Perusahaan: PT Bank Central Asia Tbk

  • Konsensus Ekonom Ramal Surplus Dagang RI Turun ke US,8 Miliar pada Oktober 2025

    Konsensus Ekonom Ramal Surplus Dagang RI Turun ke US$3,8 Miliar pada Oktober 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Konsensus ekonom memproyeksikan surplus neraca perdagangan Indonesia akan berlanjut pada Oktober 2025 atau 66 bulan secara beruntun. Kendati demikian, surplus diproyeksikan akan menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

    Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan kinerja neraca perdagangan Indonesia selama Oktober 2025 pada Senin (1/12/2025) esok.

    Berdasarkan konsensus proyeksi 18 ekonom yang dihimpun Bloomberg, nilai tengah (median) surplus neraca perdagangan pada Oktober 2025 diproyeksikan sebesar US$3,80 miliar. Proyeksi tersebut lebih rendah dari realisasi neraca dagang bulan sebelumnya atau September 2025 senilai US$4,34 miliar.

    Estimasi tertinggi dikeluarkan oleh Ekonom Barclays Bank PLC Brian Tan dengan nominal US$4,75 miliar. Sebaliknya, estimasi terendah diberikan oleh Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) David Sumual dengan angka US$2 miliar.

    David menjelaskan proyeksi tersebut dipengaruhi oleh ekspor yang hanya naik 0,05% secara tahunan (year on year/YoY) dan 2,78% secara bulanan (month on month/MoM). Di sisi lain, impor naik lebih tinggi sebesar 2,23% YoY dan 8,87% MoM.

    “Trade balance [neraca dagang] turun di Oktober karena ekspor tumbuh lebih lambat. Ini juga terindikasi dari data impor negara-negara lain, terutama ekspor ke China, Jepang, dan India,” jelas David kepada Bisnis, Minggu (30/11/2025).

    Dari sisi harga, David mencatat bahwa komoditas ekspor cenderung stagnan kecuali tembaga dan timah yang naik.

    Sementara itu, impor naik terutama dari Singapura. Menurut David, kenaikan itu diimbangi oleh harga komoditas impor yang sebagian besar juga turun.

    “Terutama minyak, batu bara dan komoditas pertanian seperti coklat,” tutupnya.

  • Kesalahan Fatal Ini Bikin Warga Depok Kehilangan Uang Rp 430 Juta di Bank

    Kesalahan Fatal Ini Bikin Warga Depok Kehilangan Uang Rp 430 Juta di Bank

    Liputan6.com, Jakarta Seorang warga Beji, Kota Depok berinisial EN kehilangan uang Rp 430 juta gara-gara hal sepele, memberikan nomor PIN ATM ke M dan IP yang merupakan mantan sopir korban.

    “Iya sudah tertangkap, kerugian korban mencapai Rp 430 juta,” ujar Kapolsek Beji Kompol Josman Harianja, Rabu (26/11/2025).

    Josman menjelaskan, awalnya korban kehilangan kartu ATM BCA di kediamannya, Perum Depok Mulya I Blok C4 RT 04/15 Kelurahan Beji, Beji, Depok. Korban menaruh curiga terhadap tersangka dikarenakan pernah diminta untuk mengambil uang.

    “Mengetahui saldo rekeningnya berkurang drastis, korban kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Beji untuk ditindaklanjuti,” jelas Josman.

    Tersangka mengambil kartu ATM BCA milik korban dan melakukan penarikan uang dalam jumlah besar. Akibatnya korban mengalami kerugian mencapai Rp 430 juta dan uang tersebut digunakan tersangka tanpa seizin korban.

    “Tersangka sempat melarikan diri,” terang Josman.

    Korban melaporkan kejadian pengurasan uang di ATM ke Polsek Beji dengan nomor registrasi LP/B/251/XI/2025/SPKT/POLSEK BEJI/POLRES METRO DEPOK/POLDA METRO JAYA, tanggal 3 November 2025. Usai menerima laporan, Polsek Beji langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi keberadaan para tersangka.

    “Kedua berinisial IP dan M berhasil ditangkap dan diamankan di Polsek Beji untuk proses penyidikan lebih lanjut,” ucap Josman.

    Josman mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan tersangka mengakui mengambil uang korban melalui ATM yang telah diketahui PIN-nya. Tersangka mengaku pernah disuruh korban mengambil uang melalui ATM dan diberikan PIN-nya.

    “Tersangka mengetahui PIN tersebut karena pernah disuruh korban yang ditulis di secarik kertas,” ungkap Josman.

    Polsek Beji mengamankan barang bukti berupa satu bendel bukti transaksi dari Hallo BCA dan lima lembar foto transaksi. Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara.

    “Polsek Beji akan terus melakukan pendalaman kasus untuk mengungkap peran masing-masing tersangka dan memastikan proses hukum berjalan sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Josman.

  • Kurs Dolar AS Hari Ini 25 November 2025, Rupiah Perkasa

    Kurs Dolar AS Hari Ini 25 November 2025, Rupiah Perkasa

    Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memandang depresiasi nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bakal terjadi. Kuncinya, depresiasi ini bisa tetap terkendali.

    Kepala Biro Banking Research & Analytics BCA, Victor George Petrus Matindas, memandang dari sudut pandang perbankan, depresiasi mata uang lazim terjadi meskipun tidak ada faktor tambahan yang membuat penurunannya lebih besar.

    “Sebenarnya yang terpenting itu memang bukan sekadar arahnya naik atau turun, bukan sekadar menguat atau melemah, oke dia agak depresiasi, tapi yang penting dia itu managable, jadi manage depreciation,” ungkap Victor dalam Indonesia Economic Outlook 2026, di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (24/11/2025).

    Pelemahan mata uang rupiah, kata dia, bisa berdampak positif di satu sisi. Misalnya, keuntungan dari ekspor. Meskipun, dia meyakini Bank Indonesia (BI) tetap akan menjaga level rupiah pada kondisi fundamental yang kuat.

    “Kita yakin Bank Indonesia itu pasti akan menjaga nilai rupiah kita itu di level yang sehat di level fundamental yang kuat,” tegasnya.

    Dia menjelaskan, nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS akan dipengaruhi oleh besaran suku bunga acuan atau Fed Fund Rate. Jika masih sejalan dengan prediksi membaik, maka akan berdampak ke menguatkan nilai mata uang rupiah.

    Meskipun, dia melihat pula dampak dari pengenaan tarif resiprokal AS yang bisa mengganggu neraca perdagangan RI. Kondisi itu akan berdampak ke pelemahan rupiah. “Kalau seandainya makin surplus, itu kan rupiah itu menguat tapi seandainya neraca dagangnya ini melemah tentu saja rupiahnya cenderungnya juga akan ikut melemah,” beber dia.

     

  • Penetrasi Pasar Serang, Ciputra Tawarkan Proyek Hunian 4 Hektare

    Penetrasi Pasar Serang, Ciputra Tawarkan Proyek Hunian 4 Hektare

    Bisnis.com, JAKARTA—Ciputra Group memperkuat penetrasi pasar properti di wilayah Serang, Banten dengan rencana pengembangan proyek seluas 4 hektare.

    Georgius Pranayogi, Project Manager CitraLand Puri Serang, menuturkan pihaknya menawarkan hunian baru di Cluster Cremona, CitraLand Puri Serang. Lokasinya berada di Distrik Kayana dengan luas area 4 hektare.

    Cluster terbaru ini mengusung konsep hunian hijau dan berseni ala Kota Cremona di Italia. Proyek ini juga menjadi perumahan pertama di Serang yang mengantongi sertifikasi bangunan hijau Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE).

    EDGE adalah sistem sertifikasi bangunan hijau internasional yang dikembangkan oleh International Finance Corporation (IFC), anggota Grup Bank Dunia. EDGE adalah perangkat lunak gratis dan standar bangunan hijau yang memungkinkan pengembang dan pemilik proyek untuk merancang bangunan yang lebih hemat energi, air, dan material.

    Dalam peluncuran proyek pada Jumat (21/11/2025), dari sekitar 63 unit rumah yang dipasarkan di Cluster Cremona di tahap 1 ini, sudah terjual 40%.

    “Penjualan tahun ini cukup menggembirakan, terutama karena banyak konsumen memanfaatkan insentif PPN DTP 2025. Kami siapkan banyak unit ready stock untuk mengakomodasi permintaan,” ujar Yogi dalam siaran pers, Minggu (23/11/2025).

    Selain management Ciputra Group, acara tersebut dihadiri pula oleh Andri Hermawan, Direktur PT Mitrarahaya Karyanugraha, sebagai project partner dan beberapa mitra perbankan CitraLand Puri Serang, di antaranya BCA, BNI, BRI, BSI, Bank Panin, dan Maybank.

    Cluster Cremona menawarkan empat tipe rumah. Cadenza LB 30/LT 60 (Rp600 jutaan) cocok untuk pembeli rumah pertama, Sonata LB 65/LT 60 (Rp900 jutaan) cocok bagi keluarga muda dan profesional, Andante LB 80/LT 72 (Rp1,3 miliar) membidik kaum profesional, dokter, dan pengusaha, serta Vivace LB 110/LT 96 buat kalangan eksekutif dan kelas atas (Rp2,2 miliar).

    Dia juga menjelaskan, harga tertinggi di perumahan CitraLand Puri Serang mencapai Rp4,5 miliar, sementara harga sewa rumah berkisar Rp25 – 60 juta per tahun, menunjukkan potensi capital gain dan rental yield yang menjanjikan.

    Yogi menuturkan, lebih dari 50% pembeli rumah di CitraLand Puri Serang memanfaatkan insentif PPN DTP 2025, yang diperpanjang melalui PMK No. 60/2025. Program ini memberikan diskon 11% untuk rumah hingga Rp2 miliar dan terbukti mempercepat transaksi.

    Terletak di Jl. Raya Lingkar Selatan, Ciracas, Serang, proyek ini hanya 45 menit dari Jakarta via Tol Serang Timur. Dengan tiga akses utama dan kedekatan ke pusat kota, stasiun, dan tol, kawasan ini ideal bagi profesional dan investor.

    CitraLand Puri berada di lokasi strategis, antara lain 5 menit pusat kota, 10 menit Tol Serang Timur, 10 menit Tol Serang Barat, dan 10 menit stasiun kereta.

    CitraLand Puri Serang dikembangkan sebagai kota mandiri seluas 65 hektare, terdiri dari dua distrik dan tiga akses gerbang. Kawasan ini mengintegrasikan hunian, area komersial, fasilitas publik, dan ruang terbuka hijau.

  • Tiket Kapal Laut Diskon 16-18%, Sudah Bisa Dipesan!

    Tiket Kapal Laut Diskon 16-18%, Sudah Bisa Dipesan!

    Jakarta

    Pembelian tiket kapal laut untuk liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan mendapatkan diskon. PT Pelni (Persero) akan memberikan diskon pembelian tiket kapal laut untuk kelas ekonomi sebesar 16-18%.

    Tiket sudah mulai dibeli sejak Jumat 21 November 2025 kemarin. Sekretaris Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengatakan, penjualan tiket dengan potongan diskon akan berlaku untuk periode keberangkatan tanggal 17 Desember 2025 hingga 10 Januari 2026.

    “Berlaku untuk seluruh tujuan atau pelabuhan yang disinggahi kapal penumpang menggunakan kelas ekonomi,” ujar Evan dalam keterangannya, Sabtu (22/11/2025).

    Pemerintah memberikan tarif diskon sebesar 20% dari tarif dasar kapal laut. Evan menjelaskan, tarif dasar merupakan harga tiket sebelum ditambahkan komponen biaya asuransi dan pas pelabuhan. Bila ditambahkan komponen asuransi dan pas pelabuhan maka diskon riil yang bisa dinikmati penumpang sekitar 16-18%.

    “Jika sudah ditambahkan asuransi dan pas pelabuhan, rata-rata potongan diskonnya setara 16-18% dari tarif normal, dan ini hanya berlaku untuk tiket kapal penumpang kelas ekonomi yang bisa diperoleh di seluruh channel penjualan tiket kapal PELNI,” tambah Evan.

    Berdasarkan perhitungan dari anggaran yang disediakan oleh Pemerintah, stimulus diskon ini diperkirakan dapat dinikmati langsung oleh sekitar 405.881 penumpang selama periode Nataru mendatang. Harga tiket akan kembali ke tarif normal setelah kuota stimulus habis terjual.

    “Jika minat masyarakat tinggi, bukan tidak mungkin sebelum periode perjalanan 10 Januari 2026, tiket diskon sudah habis terjual, apalagi saluran penjualan digital tiket PELNI sudah sangat mudah dijangkau, baik melalui aplikasi PELNI Mobile maupun aplikasi perbankan Himbara,” kata Evan.

    Sebagai contoh, untuk tarif Semarang ke Karimun Jawa yang normalnya dijual seharga Rp 134.500, setelah dikenakan diskon 20% dari tarif dasar, maka tarif menjadi sebesar Rp 114.300 setelah ditambahan komponen asuransi dan pas pelabuhan.

    Sebagai informasi bahwa besaran pas pelabuhan di setiap wilayah berbeda-beda. Contoh pas pelabuhan di Semarang sebesar Rp 27.500 dan di Pelabuhan Belawan sebesar Rp 47.500.

    Diskon tiket kapal PELNI ini berlaku di seluruh saluran pembelian tiket kapal PELNI. Seperti aplikasi PELNI Mobile, website PELNI, contact center 162, loket cabang, fitur Lifestyle BCA Mobile, OVO, Sukha by Livin Mandiri, BNI agen46, dan BRImo, jaringan Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, MMBC, Darmawisata Indonesia hingga Versa dan Topindo.

    Sementara untuk pembayaran, PELNI sudah bekerja sama dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, iSaku, Finpay, dan Fastpay.

    (hal/hns)

  • Modus Baru! Penipu Sebut Dirinya Pegawai Pajak, Uang Pengusaha Tuban Ludes

    Modus Baru! Penipu Sebut Dirinya Pegawai Pajak, Uang Pengusaha Tuban Ludes

    Tuban (beritajatim.com) – Seorang pengusaha supplier batu kalsium bernama Yunanik (51) asal Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengaku kehilangan uang sebanyak Rp 878.600.000 (delapan ratus tujuh puluh delapan juta enam ratus ribu rupiah).

    Kasus penipuan ini terjadi pada hari Senin 17 November 2025, bermula dari korban menerima telepon dari orang yang mengaku bekerja di KPP Pajak Pratama Tuban dan mengaudit korban dengan alasan waktunya pembayaran pajak.

    1. Cerita Kronologis
    Yunanik menceritakan, saat siang hari dirinya menerima telepon masuk yang tidak dikenal dan mengklaim dirinya pegawai pajak bernama Ahmad Sahroni dengan dalih akan membantu proses audit perpajakan. Yunanik awalnya ragu-ragu. Namun, pria tersebut meyakinkan dengan menyebut identitas korban seolah mengenal. Bahkan mengetahui pekerjaan korban sebagai pengusaha supplier batu kalsium dan pernah bekerja sama dengan CV. Rahmad Tanjung Jaya. Sehingga pihaknya lantas percaya.

    “Terus saya disuruh download Allo Bank, awalnya saya nggak mau. Terus orangnya bilang, ‘Ibu mau dibantuin apa tidak? Ngapain takut, kan itu rekening ibu sendiri.’ Bilangnya begitu. Terus akhirnya saya download dan diminta transfer rekening Mandiri ke Allo Bank Rp 50 ribu,” ujar Yunanik saat ditemui di kediamannya, Jumat (21/11/2025).

    Lanjut, masih kata korban, pria tersebut juga mengetahui korban menyimpan uangnya di Bank Mandiri sebanyak Rp 1 miliar lebih dan sebagian di Bank BCA. Sehingga atas hal itu Yunanik percaya bahwa orang tersebut merupakan pegawai pajak. Si penelepon juga sempat menakut-nakuti korban dengan alasan bahwa dana di rekening pribadinya akan dikenai pajak tinggi serta diawasi PPATK jika tidak segera dipindahkan.

    2. Proses Pemindahan Uang
    Setelah korban mendaftar di Allo Bank, Yunanik menerima instruksi agar uang yang di Bank Mandiri segera dipindahkan ke Allo Bank. Dengan saldo di Bank Mandiri sebesar Rp 1.089.450.809,00 (satu miliar delapan puluh sembilan juta empat ratus lima puluh ribu delapan ratus sembilan rupiah), Yunanik pertama kali transfer ke Allo Bank Rp 50 ribu untuk pembukaan rekening pertama, dan saat dicek memang ada nominalnya.

    Yang kedua transfer kembali Rp 50 ribu, ketiga kali Rp 500 ribu. Saat itu, si penelepon terus-menerus meminta agar uang yang di Bank Mandiri segera dipindahkan agar proses audit berjalan dengan cepat. Sehingga si penelepon meminta nominal besar, yakni transfer Rp 50 juta, dilanjut Rp 49 juta, kemudian Rp 300 juta, Rp 190 juta, Rp 50 juta, dan terakhir Rp 200 juta.

    “Sadar saya itu pas jam 3 sore, Ahmad Sahroni ini pamit makan dan akan digantikan oleh temannya bernama Jaka Satria. Lalu saya dipaksa sama Jaka Satria untuk transfer lagi. Terus saya bilang, ‘Sebentar toh, saya mau cek dulu di Allo Bank saldo saya sudah berapa.’ Saya dimarahin sama orangnya, katanya ‘Ibu ini ngeyel dibilangin. Kalau kayak gini prosesnya malah jadi lama,’” kata Yunanik menirukan si penelepon.

    Setelah proses transfer, Jaka Satria menceritakan ke Yunanik bahwa sekitar pukul 10.00 WIB ayahnya sakit dan akan dibawa ke RS. Namun karena belum punya uang, ayahnya tidak jadi dibawa ke RS. Setelah memiliki uang ini, Jaka bisa membawa ayahnya ke RS. Sontak atas cerita itu, Yunanik segera tersadar dan langsung memanggil ponakannya untuk segera mendatangi KPP Pajak Pratama Tuban dan mencari tahu pegawai bernama Ahmad Sahroni.

    “Terus saya bilang, ‘Kamu betul tidak kerja di Pajak Tuban? Kenal ini tidak?’ Dia jawab kenal. ‘Cari saja di kantor, mejanya dekat kaca.’ Tapi pas ponakan saya ke Pajak Tuban tidak ada nama Ahmad Sahroni. Terus saya hubungi lagi nomornya sudah tidak bisa,” bebernya.

    3. Korban Segera Melaporkan Kejadian ke Bank dan Kepolisian
    Yunanik yang panik segera menyusul ke kantor pajak dan dijelaskan bahwa tidak ada yang namanya Ahmad Sahroni. Setelah itu, ia datang ke Bank Mandiri untuk mengecek saldonya dan ternyata sudah hilang. Dari Rp 1.089.450.809,00 tersisa Rp 249.871.403 (dua ratus empat puluh sembilan juta delapan ratus tujuh puluh satu ribu empat ratus tiga rupiah). Dengan total yang diambil oleh penelepon sebesar Rp 839.629.400 (delapan ratus tiga puluh sembilan juta enam ratus dua puluh sembilan ribu empat ratus rupiah).

    “Tapi saya dari Bank Mandiri justru disuruh pulang. Bilangnya gini mbak tellernya, ‘Ibu, kalau di sini malah saya yang gemetaran, Bu. Mending ibu pulang dulu saja, ini saya masih ada nasabah.’ Itu kecewa saya. Saya tidak ditemui manajernya atau siapa, malah disuruh pulang. Tapi saya langsung ke Polres Tuban, tapi saya laporan di sana nggak berani Polres karena jumlahnya sangat besar, sehingga disarankan langsung ke Polda Jawa Timur,” kata Yunanik.

    Saat itu juga Yunanik pada malam hari melaporkan ke Polda Jatim. Keesokan harinya pada 18 November 2025 pukul 05.00 ia sampai di rumah dan pukul 08.00 WIB kembali ke Bank Mandiri sambil membawa surat laporan dari Polda Jatim. Maksud Yunanik datang ke Bank Mandiri yakni meminta alamat nasabah yang ditransfernya. Sebab, dalam laporan rekening koran, uang tersebut terkirim ke sesama Bank Mandiri. “Tapi saya nggak boleh, katanya itu privasi dan nggak boleh dibocorkan. Lah pikir saya, kenapa penipu harus dilindungi,” ucap korban.

    Pihaknya berharap agar uang tersebut dapat kembali dan meminta Bank Mandiri membantu menyelesaikan persoalan ini, termasuk Bank BCA. Sebab, pelaku juga meminta saldo yang di BCA segera ditransfer sebesar Rp 38.970.600 (tiga puluh delapan juta sembilan ratus tujuh puluh ribu enam ratus rupiah). “Saya gini loh, harusnya kalau saya transfer lebih dari Rp 200 juta kan sudah habis limitnya dari Bank Mandiri. Ini kenapa sampai bisa transfer berkali-kali tanpa ada limit,” bebernya.

    Sementara itu, sejumlah awak media yang mendatangi kantor Bank Mandiri untuk konfirmasi terkait permasalahan ini tidak mendapatkan respons dan enggan dimintai keterangan. Sedangkan saat berita ini ditayangkan KPP Pajak Pratama Tuban juga belum memberikan tanggapan. [dya/kun]

  • Bangga Pakai Produk Lokal, Ini 5 Rekomendasi Fesyen Karya Anak Bangsa

    Bangga Pakai Produk Lokal, Ini 5 Rekomendasi Fesyen Karya Anak Bangsa

    Jakarta

    Siapa bilang tampil keren harus pakai brand luar negeri? Kini karya desainer dan pelaku usaha dalam negeri tidak kalah berkualitas dibandingkan produk luar negeri. Mulai dari gaya kasual hingga busana etnik modern, produk lokal semakin inovatif dan mampu bersaing di pasar nasional maupun global.

    Didukung oleh kreativitas tinggi dan kualitas produksi yang terus meningkat, brand-brand lokal kini tidak hanya fokus pada tren, tetapi juga mengangkat nilai budaya Indonesia dalam setiap desainnya. Hal ini membuat produk lokal memiliki karakter unik yang membedakannya dari merek internasional, sekaligus memperkuat identitas mode Indonesia di mata dunia.

    Berikut ini lima rekomendasi brand lokal yang menghadirkan koleksi stylish sekaligus memperkuat kebanggaan terhadap produk Indonesia:

    1. Helioshop (Helio (@helioshop) • Instagram photos and videos)

    HELIO Foto: dok. HELIO

    HELIO adalah salah satu produk daily wear lokal yang memadukan gaya fashionable dan trendy, namun tetap mengutamakan kenyamanan. Koleksinya menggunakan bahan breathable dan desain chic yang cocok buat kalangan muda yang mau tampil kasual dan berkarakter.

    2. 3mongkis(3MONGKIS (@3mongkis) • Instagram photos and videos)

    3Mongkis Foto: dok. 3Mongkis

    Berdiri hampir 10 tahun, 3Mongkis telah menjadi merek fashion brand dari Indonesia yang berpengalaman di bidangnya. Dalam menghadirkan koleksinya, 3Mongkis menggunakan material berkualitas serta desain terkini, sehingga bukan hanya menarik tetapi juga nyaman untuk digunakan.

    3. Lurik Akik (LurikAkik (@lurikakik) • Instagram photos and videos)

    Lurik Akik merupakan brand lokal unik yang memadukan antara pakaian modern dan tradisional dengan sentuhan personal dan tailor-made. Brand lokal ini menciptakan karya seni yang memadukan warisan budaya dengan tren fashion kontemporer, sehingga memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengenakan pakaian yang mencerminkan kepribadian mereka.

    4. Valino (VALINO (@valino_id) • Instagram photos and videos)

    Valino menjadi brand pakaian karya anak bangsa dengan kualitas premium dengan harga terjangkau. Produknya memiliki jahitan kuat dan potongan klasik, serta desain elegan yang sering membuat konsumen salah mengira produk tersebut berasal dari luar negeri.

    Selain itu, Valino juga dikenal melalui strategi pricing kompetitif dan telah lama hadir di pasar Indonesia. Hal ini dapat membangun kepercayaan konsumen dengan identitas merek yang konsisten dan relevan.

    5. Sukkha Citta (SukkhaCitta (@sukkhacitta) • Instagram photos and videos)

    Sukha Citta Foto: dok. Sukha Citta

    Lebih dari sekadar brand fashion, SukkhaCitta adalah rumah bagi petani kapas yang menanam dengan cinta, hingga perempuan pengrajin yang mewarnai dan menjahit dengan makna. SukkhaCitta menawarkan berbagai pakaian daily wear, kebaya, syal, hingga aksesori dengan menggunakan bahan dan pewarna alami.

    Setiap karyanya tersimpan cerita tentang pemberdayaan, regenerasi, dan harapan bahwa keindahan sejati lahir saat kita hidup selaras dengan alam dan sesama.

    Dorong Kemajuan UMKM Melalui BCA Bangga Lokal

    Sebagai bentuk dukungan terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional, Bank Central Asia (BCA) menghadirkan program unggulan BCA Bangga Lokal sejak tahun 2020.

    Program ini dirancang untuk memberdayakan brand dan pelaku usaha lokal agar mampu memperluas pasar, meningkatkan kapasitas bisnis, serta memperkuat daya saing di tengah ketatnya industri kreatif. BCA Bangga Lokal memiliki empat pilar utama:

    1. Transaction: Memudahkan transaksi merchant melalui sistem pembayaran BCA dan program promosi yang terintegrasi, sekaligus memperluas akses ke jaringan nasabah BCA.
    2. Awareness: Meningkatkan visibilitas brand dengan memanfaatkan media dan kanal promosi BCA agar produk lebih dikenal masyarakat luas.
    3. Engagement: Membangun komunitas merchant Bangga Lokal melalui kegiatan interaktif dan berbagai aktivitas kolaboratif.
    4. Development: Memberikan pelatihan dan pembinaan untuk pengembangan soft skill, literasi keuangan, dan strategi bisnis bagi para pelaku UMKM.

    Salah satu bentuk nyata dari dukungan ini adalah program Kolab+Beraksi (Kolaberaksi). Program tersebut mempertemukan berbagai merchant untuk berkolaborasi dalam mengembangkan produk dan memperluas jangkauan pasar.

    Bangga Lokal juga akan hadir dalam acara myBCA x Brightspot SuperMKRT yang akan berlangsung di Mall Agora. Event ini berlangsung selama dua pekan, yaitu pada 28-30 November 2025 dan 4-7 Desember 2025.

    Acara tersebut menampilkan berbagai brand seperti Grounds Studio, Humblezing, Hierarchy Studio, dan Pyopp Fledge yang membawa produk lokal dengan desain khas serta kualitas premium. Para pengunjung juga bisa menjelajahi area Paserba Bangga Lokal untuk menemukan inspirasi gaya hidup lokal yang modern dan orisinal.

    BCA turut menghadirkan berbagai promo menarik seperti potongan harga hingga Rp 150 ribu dan program cicilan 0% menggunakan Kartu Kredit BCA atau QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman berikut (refer ke artikel berikutnya).

    Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ikut menjadi bagian dalam komunitas Bangga Lokal melalui bca.id/daftar-banglok. Info terkait merchant dan promo lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi BCA https://promo.bca.co.id/id/campaign/2025/bangga-lokal.

    (prf/ega)

  • TransJ Tambah Bus Usai MRT Gangguan Akibat Pohon Tumbang

    TransJ Tambah Bus Usai MRT Gangguan Akibat Pohon Tumbang

    Jakarta

    MRT Jakarta masih mengalami gangguan operasional hingga sore ini akibat pohon tumbang. PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah armada bus pada rute yang berdekatan dengan jalur MRT untuk menjaga mobilitas warga saat jam pulang kerja.

    “Ini adalah bentuk dukungan penuh terhadap sistem transportasi publik di Jakarta. Kami langsung mengoordinasikan penambahan armada ini sebagai perbantuan cepat untuk tetap menjaga mobilitas warga, terutama pelanggan MRT. Komitmen kami adalah memastikan mobilitas tetap lancar, cepat, dan nyaman,” Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yuza dalam keterangan, Kamis (20/11/2025).

    Beberapa rute yang ditambah armadanya, yaitu koridor 1 Blok M-Kota. Waktu tunggu atau headway dipercepat menjadi setiap 3 menit. Selain itu, Rute S21 Ciputat-CSW dengan menambahkan 4 unit bus.

    “Total armada kini 22 unit, dari 18,” ungkapnya.

    Selain itu, Rute 1E Pondok Labu-Blok M. Penambahan 5 unit bus dengan total armada kini 16 unit (dari 11).

    “Sehubungan dengan gangguan operasional disebabkan pohon tumbang pada rute transisi dari Stasiun Senayan Mastercard menuju ASEAN yang mengakibatkan padamnya listrik, saat ini MRT Jakarta hanya melayani rute Stasiun Lebak bulus hingga Stasiun Blok M BCA dan rute sebaliknya,” tulis akun X MRT Jakarta, dilihat, Kamis (20/11).

    Saat ini proses pemulihan masih berlangsung. Belum ada informasi terkait kapan penanganan kelistrikan rampung.

    Adapun gangguan MRT Jakarta dilaporkan sekitar pukul 10.30 WIB. Penumpang yang sempat masuk ke rangkaian MRT diminta turun.

    (bel/lir)

  • Pohon tumbang, MRT terapkan skema Stasiun Blok M BCA – Lebak Bulus

    Pohon tumbang, MRT terapkan skema Stasiun Blok M BCA – Lebak Bulus

    Jakarta (ANTARA) – PT MRT Jakarta (Perseroda) menerapkan skema layanan Stasiun Blok M BCA – Lebak Bulus imbas gangguan operasional karena pohon tumbang di Jalan Sisingamangaraja, tepatnya depan gedung Caraka Loka Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    “Kami sementara menjalankan skema rute perjalanan terbatas, yaitu pengoperasian layanan dari Stasiun Blok M BCA hingga Stasiun Lebak Bulus dan juga rute sebaliknya dengan menggunakan empat rangkaian kereta,” kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendy Primartantyo di Jakarta, Kamis.

    Rendy mengatakan rute perjalanan terbatas ini sebagai langkah pemulihan layanan.

    Pihaknya mengimbau para pelanggan untuk sementara waktu dapat mempertimbangkan penggunaan alternatif transportasi publik lainnya.

    “Informasi perkembangan penanganan dan pemulihan layanan akan disampaikan secara berkala melalui kanal informasi resmi MRT Jakarta,” ucapnya.

    Sementara itu, tampak di lokasi, Jalan Sisingamangaraja arah Blok M masih terbuka dan untuk dari Blok M ke arah Senayan ditutup, namun kendaraan bisa melewati jalur Transjakarta.

    PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah armada untuk membantu menjaga mobilitas warga imbas gangguan operasional layanan MRT Jakarta itu.

    Transjakarta segera menambah armada dan mempercepat waktu tunggu (headway) pada rute-rute yang berdekatan dengan jalur MRT, yaitu:

    • Koridor satu (Blok M – Kota): Headway dipercepat menjadi setiap tiga menit;

    • Rute S21 (Ciputat – CSW): Penambahan empat unit bus. Total armada kini 22 unit (dari 18);

    • Rute 1E (Pondok Labu – Blok M): Penambahan lima unit bus. Total armada kini 16 unit (dari 11).

    Sebelumnya, pohon tumbang terjadi di Jalan Sisingamangaraja, tepatnya di depan gedung Departemen Luar Negeri (Deplu), Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mengganggu operasional MRT dan Transjakarta.

    Pohon itu tumbang sekitar pukul 10.27 WIB.

    Jenis pohonnya adalah mahoni dengan diameter kurang lebih 350 sentimeter (cm). Pohon itu menurut keterangan warga, diperkirakan sudah berumur di atas 100 tahun.

    Selain berdampak pada transportasi umum di sekitar kawasan, kaca pecah juga dialami satu unit mobil dan jalanan sekitar ditutup.

    Hingga kini, proses evakuasi masih dilakukan oleh 30 petugas gabungan dan dipastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Pohon Tumbang Bikin Listrik Padam

    Pohon Tumbang Bikin Listrik Padam

    Jakarta

    MRT Jakarta masih mengalami gangguan hingga siang ini. MRT menyebut gangguan operasional disebabkan adanya pohon tumbang di kawasan Senayan.

    “Sehubungan dengan gangguan operasional disebabkan pohon tumbang pada rute transisi dari Stasiun Senayan Mastercard menuju ASEAN yang mengakibatkan padamnya listrik, saat ini MRT Jakarta hanya melayani rute Stasiun Lebak bulus hingga Stasiun Blok M BCA dan rute sebaliknya,” tulis akun X MRT Jakarta, dilihat, Kamis (20/11/2025).

    Saat ini proses pemulihan masih berlangsung. Belum ada informasi terkait kapan penanganan kelistrikan rampung.

    “Pemulihan operasi normal akan kami informasikan kembali hingga proses penanganan diselesaikan,” jelasnya.

    Adapun gangguan MRT Jakarta dilaporkan sekitar pukul 10.30 WIB. Penumpang yang sempat masuk ke rangkaian MRT diminta turun.

    Rangga mengira gangguan hanya terjadi di Stasiun Lebak Bulus, sehingga dia mencoba naik melalui Stasiun Blok M. Namun dia diinformasikan bahwa seluruh layanan MRT sedang mengalami gangguan.

    MRT Jakarta Minta Maaf

    Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta Rendy Primartantyo meminta maaf atas gangguan operasional yang terjadi. MRT Jakarta sudah melakukan upaya penanganan agar operasional kembali normal.

    “PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para pelanggan akibat gangguan operasional yang terjadi pada hari ini,” ujar Rendy kepada wartawan.

    “Saat ini tim operasional dan teknis MRT Jakarta sedang melakukan penanganan untuk memastikan layanan dapat kembali berjalan normal sesegera mungkin. Kami mengimbau seluruh pelanggan untuk tetap tenang dan mengikuti arahan petugas di lapangan,” sambungnya.

    (idn/imk)