Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Tiket Terjual 1,4 Juta! Ini 10 Rute Kereta Api Paling Laris

    Tiket Terjual 1,4 Juta! Ini 10 Rute Kereta Api Paling Laris

    Jakarta: Meski baru masuk hari pertama Ramadan, mudik Lebaran 2025 semakin dekat, dan antusiasme masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api semakin tinggi! 
     
    PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat bahwa lebih dari 1,4 juta tiket telah terjual untuk periode angkutan Lebaran 2025. 
     
    Jika kamu berencana pulang kampung, sebaiknya segera pesan tiket sebelum kehabisan!
    Lebih dari 1,4 juta tiket terjual!
    KAI menyediakan total 3.443.832 tiket kereta jarak jauh (KA JJ) untuk perjalanan mudik dari 21 Maret hingga 11 April 2025. 

    Hingga 1 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 1.437.124 tiket atau 41,73 persen dari total kapasitas tempat duduk telah terjual.
     
    “Hingga saat ini penjualan KA JJ tertinggi terjadi pada H-3 atau pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan 99.685 tiket,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Sabtu, 1 Maret 2025.
     

    10 rute favorit pemudik 2025
    Berdasarkan data terbaru, berikut adalah 10 rute kereta api paling banyak diminati selama mudik Lebaran 2025:

    Gambir-Yogyakarta: 17.083 penumpang
    Yogyakarta-Gambir: 15.001 penumpang
    Gambir-Semarang Tawang: 14.388 penumpang
    Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi: 13.912 penumpang
    Pasar Senen-Lempuyangan: 13.543 penumpang
    Pasar Senen-Kutoarjo: 13.010 penumpang
    Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen: 12.643 penumpang
    Gambir-Purwokerto: 11.296 penumpang
    Lempuyangan-Pasar Senen: 11.268 penumpang
    Gambir-Cirebon: 10.503 penumpang

    Dengan angka penjualan tiket yang terus meningkat, sebaiknya segera amankan tiket mudik Anda sebelum kehabisan!

    Tips mendapatkan tiket mudik
    Bagi yang belum mendapatkan tiket, berikut beberapa tips agar tidak kehabisan:
     
    – Pesan tiket lebih awal 
    Pemesanan KA jarak jauh dapat dilakukan hingga 45 hari sebelum keberangkatan. KA lokal bisa dipesan H-30, sementara beberapa layanan lainnya bisa dipesan H-7.
     
    – Gunakan aplikasi resmi
    Untuk kemudahan, pesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi kai.id agar lebih praktis dan aman.
     
    – Pantau tiket tambahan
    Biasanya KAI akan menyediakan tiket tambahan jika permintaan meningkat. Rajin cek informasi terbaru dari KAI.
     
    “KAI mengimbau masyarakat untuk segera merencanakan perjalanan dan memesan tiket lebih awal di Access by KAI atau website resmi kai.id agar mendapatkan jadwal yang sesuai dengan kebutuhan,” ucap Anne. 
     
    Dengan berbagai kemudahan ini, mudik Lebaran 2025 diharapkan berjalan lancar dan menyenangkan. Jangan sampai kehabisan tiket, segera rencanakan perjalanan Anda sekarang juga!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • 441.675 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, Pelanggan Diminta Segera Lakukan Pemesanan Sebelum Kehabisan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        1 Maret 2025

    441.675 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, Pelanggan Diminta Segera Lakukan Pemesanan Sebelum Kehabisan Megapolitan 1 Maret 2025

    441.675 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, Pelanggan Diminta Segera Lakukan Pemesanan Sebelum Kehabisan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) I Jakarta mencatat sebanyak 441.675 tiket telah terjual untuk perjalanan
    kereta api jarak jauh
    (KAJJ) periode 21 Maret-11 April 2025.
    Rekor ini dibersamai dengan tingkat okupansi yang mencapai 45 persen dari total 1.826 perjalanan KAJJ yang disediakan KAI pada periode mudik.
    “Total kapasitas tempat duduk yang tersedia selama periode tersebut mencapai 970.675 kursi, dengan rata-rata 44.122 kursi per hari,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Sabtu (1/3/2025).
    Berdasarkan ketersediaan itu, Ixfan mencatat sudah 441 ribu tiket lebih terjual per hari ini, Sabtu.
    Sedangkan puncak arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada 29-30 Maret 2025 dengan tingkat okupansi di kisaran 92-102 persen.
    Salah satu contohnya di Stasiun Gambir yang diperkirakan memiliki tingkat okupansi sekitar 92-97 persen untuk tanggal 29-30 Maret 2025.
    “Sementara itu, Stasiun Pasar Senen mencatat lonjakan tertinggi pada 30 Maret, dengan okupansi melebihi kapasitas normal, yaitu mencapai 102 persen,” ujar Ixfan.
    Oleh sebab itu, Ixfan mengimbau agar pelanggan dapat segera melakukan pemesanan tiket sebelum kehabisan.
    Di samping itu, kata Ixfan, KAI menyediakan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access untuk memungkinkan pelanggan menghubungkan beberapa rute kereta api yang sesuai dengan tujuan perjalanan.
    Berikut rincian jumlah tiket yang telah terjual di beberapa stasiun wilayah Daop 1 Jakarta:
    Stasiun Gambir: 140.438 tiket terjual dari total 439.516 yang tersedia
    Stasiun Pasar Senen: 295.445 tiket terjual dari total 531.159 yang tersedia
    Stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta: 5.792 tiket terjual
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tradisi Munggahan, Ribuan Tiket Kereta Jarak Jauh di Stasiun Malang Terjual

    Tradisi Munggahan, Ribuan Tiket Kereta Jarak Jauh di Stasiun Malang Terjual

    Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

    TRIBUNJATIM.COM, MALANG – Momen awal bulan Ramadan 2025, dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pulang ke kampung halaman memakai moda transportasi kereta api.

    Dari data PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, tercatat 12.028 penumpang telah membeli tiket kereta jarak jauh baik naik maupun turun di Stasiun Malang. Data itu dalam kurun waktu periode Jumat (28/2/2025 ) hingga Minggu (2/3/2025)

    Dari jumlah tersebut, dengan rincian 6.818 penumpang naik dari Stasiun Malang dan sebanyak 5.210 penumpang turun di Stasiun Malang.

    Untuk pembelian tiket tertinggi selama kurun waktu tersebut, terjadi pada Jumat (28/2/2025 ) lalu dengan jumlah 3.615 penumpang naik dan 2.097 penumpang turun.

    Diketahui, para penumpang kereta jarak jauh itu didominasi dengan tujuan Yogyakarta, Jakarta, Bandung dan Banyuwangi.

    Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, masyarakat memiliki kebiasaan pulang kampung jelang Ramadan atau dikenal dengan tradisi munggahan.

    “Jadi, masyarakat ini ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman. Hal itulah yang membuat permintaan perjalanan dengan kereta api mengalami peningkatan,” jelasnya, Sabtu (1/3/2025).

    Untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah. Seperti mengoperasikan kereta fakultatif setiap akhir pekan, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan.

    “Di setiap akhir pekan, kami mengoperasikan satu kereta lokal fakultatif. Yaitu KA Arjuno Ekspres relasi Malang – Surabaya Gubeng,” tambahnya.

    Disamping itu, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama periode Ramadan, diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal.

    Dengan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI atau melalui mitra resmi penjualan tiket.

    “Kami akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi penumpang. Dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas serta penerapan berbagai inovasi untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan,” pungkasnya

  • Pastikan keselamatan dan kenyamana musim lebaran, KAI Divre II Sumbar gelar ramp check

    Pastikan keselamatan dan kenyamana musim lebaran, KAI Divre II Sumbar gelar ramp check

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Pastikan keselamatan dan kenyamana musim lebaran, KAI Divre II Sumbar gelar ramp check
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Februari 2025 – 19:21 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) bersama Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang Kementerian Perhubungan menggelar Ramp Check atau inspeksi perkeretaapian di wilayah Divre II Sumbar. Kegiatan tersebut dalam rangka memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api selama periode Angkutan Lebaran 2025.

    Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin mengatakan, Ramp Check dilakukan sebagai bentuk komitmen KAI dalam menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman, terutama menjelang momen Lebaran yang selalu mengalami lonjakan penumpang. 

    Ramp Check berlangsung sejak Senin (24/2/2025) hingga Kamis (27/2/2025). Inspeksi meliputi pengecekan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di stasiun serta aspek keselamatan di jalur kereta api.

    ”Ramp Check ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan kereta api di wilayah Divre II Sumbar telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan begitu, KAI dapat memberikan pengalaman perjalanan yang selamat dan nyaman bagi seluruh penumpang selama periode Angkutan Lebaran,” kata Kahumas KAI Divre II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, Kamis (27/2). 

    Ia menambahkan bahwa inspeksi terhadap pemenuhan SPM dilakukan di sembilan stasiun utama, yakni Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Bandara Internasional Minangkabau, Stasiun Air Tawar, Stasiun Naras, Stasiun Lubuk Alung, Stasiun Pauh Kambar, Stasiun Kurai Taji, dan Stasiun Duku.

    Sementara itu, aspek keselamatan difokuskan pada titik-titik rawan seperti daerah yang berpotensi banjir, longsor, serta gangguan prasarana lainnya di lintas Lubuk Alung – Kayu Tanam dan lintas Bukit Putus – Indarung. Inspeksi juga dilakukan terhadap perlintasan sebidang yang rawan kecelakaan di lintas Padang – Naras.

    “Objek pemeriksaan di stasiun meliputi informasi dan fasilitas keselamatan seperti alat pemadam api ringan (APAR), petunjuk jalur evakuasi, titik kumpul, dan nomor telepon darurat. Selain itu, fasilitas kesehatan seperti pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), kursi roda, dan tandu, serta lampu penerangan,” imbuh As’ad.

    Tak hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan terhadap kamera pengintai (CCTV), petugas keamanan, ruang tunggu, toilet, musala, serta informasi pelayanan seperti denah stasiun, jadwal KA, dan peta jaringan KA.

    “Hasil Ramp Check yang dilakukan oleh Tim Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa secara umum, layanan KAI Divre II Sumbar telah memenuhi ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 63 Tahun 2019. Capaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” tutup As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Jumat (28/2).  

    Sumber : Radio Elshinta

  • Lebih dari 246 Ribu Penumpang Kereta Api Mudik di Awal Ramadan – Page 3

    Lebih dari 246 Ribu Penumpang Kereta Api Mudik di Awal Ramadan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat ada lonjakan penumpang kereta api jarak jauh menjelang Ramadan 2025. Sebanyak 246.127 pelanggan tercatat akan melakukan perjalanan pulang kampung pada periode angkutan 28 Februari hingga 2 Maret 2025. Ini merupakan tren tahunan di mana masyarakat memilih untuk melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman.

    Menurut Vice President Public Relations PT KAI, Anne Purba, dari total pelanggan tersebut, 125.008 orang berangkat pada 28 Februari, sementara 69.719 penumpang berangkat pada 1 Maret, dan 51.400 penumpang pada 2 Maret.

    “Angka ini diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan masih berlangsungnya penjualan tiket,” ujarnya seperti dikutip dari Antara. 

    KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan inovasi yang mendukung kenyamanan perjalanan.

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI telah menyiapkan langkah strategis, seperti optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, dan penerapan program keberlanjutan.

    Sebagai bagian dari upaya mendukung keberlanjutan, KAI memperluas penyediaan water station di berbagai stasiun, dengan 28 stasiun kini menyediakan fasilitas isi ulang air minum gratis. Langkah ini bertujuan mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai dan mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

    KAI juga terus meningkatkan fasilitas di dalam kereta, termasuk penyediaan layanan hiburan terbaru melalui platform Entertainment on Board (EOB) di kelas Luxury dan Compartment Suites, memungkinkan pelanggan menikmati berbagai pilihan hiburan selama perjalanan.

    Untuk mempercepat proses boarding, KAI telah memperluas implementasi Face Recognition Boarding Gate di 21 stasiun utama. Teknologi ini memungkinkan pelanggan melakukan boarding lebih cepat dan efisien tanpa tiket fisik dan identitas.

  • KAI Divre II Sumbar larang warga `ngabuburit` di jalur kereta api  

    KAI Divre II Sumbar larang warga `ngabuburit` di jalur kereta api  

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    KAI Divre II Sumbar larang warga `ngabuburit` di jalur kereta api  
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Februari 2025 – 20:45 WIB

    Elshinta.com – Menjelang bulan suci Ramadan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar) menegaskan larangan beraktivitas di jalur kereta api, termasuk untuk kegiatan menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Selain berbahaya bagi keselamatan, aktivitas tersebut juga dapat mengganggu operasional perjalanan kereta api.

    “Selama Ramadan, sering kali masyarakat berkumpul atau bermain di area jalur kereta api, baik saat sahur maupun menjelang berbuka. Kami menegaskan bahwa jalur kereta api bukanlah tempat untuk beraktivitas selain untuk kepentingan operasional perkeretaapian,” ujar Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, Kamis (27/2). 

    As’ad menekankan, larangan beraktivitas di jalur kereta api telah ditegaskan dalam UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian pasal 181 ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api, ataupun menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api.

    “Pelanggaran terhadap aturan ini dapat dikenai sanksi berupa pidana penjara paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp15.000.000, sebagaimana diatur dalam pasal 199 UU 23 tahun 2007,” ungkap As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Jumat (28/2). 

    Dampak dari ketidakpatuhan masyarakat terhadap aturan tersebut sangat serius. Data KAI Divre II Sumatera Barat mencatat bahwa pada 2024 terdapat 5 kejadian orang tertemper kereta api dengan rincian 2 orang meninggal dunia, 1 orang mengalami luka berat, dan 2 orang mengalami luka ringan. Sementara pada tahun 2023, tercatat 14 kejadian, dengan 11 orang meninggal dunia, 1 luka berat, dan 2 luka ringan.

    Sebagai langkah pencegahan, KAI secara rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat termasuk di sekolah-sekolah. Serta berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya beraktivitas di jalur kereta api. Selain itu, patroli keamanan dan penjagaan di titik-titik rawan juga terus dilakukan secara konsisten.

    “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api. Jika melihat ada yang bermain atau beraktivitas di jalur kereta api, mohon diberikan teguran atau pengertian demi keselamatan bersama,” tutup As’ad. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Komisaris dan Direksi KAI inspeksi kesiapan angkutan lebaran 2025 di Daop 6 Yogyakarta

    Komisaris dan Direksi KAI inspeksi kesiapan angkutan lebaran 2025 di Daop 6 Yogyakarta

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Komisaris dan Direksi KAI inspeksi kesiapan angkutan lebaran 2025 di Daop 6 Yogyakarta
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Februari 2025 – 23:11 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk terus menyediakan moda transportasi yang mengutamakan keselamatan, ketepatan waktu dan kenyamanan. Tidak hanya dari sisi prasarana dan sarana yang laik dan siap operasi namun ditunjang pula SDM yang kompeten dalam melayani. Terkait hal tersebut, guna memastikan kelancaran perjalanan KA selama periode Angkutan Lebaran 2025, jajaran Komisaris dan Direksi KAI bersama stakeholder perkeretaapian melakukan inspeksi menggunakan kereta api inspeksi (KAIS) di wilayah Daop 6 Yogyakarta mulai Rabu (26/2) hingga Kamis (27/2). Inspeksi ini bertujuan untuk memantau kesiapan operasional selama masa angkutan Lebaran yang akan berlangsung pada 21 Maret hingga 11 April 2025.

    Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo sebagai pemimpin rombongan KAIS Lintas Selatan menyampaikan, “Tingkat kematangan budaya keselamatan KAI kini berada pada level Proaktif. KAI terus berkomitmen meningkatkan keselamatan demi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, tak hanya pada masa moment Angkutan Lebaran tapi dalam setiap saat pelayanan KAI.”

    Didiek menambahkan, pada masa Angkutan Lebaran dimana animo masyarakat untuk bepergian dengan kereta api semakin tinggi maka untuk memenuhi harapan dari masyarakat yang membutuhkan jasa angkutan kereta api yang aman dan nyaman untuk mudik dapat terpenuhi, KAI melakukan inspeksi menyeluruh untuk memastikan setiap aspek telah siap.

    Didiek menyatakan inspeksi yang dilakukan mencakup pemeriksaan sarana-prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia (SDM), serta aspek-aspek penunjang lainnya. Jajaran Komisaris, Direksi dan stakeholder perkeretaapain seperti DJKA Kemenhub dan KNKT juga memberikan arahan kepada para petugas agar terus mengutamakan keselamatan perjalanan kereta api.

    Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih mengatakan bahwa inspeksi ini dilakukan guna mengecek kesiapan KAI di berbagai daerah dalam melayani pelanggan pada Lebaran 2025.

    “KAI Daop 6 Yogyakarta sendiri telah siap untuk menyambut Lebaran 2025. Hingga saat ini KAI Daop 6 Yogyakarta telah menyiapkan sebanyak 378.180 tempat duduk KA jarak jauh yang terdiri dari 305.668 tempat duduk KA jarak jauh reguler dan 72.512 tempat duduk KA jarak jauh tambahan. Kemudian kami juga telah menyiapkan 70.906 tempat duduk KA Lokal yang siap menemani liburan masyarakat di Daop 6,” kata Feni seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Jumat (28/2). 

    Untuk jumlah KA pada periode Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 6 hingga saat ini menyiapkan 36 KA keberangkatan awal Daop 6 yang terdiri dari 25 KA jarak jauh reguler, 7 KA jarak jauh tambahan, 3 KA Motis, dan 1 KA Wisata Java Priority.

    KAI Daop 6 juga akan menyiagakan petugas ekstra yang bertugas memantau kondisi jalur, pintu perlintasan, dan posko di titik-titik yang sudah ditentukan.

    Pada aspek prasarana, KAI Daop 6 juga menyiapkan AMUS (Alat, Material, Untuk Siaga) dengan menyebar alat, material, dan personel di sepanjang jalur untuk memastikan perbaikan dilakukan secara cepat jika dibutuhkan.

    Feni juga mengimbau masyarakat bahwa pemesanan tiket kereta api jarak jauh/menengah dapat dipesan mulai dari H-45 keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI dan mengimbau masyarakat untuk memesan tiket jauh-jauh hari sebelum kehabisan. Selain itu, masyarakat bisa memanfaatkan waktu dengan lebih bijak untuk memperkirakan waktu perjalanan menuju stasiun agar terhindar dari keterlambatan. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Viral, Video Warga Batubara Sumut Blokir Rel Kereta Api, Apa yang Terjadi?
                
                    
                        
                            Medan
                        
                        1 Maret 2025

    Viral, Video Warga Batubara Sumut Blokir Rel Kereta Api, Apa yang Terjadi? Medan 1 Maret 2025

    Viral, Video Warga Batubara Sumut Blokir Rel Kereta Api, Apa yang Terjadi?
    Tim Redaksi
    MEDAN, KOMPAS.com
    – Video pemblokiran perlintasan kereta api di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara,
    Sumatera Utara
    , viral di media sosial.
    Dalam video tersebut, terlihat warga membakar ban di lokasi, sehingga kereta api tidak dapat melintasi jalur tersebut.
    “Kondisi terkini dari masyarakat Desa Lalang, yang mengadakan pemblokiran akses jalan kereta api, mereka mengadakan bakar-bakar ban. Inilah penampakan kereta api yang dihadang oleh masyarakat karena sebelumnya terjadi insiden,” ungkap seorang pria dalam video yang diunggah di akun Instagram @medantalk.
    Peristiwa ini dipicu oleh kecelakaan yang merenggut nyawa seorang wanita bernama Nur Betty (45) yang tertabrak kereta saat melewati lokasi kejadian.
    “Secara tiba-tiba, sebuah kereta api datang dari arah belakang tanpa disadari oleh korban sehingga ia tersambar,” demikian narasi dalam video tersebut.
    Warga setempat menyatakan kekecewaan mereka, mengingat telah menuntut agar palang pintu dipasang di lokasi tersebut selama empat tahun, namun tuntutan itu tidak pernah dipenuhi.


    Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, membenarkan dan menyayangkan adanya pemblokiran tersebut.
    “PT KAI Divre I Sumatera Utara menyayangkan kejadian penghadangan KA Datuk Belambangan relasi Lalang-Tebing Tinggi pada Jumat (28/2/2025) di Km 15+400 petak, jalan Lalang-Tanjung Gading oleh sekelompok masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2/2025) malam.
    Anwar menjelaskan bahwa akibat pemblokiran itu, sejumlah perjalanan kereta api dibatalkan.
    “Dari kejadian tersebut, sebanyak 3 perjalanan KA Datuk Belambangan dengan nomor KA U61, U63, dan U64 dibatalkan, serta KA Barang relasi Kuala Tanjung-Perlanaan terlambat 375 menit,” katanya.
    Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang yang terdampak.
    Setelah pemblokiran, PT KAI berkomunikasi dengan masyarakat dan berhasil membuka kembali jalur kereta yang sempat terhalang.
    “Kami mengajak warga untuk mediasi bersama Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Medan, KAI Divre 1, dan perwakilan masyarakat. Akhirnya, jalur kereta api bisa dilewati,” tambahnya.
    Kendati demikian, Anwar mengonfirmasi bahwa kereta api barang mereka memang menabrak warga yang berada di rel.
    “Betul, sebelumnya kereta api barang kami menabrak pejalan kaki yang berjalan di rel. Masinis sudah membunyikan klakson agar menjauh dari rel, namun korban tidak mendengar,” ujarnya.
    Terkait permintaan warga agar dipasang palang pintu di lokasi, Anwar menjelaskan bahwa kewenangan tersebut bukan berada di pihaknya, melainkan di tangan pemerintahan setempat, tergantung status perlintasan yang dilewati.
    “Pengelolaan perlintasan sebidang telah diatur pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 94/2018. Pada Pasal 2 ayat 1, pengelola perlintasan sebidang dilakukan oleh menteri untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota dan desa,” tutupnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI gandeng Kejati Sumsel percepat pembangunan “flyover” di Muara Enim

    KAI gandeng Kejati Sumsel percepat pembangunan “flyover” di Muara Enim

    Palembang (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang Sumatera Selatan menggandeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) setempat untuk mempercepat pembangunan flyover atau jalan layang di Kabupaten Muara Enim Sumsel.

    Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Muara Enim, Jumat mengatakan bersama Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Kejaksaan Negeri Muara Enim mengadakan entry meeting (komunikasi tahap awal pemeriksaan atau audit) untuk percepatan rencana pembangunan jalan layang pada perlintasan sebidang yang berada di wilayah Kabupaten Muara Enim.

    Entry meeting ini bertujuan meminta bantuan pendampingan hukum dari Kejati Sumsel dan Kejari Muara Enim serta meminta dukungan dari Pemerintah Daerah, pihak pemangku kepentingan terkait lainnya sesuai kewenangan nya dan masyarakat untuk percepatan proses pembangunan jalan layang di wilayah Kabupaten Muara Enim.

    “Dalam proses pelaksanaan pembangunan flyover tersebut, KAI berkomitmen untuk terus memegang prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara transparan serta akuntabel agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari,” katanya.

    Ia menjelaskan untuk rencana jalan layang yang akan dibangun, yaitu Flyover JPL 99 Belimbing, Km.354+5/6, Flyover JPL 104 Gunung Megang, Km.365+2/3, Flyover JPL 106 Gunung Megang, Km.367+3/4, Flyover JPL 111 Ujan Mas, Km.381+1/2, dan Flyover JPL 123 Muara Enim, Km.395+7/8.

    “Pembangunan flyover tersebut bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang baik itu perjalanan kereta api dan pengguna jalan raya serta untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya di wilayah Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

    Selain itu, kegiatan itu juga sebagai langkah awal untuk melakukan tahap pelaksanaan selanjutnya pembangunan jalan layang tersebut.

    “Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mempercepat proses pembangunan flyover pada perlintasan sebidang di wilayah Kabupaten Muara Enim yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel untuk mendukung kelancaran distribusi logistik demi mewujudkan Asta Cita pemerintah,” kata Aida.

    Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Sumut sertifikasi 333 pegawai pada 2024 tingkatkan mutu layanan

    KAI Sumut sertifikasi 333 pegawai pada 2024 tingkatkan mutu layanan

    Untuk tahun 2025, KAI Sumut menargetkan sertifikasi sebanyak 216 pegawai di bidang operasional, sarana dan prasarana

    Medan (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara melakukan sertifikasi kepada 333 pegawai sepanjang tahun 2024 untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui peningkatan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) perkeretaapian.

    Vice President KAI Sumut, Sofan Hidayah di Medan, Jumat, mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk menyiapkan SDM yang tersertifikasi dan kompeten demi mewujudkan perjalanan keret api yang aman, nyaman, semakin singkat dan tepat waktu, serta ramah lingkungan.

    Hal itu sejalan dengan komitmen KAI dalam mendukung keberlanjutan transportasi untuk masa depan.

    “Dalam hal peningkatan profesionalisme SDM perkeretaapian, kami telah melakukan sertifikasi 333 pegawai sepanjang tahun 2024.Jumlah ini mencapai 236 persen dari target program awal sebanyak 141 pegawai,” katanya.

    Sertifikasi diwajibkan bagi profesi strategis seperti masinis, asisten masinis, pengatur perjalanan kereta api (PPKA), pengendali kereta api (PPKP), pemeriksa dan perawatan sarana kereta api, serta penjaga jalan lintasan (PJL).

    Pegawai yang bekerja di bidang tersebut wajib sudah tersertifikasi. Pegawai yang belum memiliki sertifikat kompetensi tidak diizinkan melaksanakan tugas di bidang tersebut.

    Pegawai yang telah tersertifikasi dan dianggap kompeten untuk berdinas akan memiliki tanda pengenal atau tanda lulus sertifikasi (smart card) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub.

    Sertifikasi ini merupakan pengakuan atas kompetensi pegawai yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan.

    Selain memastikan kredibilitas, langkah ini menjadi upaya KAI dalam meminimalkan risiko perjalanan akibat ‘human error”.

    “Untuk tahun 2025, KAI Sumut menargetkan sertifikasi sebanyak 216 pegawai di bidang operasional, sarana dan prasarana,” katanya.

    Pewarta: Juraidi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025