Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Akses Jalan Menuju Stasiun Batutulis Ambles, Penumpang KA Pangrango Dialihkan ke Stasiun Paledang – Page 3

    Akses Jalan Menuju Stasiun Batutulis Ambles, Penumpang KA Pangrango Dialihkan ke Stasiun Paledang – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengalihkan penumpang naik atau turun di Stasiun Batutulis. Kebijakan ini menyusul Jalan Saleh Danasasmita yang menjadi akses menuju Stasiun Batutulis ditutup karena ambles.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penumpang akan diarahkan untuk naik dan turun di Stasiun Paledang.

    “Sambil menunggu kabar selanjutnya, untuk naik turun penumpang dialihkan ke Stasiun Paledang maupun Stasiun Bogor,” kata, Ixfan, Selasa (4/3/2025).

    Berdasarkan hasil verifikasi di lapangan bahwa Jalan Saleh Danasasmita ambles cukup dalam dan panjang, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Ruas jalan tersebut akses satu-satunya menuju Stasiun Batutulis.

    “Sebagai tindak lanjut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan koordinasi dengan unsur pimpinan terkait, termasuk Kepala Stasiun (KS), Polisi khusus Kereta Api (Polsuska), dan Koordinator Lapangan (Korlap),” ujar Ixfan.

    Adapun jarak antara titik jalan ambles dengan Stasiun Batutulis diperkirakan sekitar 300 meter.

     

  • KAI Sediakan 400 Tiket Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

    KAI Sediakan 400 Tiket Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyediakan 400 tiket gratis bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dengan nyaman dan aman dalam program Mudik Gratis KAI Bersama BUMN.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan pada program mudik gratis ini akan dilaksanakan pada 26 Maret 2025. Ia mengatakan program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial KAI dalam memberikan akses transportasi yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

    “Kami ingin memastikan bahwa perjalanan mudik tetap aman, nyaman, dan berkesan bagi para pelanggan. Dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu khawatir tentang biaya tiket kereta api dan bisa lebih fokus menikmati perjalanan mudik bersama keluarga,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/3/2025).

    Anne mengatakan, para peserta program tersebut akan diberangkatkan menggunakan Kereta Api (KA 178) Tawang Jaya Premium dengan rute Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng yang berangkat pukul 06.45 WIB dan tiba di tujuan pukul 12.53 WIB.

    Pada Kereta Api Tawang Jaya Premium (KA 178) akan berhenti di beberapa stasiun yaitu Pasarsenen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Jatibarang, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, dan Semarang Tawang Bank Jateng.

    “Dengan banyaknya pilihan stasiun perhentian, program ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat yang ingin pulang kampung dengan mudah,” katanya.

    Anne mengatakan, sebagai bentuk peningkatan pelayanan, Kereta Api Tawang Jaya Premium menggunakan rangkaian Kereta Ekonomi New Image yang lebih nyaman. Beberapa fitur utama dari kereta ini meliputi 21 baris kursi dengan total 80 tempat duduk per kereta, model individual seat dengan arm rest di setiap tempat duduk, AC central untuk kenyamanan selama perjalanan, serta formasi kursi 2-2 yang tidak berhadapan (kecuali kursi nomor 11-12).

    Anne menambahkan, program Mudik Gratis Bersama KAI ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, tetapi juga mendukung upaya pengurangan penggunaan kendaraan pribadi selama arus mudik, yang dapat membantu mengurangi kemacetan dan emisi karbon.

    “Sebagai perusahaan transportasi yang berkomitmen terhadap keberlanjutan, KAI terus berupaya untuk menghadirkan program yang tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, tetapi juga bagi lingkungan dan masyarakat luas,” ujar Anne.

    Cara Ikut Mudik Gratis KAI:

    1. Wajib memiliki akun Access by KAI.

    2. Pemesanan dilakukan secara online tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi Access by KAI, mulai 4 Maret 2025, pukul 10.00 WIB.

    3. Satu pemesan dibatasi hanya boleh memesan maksimum 4 (empat) tiket.

    4. Untuk 1 (satu) orang peserta Mudik Gratis, dapat membawa 1 (satu) infant tanpa mengurangi kuota peserta dan tidak mendapatkan nomor tempat duduk.

    Lihat juga Video: KAI Bagi-bagi Diskon Tiket Kereta Api Buat Mudik Lebaran 2025

    (ara/ara)

  • Daop 4 Semarang sediakan 535 ribu tempat duduk KA selama angkutan lebaran

    Daop 4 Semarang sediakan 535 ribu tempat duduk KA selama angkutan lebaran

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

    Daop 4 Semarang sediakan 535 ribu tempat duduk KA selama angkutan lebaran
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 03 Maret 2025 – 14:11 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan masa Angkutan Lebaran Tahun 2025 selama 22 hari, dimulai pada Jumat, 21 Maret 2025 (H-10) hingga Sabtu, 12 April 2025 (H+10). Dalam periode ini, KAI Daop 4 Semarang menyiapkan total 535.282 tempat duduk bagi para pelanggan kereta api, atau rata-rata 24.331 tempat duduk .

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan bahwa pemesanan tiket untuk masa Angkutan Lebaran telah dibuka sejak 4 Februari 2025. Hingga Selasa, 25 Februari 2025, jumlah keterisian tempat duduk mencapai 17 persen atau sebanyak 93.308 tiket dari total 535.282 tempat duduk yang tersedia untuk perjalanan dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai tujuan.

    Sementara itu, untuk tiket dengan tujuan ke wilayah Daop 4 Semarang pada masa masa angkutan lebaran, tercatat sebanyak 112.929 penumpang telah melakukan pemesanan. Puncak kedatangan favorit terjadi pada 28 Maret (H-3), 29 Maret (H-2), dan 30 Maret (H-1) 2025.

    Pada arus balik, puncak keberangkatan penumpang dari wilayah Daop 4 Semarang diperkirakan terjadi pada 5 April hingga 7 April 2025 (H+4 hingga H+6). Pada tanggal-tanggal favorit tersebut, kereta api dengan keberangkatan awal dari stasiun di wilayah Daop 4 Semarang menuju Jakarta dan Bandung telah mencatat tingkat keterisian di atas 95 persen. 

    “Kami mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik serta memilih tanggal keberangkatan yang masih tersedia tiketnya,” ujar Franoto seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Senin (3/3). 

    Untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan total 734 perjalanan kereta api, dengan rincian 558 KA jarak jauh dan 176 KA lokal. Rata-rata terdapat 33 perjalanan KA per hari yang siap mengantarkan penumpang ke berbagai kota tujuan.

    Guna memberikan pelayanan terbaik, KAI Daop 4 Semarang akan menurunkan Petugas Customer Service Mobile (CSM) di stasiun-stasiun utama, seperti Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan. Selain itu, komunitas pecinta kereta api juga turut berpartisipasi dalam membantu layanan penumpang di beberapa stasiun, termasuk Stasiun Pemalang dan Stasiun Cepu.

    “Kami berkomitmen untuk memastikan perjalanan mudik dengan kereta api tetap aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan. Dengan persiapan matang dan dukungan dari berbagai pihak, kami berharap Angkutan Lebaran 2025 berjalan dengan lancar dan dapat memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Franoto. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI Divre II Sumbar bersihkan jalur bongkar klinker di Teluk Bayur

    KAI Divre II Sumbar bersihkan jalur bongkar klinker di Teluk Bayur

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    KAI Divre II Sumbar bersihkan jalur bongkar klinker di Teluk Bayur
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 03 Maret 2025 – 16:35 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) terus berupaya meningkatkan keselamatan operasional kereta api barang. Salah satu langkah yang dilakukan adalah kegiatan pembersihan jalur bongkar (unloading) klinker di Teluk Bayur, Kota Padang. Kegiatan ini berlangsung mulai 25 Februari hingga 1 Maret 2025.

    Kahumas KAI Divre II Sumbar, M. As’ad Habibuddin, menjelaskan bahwa pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan ceceran material klinker di jalur bongkar guna menjaga kelancaran serta keselamatan operasional kereta api barang.

    ”Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, kami terlebih dahulu melakukan joint inspection bersama unit-unit terkait, seperti Angkutan Barang, Prasarana, Sarana, Operasional, SDM, dan Pengamanan. Inspeksi ini bertujuan memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pembersihan di lapangan,” kata As’ad, Senin (3/3). 

    Dalam kegiatan ini, berbagai alat digunakan untuk mempermudah proses pembersihan, antara lain jack hammer drill untuk memecah material yang mengeras, cangkul, serta peralatan pendukung lainnya. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengutamakan kelancaran proses bongkar klinker serta memastikan keamanan perjalanan kereta api dan personel yang terlibat.

    Klinker merupakan bahan setengah jadi dalam pembuatan semen dan menjadi salah satu komoditas utama yang diangkut oleh KAI Divre II Sumbar, selain semen. Sepanjang Januari hingga Februari 2025, KAI Divre II Sumbar telah mengoperasikan 444 perjalanan KA barang, dengan rincian 268 perjalanan KA bermuatan klinker dan 176 perjalanan KA bermuatan semen.

    Dalam periode tersebut, volume angkutan barang yang telah diangkut mencapai 276.870 ton, terdiri dari 160.800 ton klinker dan 116.070 ton semen. Saat ini, layanan angkutan barang KAI Divre II Sumbar melayani rute Indarung – Bukit Putus, lalu diteruskan untuk proses bongkar (unloading) di Teluk Bayur. 

    ”Kami berharap angkutan KA barang ini dapat terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan nasional melalui layanan transportasi logistik yang andal, efisien, dan berkelanjutan,” tutup As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (3/3). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • 3,4 Juta Tiket Disiapkan oleh KAI untuk Angkutan Lebaran

    3,4 Juta Tiket Disiapkan oleh KAI untuk Angkutan Lebaran

    PIKIRAN RAKYAT – Angkutan lebaran tahun 2025 sudah dipersiapkan dan digunakan untuk kelancaran dalam mengangkut penumpang mudik tahun ini. Salah satu moda transportasi yang selalu dinanti kehadirannya adalah kereta api.

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator penyelenggara operasional kereta api telah menyiapkan sebanyak 3.443.832 tiket kereta api jarak jauh (KA JJ) untuk angkutan libur Lebaran 2025. Hal ini guna memastikan kelancaran perjalanan masyarakat selama periode mudik tersebut. 

    “Dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api, KAI telah menyiapkan kapasitas hingga 3.443.832 tiket KAJJ untuk periode keberangkatan 21 Maret – 11 April 2025 atau selama 22 hari,” ujar Anne Purba selaku Vice President Public Relation KAI pada Senin, 3 Maret 2025.

    Pelanggan KAI yang memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan dapat melakukan pemesanan tiket KA Jarak Jauh hingga 45 hari sebelum keberangkatan. Sementara itu, tiket KA Lokal tersedia mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan.

    Anne lebih lanjut menyebutkan bahwa hingga Minggu, 2 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI mencatat penjualan tiket KAJJ Lebaran telah mencapai 1.486.649 tiket, atau 43,17 persen dari total kapasitas yang disediakan.

    Tren penjualan akan menunjukkan adanya lonjakan permintaan dan terjadi pada H-3 atau 28 Maret 2025, dengan penjualan mencapai 102.233 tiket pada tanggal tersebut. Angka perkiraan ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat periode pemesanan masih berlangsung dan antusias pemudik belum begitu terasa saat ini.

    Berikut adalah data sementara mengenai stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi selama musim mudik Lebaran 2025. 10 stasiun tersebut adalah Stasiun Pasar Senen 208.106 penumpang, Gambir 116.861 penumpang, Bekasi 65.489 penumpang, Kiaracondong 56.014 penumpang, dan Stasiun Yogyakarta 47.663 penumpang. 

    Lebih lanjut, stasiun yang merupakan memiliki volume keberangkatan tertinggi adalah Stasiun Surabaya Pasar Turi 47.198 penumpang, Surabaya Gubeng 44.973 penumpang, Lempuyangan 43.926 penumpang, Bandung 37.700 penumpang, dan Semarang Tawang Bank Jateng 35.456 penumpang 

    KAI telah menyiapkan berbagai peningkatan layanan untuk masa angkutan Lebaran 2025. Tujuannya adalah untuk memastikan pengalaman dalam perjalanan untuk pulang ke kampung halaman kali ini terasa lebih nyaman bagi pelanggan yang menggunakan moda transportasi kereta api.

    Langkah strategis yang ditempuh, salah satunya dengan melakukan penempatan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Petugas tersebut memiliki tugas untuk memberikan informasi dan juga memberikan bantuan kepada setiap pelanggan dalam berbagai keperluan selama perjalanan masa Lebaran 2025.

    Anne memberikan penjelasan lebih lanjut dan menegaskan bahwa KAI memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2025. 

    Bentuk apresiasi kepada pelanggan yang sedang melakukan perjalanan selama bulan suci Ramadhan, KAI kembali menghadirkan program berbagi takjil gratis di berbagai stasiun. Program takjil ini berlangsung selama 10 hari, dari H-10 hingga H-1 Lebaran. Total 34.400 paket takjil yang akan dibagikan di 21 stasiun besar menjelang waktu berbuka puasa. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang berbuka puasa di perjalanan maupun di area stasiun.

    Himbauan diberikan untuk masyarakat, segera melakukan pemesanan lebih awal melalui aplikasi Access by KAI atau situs web resmi kai.id guna mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan dan adanya kepastian untuk mendapatkan kursi.

    Berbagai peningkatan layanan yang dilakukan, membuat KAI berharap dapat menghadirkan perjalanan yang lebih nyaman, aman, dan berkesan bagi pelanggan selama momen Lebaran.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Dilarang Ngabuburit di Perlintasan Kereta Api, KAI Tegaskan Sanksi Didenda Rp15 Juta

    Dilarang Ngabuburit di Perlintasan Kereta Api, KAI Tegaskan Sanksi Didenda Rp15 Juta

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Luthfi Husnika

    TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di jalur kereta api selama bulan Ramadhan, termasuk saat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Selain berbahaya, aktivitas tersebut melanggar aturan dan bisa dikenakan sanksi denda hingga Rp 15 juta.  

    “Selama bulan suci Ramadhan, masih ditemukan masyarakat yang berkumpul atau bermain di sekitar jalur rel kereta api, baik saat sahur maupun menjelang berbuka. Apalagi saat ini masih libur sekolah awal Ramadhan. Kami ingin mengingatkan bahwa jalur kereta api bukanlah tempat untuk kegiatan selain operasional perkeretaapian,” kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Senin (3/3/2025).  

    Zainul menegaskan bahwa larangan beraktivitas di jalur rel telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Pasal 181 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api atau menggunakan jalur tersebut untuk kepentingan di luar operasional perkeretaapian.  

    “Jika melanggar aturan ini, masyarakat bisa dikenakan sanksi berupa pidana penjara maksimal tiga bulan atau denda hingga Rp 15.000.000 sesuai dengan Pasal 199 Undang-Undang 23 Tahun 2007,” tambahnya.  

    Sebagai langkah pencegahan, KAI Daop 7 Madiun telah meningkatkan patroli keamanan di area jalur kereta api. Selain itu, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat, termasuk ke sekolah-sekolah dan komunitas setempat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya beraktivitas di sekitar rel.  

    Zainul juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keselamatan perkeretaapian. Jika melihat aktivitas mencurigakan atau berbahaya di sekitar rel, masyarakat diimbau segera melaporkannya kepada petugas KAI atau pihak berwenang guna mencegah kecelakaan. 

    “KAI berharap dengan adanya langkah-langkah ini, lingkungan perkeretaapian menjadi lebih aman, tertib, dan nyaman bagi semua pihak, terutama selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran,” ujarnya.  

    Ia menekankan bahwa keselamatan perjalanan kereta api adalah tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menaati aturan dan menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama.  

    “Dengan disiplin dan kesadaran bersama, kita bisa menghindari kejadian yang tidak diinginkan serta memastikan perjalanan kereta api tetap aman dan lancar,” pungkas Zainul.

  • KAI Daop 1 Jakarta larang warga ngabuburit di jalur KA 

    KAI Daop 1 Jakarta larang warga ngabuburit di jalur KA 

    Kami  mengingatkan  jalur kereta api bukanlah tempat untuk kegiatan selain operasional perkeretaapian

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta melarang masyarakat untuk beraktivitas di jalur kereta api (KA) termasuk saat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit selama bulan Ramadhan karena berbahaya dan dapat mengancam keselamatan jiwa.

    “Kami mengingatkan jalur kereta api bukanlah tempat untuk kegiatan selain operasional perkeretaapian,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

    Ixfan mengatakan aturan mengenai larangan beraktivitas di jalur rel diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

    Pasal 181 ayat (1) UU tersebut menyatakan setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, termasuk melakukan aktivitas seperti menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel serta menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain di luar angkutan kereta api.

    “Jika melanggar aturan ini, masyarakat bisa dikenakan sanksi berupa pidana penjara maksimal tiga bulan atau denda hingga Rp15.000.000 sesuai dengan pasal 199 Undang-Undang 23 Tahun 2007,” ujar Ixfan.

    Lalu, guna meningkatkan kesadaran terkait bahaya beraktivitas di sekitar jalur rel, KAI melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk mengunjungi sekolah-sekolah dan berbagai komunitas.

    Selain edukasi, KAI juga terus memperkuat patroli keamanan di area jalur kereta api. Langkah ini dilakukan dengan menambah jumlah personel keamanan yang bertugas di titik-titik rawan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

    “Untuk memastikan keamanan perjalanan kereta api, stasiun, serta jalur rel, KAI bekerja sama dengan aparat setempat guna meningkatkan pengamanan di daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” jelas Ixfan.

    Lalu, dalam menghadapi periode angkutan Lebaran 2025, KAI juga meningkatkan pengawasan di seluruh jalur kereta api melalui berbagai tindakan termasuk inspeksi berkala, serta pengecekan langsung ke lapangan guna memastikan semua berjalan dengan aman dan tertib.

    “Personel keamanan juga disiagakan di berbagai lokasi strategis, seperti perlintasan sebidang yang tidak terjaga tetapi memiliki tingkat lalu lintas kendaraan bermotor yang tinggi,” ujar Ixfan.

    Apalagi, dikatakan dia, mendekati momen mudik Lebaran. Terdapat sebanyak 1.826 perjalanan kereta api baik perjalanan KA reguler dan KA tambahan.

    Selain itu, Daerah Perhatian Khusus (DAPSUS), yaitu wilayah yang dinilai memiliki tingkat risiko tinggi terhadap gangguan keamanan maupun keselamatan perjalanan kereta api juga turut mendapatkan perhatian.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Larang “Ngabuburit” di Jalur Kereta Api, Sanksi Kurungan Penjara hingga Denda Rp 15 Juta

    KAI Larang “Ngabuburit” di Jalur Kereta Api, Sanksi Kurungan Penjara hingga Denda Rp 15 Juta

    TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menegaskan larangan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas di sekitar jalur kereta api, termasuk saat menunggu berbuka puasa atau ngabuburit selama bulan Ramadhan, Senin (3/3/2025). 

    Langkah ini diambil demi memastikan keselamatan masyarakat dan kelancaran perjalanan kereta api, mengingat potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan di sekitar jalur kereta api.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengungkapkan bahwa meskipun sudah ada larangan, masih banyak ditemukan masyarakat yang berkumpul atau bermain di dekat jalur rel kereta api, baik saat sahur maupun menjelang waktu berbuka puasa. 

    “KAI dengan tegas melarang masyarakat berada di jalur kereta api untuk aktivitas apa pun selain kepentingan operasional kereta api,” tegasnya.

    Menurut Franoto, kegiatan seperti ini sangat berisiko, baik bagi keselamatan individu yang terlibat maupun perjalanan kereta api yang harus tetap berjalan dengan aman dan tepat waktu. 

    Hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, khususnya Pasal 181 Ayat (1), yang melarang setiap orang berada di ruang manfaat jalur kereta api untuk kepentingan selain angkutan kereta api. 

    Pelanggaran terhadap aturan ini dapat berujung pada sanksi pidana, yang bisa berupa penjara hingga tiga bulan atau denda maksimal Rp 15 juta, sesuai Pasal 199 UU tersebut.

    Keamanan jalur kereta api menjadi lebih penting menjelang musim angkutan Lebaran, di mana frekuensi perjalanan kereta api meningkat. 

    Masyarakat seringkali tidak menyadari bahaya yang mengancam ketika mereka berada di area terlarang. 

    Oleh karena itu, KAI berkomitmen untuk melakukan sosialisasi secara aktif, termasuk mengunjungi sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas, guna meningkatkan pemahaman tentang bahaya beraktivitas di sekitar jalur rel.

    Selain itu, KAI juga memperkuat patroli keamanan dengan menambah personel di titik-titik rawan untuk menghindari potensi kecelakaan. 

    Kerja sama dengan aparat setempat juga diperkuat untuk memastikan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtib) di sekitar jalur kereta api dapat diatasi dengan baik. 

    Petugas keamanan KAI juga disiagakan di berbagai lokasi strategis, terutama di perlintasan sebidang yang tidak terjaga namun memiliki tingkat lalu lintas kendaraan bermotor yang tinggi.

    Franoto menekankan bahwa keselamatan penumpang dan masyarakat sekitar jalur rel merupakan prioritas utama bagi KAI.

    Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan tidak melakukan aktivitas berisiko di sekitar jalur kereta api. 

    “Kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama menjaga keamanan. Jika ada aktivitas mencurigakan atau berbahaya di sekitar rel, segera laporkan kepada petugas KAI atau pihak berwenang,” pungkasnya.

    KAI berharap dapat menciptakan lingkungan perkeretaapian yang lebih aman, tertib, dan nyaman bagi seluruh pihak, terutama selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. 

    Keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api adalah tanggung jawab bersama yang harus dijaga dengan penuh kesadaran.
    (*) 

  • Aturan Buka Puasa di KRL hingga LRT: Hanya Boleh Makanan Ringan

    Aturan Buka Puasa di KRL hingga LRT: Hanya Boleh Makanan Ringan

    Jakarta

    PT KAI (Persero) memberikan kebijakan khusus bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa untuk makan dan minum di dalam rangkaian kereta saat waktu berbuka. Kebijakan ini berlaku pada layanan kereta perkotaan termasuk Commuter Line (KRL) Jabodetabek, LRT Jabodebek, LRT Sumsel.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan kebijakan khusus yang berlaku selama bulan Ramadan 1446 H ini merupakan bentuk kepedulian KAI Group terhadap pelanggan yang sedang berpuasa.

    “KAI memahami bahwa banyak pelanggan masih dalam perjalanan saat waktu berbuka tiba, sehingga diberikan kelonggaran untuk makan dan minum dengan tetap memperhatikan kebersihan dan kenyamanan bersama,” kata Anne dalam keterangan resminya, Senin (3/3/2025).

    Ia menjelaskan layanan Commuter Line, pelanggan diperbolehkan berbuka puasa dengan makanan ringan dan minuman dalam kurun waktu satu jam setelah azan Maghrib. Selain itu, KAI Commuter juga menyediakan water station di beberapa stasiun agar pelanggan dapat mengisi ulang air minum mereka sendiri.

    “Pelanggan diimbau untuk berbuka dengan makanan sederhana seperti kurma atau roti, serta menghindari makanan yang beraroma menyengat agar kenyamanan perjalanan tetap terjaga. KAI berharap kebijakan ini dapat membantu pelanggan yang sedang dalam perjalanan agar tetap dapat berbuka dengan tenang,” jelasnya.

    Sementara it pada layanan LRT Jabodebek penumpang diperbolehkan berbuka mulai azan Maghrib hingga pukul 19.00 WIB. Untuk menjaga kebersihan, hanya makanan ringan dan minuman dalam botol tertutup yang diperkenankan dikonsumsi di dalam kereta.

    “Sebagai bentuk dukungan bagi pelanggan yang berpuasa, LRT Jabodebek menyediakan air minum gratis di seluruh stasiun. KAI juga mengimbau agar penumpang tetap menjaga kebersihan dengan membawa kembali sampah mereka dan membuangnya di tempat sampah yang telah tersedia di stasiun,” terang Anne.

    Kemudian di LRT Sumsel penumpang diperbolehkan berbuka di dalam kereta dengan makanan ringan seperti kurma dan roti, serta minuman dalam botol. Kebijakan ini disesuaikan dengan jadwal perjalanan terakhir LRT Sumsel yang berakhir pada pukul 19.55 WIB dari Stasiun Bandara.

    Untuk memastikan ketertiban, petugas di dalam LRT Sumsel akan mengingatkan penumpang saat waktu berbuka tiba. Sama seperti dua layanan lainnya, penumpang diimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban selama berbuka di dalam rangkaian kereta agar perjalanan tetap nyaman bagi semua pengguna.

    Sementara pada layanan Whoosh, tidak ada pembatasan waktu maupun jenis makanan yang boleh dikonsumsi selama berbuka puasa. Setiap penumpang diperbolehkan menikmati makanan yang dibeli dari kereta makan di gerbong nomor 5 atau membawa makanan dari tenant di stasiun keberangkatan.

    Karena durasi perjalanan Whoosh yang singkat sekitar 30-40 menit, pelanggan diimbau untuk memperhatikan waktu tiba mereka di stasiun agar tetap dapat berbuka dengan nyaman. Petugas juga akan mengumumkan waktu berbuka melalui sistem pengeras suara di dalam kereta.

    “Selain memberikan izin berbuka di dalam rangkaian kereta, KAI Group juga menghadirkan berbagai fasilitas tambahan di stasiun. Fasilitas tersebut mencakup mushala yang nyaman dan layanan informasi berbuka puasa melalui pengumuman dari petugas untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman,” paparnya.

    Dengan kebijakan ini, KAI Group berharap seluruh pelanggan dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman selama Ramadan. Pelanggan diharapkan tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk tanpa mengganggu aktivitas perjalanan mereka.

    “Kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh pelanggan setia KAI Group. Semoga perjalanan Anda bersama kami tetap lancar, aman dan nyaman,” tutup Anne.

    (fdl/fdl)

  • BUMN Bakal Bergabung ke Danantara, Siapa Saja yang Masuk?

    BUMN Bakal Bergabung ke Danantara, Siapa Saja yang Masuk?

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah melalui Badan Pengelola Investasi (BPI) Daya Anagata Nusantara (Danantara) akan mengonsolidasikan seluruh badan usaha milik negara (BUMN) ke dalam satu entitas. Langkah ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan aset negara agar lebih produktif dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional.

    Sebagai langkah awal, ada tujuh BUMN, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, PT PLN, PT Pertamina, Bank BNI, Telkom Indonesia, dan MIND ID yang asetnya akan dikelola oleh Danantara. Nantinya, seluruh aset BUMN akan dikelola secara bertahap.

    Danantara menargetkan total aset kelolaan melebihi US$ 900 miliar atau sekitar Rp 14.724 triliun. Pada tahap awal, investasi senilai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 325,8 triliun akan dialokasikan untuk proyek-proyek strategis yang berfokus pada hilirisasi dan sektor berkelanjutan.

    CEO Danantara, Rosan Roeslani, mengungkapkan bahwa seluruh BUMN akan masuk ke dalam pengelolaan Danantara secara bertahap. Proses ini dijadwalkan akan mulai berlangsung pada Maret 2025.

    “Memang nanti (BUMN) yang masuk ke Danantara ini adalah keseluruhannya,” kata Rosan pada saat peluncuran Danantara, Senin (24/2/2025).

    Lantas, ada berapa BUMN di Indonesia dan perusahaan apa saja? Dilansir dari laman resmi Kementerian BUMN, berikut lengkapnya!

    Daftar Lengkap BUMN yang Akan Bergabung

    Saat ini, pemerintah memiliki berbagai BUMN yang bergerak di berbagai sektor, seperti energi, kesehatan, manufaktur, mineral dan batu bara, perkebunan, telekomunikasi, hingga jasa keuangan. Berikut daftar lengkap BUMN yang akan masuk ke dalam Danantara:

    1. Industri Energi, Minyak, dan Gas

    PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)PT Pertamina (Persero)

    2. Industri Kesehatan

    3. Industri Manufaktur

    PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)PT Len Industri (Persero)

    4. Industri Mineral dan Batu Bara

    PT Krakatau Steel (Persero) TbkPT Mineral Industri Indonesia (Persero)

    5. Industri Pangan dan Pupuk

    PT Pupuk Indonesia (Persero)Perum BulogPT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)

    6. Industri Perkebunan dan Kehutanan

    Perum PerhutaniPT Perkebunan Nusantara III (Persero)

    7. Jasa Asuransi dan Dana Pensiun

    PT Asabri (Persero)PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)PT Taspen (Persero)

    8. Jasa Infrastruktur

    Perum PerumnasPT Adhi Karya (Persero) TbkPT Brantas Abipraya (Persero)PT Wijaya Karya (Persero) TbkPT Jasa Marga (Persero) TbkPT Pembangunan Perumahan (Persero) TbkPT Semen Indonesia (Persero) TbkPT Waskita Karya (Persero) TbkPT Hutama Karya (Persero)

    9. Jasa Keuangan

    PT Bank Tabungan Negara (Persero) TbkPT Bank Negara Indonesia (Persero) TbkPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TbkPT Bank Mandiri (Persero) Tbk

    10. Jasa Logistik

    PT Industri Kereta Api (Persero)PT Pos Indonesia (Persero)PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)Perum DamriPT Varuna Tirta Prakasya (Persero)PT Pelabuhan Indonesia (Persero)PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)PT Kereta Api Indonesia (Persero)

    11. Jasa Pariwisata dan Pendukung

    Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan IndonesiaPT Garuda Indonesia (Persero) TbkPT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)

    12. Jasa Telekomunikasi dan Media

    PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) TbkPT Produksi Film Negara (Persero)Perum Percetakan Negara IndonesiaPerum Lembaga Berita Nasional AntaraPT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)PT Danareksa (Persero)

    Konsolidasi seluruh BUMN ke dalam Danantara diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan optimalisasi aset negara. Langkah ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan aset negara agar lebih produktif dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional.