Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Tiket Kereta Tambahan Lebaran Mulai Dijual, Ada 538.280

    Tiket Kereta Tambahan Lebaran Mulai Dijual, Ada 538.280

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah pengoperasian kereta api sebanyak 1.080 kereta pada masa angkutan lebaran 1446 H/2025. Sehingga kapasitas tempat duduk yang dijual akan bertambah sebanyak 538.280 tiket.

    Hal itu membuat total kapasitas yang disediakan KAI selama masa angkutan lebaran sebanyak 4.568.838 tempat duduk. KA tambahan tersebut tersedia untuk KA jarak jauh maupun KA lokal dengan kelas komersial, termasuk diantaranya KA Java Priority, dengan relasi Gambir – Yogyakarta PP.

    Untuk diketahui, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran 1446H/Tahun 2025 selama 22 hari mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. KAI juga membuka pemesanan tiket lebaran mulai Minggu, 23 Februari 2025 pukul 00.00 WIB.

    “Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” kata Vice President Public Relation KAI, Anne Purba, mengutip keterangan resmi, Sabtu (22/2/2025).

    Selama 22 hari, KAI akan mengoperasionalkan 9.572 perjalanan kereta api, jumlah tersebut berasal dari 8.492 perjalanan KA reguler dan 1.080 perjalanan KA Tambahan.

    Masyarakat bisa memesan tiketnya melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id maupun mitra penjualan resmi lainnya.

    Untuk pemesanan tiket KA Jarak Jauh sudah dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk KA Lokal pemesanannya dimulai H-30, sedangkan beberapa KA lainnya ada yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    Lebih lanjut, menurut Anne, Hingga Sabtu, 22 Februari 2025 yang bertepatan dengan penjualan tiket lebaran untuk keberangkatan Selasa, 8 April 2025 (H+7), tiket yang sudah terjual sebanyak 976.678.

    KAI mengimbau masyarakat merencanakan perjalanannya jauh hari dengan segera memesan tiket selagi masih cukup banyak tersedia, terlebih dengan bertambahnya kapasitas setelah dibukanya pemesanan tiket KA tambahan.

    Anne juga menjelaskan ada Angkutan Lebaran 2025, jumlah KA yang beroperasi sebanyak 9.572. Angka tersebut meningkat 8% dibandingkan Angkutan Lebaran 2024 yang mengoperasionalkan 8.836 kereta. Dari kapasitas tempat duduk juga bertambah 6% dari 4.296.530 menjadi 4.568.838

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal, tarif, dan pemesanan tiket KA tambahan, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan KAI 121 melalui Contact Center (CC) 121 di nomor telepon 121/(021) 121, nomor WhatsApp 0811-1211-1121, email [email protected], atau media sosial resmi KAI.

    (mkh/mkh)

  • Besok, KAI Buka Pemesanan Tiket KA Tambahan Periode Lebaran Sebanyak 538.280 Kursi  – Halaman all

    Besok, KAI Buka Pemesanan Tiket KA Tambahan Periode Lebaran Sebanyak 538.280 Kursi  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka pemesanan tiket KA tambahan periode Lebaran 2025 yaitu sebanyak 538.280 kursi mulai Minggu (23/2/2025) besok.

    “KAI membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran mulai Minggu, 23 Februari 2025 pukul 00.00 WIB. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” kata Vice President Public Relation KAI, Anne Purba dalam keterangannya, Sabtu (22/2/2025).

    KAI telah menetapkan masa Angkutan Lebaran 1446H/Tahun 2025 selama 22 hari mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Selama 22 hari, KAI akan mengoperasionalkan 9.572 perjalanan kereta api, jumlah tersebut berasal dari 8.492 perjalanan KA reguler dan 1.080 perjalanan KA Tambahan.

    Dari 1.080 KA tambahan yang akan dioperasikan selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025, akan menambah kapasitas sebanyak 538.280 tempat duduk, sehingga total kapasitas yang disediakan KAI selama masa Angkutan Lebaran 1446H sebanyak 4.568.838 tempat duduk.

    “Pada Angkutan Lebaran 2025, jumlah KA yang beroperasi sebanyak 9.572. Angka tersebut meningkat 8 persen dibandingkan Angkutan Lebaran 2024 yang mengoperasionalkan 8.836 perjalanan KA,” ucap Anne.

    Anne menyebut, sejalan dengan meningkatnya perjalanan KA, otomatis juga meningkatkan kapasitas tempat duduk yang disediakan. Dari kapasitas 4.568.838 tempat duduk yang tersedia pada tahun 2025, meningkat 6 persen dibanding Angkutan Lebaran 2024 yang menyediakan kapasitas 4.296.530 tempat duduk.

    Hingga Sabtu, 22 Februari 2025 yang bertepatan dengan penjualan tiket lebaran untuk keberangkatan Selasa, 8 April 2025 (H+7), tiket yang sudah terjual sebanyak 976.678. 

    “KAI memahami bahwa Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, KAI menambah kapasitas tempat duduk untuk memberikan lebih banyak pilihan perjalanan dan mengakomodasi tingginya permintaan pelanggan yang akan mudik ataupun berlibur pada saat lebaran,” ujarnya.

    KAI mengimbau masyarakat merencanakan perjalanannya jauh hari dengan segera memesan tiket selagi masih cukup banyak tersedia, terlebih dengan bertambahnya kapasitas setelah dibukanya pemesanan tiket KA tambahan.

    “KAI siap melayani pelanggan dengan sepenuh hati selama masa angkutan Lebaran 1446 H. Melalui penambahan perjalanan kereta api, peningkatan layanan, serta komitmen terhadap keselamatan dan kenyamanan, KAI memastikan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan lebih berkesan,” jelas Anne.

    Adapun untuk pemesanan tiket KA Jarak Jauh sudah dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk KA Lokal pemesanannya dimulai H-30, sedangkan beberapa KA lainnya ada yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

  • Besok, KAI Buka Pemesanan Tiket KA Tambahan Periode Lebaran Sebanyak 538.280 Kursi  – Halaman all

    KAI: Sebanyak 962 Ribu Tiket Telah Terjual Hingga H+6 Lebaran 1446 Hijriah – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat 962.120 tiket kereta api telah dipesan oleh para pelanggan untuk keberangkatan masa angkutan lebaran untuk tanggal 21 Maret (H-10) sampai 7 April 2025 (H+6).

    Vice President Public Relation KAI, Anne Purba menyampaikan, KA Airlangga relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi / PP menjadi kereta api yang paling diminati oleh masyarakat.

    “Sebanyak 47.419 tiket KA Airlangga telah dipesan oleh para pelanggan, terdiri dari  24.507 tiket untuk KA Airlangga relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi, dan 22.912 tiket untuk KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen,” ujar Anne di Jakarta, Jumat (21/2/2025). 

    Selain KA Airlangga, kereta api yang juga menjadi favorit masyarakat untuk bepergian selama masa angkutan lebaran adalah KA Bengawan relasi Pasar Senen – Purwosari/PP dengan 40.023 tiket terjual.

    Selanjutnya KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar PP dengan 36.121 tiket terjual dan KA Sritanjung relasi Lempuyangan – Ketapang PP dengan 35.263 tiket terjual.

    “Mengingat tingginya permintaan, KAI mengimbau pelanggan untuk segera melakukan pemesanan tiket sebelum kehabisan,” ujarnya.

    Anne juga mengatakan, untuk saat ini pemesanan tertinggi terjadi pada tanggal 29 Maret atau H-2 Lebaran dengan 78.449 tiket terjual. Angka tersebut akan terus bertambah, mengingat pada tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Raya Nyepi.

    “Tingginya minat masyarakat terhadap beberapa KA seperti KA Airlangga, KA Bengawan, KA Kahuripan dan KA Sritanjung merupakan bukti bahwa layanan kereta api tetap menjadi favorit masyarakat, terutama pada periode lebaran dimana arus lalu lintas jalan raya menjadi sangat padat,” tutur Anne.

  • LRT Jabodebek Mengalami Gangguan di Stasiun Dukuh Atas Jakarta, Ini Penjelasan Manajemen – Halaman all

    LRT Jabodebek Mengalami Gangguan di Stasiun Dukuh Atas Jakarta, Ini Penjelasan Manajemen – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan, operasional LRT Jabodebek kembali normal setelah sebelumnya mengalami gangguan di Stasiun Dukuh Atas BNI pada Jumat (21/2/2025) siang.

    “Saat ini, operasional LRT Jabodebek telah kembali normal dan seluruh stasiun kembali dapat melayani pengguna,” ucap Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan resminya, Jumat.

    Mahendro menjelaskan, gangguan operasional LRT Jabodebek sempat terjadi pada pukul 12.45 WIB dan menyebabkan jalur menuju Stasiun Dukuh Atas BNI tidak dapat dilalui. 

    Akibatnya, Stasiun Dukuh Atas BNI dan Stasiun Setiabudi untuk waktu sementara tidak melayani naik dan turun pengguna. 

    “Sebagai langkah penyesuaian, perjalanan LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti dan Stasiun Jatimulya hanya dapat dilakukan hingga Stasiun Rasuna Said,” kata dia.

    Namun, KAI hanya menerapkan rekayasa perjalanan ini selama satu jam sambil mengatasi kendala tersebut demi memastikan layanan tetap berjalan dan mengurangi dampak gangguan bagi pengguna.

    Pada pukul 13.47 WIB, lanjut Mahendro, jalur antara Stasiun Dukuh Atas BNI dan Stasiun Rasuna Said kembali dapat dilalui, dengan ditandai keberangkatan kereta pertama yang melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Dukuh Atas BNI yakni TS8.

    “KAI memastikan bahwa seluruh perjalanan LRT Jabodebek telah kembali normal. Pengguna dari Jatimulya dan Harjamukti kembali dapat melakukan perjalanan hingga Stasiun Dukuh Atas BNI,” ucap Mahendro.

    Dia menambahkan, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan layanan serta memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan selamat bagi seluruh pengguna.

    “Terima kasih atas kesabaran dan pengertian para pengguna selama proses pemulihan berlangsung,” kata dia.

  • LRT Jabodebek Gangguan, Stasiun Dukuh Atas dan Setiabudi Tutup Sementara – Page 3

    LRT Jabodebek Gangguan, Stasiun Dukuh Atas dan Setiabudi Tutup Sementara – Page 3

    Keselamatan, ketepatan waktu, dan kenyamanan merupakan prioritas utama dalam layanan transportasi publik yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Demi menjaga kualitas layanan terbaik, LRT Jabodebek terus memastikan sistem persinyalan berfungsi optimal untuk mendukung kelancaran operasional.

    Sistem persinyalan memegang peran penting dalam mengatur pergerakan kereta, menjaga jarak aman antar rangkaian, serta meningkatkan efisiensi layanan.

    Dengan persinyalan yang andal, perjalanan LRT Jabodebek menjadi lebih aman, nyaman, dan tepat waktu bagi masyarakat.

    Perawatan Rutin untuk Menjaga Keandalan Operasional

    Agar operasional tetap optimal, LRT Jabodebek secara rutin melakukan perawatan sistem persinyalan. Teknologi yang digunakan adalah Communication-Based Train Control (CBTC) Grade of Automation 3 (GoA3).

    ini adalah sebuah sistem modern yang memungkinkan kereta beroperasi secara otomatis tanpa masinis, dengan kendali penuh melalui sistem terintegrasi.

    Perawatan dilakukan secara harian, berkala, dan sesuai standar dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

    Setiap sebelum layanan dimulai, tim teknis melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan semua perangkat dalam kondisi prima.

    Selain pemeliharaan harian LRT Jabodebek, perawatan lebih mendalam juga dilakukan secara bulanan hingga tahunan untuk menjaga keandalan sistem dalam jangka panjang.

     

  • Lowongan Kerja S1 di Rekrutmen Bersama BUMN 2025, Temukan Posisi Impianmu

    Lowongan Kerja S1 di Rekrutmen Bersama BUMN 2025, Temukan Posisi Impianmu

    PIKIRAN RAKYAT – Kabar gembira bagi para pencari kerja, Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2025 akan segera dibuka. Persiapkan diri kamu untuk meraih peluang berkarier di perusahaan-perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia.

    Meski demikian, hingga saat ini belum ada tanggal pasti mengenai pembukaan RBB 2025. Berikut adalah lowongan kerja untuk lulusan S1 di RBB 2025:

    PT Bank Tabungan Negara (BTN)
    Posisi: Business Support Internship Batch 3
    Jurusan: Manajemen, akuntansi, ekonomi, teknik industri. PT Kimia Farma
    Posisi: Internship Legal – KFHO
    Jurusan: Hukum PT Solusi Energy Nusantara (SENA)
    Posisi: Project Controller
    Jurusan: Teknik, ekonomi, manajemen, komputer. PT BNI Multifinance (BNI Finance)
    Posisi: Collection Head
    Jurusan: Semua Jurusan PT Aerotrans Services Indonesia (Garuda Indonesia Group)
    Posisi: Secretary to Board of Directors (BOD), Corporate Sales & Ancillary Manager
    Jurusan: Ekonomi, manajemen, Teknik. PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata)
    Posisi: Customer Service KAI bandara
    Jurusan: Semua jurusan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
    Posisi: Officer Development Program Regional Business 2025
    Jurusan: Semua jurusan.
    PT PLN Indonesia Geothermal
    Posisi: Ahli geologi, ahli geokimia
    Jurusan: Teknik geologi, teknik perminyakan. PT Surveyor Indonesia
    Posisi: Drafter
    Jurusan: Teknik sipil, arsitektur. PT Railink (KAI Bandara)
    Posisi: PKWT Staf Keuangan & Pajak
    Jurusan: Akuntansi, perpajakan. PT Telkom Prima Cipta Certifia
    Posisi: Training Officer Partner (Part time)
    Jurusan: Semua jurusan.

    Sambil menunggu pengumuman resmi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri. Hal-hal tersebut antara lain pantau informasi resmi di website https://www.bersamabumn.com/blog/rekrutmen-bersama-bumn/ atau https://fhcibumn.com, siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, ijazah, dan lain-lain.

    Kemudian tingkatkan kemampuan diri dengan belajar, dan jangan lupa untuk menjaga kondisi fisik dengan makan makanan bergizi dan olahraga secara teratur. Cari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan BUMN yang diminati.

    Rekrutmen Bersama BUMN adalah kesempatan emas bagi kamu untuk memulai karier di perusahaan impian. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru dan persiapkan diri sebaik mungkin. Semoga berhasil.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Tiket Kereta Angkutan Lebaran 2025 di Daop 5 Purwokerto Masih Tersedia 146 Ribu Tiket

    Tiket Kereta Angkutan Lebaran 2025 di Daop 5 Purwokerto Masih Tersedia 146 Ribu Tiket

    TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto mencatat sudah terjual 42.258 tiket sejak pemesanan dibuka sejak 4 Februari 2025. 

    Meski demikian, masih tersedia 146.796 tiket bagi pelanggan yang ingin bepergian dengan kereta api selama periode Lebaran.

    Minat masyarakat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi mudik Lebaran 2025 terus meningkat. 

    Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menjelaskan pada masa angkutan Lebaran yang berlangsung pada 21 Maret – 11 April 2025, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan total 186.102 tempat duduk. 

    Hingga hari ini, 20 Februari 2025, pemesanan tiket telah dibuka hingga keberangkatan kereta api tanggal 6 April 2025.

    “Untuk keberangkatan perjalanan kereta api dari Daop 5 Purwokerto pada tanggal 3 hingga 6 April 2025, okupansi rata-rata telah mencapai 60 persen. 

    Kami mengimbau masyarakat agar segera merencanakan perjalanan dan membeli tiket lebih awal guna mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan,” ujar Krisbiyantoro kepada Tribunjateng.com, dalam rilis, Kamis (20/2/2025). 

    PT KAI Daop 5 Purwokerto berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu selama periode angkutan Lebaran.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan dan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, atau menghubungi Contact Center KAI di 121. (jti)
     

  • Waspada! Penipuan Berkedok Rekrutmen KAI Kembali Marak, Begini Cara Menghindarinya

    Waspada! Penipuan Berkedok Rekrutmen KAI Kembali Marak, Begini Cara Menghindarinya

    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan rekrutmen perusahaan. 
     
    Baru-baru ini, beredar surat panggilan palsu untuk seleksi calon karyawan KAI di Bali pada 21-23 Februari 2025. 
     
    KAI menegaskan bahwa surat tersebut adalah hoaks dan bukan bagian dari proses rekrutmen resmi mereka.

    “Kami menyayangkan aksi tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan rekrutmen KAI. Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Februari 2025.
     

    Ciri-ciri penipuan rekrutmen KAI
    Anne menegaskan, KAI tidak pernah membuat surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta menggunakan hotel dan transportasi tertentu yang telah disediakan. 
     
    “Semua informasi rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan website resmi dengan alamat e-recruitment.kai.id dan media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121. Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut, agar masyarakat dapat mengabaikannya,” jelas Anne.
     
    Anne juga menambahkan, KAI tidak pernah melakukan proses rekrutmen melalui surat menyurat, baik mengirimkan berkas yang dititipkan melalui seseorang ataupun melalui email. 
     
    Di samping itu, KAI tidak memungut biaya apapun dari pelamar, serta tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan dalam proses seleksi pekerja.
     

    Cara menghindari penipuan rekrutmen KAI
    Agar tidak tertipu, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

    Cek situs resmi 

    Pastikan informasi rekrutmen hanya berasal dari e-recruitment.kai.id atau akun media sosial resmi KAI.

    Jangan bayar sejumlah uang 

    Jika ada permintaan biaya dengan alasan administrasi, perjalanan, atau akomodasi, bisa dipastikan itu penipuan.

    Verifikasi kembali informasi 

    Jika ragu, hubungi Contact Center KAI di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial @kai121.
     
    “Jika menemukan informasi yang meragukan, masyarakat dapat segera menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121 untuk mendapatkan informasi resmi tentang KAI,” ujar Anne. 

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • KA Parcel Tertemper Mobil Boks Terobos Palang Pintu, KAI Tuntut Ganti Rugi

    KA Parcel Tertemper Mobil Boks Terobos Palang Pintu, KAI Tuntut Ganti Rugi

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta menyampaikan pada hari Rabu (19/2/2025) sekitar pukul 18.24 WIB telah terjadi insiden tertempernya KA 302 (Parcel Tengah) relasi Kampung Bandan-Malang oleh mobil box bermuatan tabung gas.

    Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) No. 46 pada KM 10+4/5 jalur hulu lintas Jatinegara – Pasarsenen.

    Berdasarkan laporan dari masinis KA 302, semboyan 35 atau klakson lokomotif telah dibunyikan sebagai peringatan, namun pengemudi mobil box diduga tetap menerobos palang perlintasan.

    Akibat insiden ini, posisi lokomotif KA 302 harus dimatikan karena terjadi kebocoran pada gelas duga tangki HSD. Sementara itu, jalur hilir lintas Jatinegara-Pasarsenen tetap dinyatakan aman untuk operasional perjalanan kereta api lainnya.

    “PT KAI Daop 1 Jakarta sangat menyesalkan kejadian ini karena berdampak pada kerugian materiil dan imateriil, termasuk terhadap citra perusahaan,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan tertulis, Rabu (19/2/2025).

    Sebagai informasi, perlintasan kereta api di Indonesia telah diatur secara ketat dalam peraturan perundang-undangan guna memastikan keselamatan semua pengguna jalan.

    Sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian serta UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat melintasi perlintasan sebidang.

    Aturan Perlintasan Kereta Api yang Harus Dipatuhi oleh Pengguna Jalan

    1. Tidak melewati perlintasan sebidang saat palang pintu mulai ditutup.

    2. Mengurangi kecepatan saat melihat rambu peringatan perlintasan sebidang.

    3. Hentikan kendaraan sebelum melintas dan tengok kiri serta kanan untuk memastikan jalur aman.

    4. Berhenti ketika sinyal berbunyi, palang pintu kereta api mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain.

    5. Mendahulukan perjalanan kereta api dan tidak menerobos perlintasan.

    6. Memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel untuk menghindari kemacetan atau potensi kecelakaan.

    Sanksi bagi Pelanggar Aturan Perlintasan Kereta Api

    Pelanggaran terhadap aturan perlintasan kereta api dapat berakibat pada sanksi hukum. Sesuai dengan Pasal 114 UU No. 22 Tahun 2009, pengemudi wajib berhenti saat sinyal berbunyi dan palang pintu tertutup serta wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Selain itu, Pasal 296 UU LLAJ menyebutkan bahwa pengendara yang nekat menerobos palang pintu kereta api dapat dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda maksimal Rp750 ribu.

    Terkait insiden ini, PT KAI akan menghitung total kerugian baik dari sisi sarana maupun prasarana serta dampak terhadap kelambatan perjalanan. Tim hukum PT KAI akan melakukan tuntutan ganti rugi terhadap pihak yang bertanggung jawab sesuai dengan nilai kerugian yang ditimbulkan.

    “Kami mengimbau seluruh pengguna jalan untuk lebih mematuhi aturan yang berlaku demi keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Keselamatan adalah prioritas utama dalam operasional perkeretaapian di Indonesia,” pungkas Ixfan.

    (hns/hns)

  • Siap-siap! Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran 2025 Segera Dijual, Cek Infonya di Sini

    Siap-siap! Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran 2025 Segera Dijual, Cek Infonya di Sini

    Jakarta: Bagi yang tidak kebagian tiket kereta api Lebaran 2025 jangan khawatir. PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI akan segera menjual tiket kereta api tambahan untuk Lebaran 2025.

    Penjualan tiket kereta api tambahan ini memang banyak ditanyakan netizen, khususnya yang tidak kebagian saat war tiket kereta api Lebaran 2025. Merepons hal tersebut melalui unggahan akun Instagram resmi PT KAI @kai121_ menginformasikan terkait penjualan tiket kereta tambahan untuk Lebaran tahun ini.

    “Good news-nya, penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran 2025 akan segera dibuka, guys!,” tulis @kai121_ dikutip Rabu, 19 Februari 2025.

    Dalam unggahan @kai121_ untuk jadwal penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran 2025 akan diumumkan setelah tahapan finalisasi. Tahapan ini penting karena PT KAI harus memastikan terlebih dahulu kesiapan sarana dan prasarana perkeretaapian,

    “KAI harus memastikan terlebih dahulu kesiapan sarana dan prasarana perkeretaapian, agar dalam kondisi yang prima saat melayani kalian di masa angkutan Lebaran nanti,” tulis @kai121_.

    Sebelumnya PT KAI telah telah membuka pemesanan tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2025 pada 4 Februari 2025. Penjualan tiket dilakukan secara bertahap sesuai jadwal pemesanan yang telah ditentukan.
     

    Sambil menunggu penjualan tiket kereta api tambahan kamu bisa mengecek ketersedian Tiket kereta api lebaran 2025. Berikut cara mengeceknya melalui Access by KAI:

    Buka aplikasi Access by KAI
    Pilih menu “Antar Kota”
    Isi informasi perjalanan yang akan dilakukan. Mulai dari Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, dan Tanggal Keberangkatan.
    Tentukan juga jumlah penumpang yang akan pergi, baik dewasa maupun bayi di bawah usia tiga tahun.
    Klik ‘Cari & Pesan Tiket’
    Nantinya akan ditampilkan pilihan kereta disertai dengan informasi mengenai jam keberangkatan, jam kedatangan, harga, dan lama perjalanan.

    Jakarta: Bagi yang tidak kebagian tiket kereta api Lebaran 2025 jangan khawatir. PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI akan segera menjual tiket kereta api tambahan untuk Lebaran 2025.
     
    Penjualan tiket kereta api tambahan ini memang banyak ditanyakan netizen, khususnya yang tidak kebagian saat war tiket kereta api Lebaran 2025. Merepons hal tersebut melalui unggahan akun Instagram resmi PT KAI @kai121_ menginformasikan terkait penjualan tiket kereta tambahan untuk Lebaran tahun ini.
     
    “Good news-nya, penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran 2025 akan segera dibuka, guys!,” tulis @kai121_ dikutip Rabu, 19 Februari 2025.

    Dalam unggahan @kai121_ untuk jadwal penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran 2025 akan diumumkan setelah tahapan finalisasi. Tahapan ini penting karena PT KAI harus memastikan terlebih dahulu kesiapan sarana dan prasarana perkeretaapian,
     
    “KAI harus memastikan terlebih dahulu kesiapan sarana dan prasarana perkeretaapian, agar dalam kondisi yang prima saat melayani kalian di masa angkutan Lebaran nanti,” tulis @kai121_.
     
    Sebelumnya PT KAI telah telah membuka pemesanan tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2025 pada 4 Februari 2025. Penjualan tiket dilakukan secara bertahap sesuai jadwal pemesanan yang telah ditentukan.
     

    Sambil menunggu penjualan tiket kereta api tambahan kamu bisa mengecek ketersedian Tiket kereta api lebaran 2025. Berikut cara mengeceknya melalui Access by KAI:

    Buka aplikasi Access by KAI
    Pilih menu “Antar Kota”
    Isi informasi perjalanan yang akan dilakukan. Mulai dari Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, dan Tanggal Keberangkatan.
    Tentukan juga jumlah penumpang yang akan pergi, baik dewasa maupun bayi di bawah usia tiga tahun.
    Klik ‘Cari & Pesan Tiket’
    Nantinya akan ditampilkan pilihan kereta disertai dengan informasi mengenai jam keberangkatan, jam kedatangan, harga, dan lama perjalanan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)