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Jastip Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2025 Dibolehkan, Ini Kata KAI

    Jastip Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2025 Dibolehkan, Ini Kata KAI

    PIKIRAN RAKYAT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperbolehkan jasa titip (jastip) untuk pemesanan tiket kereta mudik Lebaran. Vice President Public Relation KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa jastip diperbolehkan karena tiket tetap dibeli sesuai identitas penumpang yang akan berangkat.

    Saat ini, pemesanan tiket hanya bisa dilakukan melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, dan online travel agent (OTA). “So far kita selama ini transparan-lah untuk masalah pertiketan. Kita sangat transparan sekali. Jadi yang pasti saat ini calo itu sudah tidak dibolehkan,” ujar Anne.

    Kereta Api melintasi Jembatan Layang Ciroyom di Jalan Arjuna, Kota Bandung, Rabu (23/10/2024). Pemerintah Kota Bandung memastikan bahwa akses Jalan Layang Ciroyom sudah dapat dilintasi oleh kendaraan, sekaligus perlintasan sebidang akan ditutup permanen oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), mengingat intensitas kereta feeder KCJB (Padalarang-Bandung) yang mencapai 67 kali dalam sehari.*

    Sebelumnya, jastip tiket mudik Lebaran sempat viral di media sosial. Beberapa warganet juga mengeluhkan dugaan calo dalam pembelian tiket pesawat di aplikasi resmi.

    “Dalam pemesanan dan pembelian tiket syaratnya KTP dengan penumpang sesuai. Sama seperti kita jastip barang di luar negeri. Makanya itu tidak dianggap calo,” kata Anne dalam diskusi dengan Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) di Jakarta, Rabu (12/2/2025).

    Banyak pengguna media sosial X (dulu Twitter) mengeluhkan tiket kereta Lebaran langsung habis dalam satu menit setelah pemesanan dibuka. Bahkan, ada yang gagal mendapatkan tiket meski sudah mencapai tahap pembayaran.

    Dibuka 4 Februari 2025

    Pemesanan tiket mudik Lebaran dibuka mulai 4 Februari 2025 atau H-45 sebelum keberangkatan, setiap pukul 00.00 WIB. Tiket dapat dibeli melalui Access by KAI, situs booking.kai.id, serta mitra OTA yang bekerja sama dengan KAI.

    Untuk mengatasi tingginya permintaan, Anne mengungkapkan bahwa KAI akan menambah kereta tambahan selama periode mudik Lebaran 2025. “KAI tengah mempersiapkan layanan kereta tambahan guna memberikan lebih banyak opsi perjalanan bagi masyarakat,” katanya.

    Saat ini, tersedia 2.877.473 kursi untuk periode 21 Maret hingga 11 April 2025 bagi perjalanan KA reguler melalui Access by KAI.

    Anne menegaskan bahwa KAI memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk pengecekan teknis dan operasional lokomotif serta rangkaian kereta. Standar keselamatan menjadi prioritas utama dalam menghadapi lonjakan penumpang saat angkutan Lebaran tahun ini.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Menhub Buka Suara soal Nasib Stasiun Karet

    Menhub Buka Suara soal Nasib Stasiun Karet

    Jakarta

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi buka suara soal penutupan Stasiun Karet. Rencananya Stasiun Karet akan diintegrasikan dengan Stasiun BNI City dan Stasiun Sudirman oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) pada April 2025.

    “Nggak (mangkrak). Jadi orang tetap bisa keluar dari situ (Stasiun Karet),” kata Dudy kepada wartawan di Kompleks, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2025).

    Dudy menerangkan Stasiun Karet tetap bisa dilalui masyarakat. Begitu juga sebaliknya, Stasiun Karet dapat menjadi akses masuk stasiun yang terhubung langsung ke Stasiun BNI City dan Sudirman.

    “Dari (Stasiun) BNI nanti ada jalan tembus ke Karet,” tutupnya.

    Sebelumnya Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, sempat menyampaikan bahwa pihaknya akan mengintegrasikan Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City dan Stasiun Sudirman yang dilakukan oleh PT KAI Commuter pada April 2025.

    Nantinya mulai April, Stasiun Karet hanya akan dilalui KRL, penumpang tidak bisa naik dan turun di stasiun tersebut. Hal itu karena kondisi stasiun karet sudah tidak memenuhi syarat untuk naik turun penumpang. Penumpang akan diarahkan naik dan turun melalui BNI City yang dinilai lebih nyaman.

    “Kondisi (Stasiun) Karet memang sudah nggak memenuhi syarat untuk naik-turun penumpang. Oleh karena itu, penumpang akan naik-turun melalui BNI City yang lebih nyaman, lebih bagus stasiunnya, dan peronnya lebih luas,” kata Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, dilansir Antara, Jumat (31/1/2025).

    Nantinya, area tersebut akan dilengkapi dengan berbagai gerai jajanan dan fasilitas ramah pejalan kaki. Dia menuturkan saat ini, pembangunan di Stasiun BNI City sedang berlangsung, salah satunya pemasangan kanopi di bagian ujung barat stasiun. Asdo memastikan integrasi antara ketiga stasiun akan selesai tepat waktu dan berjalan sesuai rencana.

    (Andi Hidayat/hns)

  • Cara War Tiket Kereta Api Lebaran 2025 Anti Lelet, Mudik Dijamin Lancar

    Cara War Tiket Kereta Api Lebaran 2025 Anti Lelet, Mudik Dijamin Lancar

    PIKIRAN RAKYAT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah membuka pemesanan tiket kereta api lebaran yanag bisa dipesan mulai tanggal 4-28 Februari 2025.

    Penumpang sudah bisa membeli tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2025 mulai H-45 sebelum keberangkatan. Misal untuk hari ini, Selasa, 11 Februari 2025, Anda bisa membeli tiket untuk keberangkatan Sabtu, 29 Maret 2025.

    Pemesanan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2025 memang menjadi momen yang cukup menegangkan. Persaingan untuk mendapatkan tiket kereta yang diinginkan sangat tinggi, terlebih lagi untuk tanggal-tanggal keberangkatan yang dekat dengan hari raya.

    Namun, dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, Anda bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan tiket kereta yang diinginkan.

    Mengapa Sulit Mendapatkan Tiket Kereta Lebaran?

    Tingginya permintaan tiket kereta api selama musim mudik Lebaran membuat persaingan untuk mendapatkan tiket menjadi sangat ketat. Beberapa faktor yang menyebabkan sulitnya mendapatkan tiket kereta api antara lain:

    – Setiap tahun, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api terus meningkat.

    – Jumlah kursi kereta api yang tersedia tidak dapat memenuhi seluruh permintaan penumpang.

    – Banyak pemudik yang melakukan pemesanan tiket secara online, sehingga persaingan semakin ketat.

    Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan kereta api di Stasiun Purwakarta beberapa waktu lalu. Penjualan tiket Angkutan Lebaran 2024 disebut baru terjual sekitar 60%.

    Tips War Tiket Kereta Api Lebaran

    Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan tiket kereta api Lebaran:

    – Pastikan perangkat yang Anda gunakan untuk melakukan pemesanan memiliki koneksi internet yang stabil.

    – Siapkan semua data diri yang diperlukan untuk melakukan pemesanan, seperti nomor identitas, nomor telepon, dan alamat email.

    – Tentukan tanggal keberangkatan dan tujuan yang pasti sebelum melakukan pemesanan.

    – Beberapa aplikasi atau website menyediakan fitur auto-refresh yang dapat mempermudah Anda dalam memantau ketersediaan tiket.

    – Jika gagal mendapatkan tiket pada jam-jam sibuk, coba lakukan pemesanan di waktu yang lebih sepi.

    – Jika memungkinkan, gunakan beberapa perangkat untuk melakukan pemesanan secara bersamaan.

    – Bergabung dengan komunitas atau forum diskusi tentang perjalanan kereta api untuk mendapatkan informasi terbaru dan tips dari pengguna lainnya.

    Saluran Pemesanan Tiket Kereta Api

    Anda dapat melakukan pemesanan tiket kereta api Lebaran melalui berbagai saluran, antara lain:

    1. Aplikasi KAI Access: Aplikasi resmi KAI yang paling mudah digunakan untuk melakukan pemesanan tiket.

    2. Website KAI: Kunjungi situs resmi KAI untuk melakukan pemesanan secara online.

    3. Kantor tiket stasiun: Anda juga dapat membeli tiket secara langsung di loket stasiun.

    4. Mitra KAI: Beli/pesan tiket di mitra resmi penjualan lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

    Jangan membeli tiket melalui calo karena berpotensi mengalami kerugian. Pastikan semua data yang Anda masukkan sudah benar sebelum melakukan pembayaran. Simpan bukti pembayaran sebagai bukti pemesanan tiket.

    Rencanakan perjalanan mudik Lebaran Anda dari sekarang dan pesan tiket kereta api secara online untuk menghindari kekecewaan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News