Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Stasiun Pasar Senen Dipadati Pemudik, Terbanyak Tujuan Surabaya Pasar Turi – Halaman all

    Stasiun Pasar Senen Dipadati Pemudik, Terbanyak Tujuan Surabaya Pasar Turi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Memasuki H-2 Lebaran 2025 masyarakat yang melakukan perjalanan mudik melalui Stasiun Pasar Senen makin meningkat, Sabtu, 29 Maret 2025.

    Banyak ruang tunggu stasiun dipenuhi calon pemudik, tidak jarang orang duduk lesehan sembari menunggu jadwal kereta yang akan mereka naiki.

    Area parkir hingga bagian menurunkan penumpang yang datang dengan kendaraan roda empat juga harus mengantre untuk melakukan drop off.

    Stasiun Pasar Senen disebut menjadi stasiun tersibuk saat menjelang Lebaran 2025, sebab bukan hanya melayani calon penumpang regular tetapi juga sebagai lokasi pelepasan mudik gratis dari berbagai stakeholder.

    MUDIK DI STASIUN PASAR SENEN – Stasiun Pasar Senen pada H-3 Lebaran 2025 dipadati calon pemudik dari Jakarta dan sekitarnya, Sabtu (29/3/2025). Stasiun Pasar Senen menjadi stasiun terpadat menjelang lebaran 2025 dengan tujuan terbanyak ke Surabaya Pasarturi. 

    Menurut data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta hingga Sabtu (29/3/2025) pukul 08.30 WIB, jumlah KA yang melakukan perjalanan ada 42. 

    Dengan menyediakan tempat duduk 27.156 seat, Sedangkan tempat duduk terjual atau penumpang yang berangkat sebanyak 27.934 seat, dengan okupansi 103 persen.

    Tujuan kota Favorit dari Stasiun Pasar Senen sejak 21 Maret hingga 11 April 2025 ialah Stasiun Surabaya Pasarturi 25.006 orang, Lempuyangan 24.302 orang dan Kutoarjo 21.246 orang.

    “KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” tutur Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, melalui keterangan resmi, Sabtu (29/3/2025).

    Sasa yang merupakan Pemudik Tujuan Solo menyampaikan dirinya memilih menggunakan kereta api untuk mudik tahun ini agar lebih nyaman.

     

    “Saya pakai kereta, beli tiketnya sudah dari sebulan lalu pas waktu war itu. Tahun ini mudik naik kereta karena keluarga sudah pada pulang duluan. Ini pertama naik kereta, biasanya saya naik motor sama suami,” ungkap Sasa kepada tim Tribunnews.com.

     

  • Kapolri Ungkap Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Balik Lebaran Masih Tersedia
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        29 Maret 2025

    Kapolri Ungkap Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Balik Lebaran Masih Tersedia Nasional 29 Maret 2025

    Kapolri Ungkap Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Balik Lebaran Masih Tersedia
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    Kapolri
    Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa moda transportasi
    kereta api
    masih tersedia untuk
    mudik Lebaran
    2025.
    Sebab, menurut dia, penjualan tiket kereta api baru mencapai 86 persen berdasarkan data yang diterima.
    “Dari data yang kita lihat bahwa untuk kereta api ini masih digunakan 86 persen. Jadi masih ada sisa cukup banyak,” kata Kapolri dalam jumpa pers di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2025).
    Kapolri mengatakan hal itu setelah melihat langsung situasi keamanan dan kenyamanan arus mudik di Stasiun Gambir, didampingi tiga menteri yakni Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, Menko PMK Pratikno dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.
    Oleh karena itu, Listyo Sigit menyarankan agar masyarakat yang ingin mudik dapat menggunakan kereta api.
    Terlebih, dia menyampaikan bahwa tiket kereta api untuk arus balik juga masih tersisa.
    “Jadi bagi masyarakat ingin melaksanakan mudik hari ini dan juga nanti balik (disarankan). Ini yang balik yang pesan tiket balik masih separuhnya,” ujar jenderal polisi bintang empat ini.
    Di lain sisi, Kapolri menilai bahwa sisi keamanan dan kenyamanan pada moda transportasi kereta api sudah baik.
    Ketepatan waktu kereta api, menurut dia, juga bisa menjadi pertimbangan para pemudik untuk menggunakan moda transportasi ini.
    “Tentunya ini bisa juga digunakan untuk mengurangi kepadatan di jalur darat. Karena memang ruang yang disiapkan oleh jalur kereta api masih cukup banyak dan ini bisa menjadi alternatif,” katanya.
    Sebelumnya diberitakan, PT
    Kereta Api
    Indonesia (Persero) melaporkan bahwa penjualan tiket kereta
    mudik Lebaran 2025
    baru mencapai 60 persen dari jumlah kursi yang disediakan.
    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyebutkan, pihaknya telah menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk selama periode mudik
    Lebaran 2025
    .
    Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk kereta jarak jauh dan 1.147.678 kursi untuk kereta api lokal.
    “Hingga per hari ini jumlah tiket yang sudah terjual sekitar 60,18 persen dari total kapasitas yang kami sediakan, atau sebanyak 2.763.025 tiket,” ujarnya usai menggelar Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2025 di Halaman Stasiun Gambir, Jakarta pada 24 Maret 2025.
    Didiek memaparkan, dari jumlah tersebut, 2.577.897 tiket merupakan tiket KAJJ dengan tingkat okupansi mencapai 74,86 persen.
    Sementara itu, tiket KA Lokal yang telah terjual sebanyak 185.128 tiket atau 16,13 persen dari total kapasitas.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 1,4 Juta Pemudik Pilih Berangkat Naik Kereta – Halaman all

    1,4 Juta Pemudik Pilih Berangkat Naik Kereta – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memberangkatkan 1.445.965 pemudik selama periode angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2025/1446 Hijriah berdasar data per Jumat, 28 Maret 2025.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, selama angkutan Lebaran total penjualan tiket mencapai di atas 3,3 juta dan hingga 28 Maret pukul 24.00 WIB KAI telah melayani 1.445.965 pelanggan.

    “Puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan tiket mencapai 215.646 dalam sehari yang terdiri dari 184.008 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dan 31.638 tiket KA lokal yang dikelola KAI,” ujar Anne di Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2025).

    Angka tersebut merupakan capaian penjualan tertinggi selama periode angkutan Lebaran 21 Maret – 11 April 2025 dengan tingkat okupansi 115,56 persen untuk KA JJ dan 60,65 persen untuk KA lokal. Lalu, tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel.

    “Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan, bukan hanya dari stasiun awal hingga tujuan akhir,” ujarnya.

    Anne memaparkan, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan periode 21 Maret – 11 April 2025, yang terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk KAJJ dan 1.147.678 tempat duduk untuk KA lokal.

    “Hingga 29 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.303.774 tiket telah terjual, atau sekitar 71,95 persen dari total kapasitas yang disediakan,” ucapnya.

     

  • KAI Logistik Tetap Beroperasi dan Angkut Barang Selama Lebaran 2025

    KAI Logistik Tetap Beroperasi dan Angkut Barang Selama Lebaran 2025

    Jakarta

    PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) memastikan seluruh layanan logistik milik perusahaan tetap berjalan optimal selama periode libur Lebaran 2025. Sebab anak usaha dari PT KAI (Persero) ini akan terus mengoperasikan layanan angkutan barang untuk berbagai sektor strategis, termasuk Fast Moving Consumer Goods (FMCG), ritel, dan energi.

    Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto, mengatakan kebutuhan energi nasional menjadi sangat prioritas untuk memastikan kebutuhan masyarakat khususnya selama periode Idul Fitri tetap terpenuhi.

    Untuk itu pihaknya melakukan pengelolaan batu bara dan keterminalan dalam mengantisipasi volume angkutan batu bara yang diproyeksikan mencapai 824.463 MT periode 24 Maret-8 April 2025.

    “Dikarenakan hal tersebut, KAI Logistik memastikan kesiapan operasional selama 24 jam,” tegas Heri dalam keterangan resminya, Sabtu (29/3/2025).

    Selain angkutan batu bara, KAI Logistik juga memastikan kelancaran distribusi industri melalui KA kontainer. Menurutnya Layanan ini menjadi solusi efektif menghadapi pembatasan operasional truk selama masa mudik Lebaran yang diberlakukan pada 24 Maret-8 April 2025 di ruas jalan tol dan non-tol.

    “Dengan menggunakan moda kereta api, distribusi logistik tetap berjalan lancar tanpa terhambat kemacetan, serta memprioritaskan akses jalan untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan selamat,” paparnya.

    Kemudian selama periode Lebaran, ia mengatakan permintaan angkutan logistik mengalami peningkatan. Terutama pada sektor FMCG, ritel, dan farmasi yang membutuhkan stok tambahan menjelang libur panjang.

    “Tercatat, pada sektor FMCG terjadi kenaikan 30-41% dalam penggunaan angkutan kontainer dibandingkan pada hari-hari biasanya. Permintaan terhadap layanan KA kontainer station to station juga meningkat karena menjadi solusi alternatif bagi pelaku industri logistik,” lanjut Heri.

    Volume angkutan ekspor-impor selama masa libur Lebaran tahun ini juga diproyeksikan mengalami tren positif. Salah satu indikatornya adalah peningkatan angkutan ekspor-impor yang dilayani melalui KA Kontainer rute JICT-Cikarang Dry Port sehingga distribusi pada layanan ini hanya akan libur beroperasi pada Hari Idulfitri.

    Sehingga sebagai upaya antisipasi lonjakan permintaan logistik selama libur Lebaran, KAI Logistik telah menerapkan berbagai strategi operasional.

    “Sebelumnya, kami telah menambah jadwal perjalanan dan frekuensi angkutan KA, termasuk mengoperasikan KA KALOG 3 rute Sungai Lagoa-Klari-Kalimas PP dengan kapasitas 30 gerbong datar (60 TEUs) atau 1.080 ton per perjalanan yang menjadi langkah strategis kami di tahun 2025. Selain itu, kami juga mengoptimalkan rotasi armada kontainer, operasional terminal bongkar muat, serta berkoordinasi dengan pelanggan agar pengiriman berjalan lancar sesuai kebijakan pembatasan jalan dari pemerintah guna kelancaran proses distribusi,” jelasnya.

    Dengan berbagai strategi yang telah disiapkan, KAI Logistik berkomitmen untuk terus memberikan layanan logistik yang andal guna mendukung kelancaran distribusi barang selama periode Lebaran 2025.

    “Sistem transportasi yang aman, efisien, dan bebas hambatan lalu lintas menjadikan kereta api sebagai solusi utama dalam memastikan distribusi logistik tetap lancar selama periode Lebaran. Selain menjaga ketepatan waktu pengiriman, moda ini juga mendukung kebijakan pemerintah dalam menjamin keselamatan, keamanan, serta kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2025,” tutup Heri.

    (igo/eds)

  • Waspadai Penipuan, PT KAI Ingatkan Masyarakat Jangan Beli Tiket Kereta Sembarangan – Halaman all

    Waspadai Penipuan, PT KAI Ingatkan Masyarakat Jangan Beli Tiket Kereta Sembarangan – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendri Wintoko mengingatkan agar masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2025 tidak membeli tiket sembarangan.

    Ixfan mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penipuan yang berpotensi terjadi menjelang Lebaran 2025. Para calon penumpang diingatkan agar membeli tiket melalui mitra yang memang bekerja sama dengan PT KAI.

     “Kami mengimbau kepada para calon penumpang yang belum memiliki tiket, bisa menggeser jadwal mudiknya. Jangan membeli tiket melalui media sosial yang tidak ada kerja samanya dengan PT Kereta Api,” kata Ixfan, kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2025).

    Pihaknya akan melakukan pemeriksaan tiket pada tahap boarding, melalui pencocokan identitas calon penumpang pemesan.

    “Antisipasi penipuan ataupun tiket palsu. Karena apa? Jika kedapatan pada saat boarding, tiket tidak sesuai dengan nama atau identitas, maka dilarang untuk naik,” jelasnya.

    Adapun pembelian tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan melalui aplikasi Akses KAI dan web resmi PT KAI.

    “Selain daripada itu, yang saya dapat informasi ada isu katanya membeli di media sosial. Kami tidak izinkan atau kami tidak bertanggung jawab atas kejadian tersebut,” imbuh Ixfan.

    Sebanyak 87 perjalanan kereta api jarak jauh dilakukan untuk melayani ramainya penumpang yang hendak meninggalkan Jakarta.

    Pihaknya telah menyediakan sebanyak 48.424 seat/orang untuk hari Sabtu ini “Tempat duduk terjual/penumpang yang bersngkat 49.696 seat,” kata Ixfan, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

    PT KAI memprediksi puncak arus mudik akan berlangsung sekitar tanggal 28-31 Maret 2025. Sebanyak 42 dari 87 perjalanan kereta berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    Ixfan mengatakan, sebanyak 27.156 seat disediakan untuk para penumpang yang ingin berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    “Tempat duduk terjual/penumpang yang berangkat (dari Pasar Senen) 27.934 seat. Okupansi 103 persen,” ucapnya.

     

     

  • Hindari Penipuan, Masyarakat Diimbau Beli Tiket Kereta Api Hanya melalui Kanal Resmi

    Hindari Penipuan, Masyarakat Diimbau Beli Tiket Kereta Api Hanya melalui Kanal Resmi

    Hindari Penipuan, Masyarakat Diimbau Beli Tiket Kereta Api Hanya melalui Kanal Resmi
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau
    KAI
    mengimbau masyarakat untuk membeli
    tiket kereta api
    hanya melalui kanal resmi yang telah bekerja sama dengan KAI.
    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan, membeli tiket hanya melalui kanal resmi penting dilakukan untuk menghindari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
    “Pembelian tiket melalui kanal resmi sangat penting untuk memastikan perjalanan yang lancar dan aman. pembelian melalui saluran resmi juga mencegah pihak yang memanfaatkan ketidaktahuan calon penumpang,” kata Ixfan dalam keterangan resmi, Sabtu (29/3/2025).
    Ixfan juga mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap pihak yang menawarkan tiket kereta api melalui jalur tidak resmi.
    KAI tidak bertanggung jawab atas tiket yang diperoleh di luar kanal resmi yang telah disetujui.
    “Kami terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan akses yang mudah bagi masyarakat dalam memesan tiket kereta api secara aman,” ungkap Ixfan.
    Ixfan menyampaikan, pembelian tiket melalui kanal resmi menjamin transaksi aman, harga transparan, dan layanan pelanggan yang responsif.
    Selain itu, pembelian tiket melalui kanal resmi juga membantu pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur yang memudahkan perjalanan.
    “Seperti pemilihan jadwal, pemilihan kelas, hingga metode pembayaran yang aman,” lanjut dia.
    Ixfan juga mengimbau semua calon penumpang untuk selalu memeriksa kembali setiap transaksi tiket dan memastikan keabsahannya sebelum membayar.
    “Jika ada keraguan atau pertanyaan seputar pembelian tiket, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan KAI,” tutur Ixfan.
    KAI telah bekerja sama dengan berbagai
    platform
    digital resmi, di antaranya laman resmi KAI (
    kai
    .id), aplikasi Access by KAI, dan agen perjalanan resmi yang terdaftar.
    Adapun kanal resmi yang dapat digunakan untuk membeli tiket kereta api adalah:
    1. Laman resmi KAI, kai.id
    2. Aplikasi Access by KAI yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store
    3. Agen Penjualan Tiket Resmi yang terdaftar dan bekerja sama dengan KAI
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI Berangkatkan 1,4 Juta Pemudik per 28 Maret

    KAI Berangkatkan 1,4 Juta Pemudik per 28 Maret

    KAI Berangkatkan 1,4 Juta Pemudik per 28 Maret
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Sebanyak 1.445.965 orang telah diberangkatkan oleh PT Kereta Api Indonesia (
    KAI
    ) dalam periode angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah.
    “Hingga 28 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, KAI telah melayani 1.445.965 pelanggan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba, mengutip dari
    Antara
    , Sabtu (29/3/2025).
    Anne melanjutkan, puncak arus mudik Lebaran terjadi, 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan tiket mencapai 215.646 dalam sehari, terdiri dari 184.008 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dan 31.638 tiket KA lokal yang dikelola KAI.
    Angka tersebut merupakan capaian penjualan tertinggi selama periode angkutan Lebaran, yakni 21 Maret-11 April 2025 dengan tingkat okupansi 115,56 persen untuk KA JJ dan 60,65 persen untuk KA lokal.
    “Tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel. Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan, bukan hanya dari stasiun awal hingga tujuan akhir,” ujar dia.
    Demi memastikan kelancaran arus mudik, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan periode 21 Maret – 11 April 2025, yang terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk KAJJ dan 1.147.678 tempat duduk untuk KA lokal.
    Adapun, selama periode angkutan Lebaran, total penjualan tiket kereta api telah melampaui 3,3 juta.
    “Hingga 29 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.303.774 tiket telah terjual, atau sekitar 71,95 persen dari total kapasitas yang disediakan,” ucap dia.
    Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 2.970.399 dengan tingkat okupansi 86,25 persen, sedangkan tiket KA lokal terjual sebanyak 333.375 tiket atau 29,05 persen dari kapasitas yang tersedia.
    “Kepadatan arus mudik masih terjadi hari ini dengan penjualan tiket pada 29 Maret hingga pukul 07.00 WIB mencapai 186.074 dalam sehari yang terdiri dari 167.481 KAJJ dan 18.593 KA lokal, angka tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih berlangsung,” kata Anne.
    Selama masa angkutan Lebaran, KAI mengoperasikan 9.656 perjalanan kereta api, meningkat 8 persen dibandingkan periode sebelumnya.
    Dengan total kapasitas mencapai 4.591.510 kursi, KAI berupaya menghadirkan layanan transportasi yang andal, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan.
    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI juga menyediakan 1.080 perjalanan tambahan yang siap melayani berbagai rute favorit.
    “Kami mengingatkan pelanggan untuk membawa dokumen identitas resmi serta tiket perjalanan agar proses boarding berjalan lancar,” lanjut Anne.
    Sebagai solusi praktis, pelanggan juga dapat memanfaatkan fasilitas face recognition yang tersedia di 21 stasiun KAI, termasuk Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan lainnya.
    Dengan teknologi ini, pelanggan dapat melakukan boarding lebih mudah tanpa perlu menunjukkan tiket cetak atau kartu identitas.
    “Kami akan terus meningkatkan layanan demi memastikan perjalanan yang selamat, nyaman, dan berkesan bagi setiap pelanggan,” kata Anne.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Puncak Arus Mudik, Stasiun Pasar Senen Masih Ramai Pemudik H-2 Lebaran, 27.934 Seat Terjual – Halaman all

    Puncak Arus Mudik, Stasiun Pasar Senen Masih Ramai Pemudik H-2 Lebaran, 27.934 Seat Terjual – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Keramaian masih berlangsung di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2025) atau H-2 Lebaran.

    Pantauan Tribunnews.com sekira pukul 12.19 WIB, sebanyak puluhan penumpang tampak menunggu jadwal keberangkatan kereta mereka masing-masing, di pintu keberangkatan.

    Beberapa penumpang tampak membawa banyak barang, seperti tas dan kardus berisi makanan atau pakaian. 

    Sedangkan sebagian lainnya ada yang hanya membawa satu ransel saja.

    Kemudian, terdapat porter-porter yang mengenakan seragam kaus berkerah warna merah.

    Beberapa penumpang menggunakan jasa porter untuk mengangkut barang bawaan mereka ke dalam kereta.

    Selanjutnya, para petugas dari PT KAI juga tampak aktif membantu sejumlah penumpang yang membutuhkan informasi.

    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendri Wintoko, mengatakan sebanyak 87 perjalanan kereta api jarak jauh dilakukan untuk melayani ramainya penumpang yang hendak meninggalkan Jakarta.

    Ia menuturkan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 48.424 seat/orang untuk hari Sabtu ini.

    “Tempat duduk terjual/penumpang yang berangkat 49.696 seat,” kata Ixfan, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

    PT KAI memprediksi puncak arus mudik akan berlangsung sekitar tanggal 28-31 Maret 2025.

    Adapun sebanyak 42 dari 87 perjalanan kereta berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    Ixfan mengatakan, sebanyak 27.156 seat disediakan untuk para penumpang yang ingin berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    “Tempat duduk terjual/penumpang yang berangkat (dari Pasar Senen) 27.934 seat. Okupansi 103 persen,” ucapnya.

  • KAI Semarang operasikan KA ekonomi tambahan tujuan Jakarta

    KAI Semarang operasikan KA ekonomi tambahan tujuan Jakarta

    Semarang (ANTARA) – PT KAI Daop 4 Semarang Jateng mengoperasikan satu kereta api (KA) tambahan kelas ekonomi relasi Semarang-Jakarta mulai 30 Maret hingga 3 April 2025 untuk mengakomodasi pemudik yang belum memperoleh tiket pulang kampung.

    “KA tambahan relasi Stasiun Semarang Poncol hingga Jakarta Pasar Senen dengan kapasitas angkut 742 orang,” kata Manajer Humas PT KAI Daop (Daerah Operasi) 4 Semarang Franoto Wibowo di Semarang, Sabtu.

    Gerbong KA ekonomi dilengkapi dengan pendingin udara sehingga memberi kenyamanan bagi penumpang.

    Tiket KA tambahan tersebut dijual dengan harga yang terjangkau. “Tiket dijual dengan harga Rp150 ribu hingga Rp180 ribu per orang,” katanya.

    KA tambahan tersebut diberangkatkan tiap pukul 19.40 WIB dari Semarang dan pukul 08.30 WIB dari Jakarta.

    Ia menambahkan bahwa kedatangan pemudik di berbagai stasiun di wilayah Daop Semarang masih cukup tinggi hingga H-3 Lebaran 2025.

    Pada Jumat (28/3/2025) jumlah kedatangan penumpang KA mencapai 28.978 orang dan diperkirakan masih akan bertambah menjelang Lebaran.

    Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI catat berangkatkan 1,44 juta pemudik hingga 28 Maret

    KAI catat berangkatkan 1,44 juta pemudik hingga 28 Maret

    Tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel. Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan,

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat telah memberangkatkan 1.445.965 pemudik per 28 Maret 2025, dalam periode angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2025/1446 Hijriah.

    “Selama angkutan Lebaran total penjualan melampaui 3,3 juta, hingga 28 Maret pukul 24.00 WIB KAI telah melayani 1.445.965 pelanggan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

    Dia menyampaikan bahwa puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan tiket mencapai 215.646 dalam sehari yang terdiri dari 184.008 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dan 31.638 tiket KA lokal yang dikelola KAI.

    Angka tersebut merupakan capaian penjualan tertinggi selama periode angkutan Lebaran 21 Maret – 11 April 2025 dengan tingkat okupansi 115,56 persen untuk KA JJ dan 60,65 persen untuk KA lokal.

    “Tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel. Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan, bukan hanya dari stasiun awal hingga tujuan akhir,” ujarnya.

    Demi memastikan kelancaran arus mudik, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan periode 21 Maret – 11 April 2025, yang terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk KAJJ dan 1.147.678 tempat duduk untuk KA lokal.

    “Hingga 29 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.303.774 tiket telah terjual, atau sekitar 71,95 persen dari total kapasitas yang disediakan,” ucapnya.

    Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 2.970.399 dengan tingkat okupansi 86,25 persen, sedangkan tiket KA lokal terjual sebanyak 333.375 tiket atau 29,05 persen dari kapasitas yang tersedia.

    “Kepadatan arus mudik masih terjadi hari ini dengan penjualan tiket pada 29 Maret hingga pukul 07.00 WIB mencapai 186.074 dalam sehari yang terdiri dari 167.481 KAJJ dan 18.593 KA lokal, angka tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih berlangsung,” kata Anne.

    Selama masa Angkutan Lebaran KAI mengoperasikan 9.656 perjalanan kereta api, meningkat 8 persen dibandingkan periode sebelumnya.

    Dengan total kapasitas mencapai 4.591.510 kursi, KAI berupaya menghadirkan layanan transportasi yang andal, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan.

    Untuk mengakomodasi tingginya permintaan, KAI juga menyediakan 1.080 perjalanan tambahan yang siap melayani berbagai rute favorit.

    “Kami mengingatkan pelanggan untuk membawa dokumen identitas resmi serta tiket perjalanan agar proses boarding berjalan lancar,” tuturnya.

    Sebagai solusi praktis, pelanggan juga dapat memanfaatkan fasilitas face recognition yang tersedia di 21 stasiun KAI, termasuk Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan lainnya.

    Dengan teknologi ini, pelanggan dapat melakukan boarding lebih mudah tanpa perlu menunjukkan tiket cetak atau kartu identitas.

    “Kami akan terus meningkatkan layanan demi memastikan perjalanan yang selamat, nyaman, dan berkesan bagi setiap pelanggan,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025