Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Dirut: KAI beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen

    Dirut: KAI beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen

    KAI terus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kepuasan pelanggan

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan bahwa KAI terus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, menerapkan strategi pemasaran digital hingga berkomitmen memperkuat aspek keberlanjutan yang ramah lingkungan.

    “KAI terus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kepuasan pelanggan,” kata Didiek saat menjadi narasumber dalam Kuliah Umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) bertajuk ‘Memahami Konsumen Indonesia dan Strategi Pemasaran KAI’ di Depok, Rabu.

    Dalam pemaparannya, Didiek menjelaskan tren positif kinerja KAI Group dari 2023 ke 2024 di berbagai aspek, seperti peningkatan jumlah pelanggan, efisiensi operasional, dan inovasi layanan berbasis teknologi.

    “Selain itu, kami juga berkomitmen memperkuat aspek keberlanjutan dan menghadirkan transportasi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Didiek.

    Salah satu indikator keberhasilan KAI dalam meningkatkan layanan adalah peningkatan On Time Performance (OTP).

    Keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang kini semakin tepat waktu, didukung oleh sistem pemeliharaan sarana dan prasarana yang lebih efisien serta penggunaan teknologi berbasis data.

    “Untuk mempercepat pemulihan pasca pandemi, KAI telah menerapkan strategi efisiensi biaya, pengelolaan likuiditas yang optimal, serta diversifikasi layanan, termasuk perluasan angkutan barang guna meningkatkan pendapatan perusahaan,” ucap Didiek sebagaimana keterangan di Jakarta, Rabu.

    Didiek juga memaparkan keberhasilan KAI dalam menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional, seperti LRT Jabodebek yang diresmikan pada 28 Agustus 2023 dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mulai beroperasi pada 2 Oktober 2023. Kedua proyek ini merupakan bukti komitmen KAI dalam menghadirkan transportasi modern, efisien, dan berkelanjutan.

    Lebih lanjut, Didiek menyoroti perubahan perilaku konsumen yang semakin mengandalkan teknologi dalam perjalanan mereka, mulai dari pemesanan tiket hingga layanan pasca perjalanan.

    Oleh karena itu, KAI terus menghadirkan inovasi digital, seperti Access by KAI, Face Recognition Boarding, serta Entertainment on Board, guna meningkatkan pengalaman pelanggan.

    “Teknologi telah menjadi elemen kunci dalam industri transportasi. Melalui digitalisasi, KAI dapat menghadirkan layanan yang lebih cepat, akurat, dan nyaman bagi pelanggan,” tambahnya.

    Sebagai perusahaan transportasi yang peduli terhadap lingkungan, KAI berkomitmen mengurangi emisi karbon melalui berbagai inisiatif, seperti penerapan Biodiesel B35, penggunaan lokomotif listrik, pemasangan panel surya, serta integrasi sistem transportasi publik yang lebih efisien.

    Selain itu, KAI telah mencantumkan informasi Carbon Footprint pada tiket penumpang dan aplikasi Access by KAI untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap jejak karbon yang dihasilkan dari perjalanan mereka.

    Dalam menghadapi era digital, KAI mengedepankan strategi pemasaran berbasis pengalaman pelanggan (customer experience), dengan inovasi layanan yang lebih personal dan interaktif. Salah satu inovasi yang sukses diterapkan adalah peluncuran Kereta Panoramic, yang menawarkan pengalaman perjalanan unik dengan jendela besar untuk menikmati panorama sepanjang perjalanan.

    “KAI terus melakukan uji coba dan eksperimen terhadap layanan baru untuk memastikan layanan tersebut relevan dengan kebutuhan pelanggan. Dengan pendekatan ini, kami dapat terus menghadirkan inovasi yang berkelanjutan,” kata Didiek.

    Didiek menegaskan bahwa masa depan transportasi akan semakin mengarah pada integrasi teknologi, keberlanjutan, serta peningkatan konektivitas antarmoda.

    “KAI akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan tren global, termasuk dalam pengembangan transportasi berbasis energi terbarukan serta peningkatan efisiensi operasional melalui digitalisasi,” imbuh Didiek.

    Dalam sesi diskusi, mahasiswa FEB UI menunjukkan antusiasme tinggi dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait tantangan dan prospek industri transportasi di masa depan.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Dirut KAI: Masa Depan Transportasi Mengarah ke Integrasi Teknologi dan Konektivitas Antarmoda – Halaman all

    Dirut KAI: Masa Depan Transportasi Mengarah ke Integrasi Teknologi dan Konektivitas Antarmoda – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menegaskan, masa depan transportasi akan semakin mengarah pada integrasi teknologi, keberlanjutan, serta peningkatan konektivitas antarmoda.

    “KAI akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan tren global, termasuk dalam pengembangan transportasi berbasis energi terbarukan serta peningkatan efisiensi operasional melalui digitalisasi,” ujar Didiek di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/3/2025).

    Didiek juga membeberkaan kinerja KAI Group sejak 2023 ke 2024 di berbagai aspek, seperti peningkatan jumlah pelanggan, efisiensi operasional, dan inovasi layanan berbasis teknologi.

    Dia mengatakan, KAI akan terus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

    “Selain itu, kami juga berkomitmen memperkuat aspek keberlanjutan dan menghadirkan transportasi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Didiek.

    Salah satu indikator keberhasilan KAI dalam meningkatkan layanan adalah peningkatan On Time Performance (OTP).

    Keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang kini semakin tepat waktu, didukung oleh sistem pemeliharaan sarana dan prasarana yang lebih efisien serta penggunaan teknologi berbasis data.

    Didiek menyoroti perubahan perilaku konsumen yang semakin mengandalkan teknologi dalam perjalanan mereka, mulai dari pemesanan tiket hingga layanan pasca perjalanan.

    KAI terus menghadirkan inovasi digital, seperti Access by KAI, Face Recognition Boarding, serta Entertainment on Board, guna meningkatkan pengalaman pelanggan.

    “Teknologi telah menjadi elemen kunci dalam industri transportasi. Melalui digitalisasi, KAI dapat menghadirkan layanan yang lebih cepat, akurat, dan nyaman bagi pelanggan,” tambahnya.

    Sebagai perusahaan transportasi yang peduli terhadap lingkungan, KAI berkomitmen mengurangi emisi karbon melalui berbagai inisiatif, seperti penerapan Biodiesel B35, penggunaan lokomotif listrik, pemasangan panel surya, serta integrasi sistem transportasi publik yang lebih efisien.

    Salah satu inovasi yang diterapkan adalah peluncuran Kereta Panoramic, yang menawarkan pengalaman perjalanan unik dengan jendela besar untuk menikmati panorama sepanjang perjalanan.

    “KAI terus melakukan uji coba dan eksperimen terhadap layanan baru untuk memastikan layanan tersebut relevan dengan kebutuhan pelanggan. Dengan pendekatan ini, kami dapat terus menghadirkan inovasi yang berkelanjutan,” jelas Didiek.

  • Tinjau Kebakaran Kereta di Yogyakarta, Menhub Upayakan Penggantian

    Tinjau Kebakaran Kereta di Yogyakarta, Menhub Upayakan Penggantian

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi meninjau langsung lokasi kebakaran tiga gerbong kereta api yang terjadi di Stasiun Tugu Yogyakarta. Insiden ini menghanguskan tiga gerbong cadangan berjenis stainless steel yang tengah terparkir di rel stabling pada Rabu (12/3/2025) pukul 06.44 WIB.

    Setibanya di lokasi, menhub menyampaikan keprihatinannya dan menegaskan pihaknya akan melakukan evaluasi internal terhadap PT KAI guna meningkatkan standar keselamatan dan keamanan. Selain itu, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga akan terlibat dalam penyelidikan penyebab kebakaran.

    “Saya prihatin dengan kejadian ini. Saya sudah meminta seluruh jajaran untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan agar kejadian serupa tidak terulang,” ujar Dudy Purwagandhi kepada Beritasatu.com terkait kebakaran kereta di Yogyakarta.

    Selain investigasi, Menhub juga memastikan tiga gerbong yang terbakar akan segera diganti, terutama karena armada ini dipersiapkan untuk mudik Lebaran 2025.

    “Gerbong tambahan ini untuk mendukung angkutan Lebaran. Jadi kami akan mengupayakan penggantinya secepat mungkin,” jelasnya.

    Hingga kini, penyebab pasti kebakaran kereta di Yogyakarta masih dalam penyelidikan. Namun, aktivitas angkutan kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta tetap berjalan normal setelah insiden tersebut.

  • KAI Purwokerto gelar pelatihan “frontliner” jelang angkutan Lebaran

    KAI Purwokerto gelar pelatihan “frontliner” jelang angkutan Lebaran

    Purwokerto (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menggelar pelatihan dan pembinaan frontliner bagi petugas atau tenaga profesional yang berinteraksi langsung dengan pelanggan jelang angkutan Lebaran 2025.

    “Pelatihan bagi petugas loket, customer service (layanan pelanggan), dan announcer (penyampai informasi) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan serta profesionalisme dalam menghadapi pelanggan, terutama menjelang periode Angkutan Lebaran 2025,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

    Menurut dia, pelatihan tersebut merupakan langkah strategis untuk memastikan layanan yang semakin baik dan profesional.

    KAI ingin seluruh petugas di garda terdepan memiliki pemahaman yang kuat tentang standar pelayanan.

    “Target kami adalah zero complaint (tidak ada keluhan) selama Angkutan Lebaran 2025, sehingga penting bagi frontliner (garda terdepan) untuk menguasai kembali tugas dan tanggung jawab mereka,” katanya.

    Pelatihan memperkenalkan konsep MASK (Mindset, Attitude, Skill, Knowledge) yang meliputi pola pikir, sikap, keterampilan, dan pengetahuan kepada peserta sebagai panduan untuk memberikan pelayanan prima seperti dalam menangani keluhan dari pelanggan.

    Menurut dia bahwa satu keluhan pelanggan yang tidak ditangani dengan baik, bisa berkembang menjadi masalah besar.

    Oleh karena itu, kata dia, setiap petugas yang berinteraksi langsung dengan pelanggan harus memiliki pola pikir yang berorientasi pada pelayanan, sikap profesional, keterampilan yang terus diasah, serta wawasan yang luas.

    “Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap para petugas frontliner dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional, ramah, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan,” katanya.

    Ia mengatakan hal itu mengingat di wilayah KAI Purwokerto terdapat beberapa stasiun yang menyediakan layanan loket tiket yang melayani pembelian tiket dalam waktu tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA dan layanan pelanggan.

    “KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pengguna jasa kereta api,” kata Krisbiyantoro.

    Pewarta: Sumarwoto
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Divre IV menerima sembilan unit KA dukung kelancaran mudik 

    KAI Divre IV menerima sembilan unit KA dukung kelancaran mudik 

    Ya, nanti teknis penjualan tiketnya akan dilaksanakan saat izin operasi dari kementerian sudah ditandatangani.

    Bandarlampung (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang menerima sembilan unit rangkaian kereta api untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2025 mendatang.

    “Kami menerima sembilan rangkaian kereta api yang pengirimannya dilakukan secara bertahap oleh KAI Logistik sejak 1 Maret 2025 melalui Jakarta International Container Terminal (JICT) menuju Stasiun Rejosari Lampung,” kata Pelaksana Tugas Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang Mohamad Ramdany, di Bandarlampung, Rabu.

    Dia mengatakan bahwa target penyelesaian pengiriman rangkaian kereta tersebut, yakni pada 17 Maret mendatang dengan rincian kereta yang dikirimkan tujuh unit kereta ekonomi (K3) dan dua unit kereta makan pembangkit (KMP2/MP2).

    “Dengan penambahan gerbong ini jumlah rangkaian dari yang sebelumnya terdiri dari lima kereta ekonomi (K3) akan menjadi delapan K3. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kenaikan jumlah penumpang,” kata dia.

    Oleh karena itu, kata dia lagi, setelah mendapatkan izin operasi, maka KAI Tanjungkarang pun akan segera membuka kembali lagi penjualan tiket untuk arus mudik.

    “Ya, nanti teknis penjualan tiketnya akan dilaksanakan saat izin operasi dari kementerian sudah ditandatangani,” kata dia lagi.

    Ramdany mengatakan bahwa KAI berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi yang ekonomis dan berkualitas bagi masyarakat dengan terus membenahi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

    “Kehadiran tambahan sarana ini akan meningkatkan kapasitas angkut penumpang dan memastikan layanan yang lebih baik, terutama saat musim mudik Lebaran,” kata dia.

    Pewarta: Dian Hadiyatna
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menhub evaluasi KAI buntut kebakaran tiga gerbong di Yogyakarta

    Menhub evaluasi KAI buntut kebakaran tiga gerbong di Yogyakarta

    Kami sangat prihatin. Keselamatan dalam semua moda transportasi menjadi prioritas kami. Mengenai kejadian kebakaran ini, kami menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian untuk mengetahui sebab-sebabnya

    Yogyakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi memastikan bakal mengevaluasi internal PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyusul insiden kebakaran tiga gerbong kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Rabu (12/3) pagi.

    “Kami sangat prihatin. Keselamatan dalam semua moda transportasi menjadi prioritas kami. Mengenai kejadian kebakaran ini, kami menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian untuk mengetahui sebab-sebabnya,” ujar Menhub Dudy saat berkunjung di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

    Menhub menegaskan bahwa setiap kecelakaan harus dievaluasi secara menyeluruh, termasuk insiden kebakaran ini.

    Oleh karena itu, KAI akan melakukan penyelidikan internal guna mengidentifikasi potensi kelalaian atau faktor teknis yang menyebabkan kebakaran.

    “Setiap kecelakaan apapun itu, kami akan selalu harus evaluasi. Kami harus menyelidiki secara internal untuk KAI sebab dan musabab kebakaran tersebut,” ujar dia.

    Lebih lanjut, Dudy menyebutkan selain pihak kepolisian, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga bakal turun tangan untuk menyelidiki insiden ini.

    “KNKT juga akan melihat kejadian tersebut. tidak hanya kepolisian tapi juga KNKT,” tutur dia.

    Sebelumnya, tiga gerbong Kereta Api (KA) cadangan yang sedang dalam posisi stabling atau terparkir di emplasemen Stasiun Tugu Yogyakarta terbakar pada Rabu (12/3) sekitar pukul 06.44 WIB dan berhasil dipadamkan pukul 07.30 WIB.

    Tidak ada korban jiwa maupun gangguan perjalanan KA akibat kejadian itu. Pelayanan penumpang di Stasiun Yogyakarta pun berjalan secara normal.

    Polresta Yogyakarta melibatkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dan Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) tengah menginvestigasi penyebab kebakaran tiga gerbong kereta api (KA) cadangan tersebut

    “Jadi fokus kami adalah mencari penyebab kebakaran yang berkaitan dengan peristiwa ini. Unit Inafis kami masih bekerja, dan kami sudah meminta bantuan labfor untuk lebih mendalaminya lagi,” ujar Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (12/3/2025).

    Ia juga menekankan bahwa pihaknya akan berupaya secepat mungkin mengungkap penyebab kebakaran itu.

    Pewarta: Luqman Hakim
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mengapa Wali Kota Budi Rustandi Minta KRL Sampai Stasiun Serang?
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        12 Maret 2025

    Mengapa Wali Kota Budi Rustandi Minta KRL Sampai Stasiun Serang? Regional 12 Maret 2025

    Mengapa Wali Kota Budi Rustandi Minta KRL Sampai Stasiun Serang?
    Penulis
    KOMPAS.com
    – Wali Kota Serang, Budi Rustandi, mengajukan permintaan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta untuk memperpanjang rute Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line hingga Stasiun Serang.
    Permintaan ini didasarkan pada peningkatan okupansi kereta api lokal Merak-Rangkasbitung, terutama saat akhir pekan.
    Budi Rustandi menjelaskan bahwa dengan adanya elektrifikasi KRL, mobilitas masyarakat akan menjadi lebih cepat, efisien, dan ramah lingkungan.
     
    Ia menambahkan bahwa peningkatan infrastruktur dan pelayanan transportasi di Kota Serang, khususnya kereta api, akan mempermudah dan mempercepat akses masyarakat.
    “Dengan adanya elektrifikasi (KRL), mobilitas masyarakat akan lebih cepat, efisien, dan ramah lingkungan,” kata Budi melalui keterangan tertulisnya yang diterima
    Kompas.com
    , Rabu (12/3/2025).
     
    Hal ini, kata Budi, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum seperti
    KRL Commuter Line
    .
    Selain itu, elektrifikasi kereta api juga dianggap dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kereta api berbahan bakar diesel.
    Budi Rustandi menyebut bahwa elektrifikasi akan meningkatkan efisiensi perjalanan, mengurangi emisi karbon, serta memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna jasa transportasi kereta.
    “Meningkatkan efisiensi perjalanan, mengurangi emisi karbon, serta memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna jasa transportasi kereta,” ujar Budi.
    Sebagai tambahan, Budi Rustandi mengusulkan kerja sama dengan PT KAI untuk membangun ruang terbuka hijau (RTH) di sekitar kawasan Stasiun Serang.
    RTH ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Serang dan pengguna transportasi kereta, sehingga tidak hanya memperindah kota tetapi juga memberikan tempat yang asri dan nyaman bagi warga yang menggunakan transportasi publik.
    Saat ini,
    rute KRL
    Commuter Line mencakup beberapa jalur utama, antara lain:
    1. Bogor Line: Menghubungkan Jakarta Kota dengan Bogor.
    2. Cikarang Loop Line: Menghubungkan Cikarang dengan Pasar Senen/Manggarai–Kampung Bandan.
    3. Rangkasbitung Line: Menghubungkan Tanah Abang dengan Rangkasbitung.
    4. Tangerang Line: Menghubungkan Duri dengan Tangerang.
    5. Tanjung Priok Line: Menghubungkan Jakarta Kota dengan Tanjung Priok.
    Perpanjangan rute KRL hingga Stasiun Serang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas bagi masyarakat, serta mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan transportasi umum yang efisien dan ramah lingkungan.
    (Penulis: Rosyid Ridho)
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI Cari Penyebab Kebakaran Kereta Api di Stasiun Tugu Yogyakarta – Page 3

    KAI Cari Penyebab Kebakaran Kereta Api di Stasiun Tugu Yogyakarta – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih melakukan investigasi untuk mencari penyebab kebakaran 3 kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta. Kebakaran itu langsung ditangani setelah ditemukan titik api.

    VP Public Relation KAI, Anne Purba menjelaskan, kereta yang terbakar merupakan kereta cadangan. Sehingga, kereta tersebut tidak sedang digunakan untuk mengangkut penumpang. Soal penyebab kejadiannya, dia juga masih menunggu hasil investigasi.

    “Mengenai kenapa terjadi, ini sedang diinvestigasi juga bersama dengan pihak-pihak terkait. Itu kereta cadangan,” kata Anne, ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (12/3/2025).

    Diketahui, KAI membenarkan pada Rabu, 12 Maret 2025, telah terjadi insiden kebakaran pada rangkaian kereta cadangan yang sedang dalam posisi stabling di jalur badug 6 Yogyakarta (YK) Timur. Kejadian ini dilaporkan pertama kali pada pukul 06.44 WIB oleh Petugas Pengatur Perjalanan (PAP) di Stasiun Yogyakarta.

    “Penyebab insiden ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut oleh tim internal KAI serta melibatkan pihak eksternal terkait. Kami akan memberikan informasi penyebab kebakaran ini, setelah hasil investigasi lebih lanjut diperoleh,” tuturnya.

    Pastikan Kondisi Aman

    Saat ini, KAI terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan kondisi tetap aman dan terkendali. Kami juga melakukan evaluasi mendalam guna mencegah insiden serupa di masa mendatang.

    “Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan agar tetap tenang dan tidak perlu khawatir karena perjalanan kereta api secara umum tetap berjalan dengan lancar,” katanya.

    “KAI berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan dalam setiap operasionalnya. Kami juga mengapresiasi kerja cepat seluruh pihak yang telah berperan dalam penanganan insiden ini,” tandas Anne.

     

  • Kronologi Kereta Api Terbakar di Stasiun Tugu Yogyakarta – Page 3

    Kronologi Kereta Api Terbakar di Stasiun Tugu Yogyakarta – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) membenarkan ada bagian rangkaian kereta yang terbakar di Stasiun Tugu Yogyakarta. Namun, perjalanan KA diklaim tetap berjalan normal.

    VP Public Relation KAI, Anne Purba menyampaikan, proses pemadaman kebakaran kereta sudah berhasil dilakukan. Tidak ada fasilitas yang terganggu secara berarti.

    “Sudah selesai untuk pemadamannanya, fasilitas juga tidak ada terganggu,” ungkap Anne, ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (12/3/2024).

    Dia juga memastikan tidak ada perjalanan kereta api yang terganggu imbas kejadian tersebut.

    “Perjalanan kereta api juga tetap jalan,” katanya.

    Kronologi Kejadian

    Informasi, kebakaran melanda rangkaian kereta cadangan yang sedang posisi stabling di jalur badug 6 Yogyakarta Timur. Kejadian ini dilaporkan pertama kali pada pukul 06.44 WIB oleh Petugas Pengatur Perjalanan (PAP) di Stasiun Yogyakarta.

    Pada pukul 06.45 WIB, unit kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk melakukan proses pemadaman. Adapun, api membakar rangkaian K1 018126 (SBI), K1 01921 (YK), dan K3 01961 (SBI).

    Kondisi Aman

    Selain itu, koordinasi dengan unit Sinyal Telekomunikasi dan Listrik Aliran Atas (LAA) telah dilakukan, dan hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa jaringan LAA dalam kondisi aman.

    “Alur pergerakan penumpang di Stasiun Yogyakarta juga tidak mengalami kendala. Stasiun tetap melayani penumpang seperti biasa, dan tidak ada gangguan pada fasilitas utama yang digunakan oleh pelanggan,” ungkap Anne.

    Meskipun kejadian ini sempat menghambat pergerakan rangkaian KA 43 Taksaka yang dijadwalkan berangkat dari Yogyakarta pada pukul 07.30 WIB karena masih berada di jalur pencucian, upaya percepatan telah dilakukan agar perjalanan tetap dapat berlangsung sesuai jadwal.

     

  • Satpol PP jaring belasan PSK di Jakarta Barat

    Satpol PP jaring belasan PSK di Jakarta Barat

    Sebanyak 14 pekerja seks komersial (PSK) yang dijaring di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan dan Gang Royal, Jalan Bandengan Utara III, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat diangkut ke Dinas Sosial (Dinsos) setempat pada Selasa (11/3/2025) malam. ANTARA/Risky Syukur

    Satpol PP jaring belasan PSK di Jakarta Barat
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Rabu, 12 Maret 2025 – 10:41 WIB

    Elshinta.com – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjaring 14 pekerja seks komersial (PSK) yang beroperasi di sejumlah wilayah di Jakarta Barat, pada Selasa (11/3) malam.

    Belasan PSK yang terjaring di di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan dan Gang Royal, Jalan Bandengan Utara III, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat diangkut ke Dinas Sosial (Dinsos) setempat untuk dibina. Mereka rata-rata berusia 15 hingga 22 tahun.

    “Ada 14 PSK yang kita jangkau. Kami menemukan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dalam hal ini PSK di Tubagus Angke dan di Pekojan. Sudah langsung kita serahkan ke Dinas Sosial untuk mendapatkan pembinaan,” kata Kasatpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto kepada wartawan, Selasa malam.

    Menurut dia, penertiban belasan PSK itu dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban wilayah serta pengawasan fasilitas-fasilitas umum di Jakbar.

    “Menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Jakarta Barat. Dan juga untuk melakukan pengecekan-pengecekan fasilitas umum seperti JPO (jembatan penyeberangan orang) dan taman-taman,” ujarnya.

    Agus mengatakan bahwa penertiban PSK dilakukan berdasarkan keluhan masyarakat akan merebaknya praktik prostitusi liar di dua lokasi tersebut.

    “Ya, penjangkauannya ini memang kita sudah mendapatkan informasi dan laporan dari masyarakat. Sehingga kita melakukan koordinasi dengan TNI-Polri dan seluruh jajaran Dinas Sosial. Kita bergerak ke wilayah, melingkar dan langsung ke lokasi untuk melakukan penjangkauan PSK tersebut,” ucap Agus.

    Dilansir dari ANTARA, puluhan PSK berlari tak karuan untuk melarikan diri saat petugas Satpol PP Jakarta Barat melakukan penertiban.

    Sebagian dari mereka berlarian tak tentu arah melewati rel kereta api, sebagian lagi berdesakan memasuki salah satu ruangan bagian tengah bangunan panjang di atas lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut.

    Ruangan itu nampaknya memiliki lantai bawah yang terhubung dengan pintu menuju Gang Royal, akses keluar para PSK untuk kabur dari petugas.

    Dari wajah para PSK yang berdesakan memasuki ruangan tersebut, nampak mereka berusia remaja hingga lansia. Mereka juga nampak kesal dengan sorotan kamera para awak media.

    “Aduh, kenapa divideoin, kenapa divideoin,” kata para PSK sambil menutup wajah mereka.

    Beberapa PSK yang berhasil mencapai jalanan pun beramai-ramai melompati pagar untuk segera menjauh dari kejaran petugas.

    Tak hanya itu, sejumlah pria berpakaian sipil pun nampak berusaha melindungi para PSK dan mengarahkan mereka menuju akses keluar dari lokasi prostitusi di pinggir rel kereta tersebut.

    Sumber : Antara