Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Puncak Arus Mudik Lebaran 2025 Diprediksi 28-29 Maret, WFA Ubah Pola Perjalanan

    Puncak Arus Mudik Lebaran 2025 Diprediksi 28-29 Maret, WFA Ubah Pola Perjalanan

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang perayaan Idul Fitri 2025, arus mudik mulai menunjukkan peningkatan signifikan. Mobilitas masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman terus meningkat, terutama dengan adanya kebijakan work from anywhere (WFA) yang memungkinkan para pekerja memulai perjalanan lebih awal.

    Dengan jutaan pemudik yang diperkirakan akan memadati berbagai moda transportasi, kesiapan sarana dan prasarana menjadi faktor kunci dalam kelancaran perjalanan.

    Prediksi Puncak Arus Mudik

    Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2025 akan terjadi pada Jumat dan Sabtu, 28-29 Maret. Kebijakan work from anywhere (WFA) bagi aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta turut memengaruhi pola perjalanan, dengan lonjakan pemudik yang terjadi lebih awal.

    “Kami memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 28 dan 29 Maret,” ujar Didiek di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin, 24 Maret 2025.

    Dampak Kebijakan WFA terhadap Mudik Lebaran

    Menurutnya, kebijakan WFA memberikan fleksibilitas bagi pekerja untuk memulai perjalanan lebih awal, sehingga arus mudik tidak lagi terpusat pada hari-hari menjelang Idul Fitri. Sejak Jumat, 21 Maret, sudah terlihat peningkatan volume pemudik yang berlanjut hingga awal pekan berikutnya.

    “Kebijakan WFA berdampak pada penyebaran arus mudik. Kami melihat lonjakan penumpang mulai dari 21 Maret hingga 24 Maret, dan diperkirakan akan terus meningkat mendekati puncaknya,” tambah Didiek.

    Pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 2 Tahun 2025 yang diterbitkan pada 5 Maret 2025 mengizinkan ASN bekerja dari mana saja pada 24-27 Maret. Kebijakan ini bertujuan mengurangi kepadatan perjalanan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

    Langkah Antisipasi dan Imbauan bagi Pemudik

    Dengan adanya penyebaran arus mudik yang lebih merata, PT KAI berkomitmen memastikan layanan transportasi tetap optimal dengan menambah kapasitas dan meningkatkan kesiapan operasional. Pemudik diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal guna menghindari lonjakan penumpang pada puncak arus mudik.

    Selain itu, pemerintah dan operator transportasi telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi guna memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan. Penambahan jadwal perjalanan kereta api, optimalisasi infrastruktur, serta peningkatan layanan di stasiun menjadi bagian dari upaya mendukung kelancaran arus mudik.

    Para pemudik juga diingatkan untuk mematuhi aturan keselamatan, menjaga kesehatan selama perjalanan, dan memanfaatkan layanan pemesanan tiket secara daring untuk menghindari antrean panjang.

    Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan penyedia layanan transportasi, diharapkan arus mudik tahun ini dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti. Kesadaran masyarakat dalam merencanakan perjalanan dengan bijak serta mematuhi protokol yang ada menjadi faktor penting dalam menciptakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman bagi semua.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • 20.856 Pemudik Tinggalkan Jakarta Lewat Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran

    20.856 Pemudik Tinggalkan Jakarta Lewat Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 20.856 orang pemudik berangkat dari Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran atau 26 Maret 2025. Para pemudik berangkat dari Stasiun Gambir menggunakan 45 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

    “Angka keberangkatan hari ini sekitar 98 persen penumpang dari kapasitas 21.252 tiket yang dijual di Stasiun Gambir,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dilansir Antara, Rabu (26/3/2025).

    Selama masa periode Lebaran 2025, ia menyebutkan Stasiun Gambir akan melayani 990 perjalanan kereta api (KA), dengan kapasitas 467.226 tempat duduk. Dari jumlah itu, tiket yang telah terjual sebanyak 258.870 atau okupansi 55 persen.

    Adapun kota tujuan favorit pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, yakni Surabaya, Jawa Timur dengan 2.194 penumpang; Kutoarjo, Jawa Tengah sebanyak 2.183 penumpang; serta Lempuyangan, Yogyakarta sebanyak 1.984 penumpang.

    Pada masa pra-Lebaran atau periode 21-30 Maret 2025, KAI Daop 1 Jakarta telah melayani 846 perjalanan kereta api dengan okupansi rata-rata 94 persen.

    Dari total perjalanan tersebut, Stasiun Gambir mencatat tingkat okupansi 85 persen, yang menunjukkan tingginya minat masyarakat menggunakan transportasi KA.

    Sementara setelah puncak arus mudik (2-11 April 2025), Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 846 perjalanan kereta api dengan tingkat okupansi sampai saat ini sebanyak 33 persen, di mana okupansi di Stasiun Gambir sebesar 20 persen.

    “Angka ini masih bisa bertambah seiring dengan meningkatnya permintaan tiket arus balik,” ujarnya.

    (jbr/imk)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • KAI Berangkatkan 849.598 Pemudik Selama 5 Hari Angkutan Lebaran 2025

    KAI Berangkatkan 849.598 Pemudik Selama 5 Hari Angkutan Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah memberangkatkan 849.598 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatra selama lima hari pertama masa angkutan Lebaran 2025, yakni pada periode 21–25 Maret 2025. 

    Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta api terlihat dari angka tersebut. Untuk mendukung kelancaran arus mudik, KAI menyediakan total kapasitas 4.591.510 tempat duduk selama periode 21 Maret–11 April 2025. 

    “Dari jumlah itu, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk Kereta Api Jarak Jauh [KAJJ], sementara 1.147.678 kursi untuk Kereta Api Lokal,” kata Anne, Rabu (26/3/2025). 

    Stasiun-stasiun utama dengan volume penumpang tertinggi selama periode ini meliputi Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, Semarang Poncol, Surabaya Gubeng, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Bekasi, Lempuyangan, dan Malang.  

    Hingga 26 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, total penjualan tiket mencapai 2.982.747 tiket atau sekitar 64,96% dari kapasitas yang tersedia.

    Dari jumlah tersebut, 2.740.805 tiket merupakan KA Jarak Jauh dengan tingkat okupansi 79,59%, sementara tiket KA Lokal yang terjual sebanyak 241.942 tiket atau 21,08% dari total kapasitas.  

    Anne menambahkan bahwa penjualan tiket KA Lokal cenderung meningkat menjelang keberangkatan karena kebiasaan masyarakat yang membeli tiket secara spontan.  

    Relasi dengan Volume Penumpang Tertinggi Selama Lebaran 2025:

    1. Gambir – Yogyakarta: 31.043 penumpang  

    2. Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng: 27.575 penumpang  

    3. Yogyakarta – Gambir: 26.950 penumpang  

    4. Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir: 24.123 penumpang  

    5. Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi: 24.079 penumpang  

    6. Pasar Senen – Lempuyangan: 22.174 penumpang  

    7. Gambir – Cirebon: 21.536 penumpang  

    8. Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen: 21.516 penumpang  

    9. Gambir – Bandung: 20.315 penumpang  

    10. Pasar Senen – Kutoarjo: 19.684 penumpang

  • Jumlah Pemudik di Stasiun Gambir H-5 Lebaran Naik Dibandingkan Kemarin – Halaman all

    Jumlah Pemudik di Stasiun Gambir H-5 Lebaran Naik Dibandingkan Kemarin – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mengalami peningkatan pada Rabu (26/3/2025), atau H-5 Lebaran. 

    Dibandingkan dengan hari sebelumnya, jumlah penumpang yang berangkat naik signifikan, dengan okupansi mencapai 98 persen.

    Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pada Selasa (25/3/2025), jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir tercatat sebanyak 19.371 orang. 

    Dari total 21.222 tempat duduk yang tersedia di 45 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), okupansi mencapai 91 persen.

    “Tempat duduk terjual 19.371 seat,” kata Ixfan dalam keterangannya, Rabu.

    Sementara pada hari ini, Ixfan menyebutkan sebanyak 45 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang beroperasi dengan kapasitas 21.252 seat.

    “Tiket terjual/penumpang yang berangkat 20.856 seat/orang (okupansi 98 persen),” ujarnya.

    Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa sejak 21 Maret 2025, total penumpang yang tiba di wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 617.753 orang, dengan rata-rata 28.080 penumpang per hari. 

    “Lonjakan kedatangan diprediksi terjadi pada 5-7 April 2025, di mana jumlah penumpang harian diperkirakan melebihi 47.000 orang,” ungkap Ixfan.

  • Kepala KAI Divre II Sumbar cek 12 unit kereta tiba di Depo Kereta Padang

    Kepala KAI Divre II Sumbar cek 12 unit kereta tiba di Depo Kereta Padang

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Kepala KAI Divre II Sumbar cek 12 unit kereta tiba di Depo Kereta Padang
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 25 Maret 2025 – 20:44 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (Sumbar) berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA, sejalan dengan datangnya 12 unit kereta dari Jawa ke Sumbar. 

    Setibanya 12 unit di Depo Kereta Padang, Kepala KAI Divre II Sumatera Barat, Muh. Tri Setyawan didampingi Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang, Hendrialdi ATD MT langsung melakukan pengecekan 12 kereta tersebut, Sabtu (22/3).

    Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, M. Reza Fahlepi menjelaskan bahwa ada 12 unit kereta yang telah dilakukan pengecekan diantaranya 10 unit kereta penumpang dan 2 unit kereta pembangkit listrik.

    “Kami telah melakukan pengecekan terhadap 12 kereta yang telah tiba di Sumatera Barat, adapun pengecekan yang dilakukan meliputi pengecekan kelistrikan, pengereman, SPM, interior hingga ekterior kereta,” ujar Reza, Sabtu (22/3). 

    Lebih lanjut, Reza menyampaikan bahwa kereta ini direncakanan akan digunakan untuk penggantian rangkaian guna mendukung suksesnya Angkutan Lebaran tahun 2025 di wilayah Divre II Sumbar.

    Akan direncanakan pengoperasian kereta-kereta ini pada semester 2 tahun 2025. Dimana beberapa kereta akan diprioritaskan untuk menambah frekuensi perjalanan KA Pariaman Ekspres Fakultatif pada relasi Pauhlima/Padang – Naras PP. Selain itu, KAI Divre II Sumbar juga akan mengoperasikan layanan KA baru yang melayani rute Kayu Tanam – Padang (PP).

    “Diharapkan semoga dengan bertambahnya frekuensi perjalanan KA dan pengoperasian KA baru akan membantu mobilitas masyarakat Sumatera Barat. KAI Divre II Sumbar mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan serta mendoakan kelancaran perjalanan kereta api sebagai moda  transportasi publik pilihan di provinsi Sumatera Barat”, tutup Reza seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Selasa (25/3). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Barang Bawaan Tertinggal di Kereta Saat Mudik, Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan

    Barang Bawaan Tertinggal di Kereta Saat Mudik, Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan

    TRIBUNJAKARTA.COM – Ini yang harus dilakukan bila barang bawaan tertinggal di kereta saat mudik Lebaran.

    Kereta Api masih jadi salah satu pilihan angkutan umum yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman jelang Lebaran.

    Suasana kereta yang penuh di saat periode mudik Lebaran, hingga barang bawaan yang banyak terkadang membuat para pemudik pun lengah.

    Tak jarang, pemudik justru alami barang tertinggal di kereta ataupun area stasiun usai melakukan perjalanan.

    Jika ini terjadi, pengguna kereta api tak perlu khawatir.

    PT KAI telah menyediakan layanan Lost and Found untuk membantu pengguna dalam melaporkan barang mereka yang tertinggal. 

    Petugas KAI akan memastikan setiap barang yang tertinggal di area stasiun maupun di dalam rangkaian kereta api dapat diamankan dan dikembalikan kepada pemiliknya tanpa dipungut biaya.

    Pengguna kereta api yang mengalami barang tertinggal di dalam kereta namun masih berada di area stasiun, bisa segera melapor pada petugas untuk bisa segera ditindaklanjuti.

    Namun jika pengguna kereta api baru menyadari ada barang tertinggal di kereta ketika sudah meninggalkan area stasiun, maka pengguna bisa melaporkan barang tertinggal tersebut melalui layanan Contact Center KAI.

    Pengguna bisa melaporkan barang tertinggal tersebut lengkap dengan informasi kereta yang ditumpangi ke nomor telepon 121, layanan WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.

    Lebih dari 2 Juta tiket kereta Lebaran terjual

    Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mencatat tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan kereta api pada periode mudik Lebaran 2025. 

    Berdasar data yang dirilis oleh KAI hingga tanggal 21 Maret 2025 pukul 7.00 WIB, total sebanyak 2.423.609 tiket perjalanan arus mudik tahun ini telah terjual.

    Sekadar informasi, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk selama periode angkutan Lebaran 2025 mulai 21 Maret – 11 April 2025.

    Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk KA Jarak Jauh, sementara 1.147.678 kursi tersedia untuk KA Lokal.

    Dari jumlah 2.423.609 tiket yang sudah terjual hingga 21 Maret 2025, 2.327.067 tiket merupakan KA Jarak Jauh, atau setara dengan 67,57 persen dari total kapasitas yang tersedia. 

    “Sementara itu, tiket KA Lokal yang telah terjual mencapai 96.542 tiket, atau sekitar 8,41 persen dari kapasitas yang disediakan, “ kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan pers.

    Anne pun menyebut bahwa junmlah tiket yang terjual ini masih sangat mungkin bertambah menjelang Hari Raya Lebaran.

    Menurut Anne, penjualan tiket KA Lokal cenderung meningkat mendekati hari keberangkatan.

    Hal ini karena pola pembelian masyarakat biasanya lebih spontan untuk perjalanan jarak dekat. 

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya.

  • Jumlah Pemudik di Stasiun Gambir H-5 Lebaran Naik Dibandingkan Kemarin – Halaman all

    20 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Arus mudik melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mulai ramai pada Rabu (26/3/2025), atau H-5 Lebaran.

    Pantauan Tribunnews.com, pemudik tiba di Stasiun Gambir sejak pagi. Mereka tampak duduk di ruang tunggu sembari menanti jadwal keberangkatan.

    Pemudik membawa barang bawaan seperti koper, kardus, dan tas besar.

    Sejumlah porter terlihat hilir-mudik menawarkan jasa angkut barang kepada penumpang yang membawa banyak bawaan.

    Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan bahwa total 87 kereta api jarak jauh (KAJJ) diberangkatkan dari Daop 1 Jakarta pada hari ini. 

    Ixfan menyebut, kapasitas yang tersedia mencapai 48.408 tempat duduk, namun tingginya permintaan menyebabkan jumlah penumpang yang berangkat mencapai 48.825 orang.

    “Tingginya permintaan membuat tiket terjual atau penumpang yang berangkat mencapai 48.825 seat/orang, sehingga tingkat okupansi mencapai 101 persen,” kata Ixfan dalam keterangannya, Rabu.

    Di Stasiun Gambir, sebanyak 45 KAJJ diberangkatkan dengan kapasitas 21.252 tempat duduk.

    “Stasiun Gambir: 45 KAJJ, kapasitas 21.252 seat, tiket terjual/penumpang yang berangkat 20.856 seat/orang (okupansi 98 persen),” ujar Ixfan.

    Sementara itu, Stasiun Pasar Senen juga mengalami lonjakan penumpang. Dari 42 KAJJ yang diberangkatkan, kapasitas kursi yang tersedia mencapai 27.156.

    “Stasiun Pasar Senen: 42 KAJJ, kapasitas 27.156 seat, tiket terjual/penumpang yang berangkat 27.969 seat (okupansi 103 persen),” ucapnya.

  • H-5 Lebaran, Puluhan Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Pasar Senen – Halaman all

    H-5 Lebaran, Puluhan Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Pasar Senen – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, tampak ramai dan sibuk, pada Rabu (26/3/2025) pagi atau H-5 lebaran.

    Banyak penumpang yang hendak pergi ke luar Jakarta, khususnya untuk mudik.

    Pantauan Tribunnews.com sekira pukul 10.00 WIB, gedung Stasiun Pasar Senen berbentuk memanjang, dimana pintu kedatangan dan keberangkatan berada di ruangan tengah.

    Ruangan tengah itu dilengkapi mesin pendingin dan diapit oleh dua ruang tunggu outdoor. 

    Sekitar puluhan penumpang yang hendak berangkat terlihat di depan pintu keberangkatan yang dijaga petugas PT. KAI.

    Sedangkan, puluhan penumpang lainnya berada di ruang-ruang tunggu tersebut.

    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan ada sebanyak 42 kereta api jarak jauh (KAJJ) yang disiapkan untuk melayani penumpang, pada Rabu ini.

    “Kapasitas 27.156 seat, tiket terjual/penumpang yang berangkat 27.969 seat. Okupansi 103 persen,” kata Ixfan, saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Rabu.

    Sementara itu, lanjutnya, untuk di Stasiun Gambir, PT KAI telah menyiapkan 45 KAJJ, pada hari ini. Sehingga terdapat kapasitas 21.252 seat.

    “Tiket terjual/penumpang yang berangkat 20.856 seat/orang. Okupansi 103 persen,” imbuhnya.

     

     

  • Lebaran 2025, KAI Daop 6 siagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan

    Lebaran 2025, KAI Daop 6 siagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Lebaran 2025, KAI Daop 6 siagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 25 Maret 2025 – 22:43 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta menggelar Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2025. Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran diselenggarakan di Halaman Timur Stasiun Yogyakarta dengan Pembina Apel yakni Direktur SDM & Umum KAI Rosma Handayani, Senin (24/3/2025).

    Direktur SDM & Umum KAI Rosma Handayani menyatakan bahwa KAI termasuk Daop 6 Yogyakarta akan menyelenggarakan Posko Angkutan Lebaran 2025 mulai tanggal 24 Maret hingga 8 April 2025 atau selama 16 hari. Adapun untuk Angkutan Lebaran 2025 telah berlangsung sejak 21 Maret dan akan berakhir pada 11 April 2025.

    “Seluruh jajaran manajemen hingga pekerja KAI melaksanakan Posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan kereta api aman serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal,” ujar Direktur SDM dan Umum KAI Rosma Handayani.

    Rosma menambahkan, bahwa dengan semangat melayani, seluruh insan KAI akan memaksimalkan kenyamanan pelanggan dan berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Lebaran. Melalui berbagai inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan, KAI terus memperkuat peranannya sebagai moda transportasi ramah lingkungan. 

    “Kami berharap pelanggan dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, menyenangkan dan ramah lingkungan selama masa liburan ini,” kata Rosma. 

    Pada Lebaran ini, KAI telah menyiapkan segala aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan keselamatan dan pelayanan secara keseluruhan. KAI secara Nasional akan mengoperasikan total 9.656 KA selama Angkutan Lebaran yang terdiri dari 6.136 KAJJ dan 3.520 KA Lokal. Untuk KAJJ terdiri dari 5.148 KA Reguler dan 988 KA Tambahan. Sedangkan untuk KA Lokal terdiri dari 1.892 KA Reguler, 44 KA Tambahan, 1.452 KA Feeder, dan 132 KA MakPar. Jika dibandingkan dengan jumlah KA pada Angkutan Lebaran 2024 maka ada kenaikan 8%.

    Untuk kapasitas tempat duduk, KAI secara Nasional menyiapkan sebanyak 4.591.510 TD. Hinga 23 Maret 2025, sebanyak 2,5 Juta tiket telah terjual atau 73% dari total kapasitas.
     
    “Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran,” tambahnya.

    Sementara itu, Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo mengatakan bahwa pada Lebaran kali ini KAI Daop 6 menyiagakan 25 KA reguler dan 11 KA tambahan keberangkatan awal dari stasiun KAI Daop 6. Jumlah KA tambahan tersebut antara lain 7 KA Jarak Jauh Tambahan, 3 KA Motis Tengah yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan, dan 1 KA Wisata Java Priority.

    Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, Daop 6 menambah 26 personel ekstra yang terdiri dari 13 petugas pemeriksa jalur ekstra dan 13 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra.

    Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI Daop 6 melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. Daop 6 menyiapkan 730 tenaga kamtib yang terdiri dari 121 Polsuska, 520 security, serta 89 eksternal (TNI/Polri).

    “Kami mengoperasikan 36 KA Jarak Jauh selama Angkutan Lebaran 2025, meningkat dari hari biasanya sejumlah 25 KAJJ. Oleh karenanya kami juga menyiagakan 177 petugas kebersihan, petugas Customer Services Mobile (CSM) sebanyak 28 personil yang siap membantu pelanggan, 23 petugas kesehatan serta posko kesehatan kita tersebar 6 pos kesehatan bekerjasama dengan 43 rumah sakit mitra. Jadi jika ada penumpang yang butuh penanganan lanjut tim kita akan mengantarkan ke RS mitra KAI,” kata Bambang.

    KAI Daop 6 telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. Sebanyak 36 lokomotif dan 333 kereta yang siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

    Dari sisi fasilitas, KAI Daop 6 telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.

    Sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, Daop 6 berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

    “Semoga dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek tersebut, Angkutan Lebaran dengan kereta api dapat berjalan aman, sehat, selamat, lancar, terkendali. Hal ini menjadi bagian dari komitmen KAI Daop 6 guna mewujudkan “Mudik Tenang Menyenangkan” pada masa angkutan Lebaran 2025,” pungkas Bambang seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Selasa (25/3). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI hadirkan fitur layanan khusus perempuan untuk pemilihan tempat duduk

    KAI hadirkan fitur layanan khusus perempuan untuk pemilihan tempat duduk

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    KAI hadirkan fitur layanan khusus perempuan untuk pemilihan tempat duduk
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 25 Maret 2025 – 17:04 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan fitur terbaru pada proses pemilihan seat di aplikasi Access by KAI yang memberikan kenyamanan lebih, khususnya bagi penumpang perempuan.

    Manager Humas KAI Divre I Sumut M. As’ad Habibuddin menyatakan bahwa kehadiran fitur ini merupakan salah satu upaya KAI dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan perempuan untuk memberikan kenyamanan lebih.

    “Hadirnya fitur ini bermanfaat bagi penumpang perempuan untuk dapat merasa lebih nyaman selama dalam perjalanan KA. KAI berharap inovasi ini dapat meningkatkan rasa aman, nyaman dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan,” ujar As’ad.

    Lebih jauh As’ad menambahkan, fitur ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang perempuan. Dengan lebih dari 7.633.584 downloader dan 7.317.566 pengguna aktif aplikasi Access by KAI pada tahun 2024, KAI berkomitmen menghadirkan layanan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

    “Sebelumnya, proses pemilihan seat belum memberikan kemudahan bagi penumpang perempuan yang ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan,” jelas As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Selasa (25/3). 

    Opsi pemilihan seat atau tempat duduk ini tidak hanya di Access by KAI tapi bagi pelanggan yang memesan tiket di loket stasiun pun juga bisa meminta kepada petugas jika ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan. Inovasi ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberikan rasa aman bagi seluruh pelanggan.

    Fitur ini hanya dapat digunakan oleh member Access yang memesan tiket untuk penumpang perempuan dan berlaku untuk semua KA Antar Kota. Jika dalam satu pemesanan terdapat penumpang laki-laki, fitur ini tidak akan ditampilkan. Meskipun demikian, KAI tetap memastikan perlindungan data pribadi pelanggan sesuai kebijakan yang berlaku.

    “Sebagai bentuk komitmen terhadap kenyamanan pelanggan, KAI terus menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman. KAI juga akan memantau pelaksanaan fitur ini serta mengumpulkan masukan dari pelanggan guna penyempurnaan layanan di masa mendatang,” pungkas As’ad. 

    Sumber : Radio Elshinta