Perusahaan: PT Astra International Tbk

  • Asing Terciduk Diam-Diam Borong 10 Saham Ini Kala IHSG Menguat

    Asing Terciduk Diam-Diam Borong 10 Saham Ini Kala IHSG Menguat

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sepanjang perdagangan pekan lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir ditutup menguat 1,37% ke posisi 7.854 pada perdagangan Jumat (12/8/2025).

    Peningkatan terjadi pada rata-rata nilai transaksi harian BEI sebesar 7,6% menjadi Rp19,42 triliun dari Rp18,05 triliun pada pekan sebelumnya. Kemudian kapitalisasi pasar BEI turut mengalami perubahan sebesar 0,57% menjadi Rp14.130 triliun dari Rp14.211 triliun pada sepekan sebelumnya.

    Sepanjang pekan lalu, investor asing terpantau melanjutkan penjualan bersih sebesar Rp2,9 triliun di seluruh pasar dan sebesar Rp3,1 triliun di pasar reguler. Di samping itu, mereka juga tercatat melakukan pembelian bersih sebesar Rp207,28 miliar di pasar negosiasi dan tunai sepanjang perdagangan pekan lalu.

    Lantas, apa saja saham yang paling banyak dikoleksi asing? Mengutip data RTI, berikut net foreign buy perdagangan pekan lalu!

    PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) – Rp324 miliar
    PT Astra International Tbk (ASII) – Rp198,3 miliar
    PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) – Rp143,6 miliar
    PT Barito Pacific Tbk (BRPT) – Rp133,1 miliar
    PT Sarana Mitra Luas Tbk (SMIL) – Rp132,1 miliar
    PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) – Rp82,4 miliar
    PT United Tractors Tbk (UNTR) – Rp77,8 miliar
    PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) – Rp58,8 miliar
    PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) – Rp40,3 miliar
    PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) – Rp39,2 miliar

    (fsd/fsd)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Kabar Baik! Penjualan Mobil Nasional Bulan Agustus 2025 Naik 1,48%

    Kabar Baik! Penjualan Mobil Nasional Bulan Agustus 2025 Naik 1,48%

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil nasional bulan Agustus 2025 kembali cetak kinerja positif. Data Gaikindo yang dirilis PT Astra International Tbk (Astra) menunjukkan, penjualan mobil naik ke 61.780 unit.

    Artinya, terjadi kenaikan 902 unit atau 1,48% dibandingkan penjualan mobil bulan Juli 2025 yang mencapai 60.878 unit.

    Meski, penjualan di bulan Agustus 2025 ini masih jauh di bawah pencapaian bulan Agustus tahun 2024 yang tercatat sebanyak 76.302 unit. Atau anjlok 14.522 unit, sekitar 19,03%.

    Namun, penjualan bulan Agustus 2025 ini melanjutkan tren kenaikan sejak Juni 2025. Di mana pada bulan Juni tercatat penjualan sebanyak 58.341 unit.

    Dari total penjualan bulan Agustus 2025, Astra masih menguasai pasar mobil di dalam negeri. Dengan mencetak penjualan total sebanyak 30.558 unit. Namun, angka ini menurun dibandingkan pencapaian Juli 2025 yang cetak penjualan sebanyak 31.772 unit dan anjlok dalam dari bulan sama tahun 2024 yang mencapai 42.195 unit.

    “Secara nasional, penjualan mobil pada periode yang sama mencapai 500.952 unit. Meski masih terjadi pelemahan daya beli yang membuat penjualan mobil nasional Januari-Agustus 2025 lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Astra tetap berhasil mempertahankan pangsa pasar sebesar 53%,” kata Head of Corporate Communications Astra Windy Riswantyo dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (12/9/2025).

    “Di tengah dinamika industri otomotif nasional yang dipengaruhi oleh perkembangan kondisi ekonomi domestik, Astra tetap mengamati prospek pertumbuhan pasar pada paruh kedua 2025 dengan seksama. Kami terus berupaya menghadirkan beragam pilihan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia, didukung jaringan distribusi, penjualan, serta layanan purnajual yang terintegrasi di seluruh negeri. Fokus kami adalah menjaga kepuasan pelanggan sekaligus berkontribusi pada keberlanjutan pertumbuhan industri otomotif nasional,” tambahnya.

    (dce/dce)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Penjualan Daihatsu di Jawa Timur, Ini Tiga Model yang Terlaris

    Penjualan Daihatsu di Jawa Timur, Ini Tiga Model yang Terlaris

    Jakarta

    Jawa Timur menjadi salah satu lumbung penjualan bagi Daihatsu. Secara nasional, Jawa Timur punya kontribusi mencapai 14 persen.

    Selama periode Januari hingga Juli 2025, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel sebesar 78 ribu unit secara nasional, dengan pangsa pasar mencapai 17,2%. Kontribusi terbesar datang dari wilayah Jawa Timur, yang menjadi salah satu pilar utama penjualan Daihatsu.

    Kota Surabaya memegang peran penting sebagai kontributor terbesar penjualan otomotif di Jawa Timur. Alhasil, Daihatsu sukses menduduki peringkat kedua dalam penjualan di provinsi maupun kota tersebut.

    Pencapaian ini tidak lepas dari dominasi tiga model andalan Daihatsu. Gran Max series (Pick Up dan Mini Bus) memimpin segmen komersial dengan pangsa pasar 72%, diikuti Sigra yang menguasai 57% di segmen LCGC MPV, serta Ayla dengan kontribusi 26% di segmen LCGC Hatchback.

    “Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia Daihatsu, khususnya di Jawa Timur dan Surabaya. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan program dan layanan terbaik demi kemudahan masyarakat dalam memiliki mobil Daihatsu impian,” ujar Andrianto, Kepala Wilayah Jawa Timur PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

    Data penjualan per wilayah periode Januari-Juni 2025 menunjukkan bahwa Daihatsu berhasil menjual 4.679 unit di Jawa Timur. Angka ini menyumbang 14,3% dari total penjualan Daihatsu secara nasional, yang tercatat sekitar 60 ribu unit pada periode yang sama.

    GIIAS Surabaya 2025: Kesempatan Mencicipi Rocky Hybrid

    Di luar capaian penjualan, Daihatsu juga berpartisipasi dalam pameran otomotif GIIAS Surabaya 2025 yang berlangsung mulai 27-31 Agustus 2025. Dengan mengusung tema Bahagia Sejak Pertama, Daihatsu ingin menjadi bagian dari perjalanan hidup masyarakat sejak awal.

    Pada ajang GIIAS Surabaya 2025, Daihatsu tidak hanya menampilkan produk terbarunya, tetapi juga menyediakan fasilitas test drive khusus. Pengunjung bisa merasakan sensasi berkendara mobil Rocky Hybrid, yang merupakan mobil hybrid pertama Daihatsu di Indonesia. Sejak diluncurkan pada Juli lalu, Rocky Hybrid telah mendapat sambutan positif dari masyarakat.

    Daihatsu berharap dapat terus menyediakan solusi mobilitas yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan masyarakat, khususnya bagi para pembeli mobil pertama di Surabaya dan sekitarnya.

    Bagi yang tertarik, bisa langsung mengunjungi booth Daihatsu di GIIAS Surabaya 2025, Grand City Convention, Hall G Floor, Booth Q. Tersedia berbagai promo menarik untuk pemesanan Rocky Hybrid dan model Daihatsu lainnya, mulai dari potongan harga, lucky dip, bunga spesial, hingga paket kredit ringan.

    (riar/din)

  • Daya Beli Lemah, Begini Jurus Astra Jaga Kinerja 2025

    Daya Beli Lemah, Begini Jurus Astra Jaga Kinerja 2025

    Jakarta

    PT Astra International Tbk (ASII) mengakui kinerja perseroan pada semester I 2025 mengalami tantangan yang cukup berat akibat gejolak ekonomi dan penurunan di pasar mobil nasional. Meski demikian, Astra optimistis sisa tahun ini akan membaik dengan melakukan sejumlah langkah strategis.

    Pertama, Presiden Direktur ASII Djony Bunarto Tjondro mengatakan pihaknya akan memperkuat bisnis inti melalui optimalisasi operasional. Hal ini dilakukan agar bisa menciptakan nilai tambah yang lebih baik.

    Kedua, melakukan investasi untuk memperkuat ekosistem bisnis di Astra Group. Ketiga, membuka peluang investasi baru di sektor-sektor yang dinilai prospektif demi pertumbuhan jangka panjang.

    “Tetapi untuk sisa tahun 2025 ini kami berharap bahwa kami bisa mempertahankan sama dengan semester pertama dan tentunya kami tetap optimistis dengan portofolio Astra yang terdiversifikasi,” katanya dalam Public Expose Virtual PT Astra International Tbk 2025, Rabu (27/8/2025).

    Terkait tahun depan, Djony belum banyak berkomentar atau memberikan prediksi target Astra. Hal ini karena kondisi perekonomian masih belum stabil.

    Namun ia berharap kondisi perekonomian global pada tahun depan dapat membaik serta daya beli masyarakat meningkat. Sehingga, kinerja Astra diharapkan ikut terdongkrak oleh kondisi tersebut.

    “Tetapi pada saat ini terlalu dini bagi kami untuk memberikan guidance yang bersifat kuantitatif,” ujarnya.

    Berdasarkan laporan keuangan Astra International, perseroan membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 15,51 triliun di semester I 2025. Dari sisi pendapatan, ASII membukukan Rp 162,86 triliun di paruh pertama 2025.

    Melihat Desa Sejahtera Boja Farm dalam Workshop Lingkungan Astra

    (rrd/rrd)

  • Daya Beli Lemah, Begini Jurus Astra Jaga Kinerja 2025

    Kondisi Perekonomian Tak Menentu, Astra Rencana Turunkan Modal Belanja

    Jakarta

    PT Astra International Tbk (ASII) mengungkapkan bakal menyesuaikan rencana belanja modal (capital expenditure) yang sebelumnya pada awal tahun dipatok sekitar Rp 26 triliun. Artinya, alokasi belanja modal kemungkinan akan lebih rendah dari target awal.

    Wakil Presiden Direktur ASII, Rudy, mengatakan penyesuaian tersebut dilakukan karena perseroan melihat adanya dinamika pasar dan kondisi bisnis yang cukup menantang. Sehingga alokasi belanja akan benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan aktual dan situasi di lapangan.

    “Kita lihat apa yang kita sampaikan untuk capex 2025 di awal tahun, di mana kurang lebih saat itu kami mencanangkan sebesar Rp 26 triliun. Namun melihat situasi dan kondisi yang ada, rasanya kami akan sesuaikan dengan yang seharusnya kami belanjakan dengan kondisi bisnis yang cukup challenging pada saat ini,” katanya dalam Public Expose Virtual PT Astra International Tbk 2025, Rabu (27/8/2025).

    Rudy mengatakan hingga semester I 2025, realisasi belanja modal tercatat Rp 8,8 triliun. Alokasi belanja tersebut dipakai untuk pembelian alat berat di bisnis kontraktor pertambangan.

    “Di samping itu kita juga ada kegiatan replanting dan mill and port maintenance di Astra Group kita. Di saat yang sama, yang berkontribusi juga itu di bidang otomotif berupa pembelian mesin produksi di Astra Otopart dan juga untuk renovasi maupun pembelian lahan-lahan baru untuk cabang-cabang kita di bisnis otomotif,” katanya.

    Sementara itu, Rudy mengatakan realisasi investasi pada semester I 2025 mencapai Rp 3,3 triliun. Investasi ini digelontorkan untuk pengembangan pergudangan logistik Astra dan juga di sektor kesehatan.

    “Rasanya masih ada beberapa proyek yang akan kami realisasikan di semester II 2025 nanti. Kami akan sampaikan jika sudah mencapai tahap yang matang untuk disampaikan,” katanya.

    Lihat juga Video Airlangga: Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal II 2025 Kalahkan AS

    (rrd/rrd)

  • Astra Property jalankan komitmen keberlanjutan secara terukur

    Astra Property jalankan komitmen keberlanjutan secara terukur

    Jakarta (ANTARA) – Astra Property, sebagai anak usaha PT Astra International Tbk, menjalankan komitmen keberlanjutan (sustainability) secara terukur di bidang properti.

    “Kita itu sebenarnya sudah berkomitmen untuk sustainability semenjak tiga atau empat tahun yang lalu. Jadi waktu itu kita pikir komitmen kita ini harus merupakan sesuatu yang terukur,” ujar Presiden Direktur Astra Property Wibowo Muljono di Jakarta, Selasa.

    Komitmen Astra Property terhadap sustainability secara terukur, pertama memiliki target dan kedua, terdapat metode atau cara untuk mengukur pencapaian tersebut.

    “Kita juga diberkati karena dari induk usaha kita, dari Astra sendiri juga sudah ada komitmen (sustainability) tersebut. Jadi memang kita meneruskan komitmen itu. Penerapannya di lapangan ini yang menurut saya bisa jadi highlight untuk Astra Property,” kata Wibowo Muljono.

    Astra Property menerapkan komitmen sustainability secara terukur tersebut pada pengembangan-pengembangan propertinya.

    “Bagaimana cara kita mengukurnya? Kita pakai rating dari Green Building Council Indonesia. Jadi di situ sudah ada rating sistemnya, misalnya penghematan air harus berapa dan itu semuanya terukur. Kemudian dari berapa persen penghematan penggunaan energi, terus pengolahan limbah sampah juga berapa persen dari limbah yang dihasilkan itu berapa dan diolahnya bagaimana, itu semua ada ukurannya,” ujar Wibowo Muljono.

    Dengan demikian komitmen keberlanjutan yang dijalankan oleh Astra Property dilakukan secara terukur serta menyesuaikan dengan industri real estat di Indonesia.

    “Jadi kita komitmennya kalau saya bisa katakan, ya dari induk kita sudah ada komitmen, kita melanjutkan komitmen tersebut. Tapi pelaksanaan di lapangannya, matriks-matriksnya apa segala itu kita sesuaikan dengan industri real estat di Indonesia,” kata Wibowo Muljono.

    Sebelumnya Direktur Pengembangan Promosi Kementerian Investasi/BKPM Rakhmat Yulianto mengatakan tren investasi properti di Indonesia saat ini tengah mengarah ke pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan (sustainable).

    Rakhmat menilai hal ini akan menjadi tantangan bagi industri properti menyusul komitmen untuk mengurangi jejak karbon secara nasional dan global. Selain itu, dia menilai saat ini sejumlah masyarakat Indonesia sebagai konsumen juga sudah memiliki kesadaran (awareness) untuk memiliki hunian yang lebih hijau.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • HUT ke-80 RI, Perusahaan Ini Terus Berkontribusi untuk Negeri

    HUT ke-80 RI, Perusahaan Ini Terus Berkontribusi untuk Negeri

    Jakarta

    Indonesia genap berusia 80 tahun pada 17 Agustus 2025. Perjalanan panjang bangsa ini dibangun oleh seluruh elemen Negeri, termasuk pemerintah, komunitas, masyarakat luas hingga pelaku industri yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sejak sebelum proklamasi kemerdekaan.

    Beberapa perusahaan sudah menanamkan akarnya di Nusantara sejak puluhan tahun lalu. Mereka tak hanya bertahan, tetapi turut memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia, mulai dari pemberdayaan UMKM, pendidikan, hingga pelestarian lingkungan.

    BCA Dukung UMKM, Pendidikan, & Lingkungan

    Di sektor perbankan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang telah beroperasi sejak 1957 menjadi salah satu pilar sistem keuangan nasional.

    Bakti BCA menjadi payung besar bagi berbagai program tanggung jawab sosial BCA di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan budaya-termasuk pemberdayaan UMKM. Di bawah inisiatif ini, BCA menjalankan program pembinaan sertifikasi halal, pelatihan Go Export, perluasan akses pasar, pembiayaan hijau, literasi keuangan, dan pengembangan layanan digital ramah lingkungan.

    Mengutip halaman resmi BCA, sejak 2023 program BCA Go Export telah membekali pelaku UMKM dengan pelatihan dan pendampingan untuk menembus pasar mancanegara. Hingga Mei 2025, total nilai ekspor yang dihasilkan UMKM binaan BCA mencapai Rp100 miliar.

    BCA juga menggelar BCA UMKM Fest 2025, menghadirkan ribuan pelaku usaha lokal secara offline dan online. Ajang ini menggandeng mitra seperti Blibli dan Grab untuk memperluas kanal penjualan digital dan meningkatkan daya saing UMKM di pasar nasional maupun global.

    Komitmen BCA terhadap lingkungan juga dijalankan melalui Bakti Lingkungan yang mencakup pelestarian orang utan, penanaman puluhan ribu pohon, konservasi penyu, dan pengelolaan limbah di wilayah operasional.

    Astra: Hidupkan Kampung, Kuatkan UMKM

    Di bidang industri dan otomotif, PT Astra International Tbk yang juga telah berdiri sejak 1957 berperan besar dalam mendorong keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    Melalui Kampung Berseri Astra (KBA), Astra mengubah lingkungan urban menjadi pusat pemberdayaan berbasis komunitas. Di Pekayon, Bekasi, warga merintis UMKM seperti susu kedelai, keripik kelor, minuman telang, sabun, souvenir hingga kain ecoprint.

    Kain ecoprint dibuat dengan teknik pewarnaan alami dari daun dan bunga. Kini karya tersebut menjadi produk unggulan yang dipasarkan dengan omzet jutaan rupiah per bulan, sekaligus menjadi media edukasi lingkungan bagi pengunjung dan siswa.

    KBA Pekayon tak hanya fokus pada ekonomi, tapi juga lingkungan. Warga mengolah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi, memproses sampah organik menjadi eco-enzyme, hingga mengelola wisata edukasi Go Green Mini Tour.

    Sejak dibina pada 2015, program ini telah melahirkan lebih dari 50 UMKM aktif, menjadikan kampung di tengah kota ini contoh nyata integrasi nilai sosial, ekologi, dan ekonomi.

    Astra juga menetapkan target Net Zero Scope 1 & 2 pada 2050 dan menjalankan investasi di energi terbarukan seperti panas bumi, kendaraan listrik, hingga penanaman tiga juta pohon melalui program Astra Sustainable Forest. Selain itu, Astra juga aktif di empat pilar kontribusi sosial: kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.

    Melalui inisiatif Kampung Iklim Berkelanjutan, Astra berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim dengan penanaman pohon, konservasi biodiversitas, dan edukasi energi terbarukan di berbagai wilayah operasi.

    Unilever Indonesia: Lebih dari 9 Dekade Tumbuh Bersama Indonesia

    Salah satu perusahaan yang telah lama menjadi bagian dari sejarah Indonesia adalah PT Unilever Indonesia Tbk. Hadir di Indonesia sejak 1933, Unilever telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat melalui berbagai produk rumah tangga seperti Bango, Citra, Royco, SariWangi, Lifebuoy, hingga Pepsodent.

    Selama lebih dari 90 tahun di Indonesia, Unilever memproduksi lebih dari 40 merek dagang di 8 pabrik yang tersebar di Cikarang dan Rungkut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya memiliki komitmen dalam menghadirkan produk-produk berkualitas. Unilever Indonesia percaya bahwa bisnis harus dijalankan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, demi pertumbuhan yang positif serta kontribusi nyata terhadap lingkungan dan masyarakat.

    Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif dan program yang konsisten berjalan hingga kini, mencakup isu-isu penting seperti kesehatan, keberlanjutan lingkungan, keadilan gender, dan inklusivitas.

    Seperti contoh, Unilever Indonesia secara konsisten menjalankan Program Sekolah Sehat sejak 2016, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kemendikbudristek. Program ini mengedukasi anak sekolah tentang hidup sehat dan kebersihan, serta menyediakan produk yang diperlukan. Hingga akhir 2024, program ini telah menjangkau lebih dari 465 ribu murid SD dan santri.

    Pada aspek lingkungan,Unilever Indonesia berhasil mengumpulkan dan memproses 90.000 ton sampah plastik, lebih banyak plastik daripada yang digunakan untuk menjual produknya dengan 2 skema utama yaitu 40.000 ton tercatat dari upaya dengan membantu jaringan daur ulang di Bank Sampah, TPS3R dan pelapak serta 50.000 ton tercatat dari upaya waste to energy, Refuse Derived Fuel (RDF) hasil kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

    Lewat berbagai terobosannya, Unilever Indonesia telah membantu meningkatkan taraf hidup jutaan orang seperti 4.266 karyawan, 80.000 warung dan toko yang dijangkau Aplikasi Sahabat Warung Convergence, 35.000 petani kedelai hitam dan gula kelapa di Indonesia, serta jutaan stakeholders dalam rantai pasokan Perusahaan.

    Merdeka, Berdaya, dan Berkelanjutan

    Di usia 80 tahun, Indonesia menghadapi tantangan dan peluang yang menuntut peran aktif seluruh pihak. Perusahaan-perusahaan yang telah puluhan tahun berkarya, termasuk BCA, Astra, dan Unilever, bersama pelaku usaha lainnya, terus berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga lingkungan, dan memperkuat kesejahteraan masyarakat. Kolaborasi lintas sektor ini menjadi fondasi penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju, inklusif, dan berkelanjutan.

    (akd/akd)

  • Harga Rocky Hybrid Naik atau Masih Sama Setelah GIIAS?

    Harga Rocky Hybrid Naik atau Masih Sama Setelah GIIAS?

    Jakarta

    Daihatsu Rocky Hybrid mendapatkan harga spesial selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Setelah pameran otomotif itu berakhir, simak harga yang ditawarkan para tenaga penjual Daihatsu.

    Berdasarkan penjelasan tenaga penjual Daihatsu, harga Rocky Hybrid dibanderol Rp 293.900.000 OTR (on the road) DKI Jakarta usai GIIAS berakhir.

    “Masih sama,” ujar tenaga penjual Daihatsu.

    Pun wiraniaga lain yang coba dihubungi masih menggunakan harga yang sama seperti di GIIAS 2025. “Betul (harganya masih sama seperti GIIAS),” kata dia.

    Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono tidak merespons pertanyaan detikOto terkait harga Rocky Hybrid.

    Rocky Hybrid berhasil bikin penasaran selama pameran GIIAS 2025, lebih dari 500 orang telah antusias mencoba langsung mobil ramah lingkungan itu.

    Fredy Handjaja, Chief Executive PT Astra International Tbk., Daihatsu Sales Operation mengatakan pemesanan Rocky Hybrid menjadi yang tertinggi selama GIIAS 2025.

    “Kami berhasil mencatatkan total SPK sebanyak 580 unit, khususnya Rocky Hybrid yang mendapat SPK tertinggi 147 unit, disusul Gran Max series sebanyak 134 unit, dan Sigra 123 unit,” kata Fredy Handjaja.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    (riar/dry)

  • Mobil Hybrid Ini Tahan 34,5 Km/Liter, Laku Segini di GIIAS 2025

    Mobil Hybrid Ini Tahan 34,5 Km/Liter, Laku Segini di GIIAS 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Faktor efisiensi dan pengiritan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jadi poin penting pertimbangan konsumen dalam memilih mobil baru. Kehadiran mobil listrik, terutama dari China memberikan alternatif pilihan bagi konsumen akan kendaraan yang lebih irit dan ramah lingkungan.

    Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) pada semester I 2025 tercatat sebanyak 35.846 unit. Sayangnya, mobil listrik punya kendala harga baterai yang mahal, pengisian baterai yang lama, dan terbatasnya tempat pengisian ulang daya baterai, terutama di luar kota bagi mereka yang ingin bepergian jauh.

    Alternatif pilihan yang realistis adalah mobil hybrid, yang menggabungkan penggunaan BBM dan baterai listrik. Hal itu tergambar dari penjualan Rocky Hybrid di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 yang mencapai ratusan surat pemesanan kendaraan (SPK).

    “Dalam pelaksanaan GIIAS 2025, Daihatsu membukukan 580 Surat Pemesanan Kendaraan(SPK). Dari jumlah tersebut, Rocky Hybrid mencatatkan 147 SPK,” kata Chief Executive Officer PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (PT AI-DSO) Fredy Handjaja Senin (4/8/2025).

    Berdasarkan uji kendaraan yang dilakukan di Jepang pada Rocky Hybrid, satu liter BBM bisa dipakai untuk menempuh 28 km hingga 34,5 km (dengan metode Japan Cycle ’08/JC08). Selain itu, dari segmen low cost green car (LCGC), Daihatsu Sigra mencatat pemakaian BBM 14 km/liter untuk dalam kota dan 17,6 km/liter untuk luar kota. Semua penggunaan BBM ini sangat tergantung pada kondisi jalan dan gaya berkendara.

    Adapun berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada semester pertama 2025, total penjualan mobil sebanyak 374.740 unit. Daihatsu menempati peringkat kedua dengan penjualan 64.405 unit dan menguasai market share 17,2%.

    Sedangkan data penjualan wholesales Gaikindo Juni 2025 tercatat 57.760 unit atau turun 22,6% dibandingkan Juni 2024 sebesar 74.615 unit secara year on year (yoy).

    (fys/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Harga Rocky Hybrid Naik atau Masih Sama Setelah GIIAS?

    Harga Daihatsu Rocky Naik Setelah GIIAS 2025?

    Jakarta

    Hari ini menjadi hari terakhir pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Salah satu mobil yang mendapat harga spesial selama pameran ialah Daihatsu Rocky Hybrid. Setelah GIIAS 2025 usai, harganya bakal naik?

    “Jadi salah satu strategi dari masing-masing brand, kita mencoba untuk mendapatkan animo sejauh mana konsumen Daihatsu, apakah masyarakat pada umumnya memang tertarik dengan ini atau tidak. Tetapi kita coba memberikan sesuatu yang spesial karena memang kita memberikan penawaran spesial selama di GIIAS ini,” kata Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

    Saat disinggung berapa besaran harga Daihatsu Rocky Hybrid setelah GIIAS 2025, Tri belum mengungkapkannya.

    “Yang pasti di GIIAS ini harganya spesial, belum tahu (apakah naik di atas Rp 300 juta),” jelas Tri.

    Rocky Hybrid saat ini masih diimpor utuh dari Jepang. Harganya dibanderol Rp 293.900.000 OTR (on the road) DKI Jakarta selama periode GIIAS 2025. Daihatsu rencananya memulai pengiriman pada November 2025.

    Tri mengatakan Rocky Hybrid mendapat animo yang positif sepanjang perhelatan GIIAS 2025. Tak sedikit konsumen yang penasaran dengan teknologi e-Smart Hybrid pada Rocky.

    “Masukan dari konsumen yang sudah melihat ataupun memang belum melihat artinya di luar GIIAS, responsnya positif, harganya, dan produk yang kami tawarkan,” kata Tri.

    Jadi yang spesial dari Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid yang baru meluncur ini bukan paralel ataupun series-paralel seperti yang umum digunakan oleh Toyota Hybrid System. Mesin pembakaran tidak terhubung langsung dengan roda penggerak.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    (riar/rgr)