Perusahaan: PT Bank Central Asia Tbk

  • Meski Suami Ditetapkan Tersangka Cek Palsu Rp3 Miliar, Sheila Tetap Setia Pada Mbah Tarman

    Meski Suami Ditetapkan Tersangka Cek Palsu Rp3 Miliar, Sheila Tetap Setia Pada Mbah Tarman

    Pacitan (beritajatim.com) Kisah asmara Mbah Tarman (74) dengan istrinya, Sheila Arika (24) bukan kaleng-kaleng. Pasalnya, meski suaminya baru saja ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemalsuan dokumen cek senilai Rp3 miliar oleh Polres Pacitan pada Kamis petang, Sheila tetap menunjukkan kesetiaannya.

    Menurut kuasa hukum Tarman, Imam Bajuri, Sheila mendampingi suaminya dari rumahnya untuk memenuhi panggilan penyidik, namun dia tidak ikut ke mapolres, dan menunggu di kantor Advokat.

    “Dia (Sheila) tetap setia terhadap suaminya. Saat memenuhi panggilan penyidik, ia ikut mendampingi Tarman sampai di kantor kami,” kata Imam Bajuri kepada wartawan usai mendatangi Polres Pacitan, Kamis (4/12/2025).

    Ketika awak media berkunjung ke kantor Advokat Imam Bajuri, Sheila belum bersedia memberikan keterangan. Dari ruangan terpisah, terdengar suara tangisnya saat ia mencoba menenangkan diri.

    “Saat ini istrinya tidak siap untuk bertemu awak media. Mohon maaf, itu hak setiap warga negara, Sekali lagi mohon maaf,” ujar Bajuri.

    Terkait dugaan mahar pernikahan yang ternyata menggunakan cek palsu, Sheila disebut tidak mempermasalahkannya. Perempuan muda itu menerima sepenuhnya risiko dari pilihannya menikahi pria yang terpaut usia 50 tahun darinya.

    “Entah mahar itu asli atau palsu, Sheila tidak mempermasalahkannya. Itu sudah menjadi pilihannya,” tegas Bajuri.

    Sebelumnya, Tarman diperiksa sebagai saksi dalam dugaan kasus pemalsuan cek sebagaimana diatur dalam Pasal 362 KUHP. Namun, setelah pemeriksaan berlangsung, penyidik menetapkannya sebagai tersangka dan langsung menahan yang bersangkutan sekitar pukul 18.00 WIB.

    Penyidik menilai alat bukti telah cukup, yakni berupa cek bertuliskan Rp3 miliar lengkap dengan cap bank BCA yang diduga dipalsukan. [tri/aje]

  • Dituding Gelapkan Aset Rp700 Miliar Milik Linda Susanti, KPK Diadukan ke Dewas

    Dituding Gelapkan Aset Rp700 Miliar Milik Linda Susanti, KPK Diadukan ke Dewas

    Dia mengaku pernah mendapat permintaan melalui perantara agar bertemu di luar kantor KPK dan diminta mempertimbangkan pencabutan kuasa hukum. Selain itu, Linda menyebut ada pihak yang diduga berupaya membujuknya menyerahkan sebagian aset.

    “Dari mulai tawaran 20 persen, lalu lebih besar lagi. Tetapi saya menolak. Kalau memang aset itu benar milik saya dan tidak terkait perkara, ya harus dikembalikan sepenuhnya,” katanya.
    Dalam kesempatan yang sama, Deolipa menyerahkan sejumlah dokumen sebagai lampiran laporan, antara lain:

    Surat tanda penerimaan barang bukti

    Surat panggilan pemeriksaan

    Berita acara terkait penyitaan

    Salinan dokumen yang diterbitkan penyelidik dan penyidik KPK

    Selain itu, pihaknya mengaku masih menyimpan rekaman dan video yang akan dilengkapi jika diperlukan oleh Dewas maupun lembaga lain. Surat pengaduan kepada Dewas KPK memuat dugaan:

    Penyalahgunaan wewenang oleh oknum penyidik KPK

    Penggelapan atau penyelewengan aset sitaan

    Permintaan pertemuan di luar prosedur resmi

    Indikasi upaya mempengaruhi atau mengarahkan BAP secara tidak benar

    Laporan juga meminta Dewas KPK untuk:

    Menyelidiki prosedur penyitaan aset

    Memeriksa oknum yang diduga terlibat

    Mengklarifikasi legalitas dan dokumentasi penyitaan

    Linda menjelaskan bahwa pemblokiran awal rekening terjadi pada 2024 di Bank BCA Cabang Millenial. Kemudian, menurutnya, penyidik mengambil sejumlah aset fisik pada 11 April 2025.

    “Mereka katakan penyitaannya satu rangkaian. Tapi saya melihat ada kejanggalan dari tanggal dan prosesnya,” ujarnya.

    Linda menegaskan bahwa sumber dana berasal dari warisan orang tuanya di Australia dan ia mengaku memiliki dokumen legal untuk membuktikan asal-usul tersebut. Pihaknya menyatakan akan memantau perkembangan di setiap lembaga guna memastikan adanya tindak lanjut yang jelas.

    “Ini menyangkut identitas lembaga penegak hukum. Kami tidak ingin masalah ini membesar dan merusak kepercayaan publik,” ujarnya.

    Sebelumnya, KPK menyatakan bahwa setiap prosedur penindakan dilakukan sesuai ketentuan, namun belum menanggapi detail dugaan penyimpangan yang disampaikan Linda dan kuasa hukumnya. (fajar)

  • Peduli Banjir Sumatera, Pemkot Surabaya Terbangkan 2,2 Ton Beras dan Logistik Senilai Rp194,9 Juta

    Peduli Banjir Sumatera, Pemkot Surabaya Terbangkan 2,2 Ton Beras dan Logistik Senilai Rp194,9 Juta

    Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi memberangkatkan bantuan kemanusiaan tahap pertama senilai Rp194.901.239 untuk korban bencana banjir di Pulau Sumatera, Kamis (4/12/2025). Bantuan yang mencakup 2,2 ton beras dan berbagai kebutuhan pokok ini diterbangkan menggunakan pesawat kargo dari Bandara Internasional Juanda pukul 13.00 WIB, melalui fasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

    Seluruh logistik yang dikirimkan merupakan hasil gotong royong masyarakat yang terkumpul melalui Posko Peduli Bencana di Balai Kota Surabaya. Posko tersebut telah beroperasi menggalang kepedulian warga sejak 30 November hingga 3 Desember 2025.

    Kepala BPBD Kota Surabaya, Irvan Widyanto, menegaskan bahwa pengiriman ini adalah langkah awal dari respons cepat Pemkot Surabaya terhadap bencana nasional yang terjadi di wilayah Sumatera.

    “Tahap pertama dikirim hari ini, jika dana bantuan kembali terkumpul dalam jumlah memadai; akan segera kami kirimkan lagi,” terang Irvan Widyanto, Kamis (4/12/2025).

    Dana donasi yang terkumpul telah dikonversi menjadi barang-barang kebutuhan mendesak. Selain 2,2 ton beras, bantuan meliputi permakanan instan, pakaian dewasa layak pakai, perlengkapan ibadah, hingga kebutuhan spesifik untuk bayi dan balita yang kerap menjadi kelompok rentan saat bencana.

    “Sekecil apa pun bentuk bantuan dari masyarakat Surabaya, itu sangat berarti bagi saudara-saudara kita di sana,” urainya.

    Meski tahap pertama telah diberangkatkan, Irvan menginformasikan bahwa Posko Peduli Bencana Sumatera di Balai Kota masih terus dibuka. Pihaknya memprioritaskan bantuan berupa logistik permakanan, pakaian baru, kebutuhan bayi, serta donasi tunai untuk memudahkan fleksibilitas pengadaan barang di lokasi bencana.

    Bagi masyarakat luas yang ingin berpartisipasi, Pemkot Surabaya menyediakan akses donasi melalui kanal perbankan resmi dan layanan hotline untuk konfirmasi bantuan.

    “Donasi dana dapat disalurkan ke rekening resmi BSP Tanggap Bencana Bank Jatim di 0013444463, Baznas Kota Surabaya di Bank BCA 560450000, dan Bank BTN 1110001116. Pemkot Surabaya juga membuka layanan hotline, melalui nomor 0811-3116-163 dan 0812-1687-5107,” ujar Irvan.

    Berikut rincian lengkap logistik bantuan tahap pertama dari Pemkot Surabaya yang telah disalurkan:

    Beras: 2,2 Ton (333 sak kemasan 3kg dan 248 sak kemasan 5kg)
    Makanan Instan: 85 karton mie instan, 50 karton mie kemasan, 28 karton sarden, 8 karton kornet, 6 karton sereal, dan 16 karton bubur.
    Kebutuhan Bayi & Balita: 9 karton susu bayi, 19 karton bubur bayi, 6 karton popok bayi, dan 1 karung kecil celana dalam bayi.
    Minuman: 13 karton susu cair.
    Perlengkapan Lain: 1 karung kecil mukena, 1 karung kecil sarung, dan 2 karton pembalut.

    [rma/beq]

  • Pakaian bekas bisa didaur ulang di MRT Jakarta

    Pakaian bekas bisa didaur ulang di MRT Jakarta

    Jakarta (ANTARA) – PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan program daur ulang pakaian bekas melalui inisiatif bertajuk “Menjahit Perjalanan: Merayakan Perjalanan, Menyatukan Kota dan Menghidupkan Karya.”

    “Ini merupakan inisiatif keberlanjutan melalui daur ulang seragam bekas milik karyawan PT MRT Jakarta (Perseroda) dan pakaian bekas milik masyarakat,” kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendy Primartantyo di Jakarta, Rabu.

    Rendy mengatakan hasil daur ulang itu nantinya berupa produk yang dapat digunakan oleh masyarakat perkotaan untuk menunjang mobilitas sehari-harinya seperti tas sepatu, kantong (pouch), dompet kartu (card holder), kalung nama (lanyard), gantungan kunci dan hasil kerajinan tangan lainnya.

    MRT Jakarta menggandeng komunitas penyandang disabilitas “Yayasan Teman Hebat Berkarya” dan masyarakat sekitar Stasiun Blok A sekaligus memperingati Hari Disabilitas Internasional.

    Selain itu, merupakan salah satu inisiatif PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam merespons isu keberlanjutan baik aspek sosial maupun lingkungan.

    “Kami mengajak masyarakat Jakarta untuk mendukung gaya hidup bebas sampah (zero waste) dan program perputaran fesyen (circular fashion) berbasis seragam dan pakaian bekas,” ucapnya.

    Dalam program ini, seragam dan pakaian bekas akan dipilah dan dikelola ke dalam tiga hal, yaitu: Pertama, “upcycle” untuk mengolah pakaian bekas menjadi karya kreatif oleh komunitas disabilitas.

    Upcycle adalah proses daur ulang yang mengubah barang asli menjadi barang yang memiliki kemanfaatan baru tanpa menghilangkan bentuk asli suatu barang.

    Kedua, penjualan barang bekas (thrift sale) untuk mengalokasikan hasil pemilahan untuk kegiatan sosial, pendidikan dan pemberdayaan disabilitas

    Ketiga, penyaluran untuk memberikan hasil karya kepada masyarakat dan lembaga yang membutuhkan.

    Nantinya produk daur ulang tersebut akan diluncurkan sebagai produk resmi (official merchandise) MRT Jakarta dan dapat dijual kembali oleh Yayasan Teman Hebat Berkarya sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi lokal.

    “Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program ini, dapat menyerahkan pakaian bekas pakaiannya ke kotak penyimpanan (dropbox) yang tersedia di Stasiun Bundaran HI Bank Jakarta, Bendungan Hilir, Blok M BCA dan Lebak Bulus,” ucapnya.

    Melalui program ini, ia menyebut, emisi karbon dapat dikurangi hingga lebih dari 10 ton karbondioksida (CO2) per tahun, mencegah lebih dari 1.000 potong seragam perusahaan per tahun berakhir ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau dibakar dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat di sekitar stasiun Blok A dan para penyandang disabilitas.

    Ia menambahkan, perseroan menempatkan keberlanjutan (sustainability) sebagai inti dari strategi dalam menjalankan mandat yang telah diberikan.

    Inisiatif keberlanjutan yang dilakukan meliputi aspek lingkungan, sosial dan tata kelola sesuai dengan peta jalan keberlanjutan (sustainability road map) MRT Jakarta.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Perubahan Dimulai Hari Ini, Dimulai dari Kamu

    Perubahan Dimulai Hari Ini, Dimulai dari Kamu

    Jakarta

    Suasana di Taman Kota Peruri Blok M terasa berbeda pada Sabtu (8/11) pagi. Tempat yang biasanya menjadi ruang santai warga, berubah menjadi arena penuh energi positif.

    Sebab ratusan anak muda berkumpul untuk bergerak, belajar, dan merayakan gaya hidup yang lebih ramah bumi. Mereka datang ke Langkah Membumi Ecoground 2025, festival tahunan dari Blibli Tiket Action yang sudah memasuki tahun keempat dan terus berkembang menjadi gerakan kolaboratif yang menyatukan kesehatan, kreativitas, dan keberlanjutan.

    Pagi dibuka dengan irama Pound Fit yang menghidupkan suasana. Tak lama setelah itu, acara diresmikan oleh COO & Co-founder Blibli, Lisa Widodo; Chief Corporate Officer & Investor Relations Blibli, Eric Winarta; Program Director Bakti Lingkungan Djarum Foundation,Jemmy Cahyadi;, Wakil Menteri Lingkungan Hidup RI Diaz Hendropriyono, serta sejumlah mitra yang menjadi bagian penting dari perjalanan Langkah Membumi.

    Lisa menjelaskan festival tahun ini dirancang sebagai ruang besar yang mempertemukan gaya hidup aktif dan kesadaran ekologis melalui empat area utama: Eco Motion, Eco Market, Eco Labs, dan Eco Stage – semuanya dirancang untuk menghadirkan pengalaman yang dekat dengan keseharian anak muda.

    “Di Langkah Membumi, kami ingin mengajak masyarakat mulai dari hal sederhana: menjaga tubuh dan bumi tetap sehat. Karena untuk bisa peduli pada lingkungan, kita perlu mulai dari diri sendiri,” ujar Lisa Widodo.

    Di Eco Motion, ribuan langkah, gerakan, dan kayuhan pesepeda menjadi kontribusi nyata bagi bumi. Selama dua hari, komunitas-komunitas olahraga bergabung menghadirkan 11 aktivitas mulai dari Zumba hingga Padel. Setiap partisipasi mereka tercatat sebagai kontribusi pada penanaman mangrove, yang tahun ini mencapai 116.000 mangrove dan akan ditanam secara bertahap bersama mitra teknologi lingkungan Jejak.in.

    Semua data dan capaian ini nantinya dirangkum dalam Impact Report ke-2 yang disusun oleh LCI, memastikan seluruh aksi Langkah Membumi dapat diukur transparan dan memberi dampak nyata.

    Di sisi lain, Eco Labs menjadi ruang belajar yang tak pernah sepi. Dari pagi sampai malam, pengunjung mengikuti lebih dari 430 kelas interaktif – mulai dari meditasi Mind Reset bersama psikolog, kelas warna personal untuk mengurangi kebiasaan belanja berlebihan, hingga membuat sabun dari minyak jelantah dan workshop upcycling untuk anak.

    Mindful Beauty Class bersama Purbasari menjadi salah satu yang paling diminati, sementara Bouquet Workshop dari Sporadies mengajarkan seni merangkai bunga kering tanpa plastik. Semua ini dirancang agar generasi muda belajar merawat diri dan bumi dengan cara yang fun dan relevan.

    Perubahan Dimulai Hari Ini, Dimulai dari Kamu – Langkah Membumi Ecoground 2025 Foto: Qonita/detikcom

    Upaya keberlanjutan festival juga terlihat di balik layar. Seluruh limbah selama acara dikelola bersama ekosistem Sirsak, yang memastikan pemilahan dan pengolahan sampah berjalan dengan benar. Tim lapangan menggunakan rompi daur ulang buatan Pable, pengingat kecil bahwa material sisa pun bisa menjadi sesuatu yang estetis dan bermanfaat.

    Sementara itu, Eco Market menghadirkan UMKM yang membawa semangat keberlanjutan ke dalam produk sehari-hari, seperti Ulur Wiji dengan pewarna alami dan minuman probiotik lokal HALE yang kini menembus pasar internasional.

    Di panggung Eco Stage, tokoh-tokoh seperti Cinta Laura, Luna Maya, Sandiaga Uno, dan Nadia Habibie berbagi perspektif tentang gaya hidup sadar bumi dan pentingnya perubahan-perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten.

    “Nah kemudian yang konsep keempat adalah eco-stage. Di eco-stage kita menampilkan tokoh-tokoh inspiratif yang peduli terhadap sustainability issue seperti Cinta Laura yang telah menjadi Changemaker dari Langkah Membumi Ecoground, Luna Maya, Sandiaga Uno, dan Nadia Habibie,” imbuh Lisa.

    Seluruh acara ini terwujud berkat kolaborasi lintas sektor dari inovasi hijau Samsung Galaxy, BYD, Acer, SHARP, POLYTRON, hingga dukungan finansial BCA, BCA digital, UOB, dan SMBC. Bergabung pula para mitra gaya hidup yang membawa pendekatan kreatif dalam mewujudkan sustainability yang lebih dekat dengan keseharian.

    Pada akhirnya, Langkah Membumi Ecoground 2025 bukan hanya tentang olahraga atau workshop semata. Ini adalah ajakan untuk bergerak bersama sebagai komunitas, mengambil langkah kecil tetapi konsisten, dan melihat bahwa setiap gerakan sekecil apa pun bisa menumbuhkan harapan baru bagi bumi.

    It starts with you, it starts today.

    (ads/ads)

  • Di Blok M, Makmur Jaya Bongkar Resep 3 Menu Eksklusif ala Luar Angkasa

    Di Blok M, Makmur Jaya Bongkar Resep 3 Menu Eksklusif ala Luar Angkasa

    Jakarta:  Makmur Jaya Coffee Roaster memberi kejutan di barisan sajian berbagai jenama minuman yang hadir dalam The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang eksklusif dan unik di Toffin Booth Camp (TBC) di Blok M Hub, Jakarta 27-30 November 2025. Tak sekadar menyajikan minuman kopi biasa, Makmur Jaya tampil dengan tiga menu ajaibnya yang menunya belum pernah disajikan di tokonya.

    Tiga minuman tersebut dikemas dalam konsep Outerspace, dengan tiga minuman ajaib Nebula Fusion, The Milky Way, dan Interstellar. Di mana ketiganya menyimpan konsep filosofis mendalam yang menggambarkan tiga masa, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.

    Makmur Jaya menjelaskan alasan di balik pembagian konsep menu yang unik ini. “Kami ingin menghadirkan pengalaman yang lebih dari sekadar rasa. Tiga konsep ini mewakili perjalanan kami,” ujar perwakilan Makmur Jaya.
    1. Nebula Fusion “Baru Lahir”
    Konsep menu pertama dinamai Nebula Fusion yang bermakna “Baru Lahir” atau “Masa Lalu”. Menu ini merepresentasikan awal mula lahirnya Makmur Jaya.  Menghadirkan “Jenny” sebagai fondasi hasil perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation yang menjadi ciri khas Makmur Jaya.

    Pada menu pertama ini, Jenny diracik dengan susu dan coklat, yang menjadikan Dua minuman andalan yang menjadi favorit sejak awal adalah Es Kopi Susu dan Es Coklat Java. “Ini adalah fondasi dan kenangan pertama kami,” tambahnya.
    2. Masa Kini: “The Milky Way”
    Konsep kedua, “The Milky Way”, melambangkan masa sekarang. Nama ini terinspirasi dari galaksi Bima Sakti tempat manusia berada. “Di tengah galaksi ada black hole. Ibaratkan black hole ini adalah espresso yang menjadi pusat minuman kami. Sedangkan bintang-bintang yang berputar di sekitarnya adalah susu yang kami gunakan. Dari sanalah nama The Milky Way lahir,” paparnya.

    Menu ini pun merupakan representasi dari kekuatan dan keseimbangan yang ada di masa kini.

    The Milky Way. Foto: Medcom/Citra Larasati

    3. Masa Depan: “Interstellar”
    Konsep ketiga adalah “Interstellar”, yang berarti ruang di antara bintang-bintang. Konsep ini mewakili masa depan. Minuman dalam menu ini memiliki lapisan (layer) antara espresso dan clarified milk, yang diibaratkan seperti dua galaksi berbeda, Galaksi A dan Galaksi B yang bertemu dalam satu wadah.

    “Seperti dalam film Interstellar, di mana ada perbedaan waktu dan lompatan ke masa depan. Ini melambangkan bagaimana Kopi Jenny akan berkembang ke depannya. Masa depan seperti apa? Kami belum tahu, tapi kami terus berinovasi,” jelasnya.

    Proses meracik Interstellar. Foto: Medcom/Citra Larasati

    Proses Kreasi dan Rasa yang Unik
    Di balik ketiga konsep tersebut, proses research and development (R&D) dilakukan dengan serius. Untuk menciptakan menu The Milky Way, tim Makmur Jaya melakukan trial and error selama sekitar satu bulan.

    Pemilihan biji kopi pun tidak main-main. “Sebenarnya pemilik kami sudah mengembangkan ide ini sebelum kompetisi. Tapi untuk espresso-nya, kami mencari yang paling pas. Akhirnya kami memilih campuran 70 persen Ethiopia,” ujar perwakilan Makmur Jaya.

    Biji kopi andalan mereka memiliki nama khusus. Untuk produk kaleng, mereka menggunakan nama “Jenny”. Sementara untuk sajian di store, beberapa bulan lalu mereka meluncurkan “Nexus Blend”, yang merupakan perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation.

    “Singkatnya, dari Jenny sampai Nexus Blend, ini adalah perjalanan rasa dan cerita kami,” tutupnya.

    Dengan tiga konsep yang dalam, Kopi Jenny dari Makmur Jaya mengajak pelanggannya untuk menikmati lebih dari sekadar secangkir kopi, tapi juga sebuah narasi tentang waktu, ruang, dan eksplorasi rasa tanpa batas.
    Toffin Booth Camp 2025
    Toffin Booth Camp sendiri merupakan sebuah festival Food & Beverage (F&B) yang mengusung konsep experience bar, kolaborasi, dan pop-up market dalam satu rangkaian acara. Festival ini berlangsung pada 27–30 November 2025 di Blok M Hub, Jakarta.

    Menghadirkan lebih dari top 40 brand F and B dan 10 brand lifestyle, membuat Toffin Booth Camp menjadi ruang kolaboratif yang merayakan kreativitas, inovasi, serta perkembangan gaya hidup kuliner Indonesia dengan mempertemukan para brand, kreator, dan inovator lokal dalam satu tempat.  Merek seperti Gigi Susu, Roti Macan, Makmur Jaya Coffee Roasters, Bali Boozy, Kibo x Warung SCI, Secondfloor, Knots, Braud, Kissa, Crio, Wone Café menjadi line-up yang ditunggu-tunggu di TBC kali ini.

    Ario Fajar, Vice President of Marketing PT Toffin Indonesia, menjelaskan bahwa konsep TBC tahun ini hadir dengan pendekatan yang berbeda. Jika sebelumnya TBC berbentuk workshop, pada 2025 pihaknya mengembangkan konsep acara menjadi sebuah festival yang lebih besar, menghubungkan konsumen dengan pelaku bisnis dalam bentuk menu kolaborasi.

    “Tahun ini adalah tahun kolaborasi, di mana Toffin sebagai pemimpin pasar mengambil peran sebagai penggerak sekaligus wadah bagi brand untuk berinovasi bersama dan mendorong kemajuan ekosistem F&B di Indonesia,” ujar Ario.

    The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang Eksklusif dan Unik Experience Bar di Toffin Booth Camp hadir sebagai ruang eksplorasi rasa yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Di sini, para pengunjung diajak masuk ke dunia omakase menu singkat yang dikurasi langsung oleh brand-brand terbaik di industri F&B. Setiap sesi menghadirkan perjalanan rasa selama 90 menit, lengkap dengan 2-4 hidangan eksklusif yang diracik khusus untuk festival ini.

    Dengan kapasitas hanya 18-20 orang per sesi, Experience Bar memberikan pengalaman intim, personal, dan premium, sebuah kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan kreator, chef, dan barista di balik brand favorit. Pengunjung bisa melihat proses, mendengar cerita, dan merasakan kolaborasi nyata antara Toffin dan para pelaku industri F&B yang sama-sama ingin mendorong inovasi.

    Owner Gigi Susu, Budianto Basari menambahkan, Toffin Booth Camp jadi momen untuk membuka wawasan dan belajar hal yang bisa langsung dipakai di kafe. Sebagai merek yang masih berkembang, pengalaman seperti ini akan meningkatkan kemampuan pegawai. “Pada akhirnya, tujuan kami simpel, bikin semua orang yang datang ke Gigi Susu merasa dapat rasa yang konsisten dan vibe yang hangat. TBC ini jadi reminder kalau proses belajar nggak pernah berhenti, dan justru itu yang bikin perjalanan ini seru,” katanya.

    Pop-Up Market: 50 Brand Ternama dalam Satu Destinasi Selain Experience Bar, TBC 2025 menghadirkan Area Pop-Up Market yang mempertemukan lebih dari 40 brand F&B dan 10 brand lifestyle. Di sini, pengunjung bisa menikmati sajian dari para Top Brands seperti Knots, Braud, Kissa, Mamitoko, Kibo, dan Crio juga Local Brands seperti Blue Doors, Atomic, Lull BakeHouse, Taralle, UD Jaya, HATS, dan masih banyak lagi.

    Head of Alternative Trade Channel Frisian Flag Indonesia, Munkadir Winata, menambahkan, pihaknya sangat antusias dapat menjadi bagian dari Toffin Boothcamp (TBC) 2025 sebagai official milk sponsor. TBC menjadi ruang kolaborasi penting bagi Frisian Flag Indonesia dan para pelaku industri F&B untuk menghadirkan solusi sajian nikmat berbasis produk susu bagi konsumen Indonesia.

    “Di TBC 2025, kami membawa berbagai activation menarik, mulai dari menu demo, Bar Take Over, hingga Latte Art Show bersama Bryan Masga, Pemenang Indonesia Latte Art Championship 2025. Kami juga menghadirkan penawaran terbaik bagi komunitas F&B serta seluruh pengunjung TBC 2025.” ucap Mundakir.

    Pengunjung dapat menikmati beragam pilihan menu, mulai dari kopi, matcha, teh, cocktail, mocktail, es krim, pastry, bakery, cake, hingga burger dan banyak sajian lainnya. Tidak hanya menawarkan pengalaman rasa yang lengkap, acara ini juga memberikan keuntungan ekstra bagi pengunjung. Bank BCA menghadirkan cashback 20% untuk setiap transaksi minimal Rp100 ribu.

    Tidak hanya itu, TBC 2025 juga menghadirkan sebuah panggung yang akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari mini workshop seputar kopi dan pastry, hingga hiburan musik akustik, DJ, dan vinyl. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Toffin Booth Camp, kunjungi laman resmi di toffin.id/toffin-boothcamp-2025 atau Instagram @toffin.id. Toffin Indonesia.

    Toffin merupakan penyedia solusi bisnis food and beverage terdepan di Indonesia yang menghadirkan beragam produk, layanan, dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan industri F&B. Toffin merupakan distributor resmi lebih dari 30 bland global seperti Victoria Arduino, Nuova Simonelli, Hario, BWT, dan masih banyak lagi.

    Jakarta:  Makmur Jaya Coffee Roaster memberi kejutan di barisan sajian berbagai jenama minuman yang hadir dalam The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang eksklusif dan unik di Toffin Booth Camp (TBC) di Blok M Hub, Jakarta 27-30 November 2025. Tak sekadar menyajikan minuman kopi biasa, Makmur Jaya tampil dengan tiga menu ajaibnya yang menunya belum pernah disajikan di tokonya.
     
    Tiga minuman tersebut dikemas dalam konsep Outerspace, dengan tiga minuman ajaib Nebula Fusion, The Milky Way, dan Interstellar. Di mana ketiganya menyimpan konsep filosofis mendalam yang menggambarkan tiga masa, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.
     
    Makmur Jaya menjelaskan alasan di balik pembagian konsep menu yang unik ini. “Kami ingin menghadirkan pengalaman yang lebih dari sekadar rasa. Tiga konsep ini mewakili perjalanan kami,” ujar perwakilan Makmur Jaya.
    1. Nebula Fusion “Baru Lahir”
    Konsep menu pertama dinamai Nebula Fusion yang bermakna “Baru Lahir” atau “Masa Lalu”. Menu ini merepresentasikan awal mula lahirnya Makmur Jaya.  Menghadirkan “Jenny” sebagai fondasi hasil perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation yang menjadi ciri khas Makmur Jaya.

    Pada menu pertama ini, Jenny diracik dengan susu dan coklat, yang menjadikan Dua minuman andalan yang menjadi favorit sejak awal adalah Es Kopi Susu dan Es Coklat Java. “Ini adalah fondasi dan kenangan pertama kami,” tambahnya.

    2. Masa Kini: “The Milky Way”
    Konsep kedua, “The Milky Way”, melambangkan masa sekarang. Nama ini terinspirasi dari galaksi Bima Sakti tempat manusia berada. “Di tengah galaksi ada black hole. Ibaratkan black hole ini adalah espresso yang menjadi pusat minuman kami. Sedangkan bintang-bintang yang berputar di sekitarnya adalah susu yang kami gunakan. Dari sanalah nama The Milky Way lahir,” paparnya.
     
    Menu ini pun merupakan representasi dari kekuatan dan keseimbangan yang ada di masa kini.
     

    The Milky Way. Foto: Medcom/Citra Larasati

    3. Masa Depan: “Interstellar”
    Konsep ketiga adalah “Interstellar”, yang berarti ruang di antara bintang-bintang. Konsep ini mewakili masa depan. Minuman dalam menu ini memiliki lapisan (layer) antara espresso dan clarified milk, yang diibaratkan seperti dua galaksi berbeda, Galaksi A dan Galaksi B yang bertemu dalam satu wadah.
     
    “Seperti dalam film Interstellar, di mana ada perbedaan waktu dan lompatan ke masa depan. Ini melambangkan bagaimana Kopi Jenny akan berkembang ke depannya. Masa depan seperti apa? Kami belum tahu, tapi kami terus berinovasi,” jelasnya.
     

    Proses meracik Interstellar. Foto: Medcom/Citra Larasati

    Proses Kreasi dan Rasa yang Unik
    Di balik ketiga konsep tersebut, proses research and development (R&D) dilakukan dengan serius. Untuk menciptakan menu The Milky Way, tim Makmur Jaya melakukan trial and error selama sekitar satu bulan.
     
    Pemilihan biji kopi pun tidak main-main. “Sebenarnya pemilik kami sudah mengembangkan ide ini sebelum kompetisi. Tapi untuk espresso-nya, kami mencari yang paling pas. Akhirnya kami memilih campuran 70 persen Ethiopia,” ujar perwakilan Makmur Jaya.
     
    Biji kopi andalan mereka memiliki nama khusus. Untuk produk kaleng, mereka menggunakan nama “Jenny”. Sementara untuk sajian di store, beberapa bulan lalu mereka meluncurkan “Nexus Blend”, yang merupakan perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation.
     
    “Singkatnya, dari Jenny sampai Nexus Blend, ini adalah perjalanan rasa dan cerita kami,” tutupnya.
     
    Dengan tiga konsep yang dalam, Kopi Jenny dari Makmur Jaya mengajak pelanggannya untuk menikmati lebih dari sekadar secangkir kopi, tapi juga sebuah narasi tentang waktu, ruang, dan eksplorasi rasa tanpa batas.
    Toffin Booth Camp 2025
    Toffin Booth Camp sendiri merupakan sebuah festival Food & Beverage (F&B) yang mengusung konsep experience bar, kolaborasi, dan pop-up market dalam satu rangkaian acara. Festival ini berlangsung pada 27–30 November 2025 di Blok M Hub, Jakarta.
     
    Menghadirkan lebih dari top 40 brand F and B dan 10 brand lifestyle, membuat Toffin Booth Camp menjadi ruang kolaboratif yang merayakan kreativitas, inovasi, serta perkembangan gaya hidup kuliner Indonesia dengan mempertemukan para brand, kreator, dan inovator lokal dalam satu tempat.  Merek seperti Gigi Susu, Roti Macan, Makmur Jaya Coffee Roasters, Bali Boozy, Kibo x Warung SCI, Secondfloor, Knots, Braud, Kissa, Crio, Wone Café menjadi line-up yang ditunggu-tunggu di TBC kali ini.
     
    Ario Fajar, Vice President of Marketing PT Toffin Indonesia, menjelaskan bahwa konsep TBC tahun ini hadir dengan pendekatan yang berbeda. Jika sebelumnya TBC berbentuk workshop, pada 2025 pihaknya mengembangkan konsep acara menjadi sebuah festival yang lebih besar, menghubungkan konsumen dengan pelaku bisnis dalam bentuk menu kolaborasi.
     
    “Tahun ini adalah tahun kolaborasi, di mana Toffin sebagai pemimpin pasar mengambil peran sebagai penggerak sekaligus wadah bagi brand untuk berinovasi bersama dan mendorong kemajuan ekosistem F&B di Indonesia,” ujar Ario.
     
    The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang Eksklusif dan Unik Experience Bar di Toffin Booth Camp hadir sebagai ruang eksplorasi rasa yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Di sini, para pengunjung diajak masuk ke dunia omakase menu singkat yang dikurasi langsung oleh brand-brand terbaik di industri F&B. Setiap sesi menghadirkan perjalanan rasa selama 90 menit, lengkap dengan 2-4 hidangan eksklusif yang diracik khusus untuk festival ini.
     
    Dengan kapasitas hanya 18-20 orang per sesi, Experience Bar memberikan pengalaman intim, personal, dan premium, sebuah kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan kreator, chef, dan barista di balik brand favorit. Pengunjung bisa melihat proses, mendengar cerita, dan merasakan kolaborasi nyata antara Toffin dan para pelaku industri F&B yang sama-sama ingin mendorong inovasi.
     
    Owner Gigi Susu, Budianto Basari menambahkan, Toffin Booth Camp jadi momen untuk membuka wawasan dan belajar hal yang bisa langsung dipakai di kafe. Sebagai merek yang masih berkembang, pengalaman seperti ini akan meningkatkan kemampuan pegawai. “Pada akhirnya, tujuan kami simpel, bikin semua orang yang datang ke Gigi Susu merasa dapat rasa yang konsisten dan vibe yang hangat. TBC ini jadi reminder kalau proses belajar nggak pernah berhenti, dan justru itu yang bikin perjalanan ini seru,” katanya.
     
    Pop-Up Market: 50 Brand Ternama dalam Satu Destinasi Selain Experience Bar, TBC 2025 menghadirkan Area Pop-Up Market yang mempertemukan lebih dari 40 brand F&B dan 10 brand lifestyle. Di sini, pengunjung bisa menikmati sajian dari para Top Brands seperti Knots, Braud, Kissa, Mamitoko, Kibo, dan Crio juga Local Brands seperti Blue Doors, Atomic, Lull BakeHouse, Taralle, UD Jaya, HATS, dan masih banyak lagi.
     
    Head of Alternative Trade Channel Frisian Flag Indonesia, Munkadir Winata, menambahkan, pihaknya sangat antusias dapat menjadi bagian dari Toffin Boothcamp (TBC) 2025 sebagai official milk sponsor. TBC menjadi ruang kolaborasi penting bagi Frisian Flag Indonesia dan para pelaku industri F&B untuk menghadirkan solusi sajian nikmat berbasis produk susu bagi konsumen Indonesia.
     
    “Di TBC 2025, kami membawa berbagai activation menarik, mulai dari menu demo, Bar Take Over, hingga Latte Art Show bersama Bryan Masga, Pemenang Indonesia Latte Art Championship 2025. Kami juga menghadirkan penawaran terbaik bagi komunitas F&B serta seluruh pengunjung TBC 2025.” ucap Mundakir.
     
    Pengunjung dapat menikmati beragam pilihan menu, mulai dari kopi, matcha, teh, cocktail, mocktail, es krim, pastry, bakery, cake, hingga burger dan banyak sajian lainnya. Tidak hanya menawarkan pengalaman rasa yang lengkap, acara ini juga memberikan keuntungan ekstra bagi pengunjung. Bank BCA menghadirkan cashback 20% untuk setiap transaksi minimal Rp100 ribu.
     
    Tidak hanya itu, TBC 2025 juga menghadirkan sebuah panggung yang akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari mini workshop seputar kopi dan pastry, hingga hiburan musik akustik, DJ, dan vinyl. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Toffin Booth Camp, kunjungi laman resmi di toffin.id/toffin-boothcamp-2025 atau Instagram @toffin.id. Toffin Indonesia.
     
    Toffin merupakan penyedia solusi bisnis food and beverage terdepan di Indonesia yang menghadirkan beragam produk, layanan, dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan industri F&B. Toffin merupakan distributor resmi lebih dari 30 bland global seperti Victoria Arduino, Nuova Simonelli, Hario, BWT, dan masih banyak lagi.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (CEU)

  • Cara Dapat Tiket Kapal Pelni Diskon 20% Spesial Libur Nataru

    Cara Dapat Tiket Kapal Pelni Diskon 20% Spesial Libur Nataru

    Jakarta: Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) sebentar lagi tiba. Sejumlah moda transportasi menghadirkan diskon spesial, salah satunya Kapal Pelni khusus untuk kelas ekonomi.
     
    Diskon sebesar 20 persen ini berlaku untuk pembelian kelas ekonomi mulai 21 November 2025, dalam periode perjalanan 17 Desember 2025 hingga 10 Januari 2025 di seluruh tujuan dan pelabuhan yang disinggahi kapal penumpang.
     
    Diskon 20 persen tersebut hanya berlaku untuk tarif dasar, yaitu tarif tiket sebelum ditambahkan komponen biaya asuransi dan pas pelabuhan. Kuota untuk diskon juga terbatas. Jika kuota telah habis, maka sistem akan otomatis mengembalikan harga ke tarif normal.
     
    Lantas, bagaimana cara mendapatkan diskon kapal pelni?
     
    Cara Dapat Tiket Diskon Kapal Pelni
    Diskon 20 persen tiket Kapal Pelni ini berlaku di seluruh channel pembelian tiket kapal Pelni, seperti aplikasi PELNI Mobile, website PELNI, contact center 162, loket cabang, fitur Lifestyle BCA Mobile, OVO, Sukha by Livin Mandiri, BNI agen46, dan BRImo.
     
    Berlaku juga di jaringan Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, MMBC, Darmawisata Indonesia hingga Versa dan Topindo.

     

     

    1. Cek Tiket PELNI via Website Resmi
    – Kunjungi website resmi PELNI
    – Masukkan data rute dan tanggal perjalanan
    – Informasi tiket langsung muncul secara real-time
    – ‌Tentukan jumlah penumpang. Kategori penumpang tersedia untuk penumpang dewasa dan bayi (0-23 bulan) ‌
    – Pilih kelas kapal (Kelas ekonomi untuk tarif yang mendapat diskon 20 persen) ‌
    – Pilih “Cari Pelayaran” ‌Tarif yang tertera nantinya sudah menampilkan tarif dengan diskon 20 persen ‌
    -Isi data pribadi berupa: nama pemesan, tanggal lahir, email, nomor telepon, alamat, nomor identitas (KTP/SIM/Passport/KIA) ‌
    – Pilih “Lanjut” untuk menyelesaikan pembayaran.
    2. Cek Tiket PELNI di Aplikasi PELNI Mobile
    – Unduh aplikasi PELNI Mobile di smartphone
    – Masukkan pelabuhan keberangkatan dan tujuan
    – Pilih tanggal keberangkatan
    – Sistem akan menampilkan jadwal, harga, serta tersedia atau tidaknya tiket diskon
     
    3. Melalui Contact Center PELNI
    – Hubungi Contact Center 162
    – Sampaikan rute dan tanggal perjalanan
    – Petugas akan membantu proses pengecekan tiket

     

    4. Cek Tiket PELNI Lewat Aplikasi Bank & E-Wallet
    Tiket juga bisa dicek dan dibeli melalui:
     
    – BCA Mobile (Fitur Lifestyle)
    – Livin’ by Mandiri
    – BRImo
    – BNI Agen46
    – OVO
     
    5. Cek Tiket Secara Langsung (Offline)
    Bagi yang lebih nyaman offline, cek tiket PELNI juga bisa dilakukan di:
     
    – Loket resmi PELNI
    – Indomaret, Alfamart, Alfamidi
    – OMI Indogrosir
     
    Untuk pembayaran, Pelni bekerjasama dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, iSaku, Finpay, dan Fastpay.

    Jakarta: Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) sebentar lagi tiba. Sejumlah moda transportasi menghadirkan diskon spesial, salah satunya Kapal Pelni khusus untuk kelas ekonomi.
     
    Diskon sebesar 20 persen ini berlaku untuk pembelian kelas ekonomi mulai 21 November 2025, dalam periode perjalanan 17 Desember 2025 hingga 10 Januari 2025 di seluruh tujuan dan pelabuhan yang disinggahi kapal penumpang.
     
    Diskon 20 persen tersebut hanya berlaku untuk tarif dasar, yaitu tarif tiket sebelum ditambahkan komponen biaya asuransi dan pas pelabuhan. Kuota untuk diskon juga terbatas. Jika kuota telah habis, maka sistem akan otomatis mengembalikan harga ke tarif normal.
     
    Lantas, bagaimana cara mendapatkan diskon kapal pelni?
     
    Cara Dapat Tiket Diskon Kapal Pelni
    Diskon 20 persen tiket Kapal Pelni ini berlaku di seluruh channel pembelian tiket kapal Pelni, seperti aplikasi PELNI Mobile, website PELNI, contact center 162, loket cabang, fitur Lifestyle BCA Mobile, OVO, Sukha by Livin Mandiri, BNI agen46, dan BRImo.
     
    Berlaku juga di jaringan Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, MMBC, Darmawisata Indonesia hingga Versa dan Topindo.
     
     

     

    1. Cek Tiket PELNI via Website Resmi

    – Kunjungi website resmi PELNI
    – Masukkan data rute dan tanggal perjalanan
    – Informasi tiket langsung muncul secara real-time
    – ‌Tentukan jumlah penumpang. Kategori penumpang tersedia untuk penumpang dewasa dan bayi (0-23 bulan) ‌
    – Pilih kelas kapal (Kelas ekonomi untuk tarif yang mendapat diskon 20 persen) ‌
    – Pilih “Cari Pelayaran” ‌Tarif yang tertera nantinya sudah menampilkan tarif dengan diskon 20 persen ‌
    -Isi data pribadi berupa: nama pemesan, tanggal lahir, email, nomor telepon, alamat, nomor identitas (KTP/SIM/Passport/KIA) ‌
    – Pilih “Lanjut” untuk menyelesaikan pembayaran.

    2. Cek Tiket PELNI di Aplikasi PELNI Mobile

    – Unduh aplikasi PELNI Mobile di smartphone
    – Masukkan pelabuhan keberangkatan dan tujuan
    – Pilih tanggal keberangkatan
    – Sistem akan menampilkan jadwal, harga, serta tersedia atau tidaknya tiket diskon
     

    3. Melalui Contact Center PELNI

    – Hubungi Contact Center 162
    – Sampaikan rute dan tanggal perjalanan
    – Petugas akan membantu proses pengecekan tiket
     
     

    4. Cek Tiket PELNI Lewat Aplikasi Bank & E-Wallet

    Tiket juga bisa dicek dan dibeli melalui:
     
    – BCA Mobile (Fitur Lifestyle)
    – Livin’ by Mandiri
    – BRImo
    – BNI Agen46
    – OVO
     

    5. Cek Tiket Secara Langsung (Offline)

    Bagi yang lebih nyaman offline, cek tiket PELNI juga bisa dilakukan di:
     
    – Loket resmi PELNI
    – Indomaret, Alfamart, Alfamidi
    – OMI Indogrosir
     
    Untuk pembayaran, Pelni bekerjasama dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, iSaku, Finpay, dan Fastpay.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Nabung 18 Valuta Asing Lebih Mudah & Praktis Lewat Poket Valas di myBCA

    Nabung 18 Valuta Asing Lebih Mudah & Praktis Lewat Poket Valas di myBCA

    Jakarta

    Perjalanan ke luar negeri kini menjadi kebutuhan yang semakin umum bagi banyak orang Indonesia. Baik untuk urusan liburan, studi, hingga perjalanan bisnis, aktivitas di luar negeri menuntut persiapan keuangan yang lebih matang.

    Salah satunya adalah memiliki tabungan mata uang asing agar pengeluaran selama di negara tujuan dapat dikelola dengan lebih mudah. Mulai dari kebutuhan harian seperti transportasi, kuliner atau belanja, semua akan jauh lebih praktis ketika dana yang digunakan sudah dalam mata uang yang sesuai.

    Melihat kebutuhan tersebut, banyak traveler hingga pekerja global kini mencari solusi yang lebih simpel untuk memiliki tabungan dollar, yen, yuan, hingga poundsterling, tanpa harus membuka banyak rekening atau menjalani proses yang panjang.

    Kini, kebutuhan tersebut dijawab melalui Poket Valas di myBCA, fitur yang memungkinkan nasabah memiliki hingga 18 pilihan valuta asing hanya dalam satu rekening melalui aplikasi myBCA. Prosesnya mudah, fleksibel, dan mendukung kebutuhan transaksi internasional mulai dari menabung valas, transfer lintas negara, hingga penggunaan untuk bertransaksi saat bepergian ke luar negeri.

    Keuntungan Menggunakan Poket Valas di myBCA

    Fitur Poket Valas dirancang untuk memudahkan nasabah dalam mengelola kebutuhan transaksi global. Dengan satu aplikasi, nasabah dapat menyimpan, menambah, hingga mentransfer berbagai mata uang asing tanpa harus membuka rekening baru.

    Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuan menabung hingga 18 mata uang asing, mulai dari USD (dollar AS), JPY (yen), CNY (yuan), EUR (euro), sampai GBP (pound sterling) dan lainnya. Seluruh transaksi menggunakan kurs kompetitif dan nasabah bisa mengisi saldo valas kapan pun di mana pun

    Poket Valas juga memudahkan proses transfer valas, baik ke sesama Rekening BCA maupun ke rekening bank lain di dalam ataupun luar negeri. Semua proses dapat dilakukan langsung melalui aplikasi myBCA.

    Keuntungan lainnya adalah kemudahan transaksi di luar negeri. Nasabah dapat melakukan tarik tunai atau bertransaksi di luar negeri tanpa konversi kurs (1:1) dengan mendebet dana langsung dari Poket Valas menggunakan Kartu Debit BCA Mastercard. Nilai transaksi mengikuti mata uang yang digunakan, sehingga tidak ada biaya konversi tambahan saat traveling.

    Cara Aktivasi Poket Valas di Aplikasi myBCA

    Pada aplikasi myBCA, klik “Aktifkan Poket Valas”. Ikuti proses dan tentukan mata uang serta nominal untuk setoran awal. Lanjutkan dengan menyetujui ketentuan dan pernyataan pembelian valas. Pastikan detail untuk setoran awal sudah benar dan masukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi. Poket Valas sudah dapat digunakan untuk menabung ataupun transaksi mata uang asing.

    Untuk mengecek saldo Poket Valas di myBCA, pengguna cukup login, masuk ke menu Poket, lalu klik Selengkapnya untuk melihat saldo tiap mata uang. Jika ingin menambah dana, pilih mata uang yang diinginkan, klik Tambah Dana, tentukan sumber dana, masukkan nominal, dan selesaikan transaksi dengan PIN.

    Dengan fitur Poket Valas di myBCA, mengelola tabungan serta transaksi dalam mata uang asing kini menjadi jauh lebih praktis, fleksibel, dan efisien, baik untuk kebutuhan traveling, bisnis, maupun transaksi global sehari-hari. Semua dapat dilakukan dalam satu aplikasi tanpa proses rumit.

    Mulai siapkan perjalanan dan kebutuhan transaksi internasionalmu dengan lebih mudah lewat myBCA, dan nikmati kemudahan memiliki hingga 18 mata uang asing dalam genggaman. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman berikut.

    BCA berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia. BCA merupakan peserta penjaminan LPS.

    (ega/ega)

  • OPPO Run 2025 Sukses Digelar, Diikuti 7.000 Pelari dari 20 Negara

    OPPO Run 2025 Sukses Digelar, Diikuti 7.000 Pelari dari 20 Negara

    Jakarta

    OPPO Run 2025 Powered by myBCA sukses digelar di Bali. Tahun ini, ajang lari tahunan tersebut tidak hanya berhasil menarik 7000 pelari dari 20 negara, tetapi juga memperlihatkan bagaimana olahraga, komunitas, teknologi, dan aksi sosial dapat bersatu dalam satu perayaan besar yang menginspirasi.

    Di bawah langit Bali yang cerah sejak pagi, ribuan peserta menempuh rute 5K, 10K, hingga Half Marathon 21K yang memberikan pengalaman, tantangan dan keindahan panorama dari pulau Dewata. Sorakan penonton dan antusiasme komunitas membuat suasana Race Day terasa hidup dan penuh semangat positif.

    Vice President OPPO Indonesia Patrick Owen menyampaikan apresiasi mendalam atas antusiasme yang tercipta sejak Race Pack Day hingga Race Day. Menurutnya, tahun ini terasa sangat spesial.

    “Melihat ribuan pelari berkumpul dan berlari bersama dengan semangat yang begitu besar membuat kami yakin bahwa OPPO Run bukan sekadar event olahraga, tetapi ruang bagi setiap orang untuk Make Your Moment. Kami bangga melihat peserta tidak hanya mengejar garis finish, tetapi juga menciptakan arti baru dalam perjalanan mereka masing-masing,” ujar Patrick, dalam keterangan tertulis, Senin (1/12/2025).

    “Tahun ini, kehadiran OPPO Find X9 Series juga memberikan dimensi baru pada pengalaman berlari, memungkinkan peserta mengabadikan setiap momen berharga dengan kualitas foto dan video terbaik sepanjang rute,” sambungnya.

    Event ini juga menjadi momentum besar bagi pelari pemula yang baru pertama kali mengikuti lomba, pelari profesional yang mengejar catatan waktu terbaik, hingga keluarga yang berpartisipasi dalam Kids Dash. Bagi banyak peserta, Race Day ini bukan hanya soal waktu, tetapi juga tentang momen yang dibangun bersama orang-orang terdekat.

    Foto: OPPO

    Teknologi Find X9 Series Jadi Andalan Pelari Abadikan Perjalanan

    Sepanjang Race Day, banyak peserta memakai OPPO Find X9 Series untuk mendokumentasikan perjalanan mereka. Perangkat flagship ini menjadi favorit berkat kamera Hasselblad Telephoto 200MP yang mampu menangkap pemandangan Bali dengan detail tajam, serta fitur video 4K 120fps Dolby Vision yang membuat rekaman perjalanan tampak sinematik meskipun diambil sambil berlari.

    “OPPO Find X9 ini smartphone yang bener-bener enak banget buat diajak buat foto-foto dalam kondisi yang pergerakannya cepat. Jadi Make Your Moment bakal lebih asik dengan Find X9 ini, gue bisa ambil foto dengan sangat easy” jelas salah satu peserta OPPO Run 2025 Tjandra.

    Dukungan baterai besar 7500 mAh dan performa chipset MediaTek Dimensity 9500 memastikan pelari dapat merekam seluruh perjalanan sepanjang hari tanpa hambatan, sekaligus mengunggah momen mereka dengan cepat dan mudah.

    Pemenang OPPO Run 2025 Cetak Rekor Baru

    Race Day tahun ini mencatatkan deretan pemenang baru dari kategori 5K, 10K, dan Half Marathon. Dengan kondisi cuaca ideal, lintasan yang penuh dengan tantangan, serta fasilitas lengkap untuk memanjakan para pelari sekaligus berikan pengalaman berlari yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya, banyak pelari berhasil mencatatkan waktu terbaik mereka pada masing-masing kategori.

    Juara pertama Half Marathon 21K Overall Male berhasil diraih oleh James Kahura dengan catatan waktu 01:08:54, mendominasi lintasan sejak pace awal hingga menyentuh garis finish dan mencatatkan waktu tercepat sepanjang penyelenggaraan OPPO Run. Di kategori Half Marathon 21K Overall Female, Lydia Naliaka Wamalwa tampil konsisten dari kilometer pertama hingga akhir dan finish dengan waktu 01:21:09, disambut sorakan meriah dari para penonton.

    Pada kategori 10K, pelari Indonesia Nurshodiq memimpin lomba dengan kecepatan stabil dan finish terdepan dengan waktu 00:32:26, mencatatkan pencapaian personal yang membanggakan. Sementara itu, kategori 10K Overall Female dimenangkan oleh Novia Nur Nirwani yang berhasil menjaga ritme dan strategi pace hingga akhirnya mengamankan posisi pertama dengan waktu 00:38:34.

    Di kategori 5K National Male, Marselinus Manjur mencatatkan waktu tercepat 00:16:32, menunjukkan potensi besar pelari muda Indonesia. Juara pertama 5K National Female diraih oleh Ni Ketut Cita dengan waktu 00:19:31, mempertahankan ritme cepat sejak start hingga finish di tengah dukungan meriah komunitas lokal.

    Total hadiah yang diberikan kepada para pemenang di OPPO Run 2025 senilai Rp 545,5 juta, menjadikannya salah satu kompetisi lari paling menarik di Indonesia.

    Foto: OPPO

    Charity Runner Berhasil Kumpulkan Donasi Ratusan Juta

    Selain kompetisi, OPPO Run 2025 kembali menghadirkan Charity Runner yang berlari sambil menggalang donasi. Tahun ini, total donasi yang berhasil terkumpul mencapai Rp 704.258.205, yang akan disalurkan untuk program pemberdayaan keluarga di berbagai daerah di Indonesia melalui YCAB Foundation.

    YCAB Foundation merupakan organisasi nirlaba di Indonesia yang berfokus pada peningkatan akses dan kesempatan pendidikan yang lebih baik bagi keluarga prasejahtera. Melalui berbagai program pendidikannya, YCAB berkomitmen membuka peluang agar anak-anak dan keluarga dapat membangun masa depan yang lebih mandiri dan berkelanjutan.

    “Kolaborasi dengan OPPO RUN 2025 dan upaya para Pelari Charity menunjukkan bahwa setiap langkah dapat membuka pintu masa depan bagi anak-anak prasejahtera. Dukungan ini bukan sekadar beasiswa, tetapi harapan baru yang memungkinkan mereka terus belajar dan meraih mimpi,” ujar Founder & CEO YCAB Foundation Veronica Colondam.

    “Kami percaya, ketika kita bergerak bersama, kita dapat menciptakan perubahan nyata bagi generasi muda Indonesia,” sambungnya.

    Dana yang dihimpun melalui Charity Runner akan digunakan untuk mendukung program pembinaan serta peningkatan akses pendidikan bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan. YCAB Foundation dan OPPO menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah menjadi bagian dari gerakan sosial ini, baik melalui partisipasi lari maupun donasi langsung.

    OPPO Run 2025: Lebih dari Sekadar Lomba Lari

    Dengan fasilitas kelas internasional, festival musik yang meriah dengan deretan musisi lokal, dukungan sponsor seperti BCA, BCAinsurance, ISOPLUS, Le Minerale, MILLS, Fitness Plus, Garuda Indonesia, Indofood dan masih banyak lagi, serta partisipasi ribuan pelari dari berbagai latar belakang, OPPO Run 2025 kembali berhasil menciptakan pengalaman yang memadukan olahraga, hiburan, komunitas, dan teknologi dalam satu panggung besar.

    Event ini bukan sekadar lomba lari, namun menjadi ruang di mana pelari merayakan pencapaian pribadi mereka, keluarga yang membangun kenangan tak terlupakan, dan komunitas yang bergerak bersama dalam semangat yang sama.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO Indonesia dan OPPO Find X9 Series, kunjungi www.oppo.co.id.

    (anl/ega)

  • Konsensus Ekonom Ramal Surplus Dagang RI Turun ke US,8 Miliar pada Oktober 2025

    Konsensus Ekonom Ramal Surplus Dagang RI Turun ke US$3,8 Miliar pada Oktober 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Konsensus ekonom memproyeksikan surplus neraca perdagangan Indonesia akan berlanjut pada Oktober 2025 atau 66 bulan secara beruntun. Kendati demikian, surplus diproyeksikan akan menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

    Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan kinerja neraca perdagangan Indonesia selama Oktober 2025 pada Senin (1/12/2025) esok.

    Berdasarkan konsensus proyeksi 18 ekonom yang dihimpun Bloomberg, nilai tengah (median) surplus neraca perdagangan pada Oktober 2025 diproyeksikan sebesar US$3,80 miliar. Proyeksi tersebut lebih rendah dari realisasi neraca dagang bulan sebelumnya atau September 2025 senilai US$4,34 miliar.

    Estimasi tertinggi dikeluarkan oleh Ekonom Barclays Bank PLC Brian Tan dengan nominal US$4,75 miliar. Sebaliknya, estimasi terendah diberikan oleh Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) David Sumual dengan angka US$2 miliar.

    David menjelaskan proyeksi tersebut dipengaruhi oleh ekspor yang hanya naik 0,05% secara tahunan (year on year/YoY) dan 2,78% secara bulanan (month on month/MoM). Di sisi lain, impor naik lebih tinggi sebesar 2,23% YoY dan 8,87% MoM.

    “Trade balance [neraca dagang] turun di Oktober karena ekspor tumbuh lebih lambat. Ini juga terindikasi dari data impor negara-negara lain, terutama ekspor ke China, Jepang, dan India,” jelas David kepada Bisnis, Minggu (30/11/2025).

    Dari sisi harga, David mencatat bahwa komoditas ekspor cenderung stagnan kecuali tembaga dan timah yang naik.

    Sementara itu, impor naik terutama dari Singapura. Menurut David, kenaikan itu diimbangi oleh harga komoditas impor yang sebagian besar juga turun.

    “Terutama minyak, batu bara dan komoditas pertanian seperti coklat,” tutupnya.