Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI Daop 1 Jakarta: 426 ribu tiket KA Lebaran 2025 sudah dipesan

    KAI Daop 1 Jakarta: 426 ribu tiket KA Lebaran 2025 sudah dipesan

    ANTARA -PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat 426.675 tiket mudik telah terjual selama masa angkutan lebaran 1446 Hijriah. Dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (28/2), Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penjualan tiket itu mencapai 44 persen dari kapasitas yang disediakan, yakni sebanyak 970.675 tiket. (Sanya Dinda Susanti/Sandy Arizona/Ludmila Yusufin Diah Nastiti)

  • KAI Operasikan 2 Trainset LRT Jabodebek Tambahan Mulai Bulan Maret 2025 – Halaman all

    KAI Operasikan 2 Trainset LRT Jabodebek Tambahan Mulai Bulan Maret 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus meningkatkan layanan bagi pengguna dengan mengoperasikan 2 TS (trainset) LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) mulai 3 Maret 2025.

    Dengan penambahan ini, jumlah trainset yang beroperasi meningkat menjadi 22 TS. 

    Selain itu, penambahan ini juga berpengaruh terhadap jumlah perjalanan LRT Jabodebek yang meningkat dari 348 menjadi 366 perjalanan pada hari kerja.

    Adapun peningkatkan layanan ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan serta memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi pengguna LRT Jabodebek.

    “Kabar baik buat kalian! Mulai 3 Maret 2025, KAI operasikan tambahan 2 trainset lagi di hari kerja. Jadi akan ada 22 TS yang siap melayani kalian dengan 366 perjalanan per hari. Lebih banyak perjalanan, lebih singkat waktu tunggu, dan jam operasional makin panjang,” tulis postingan Instagram @lrt_jabodebek.

    Sejalan dengan penambahan perjalanan ini, LRT Jabodebek kini beroperasi lebih lama dengan jadwal keberangkatan pertama dan terakhir yang lebih panjang:

    Keberangkatan Pertama:

    Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 05:22 (tidak berubah)
    Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 05:29 (sebelumnya 05:30)
    Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 06:15 (sebelumnya 06:17)
    Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 06:20 (sebelumnya 06:22)

    Keberangkatan Terakhir:

    Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 22:06 (sebelumnya 21:54)
    Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 22:14 (sebelumnya 22:02)
    Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 23:00 (sebelumnya 22:49)
    Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 23:05 (sebelumnya 22:54)

    Selain memperpanjang waktu layanan, waktu tunggu antar kereta (headway) juga lebih singkat.

    Pada jam sibuk (peak hours), jarak kedatangan antar kereta relasi Dukuh Atas BNI – Jatimulya (PP) dan Dukuh Atas BNI – Harjamukti (PP) hanya 10 menit.

    Sedangkan untuk lintas Cawang – Dukuh Atas BNI waktu tunggu antar kereta berkurang menjadi 5 menit.

    Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, menyampaikan penambahan perjalanan ini dilakukan untuk semakin memudahkan pengguna dalam beraktivitas dengan transportasi publik ya ng lebih nyaman, efisien, dan dapat diandalkan.

    “Kami memahami bahwa mobilitas masyarakat terus berkembang, dan kami ingin memastikan bahwa LRT Jabodebek dapat menjadi pilihan utama dalam perjalanan sehari-hari. Dengan lebih banyak perjalanan dan jam operasional yang lebih panjang, kami berharap semakin banyak masyarakat yang terbantu dan beralih ke transportasi umum,” ujar Mochamad Purnomosidi.

    KAI juga mengimbau pengguna untuk menyesuaikan rencana perjalanan dengan jadwal terbaru ini.

    Informasi mengenai jadwal keberangkatan dan layanan dapat diakses melalui media sosial resmi LRT Jabodebek.

    (Tribunnewws.com/Latifah)

  • 426 Ribu Tiket KA Lebaran 2025 dari Jakarta Sudah Dipesan

    426 Ribu Tiket KA Lebaran 2025 dari Jakarta Sudah Dipesan

    JAKARTA – PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat sebanyak 426.932 tiket kereta api Lebaran 2025 yang berangkat dari beberapa stasiun di wilayah Daop 1 sudah dipesan atau terjual.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyebutkan, dari jumlah 426.932 tiket yang terjual, sebanyak 133.972 tiket diantaranya untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, dan 287.476 tiket untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, sementara 5.484 tiket berangkat dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta.

    Ixfan mengatakan setiap harinya, PT KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 44.122 tempat duduk, terdiri dari 19.978 tempat duduk dari Stasiun Gambir dan 24.144 tempat duduk dari Stasiun Pasar Senen.

    Sementara total kapasitas tempat duduk yang tersedia selama masa Angkutan Lebaran periode 21 Maret hingga 11 April 2025 mencapai 970.675 tempat duduk dengan total perjalanan KA selama periode tersebut sebanyak 1.826 perjalanan.

    PT KAI Daop 1 Jakarta memprediksi puncak keberangkatan di Stasiun Gambir terjadi pada 29 Maret dan 30 Maret 2025, dengan okupansi mencapai 92-97 persen.

    Sementara itu, Stasiun Pasar Senen diperkirakan lonjakan tertinggi pada 30 Maret 2025, dengan okupansi melebihi kapasitas normal (102 persen).

    “Kami mengimbau calon penumpang untuk merencanakan perjalanan dengan baik serta mengikuti ketentuan yang berlaku demi kenyamanan dan keselamatan bersama,” ujar Ixfan dilansir ANTARA, Kamis, 27 Februari.

    Untuk pemesanan tiket dan informasi jadwal perjalanan KA, masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access, situs web resmi KAI, atau menghubungi layanan pelanggan KAI melalui contact center 121.

  • LRT Jabodebek Tambah 2 Trainset, Cek Jadwal Keberangkatan Terbaru!

    LRT Jabodebek Tambah 2 Trainset, Cek Jadwal Keberangkatan Terbaru!

    Jakarta

    PT KAI (Persero) akan mengoperasikan 2 trainset tambahan LRT Jabodebek selama hari kerja mulai 3 Maret 2025. Alhasil, total trainset yang dioperasikan LRT sebanyak 22 unit.

    Executive Vice President LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi mengatakan, penambahan ini akan berpengaruh terhadap jumlah perjalanan LRT Jabodebek menjadi 366 dari total awal 348 di hari kerja. Ia mengatakan, layanan ini berlakukan untuk mengakomodir kebutuhan, memberikan kenyamanan, dan fleksibilitas bagi pengguna LRT Jabodebek.

    Ia mengatakan penambahan perjalanan dilakukan untuk mempermudah pengguna layanan LRT Jabodebek dalam beraktivitas dengan transportasi publik yang lebih nyaman, efisien, dan dapat diandalkan.

    “Kami memahami bahwa mobilitas masyarakat terus berkembang, dan kami ingin memastikan bahwa LRT Jabodebek dapat menjadi pilihan utama dalam perjalanan sehari-hari,” kata Purnomosidi dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2/2025).

    LRT Jabodebek juga memperpanjang waktu layanan, waktu tunggu antar kereta lebih singkat. Pada jam sibuk, jarak kedatangan antar kereta relasi Dukuh Atas BNI-Jatimulya (PP) dan Dukuh Atas BNI – Harjamukti (PP) hanya 10 menit.

    Sedangkan untuk lintas Cawang-Dukuh Atas BNI waktu tunggu antar kereta berkurang menjadi 5 menit. Ia berharap, penambahan perjalanan dan jam operasional dapat mengakomodir mobiltas dan mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik.

    “Dengan lebih banyak perjalanan dan jam operasional yang lebih panjang, kami berharap semakin banyak masyarakat yang terbantu dan beralih ke transportasi umum,” tuturnya.

    Sejalan dengan penambahan trainset tersebut, LRT Jabodebek beroperasi lebih lama dengan jadwal keberangkatan pertama dan terakhir yang lebih panjang:

    Keberangkatan pertama:

    • Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 05:22 (tidak berubah)
    • Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 05:29 (sebelumnya 05:30)
    • Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 06:15 (sebelumnya 06:17)
    • Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 06:20 (sebelumnya 06:22)

    Keberangkatan terakhir:

    • Jatimulya – Dukuh Atas BNI: 22:06 (sebelumnya 21:54)
    • Harjamukti – Dukuh Atas BNI: 22:14 (sebelumnya 22:02)
    • Dukuh Atas BNI – Jatimulya: 23:00 (sebelumnya 22:49)
    • Dukuh Atas BNI – Harjamukti: 23:05 (sebelumnya 22:54)

    (hns/hns)

  • Kirim Barang Lewat Kereta Ada Diskon 40% Selama Ramadan

    Kirim Barang Lewat Kereta Ada Diskon 40% Selama Ramadan

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memberikan diskon pengiriman barang retail hingga 40% melalui anak usahanya, PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) selama periode Ramadan tahun ini. Diskon ini berlaku khusus untuk pengiriman rute perlintasan Bandung – Surabaya.

    Manager of Marketing & Sales Courier KAI Logistik, Ayi Suryandi menjelaskan, diskon 40% diberikan menyusul adanya peningkatan permintaan pengiriman. Ia menilai, diskon ini menjadi solusi logistik yang efisien dan ekonomis.

    “Menjelang dan selama Ramadan, permintaan pengiriman mengalami peningkatan yang signifikan seiring dengan meningkatnya aktivitas perdagangan dan kebutuhan masyarakat. Untuk mendukung kelancaran distribusi serta memberikan solusi logistik yang lebih efisien dan ekonomis, KAI Logistik menghadirkan promo spesial berupa diskon pengiriman hingga 40%,” kata Ayi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/2/2025).

    Melalui promo ini, kata Ayi, masyarakat dapat mengelola kebutuhan pengiriman barang khususnya untuk berbagai kebutuhan mulai dari pengiriman paket, tanaman, hewan peliharaan, elektronik hingga sepeda motor.

    Ayi mengatakan, KAI Logistik menawarkan pengiriman barang yang efektif khususnya dalam aspek pengiriman barang, dengan jaminan barang sampai dalam 24 jam. Promo ini berlaku di 67 titik service point yang berpartisipasi dan melayani cakupan pengiriman pada jaringan lintas selatan mulai dari Bandung, Yogyakarta, Solo, Jombang, Kebumen, Klaten, Kroya, Kutoarjo, Madiun, hingga Surabaya.

    Ayi menjelaskan, pelanggan dapat mengunjungi service point terdekat untuk menikmati promo tersebut. Selain itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan ini melalui sistem digital di aplikasi KAI Logistik TRAX untuk mengetahui lokasi service point, pengecekan tarif, hingga pelacakan secara real time.

    “Kami berharap kehadiran promo ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengiriman khususnya dalam mendukung kelancaran distribusi selama bulan Ramadan,” jelasnya.

    Ayi juga mengimbau para pelanggan untuk memperhatikan syarat pengiriman sesuai dengan jenis barang yang hendak dikirimkan melalui KAI Logistik. Hal itu perlu untuk menjamin keamanan dan keselamatan barang kiriman hingga lokasi tujuan.

    “KAI Logistik akan terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang solutif, dan dapat memenuhi ragam kebutuhan masyarakat Indonesia,” tutup Ayi.

    (acd/acd)

  • KAI Operasikan 9.572 Perjalanan Kereta Api Lebaran Selama 22 Hari

    KAI Operasikan 9.572 Perjalanan Kereta Api Lebaran Selama 22 Hari

    TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA – Berbagai persiapan telah dilakukan PT KAI untuk mengantarkan para pemudik ke kampung halaman di masa Lebaran 2025.

    Selain yang bersifat reguler, PT KAI juga mengoperasikan KA Tambahan sebagai Angkutan Lebaran 2025.

    Jika total, pada musim Lebaran tahun ini juga KA yang beroperasi meningkat delapan persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    PT KAI (Persero) akan mengoperasionalkan 9.572 perjalanan kereta api selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025.

    Jumlah tersebut berasal dari 8.492 perjalanan KA reguler, serta 1.080 perjalanan KA Tambahan.

    Menurut VP Public Relations KAI, Anne Purba, perseroan telah membuka pemesanan tiket KA tambahan Lebaran mulai Minggu 23 Februari 2025 pukul 00.00. 

    “Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” jelasnya seperti dilansir dari Kompas.com, Rabu (26/2/2025).

    Dari 1.080 KA tambahan yang akan dioperasikan selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025, akan menambah kapasitas 538.280 tempat duduk.

    Sehingga, total kapasitas yang disediakan KAI selama masa Angkutan Lebaran 2025 sebanyak 4.568.838 tempat duduk.

    KA tambahan tersebut tersedia untuk KA jarak jauh maupun KA lokal dengan kelas komersial, termasuk di antaranya KA Java Priority yang akan memberikan pengalaman perjalanan mewah dan nyaman.

    KA tersebut akan beroperasi dengan relasi Gambir-Yogyakarta PP.

    “Pada Angkutan Lebaran 2025, jumlah KA yang beroperasi sebanyak 9.572.”

    “Angka tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun lalu yang mengoperasionalkan 8.836 perjalanan KA,” tutup dia. (*)

  • KAI raih penghargaan bergengsi ajang “Indonesia Sustainability Award”

    KAI raih penghargaan bergengsi ajang “Indonesia Sustainability Award”

    Implementasi ESG yang kami jalankan tidak hanya berfokus pada aspek lingkungan, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat dan tata kelola perusahaan yang transparan dan bertanggung jawab,

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih penghargaan bergengsi di ajang Indonesia Sustainability Award (ISA) 2025 sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan kontribusi dalam mendukung keberlanjutan dan pembangunan yang berkelanjutan.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Kamis mengatakan, penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen KAI dalam menerapkan prinsip keberlanjutan melalui berbagai program di bidang Environmental, Social, and Governance (ESG).

    Dalam ajang itu KAI meraih dua penghargaan yaitu The Best Company for Comprehensive ESG Implementation Practices dan The Best Company for The Community Empowerment Programme.

    Selain itu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo juga menerima penghargaan The Best CEO for Outstanding Commitment to ESG Principles, sementara EVP of Corporate Strategic Planning Monitoring and Sustainability KAI Muh. Sahli dianugerahi penghargaan The Best Leadership Committed to ESG Implementation Program.

    Anne mengatakan, penghargaan itu merupakan bukti nyata bahwa KAI terus berkomitmen dalam menerapkan prinsip keberlanjutan di seluruh aspek bisnis.

    “Implementasi ESG yang kami jalankan tidak hanya berfokus pada aspek lingkungan, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat dan tata kelola perusahaan yang transparan dan bertanggung jawab,” katanya.

    ISA 2025 diselenggarakan sebagai wadah apresiasi bagi perusahaan-perusahaan yang telah berhasil mengintegrasikan ESG dalam operasional bisnis.

    Proses penilaian dilakukan secara objektif, menyeluruh, dan independen oleh tim juri yang terdiri dari para ahli dan praktisi di bidang keberlanjutan.

    Kriteria yang dinilai meliputi aspek lingkungan (Environmental), aspek sosial (Social), aspek tata kelola (Governance), inovasi dan strategi keberlanjutan, laporan dan transparansi, serta peran CEO dalam implementasi kegiatan CSR yang berkelanjutan.

    Anne menuturkan, dalam kategori The Best Company for Comprehensive ESG Implementation Practices, KAI dinilai unggul dalam berbagai inisiatif keberlanjutan yang telah diterapkan, seperti pengurangan emisi karbon melalui fitur carbon footprint pada Access by KAI.

    Selain itu, penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, optimalisasi digitalisasi untuk efisiensi operasional, serta program keberlanjutan lainnya yang berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat.

    Sementara itu, penghargaan The Best Company for The Community Empowerment Programme diberikan kepada KAI atas keberhasilan dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

    Salah satu program unggulan KAI adalah pemberdayaan UMK binaan yang tersebar di berbagai daerah, serta program tanggung jawab sosial lainnya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar jalur operasional KAI.

    Anne mengatakan bahwa penghargaan yang diterima Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo sebagai The Best CEO for Outstanding Commitment to ESG Principles menunjukkan kepemimpinan yang kuat dalam mendorong implementasi ESG di lingkungan perusahaan.

    “Dedikasi dan komitmen Dirut kami dalam menjadikan keberlanjutan sebagai bagian dari strategi bisnis KAI telah membawa dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat luas,” imbuhnya.

    Selain itu, EVP of Corporate Strategic Planning Monitoring and Sustainability KAI Muh. Sahli yang menerima penghargaan The Best Leadership Committed to ESG Implementation Program juga memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa berbagai inisiatif keberlanjutan di KAI dapat berjalan secara efektif.

    Ajang Indonesia Sustainability Award 2025 yang menjadi bagian dari ESG Forum 2025 ini dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai sektor, termasuk BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta nasional.

    Acara itu bertujuan untuk mempercepat inovasi berkelanjutan guna menghadapi tantangan global serta membangun masa depan yang lebih resilien bagi dunia usaha dan masyarakat.

    Anne menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi KAI untuk terus meningkatkan penerapan ESG dalam berbagai aspek bisnis.

    KAI berharap penghargaan itu dapat menginspirasi lebih banyak organisasi untuk menerapkan prinsip keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

    “KAI akan terus berinovasi dan berkontribusi dalam mewujudkan transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan dan inklusif,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Masih Tersedia 2.133.124, Buruan Serbu! – Page 3

    Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Masih Tersedia 2.133.124, Buruan Serbu! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Untuk mengakomodasi lonjakan pemudik, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama anak perusahaannya telah menyiapkan total 48.837 perjalanan kereta api mudik lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025 (22 hari).

    KAI Siapkan 3.464 Sarana PerkeretaapianDemi memastikan kelancaran operasional selama periode mudik, KAI telah menyiapkan 3.464 unit sarana perkeretaapian, meningkat dari 3.425 unit pada tahun sebelumnya.

    Peningkatan ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam meningkatkan layanan dan kapasitas angkutan Lebaran guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Menurut Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, peningkatan jumlah sarana mencakup:

    474 unit lokomotif, naik dari 472 unit pada 2024.1.972 unit kereta, meningkat dari 1.872 unit pada tahun sebelumnya.
    25 trainset LRT Jabodebek, bertambah dari 22 trainset pada 2024, guna mendukung mobilitas masyarakat selama musim mudik.

    Masih Ada 2,1 Juta Tiket

    Minat masyarakat terhadap perjalanan dengan kereta api sangat tinggi. Hingga 26 Februari 2025, KAI mencatat penjualan 1.310.708 tiket KA jarak jauh, atau 38,06% dari total 3.443.832 tiket yang tersedia. Dengan demikian, masih ada 2.133.124 tiket.

    Untuk memudahkan pemesanan tiket, pelanggan bisa memesan tiket KA jarak jauh sejak H-45 sebelum keberangkatan, sementara tiket KA lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya tersedia H-7 sebelum keberangkatan.

    Anne menyarankan pelanggan agar segera merencanakan perjalanan mereka dan mencari alternatif tanggal atau layanan connecting train (kereta lanjutan) jika tiket pada tanggal yang diinginkan sudah habis. Fleksibilitas ini memberikan peluang lebih besar bagi pelanggan untuk mendapatkan tiket kereta api mudik lebaran 2025.

     

  • Jelang Lebaran, Kereta Ekonomi PSO KAI Daop 8 Surabaya Siap Layani Penumpang dengan Tarif Murah

    Jelang Lebaran, Kereta Ekonomi PSO KAI Daop 8 Surabaya Siap Layani Penumpang dengan Tarif Murah

    Surabaya, Beritasatu.com – Menjelang Lebaran 2025, PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengoperasikan kereta api (KA) ekonomi public service obligation (PSO) atau KA bersubsidi.  dengan tarif yang terjangkau. Berbagai kereta api bersubsidi ini melayani rute-rute jarak jauh dan beroperasi setiap hari, memberikan pilihan transportasi yang efisien bagi masyarakat.

    Kerja sama antara KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghadirkan sejumlah kereta PSO dengan tarif terjangkau di Pulau Jawa.

    Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaskan, di wilayah operasional Daop 8 Surabaya terdapat sejumlah kereta PSO yang beroperasi setiap hari dengan berbagai rute. Beberapa kereta PSO yang melayani rute tersebut antara lain:

    KA Airlangga, relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen dengan tarif Rp 104.000.KA Probowangi, relasi Surabaya Gubeng-Ketapang dengan tarif Rp 56.000.KA Tawangalun, relasi Malang Kotalama-Ketapang dengan tarif Rp 62.000.KA Sritanjung, relasi Surabaya Gubeng-Lempuyangan dengan tarif Rp 88.000.KA Sritanjung, relasi Surabaya Gubeng-Ketapang dengan tarif Rp 88.000.

    Luqman Arif juga menambahkan, layanan kereta api PSO ini merupakan bagian dari upaya KAI untuk mendukung perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan ekonomis. 

    Melalui kereta PSO, masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi dapat menikmati transportasi yang andal dan nyaman. Kehadiran kereta PSO diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilalui dan membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

    “Dengan tarif yang lebih terjangkau, pelajar, pekerja, dan pelaku usaha kecil menengah dapat bepergian lebih hemat, sehingga mereka bisa mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, kereta ekonomi yang berkualitas ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan transportasi massal yang ramah lingkungan,” tutur Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif pada Rabu (26/2/2025).

    Berikut adalah data volume pelanggan KA PSO keberangkatan di Daop 8 Surabaya selama 2024:

    KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen, melayani 318.065 penumpang.KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng-Ketapang, melayani 238.161 penumpang.KA Tawangalun relasi Malang Kotalama-Ketapang, melayani 193.201 penumpang.KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng-Lempuyangan, melayani 132.741 penumpang.KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng-Ketapang, melayani 140.243 penumpang.

    Luqman menjelaskan, selama 2024 jumlah pelanggan kereta PSO tercatat mencapai 1.022.411 penumpang. Sementara itu, pada Januari 2025, jumlah penumpang KA PSO tercatat sebanyak 85.728 orang, mengalami peningkatan 2% atau sekitar 1.919 penumpang lebih banyak dibandingkan periode yang sama pada tahun 2024 yang mencapai 83.809 orang.

  • Siap-siap Mudik, KAI Tambah 54 Kereta Api untuk Lebaran 2025

    Siap-siap Mudik, KAI Tambah 54 Kereta Api untuk Lebaran 2025

    Jakarta: Kabar gembira bagi masyarakat yang berencana mudik Lebaran 2025. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menyiapkan langkah antisipasi untuk lonjakan penumpang dengan menambah 54 kereta api. 
     
    Total kereta yang akan beroperasi selama periode Angkutan Lebaran 2025 sebanyak 9.572 perjalanan. Adapun periode tersebut akan dimulai 21 Maret hingga 11 April 2025.
     
    “Ada tambahan 54 lagi ini betul-betul untuk mengantisipasi kalau ada penambahan dari masyarakat yang ingin naik kereta api di masa angkutan Lebaran,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dilansir Antara, Selasa, 25 Februari 2025.
     

    Kapasitas kursi kereta mudik Lebaran 2025
    Dengan penambahan ini, Didiek menjelaskan, KAI menyediakan total 4.568.838 tempat duduk, termasuk untuk kereta api jarak jauh, lokal, dan wisata. 

    Kapasitas yang besar ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan perjalanan bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman.

    Pemesanan tiket dan prediksi puncak mudik
    Tiket untuk kereta api lokal dapat dipesan mulai H-30, sementara beberapa kereta api lainnya baru dapat diakses H-7 sebelum keberangkatan. Hingga 25 Februari 2025, tercatat sudah 1.279.341 tiket yang terjual.
     
    Sementara itu, untuk prediksi puncak arus mudik, KAI menaksir puncak arus mudik akan terjadi pada 28 Maret (H-3 Lebaran) dan puncak arus balik pada 6 April (H+5 Lebaran). Masyarakat diimbau untuk memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.
     
    Penambahan kapasitas kereta api ini pun diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan beban jalan raya akibat banyaknya kendaraan pribadi, sehingga perjalanan mudik menjadi lebih lancar dan nyaman.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)