Perusahaan: PT Hutama Karya

  • Jarang yang Tahu! Ini Penguasa 16 Ruas Tol Trans Sumatera

    Jarang yang Tahu! Ini Penguasa 16 Ruas Tol Trans Sumatera

    Jakarta

    Setiap jalan tol di Indonesia dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang berbeda. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mencatat ada 59 BUJT di Indonesia.

    Khusus tol di provinsi-provinsi Pulau Sumatera dikelola oleh 5 BUJT yang mencakup PT Hutama Karya, PT Waskita Sriwijaya Tol, PT Bakauheni Terbanggi Besar Toll Road, PT Jasa Marga, dan PT Hutama Marga Waskita.

    “Total BUJT di Indonesia ada 59. Di Pulau Sumatera ada 16 ruas Jalan Tol yang dikelola oleh PT Hutama Karya, PT Waskita Sriwijaya Tol, PT Bakauheni Terbanggi Besar Toll Road, PT Jasa Marga, dan PT Hutama Marga Waskita,” jelas BPJT melalui unggahan di X @pupr_bpjt, Senin (11/11/2024).

    BUJT adalah badan hukum yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol. Pengusahaan jalan tol adalah kegiatan yang meliputi pendanaan, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan/atau pemeliharaan jalan tol yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau badan usaha.

    Berikut rincian ruas tol di Pulau Sumatera beserta BUJT-nya.

    Aceh
    1. Tol Sigli-Banda Aceh (PT Hutama Karya)

    Sumatera Utara
    2. Tol Medan-Binjai (PT Hutama Karya)
    3. Binjai-Langsa (PT Hutama Karya)
    4. Belawan-Medan-Tanjung Morawa (PT Jasa Marga)
    5. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi/MKTT (PT Jasamarga Kualanamu)
    6.Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Prapat (PT Hutama Marga Waskita)
    7. Indrapura-Kisaran (PT Hutama Karya)

    Riau
    8. Pekan Baru-Dumai (PT Hutama Karya)
    9. Pekanbaru-Padang (PT Hutama Karya)

    Jambi
    10. Betung-Tampino-Jambi (PT Hutama Karya)

    Bengkulu
    11. Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu (PT Hutama Karya)

    Sumatera Selatan
    12. Indralaya-Muara Enim (PT Hutama Karya)
    13. Palembang-Indralaya (PT Hutama Karya)
    14. Kayu Agung-Palembang-Betung (PT Waskita Sriwijaya Tol)

    Lampung
    15. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (PT Hutama Karya)
    16. Bakauheni-Terbanggi Besar (PT Bakauheni Terbanggi Besar Toll Road).

    Lihat juga video: Situasi H-2 Lebaran di Pintu Tol Kisaran Trans Sumatera

    (ily/rrd)

  • Hutama Karya: Tol Tanjung Pura- Pangkalan Brandan rampung akhir 2024

    Hutama Karya: Tol Tanjung Pura- Pangkalan Brandan rampung akhir 2024

    Seksi 3 tersambung penuh, perjalanan hanya membutuhkan waktu 40 menit. Pengguna jalan tol dapat menghemat 1 jam 20 menit.Medan (ANTARA) – PT Hutama Karya (Persero) meyakini bahwa pembangunan Jalan Tol Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 18,9 kilometer yang merupakan Seksi 3 dari Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan dengan total panjang 58 kilometer akan rampung akhir tahun 2024.

    Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan progres konstruksi pembangunan tol tersebut telah mencapai 98,79 persen, dan progres pengadaan lahan mencapai 99,46 persen.

    “Bahwa dengan rampungnya jalan tol ini, konektivitas antarwilayah di Sumatera Utara diharapkan dapat semakin baik, dan waktu tempuh dari Binjai ke Pangkalan Brandan dapat dipersingkat signifikan,” ujar Adjib Al Hakim dalam keterangan resmi yang diterima di Medan, Jumat.

    Menurutnya, dengan melewati jalan nasional tersebut, perjalanan Binjai-Pangkalan Brandan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam.

    “Seksi 3 tersambung penuh, perjalanan hanya membutuhkan waktu 40 menit. Pengguna jalan tol dapat menghemat 1 jam 20 menit,” kata dia lagi.

    Adjib membeberkan pembangunan Jalan Tol Tanjung Pura-Pangkalan Brandan juga tidak hanya berfokus pada penyelesaian tepat waktu, tetapi juga pada kualitas dan keamanan yang tinggi.

    Dia menekankan bahwa setiap aspek dari proyek ini dirancang sesuai dengan Standar Klasifikasi dari kementerian.

    Nantinya, kata dia lagi, Jalan Tol Tanjung Pura-Pangkalan Brandan akan dilengkapi dengan fasilitas struktur, seperti 1 gerbang tol, 1 simpang susun, 2 jembatan, 4 underpass, 2 overpass, dan 1 pasang rest area tipe A di Km 41 untuk menyediakan fasilitas lengkap bagi kenyamanan pengguna jalan.

    Di samping itu, dia menambahkan, perusahaan juga akan mengimplementasikan teknologi konstruksi yang terkini guna mendukung efisiensi dan kualitas konstruksi, antara lain Building Information Modelling (BIM).

    Hal itu, ujar dia lagi, untuk memberikan visualisasi proyek secara menyeluruh dan mengoptimalkan koordinasi antara tim konstruksi dan pemangku kepentingan.

    Selain itu, juga akan menggunakan teknologi Structural Health Monitoring System (SHMS) diimplementasikan untuk pemantauan kondisi struktur jembatan secara real-time, memastikan ketahanan infrastruktur dalam jangka panjang.

    Di lapangan, teknologi Atmos UAV Marlyn digunakan untuk mengukur volume timbunan dan melakukan pemetaan situasi, yang memastikan akurasi data untuk mendukung keputusan konstruksi dengan tepat.

    Dalam proses konstruksi ini, Adjib mengatakan perusahaan menghadapi tantangan trase jalan tol yang melintasi pipa gas alam, yang ditangani dengan membangun struktur box tunnel guna melindungi pipa dari risiko longsoran tanah.

    Selain itu, tantangan pengadaan lahan pun diatasi melalui koordinasi aktif dengan berbagai pihak eksternal untuk memperlancar pelaksanaan proyek.

    Dengan berbagai langkah strategis yang telah ditempuh, Hutama Karya berharap proyek ini tidak hanya akan memberikan manfaat dalam hal konektivitas, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap efisiensi waktu tempuh masyarakat dari dan ke bandara yang kini telah terhubung sepenuhnya dengan jaringan jalan tol.

    Hal itu akan mempermudah mobilitas masyarakat menuju wilayah-wilayah lain, termasuk daerah-daerah di Aceh seperti Langsa dan Aceh Tamiang, sehingga mendukung aktivitas ekonomi dan pariwisata di sepanjang koridor Sumatera.
    Baca juga: HK fungsikan Tol Sibanceh Seksi 1 selama PON Aceh-Sumut
    Baca juga: Dishub Sumut mengecek kesiapan jalan tol sambut arus mudik Lebaran

    Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • BI Jambi koordinasi penyiapan kartu e-money di gerbang tol Baleno

    BI Jambi koordinasi penyiapan kartu e-money di gerbang tol Baleno

    Selama 30 hari ke depan di pintu tol sehingga masyarakat Jambi yang ingin melewati tol tidak perlu khawatir karena di pintu masuk akan disediakan kartu elektronik dengan harga Rp50 ribu per kartu termasuk saldo di dalamnyaJambi (ANTARA) – Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi dan perbankan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol untuk penyiapan kartu uang elektronik di gerbang ruas Bayung Lencir – Tempino (Baleno) guna memudahkan pengguna jalan yang akan memanfaatkan jalan tol.

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Warsono di Jambi, Sabtu, mengatakan, BI Jambi bersama dengan empat perbankan yaitu BNI, BRI, BCA dan Mandiri, memberikan dukungan atas pengoperasian tol Baleno.

    Warsono menjelaskan, ketika memasuki tol, pengguna tol harus menggunakan sarana pembayaran uang elektronik. Untuk mempermudah pengguna tol yang belum memiliki kartu uang elektronik, perbankan menyediakan penjualan kartu di gerbang tol Muaro Sebapo selama 30 hari ke depan.

    “Selama 30 hari ke depan di pintu tol sehingga masyarakat Jambi yang ingin melewati tol tidak perlu khawatir karena di pintu masuk akan disediakan kartu elektronik dengan harga Rp50 ribu per kartu termasuk saldo di dalamnya,” katanya.

    Keempat perbankan ini, nantinya akan secara bergilir memfasilitasi penjualan kartu uang elektronik tersebut dengan mengutamakan metode pembayaran QRIS, sehingga lebih cepat, mudah dan tidak perlu menyiapkan uang kembalian untuk menghindari antrean panjang.

    Meski saat ini pengelola tol belum mengenakan tarif bagi pengguna jalan, namun pengguna tetap harus melakukan tap kartu uang elektronik saat akan masuk gerbang tol.

    Bank Indonesia sebagai Otoritas Sistem Pembayaran menyambut baik sinergi dan koordinasi yang dilakukan bersama perbankan dan Hutama Karya selaku pengelola untuk kelancaran operasional jalan tol ini.

    Warsono mengingatkan, jika kartu uang elektronik juga tersedia di kantor-kantor perbankan maupun minimarket.

    Branch Manager Ruas Tol Baleno PT Hutama Karya Hanung Hanindito mengatakan terima kasih atas dukungan BI Jambi dan perbankan membantu menyediakan layanan tersebut sehingga memudahkan pengguna tol mendapatkan kartu uang elektronik.

    Dia mengatakan mulai 17 Oktober 2024 pengguna tol Baleno belum dikenakan tarif. Meski begitu, pengguna tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik pada mesin.

    Baca juga: 2.500 kendaraan lewati Tol Bayung Lencir-Tempino hari pertama operasi
    Baca juga: Tol Baleno Jambi siap uji layak fungsi sebelum diresmikan
     

    Pewarta: Tuyani
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Jokowi Targetkan Tol Trans Sumatera Tembus 1.100 Km Akhir Tahun Ini

    Jokowi Targetkan Tol Trans Sumatera Tembus 1.100 Km Akhir Tahun Ini

    Jakarta

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang target besar untuk menyambungkan Tol Trans Sumatera. Tahun ini, Jokowi menargetkan ada 1.100 kilometer (km) tol yang tersambung di Sumatera.

    Jokowi sejak 2015 sudah menginisiasi megaproyek tersebut. Sebelum itu, Sumatera belum pernah sama sekali memiliki tol.

    Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan rencana besar Tol Trans Sumatera dibangun dengan panjang hingga 2.994 km dan saat ini ditargetkan sampai akhir 2024 akan tersambung 1.100 km.

    “Jalan tol ini jadi bagian Trans Sumatera sepanjang 2.994 kilometer, dan kita harapkan sampai akhir tahun tol Sumatera sudah tembus di 1.100 kilometer,” beber Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Selasa (10/9/2024).

    Pada 2019, tol pertama di Sumatera akhirnya terwujud. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menjadi yang pertama diresmikan Jokowi.

    Dalam catatan detikcom, rencana besar Tol Trans Sumatera diatur dalam Peraturan Presiden nomor 42 tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden nomor 100 Tahun 2014 Tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera. Beleid ini diteken pada 25 Maret 2024 secara langsung oleh Jokowi. Dalam aturan tersebut disebutkan ada sekitar 24 ruas jalan tol yang bakal masuk dalam Jaringan Tol Trans Sumatera.

    PT Hutama Karya (Persero) ditugaskan untuk melakukan pengusahaan pada 24 ruas jalan tol tersebut. Disebutkan juga ada satu ruas tambahan yaitu Tol Palembang-Betung yang merupakan bagian dari ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang juga ditugaskan ke Hutama Karya.

    Pengusahaan yang ditugaskan kepada Hutama Karya meliputi pendanaan, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan atau preservasi.

    Dari total 24 tol yang masuk dalam megaproyek ini ditargetkan untuk selesai dalam 4 tahap. Dari semua tol yang ada, sekitar 16 ruas di antaranya ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2024. Tepatnya, seluruh 14 tol yang ada pada pembangunan tahap I dan dua ruas yang ada di tahap II.

    “Pengoperasian ruas jalan tol Tahap I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ruas Jalan Tol Betung (Sp. Sekayu)-Tempino-Jambi dan Jalan Tol Junction Pekanbaru-Bypass Pekanbaru (bagian dari ruas Jalan Tol Rengat-Pekanbaru) pada Tahap II sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf c dilaksanakan paling lambat bulan Desember tahun 2024,” tulis beleid tersebut.

    Rincian Tol Trans Sumatera:

    Tahap I

    a. ruas Tol Medan-Binjai;
    b. ruas Tol Palembang-Simpang Indralaya;
    c. ruas Tol Pekanbaru-Dumai
    d. ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
    e. ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang
    f. ruas Tol Pematang Panggang-Kayu Agung
    g. ruas Tol Kisaran-Indrapura
    h. Tol Kuala Tanjung-Indrapura-Tebing Tinggi-Pematang Siantar (bagian dari ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-lndrapura-Tebing Tinggi-Parapat)
    i. Tol Binjai-Pangkalan Brandan (bagian dari ruas Jalan Tol Binjai-Langsa)
    j. ruas Tol Sigli-Banda Aceh
    k. Tol Simpang Indralaya-Prabumulih (bagian dari ruas Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim)
    i. Tol Taba Penanjung-Bengkulu (bagian dari ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup- Bengkulu)
    m. Tol Sicincin-Padang (bagian dari ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-Bukit Tinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang)
    n. Tol Pekanbaru-Bangkinang-Koto Kampar (bagian dari ruas Jalan Tol Pekanbaru-Ban gkinang-Payakumbuh-Bukit Tinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang).

    Tahap II

    a. Tol Betung (Sp. Sekayu)-Tempino-Jambi;
    b. Tol Jambi-Rengat
    c. Tol Junction Pekanbaru- Bypass Pekanbaru (bagian dari ruas Jalan Tol Rengat-Pekanbaru)
    d. Tol Rengat-Junction Pekanbaru (bagian dari ruas Jalan Tol Rengat-Pekanbaru)
    e. Tol Pelabuhan Panjang-Lematang;
    f. Tol Palembang-Betung (bagian dari ruas Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung)
    g. Tol Pangkalan Brandan-Langsa (bagian dari ruas Jalan Tol Binjai-Langsa)
    h. Tol Payakumbuh-Sicincin (bagian dari ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-Bukit Tinggi-Padang Panjang- Lubuk Alung-Padang)
    i. Tol Pangkalan-Payakumbuh (bagian dari ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-BkTinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang)
    j. Tol Koto Kampar-Pangkalan (bagian dari ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-Bukit Tinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang).

    Tahap III

    a. ruas Tol Dumai-Sp. Sigambal-Rantau Prapat
    b. ruas Tol Rantau Prapat-Kisaran
    c. ruas Tol Langsa-Lhokseumawe
    d. ruas Tol Lhokseumawe-Sigli

    Tahap IV

    a. Tol Prabumulih-Muara Enim (bagian dari ruas Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim)
    b. Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau
    c. Tol Lubuk Linggau-Taba Penanjung (bagian dari ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu)
    d. Tol Pematang Siantar-Parapat (bagian dari ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Indrapura-Tebing Tinggi-Parapat)
    e. Tol Parapat-Tarutung-Sibolga
    f. Tol Batu Ampar-Muka Kuning-Bandara Hang Nadim.

    (hal/ara)

  • KPK Telisik Transaksi Jual Beli Lahan PT Sanitarindo Tangsel Jaya

    KPK Telisik Transaksi Jual Beli Lahan PT Sanitarindo Tangsel Jaya

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelisik transaksi jual beli lahan yang dilakukan Komisaris PT Sanitarindo Tangsel Jaya, Iskandar Zulkarnaen.

    Iskandar Zulkarnaen merupakan salah satu tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di sekitar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dilaksanakan PT Hutama Karya (Persero) tahun anggaran 2018–2020.

    Adapun PT Sanitarindo Tangsel Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti dan beralamat di Jalan Garuda Blok M Nomor 101 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

    Penyelisikan transaksi jual beli lahan itu dilakukan penyidik KPK ketika memeriksa tiga saksi pada Rabu (26/6/2024).

    Tiga saksi dimaksud yaitu Rudi Hartono, Notaris/PPAT; Ferry Irawan, Swasta (Staf Notaris/PPAT Rudi Hartono); dan Genta Eranda, Swasta (Staf Notaris/PPAT Rudi Hartono).

    “Bertiga ini ditanyakan terkait dengan transaksi jual beli lahan yang dilakukan tersangka IZ (Iskandar Zulkarnaen) dan PT STJ (Sanitarindo Tangsel Jaya),” kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto, dalam keterangannya, Rabu.

    Kemudian, penyidik KPK juga mendalami soal alas hak kepemilikan tanah para penjual.

    Hal tersebut didalami lewat saksi Nikolas Palinggi, PNS/Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Selatan.

    Ilustrasi lahan (Kontan/Krisantus Binsasi)

    Selain itu, KPK juga memeriksa enam petani yakni Abdul Rahman, Rohimi, Intanmas, Syamsul Bahri, Hasan Yusup, dan Jayadi; serta Dedi Manda selaku swasta dan Sahroni selaku mantan Kepala Desa Bakauheni 2015–2021.

    “Saksi ditanyakan tentang transaksi penjualan tanah mereka kepada tersangka IZ,” kata Tessa.

    Adapun 12 saksi diperiksa di Polres Lampung Selatan.

    KPK diketahui sedang mengusut perkara dugaan korupsi terkait pengadaan lahan di sekitar Jalan Tol Trans Sumatera yang dilaksanakan PT Hutama Karya tahun anggaran 2018–2020.

    Korupsi itu disinyalir merugikan keuangan negara hingga belasan miliar rupiah. 

    KPK menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menghitung besaran pasti dari kerugian dimaksud.

    Lembaga antirasuah telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini, yaitu mantan Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo; eks Kadiv Pengembangan Bisnis Jalan Tol PT Hutama Karya, M Rizal Sutjipto; dan Komisaris PT Sanitarindo Tangsel Jaya, Iskandar Zulkarnaen.

    Ketiga orang tersebut telah dicegah bepergian keluar negeri.

    Dalam pengusutan kasusnya, tim penyidik KPK telah menggeledah dua lokasi, yaitu kantor pusat Hutama Karya dan HK Realtindo, anak usaha PT Hutama Karya.

    Tim penyidik memperoleh dokumen-dokumen terkait pengadaan lahan yang diduga terkait perkara ini.

    Temuan dokumen tersebut di antaranya berisi item-item pengadaan yang diduga dilakukan secara melawan hukum. 

    Penyidik KPK juga melakukan penyitaan terhadap 54 lahan tanah dari tersangka Iskandar Zulkarnaen. Total ke-54 bidang tanah yang disita bernilai Rp150 miliar.

  • Hutama Karya Berikan Bantuan Korban Longsor di Agam Sumbar

    Hutama Karya Berikan Bantuan Korban Longsor di Agam Sumbar

    Padang (beritajatim.com) – PT Hutama Karya (Persero) bersama anak perusahaannya PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) bergerak cepat dalam membantu para korban musibah banjir dan tanah longsor di Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, pada 11 Mei 2024.

    Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan bahwa penyaluran bantuan senilai Rp 200 juta direalisasikan secara bertahap melalui koordinasi bersama pemerintah daerah setempat dan tim di lapangan yang terjun langsung untuk memastikan distribusi bantuan berjalan lancar dan tepat sasaran sejak Senin (13/5).

    “Mewakili perusahaan, bantuan yang mencakup berbagai kebutuhan pokok berupa sembako telah diserahkan pada posko bantuan di SDN 08 Kubang Duo, Koto Panjang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat oleh perwakilan karyawan HKI Proyek Tol Padang – Sicincin,” ujar Adjib.

    Lebih lanjut Adjib mengatakan bahwa selain kebutuhan pokok, Hutama Karya dan HKI juga mengirimkan bantuan dukungan infrastruktur berupa material bangunan dan alat berat excavator yang digunakan untuk membuka akses jalan, membersihkan sisa material longsor, dan mempercepat perbaikan infrastruktur di Kota Padang Panjang.

    “Sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat terdampak, kami telah menyalurkan sejumlah bantuan tambahan berupa matras tidur, selimut, pakaian, perlengkapan kebersihan pribadi, barang-barang esensial untuk keluarga, obat-obatan serta baju layak pakai untuk anak-anak dan dewasa di Kabupaten Tanah Datar,” ujar Adjib.

    Adjib kembali menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan komitmen Hutama Karya Group atas kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak terlebih lokasi bencana tersebut berdekatan dengan wilayah pembangunan Proyek Tol Padang – Pekanbaru, Seksi Padang – Sicincin.

    “Kami turut prihatin dengan bencana yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatra Barat dan berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat serta mendukung proses pemulihan pasca bencana,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya. (ted)

  • Hutama Karya Bantu Alat Berat untuk Korban Banjir dan Longsor di Padang Pariaman

    Hutama Karya Bantu Alat Berat untuk Korban Banjir dan Longsor di Padang Pariaman

    Padang (beritajatim.com) – Hutama Karya Bantu Alat Berat dan Relawan untuk Korban Banjir dan Longsor di Padang Pariaman Padang Pariaman, 11 Maret 2024 – PT Hutama Karya (Persero) bersama anak perusahaannya Hutama Karya Infrastruktur (HKI) bergerak cepat membantu korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

    Bantuan berupa alat berat dan relawan telah dikirimkan ke lokasi bencana.

    “Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Hutama Karya terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alam,” ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo.

    Bantuan yang diberikan Hutama Karya dan HKI melalui HK Peduli Sumatra Barat meliputi:

    2 Unit Excavator
    2 Unit Dump Truck
    2 Unit Water Tank
    3 Unit Hiab Crane
    1 Unit Tower Light

    Alat berat tersebut digunakan untuk membersihkan material longsor di Jalan Pariaman-Malalak, Kec. V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman yang merupakan jalan alternatif Padang-Bukittinggi.

    Selain alat berat, Hutama Karya dan HKI juga mengirimkan relawan untuk membantu proses evakuasi korban serta menormalisasi jalan yang tertutup puing-puing longsor.

    “Tim relawan dikerahkan agar bantuan dapat tiba lebih cepat karena lokasi bencana tersebut berjarak 9 km dari wilayah operasional perusahaan yakni proyek pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Sicincin-Lubuk Alung-Padang,” jelas Tjahjo.

    Berkat kerja sama yang baik dari berbagai pihak, kondisi terkini jalan Pariaman-Malalak pada Sabtu (9/3) pukul 00.38 WIB sudah bisa dilalui dan berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan sebagai jalur evakuasi serta penyaluran logistik.

    Banjir dan tanah longsor di Kabupaten Padang Pariaman terjadi akibat curah hujan deras yang terjadi pada Kamis (7/3) sore hingga Jumat (8/3) pagi. Hujan deras tersebut menyebabkan beberapa sungai yang melewati wilayah Kabupaten Padang Pariaman meluap dan memicu terjadinya longsor di beberapa lokasi. (ted)

  • Tarif Tol Pekanbaru Dumai 2025, Lengkap Semua Ruas

    Tarif Tol Pekanbaru Dumai 2025, Lengkap Semua Ruas

    PIKIRAN RAKYAT – Perjalanan darat dari Pekanbaru menuju Dumai kini semakin mudah berkat kehadiran jalan tol yang mempersingkat waktu tempuh. Tahun 2025, tarif tol di ruas ini terbagi dalam dua pilihan jalur dengan biaya dan durasi yang berbeda.

    Pemahaman mendalam mengenai tarif dan rute ini akan membantu menentukan jalur terbaik sesuai kebutuhan perjalanan.

    Dua Pilihan Jalur dengan Tarif Berbeda

    Perjalanan tol dari Pekanbaru ke Dumai menawarkan dua opsi utama. Jalur pertama melalui Arah Duri Utara, sementara jalur kedua menempuh Jalan Tol Pekanbaru Dumai secara langsung.

    Jalur Arah Duri Utara

    Perjalanan melalui jalur ini menawarkan tarif lebih ekonomis, yaitu Rp148.000 untuk kendaraan golongan I. Jarak tempuh mencapai 183 km dengan estimasi durasi perjalanan sekitar 3 jam 12 menit.

    Jalur Langsung Pekanbaru-Dumai

    Jalur ini lebih singkat dengan jarak tempuh 164 km dan durasi sekitar 2 jam 34 menit. Tarifnya lebih tinggi dibanding jalur pertama, yaitu Rp171.500 untuk kendaraan golongan I.

    Tarif Tol Pekanbaru-Dumai 2025 (Normal)

    Tol Pekanbaru Dumai terbagi ke dalam beberapa ruas dengan tarif yang disesuaikan berdasarkan golongan kendaraan.

    Golongan I

    Berikut rincian tarif normal untuk kendaraan Golongan I (sedan, jip, pick-up, truk kecil, dan bus):

    Pekanbaru – Minas (9,2 km): Rp13.000 Minas – Petapahan/Kandis Selatan (23,6 km): Rp33.500 Petapahan/Kandis Selatan – Kandis Utara (17,45 km): Rp23.500 Kandis Utara – Duri Selatan (23,95 km): Rp36.500 Duri Selatan – Duri Utara/Bathin Solapan (27 km): Rp41.000 Duri Utara/Bathin Solapan – Dumai (25 km): Rp47.000 Total tarif normal Golongan I: Rp194.500

    Golongan II & III

    Untuk Golongan II & III (truk besar dan kendaraan roda lebih dari dua sumbu):

    Total tarif: Rp294.750

    Golongan IV & V

    Untuk Golongan IV & V (truk besar dengan lebih dari tiga sumbu):

    Total tarif: Rp391.000 Diskon Tarif Tol 2025

    Menjelang arus mudik Lebaran 2025, PT Hutama Karya (Persero) menerapkan potongan tarif tol sebesar 20% di beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), termasuk Pekanbaru-Dumai. Diskon ini berlaku pada periode arus mudik dan balik demi memperlancar lalu lintas.

    Selain diskon, Hutama Karya juga memastikan kesiapan fasilitas penunjang, seperti penambahan mobile reader di gerbang tol untuk mempercepat transaksi, rest area fungsional, SPBU modular, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) guna mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

    Dengan informasi tarif yang lebih lengkap dan penambahan fasilitas, perjalanan di tol Pekanbaru-Dumai 2025 diharapkan lebih efisien dan nyaman bagi pengendara.

    Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Setelah Diskon 20% (Mudik Lebaran 2025)

    Sebagai bagian dari upaya mendukung kelancaran arus mudik, PT Hutama Karya memberikan potongan tarif tol sebesar 20%. Diskon ini berlaku pada tanggal 3 April 2025 (H-7 Lebaran) hingga 15 April 2025 (H+3 Lebaran). Berikut rincian tarif setelah diskon:

    Golongan I

    Pekanbaru – Minas: Rp10.400 Minas – Petapahan/Kandis Selatan: Rp26.800 Petapahan/Kandis Selatan – Kandis Utara: Rp18.800 Kandis Utara – Duri Selatan: Rp29.200 Duri Selatan – Duri Utara/Bathin Solapan: Rp32.800 Duri Utara/Bathin Solapan – Dumai: Rp37.600 Total tarif Golongan I setelah diskon: Rp155.600

    Golongan II & III

    Total tarif setelah diskon: Rp235.800

    Golongan IV & V

    Total tarif setelah diskon: Rp312.800 Fasilitas Tambahan Selama Periode Mudik

    Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, beberapa fasilitas tambahan juga disediakan selama masa mudik:

    140 unit mobile reader di gerbang tol untuk mempercepat transaksi. 32.208 kartu uang elektronik baru tersedia di gerbang tol dan rest area. Tambahan rest area fungsional di jalur Tol Padang-Sicincin dan Sigli-Banda Aceh. SPBU modular dan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di beberapa rest area.

    Dengan adanya potongan tarif tol sebesar 20%, perjalanan Pekanbaru-Dumai kini lebih hemat. Pengendara bisa memilih jalur sesuai kebutuhan, baik yang lebih cepat maupun lebih ekonomis. Pastikan saldo e-toll cukup sebelum berangkat agar perjalanan lebih lancar dan tanpa hambatan.

    Selamat menempuh perjalanan, semoga perjalanan lebih lancar, aman, dan nyaman!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News