Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI: 1,27 Juta Tiket Kereta Lebaran 2025 Sudah Terjual

    KAI: 1,27 Juta Tiket Kereta Lebaran 2025 Sudah Terjual

    Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 3,28 juta tiket kereta untuk keberangkatan periode Lebaran 2025 masih tersedia dari total 4,56 juta yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI. 

    Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan selama 22 hari masa angkutan lebaran, KAI mengoperasikan 9.572 perjalanan kereta api reguler dan tambahan yang terdiri dari 8.492 perjalanan KA reguler dan 1.080 perjalanan KA Tambahan. 

    “Total kapasitas yang tersedia sebanyak 4.568.838 tempat duduk yang terdiri dari KA jarak jauh, KA lokal dan KA wisata,” kata Didiek, Selasa (25/2/2025). 

    Sampai dengan Selasa, (25/2/2025) KAI mencatatkan penjualan total tiket sebanyak 1.279.341 dari seluruh tiket yang tersedia. Didiek menyampaikan KAI memprediksi puncak kepadatan arus mudik dengan kereta api akan terjadi pada 28 Maret yang merupakan H-3 lebaran, sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 6 April atau H+5 lebaran

    Didiek mengeklaim, dengan semakin banyaknya kapasitas yang disediakan oleh KAI, diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan perjalanan bagi pelanggan yang akan berlebaran di kampung halaman.

    Hal tersebut, imbuhnya, juga dapat mengurangi kemacetan dan beban jalan raya karena banyaknya kendaraan pribadi, sehingga dapat membuat perjalanan mudik lebih lancar.

    Di samping itu, untuk semakin memanjakan para pelanggan, KAI juga sudah menyiapkan promo diskon tiket. Dengan adanya promo diskon ini diharapkan masyarakat dapat melakukan mudik lebaran maupun berlibur dengan nyaman dan harga terjangkau.

    “Untuk semakin menambahkan kesan kepada pelanggan, KAI juga sudah menyiapkan beberapa hal, diantaranya menghadirkan tematik lebaran di stasiun dan kereta api, takjil gratis dan juga merchandise,” jelasnya. 

  • Dirut KAI: Tak Ada Direct Train saat Mudik Lebaran 2025 – Page 3

    Dirut KAI: Tak Ada Direct Train saat Mudik Lebaran 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menegaskan tak akan ada layanan kereta api langsung atau direct train di momen mudik lebaran 2025.

    Direct train sempat diuji coba pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) lalu. Namun, Didiek memastikan tak akan menyediakan layanan itu kembali.

    “Jadi, untuk angkutan lebaran ini kita tidak mengoperasikan direct train,” ungkap Didiek dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (25/2/2025).

    Direct Train saat Nataru

    Dia mengatakan, masa Nataru saat itu, ada dua direct train. Yakni, Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta. Keduanya tidak berhenti di stasiun antara dua kota tersebut.

    “Jadi setelah evaluasi, waktu Nataru kita lakukan dua direct train, yang pertama ke Semarang, yang kedua dari Jakarta ke Jogja,” ucapnya.

    Didiek mengatakan sudah melakukan evaluasi. Hasilnya, tidak akan ada lagi layanan direct train pada masa libur mudik Lebaran 2025 ini. Padahal, sebelumnya sempat diproyeksikan mendapat jadwal reguler.

    “Maka berdasarkan evaluasi, untuk angkutan Lebaran in kami tidak mengoperasikan,” tegas Didiek.

     

  • KAI Tambah 45 Kereta Api untuk Lebaran 2025

    KAI Tambah 45 Kereta Api untuk Lebaran 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan 54 kereta api tambahan untuk Lebaran 2025. Dari 54 kereta tambahan itu, 40 kereta jarak jauh komersial, dua kereta api jarak jauh dengan skema PSO, dan dua kereta lokal komersial.

    “Kemudian untuk wisata kereta yang dijalankan hanya dua kereta dan delapan kereta untuk melayani motis Lebaran. Paling banyak jarak jauh komersial yang biasa digunakan untuk mudik Lebaran,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (25/2/2025).

    Sementara untuk jumlah tiket atau tempat duduk kereta api tambahan yang disediakan oleh KAI khusus untuk Lebaran 2025 ada sebanyak 59,129 juta.

    Dia menjelaskan angka itu terdiri dari 4,591 juta untuk tiket KAI jarak jauh komersial, 596.112 tiket Railink, 697.200 tiket LRT Sumsel, 48,254 juta tiket KCI, 4,981 juta tiket LRT Jabodebek, dan 8.360 untuk tiket KA Wisata.

    “Khusus untuk tiket kereta jarak jauh itu untuk Lebaran tahun ini naik 6% jika dibandingkan tiket yang kami sediakan di tahun lalu yang mana tahun ini ada sebanyak 4,591 juta tiket,” jelasnya.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api untuk mudik Lebaran 1446 H.

    Beberapa kereta api dengan rute favorit telah mencapai okupansi lebih dari 100% pada tanggal-tanggal tertentu, seperti, KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) telah habis terjual pada 29-30 Maret 2025, KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) telah mencapai okupansi penuh pada 27-31 Maret 2025, KA Brawijaya (Gambir-Malang) telah habis terjual pada 26-31 Maret 2025.

    KA Tegal Bahari (Pasar Senen-Tegal) bahkan telah terjual lebih dari 100% mulai hari ini hingga 1 April 2025.

    Hingga Senin, (24/2025) pukul 07.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh yang sudah terjual mencapai 1,197 juta tiket atau 34,68% dari kapasitas yang disediakan, yaitu 3.440.752 tempat duduk.

    Penambahan tiket kereta api dari KAI untuk Lebaran 2025 bisa membantu masyarakat yang belum mendapatkan tiket untuk mudik tahun ini.

  • Pelaku Akan Diblacklist Naik Kereta Api

    Pelaku Akan Diblacklist Naik Kereta Api

    JABAR EKSPRES –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung terus menunjukkan komitmennya dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan. Melalui Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual, KAI Daop 2 Bandung secara aktif melakukan upaya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh penumpang baik di stasiun maupun di dalam perjalanan kereta api.

    Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung Dicky Eka Priandana menyatakan bahwa tindakan pelecehan seksual merupakan pelanggaran serius yang akan dikenai sanksi hukum pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kami ingin memastikan seluruh pelanggan merasa aman saat menggunakan layanan kereta api. Jangan ragu untuk melapor jika mengalami atau menyaksikan tindakan pelecehan seksual. Seluruh petugas kami selalu siaga untuk menerima laporan dan mengambil tindakan tegas sesuai prosedur,” jelas Dicky.

    Sebagai langkah tegas, KAI juga menetapkan sanksi blacklist tidak diperkenankan menggunakan kereta api bagi setiap pelaku pelecehan seksual di lingkungan kereta api. Sanksi ini berlaku untuk semua moda layanan yang dikelola oleh KAI dan bertujuan memberikan efek jera bagi pelaku serta menjaga rasa aman bagi seluruh penumpang.

    Sebagai bagian dari upaya pencegahan, KAI Daop 2 juga melakukan berbagai langkah yakni :
    – Memperkuat sistem pengawasan dengan meningkatkan jumlah personel keamanan di stasiun dan di dalam kereta.

    – Memasang kamera pengawas (CCTV) di berbagai area strategis selama 24 jam baik di dalam kereta maupun di stasiun.

    – Menyediakan petugas yang telah dilatih secara khusus dan bersiaga 24 jam untuk menangani kasus pelecehan seksual dengan profesional dan empati

    – Menyediakan berbagai kanal pelaporan, mulai dari pencantuman nomor petugas di dinding kereta, layanan pelanggan di stasiun, hingga call center resmi KAI 121.

    KAI Daop 2 Bandung mengajak seluruh penumpang untuk berani melapor jika mengalami atau menyaksikan tindakan pelecehan seksual. Identitas pelapor akan dijaga kerahasiaannya untuk memberikan rasa aman bagi korban maupun saksi yang melapor.

    KAI juga mengajak seluruh pelanggan untuk bersama-sama menciptakan suasana perjalanan yang nyaman dengan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan segera melaporkan tindakan yang mencurigakan atau tidak pantas. “Dengan komitmen terhadap keselamatan, kenyamanan, dan pelayanan yang baik, KAI Daop 2 terus memberikan layanan transportasi yang aman dan terpercaya bagi masyarakat,” pungkas Dicky.

  • Ada Tiket Kereta Api Super Murah untuk Mudik Lebaran 2025, Catat Tanggalnya! – Page 3

    Ada Tiket Kereta Api Super Murah untuk Mudik Lebaran 2025, Catat Tanggalnya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan kabar gembira bagi para pemudik menjelang Lebaran 2025. Mereka menawarkan diskon tiket kereta api super murah yang pastinya akan membuat perjalanan Anda lebih hemat.

    Promo ini berlaku untuk periode keberangkatan mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, dan ada beberapa jenis diskon yang bisa Anda manfaatkan. Jadi, siapkan catatan Anda dan jangan sampai terlewat!

    “Kami juga akan melakukan promo reguler ini dengan diskon 20 persen di tanggal 18 dan 19 Maret. Nah flash sale ini tunggu aja, jadi nanti secara apa namanya, tiba-tiba,” ujar Direktur Utama (Dirut) KAI Didiek Hartantyo ditulis, Selasa (25/2/2025).

    Kategori Diskon

    Diskon tiket kereta api mudik lebaran 2025 yang ditawarkan KAI dibagi menjadi dua kategori utama. Pertama, ada diskon reguler sebesar 20% dari tarif reguler yang dapat dinikmati pada tanggal 18 dan 19 Maret 2025.

    KAI telah menyediakan total 38.000 kursi untuk promo ini, namun ingat, kursi ini terbatas dan akan disesuaikan dengan ketersediaan. Kedua, ada juga flash sale yang sangat menarik, di mana Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga super murah.

    Flash sale ini akan diadakan pada tanggal 18 Maret 2025, tepatnya pukul 12.00 WIB. Hanya tersedia 2.000 tiket untuk promo ini yang bisa dipesan melalui aplikasi Access by KAI.

    Sistemnya mirip undian, jadi siapa cepat dia dapat! Jika diperlukan, jumlah tiket untuk flash sale ini bisa ditambah. Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan tiket dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Pemasangan palang pintu perlintasan KA tanggung jawab pemerintah

    Pemasangan palang pintu perlintasan KA tanggung jawab pemerintah

    Petugas mengingatkan pengguna jalan agar berhati-hati saat akan melintasi rel kereta api. PT KAI Daop 1 Jakarta menegaskan pemasangan palang pintu kereta api (KA) merupakan tanggung jawab pemerintah atau pemilik jalan sesuai kewenangannya bukan pada KAI. ANTARA/HO-PT KAI Daop 1 Jakarta.

    KAI: Pemasangan palang pintu perlintasan KA tanggung jawab pemerintah
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 25 Februari 2025 – 08:21 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menegaskan bahwa pemasangan palang pintu perlintasan sebidang jalur kereta api (KA) merupakan tanggung jawab pemerintah atau pemilik jalan sesuai kewenangannya bukan pada KAI.

    “Tanggung jawab pembangunan, pengoperasian, perawatan dan keselamatan perpotongan jalur kereta api dan jalan berada pada pemegang izin (bukan PT KAI),” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

    Dia mengatakan aturan pembangunan atau pembuatan palang pintu perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan umum telah diatur undang-undang.

    Aturan ini termasuk Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 91 Ayat (1) yang menyatakan pembangunan infrastruktur yang berpotongan dengan jalur kereta api harus mempertimbangkan kepentingan umum dan keselamatan perjalanan kereta api.

    Pembangunan tersebut wajib mendapatkan izin dari pemilik prasarana perkeretaapian dalam hal ini adalah pemerintah. Lalu, Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api pada Pasal 111 mengatur bahwa pengelola jalan harus bekerja sama dengan penyelenggara perkeretaapian dalam pengelolaan perlintasan sebidang.

    Selanjutnya, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Mengatur jenis perlintasan sebidang (resmi dan liar), kriteria keselamatan serta pihak yang bertanggung jawab. Adapun standar palang pintu perlintasan harus memenuhi spesifikasi teknis yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

    Hal ini merujuk Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub No. 3 Tahun 2021 yang mewajibkan evaluasi dan peningkatan keselamatan perlintasan sebidang, termasuk pemasangan palang pintu otomatis di titik rawan.

    “Berdasarkan peraturan-peraturan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembuatan palang pintu perlintasan sebidang harus memenuhi regulasi yang berlaku,” kata Ixfan.

    Pernyataan ini menjadi tanggapan PT KAI Daop 1 Jakarta atas kejadian tertabraknya pengguna jalan oleh kereta rel listrik (KRL) di perlintasan sebidang jalur KA pada KM 700+3/4 petak jalan antara Nambo-Cibinong, Kampung Karangan Tua RT 02 RW 08 Desa Karangan,Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/2).

    “Kami merasa perlu memberikan klarifikasi guna meluruskan informasi secara komprehensif sesuai aturan atau prosedur yang berlaku,” kata Ixfan.

    Dia kembali menegaskan, berdasarkan regulasi yang berlaku di Indonesia, aturan mengenai perlintasan sebidang telah diatur dengan jelas dalam berbagai peraturan perundang-undangan.

    Sumber : Antara

  • BSI, Visa, BTN Siap Pinang Hak Penamaan Stasiun LRT Jabodebek

    BSI, Visa, BTN Siap Pinang Hak Penamaan Stasiun LRT Jabodebek

    Bisnis.com, JAKARTA – LRT Jabodebek mengatakan hak penamaan tiga stasiun LRT Jabodebek siap dibeli oleh tiga perusahaan yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), perusahaan jasa keuangan Visa, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN). 

    Executive Vice President LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi mengatakan saat tiga perusahaan ini berminat membeli hak penamaan yaitu BRIS di Stasiun Cawang, Visa di Stasiun Kuningan dan BTN di Stasiun Setiabudi. 

    “Kami sedang purpose adalah Stasiun Kuningan dengan Visa. Visa ini unik nantinya akan menjadi lead. Kami sedang berkoordinasi dengan Visa bagaimana kartu kredit nanti bisa dipergunakan untuk pembayaran seperti uang elektronik,” kata Purnomo di Depo LRT Jabodebek, Senin (24/2/2025). 

    Meski demikian, Purnomo tidak merincikan berapa kontrak yang akan disetujui oleh tiga perusahaan ini maupun jangka waktu yang disepakati. Namun, Dia mengatakan harga paling tinggi yang ditawarkan LRT Jabodebek adalah Rp12 miliar per tahun dengan jangka waktu maksimal lima tahun. 

    Lebih lanjut, Purnomo mengatakan pihaknya menargetkan setidaknya lima stasiun akan dibeli hak penamaannya sepanjang 2025. 

    “Harapan kita sih bisa lima stasiun. Target kita 5 stasiun,” jelasnya. 

    Teranyar, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) membeli hak penamaan Stasiun LRT Dukuh Atas. Stasiun tersebut sah berganti nama menjadi Stasiun LRT Dukuh Atas BNI, Rabu (20/11/2024).  

    Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, program Naming Rights ini menjadi salah satu langkah strategi untuk memperluas visibilitas merek sekaligus mendukung peningkatan kualitas layanan transportasi publik di Jabodetabek. Program ini memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan aset transportasi publik sebagai media pengenalan brand yang efektif.

    Melalui program Naming Rights, mitra perusahaan yang bekerja sama akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti penempatan nama brand di media KAI, termasuk aplikasi Access by KAI, situs web resmi KAI, papan penunjuk arah (signage), peta jalur, pengumuman hingga media publikasi lainnya.

  • KAI Daop 1 Jakarta terapkan “blacklist” pada pelaku pelecehan

    KAI Daop 1 Jakarta terapkan “blacklist” pada pelaku pelecehan

    Jakarta (ANTARA) – PT KAI Daop 1 Jakarta menerapkan sistem “blacklist’ atau daftar hitam bagi pelaku pelecehan seksual, baik di stasiun maupun selama perjalanan di kereta api.

    “KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan blacklist terhadap pelaku pelecehan seksual di perjalanan kereta api. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan efek jera serta mencegah kejadian serupa di masa depan,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

    Adapun kebijakan ini telah diterapkan sejak tahun 2022 guna mencegah pelaku pelecehan seksual mengakses layanan kereta api.

    Ixfan menegaskan kereta api adalah salah satu moda transportasi yang aman dan KAI terus berkomitmen untuk mencegah tindak pelecehan seksual, baik di stasiun maupun selama perjalanan.

    Dia pun mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan kejadian melalui kanal resmi KAI seperti media sosial atau pusat panggilan (call center).

    Sementara itu, dalam kesempatan berbeda, psikolog Vivi Ade Cerliana mengajak korban pelecehan atau kekerasan seksual untuk berani melapor karena hukum akan melindunginya.

    Vivi juga mengapresiasi langkah yang telah diterapkan oleh KAI sebagai contoh bagi moda transportasi publik lainnya dalam mencegah pelecehan seksual.

    Merujuk survei Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) tahun 2022, tercatat sebanyak 3.539 responden perempuan dari 4.236 mengatakan pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik, dan 23 persen terjadi di transportasi umum termasuk sarana dan prasarana.

    Sementara itu, berdasarkan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA) diketahui sepanjang tahun 2022 terdapat 11.266 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dengan jumlah korban sebanyak 11.538 orang.

    Berdasarkan tempat kejadian, fasilitas umum menduduki peringkat kedua tertinggi setelah rumah, yakni sebanyak 880 kasus.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Celah Peron Baru Stasiun Tanah Abang Terlalu Lebar, Penumpang Khawatir Terjeblos
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        24 Februari 2025

    Celah Peron Baru Stasiun Tanah Abang Terlalu Lebar, Penumpang Khawatir Terjeblos Megapolitan 24 Februari 2025

    Celah Peron Baru Stasiun Tanah Abang Terlalu Lebar, Penumpang Khawatir Terjeblos
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Penumpang di peron 1
    Stasiun Tanah Abang
    khawatir dengan dengan jarak celah antara peron dan kereta di
    peron 1 Stasiun Tanah Abang
    yang dinilai terlalu lebar.
    Jarak peron yang dinilai lebar itu dikhawatirkan bisa membahayakan penumpang kereta rel listrik (KRL) Stasiun Tanah Abang, terutama bagi anak-anak, lansia, dan penyandang difabel.
    “Penggunanya enggak hanya orang sehat dan normal, tetapi ada difabel, lansia, dan anak-anak yang membahayakan, jika
    celah peron
    lebar banget,” kata Zela (30), seorang karyawan swasta kepada
    Kompas.com
    , Senin (24/2/2025).
    Zela menilai perhitungan infrastruktur bangunan ini tidak tepat mengingat adanya celah peron yang terbilang cukup lebar itu.
    “Perhitungannya kurang tepat karena yang sebelumnya enggak sejauh ini sehingga kesulitan melangkah lebar-lebar,” tuturnya.
    Hal serupa juga disampaikan oleh Ihsan (38), penumpang lain yang transit di Tanah Abang saat melanjutkan perjalanan menuju Parung Panjang.
    Ia mengkhawatirkan keselamatan lansia, anak-anak, dan penyandang difabel.
    “Kalau lansia, anak-anak, dan difabel enggak awas dan kurang hati-hati, khawatirnya banyak terjadi hal-hal tidak diinginkan,” jelas Ihsan.
    Ihsan menambahkan bahwa celah peron saat ini lebih besar dibandingkan sebelumnya.
    “Ini lebih besar banget daripada sebelumnya. PT KAI harus mengevaluasi ini agar ke depannya tidak terulang lagi,” lanjutnya.
    Tiwi (35), seorang karyawan swasta yang menuju Serpong dari Bekasi, juga menyayangkan kondisi celah peron yang terlalu lebar.
    “Untuk lansia dan anak-anak, celah peron tersebut perlu diperhatikan karena takut nanti mereka terjeblos,” ujarnya.
    Tiwi juga menyampaikan kekhawatirannya terhadap barang-barang yang dibawa penumpang.
    “Ini besar banget celahnya sehingga risiko barang-barang bawaan terjatuh ke rel juga sangat tinggi,” ucapnya.
    Diketahui, peron 1 di bangunan baru Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, baru saja resmi beroperasi.
    Adapun jarak antara peron dengan kereta api diperkirakan sekitar 30 sentimeter. Jarak ini disebut lebih lebar dibandingkan celah peron biasanya yang sekitar 20 sentimeter.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Daftar Kereta Api Tambahan Lebaran 2025 dan Jadwal Keberangkatan – Halaman all

    Daftar Kereta Api Tambahan Lebaran 2025 dan Jadwal Keberangkatan – Halaman all

    Simak daftar kereta api tambahan Lebaran 2025 dan jadwal keberangkatan untuk H+ Lebaran. Berikut ini jenis sarana yang digunakan di setiap KA.

    Tayang: Senin, 24 Februari 2025 13:28 WIB

    Instagram @kai121_

    KERETA API – Foto ini diambil dari Instagram KAI pada Senin (24/2/2025) memperlihatkan jenis sarana yang digunakan untuk kereta api tambahan Lebaran 2025. Berikut ini daftar kereta api tambahan Lebaran 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini jadwal kereta api tambahan untuk angkutan Lebaran 1446 H/2025.

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah sebanyak 538.280 tempat duduk dengan adanya kereta api tambahan.

    Kereta api ini menyediakan kereta api jarak jauh maupun kereta api lokal dengan kelas komersial.

    Penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran 2025 dimulai pada 23 Februari dengan rincian sebagai berikut:

    Penjualan tiket: 23 Februari 2025 mulai pukul 00.00 WIB
    Keberangkatan: H-10 Lebaran (21 Maret 2025)
    Penjualan tiket: 23 Februari 2025 mulai pukul 00.00 WIB
    Keberangkatan: H+8 Lebaran (9 April 2025)
    Penjualan tiket: 24 Februari 2025 mulai pukul 00.00 WIB
    Keberangkatan: H+9 Lebaran (10 April 2025)
    Penjualan tiket: 25 Februari 2025 mulai pukul 00.00 WIB
    Keberangkatan: H+10 Lebaran (11 April 2025)

    Selengkapnya, simak daftar kereta api tambahan di bawah ini.

    Daftar Kereta Api Tambahan Lebaran 2025
    KA Argo Anjasmoro

    Jenis sarana: kereta eksekutif stainless steel generasi 1.

    Nomor KA: 29F
    Rute: Surabaya Pasarturi-Gambir, berangkat pukul 12.05 WIB dan tiba pukul 21.10 WIB 
    Nomor KA: 30F
    Rute: Gambir-Surabaya Pasarturi, berangkat pukul 23.35 WIB dan tiba pukul 08.40 WIB.

    KA Purwojaya

    Jenis sarana: kereta eksekutif new image.

    Nomor KA: 50F
    Rute: Gambir-Cilacap, berangkat pukul 07.00 WIB dan tiba pukul 12.51 WIB
    Nomor KA: 53F
    Rute: Cilacap-Gambir, berangkat pukul 06.55 WIB dan tiba pukul 12.55 WIB
    Nomor KA: 58F
    Rute: Gambir-Cilacap, berangkat pukul 13.25 WIB dan tiba pukul 19.17 WIB
    Nomor KA: 57F
    Rute Cilacap-Gambir, berangkat pukul 20.05 WIB dan tiba pukul 02.10 WIB.

    KA Sancaka

    Jenis sarana: kereta eksekutif stainless steel generasi 1 dan ekonomi premium stainless steel.

    Nomor KA: 87F
    Rute: Surabaya Gubeng-Yogyakarta, berangkat pukul 22.00 WIB dan tiba pukul 02.00 WIB
    Nomor KA: 88F
    Rute: Yogyakarta-Surabaya Gubeng, berangkat pukul 22.25 WIB dan tiba pukul 02.25 WIB.

    KA Cirebon Fakultatif

    Jenis sarana: kereta eksekutif mild steel dan ekonomi new generation modifikasi.

    Nomor KA: 125F
    Rute Cirebon-Gambir, berangkat pukul 20.30 WIB dan tiba pukul 23.24 WIB
    Nomor KA: 126F
    Rute Gambir-Cirebon, berangkat pukul 23.55 WIB dan tiba pukul 02.50 WIB.

    KA Parahyangan Fakultatif

    Jenis sarana: kereta eksekutif stainless steel generasi 1.

    Nomor KA: 141F
    Rute Bandung-Gambir, berangkat pukul 10.25 WIB dan tiba pukul 13.13 WIB
    Nomor KA: 142F
    Rute Gambir-Bandung, berangkat pukul 13.40 WIB dan tiba pukul 16.42 WIB.

    KA Kaligung

    Jenis sarana: kereta eksekutif mild steel dan ekonomi new image.

    Nomor KA: 221F
    Rute Semarang Poncol-Tegal, berangkat pukul 21.00 WIB dan tiba pukul 23.35 WIB
    Nomor KA: 222F
    Rute Tegal-Semarang Poncol, berangkat pukul 20.30 WIB dan tiba pukul 22.43 WIB.

    KA Batavia

    Jenis sarana: kereta eksekutif dan ekonomi stainless steel new generation

    Nomor KA: 7005
    Rute: Solo Balapan-Gambir, berangkat pukul 22.00 WIB dan tiba pukul 07.00 WIB
    Nomor KA: 7006
    Rute Gambir-Solo Balapan, berangkat pukul 09.35 WIB dan tiba pukul 18.00 WIB.

    KA Gajayana Tambahan

    Jenis sarana: kereta eksekutif mild steel

    Nomor KA: 7001A
    Rute: Malang-Gambir, berangkat pukul 18.25 WIB dan tiba pukul 08.12 WIB.
    Nomor KA: 7002A
    Rute Gambir-Malang, berangkat pukul 00.10 WIB dan tiba pukul 13.50 WIB.

    KA Sembrani Tambahan

    Jenis sarana: kereta eksekutif mild steel.

    Nomor KA: 7003A
    Rute Surabaya Pasarturi-Gambir, berangkat pukul 05.25 WIB dan tiba pukul 15.16 WIB
    Nomor KA: 7994
    Rute Gambir-Surabaya Pasarturi, berangkat pukul 14.45 WIB dan tiba pukul 00.40 WIB.

    KA Tambahan YK-GMR dan GMR-YK

    Jenis sarana: kereta eksekutif stainless steel generasi 1 dan ekonomi premium stainless steel:

    KA Tambahan YK-GMR (Nomor KA: 7007F); Rute Yogyakarta-Gambir, berangkat pukul 06.20 WIB dan tiba pukul 13.09 WIB
    KA Tambahan YK-GMR (Nomor KA: 7009A); Rute Yogyakarta-Gambir, berangkat pukul 15.40 WIB dan tiba pukul 22.39 WIB
    KA Tambahan GMR-YK (Nomor KA:7008A); Rute Gambir-Yogyakarta, berangkat pukul 16.25 WIB dan tiba pukul 23.14 WIB
    KA Tambahan GMR-YK (Nomor KA: 7010A; Rute Gambir-Yogyakarta, berangkat pukul 05.30 WIB dan tiba pukul 12.24 WIB.

    KA Tambahan SLO-PSE dan PSE-SLO

    Jenis sarana: kereta ekonomi stainless steel new generation.

    KA Tambahan SLO-PSE (Nomor KA: 7025); Rute Solo Balapan-Pasar Senen, berangkat pukul 04.00 WIB dan tiba pukul 12.27 WIB
    KA Tambahan PSE-SLO (Nomor KA: 7026); Rute Pasar Senen-Solo Balapan, berangkat pukul 14.20 WIB dan tiba pukul 22.53 WIB.

    KA Lodaya Tambahan

    Jenis sarana: kereta eksekutif dan ekonomi stainless steel new generation.

    Nomor KA: 7011A
    Rute: Solo Balapan-Bandung, berangkat pukul 08.15 WIB dan tiba pukul 16.50 WIB
    Nomor KA: 7012A
    Rute: Bandung-Solo Balapan, berangkat pukul 21.15 WIB dan tiba pukul 05.49 WIB
    Nomor KA: 7013A
    Rute: Solo Balapan-Bandung, berangkat pukul 21.40 WIB dan tiba pukul 06.02 WIB
    Nomor KA: 7014A
    Rute: Bandung-Solo Balapan, berangkat pukul 10.10 WIB dan tiba pukul 18.50 WIB.

    KA Brantas Tambahan dan KA Kertajaya Tambahan

    Jenis sarana: kereta eksekutif mild steel dan ekonomi tegak berhadapan 80 kursi.

    KA Brantas Tambahan (Nomor KA: 7015); Rute Blitar-Pasar Senen, berangkat pukul 08.00 WIB dan tiba pukul 21.45 WIB
    KA Brantas Tambahan (Nomor KA: 7016); Rute Pasar Senen-Blitar, berangkat pukul 12.25 WIB dan tiba pukul 01.23 WIB.
    KA Kertajaya Tambahan (Nomor KA: 7017); Rute Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, berangkat pukul 21.00 WIB dan tiba pukul 09.10 WIB
    KA Kertajaya Tambahan (Nomor KA: 7018); Rute Pasarsenen-Surabaya Pasarturi, berangkat pukul 04.50 WIB dan tiba pukul 17.00 WIB.

    KA Kutojaya Utara

    Jenis sarana: kereta ekonomi new generation modifikasi.

    Nomor KA: 70027A
    Rute Kutoarjo-Pasarsenen, berangkat pukul 16.00 WIB dan tiba pukul 23.35 WIB
    Nomor KA: 7028A
    Rute Pasarsenen-Kutoarjo, berangkat pukul 04.25 WIB dan tiba pukul 11.35 WIB.

    KA Sribilah Utama

    Jenis sarana: kereta ekonomi tegak berhadapan 106 kursi.

    Nomor KA: U57F
    Rute Rantauprapat-Medan, berangkat pukul 17.05 WIB dan tiba pukul 22.43 WIB
    Nomor KA: U58F
    Rute Medan-Rantauprapat, berangkat pukul 10.25 WIB dan tiba pukul 16.30 WIB.

    KA Pasundan Tambahan

    Jenis sarana: kereta ekonomi tegak berhadapan 106 kursi.

    Nomor KA: 7021
    Rute Surabaya Gubeng-Kiaracondong, berangkat pukul 10.00 WIB dan tiba pukul 01.25 WIB
    Nomor KA: 7022
    Rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng, berangkat pukul 15.55 WIB dan tiba pukul 07.45 WIB.

    KA Arjuno Ekspres

    Jenis sarana: kereta eksekutif new image.

    Nomor KA: 65F
    Rute Surabaya Gubeng-Malang, berangkat pukul 10.10 WIB dan tiba pukul 12.06 WIB
    Nomor KA: 6F
    Rute Malang-Surabaya Gubeng, berangkat pukul 05.30 WIB dan tiba pukul 07.29 WIB.

    KA Java Priority

    Jenis sarana: kereta wisata priority dan imperial.

    Nomor KA: 7037
    Rute Yogyakarta-Gambir, berangkat pukul 18.20 WIB dan tiba pukul 01.54 WIB
    Nomor KA: 7038
    Rute Gambir-Yogyakarta, berangkat pukul 07.10 WIB dan tiba pukul 14.43 WIB.

    (Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini