Perusahaan: PT Astra International Tbk

  • Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Daihatsu Rocky Hybrid Ikut ‘Perang’ Harga?

    Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Daihatsu Rocky Hybrid Ikut ‘Perang’ Harga?

    Jakarta

    Persaingan harga mobil elektrifikasi di Indonesia semakin seru. Kini mobil hybrid yang statusnya Completely Built Up (CBU) dari Jepang dijual di bawah Rp 300 juta.

    Mobil tersebut ialah Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid. Statusnya masih diimpor utuh dari Jepang.

    “Ya memang Rp 293,9 itu harga OTR DKI (Jakarta). Hari ini kalau berbicara harga, patokannya mengacu di DKI karena tidak ada opsennya,” ujar Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

    Perang harga di segmen mobil elektrifikasi Indonesia mulai terlihat. Terutama kompetisi harga strategis mobil listrik dari merek-merek Tiongkok yang agresif ingin merebut pangsa pasar.

    Daihatsu menyebut strategi harga Rocky hybrid sebagai bagian dari pendekatan khusus untuk menarik minat konsumen selama periode pameran otomotif terbesar di Tanah Air.

    “Ketika men-setting harga tersebut, ini menjadi salah satu strategi buat di masing-masing brand. Kita mencoba untuk mendapatkan animo sejauh mana, konsumen Daihatsu, apakah masyarakat pada umumnya, apakah tertarik dengan ini atau tidak. Tapi memang kita mencoba sesuatu yang spesial, memberikan penawaran yang spesial selama periode di GIIAS ini,” kata Tri.

    Meskipun Daihatsu memberi harga spesial pada Rocky hybrid selama pameran, Daihatsu tidak melihat itu sebagai bagian dari “perang harga” yang agresif seperti di segmen lain.

    “Kalau terkait perang harga rasanya elektrifikasinya di level berbeda, kalau teknologi hybrid ataupun elektrifikasi yang lain, perangnya tidak sepenuhnya di situ,” katanya.

    Dengan harga spesial yang ditawarkan, Rocky hybrid menyasar konsumen yang ingin merasakan SUV dengan teknologi mumpuni namun tetap kompetitif. Apakah strategi ini cukup untuk memenangkan hati pasar di tengah tekanan persaingan yang ketat?

    “Masukan dari konsumen yang sudah melihat ataupun memang belum melihat artinya di luar GIIAS, responsnya positif, harganya, dan produk yang kami tawarkan.” kata Tri.

    (riar/rgr)

  • Sudah Segini Jumlah Daihatsu Rocky Hybrid yang Dipesan Orang RI

    Sudah Segini Jumlah Daihatsu Rocky Hybrid yang Dipesan Orang RI

    Jakarta

    Daihatsu Rocky Hybrid mencuri perhatian di panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Mobil irit ramah lingkungan ini sudah dijual dengan harga spesial selama di GIIAS 2025.

    “Rocky (hybrid), sampai dengan kemarin, kita bisa on the spot hanya di GIIAS saja. Kalau di GIIAS kemarin sekitar 80-an. Tapi nasional belum compile,” ujar Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (31/7/2025).

    Rocky Hybrid saat ini masih diimpor utuh dari Jepang. Harganya dibanderol Rp 293.900.000 OTR (on the road) DKI Jakarta selama periode GIIAS 2025. Daihatsu rencananya memulai pengiriman pada November 2025.

    Tri mengatakan Rocky Hybrid mendapat animo yang positif sepanjang perhelatan GIIAS 2025. Tak sedikit konsumen yang penasaran dengan teknologi e-Smart Hybrid pada Rocky.

    “Masukan dari konsumen yang sudah melihat ataupun memang belum melihat artinya di luar GIIAS, responsnya positif, harganya, dan produk yang kami tawarkan,” kata Tri.

    Jadi yang spesial dari Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid yang baru meluncur ini bukan paralel ataupun series-paralel seperti yang umum digunakan oleh Toyota Hybrid System. Mesin pembakaran tidak terhubung langsung dengan roda penggerak.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    (riar/dry)

  • Perjalanan Bisnis atau Wisata, Nyaman Pakai TRAC Rental dari Astra

    Perjalanan Bisnis atau Wisata, Nyaman Pakai TRAC Rental dari Astra

    Bisnis.com, JAKARTA – TRAC, salah satu lini bisnis PT Serasi Autoraya yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk, kini memperluas jangkauan layanan ke segmen ritel guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang meningkat.

    Langkah ekspansi ini didorong oleh peningkatan mobilitas di masyarakat, merujuk pada data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat lonjakan mobilitas domestik sebesar 23,6% serta kenaikan jumlah wisatawan mancanegara sebesar 19% sepanjang tahun 2024. TRAC pun merespon dengan menghadirkan berbagai layanan mobilitas yang fleksibel untuk keperluan bisnis ataupun liburan. Layanan yang tersedia meliputi sewa mobil 4 dan 12 jam, harian, bulanan, bahkan tahunan, dengan atau tanpa pengemudi, layanan antar-jemput bandara (airport transfer), serta persewaan bus untuk berbagai kebutuhan perjalanan rombongan, yang dapat dinikmati di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

    Pesan Mobil Rental di Aplikasi TRACtoGo Versi Terbaru

    Untuk perluasan layanan ke segmen ritel, TRAC terus berinovasi dan meningkatkan kapabilitas layanan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan perorangan. Saat ini, seluruh layanan TRAC dapat diakses lebih mudah melalui aplikasi TRACtoGo versi terbaru, yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tampilan antarmuka yang ramah pengguna, TRACtoGo diharapkan dapat menjawab keperluan mobilitas pelanggan dengan lebih cepat, aman, dan efisien.

    Beberapa keunggulan dari aplikasi TRACtoGo versi terbaru adalah kemudahan untuk pelanggan dalam memesan berbagai layanan rental mobil dalam satu platform. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses layanan sewa mobil 4 jam dan 12 jam, harian, bulanan, hingga tahunan, layanan antar-jemput bandara, serta persewaan bus. Varian kendaraan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Agya, Avanza, Xenia, Innova Zenix, Fortuner, Camry, Alphard, dan lain-lain. Pelanggan pun dapat menerima berbagai penawaran menarik yang hanya berlaku untuk pengguna aplikasi TRACtoGo.

    Versi terbaru TRACtoGo juga dilengkapi dengan fitur tambahan untuk meningkatkan keamanan pelanggan, yaitu tombol darurat (emergency) yang terhubung langsung dengan tim bantuan TRAC. Selain itu, untuk fleksibilitas penggunaan akun, pelanggan dapat mengaktifkan dua jenis akun dalam satu aplikasi, yaitu akun personal dan akun bisnis, yang memudahkan pengguna dalam menyesuaikan layanan sesuai dengan kebutuhan.

    Untuk pelanggan dengan skema sewa jangka panjang, aplikasi ini menyediakan fitur khusus bernama TRAC Services Apps (TSA). Melalui TSA, pelanggan dapat memantau status kendaraan, menjadwalkan servis berkala, dan mengajukan layanan tambahan secara mudah dan transparan.

    Saat ini, TRAC juga terkoneksi dengan berbagai mitra yang strategis seperti Online Travel Agent (OTA) dalam dan luar negeri, maskapai penerbangan, jaringan perhotelan, institusi perbankan, serta mitra korporasi lainnya. Kolaborasi ini semakin memudahkan pelanggan untuk dapat mengakses layanan TRAC.

    Layanan Pelanggan 24/7 untuk Keamanan dan Kenyamanan

    Seluruh layanan TRAC didukung oleh Customer Assistance Center yang beroperasi 24 jam setiap hari. Pelanggan dapat menghubungi layanan bantuan melalui fitur chat dalam aplikasi, melalui telepon di 1500-009, atau layanan reservasi via WhatsApp di +628111873210.

    Chief Operating Officer TRAC, Halomoan Fischer, menyampaikan bahwa ekspansi ke segmen ritel ini merupakan langkah strategis untuk menjawab dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat.

    “Melalui pembaruan aplikasi TRACtoGo, kami ingin memastikan bahwa mobilitas pelanggan, baik untuk keperluan bisnis maupun berlibur, dapat terlayani dengan lebih cepat, aman, dan efisien. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan solusi mobilitas yang efisien dan aman di masyarakat,” tutup Fischer.

    Dengan semangat inovasi dan pelayanan prima, TRAC terus bertransformasi menjadi mitra mobilitas terpercaya yang menjangkau lebih luas dan memberikan nilai tambah nyata bagi masyarakat Indonesia.

  • Rocky Hybrid Diminta Diproduksi Lokal, Daihatsu Bilang Begini

    Rocky Hybrid Diminta Diproduksi Lokal, Daihatsu Bilang Begini

    Jakarta

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta Daihatsu Rocky Hybrid bisa diproduksi secara lokal di Indonesia. Saat ini Daihatsu Rocky Hybrid masih diimpor langsung secara utuh dari Jepang. Seperti apa tanggapan Daihatsu?

    “Ini kondisi yang normal, karena semuanya pasti akan dilihat dari sisi kapasitasnya, demand-nya,” ujar Tri Mulyono, selaku Marketing & Customer Relation Division Head, PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation, kepada wartawan di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, belum lama ini.

    Kata Tri, kapasitas produksi bakal berbanding lurus dengan demand atau permintaan yang ada, sehingga dua hal tersebut berjalan beriringan. Pihak pabrikan juga memiliki rencana untuk melakukan lokalisasi jika permintaan terhadap Rocky Hybrid tinggi.

    “Misalnya, demand-nya banyak, tentunya ini juga akan membuat sesuatu yang menstimulus dilakukan domestikasi. Jadi ini rasanya bukan sesuatu yang spesial sekali karena memang pasti dari pabrikan sudah memperhitungkan hal itu,” sambung Tri.

    Sebagai informasi, Rocky Hybrid hadir dengan berbagai keunggulan seperti excellent fuel efficiency, low emission, responsive acceleration, advanced safety, dan pengalaman fun drive sensation yang menghadirkan kebahagiaan bagi penggunanya. Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini mempunyai torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif.

    Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid menjadi yang terbaik di kelasnya karena mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang.

    Daihatsu Rocky Hybrid mulai 24 Juli 2025 di seluruh outlet resmi Daihatsu, dan dapatkan harga khusus di ajang GIIAS dengan harga Rp 293.900.000.

    (lua/dry)

  • BYD Atto 1 Obrak-abrik Pasar Mobil Murah, Raja LCGC Bilang Begini

    BYD Atto 1 Obrak-abrik Pasar Mobil Murah, Raja LCGC Bilang Begini

    Jakarta

    BYD baru saja meluncurkan mobil listrik small hatchback, Atto 1, dengan harga yang tidak masuk akal, mulai Rp 195 jutaan. Harga tersebut beririsan dengan harga di segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC). Apakah kehadiran Atto 1 bakal mengganggu segmen mobil LCGC?

    Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tri Mulyono menjelaskan, setiap pabrikan punya strategi masing-masing. Namun dengan kehadiran brand-brand baru, Daihatsu berharap bisa menggairahkan pasar yang sedang lesu.

    BYD Atto 1 Foto: Dok. BYD Motor Indonesia

    “Pastinya dengan kondisi market Indonesia yang sedang turun, tentunya kita berharap dengan adanya banyak maker baru atau model-model baru, bisa menambah gairah di pasar otomotif Indonesia. Masing-masing brand tentunya memiliki strategi masing-masing, market pasar masing-masing,” buka Tri di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang.

    Sebagai informasi, mobil listrik mungil BYD Atto 1 dibanderol dari Rp 195 juta hingga Rp 235 juta. Di segmen ini banyak dihuni mobil bermesin konvensional jenis LCGC. Misal Daihatsu Sigra yang punya rentang harga Rp 140 jutaan hingga Rp 187 jutaan.

    Daihatsu segarkan tampilan Sigra R Deluxe Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Daihatsu sendiri bisa dikatakan sebagai ‘Raja LCGC’. Soalnya merek asal Jepang ini memiliki pangsa pasar hingga 41% di segmen LCGC, di mana 30%-nya adalah model dari Sigra. Tri menjelaskan, kehadiran mobil listrik harga di bawah Rp 200 juta belum tentu langsung menggoyang pasar LCGC.

    “Kita masih melihat adopsi atau acceptance (penerimaan) dari (kendaraan) elektrifikasi di bawah Rp 200 jutaan itu seperti apa. Kita harus melihat lebih dahulu. Karena selama ini kan (mobil listrik) bermain di segmen yang tinggi. Terus tadi, dengan profil kustomer di bawah harga Rp 200 jutaan itu, adopsinya di kendaraan elektrifikasi itu masih harus kita lihat bersama,” bilang Tri.

    (lua/rgr)

  • Rahasia Daihatsu Sigra Laku Ratusan Ribu Unit Sejak Meluncur di Indonesia

    Rahasia Daihatsu Sigra Laku Ratusan Ribu Unit Sejak Meluncur di Indonesia

    Jakarta

    Daihatsu Sigra menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu Indonesia di segmen kendaraan penumpang. Penjualan mobil LCGC 7-seater ini bahkan sudah menembus angka 425 ribu unit sejak pertama kali diperkenalkan pada 2016 lalu.

    “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada Sigra yang terus menjadi pilihan utama keluarga di Indonesia, khususnya pembeli mobil pertama,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing & Customer Relation Division Head, PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation.

    Daihatsu segarkan tampilan Sigra R Deluxe Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sebagai informasi, Daihatsu Sigra kali pertama meluncur pada 2016 lalu. Dan hingga kini model ini telah terjual sekitar 425 ribu unit. Daihatsu juga mengklaim mendominasi penjualan mobil LCGC (Ayla dan Sigra) dengan market share sebesar 41%, di mana 30 %-nya adalah model Sigra.

    Sigra menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia karena berbagai faktor. Faktor pertama, tentunya dari segi harga. Banderol Sigra ada di rentang Rp 140 jutaan hingga Rp 180 jutaan. Sigra mengisi ceruk pasar mobil di bawah Rp 200 juta yang memang sangat banyak peminatnya. Apalagi model ini punya kapasitas 7 penumpang.

    “Sigra punya fungsi yang sangat bisa diandalkan, baik untuk keperluan keluarga, ataupun juga keperluan usaha, sehingga ini yang membuat Sigra juga saat ini penjualannya kurang lebih sekitar 1.500 unit per bulan. Jadi ini membuat Sigra juga mendapatkan suatu animo, suatu penerimaan yang sangat baik dari customer,” kata Hari Wicaksono selaku Promotion & Digital Marketing Department Head PR PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

    Daihatsu segarkan tampilan Sigra R Deluxe Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Tak hanya fungsional, Sigra juga ramah kantong soal biaya perawatannya, serta didukung lebih dari 170 bengkel resmi di seluruh Indonesia. “Jadi itu tentunya akan membuat mudah para pengguna Daihatsu Sigra dalam merawat mobilnya,” sambung Hari.

    Sigra sendiri merupakan mobil yang dirancang khusus buat pasar Indonesia. Mobil ini diteliti dan diriset di fasilitas Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Sigra menjadi opsi buat konsumen yang menginginkan mobil 7 penumpang dengan harga terjangkau dan efisien bahan bakar.

    (lua/din)

  • Daihatsu Segarkan Tampilan Sigra R Deluxe, Harga Naik Rp 2,1 Juta

    Daihatsu Segarkan Tampilan Sigra R Deluxe, Harga Naik Rp 2,1 Juta

    Jakarta

    Daihatsu menyegarkan tampilan mobil LCGC andalan mereka, Sigra. Mobil LCGC 7-seater tersebut kini mendapatkan penyegaran pada model R Deluxe. Dengan pembaruan tersebut, kenaikan harganya Rp 2,1 juta.

    “Jadi sebenarnya ditambahkannya refreshment-nya ini di varian yang R Deluxe. Tidak di semua Sigra karena pertimbangannya lebih karena, kita ingin memberikan sesuatu pilihan yang lebih lebar gitu ya. Karena kan Sigra dari rentang harga Rp 140 sampai Rp 180-an juta ya. Jadi memang yang kita tambahkan ini di varian yang atas,” bilang Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tri Mulyono di pameran GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, Selasa (29/7/2025).

    Daihatsu segarkan tampilan Sigra R Deluxe Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Tri menjelaskan penyegaran tampilan di varian Sigra R Deluxe meliputi bumper depan, bezel belakang, hingga pembaruan striping di bagian samping. “Buat penambahan ini ada kenaikan harga sekitar Rp 2,1 juta,” sambung Tri.

    Lanjut Tri menambahkan, part-part eksterior baru yang ada pada model anyar Sigra R Deluxe untuk saat ini tidak dijual terpisah. “Tetapi memang biasanya setelah unitnya terjual, kita ya secara paralel memang untuk dijual secara terpisah juga sebagai spare part-nya,” jelas Tri lagi.

    Daihatsu segarkan tampilan Sigra R Deluxe Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sekadar informasi, Daihatsu Sigra menjadi salah satu tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia. Sejak 2016 hingga sekarang, Daihatsu Sigra telah terjual sebanyak 425.000 unit. Daihatsu Sigra menguasai sekitar 41% pangsa pasar LCGC di Indonesia.

    Di luar ubahan eksterior, Daihatsu tak melakukan pembaruan di aspek performa, maupun penambahan fitur. Tapi setidaknya, penyegaran ini bisa memberi opsi lebih buat para konsumen Daihatsu di Indonesia.

    (lua/rgr)

  • Penjualan Makin Menantang, Daihatsu Yakin Bertahan Jadi Merek Terlaris Kedua

    Penjualan Makin Menantang, Daihatsu Yakin Bertahan Jadi Merek Terlaris Kedua

    Jakarta

    Pasar otomotif di Indonesia sedang mengalami tantangan, Daihatsu percaya diri tetap bisa bertahan sebagai merek mobil terlaris kedua di Indonesia.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) pada semester I tahun 2025 tercatat sebanyak 374.740 unit. Angka itu turun 8,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dari retail sales (dari dealer ke konsumen) penjualan mobil semester I tahun ini hanya sebanyak 390.467 unit, turun 9,7 persen dari tahun lalu.

    Daihatsu menempati urutan kedua dengan capaian wholesales 64.405 unit. Atas hasil itu, Daihatsu mendapat market share 17,2 persen. Seperti diketahui, Daihatsu sudah 16 tahun berturut-turut menempati peringkat kedua penjualan otomotif di Indonesia.

    “Kami yakin tahun 2025 ini dapat terus mempertahankan peringkat dua di pasar otomotif nasional,” tutur Chief Executive Officer PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (PT AI-DSO) Fredy Handjaja di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/7/2025).

    Penjualan mobil yang semakin menantang dipengaruhi oleh beragam faktor. Salah satunya ialah daya beli yang menurun serta kondisi perekonomian nasional yang belum stabil.
    Daihatsu sebagai merek yang sudah beroperasi sejak 1978 di Indonesia yakin dengan reputasi merek yang sudah dibangun. Salah satu strategi yang bakal ditempuh, yakni peningkatan layanan purna jual atau after sales service. Layanan ini bukan sekadar pelengkap, tetapi menjadi faktor pembeda dalam mempertahankan konsumen lama dan membangun loyalitas jangka panjang. Apalagi Daihatsu sudah memiliki jaringan lebih dari 260 outlet.

    “Termasuk peningkatan kualitas layanan after sales service, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun loyalitas dari customer,” tutur Fredy.

    Sejarah baru yang sedang ditempuh oleh Daihatsu yakni peluncuran mobil hybrid pertama di Indonesia, Rocky Hybrid. Mobil tersebut statusnya masih Completely Built Up (CBU) yang diimpor secara utuh dari Jepang, namun menariknya memiliki banderolan yang cukup kompetitif untuk mobil hybrid.

    “Daihatsu sudah beroperasi 47 tahun, kita tidak menjual produk, tapi kita menjual experience, di mana kita sudah memastikan layanan purna jual sudah menjadikan pilar yang memudahkan, Sahabat Daihatsu tidak perlu khawatir, peace of mind menjadi pilar objektif kita. Saya rasa itu yang terpenting,” kata Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani.

    Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle. Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Rocky Hybrid dilengkapi fitur advance safety. Terdapat 6 SRS Airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) untuk menjaga stabilitas kendaraan, HSA (Hill Start Assist) yang dapat mencegah mobil mundur ketika berhenti di tanjakan selama beberapa saat, Blind Spot Mirror, dan ISOFIX semakin menjadikan aktivitas berkendara lebih aman.

    (riar/lua)

  • Anak Usaha UNTR Dapat Pinjaman Modal Kerja Rp50 Miliar dari Bank Saqu

    Anak Usaha UNTR Dapat Pinjaman Modal Kerja Rp50 Miliar dari Bank Saqu

    JAKARTA – Anak Usaha PT United Tractor Tbk (UNTR), PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE) mendapatkan fasilitas kredit modal kerja dari PT Bank Saqu Indonesia maksimal Rp50 miliar.

    Adapun Bank Saqu merupakan anak perusahaan yang secara tidak langsung dimiliki oleh PT Astra International Tbk (ASII) melalui PT Sedaya Multi Investama.

    Mengutip keterbukaan informasi, Jakarta, 16 Juli, berdasarkan transaksi tersebut, UTPE mendapatkan fasilitas kredit modal kerja dari Bank Saqu Rp50 miliar dengan jenis Supplier Financing dengan sifat Revolving.

    Adapun suku bunga yang diberikan sebesar 8 persen per tahun. Di mana, jangka waktunya 1 tahun terhitung sejak 14 Juli 2025.

    Pemberian fasilitas tersebut akan lebih menguntungkan UTPE dengan pertimbangan bahwa Bank Saqu merupakan perusahaan afiliasi dari UTPE. Sehingga, pemberian pinjaman ini dapat meminimalkan potensi konflik yang mungkin timbul dalam pelaksanaan transaksi.

    Selain itu, Bank Saqu memiliki rekam jejak dan pengalaman yang memadai dalam pemberian kredit modal kerja kepada nasabah, sehingga diharapkan proses pemberian Fasilitas dapat berjalan secara profesional dan efisien.

    Adapun syarat dan ketentuan dalam perjanjian ini lebih menguntungkan bagi UTPE tanpa mengesampingkan prinsisp kewajaran dan kelaziman usaha.

  • PHE raih dua penghargaan internasional di Malaysia

    PHE raih dua penghargaan internasional di Malaysia

    tetapi juga membangun kepercayaan dan menjaga keberlangsungan budaya perusahaan yang positif

    Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menerima dua penghargaan dari ASEAN PR Network (APRN), yakni Best Government PR dan ASEAN Innovative Impact Leadership for Internal Communication.

    “Dalam menjalankan program komunikasi internal pada perusahaan energi dan pertambangan, kami menghadapi berbagai tantangan,” kata Internal Communication Manager PT PHE Anggadewi Widyastuti dalam keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

    Namun, lanjut dia, departemen komunikasi internal PHE tidak hanya menyebarkan informasi atau kebijakan perusahaan secara internal, tetapi juga membangun kepercayaan dan menjaga keberlangsungan budaya perusahaan yang positif.

    “Ini menjadikan setiap karyawan sebagai bagian dari perusahaan,” ucapnya.

    Anggadewi menerima penghargaan bersama para pemimpin dan juga praktisi Public Relations (PR) lainnya, yaitu Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas , Prof. Dato’ Sri Dr Syed Arabi Bin Syed Abdullah dari International Islamic University Malaysia, Boy Kelana Soebroto dari PT Astra International Tbk, serta Nurhayati Subakat dari PT Paragon Technology & Innovation dengan berbagai kategori.

    Penghargaan diberikan dalam acara The Kuala Lumpur International PR Conference (KLIP) yang diselenggarakan oleh APRN, Institute of Public Relations Malaysia (IPRM), World Comm Malaysia and Global Alliance for Public Relations and Communication Management.

    “Kami yakin ini dapat menjadi sebuah strategi untuk meningkatkan keterlibatan karyawan agar terus berdedikasi kepada perusahaan dan membangun pondasi yang kuat untuk meraih kesuksesan,” tuturnya.

    PT Pertamina Hulu Energi (PHE) adalah bagian dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas.

    PHE berperan sebagai subholding upstream Pertamina, mengelola portofolio dan operasional di berbagai wilayah kerja (blok) baik di dalam maupun luar negeri, serta terlibat dalam kegiatan hilir migas dan layanan terkait.

    PHE mengelola sejumlah wilayah kerja (blok) migas, baik di dalam maupun luar negeri. Sebagai subholding, PHE bertanggung jawab atas pengelolaan aset dan kegiatan hulu migas Pertamina, termasuk eksplorasi, eksploitasi dan produksi.

    Pewarta: Putu Indah Savitri
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.