Perusahaan: PT Astra International Tbk

  • 2,3 Juta Kendaraan Lintasi Tol Astra Infra hingga H-3 Lebaran 2025

    2,3 Juta Kendaraan Lintasi Tol Astra Infra hingga H-3 Lebaran 2025

    JAKARTA – Astra Infra yang dinaungi oleh PT Astra International Tbk. (ASII) menyebut, adanya peningkatan jumlah kendaraan di sejumlah ruas tol kelolaan Astra Infra saat arus mudik Lebaran 2025. 

    Secara akumulasi, hingga H-3 Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah atau Jumat, 28 Maret, tercatat total lebih dari dua juta kendaraan telah melewati ruas tol Astra Infra 

    “Secara akumulasi hingga H-3 Lebaran, sejumlah 2.320.564 kendaraan telah melewati ruas tol Astra Infra,” ujar Head of Corporate Communications Astra Infra Deddy Pradityo Opficon dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Maret.

    Deddy mengatakan, masih terdapat peningkatan jumlah kendaraan di ruas Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) dan Jombang–Mojokerto hingga H-3 Lebaran atau pada Jumat, 28 Maret.

    Pada H-3 Lebaran, ruas Tol Cipali telah dilalui sekitar 134.000 kendaraan atau naik sekitar 138 persen bila dibandingkan lalu lintas harian normal dan meningkat 5 persen dibandingkan periode Lebaran 2024.

    Adapun di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto terpantau lalu lintas lancar di kedua arah. Sedikitnya ada 55.000 kendaraan melintas hingga H-3 Lebaran. Angka ini naik 79 persen bila dibandingkan lalu lintas harian normal dan meningkat 1 persen dibandingkan periode Lebaran tahun lalu.

    “Tiga hari menuju perayaan Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah, terpantau arus lalu lintas di ruas tol Astra Infra ramai lancar. Masih terdapat peningkatan jumlah kendaraan di ruas Tol Cipali dan Jombang–Mojokerto,” ucap Deddy.

    Untuk menciptakan perjalanan mudik yang lancar dan aman, kata Deddy, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan untuk merencanakan perjalanan mudik dengan bijak, yakni menghindari periode yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik. 

    Lalu, jaga batas kecepatan, istirahat yang cukup setiap maksimal 4 jam berkendara dan hindari mengemudi dalam kondisi lelah atau mengantuk. 

    Jika cuaca hujan, pengguna jalan diimbau untuk berkendara dengan kecepatan maksimal 70 km/jam.

    Pengguna jalan juga diimbau untuk tidak menggunakan atau berhenti di bahu jalan tol kecuali dalam keadaan darurat. 

    “Bagi pengendara yang hendak melakukan penyeberangan laut diimbau untuk dapat mempersiapkan tiket ferry sebelum melakukan perjalanan. Tiket ferry hanya bisa dibeli melalui aplikasi atau website ferizy maksimal 5 kilometer sebelum tiba di pelabuhan,” pungkasnya.

  • Daihatsu Siapkan 81 Bengkel Siaga untuk Mudik Lebaran 2025

    Daihatsu Siapkan 81 Bengkel Siaga untuk Mudik Lebaran 2025

    Jakarta

    Menyambut momen libur Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Daihatsu mendukung perjalanan mudik pelanggan setianya dengan menghadirkan layanan Bengkel Siaga dan Pos Siaga yang berlangsung selama periode 28 Maret-6 April 2025.

    Daihatsu siapkan 81 Bengkel Siaga yang tersebar di seluruh Indonesia, dan siap melayani pelanggan selama periode libur Lebaran, termasuk di hari Sabtu dan Minggu dengan jam operasional yang telah ditentukan.

    Adapun ke-81 titik Bengkel Siaga Daihatsu meliputi 12 bengkel siaga di area Sumatera; Jakarta dan sekitarnya atau Jabodetabek (18), Jawa Barat (8), Jawa Tengah dan DIY
    (10), Jawa Timur (10), Bali dan Nusa Tenggara (5), Kalimantan (7), dan area IBT (Indonesia Bagian Timur) seperti Sulawesi & Papua sebanyak 11 bengkel.

    Pada periode yang sama, Daihatsu juga menghadirkan 6 Pos Siaga yang siap menemani perjalanan mudik pelanggan setianya. Selama perjalanan mudik, konsumen Daihatsu dapat memanfaatkan layanan Pos Siaga Astra Daihatsu seperti, servis kendaraan, tempat istirahat nyaman, koneksi internet gratis (free wi-fi), free snack, serta layanan lainnya.

    Adapun lokasi ke-6 Pos Siaga Astra Daihatsu meliputi, Rest Area Tol Bakauheni Lampung KM 163 A; Rest Area Tol Cipali KM 166 A; Rest Area Resta Pendopo Tol Semarang – Solo KM 456 A; Rest Area Resta Pendopo Tol Semarang – Solo KM 456 B; Atmos Café Jl. Raya Bumiayu Tegal Brebes; dan Paiton di SPBU 5468310 Utama Raya Krajan, Banyuglugur, Situbondo.

    Sebelum melakukan aktivitas mudik, pastikan kendaraan Anda tetap prima dan telah diservis di bengkel resmi. Anda juga dapat menikmati layanan service di rumah atau di mana saja lewat Daihatsu Mobile Service.

    Manfaatkan juga layanan promo THR (Tebar Hemat Ramadhan) yang berlangsung hingga 31 Maret 2025 di seluruh bengkel resmi Daihatsu di Indonesia dengan melakukan booking service.

    Nikmati berbagai benefit Paket Berkala Hemat (Paket Berhemat) yang menawarkan diskon 25% untuk jasa perawatan berkala, diskon 10% untuk oli mesin & material, serta diskon 5% untuk pembelian suku cadang, Paket Siap Mudik (Pak Sidik) yang mencakup layanan tune-up, pembersihan rem, dan penggantian oli dengan harga spesial mulai dari Rp 783.000.

    “Daihatsu siap menemani perjalanan mudik pelanggan dalam menyambut momen berharga bersama keluarga selama libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Semoga kehadiran Bengkel Siaga dan Pos Siaga Daihatsu ini dapat membuat perjalanan Sahabat Daihatsu yang mudik tetap aman, nyaman, dan menyenangkan bersama keluarga,” ujar Yanuar Krisna, Deputy After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Tbk. – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

    (lua/din)

  • Meriahkan Lebaran lewat Gelaran DAIFIT 2025, Astra Daihatsu: Beli Mobil Bisa Menang Umroh

    Meriahkan Lebaran lewat Gelaran DAIFIT 2025, Astra Daihatsu: Beli Mobil Bisa Menang Umroh

    Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Astra Daihatsu menghadirkan berbagai promo spesial melalui program Daihatsu Idulfitri (DAIFIT) 2025.

    Program itu berlangsung mulai 1 Februari hingga 30 April 2025 dan menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi pelanggan setia Daihatsu.

    Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono mengatakan salah satu highlight dari DAIFIT 2025 adalah kesempatan memenangkan undian umroh untuk sembilan pemenang beruntung.

    “Pengundian akan dilakukan pada Mei 2025, memberikan kesempatan istimewa bagi pelanggan untuk meraih pengalaman spiritual yang tak terlupakan,” kata Tri, Kamis (14/3/25).

    Sementara itu, Kepala Wilayah Jawa Timur Astra Daihatsu Andrianto mengatakan, bahwa selama periode program, pihaknya menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan, antara lain gratis biaya administrasi kredit, paket spesial tukar tambah.

    Kemudian paket kredit dengan bunga ringan, diskon spesial Ramadan, dan hadiah langsung untuk setiap pembelian unit tertentu (syarat & ketentuan berlaku)

    “Selain promo pembelian, Daihatsu juga akan menggelar Showroom Event di seluruh outlet resmi Daihatsu di sembilan wilayah di Indonesia,” jelasnya.

    Andrianto menyatakan program itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki mobil impian mereka.

    “Kami berharap penawaran spesial ini dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mobilnya sehingga mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.”

    “Bagi Sahabat Daihatsu yang ingin menikmati promo DAIFIT 2025, pastikan untuk melakukan pembelian di outlet resmi Daihatsu. Untuk info lebih lanjut dan lengkapnya, pelanggan bisa menghubungi wiraniaga Daihatsu atau mengunjungi dealer terdekat di kota masing-masing,” ujar Andrianto.

    Ia juga menambahkan, untuk penjualan di Jatim sendiri saat ini unit yang juara adalah Sigra dan Ayla.

    “Segmen LCGC memang banyak diminati. Di kami yang juara memang unit Sigra dan Ayla,” tandasnya.

  • Penjualan Daihatsu Januari-Februari 2025 Tembus 23 Ribu Unit, Ini Model Terlarisnya

    Penjualan Daihatsu Januari-Februari 2025 Tembus 23 Ribu Unit, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Astra Daihatsu Motor (AHM) merilis data penjualan retail periode Januari-Februari 2025. Dalam dua bulan pertama tahun 2025 ini, penjualan retail Daihatsu menembus angka 23.806 unit. Ini model terlarisnya.

    Sebagai informasi, pasar otomotif nasional selama dua bulan pertama 2025 mencatatkan raihan sekitar 133 ribu unit, sehingga market share penjualan retail Daihatsu sebesar 17,8%.

    Penjualan mobil Daihatsu didukung tiga model andalan, mulai LCGC MPV Daihatsu Sigra yang menjadi kontributor utama penjualan Daihatsu dengan penjualan sebanyak 7.368 unit atau berkontribusi sebesar 31%, disusul mobil komersil Daihatsu Gran Max Pick Up sebanyak 6.547 unit sebesar 28%, dan Terios sejumlah 2.681 unit atau sekitar 11%.

    “Kami bersyukur Daihatsu tetap catatkan kinerja positif hingga Februari. Kami berkomitmen untuk memberikan penawaran serta layanan terbaik kepada pelanggan, khususnya mengambil momentum menjelang Lebaran,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, dalam keterangannya, Rabu (12/3/2025).

    Selama periode menyambut lebaran, Daihatsu juga memberikan beragam promo, mulai dari penjualan seperti beli mobil Daihatsu di program DAIFIT (Daihatsu Idul Fitri) pada 1 Februari-30 April 2025 berkesempatan mendapat hadiah umroh untuk 9 orang pemenang yang beruntung.

    Daihatsu juga memberikan program servis khusus yang dapat dinikmati pelanggan dengan servis mobil lebih awal agar perjalanan mudik atau libur Lebaran dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri lebih aman dan nyaman melalui Promo Service THR (Tebar Hemat Ramadhan) yang berlaku pada 1-20 Maret 2025.

    Tak hanya pemilik mobil baru, Daihatsu juga manjakan pelanggan yang baru memiliki mobil bekas Daihatsu dan ingin merawat kendaraannya tetap prima melalui promo Sehati (Second Hand Activation).

    (lua/din)

  • Penjualan Mobil Loyo, Kinerja Emiten Suku Cadang Ikut Melempem?

    Penjualan Mobil Loyo, Kinerja Emiten Suku Cadang Ikut Melempem?

    Jakarta

    Emiten suku cadang otomotif, PT Jantra Grupo Indonesia Tbk (KAQI) optimistis menargetkan peningkatan pendapatan Rp 75 miliar pada 2025. Sementara laba bersih ditargetkan naik minimal 20%.

    Komisaris Independen KAQI, Beni Hendrawan mengatakan, kinerja optimis perseroan tidak akan terganggu dengan tren penurunan penjualan mobil. Apalagi, kata dia, perseroan fokus pada perawatan kendaraan.

    “Kita bergerak sebenarnya di subnya, yaitu di bengkel, yang mana bukan hanya penjualan mobil baru, tapi juga lebih kepada perawatan mobil sebenarnya,” kata Beni kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan, Senin (10/3/2025).

    Beni mengatakan, kesadaran masyarakat akan kenyamanan dan keselamatan kendaraan, khususnya mobil meningkat. Ia meyakini, bisnis perseroan tidak akan terpengaruh oleh penurunan penjualan mobil.

    “Kalau kita lihat sekarang pertumbuhan itu malah lebih baik, jadi keselamatan dan kesadaran masyarakat terhadap rasa nyaman mobil sama keselamatan mobilnya itu sekarang lebih meningkat,” jelasnya.

    Ia menambahkan, pendapatan KAQI juga berpeluang tumbuh di periode libur Lebaran. Sebagaimana bengkel pada umumnya, periode libur hari besar turut menyumbang pada pendapatan perusahaan.

    “Jadi memang ya sama seperti bengkel-bengkel umum padanya umumnya ya pada saat ada season-seasonnya, season terutama seperti lebaran, akhir tahun, itu season di mana ada liburan panjang, itu biasanya akan lebih banyak atau lebih tinggi permintaannya,” tutupnya.

    Melalui IPO, KAQI membidik dana segar Rp 53,1 miliar. Nantinya, dana IPO dialokasikan untuk mendukung operasional dan membuka lima cabang bengkel baru di Bandung, Bekasi, Surabaya, dan Semarang, serta bengkel yang akan didirikan di lahan Bona Indah.

    Sementara itu, berdasarkan pantauan detikcom pada panel perdagangan BEI pukul 09.00 WIB, emiten di sektor otomotif ini terbang 21,19% ke level Rp 143 per lembar saham saat mengawali kiprahnya di pasar modal.

    Angka Penjualan Mobil

    Dikutip dari detikOto, data penjualan mobil yang dibagikan PT Astra International dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil pada Januari 2025 tercatat hanya sebanyak 61.849 unit. Angka itu turun dari perolehan Desember 2024 yang mencapai 79.806 unit.

    Padahal, penjualan mobil pada akhir 2024 sempat menunjukkan tren positif dengan penjualan lebih dari 70 ribu unit per bulan. Jika dibandingkan Desember 2024, penjualan mobil pada Januari 2025 turun 22,5%. Kalau dibandingkan dengan penjualan Januari 2024 yang mencapai 69.758 unit, perolehan Januari 2025 turun 11,3%.

    Sementara itu, merek otomotif di bawah naungan grup Astra tetap menjadi pemimpin pasar. Grup Astra yang terdiri dari Toyota (termasuk Lexus), Daihatsu, Isuzu, dan UD Trucks mencatatkan penjualan 34.531 unit. Pangsa pasar grup Astra mencapai 56 %.

    (ara/ara)

  • Laba Bersih FIF di 2024 Capa Senilai Rp4,4 Triliun, Berkat Keberhasilan Kinerja 5 Portofolionya

    Laba Bersih FIF di 2024 Capa Senilai Rp4,4 Triliun, Berkat Keberhasilan Kinerja 5 Portofolionya

    Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, mencatat laba bersih sebesar Rp4,4 triliun pada periode Januari hingga Desember 2024 atau sampai dengan kuartal IV 2024.

    Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 7,5 persen secara year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama di tahun 2023, dengan laba bersih sebesar Rp4,1 triliun.

    Direktur FIF, Valentina Chai, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan, mitra bisnis, dan karyawan FIF atas kontribusi mereka terhadap pencapaian ini.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas kepercayaan yang telah diberikan untuk FIF sebagai solusi finansial pilihan dalam memenuhi berbagai kebutuhan,” ujar Valentina, Rabu (5/3/25).

    Valentina menambahkan, pencapaian ini semakin memotivasi perusahaan untuk terus memberikan layanan yang optimal kepada seluruh masyarakat Indonesia.

    “Dengan sinergi yang baik antara FIF dan seluruh pemangku kepentingan, kami berharap dapat menciptakan nilai tambah dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi nasional,” imbuhnya.

    Peningkatan kinerja PT FIF tercermin dalam nilai penyaluran pembiayaan yang mencapai Rp45,9 triliun hingga akhir kuartal IV 2024 meningkat 8,5 % (yoy). Peningkatan ini juga selaras dengan kenaikan jumlah unit yang dibiayai, yang mencapai 3,2 juta unit, naik 2,3 % (yoy).

    Valentina juga menegaskan bahwa FIF akan terus hadir untuk masyarakat Indonesia dalam memenuhi berbagai kebutuhan finansial, sejalan dengan tagline perusahaan, FIFGROUP Satu Solusi Pembiayaan. “Kenaikan dalam penyaluran pembiayaan mencerminkan komitmen kami untuk menjadi solusi keuangan yang andal bagi masyarakat Indonesia,” tambahnya.

    FIF juga membukukan peningkatan Net-Service Asset (NSA) sebesar 16,1 % (yoy) menjadi Rp46,7 triliun hingga kuartal IV 2024.

    Selain itu, FIF mempertahankan rasio Non-Performing Finance (NPF) bruto di level 1,18 % pada kuartal IV 2024, menjadikannya salah satu perusahaan pembiayaan dengan kinerja yang sangat sehat berdasarkan indikator yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Kinerja 5 portofolio FIF

    Dengan mengusung tagline Satu Solusi Pembiayaan, FIF hadir melalui lima portofolio: FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA. Kelima portofolio ini menjadi penggerak utama pertumbuhan kinerja perusahaan.

    FIFASTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda, mencatat pertumbuhan penyaluran pembiayaan sebesar 11 % (yoy) menjadi Rp29,9 triliun, dengan peningkatan jumlah unit yang dibiayai mencapai 1,7 juta unit, naik 5,2 % (yoy) per kuartal IV 2024.

    Sedangkan DANASTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan multiguna, sampai dengan kuartal IV 2024 tercatat mengalami peningkatan nilai penyaluran pembiayaan menjadi Rp14,1 triliun dengan kenaikan sebesar 5,38 % (yoy) dan mencatat unit yang dibiayai sebanyak 1,42 juta unit.

    AMITRA, yang menyediakan pembiayaan syariah untuk Umrah dan Haji Reguler, mencatatkan peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 16,6 % (yoy) menjadi Rp587 miliar, dengan peningkatan jumlah unit yang dibiayai sebesar 7,9 % (yoy) hingga kuartal IV 2024.

    Sementara itu SPEKTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga mencatat penyaluran pembiayaan senilai Rp 423 miliar sepanjang tahun 2024. Adapun nilai penyaluran pembiayaan portofolio yang menawarkan pembiayaan mikroproduktif bagi UMKM, yakni FINATRA, mencapai Rp 914,7 miliar.

    “FIF terus berkomitmen untuk mewujudkan misinya, yaitu ‘Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat’ dengan terus mengoptimalkan layanan yang diberikan pada seluruh konsumen FIF,” tandasnya.

  • Satukan Gerak, Terus Berdampak, SATU Indonesia Awards Kembali Digelar

    Satukan Gerak, Terus Berdampak, SATU Indonesia Awards Kembali Digelar

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Astra International Tbk kembali menggelar SATU Indonesia Awards. Acara ini merupakan ajang apresiasi bagi anak bangsa yang memberi manfaat dan berkontribusi bagi masyarakat guna mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan.

    Pada tahun ke 16 penyelenggaraan acara, SATU Indonesia Awards 2025 mengusung tema “Satukan Gerak, Terus Berdampak”. Apresiasi diberikan kepada lima anak muda dengan kontribusinya di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

    “Astra ingin supaya bisa menelurkan lebih banyak lagi contoh-contoh anak muda yang bisa menjadi contoh baik bagi generasi dan mengingat betapa anak muda memegang peranan yang sangat penting kami merasa kegiatan ini harus terus dilaksanakan,” ujar Head of Brand Communications Astra, Yudha Prasetya dalam Kick Off 16th SATU Indonesia Awards 2025 di Menara Astra Jakarta, Jumat (28/2/2025).

    Pemilihan penerima apresiasi 16th SATU Indonesia Awards 2025 melibatkan dewan juri dari berbagai bidang dan profesi. Mulai dari Prof. Nila Moeloek, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dian Sastrowardoyo, hingga Prof. Emil Salim selaku Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia.

    Setiap tahunnya jumlah peserta SATU Indonesia Awards semakin bertambah bahkan tahun lalu mencapai lebih dari 16 ribu orang. Dewan juri telah menetapkan lima kriteria penilaian untuk SATU Indonesia Awards. Salah satunya motif dari finalis yang memuat unsur kebaruan.

    “Jadi di tahun ini kita masukkan kebaruan, kita mau lihat kira-kira program ini apakah ada metodologi yang berbeda  ada pendekatan yang berbeda dengan cara-cara yang dilakukan sebelumnya,” jelas Yudha.

    Lebih lanjut, pemenang SATU Indonesia Awards 2024 bidang teknologi Irfan Y. Pratama mengungkapkan beragam kesempatan yang didapat setelah mengikuti acara ini, yakni program Awanio yang diusung berkembang bersama Astra.

    Kepada calon peserta dari SATU Indonesia Awards, Irfan memberikan tips untuk menjaga originalitas. Tetap percaya pada program yang diusung dan tunjukkanlah hal-hal baik dari program tersebut.

    “Jadi, jangan jadi orang lain, tapi percaya sama program yang kalian bawa sekarang. Terus kemudian tunjukkan sisi baik dari program tersebut. Dampaknya seperti apa, dampaknya kemana, terus kemudian dampaknya cukup memberikan inspirasi buat orang-orang yang lain,” tandas Irfan.

    Bagi Anda yang tertarik untuk berkontribusi lebih untuk Indonesia melalui 16th SATU Indonesia Awards 2025, pendaftaran dibuka mulai 28 Februari – 28 Juli 2025. Berikut syarat dan ketentuan penerima apresiasi 16th SATU Indonesia Awards 2025: 

    1. Program diinisiasi oleh Individu atau kelompok.

    2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran.

    3. Inisiator atau ketua kelompok (satu orang) akan menjadi perwakilan atau representatif kegiatan dan tidak dapat digantikan.

    4. Kegiatan harus orisinal.

    ⁠5. Kegiatan/program tidak terafiliasi dengan perusahaan, yayasan, atau institusi apapun.

    ⁠6. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun.

    7. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra.

    8. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.

    9. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social, dan governance (ESG).

    10. Bukan karyawan Grup Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards.

    11. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

    Para penerima apresiasi 16th SATU Indonesia Awards 2025 berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra.

    Informasi lebih lanjut terkait 16th SATU Indonesia Awards 2025 dapat diakses melalui astra.co.id. Siapkan dirimu dan Satukan Gerak, Terus Berdampak. 

  • Rayakan HUT ke-68, Astra Terus Berinovasi dan Perkuat Kontribusi Sosial Berkelanjutan

    Rayakan HUT ke-68, Astra Terus Berinovasi dan Perkuat Kontribusi Sosial Berkelanjutan

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Astra International Tbk (Astra) merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-68 dengan tema “Bergerak Bersama untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia”. Perusahaan yang awalnya hanya memiliki empat karyawan ini, kini telah berkembang menjadi tujuh lini bisnis, 300 anak perusahaan, lebih dari 1.800 instalasi di seluruh Indonesia dan didukung oleh lebih dari 190.000 karyawan.

    Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, perjalanan panjang Astra diwarnai oleh berbagai tantangan yang menjadi pembelajaran dan pendorong inovasi.

    “Setiap tantangan yang telah dihadapi menjadi  pembelajaran dan batu loncatan untuk terus bertumbuh dan berinovasi dalam Astra meniti perjalanannya ke depan,” ujar Djony dalam sambutannya pada perayaan HUT ke-68 Astra bersama Insan Astra.

    Pada kesempatan ini, Astra turut memberikan penghargaan Astra Awards 2025 kepada grup Astra dengan kinerja terbaik dalam konsep 3W (Winning Concept, Winning System dan Winning Team) sepanjang tahun 2024. Selain itu, penghargaan Masa Bakti juga diberikan kepada Insan Astra yang telah mengabdi selama 10 hingga 30 tahun.

    Astra juga memperkenalkan identitas baru Yayasan Astra sebagai wujud komitmen dalam memperkuat kontribusi sosial yang berkelanjutan. Yayasan Astra akan fokus pada program pemberdayaan di bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan, dan kewirausahaan, dengan mengutamakan pengembangan potensi daerah pedesaan. Identitas baru ini juga mencerminkan cita-cita pendiri Astra, William  Soeryadjaya, yang bertekad untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia  dan sejahtera bersama bangsa.

    Momentum HUT ke-68 Astra semakin istimewa dengan pengakuan dari Majalah TIME bekerja sama dengan Statista yang menobatkan Astra sebagai salah satu perusahaan terbaik di Asia Pasifik tahun 2025. Penilaian ini didasarkan pada pertumbuhan pendapatan, kepuasan karyawan, serta kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG). Pengakuan ini menjadi motivasi untuk Insan Astra yang senantiasa menjadi kekuatan dan Semangat Astra dalam mewujudkan kontribusi positif untuk hari ini dan masa depan Indonesia  sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable  Development Goals (SDGs) Indonesia.

  • Tanpa Produk Baru, Daihatsu Tawarkan Ini ke Pengunjung IIMS 2025

    Tanpa Produk Baru, Daihatsu Tawarkan Ini ke Pengunjung IIMS 2025

    Jakarta

    Daihatsu hadir meramaikan pameran otomotif IIMS (Indonesia International Motor Show) 2025. Tanpa peluncuran produk baru, apa saja yang ditawarkan Daihatsu ke para pengunjung IIMS 2025?

    IIMS 2025 berlangsung berlangsung pada 13-23 Februari 2025 berlokasi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Pameran ini menjadi ajang bagi Daihatsu buat turut serta pada rangkaian pameran IIMS 2025, sekaligus ingin berkontribusi terhadap penjualan otomotif nasional.

    Booth Daihatsu di IIMS 2025 Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

    Membawa tema ‘Nyamannya Punya Daihatsu’, booth Daihatsu berlokasi di Hall A nomor 9 ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi para pengunjung generasi muda dan keluarga muda.

    Pada IIMS 2025 ini, Daihatsu menampilkan total 4 model unggulan, terdiri dari model Xenia ADS X, Rocky 1.2 X CVT ADS, Ayla R CVT ADS, dan Sirion R CVT. Daihatsu juga menyediakan fasilitas test drive bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi seru dan nyamannya berkendara mengggunakan mobil Daihatsu yang dapat dilakukan di Hall D.

    Selama penyelenggaraan acara, Daihatsu juga siap menyambut para pengunjung yang ingin mewujudkan impiannya untuk memiliki mobil baru Daihatsu dengan beragam kemudahan mulai dari Free Admin, Paket Kredit Spesial, Hadiah Langsung berupa logam mulia, paket aksesori mobil, serta beragam hadiah menarik lainnya.

    “Keikutsertaan Daihatsu pada pameran IIMS 2025 di Jakarta merupakan partisipasi kami terhadap rangkaian pameran otomotif, sekaligus ingin berkontribusi terhadap pasar otomotif nasional. Kami dengan senang hati siap melayani pengunjung yang datang ke booth Daihatsu di pameran ini,” ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation.

    (lua/din)

  • Perkuat Sinergi Digitalisasi, BNI dan ACC Kerja Sama Layanan Autopay

    Perkuat Sinergi Digitalisasi, BNI dan ACC Kerja Sama Layanan Autopay

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. atau BNI menjalin kerja sama dengan salah satu grup perusahaan pembiayaan dari PT Astra International Tbk yaitu Astra Credit Companies (ACC) yang terdiri dari PT Astra Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance, dan PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance terkait layanan BNI Autopay.

    Acara yang mengangkat tema ‘Synergy for Sustainable Growth’ ini digelar di Gedung Grha BNI, Jakarta, Selasa (18/02/2025).

    Hadir dalam perjanjian kerja sama tersebut diantaranya Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI Hussein Paolo Kartadjoemena, Chief Finance Officer ACC Dharmawan Phie dan Chief Operating Officer ACC Devy Santoso Jayadi.

    Turut hadir dalam acara ini, SEVP Retail Digital Solution BNI Rian Eriana Kaslan, SEVP Corporate Banking BNI Pancaran Affendi, Division Head Retail Digital Product and Partnership BNI Mesah Roni Ginting, Division Head International & Financial Institutions BNI Rima Cahyani, EVP Treasury, Finance and Banking ACC Anastasia Puspa Kumala, EVP Retail Operation ACC Jeanny Fransisca Simbolon, dan EVP Information Technology ACC Hendry.

    Simbolis kerja sama dilakukan dengan menekan layar digital oleh Hussein Paolo Kartadjoemena didampingi Rian Kaslan bersama Devy Santoso Jayadi didampingi oleh Dharmawan Phie yang dilanjutkan dengan pertukaran plakat.

    Menurut Paolo, kerja sama Autopay antara BNI dan ACC memiliki tujuan strategis dalam pengembangan bisnis untuk meningkatkan layanan keuangan dan memperluas jaringan layanan yang berkualitas. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap BNI dan ACC.

    “Bagi BNI, kerja sama ini tidak hanya memberikan kemudahan layanan pembayaran bagi nasabah tetapi juga mampu berperan dalam menumbuhkan ekosistem BNI melalui akuisisi nasabah baru dan untuk meningkatkan transaksi,” ujar Paolo dalam siaran pers, Selasa (18/2/2025).

    Kerja sama ini, menurut Paolo, menjadi bukti komitmen BNI dalam mendukung bisnis ACC. Sebelumnya BNI menyediakan channel pembayaran angsuran ACC melalui ATM dan mobile banking. BNI juga pernah memberikan fasilitas kredit kepada ACC sebesar Rp1 triliun pada 2023. “Kami meyakini kerja sama ini dapat meningkatkan sinergi antara BNI dan ACC dalam menghadapi tantangan pasar keuangan yang dinamis,” ujarnya.

    Dharmawan Phie menyambut baik kerja sama layanan Autopay ini. ACC sebagai perusahaan pembiayaan otomotif pertama yang menggunakan layanan BNI Autopay memiliki komitmen yang sama untuk memberikan layanan yang terbaik bagi setiap nasabah. Sebagai perusahaan pembiayaan terpercaya, ACC berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Adanya layanan terbaru Autopay BNI ini akan memudahkan pelanggan untuk membayar angsuran tanpa harus mendatangi kantor cabang ACC.

    “Kerja sama ini akan memberikan kesempatan bagi pelanggan ACC untuk melakukan pembayaran kewajibannya dengan menggunakan rekening BNI melalui pendaftaran Autopay pada sistem platform ACC ONE,” ujar Dharmawan Phie.

    Layanan Autopay merupakan fasilitas penerimaan dana yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada situs atau aplikasi Biller dengan limit harian yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan One-Time Password (OTP) sebagai validasi registrasi.

    (prf/ega)