Perusahaan: PT Bank Central Asia Tbk

  • Praktisi Bicara Pemicu Utama Error pada Mobile Banking, Serangan Siber?   – Halaman all

    Praktisi Bicara Pemicu Utama Error pada Mobile Banking, Serangan Siber?   – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG –  Dalam era digital yang semakin maju, mobile banking telah menjadi salah satu layanan perbankan yang paling banyak digunakan.

    Namun, tidak jarang pengguna mengalami kendala atau error saat mengakses aplikasi tersebut.

    Lantas, apa sebenarnya penyebab utama masalah ini? Apakah disebabkan oleh serangan siber atau kesalahan teknis internal?

    Praktisi IT Perbankan,  David Formula memberikan penjelasan tentang berbagai faktor yang menyebabkan masalah atau error pada mobile banking, baik dari sisi pengguna maupun sistem internal perbankan. 

    Menurut EVP Group Strategic IT BCA ini, ada beberapa pemicu utama yang dapat menyebabkan gangguan saat menggunakan aplikasi mobile banking yang dapat dibagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

    1. Kualitas Sinyal

    Sinyal yang buruk menjadi salah satu penyebab paling umum masalah pada mobile banking. Ketika kualitas sinyal tidak stabil, terutama pada saat transaksi, koneksi dapat terputus, yang mengakibatkan proses transaksi gagal.

    “Hal ini sering terjadi pada pengguna yang berada di area dengan sinyal jaringan yang tidak kuat.” katanya saat talkshow Cara BCA Mengantisipasi Berbagai Kejahatan Siber di sela-sela BCA Expoversary 2025 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (22/2/2025).

    2. Memori Penuh dan Cache Block

    Selain masalah sinyal, perangkat pengguna juga mempengaruhi performa aplikasi mobile banking.

    “Jika ponsel penuh dengan data atau memori hampir habis, sistem mobile banking akan mengalami kesulitan menyimpan data transaksi, karena cache memori penuh. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan optimal, atau bahkan mengalami hang,” katanya.

    3. Masalah pada Sistem Perbankan

    Pada sisi sistem perbankan, masalah juga bisa muncul karena kegagalan pada server atau perangkat keras.

    Misalnya, seperti yang dijelaskan oleh David, perangkat komputer atau server yang beroperasi tanpa henti selama waktu yang lama dapat mengalami overheating.

    “Proses ini bisa menyebabkan sistem macet, sama seperti saat kita bekerja terlalu lama dan tidak mendengar ketika orang lain berbicara,” katanya.

    Di BCA, mereka sudah memiliki prosedur untuk mengatasi hal ini, seperti melakukan peremajaan sistem dan pembaruan secara berkala untuk memastikan kelancaran operasional.

    4. Bug dalam Sistem

    Bugs atau kesalahan dalam pengkodean sistem juga menjadi pemicu error pada mobile banking.

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, pembaruan perangkat lunak (patching) sering kali menyebabkan ketidakcocokan antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya.

    “Misalnya, aplikasi mobile banking yang mungkin tidak kompatibel dengan pembaruan terbaru pada sistem operasi perangkat pengguna, sehingga menyebabkan error,” katanya.

    5. Keamanan dan Serangan Siber

    Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit, adanya potensi serangan siber atau upaya peretasan juga dapat menyebabkan gangguan pada aplikasi mobile banking.

    Serangan semacam ini bisa berupa serangan DDoS yang menargetkan server atau upaya peretasan yang menargetkan data nasabah.

    “Oleh karena itu, perbankan selalu memperbarui sistem mereka untuk menghadapi potensi ancaman dari dunia maya,” katanya.

    Sementara itu, EVP Contact Center & Digital Services BCA, Adrianus Wagimin  mengatakan, mengutamakan edukasi, inovasi, dan kolaborasi dalam mengatasi masalah mobile banking. 
    Salah satu langkah nyata yang diambil adalah mengurangi penggunaan link eksternal dalam komunikasi pemasaran dan lebih fokus pada interaksi langsung yang lebih aman.

    “Kami juga mengembangkan sistem Cyber Patrol yang memantau dan melindungi sistem dari potensi ancaman yang memungkinkan segera mengidentifikasi jika ada masalah pada transaksi atau aplikasi mobile banking, baik yang berasal dari sisi bank, nasabah, ataupun pihak ketiga seperti penyedia pulsa atau layanan lain yang terintegrasi,” katanya.

    Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam industri keuangan, termasuk lembaga lain, e-wallet, dan regulator dalam Indonesia Anti Scam Center untuk mengidentifikasi dan mengatasi penipuan yang melibatkan rekening nasabah.

    “Kolaborasi ini berperan penting dalam memitigasi risiko keamanan yang dapat memengaruhi nasabah,” katanya.

  • Kebijakan Trump yang Tak Terduga Picu Ketidakpastian di Pasar Global, Termasuk Indonesia – Halaman all

    Kebijakan Trump yang Tak Terduga Picu Ketidakpastian di Pasar Global, Termasuk Indonesia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kebijakan ekonomi dan perdagangan yang diambil Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, selama masa kepemimpinannya yang pertama (2016-2020) lalu telah menciptakan gelombang ketidakpastian di pasar global. 

    Kebijakan proteksionis yang diterapkannya, seperti peningkatan tarif impor dan perang dagang dengan China, tidak hanya memengaruhi perekonomian AS, tetapi juga berdampak signifikan pada negara-negara lain, termasuk Indonesia.

    Chief Economist Bank Central Asia (BCA), David Sumual mengatakan, kondisi pasar sangat erat kaitannya dengan liquidity, yang dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi dan kepercayaan (confidence) pelaku pasar. 

    “Ketika orang saling yakin satu sama lain dan confidence dalam melakukan transaksi, baik transaksi domestik maupun ekspor-impor, serta investasi langsung atau portofolio, liquidity akan meningkat,” ujarnya saat talkshow Market Outlook 2025: Trump Effect, Potensi Dagang, dan Peluang Indonesia di sela-sela BCA Expoversary 2025 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (22/2/2025). 

    Namun, kata dia kebijakan Trump yang seringkali tidak terduga dan berubah-ubah menciptakan ketidakpastian yang berdampak pada volatilitas pasar.

    David mengingatkan era Trump 1.0 (2016-2020), ketidakpastian yang berlangsung selama 1-2 tahun yang mengakibatkan melemahnya mata uang emerging market, termasuk rupiah.

    Juga  melemahnya mata uang Yuan yang sengaja dilakukan oleh China sebagai respons terhadap kebijakan AS dan terjadi tit for tat, tit for tat ini di mana yang Amerika menaikkan tarif dibalas lagi oleh Tiongkok dan seterusnya.

    “Dan kita berharap sebenarnya kali ini proses tit for tatnya tidak terjadi dan masuk ke meja perundingan dan pada akhirnya mereka bisa deal ya dari sisi kebijakan perdagangan maupun investasinya dari kedua belah atau pihaknya,” katanya.

    David melihat di semester pertama kemungkinan besar masih penuh dengan ketidakpastian dan suatu waktu market memang akan bergerak sesuai dengan news yang muncul. 

    “Seperti contoh 2 minggu lalu Trump mengatakan di hari Sabtu ya 2 minggu lalu itu dia akan menerapkan 25 persen tarif untuk Meksiko dan Kanada tapi beberapa hari kemudian di hari Rabu saya gak tau Trump malamnya mimpi apa gitu ya, di cancel gitu ya hanya 10 persen  jadi untuk Tiongkok yang lainnya ditunda selama 1 bulan,” katanya.

    Nah ini yang seperti kebijakan-kebijakan yang sifatnya berubah-ubah ini tentunya akan membuat pasarnya juga akan bergerak cukup volatile gitu ya dan ini salah satu isu yang pasti akan diikuti terus oleh pasar karena dampak ke sektorilnya akan cukup besar. 

    “Indonesia tidak bisa lepas dari itu ya jadi kenapa sekarang juga kelihatan kebanyakan juga market sedikit switching ya ke fixed asset salah satunya ataupun mencoba mengamankan mungkin profitnya sementara waktu cari yang lebih safe haven gitu ya nah ini juga ada kaitannya dengan itu,” katanya.

    Selama dealnya belum tercapai, kata dia artinya juga pertumbuhan ekonomi globalnya masih belum akan pulih masih relatively flat dan kita berharap sebenarnya ada terobosan-terobosan juga dari sisi kebijakan di dalam negeri juga bisa.

    Head of Research BCA Sekuritas, Andre Benas menyoroti peran China dalam menghadapi kebijakan Trump.

    Menurutnya, China saat ini lebih siap dan matang dalam menghadapi tekanan perdagangan dari AS.

    “China tidak hanya fokus pada AS, tetapi juga memperluas trade surplus-nya ke berbagai belahan dunia, seperti Afrika, India, Amerika Latin, dan Asia,” ujarnya.

    Benas juga menekankan pentingnya teknologi dalam menentukan arah ekonomi global ke depan.

    “Revolusi industri yang dipicu oleh teknologi seperti AI, renewable energy, robotik, dan quantum computing akan menjadi penggerak utama ekonomi global,” paparnya.

    Ia optimis bahwa fokus China pada teknologi dalam rencana lima tahun ke depan (2020-2025) akan memberikan dampak positif bagi perekonomian global.

    Di tingkat domestik, Benas melihat beberapa sektor yang memiliki daya tahan dan potensi pertumbuhan di tengah ketidakpastian global.

    “Sektor properti, terutama perumahan, serta sektor jasa yang terkait, akan menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia,” ujarnya.

    Selain itu, program pemerintah seperti MBG (Makanan Berbasis Gizi) dan hilirisasi juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor-sektor terkait, seperti transportasi, logistik, dan kemasan.

    Digitalisasi juga menjadi sektor yang berkembang pesat di Indonesia, tidak hanya di sektor finansial tetapi juga non-finansial seperti e-commerce dan layanan on-demand.

    “Perkembangan digitalisasi memberikan efek beruntun pada sektor pendukung seperti logistik dan transportasi,” tambah Benas.

    Namun, ia mengingatkan perlunya kewaspadaan terhadap crowding (kelebihan pemain) di sektor-sektor tersebut, yang dapat memicu konsolidasi di masa depan.

    Benas juga menyoroti peluang Indonesia dalam menghadapi pergeseran ekonomi global, terutama dengan fokus China yang mulai beralih dari low manufacturing ke ekonomi yang lebih maju. 

    “Indonesia memiliki potensi untuk mendapatkan spillover effect dari pergeseran ini, terutama jika mampu menarik investasi asing langsung (FDI) ke sektor manufaktur,” ujarnya.

    Dengan upah yang masih relatif rendah dan kebijakan pemerintah yang mendukung, Indonesia dapat menjadi destinasi menarik bagi investasi manufaktur. (*)

  • Rayakan HUT ke-68, BCA Gelar Expoversary 2025 Hadirkan Promo Spektakuler

    Rayakan HUT ke-68, BCA Gelar Expoversary 2025 Hadirkan Promo Spektakuler

    Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA Expoversary 2025. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-68.
     
    BCA Expoversary 2025 berlangsung secara offline di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, pada 20-23 Februari 2025, serta secara online melalui website https://expo.bca.co.id mulai 20 Februari hingga 31 Maret 2025.
     
    Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja secara resmi membuka acara ini, didampingi oleh jajaran direksi BCA, termasuk Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA Hendra Lembong, Direktur BCA Santoso, Direktur BCA Haryanto T. Budiman, serta Ketua Panitia BCA Expoversary 2025 yang juga menjabat sebagai Direktur BCA Finance, Petrus Karim.
     
    “BCA Expoversary 2025 hadir sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah setia kami. Acara ini menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan melalui promo spesial, termasuk suku bunga KPR yang kompetitif, diskon menarik, serta beragam produk dari mitra bisnis kami,” ujar Jahja Setiaatmadja dalam sambutannya pada Kamis, 20 Februari 2025.
     
    Promo dan penawaran menarik

    Sejumlah penawaran dan promo menarik dihadirkan dalam ajang ini. Sepanjang acara, pengunjung dapat menikmati berbagai promo spektakuler, mulai dari gadget, peralatan rumah tangga, fashion, kecantikan, hingga produk lokal dari UMKM binaan Bakti BCA dan BCA Bangga Lokal.

    Salah satu promo unggulan adalah suku bunga KPR BCA sebesar 2,68 persen eff.p.a fix 3 tahun dengan penempatan sejumlah dana, biaya provisi 0,68 persen, serta diskon biaya administrasi 50 persen dan bunga 2,88 persen flat p.a. tenor 2 dan 3 tahun. Selain itu, program DP 0% juga tersedia untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Sepeda Motor (KSM) BCA.
     
    Nasabah juga bisa menemukan berbagai pilihan properti dari 21 developer secara offline. Pengunjung juga bisa mencari properti idaman secara online pada lebih dari 362 proyek dari 168 developer, 96 kantor property agent, dengan lebih dari 1.891 listing property yang tersebar di berbagai kota besar.
     
    Untuk sektor otomotif, tersedia berbagai kendaraan dari merek ternama seperti Mercedes-Benz, BMW, Lexus, Toyota, Honda, hingga kendaraan listrik dari BYD dan Great Wall. Sepeda motor dari merek seperti Honda, Yamaha, BMW Motorrad, Ducati, dan Harley-Davidson juga hadir dengan berbagai penawaran menarik.
     
     

     
    Selain itu, pemegang kartu kredit BCA berkesempatan mendapatkan diskon hingga Rp1,68 juta untuk produk gadget dan elektronik, serta promo eksklusif untuk kebutuhan perjalanan melalui Astindo Travel AFair.
     
    Kemudahan transaksi dan solusi perbankan
    Nasabah BCA yang menghadiri BCA Expoversary 2025 offline dapat menggunakan sistem pembayaran seamless melalui aplikasi myBCA dan BCA mobile. Pengunjung dapat memanfaatkan beberapa pilihan pembayaran, mulai dari kartu debit BCA, kartu kredit BCA, hingga QRIS BCA. Beragam solusi perbankan juga bisa diraih pengunjung BCA Expoversary 2025, mulai dari pembukaan rekening, pembuatan kartu kredit BCA, dan lainnya.
     
    BCA juga menyuguhkan berbagai penawaran khusus bagi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas di BCA Expoversary 2025, di antaranya diskon 50 persen biaya admin KPR, diskon 0,5 persen biaya provisi KPR, biaya admin khusus KKB, bunga spesial dan pre-approved KSM BCA dengan harga maksimal Rp200 juta, tambahan unit penyertaan reksa dana hingga Rp17,5 juta untuk pembelian produk investasi, penawaran menarik dari para mitra pengembang perumahan, serta diskon 15 persen asuransi perjalanan dan hemat biaya own risk kendaraan BCA Insurance.
     
    Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas dapat memperluas koneksi dengan sesama pebisnis di lounge BCA Solitaire dan Prioritas yang menghadirkan beragam fasilitas dan penawaran dari mitra bisnis berbagai sektor. Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas yang melakukan pembelian rumah dan kendaraan selama BCA Expoversary 2025 juga berkesempatan mendapatkan hadiah hingga ratusan juta rupiah.
     
    Dukungan untuk UMKM dan produk lokal
    Sebagai bagian dari komitmen terhadap pengembangan UMKM, BCA turut menghadirkan produk unggulan dari Desa Bakti BCA dan UMKM Binaan Bakti BCA di area Bakti BCA. Pelibatan Desa Bakti BCA dan UMKM Binaan Bakti BCA merupakan bentuk komitmen BCA terhadap individu, komunitas, dan lingkungan untuk mendukung peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, sehingga dapat berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

    Beragam produk lokal, seperti batik dari Kampung Batik Gemah Sumilir Pekalongan, kopi dari Doesoen Kopi Sirap Semarang, serta kain tenun dari Baduy dan Timor Tengah Selatan, turut dipamerkan. Pengunjung juga berkesempatan mencoba nail art dan riasan wajah oleh Sahabat Disabilitas tersertifikasi, lulusan program ‘Make Up Class with BCA’ Bakti BCA.
     
    BCA juga memberikan panggung bagi ratusan merek lokal melalui program BCA Bangga Lokal, dengan menghadirkan brand seperti Compass, Kanky, HMNS, Botanical Essentials, Bagasi, dan Miwa Pattern.
     
    “Kami harap Anda dapat menikmati berbagi promo dan penawaran menarik yang dihadirkan pada BCA Expoversary 2025, dan merasakan kebahagiaan mendapatkan rumah, mobil, produk impian Anda, dan berbagai kuliner yang kami sediakan,” kata Ketua Panitia BCA Expoversary 2025 dan Direktur BCA Finance Petrus Karim.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Virtual Account DANA, Contoh, Fungsi, dan Cara Top Up

    Virtual Account DANA, Contoh, Fungsi, dan Cara Top Up

    Jakarta

    Virtual Account DANA merupakan metode pembayaran dari dompet digital DANA untuk melakukan transaksi. Dengan VA tersebut, memungkinkan pengguna dengan melakukan top up (isi saldo) berbagai transaksi non-tunai lainnya.

    Secara umum, kode virtual account DANA terdiri dari 4-5 digit angka dan diikuti dengan nomor HP yang terdaftar di akun DANA.

    Misal bagi nasabah BCA maka kode virtual account DANA akan diawali 3901 diikuti nomor telepon. Contoh 3901 (083823378496). Sementara, bagi nasabah bank Mandiri akan diawali dengan nomor 89506 ditambah dengan nomor DANA yang terdaftar. Contoh:

    Cara Top UP DANA

    Dikutip dari laman resmi DANA Indonesia, berikut adalah beberapa cara untuk top up akun DANA:

    1. Top Up DANA lewat Transfer Bank

    Buka aplikasi dan masuk akun DANA kamu.Pilih menu “Top Up” pada halaman utama.Klik opsi “Bank Transfer”.Pilih bank yang kamu gunakan. Contohnya BRI, BNI, BCA, Mandiri, atau bank lainnya.Nantinya, akan ada nomor virtual account DANA yang tertampi. Catat atau salin nomor VA tersebut.Buka aplikasi mobile banking atau internet banking yang digunakan.Pilih menu “Transfer”.Masukkan nomor virtual account DANA yang telah dicatat.Masukkan nominal top up dan konfirmasikan transaksi.Saldo Dana akan terisi jika setelah transaksi selesai.

    2. Top Up DANA lewat Minimarket

    Kunjungi minimarket atau gerai retail terdekat.Informasikan ke kasir kalau kamu ingin top up saldo DANA.Berikan nomor HP yang terdaftar pada akun DANA.Tentukan jumlah top up yang diinginkan.Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang diinginkan.Tunggu sampai kasir memproses transaksi. Jika berhasil, saldo DANA akan bertambah sesuai nominal yang diisi.

    3. Top Up DANA lewat ATM

    Kunjungi ATM terdekatMasukkan kartu ATM dan PIN kamu.Pilih menu “Transfer” atau “Pembayaran” (pada menu yang tersedia di ATM bisa berbeda).Pilih opsi “Virtual Account”Masukkan nomor virtual account DANA yang tercantum di aplikasi.Masukkan jumlah top up yang diinginkan.Konfirmasikan transaksi.Jika berhasil, Saldo DANA akan terisi setelah transaksi selesai.

    4. Top Up DANA lewat E-Commerce

    Buka aplikasi e-commerce yang telah bekerja sama dengan DANA.Pilih “Top Up” atau “Isi Saldo” pada menu di aplikasi tersebut.Pilih “DANA” sebagai metode pembayaran.Masukkan nomor HP yang terdaftar pada akun DANA lamu.Masukkan jumlah top up yang diinginkan.Lakukan pembayaran sesuai dan instruksi yang dimintaProses top up saldo DANA selesai, nantinya saldo akan terisi setelah pembayaran berhasil.

    (khq/fds)

  • Makin Mudah, Ajukan QRIS untuk Merchant BCA via Aplikasi

    Makin Mudah, Ajukan QRIS untuk Merchant BCA via Aplikasi

    Jakarta: Digitalisasi telah membawa banyak kemudahan dalam transaksi keuangan. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah salah satu inovasi yang mempermudah pembayaran di berbagai sektor.
     
    QRIS membuat masyarakat dengan mudah melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode QR melalui aplikasi dompet digital atau mobile banking. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengapresiasi kehadiran QRIS yang dapat diterima di kalangan masyarakat.
     
    “Kita lihat sejak zaman pandemi, QRIS membantu banget dan itu sebabnya BCA sangat komit untuk mendorong pertumbuhan transaksi, khususnya QRIS,” ujar VP Pengembangan Solusi Kerja Sama dan Transaksi Perbankan BCA, Liyanni Lie dalam talk show “Dukungan BCA dalam Pertumbuhan Bisnis dan Digitalisasi UMKM”.
    QRIS di aplikasi merchant BCA
    Dalam mendukung digitalisasi UMKM, BCA menyediakan solusi QRIS melalui aplikasi Merchant BCA. Faktor ini didasari oleh persepsi masyarakat perlu datang ke bank saat mengajukan merchant.

    “Untuk usaha mereka, persepsi mereka untuk datang ke bank itu sudah hustle, sehingga ketika kita mulai memudahkan buka rekening aplikasi myBCA. Mau ajukan merchant tak perlu ke cabang cukup download (aplikasi),” jelas Liyanni.
     
    Melalui kehadiran aplikasi tersebut, setidaknya tiga dari empat orang sudah apply menjadi Merchant BCA.
     
    “Dengan solusi digital, saya amaze banget dengan angka minimum tiga dari empat orang itu apply menjadi Merchant BCA setelah dulu (hanya) satu dari empat agak susah dan mereka maunya ke (kantor) cabang,” ungkap dia.
     
    Tahun ini, jumlah merchant BCA yang aktif sekitar 275 ribu. Terdapat 60 persen di antaranya berupa UMKM makanan dan minuman. (Theresia Vania Somawidjaja)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (KIE)

  • UMKM Indonesia Makin Melek Digital, BCA Siap Operasikan QRIS Tap – Page 3

    UMKM Indonesia Makin Melek Digital, BCA Siap Operasikan QRIS Tap – Page 3

    Selain menyediakan layanan QRIS Tap, ia menuturkan bahwa Bank Indonesia juga berupaya untuk memberikan lebih banyak kemudahan kepada masyarakat dalam penggunaan QRIS dengan menurunkan Merchant Discount Rate (MDR) dari 0,4 persen menjadi 0 persen.

    MDR adalah biaya yang dikenakan kepada pemilik usaha atau merchant setiap dilakukan pembayaran non-tunai, termasuk menggunakan QRIS, yang diterapkan oleh penyedia layanan pembayaran sebagai biaya operasional.

    “Kami akan menurunkan MDR untuk QRIS di BLU, Badan Layanan Umum, dan PSO (Public Service Obligation/Kewajiban Pelayanan Publik). Ini merupakan bentuk keberpihakan Bank Indonesia untuk mendukung program pemerintah, khususnya untuk meningkatkan atau perbaikan layanan umum,” kata Filianingsih.

    Ia menyatakan bahwa sejumlah layanan umum yang mendapatkan penurunan MDR antara lain layanan rumah sakit, tempat wisata, pendidikan, pengelolaan dana pendidikan, pos, serta transportasi umum, termasuk MRT, KRL, dan Damri.

    “Kebijakan skema harga QRIS untuk kriteria merchant Badan Layanan Umum dan Public Service Obligation dari 0,4 persen menjadi 0 persen akan berlaku mulai 14 Maret 2025, bersamaan dengan launching QRIS Tap,” imbuhnya.

  • Cara Wuling Tetap Eksis Dalam Persaingan Kendaraan Listrik

    Cara Wuling Tetap Eksis Dalam Persaingan Kendaraan Listrik

    Jakarta

    Persaingan kendaraan listrik di Indonesia semakin panas, terbukti kini banyak brand yang berkompetisi untuk bisa menghadirkan kendaraan listrik terbaik. Menanggapi hal tersebut, Wuling Motors sebagai salah satu brand pertama yang menjual kendaraan listrik, tidak berpangku tangan.

    Dijelaskan untuk bisa menjadi pilihan masyarakat, khusus untuk pecinta kendaraan listrik, berbagai berbagai strategi diterapkan salah satunya dengan terus menggelar event diberbagai kesempatan, dan memberikan promo menarik, bahkan bunga 0% hingga 2 tahun diterapkan untuk konsumen Wuling.

    “Kami sangat senang bisa hadir kembali di BCA Expoversary. Pameran ini menjadi wadah kami untuk memperluas jangkauan pasar dengan kolaborasi bersama bank BCA dan juga memudahkan konsumen dalam kepemilikan mobil Wuling. Hal ini selaras dengan semangat ‘Wuling Dibangun Di Indonesia Untuk Anda’,” ucap Regional Sales Manager Wuling Motors, Fariz Adinata Ramadhani.

    Wuling Motors (Wuling) berpartisipasi dalam ajang yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City dari 20-23 Februari 2025, Wuling menempati booth seluas 504 meter persegi di Hall 5. Di booth ini para pengunjung dapat melihat langsung berbagai produk inovatif Wuling termasuk 2 lini produk mobil listrik terbaru.

    Di booth Wuling, pengunjung tidak hanya dapat melihat produk unggulan, tetapi juga mencoba langsung melalui fasilitas test drive serta menikmati berbagai penawaran menarik yang tentunya sayang untuk dilewatkan,” Fariz menambahkan.

    Pada area test drive, total ada 4 (empat) unit kendaraan Wuling disediakan agar pengunjung dapat merasakan pengalaman berkendara langsung, baik BinguoEV, Air ev, Cloud EV, dan Alvez.

    Wuling turut menghadirkan berbagai penawaran menarik bagi pembeli mobil listrik selama pameran berlangsung. Penawaran tersebut meliputi uang muka ringan mulai dari Rp 18 juta, bunga 0% untuk periode hingga 2 tahun pada pembelian model Almaz dan BinguoEV. Selain itu, pembelian Air ev dan BinguoEV juga mendapatkan keuntungan berupa asuransi gratis, serta kesempatan memperoleh voucher belanja jutaan rupiah.

    Wuling memperkenalkan varian baru Wuling Air EV dan Wuling Cloud EV, Jakarta, Kamis (13/2/2025). Foto: Agung Pambudhy

    Promo menarik lainnya ditujukan bagi pelanggan yang membeli Wuling EV ABC Stories. Konsumen bisa mendapatkan garansi seumur hidup untuk tiga komponen inti kendaraan listrik, gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 15,5 tahun atau 155.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu), serta perangkat home charging 7 kW AC lengkap dengan instalasinya tanpa biaya. Tidak hanya itu, untuk pembelian Air ev dan BinguoEV juga disertai gratis asuransi gratis, lalu gratis DC Adapter untuk BinguoEV dan Cloud EV, serta voucher listrik senilai Rp 2 juta untuk Air ev dengan pemakaian selama 1 tahun.

    Wuling juga menawarkan keuntungan lebih untuk model Almaz dan Alvez. Kedua model tersebut dijamin memiliki nilai jual kembali sebesar 70% pada tahun ketiga kepemilikan, disertai layanan perawatan berkala gratis hingga 8 tahun atau 100.000 km (mana yang lebih dulu tercapai). Khusus untuk New Almaz RS Hybrid, terdapat tambahan garansi seumur hidup untuk tiga komponen utama sistem hybrid.

    Wuling juga menggelar program lucky dip bagi pengunjung yang melakukan transaksi. Hadiah menarik yang bisa dimenangkan antara lain Xiaomi Smart Band, E-Wallet senilai Rp500.000, Smart TV 32″, Huawei Matepad SE 11″, Gold Bar hingga 10 gram, serta Samsung Galaxy S24 Ultra. Terdapat pula kesempatan memenangkan grand prize spesial, yakni 1 unit BinguoEV dan penawaran diskon hingga 50% untuk unit BinguoEV. Semua promo Wuling hanya berlaku pada event tersebut dan tentunya berlaku syarat dan ketentuan ya detikers.

    (lth/dry)

  • KPR BCA Bunga 2,68 Persen hingga Diskon Gadget Rp1,68 Juta, Simak Deretan Promo BCA Expoversary 2025 – Halaman all

    KPR BCA Bunga 2,68 Persen hingga Diskon Gadget Rp1,68 Juta, Simak Deretan Promo BCA Expoversary 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Hall luas dengan sistem pencahayaan yang apik, penampilan Rossa mewarnai panggung, dan Zeppelin melayang di dalam ruangan, menjatuhkan balon-balon berisikan promo spesial.

    Begitulah impresi yang dirasakan Tribunnews.com saat menghadiri Opening Ceremony BCA Expoversary 2025 yang diadakan secara offline di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Kamis (20/2).

    Perhelatan BCA Expoversary 2025 dibuka langsung oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja bersama Wakil Presiden Direktur BCA, Armand Hartono; Wakil Presiden Direktur BCA, Hendra Lembong; Direktur BCA, Santoso; Direktur BCA, Haryanto T. Budiman; dan Ketua Panitia BCA Expoversary 2025 sekaligus Direktur BCA Finance, Petrus Karim.

    Agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangka perayaan HUT ke-68 PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) ini, hadir sebagai wujud apresiasi kepada para nasabah yang senantiasa mempercayakan dan mendukung BCA hingga sekarang.

    “Dalam rangka ulang tahun BCA yang ke-68, kami menghadirkan BCA Expoversary untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah tercinta. Produk-produk yang kami pilih, mulai dari developer, dealer, hingga merchant, telah dikurasi agar benar-benar bermanfaat dan terjamin kualitasnya,” kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dalam sambutannya di Opening Ceremony BCA Expoversary 2025, Kamis (20/2).

    Presiden Direktur BCA ini juga mengatakan bahwa produk-produk yang dihadirkan oleh BCA bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Jahja menambahkan, produk konsumen adalah ujung tombak untuk mendongkrak perekonomian Indonesia ke depannya.

    “Meski yang kami hadirkan adalah kredit untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun dampaknya bisa meningkatkan produktivitas para produsen. Misalnya, jika KPR BCA laku, maka industri seperti pembuatan kaca, genteng, toiletries, dan sebagainya tentu akan ikut bergerak,” papar Jahja dalam Press Conference yang digelar usai Opening Ceremony, Kamis (20/2).

    Hadirkan promo spesial dengan suku bunga terjangkau

    Selama BCA Expoversary 2025, pengunjung berkesempatan memperoleh penawaran menarik untuk pembelian gadget, home appliances, fashion, beauty, travel, hingga produk lokal buatan UMKM binaan Bakti BCA dan BCA Bangga Lokal.

    “Tahun ini, ada 21 brand mobil, 21 developer, 26 brand sepeda motor, bahkan lebih dari 100 merchant BCA yang berpartisipasi. Semua brand yang ada di hall 1 sampai dengan hall 10, semuanya sudah dikurasi sehingga dengan berani kami persembahkan bagi para nasabah, bersamaan dengan produk dan penawaran terbaik dari BCA,” papar Petrus Karim selaku Ketua Panitia sekaligus Direktur BCA Finance dalam sambutannya, Kamis (20/2).

    Terdapat sejumlah promo dan penawaran spesial yang disediakan BCA mulai dari untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Sepeda Motor (KSM), hingga beragam produk unggulan Solusi BCA.

    Salah satu penawaran spesial yang diberikan adalah suku bunga KPR BCA 2,68 persen eff.p.a fixed 3 tahun dengan penempatan sejumlah dana., biaya provisi 0,68 persen, dan diskon biaya administrasi 50 persen.

    Nasabah dapat menemukan beragam pilihan hunian impian dari 21 developer yang hadir di ICE BSD City. Selain itu, tersedia lebih dari 1.891 listing properti dari 168 developer dan 96 kantor property agent, yang mencakup 362 proyek di berbagai kota besar, juga bisa diakses secara online oleh para pengunjung.

    Bagi nasabah yang ingin menjelajahi tahun 2025 dengan kendaraan baru, BCA menawarkan bunga 2,88% flat p.a. tenor 2 dan 3 tahun, serta program DP 0% untuk KKB BCA. 

    Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait penawaran KKB BCA ini, Anda bisa mengunjungi Virtual Mall https://kreditkerenbanget.com/. 

    Ada berbagai kendaraan idaman dari 21 merek mobil ternama yang hadir dalam BCA Expoversary 2025. Diantaranya adalah Mercedes-Benz, BMW, Lexus, Hyundai, Toyota, Honda, Mitsubishi, Mazda, hingga kendaraan listrik dari BYD, Great Wall, dan lainnya. 

    Selain itu, BCA juga menghadirkan program DP 0% untuk kredit sepeda motor. Terdapat 26 merek ternama yang hadir dalam pameran tahunan ini diantaranya Honda, Yamaha, BMW Motorrad, Harley-Davidson, Ducati, Kawasaki, Vespa, dan lainnya. 

    Lebih dari itu, BCA juga memberikan diskon produk gadget dan elektronik hingga Rp1,68 juta bagi pengguna kartu kredit BCA, serta promo travel dengan cashback Rp680 ribu yang berlaku di seluruh travel agent Astindo Travel FaAir. 

    Petrus mengatakan, nasabah BCA yang menghadiri BCA Expoversary 2025 offline dapat menggunakan sistem pembayaran seamless melalui aplikasi myBCA dan BCA mobile. 

    Pengunjung dapat memanfaatkan beberapa pilihan pembayaran, mulai dari kartu debit BCA, kartu kredit BCA, hingga QRIS BCA.

    Khusus nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, perseroan juga menyediakan sejumlah penawaran khusus, di antaranya diskon 50% biaya admin KPR, diskon 0,5% biaya provisi KPR, biaya admin khusus KKB, serta bunga spesial dan pre-approved KSM BCA dengan harga maksimal Rp200 juta.

  • Konsekuensi Terbitkan SBN Perumahan, Defisit APBN Berpotensi Melebar

    Konsekuensi Terbitkan SBN Perumahan, Defisit APBN Berpotensi Melebar

    Bisnis.com, JAKARTA — Rencana pemerintah untuk menerbitkan SBN Perumahan menghadapi konsekuensi pelebaran defisit APBN 2025.

    Hal tersebut sangat mungkin terjadi apabila penerbitan tergolong baru, alias di luar rencana penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) tahun ini yang senilai Rp642,56 triliun.

    Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) David Sumual menyampaikan bahwa penerbitan SBN baru secara otomatis akan mengubah postur APBN 2025—baik dari sisi belanja, pendapatan, maupun pembiayaan.

    “Kalau penerbitan baru, artinya postur APBN berubah,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (21/2/2025). 

    Belum adanya kejelasan mengenai SBN perumahan ini pun membuat David turut mempertanyakan mekanisme maupun jumlah SBN yang akan pemerintah terbitkan untuk membiayai program 3 juta rumah.

    Termasuk tak adanya informasi apakah penerbitan SBN tersebut hanya akan mengurangi rencana issuance SBN senilai Rp642,56 triliun.

    Belum lagi, kekhawatiran akan defisit yang semakin lebar disampaikan oleh Ketua Komite IV DPD RI Ahmad Nawardi karena penerimaan pajak diramal tidak akan capai target dan berdampak pada pembiayaan yang meningkat.

    Sebelumnya, rencana penerbitan SBN Perumahan muncul usai Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait, Wakil Menteri BUMN Dony Oskaria, dan Ketua Komisi XI DPR M. Misbhakun serta jajaran bank Himbara rapat di Kantor Kemenkeu. 

    Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa APBN akan mendukung masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa mempunyai rumah pribadi.

    Dalam rangka memaksimalkan upaya tersebut, Kementerian Keuangan pun berencana menerbitkan surat utang demi target tiga juta rumah dapat tercapai.

    “Kami hari ini juga berdiskusi untuk meningkatkan kemampuan dalam mendukung MBR ini, dengan penerbitan surat berharga negara [SBN] perumahan,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis (20/2/2025).

    Pada kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan bank sentral juga turut akan menyukseskan pembiayaan program perumahan rakyat pemerintah. Salah satu caranya, dengan membeli SBN yang akan diterbitkan Kementerian Keuangan di pasar sekunder.

    Di mana pada tahun ini, BI rencananya akan membeli SBN di pasar sekunder senilai Rp150 triliun dan berpotensi lebih besar. 

    Melihat postur APBN 2025 dengan belanja senilai Rp3.621,3 triliun dengan target pendapatan sejumlah Rp3.005,1 triliun.

    Sementara defisit anggaran ditargetkan sebesar 2,53% atau senilai Rp616,2 triliun untuk menutup kebutuhan belanja pemerintah.

    Di sisi lain, kekhawatiran penambahan defisit tersebut terjadi di tengah Presiden Prabowo Subianto melakukan penghematan besar-besaran.

    Adapun, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Suminto belum menanggapi pertanyaan Bisnis, terkait rencana penerbitan SBN Perumahan. 

  • BCA Hadirkan Fitur Baru Mudahkan Transaksi Digital, Apa Itu?

    BCA Hadirkan Fitur Baru Mudahkan Transaksi Digital, Apa Itu?

    Jakarta: Di tengah pesatnya tren transaksi digital, Bank Central Asia (BCA) terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru pada layanan BCA Mobile dan internet banking. 
     
    Langkah ini diambil guna mengakomodasi lonjakan transaksi digital yang terjadi sepanjang 2024.
    Transaksi digital melonjak
    Sepanjang 2024, frekuensi transaksi digital di BCA mencapai 31,6 miliar, mengalami pertumbuhan sebesar 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
     
    Melansir Antara, Jumat, 21 Februari 2025, Direktur BCA, Santoso, dalam acara BCA Expoversary di ICE BSD, Tangerang, mengungkapkan bahwa tren ini didorong oleh meningkatnya penggunaan gadget, terutama di kalangan Generasi Z, yang kini menjadi pengguna dominan transaksi digital.

    “Tahun lalu, frekuensi transaksi mencapai 31,6 miliar untuk mobile dan internet banking. Ada pertumbuhan sebesar 24 persen dalam layanan ini. Pastinya kami akan lakukan peningkatan di tahun ini,” kata Santoso.
     
    Menurutnya, perubahan layanan ini akan sangat signifikan, terutama dari Generasi Z yang semakin banyak menggunakan layanan digital. 
     
    Dampaknya juga terasa pada generasi lainnya karena transaksi menjadi lebih cepat dan mudah.
     

    Penambahan layanan BCA
    Saat ini, jumlah pengguna layanan digital BCA telah menyentuh angka 32 juta customer. 
     
    Untuk menjawab kebutuhan mereka, BCA berencana menambahkan fitur multi-currency serta berbagai kemudahan transaksi lainnya.
     
    Bahkan, pada Maret 2025, BCA akan berkolaborasi dengan Bank Indonesia untuk meluncurkan QR Code dengan sistem TAP. Teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran hanya dengan menempelkan ponsel ke perangkat yang mendukung QR TAP, sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan cepat.
     
    “Ini inisiatif Bank Indonesia dan BCA siap menunggu program ini yang pasti akan berdampak pada kemudahan dan sinkronkan dengan di BCA mobile. Kita juga akan memberikan layanan tambahan lainnya secara digital,” ujar Santoso.
     
    Jadi, pastikan kamu terus update dan nikmati berbagai kemudahan layanan digital dari BCA!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)