Perusahaan: PT Astra International Tbk

  • Astra Optimistis Desa Binaan Mampu Sumbang Ekspor RI

    Astra Optimistis Desa Binaan Mampu Sumbang Ekspor RI

    Bisnis.com, BOGOR — PT Astra International Tbk. (ASII) meyakini Program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang dirancang perusahaan pada 2018 mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk ekspor.

    Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan perusahaan melalui program DSA berkomitmen untuk memberdayakan komunitas lokal melalui pelatihan, pendampingan, dan penyediaan infrastruktur.

    “Jadi kita jangan hanya fokus di kota-kota saja, tetapi justru dari desa-desa bisa bergerak untuk bisa dikembangkan. Kemudian pasti berkontribusi kan kepada pertumbuhan Indonesia, kepada ekspor dan seterusnya,” kata Boy saat ditemui seusai Workshop Lingkungan Astra 2024 di Boja Farm, Tajur Halang, Bogor, Kamis (5/12/2024).

    Boy menambahkan, Astra sudah sejak lama berkontribusi dalam menggalakkan program sosial berkelanjutan. Adapun, program DSA sendiri dirancang pada 2018 yang berfokus untuk mengembangkan potensi unggulan desa melalui tiga klaster produk, antara lain pertanian dan olahannya, kelautan dan perikanan, serta wisata, kriya, dan budaya.

    Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa setiap tahun Astra melakukan evaluasi terhadap desa binaan dan memberikan apresiasi untuk kampung dan desa yang berprestasi. Dia juga berharap program DSA ini bisa berdampak lebih besar ke masyarakat.

    “Mudah-mudahan ke depan ini bisa ditularkan ke kampung dan desa yang lainnya. Harapannya tentunya bisa ada impact yang lebih besar lagi kepada masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

    Hingga 2024, Astra telah mengembangkan sebanyak 1.397 Desa Sejahtera Astra di 35 provinsi di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan cita-cita perusahaan untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s) Indonesia.

    Selain itu, program Desa Sejahtera Astra juga berhasil menciptakan 73 lapangan kerja baru. Kesuksesan program ini di lima desa telah memberikan dampak positif kepada 620 warga.

    Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia Oktober 2024 mencapai US$24,41 miliar atau naik 10,69% dibanding ekspor September 2024. Posisinya juga naik 10,25% secara tahunan (year-on-year/yoy).

    Dari sana, BPS mencatat ekspor nonmigas mencapai US$23,07 miliar, atau naik 11,04% yoy.

    Secara kumulatif, nilai ekspor Indonesia Januari–Oktober 2024 mencapai US$217,24 miliar. Sejalan dengan total ekspor, nilai ekspor nonmigas yang mencapai US$204,21 miliar juga naik 1,48%.

    Adapun, dari 10 komoditas dengan nilai ekspor nonmigas terbesar Oktober 2024, sebagian besar komoditas mengalami peningkatan. Di mana, peningkatan terbesar pada lemak dan minyak hewani/nabati sebesar US$1.046,5 juta (52,67%). Sementara yang mengalami penurunan adalah logam mulia dan perhiasan/permata sebesar US$102,0 juta (14,46%).

    Jika ditinjau menurut sektor, ekspor nonmigas hasil industri pengolahan Januari–Oktober 2024 mengalami kenaikan 3,75% yoy. Begitu pun dengan ekspor hasil pertanian, kehutanan, dan perikanan yang naik 23,78 %, namun ekspor hasil pertambangan dan lainnya turun 8,65%.

  • Desa Binaan Astra Mampu Ekspor Produk Organik, Intip Produk & Nilainya

    Desa Binaan Astra Mampu Ekspor Produk Organik, Intip Produk & Nilainya

    Bisnis.com, BOGOR — PT Astra International Tbk. (ASII) melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) telah mengekspor produk organik hingga US$400.000 lewat Yayasan Mitra Organik Boja Farm, Tajur Halang, Bogor.

    Sebagai gambaran, program DSA dirancang pada 2018 yang diinisiasi untuk memberdayakan komunitas lokal melalui pelatihan, pendampingan, dan penyediaan infrastruktur.

    Program ini berfokus untuk mengembangkan potensi unggulan desa melalui tiga klaster produk yakni pertanian dan olahannya, kelautan dan perikanan, serta wisata, kriya, dan budaya.

    Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan bahwa perusahaan telah membina hingga 1.397 DSA di seluruh Indonesia, termasuk Yayasan Mitra Organik Boja Farm. DSA Yayasan Mitra Organik Boja Farm sendiri merupakan wujud komitmen Astra dalam mendukung pengembangan masyarakat berkelanjutan.

    Boy menyatakan bahwa Astra berkomitmen dan mendorong masyarakat di desa binaan untuk mengekspor produk lokal ke kancah internasional.

    “Bagi kami di Astra, kami mendorong untuk masyarakat untuk bisa di desa-desa dan kampung-kampung ini bisa mengekspor kearifan lokalnya mereka. Sehingga bisa menularkan kepada kampung dan desa yang lainnya di seluruh Indonesia,” kata Boy di sela-sela acara Workshop Lingkungan Astra, di Tajur Halang, Bogor, Kamis (5/12/2024).

    Boy menegaskan Astra akan terus mengevaluasi semua DSA setiap tahun yang dilakukan oleh Divisi Environment and Social Responsibility. Namun, program ini dirancang bukan hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melainkan juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan ekonomi lokal Indonesia.

    “Harapannya, kami akan terus mendorong kampung dan desa ini untuk bisa semakin maju, semakin bisa ekspor, semakin bisa berperan, semakin bisa mandiri,” ungkapnya.

    Lebih lanjut, DSA Yayasan Mitra Organik Boja Farm juga melakukan budidaya pertanian dengan cara organik yang kemudian diproses menjadi bahan olahan. Sehingga, produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah.

    Bahkan, proses pertanian secara organik yang telah dilakukan mendapat sertifikasi dari badan sertifikasi internasional seperti USDA untuk Amerika, EU untuk pasar Eropa dan JAS untuk pasar Jepang.

    Tokoh Penggerak DSA Yayasan Mitra Organik, sekaligus pemilik Boja Farm John Tumiwa mengatakan bahwa Astra berhasil membina dan membimbing desa binaan untuk menjadi pengusaha yang siap ekspor.

    “Astra itu membina dari sisi ekosistem. Ada pembinaan, pendampingan, dan business matching. Business matching yang diberikan oleh Astra itu mendapatkan hasil yaitu kita bisa mengekspor [produk organik],” paparnya.

    Saat ini, Boja Farm telah membina para petani untuk menjadi petani yang bersertifikat organik berstandar Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Jepang. Dengan begitu, para petani mendapatkan harga yang tinggi.

    “Ekspor kita itu sudah ada yang ke Kanada, Amerika, dan Jepang. Rata-rata ekspor kita itu ada yang mencapai US$100.000–US$400.000,” ungkapnya.

    Adapun, sederet produk organik hilirisasi DSA Boja Farm mencakup bubuk cabai rawit, bubuk bawang merah, peanut butter, pasta vanila, bubuk vanila, bubuk cabai keriting, keripik ubi jalar, vanilla ekstrak, dan gula vanilla. Dari sana, John mengaku produk vanilla dan keripik buah organik menjadi produk ekspor andalan Boja Farm.

    Selain memasarkan ke luar negeri, DSA Boja Farm juga mendistribusikan produk organik ke beberapa supermarket di Indonesia.

    John bercerita, asal mula kata Boja berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tempat bahagia. Dengan tanah yang terbentang seluas 15.000 hektare itu memiliki konsep pertanian organik. Tempat ini berdiri sejak 2017 silam.

    “Organik bukan hanya tanaman, tetapi juga tata niaga yang diperbaiki. Kami memotong rantai dari tengkulak dan trader, jadi kami hanya berdagang pada petani,” terangnya.

    Tak hanya itu, Boja Farm juga mengombinasikan pertanian dengan mengelola fasilitas wisata seperti layanan spa di area glamping, penginapan, hingga kafe.

    Di samping itu, dukungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) juga membantu promosi produk lokal ke pasar yang lebih luas. John mengatakan, DSA Boja Farm mengambil konsep kemitraan dengan bagi hasil sebanyak 70% untuk petani dan 30% untuk Boja Farm.

    Pendapatan warga selama satu tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Sebelumnya, rata-rata pendapatan berada di kisaran Rp500.000–Rp1,5 juta per bulan, yang kini menjadi Rp2 juta–Rp6 juta per bulan.

  • Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol Nurofiq Apresiasi Penyelenggaraan Investor Daily ESG Appreciation Night

    Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol Nurofiq Apresiasi Penyelenggaraan Investor Daily ESG Appreciation Night

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol Nurofiq mengapresiasi penyelenggaraan “Investor Daily ESG Appreciation Night 2024” yang digelar oleh B-Universe bersama BGK Foundation, di Hotel Westin, Jakarta, Senin (25/11/2024) malam.

    Menurutnya, penghargaan seperti ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran perusahaan akan pentingnya mengimplementasikan prinsip-prinsip environmental, social, and governance (ESG) demi keberlanjutan lingkungan.

    “Saya yakin seyakin-yakinnya program yang digawangi B-Universe ini akan semakin maju. Karena ini memang dibutuhkan saat perusahaan membangun reputasinya, maka go green menjadi salah satu yang tidak lagi bisa dihindari, sehingga harapan saya ke depannya ini akan semakin maju,” kata Hanif dalam acara “Investor Daily ESG Appreciation Night 2024”.

    Hanif meyakini, Investor Daily ESG Appreciation Night 2024 akan semakin berkembang pesat sama seperti program serupa yang diiniasiai Kementerian Lingkungan Hidup, yaitu program penilaian peringkat kinerja perusahaan (Proper) yang setiap tahunnya diikuti banyak perusahaan.

    Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan dan kolaborasi antara pemerintah dan dunia usaha untuk mengatasi persoalan-persoalan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

    Dalam “Investor Daily ESG Appreciation Night 2024”, penghargaan diberikan untuk tujuh kategori, yaitu appreciated circular economy report, appreciated diversity and inclusivity report, most appreciated ESG report, appreciated governance ESG report, ESG recognized commitment, appreciated environmental ESG report, dan appreciated social ESG report.

    Berikut penerima apresiasi ESG Awards:

    Kategori Recognized Commitment ESG:
    – PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk
    – PT Freeport Indonesia
    – Allianz Indonesia 
    – PT RMK Energy Tbk 
    – PT Medela Potentia

    Kategori Appreciated Circular Economy ESG Report:
    – PT Chandra Asri Pacific Tbk
    – PT Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk
    – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

    Kategori Appreciated Diversity Inclusivity ESG Report:
    – PT Petrosea Tbk
    – PT Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
    – PT Permodalan Nasional Madani

    Kategori Appreciated Environmental ESG Report:
    – PT Astra International Tbk 
    – PT Barito Pacific Tbk 
    – PT PP (Persero) Tbk 
    – PT Pertamina (Persero)

    Kategori Appreciated Social ESG Report:
    – PT Petrosea Tbk 
    – PT Aneka Tambang Tbk
    – PT Bank Syariah Indonesia Tbk
    – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

    Kategori Appreciated Governance ESG Report:
    – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 
    – PT Bukit Asam Tbk
    – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk. (bank bjb)
    – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

    Kategori Most Appreciated ESG Report:
    – PT Chandra Asri Pacific Tbk
    – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
    – PT Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk

  • Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Jakarta

    PT Astra International Tbk membuka acara Astra Auto Fest 2024 di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024). Agenda ini bertujuan untuk menggairahkan pasar otomotif di Indonesia.

    “Industri otomotif sedang mengalami tantangan, terutama mobil saat ini mengutip statistik Januari sampai Oktober turun sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Direktur Astra Rudy Chen saat pembukaan Astra Auto Fest di PIM 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    “Sebaliknya kendaraan roda dua berdasarkan AISI meningkat tiga persen mencapai 5,4 juta,” kata Rudy lagi.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    “Atas dasar itu Astra Auto Fest kami hadir kembali, tujuannya untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia,” ujarnya lagi.

    Pameran ini sudah berlangsung sejak tahun 2018. Namun terhenti selama tiga tahun saat pandemi COVID-19. Ini merupakan pameran keempat kalinya yang digelar dari tanggal 15 hingga 17 November 2024.

    Seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra Group akan bersinergi dalam menawarkan beragam produk, promo, dan penawaran terbaik selama tiga hari gelaran tersebut.

    Project Director Astra Auto Fest Yagimin menargetkan 1.000 transaksi selama pameran tersebut.

    “Target yang kami sematkan di Astra Auto Fest ini kita tidak terlalu bombastis, lebih kurang 1.000 unit atau 1.000 transaksi,” ujar Yagimin.

    Sekadar informasi, sejumlah perusahaan otomotif di bawah naungan grup Astra yang mengikuti Astra Auto Fest 2024, antara lain Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra UD Trucks, dan Astra Motor.

    Chief Marketing dan Sales Officer Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok (Ahok) mengungkap saat ini pembelian mobil dan sepeda motor secara kredit mencapai 70 persen. Dalam program ini diberikan rate bunga kompetitif mulai dari 1,99 persen hingga 3,99 persen.

    Selain bisa membeli mobil baru, pengunjung bisa melakukan trade in atau tukar tambah mobil melalui OLXMobbi dengan promo cashback hingga 6,5 juta.

    Dalam acara ini, AstraPay menawarkan berbagai promo menarik untuk memperkenalkan manfaat pembayaran digital kepada masyarakat luas, khususnya di industri otomotif. Promo-promo tersebut antara lain:

    Cashback SPK Motor & Mobil: Cashback Astra Voucher hingga Rp1.000.000 untuk transaksi minimal Rp2.000.000, serta merchandise berupa bantal selimut (balmut).Program Pengguna Baru: Voucher cashback hingga Rp100.000.Program Pengguna Baru, Upgrade Akun, atau Transaksi: Merchandise menarik seperti clutch, parfum, payung, atau tas laptop.

    (riar/dry)

  • Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Daihatsu merilis data penjualan mobil sepanjang Januari-Oktober 2024. Sepanjang 10 bulan tahun ini, merek asal Jepang tersebut sukses menjual lebih dari 140 ribu mobil. Model apa saja yang menjadi tulang punggung penjualan?

    Pada bulan Oktober pasar otomotif nasional mencatatkan kenaikan menjadi sekitar 73 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar, Daihatsu juga catatkan penjualan positif dengan kenaikan volume mencapai 13.101 unit, atau naik sebesar 4,9% dibandingkan bulan September lalu sebesar 12.490 unit.

    Selama bulan Oktober, penjualan Daihatsu terlaris didominasi oleh tiga model, mulai Astra Daihatsu Sigra sebanyak 4.077 unit atau kontribusi sebesar 31%, disusul Gran Max Pick Up 3.569 unit (27%), dan Ayla dengan raihan 1.442 unit (11%).

    Daihatsu Sigra. Foto: PT Astra Daihatsu Motor

    Sementara itu, hingga Oktober 2024 pasar otomotif nasional secara total mencapai sekitar 730 ribu unit. Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 142.949 unit dengan market share sebesar 19,6%.

    Terdapat tiga model Daihatsu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia di tiap segmennya, seperti Astra Daihatsu Sigra dengan jumlah 46.858 unit atau kontribusi sebesar 59% di segmen LCGC MPV, disusul Gran Max Pick Up 35.133 unit yang menyumbang 57% di segmen Pick Up Low, serta Gran Max Mini Bus mencapai 11.892 unit atau berkontribusi 91% di segmen Semi Commercial.

    Penjualan Daihatsu ditopang berbagai kemudahan bagi pelanggan termasuk pembelian kredit fleksibel lewat perusahaan leasing, dukungan layanan purnajual, serta program trade in.

    Astra Daihatsu juga menggelar promo DAIFEST 2024 yakni program penjualan spesial akhir tahun hingga 31 Desember 2024, di mana pelanggan berkesempatan menangkan hadiah menarik, seperti paket liburan domestik dan internasional, hingga grand prize 1 unit Daihatsu Rocky, serta beragam hadiah menarik lainnya.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaannya terhadap Daihatsu. Kami menyediakan program penjualan spesial hingga akhir tahun lewat DAIFEST untuk mempermudah pelanggan memiliki mobil baru Daihatsu. Ditambah, dengan kehadiran Daihatsu di pameran GJAW mendatang dapat berkontribusi mendongkrak penjualan otomotif nasional tahun 2024,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

    (lua/rgr)

  • Sudah Disunat 23%, Ini Syarat Penjualan Mobil RI Capai Target 2024

    Sudah Disunat 23%, Ini Syarat Penjualan Mobil RI Capai Target 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil nasional bulan Oktober 2024 cetak pencapaian tertinggi sementara tahun 2024. Tercatat, penjualan bulan Oktober 2024 terbang 6,22% atau 4.525 unit jadi 77.191 unit dari sebulan sebelumnya.

    Meski, secara tahunan memang masih lebih rendah 3.159 unit atau 3,93% dibandingkan penjualan mobil nasional bulan Oktober 2023.

    Secara akumulasi, data yang baru dirilis PT Astra International Tbk, Senin (11/11/2024) menunjukkan, penjualan mobil nasional periode Januari-Oktober 2024 sudah mencapai 710.406 unit.

    Angka ini lebih rendah 125.722 unit atau 15,05% dibandingkan akumulasi penjualan mobil Januari-Oktober 2023 yang mencapai 836.128 unit.

    Lalu, bagaimana nasib penjualan mobil nasional sampai akhir tahun 2024 nanti? Apakah akan mampu mencapai target?

    Sebagai informasi, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memangkas target penjualan mobil domestik menjadi hanya 850 ribu unit di tahun 2024 ini. Sebelumnya, Gaikindo pasang target besar, bidik penjualan 1,1 juta unit. Dengan demikian, Gaikindo memangkas target penjualan tahun 2024 ini sebesar 23% atau 250 ribu unit.

    “Gaikindo telah merevisi target jadi 850.000 unit di tahun 2024 ini. Ini lebih realistis tampaknya, optimistis bisa tercapai,” kata Pengamat Otomotif Yannes Martinus Pasaribu kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (13/11/2024).

    “Karena sampai Oktober total penjualan sudah 710.406 unit. Dengan sisa dua bulan, diperlukan penjualan sekitar 139.594 unit lagi. Gaikindo tampaknya serius menggenjot pemasaran dan penjualan melalui berbagai event promo bersama besar-besaran, sejak beberapa bulan lalu hingga akhir tahun ini,” tambahnya.

    Dengan rata-rata penjualan bulanan selama tahun 2024 adalah sekitar 71.000 unit, untuk mencapai target, penjualan pada November dan Desember sekitar 69.797 unit per bulan target itu masih mungkin dicapai.

    “Meski memang memerlukan strategi penjualan yang agresif dan dukungan dari berbagai program promosi,” ujarnya.

    Menurut Yannes, strategi itu juga lah yang menopang penjualan bulan Oktober 2024 bisa terbang.

    “Peningkatan penjualan mobil sebesar 6,2% di Indonesia pada Oktober 2024, di tengah kondisi ekonomi yang stagnan dan tanpa dorongan musiman yang signifikan, mengindikasikan adanya dinamika pasar yang menarik,” sebut Yannes.

    “Kemungkinan besar, lonjakan ini didorong oleh kombinasi beberapa faktor. Seperti keberhasilan peluncuran model-model baru dengan fitur terkini yang menarik minat konsumen, kampanye promosi agresif yang menawarkan penawaran menarik seperti bunga rendah dan program tukar tambah,” pungkas Yannes.

    (dce/dce)

  • Profil Ketua BP Danantara Muliaman Hadad yang Punya Harta Kekayaan hingga Rp 39,14 Miliar

    Profil Ketua BP Danantara Muliaman Hadad yang Punya Harta Kekayaan hingga Rp 39,14 Miliar

    Jakarta, Beritasatu.com – Muliaman Darmansyah Hadad dipilih sebagai kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (BP Danantara) oleh Presiden Prabowo Subianto. Bagaimana profil Ketua BP Danantara Muliaman Hadad?

    Danantara adalah badan yang dibuat untuk mengelola investasi di Indonesia secara lebih luas dari anggaran pemerintah. Tujuan dibentuknya lembaga ini, yakni untuk mengelola aset negara berskala besar dengan koordinasi yang lebih maksimal dan lebih baik.

    Lembaga tersebut diharapkan menjadi superholding seperti Temasek dari Singapura. Adapun Muliaman Hadad ditunjuk sebagai ketua Danantara 2024. Ia merupakan tokoh perbankan sekaligus ekonom. Berikut ini profil Ketua BP Danantara Muliaman Hadad.

    Profil Muliaman Hadad
    Muliaman Hadad lahir pada 3 April 1960. Ia memulai karier di bidang ekonomi setelah menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi di Universitas Indonesia (UI) pada 1984, dengan fokus pada jurusan pembangunan di fakultas ekonomi dan bisnis.

    Setelah itu, Muliaman melanjutkan studi ke luar negeri dan memperoleh gelar master of public administration dari Harvard University, Amerika Serikat, pada 1991. Pada 1996, dia meraih gelar doctor of philosophy (PhD) dari Universitas Monash, Australia, di fakultas bisnis dan ekonomi.

    Karier profesional Muliaman dimulai di Bank Indonesia (BI), dengan mengemban jabatan sebagai staf di kantor cabang Mataram. Beberapa jabatan penting yang pernah dipegangnya di BI antara lain kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan (2003), dan direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan (2005).

    Muliaman juga aktif dalam dunia akademik sebagai dosen pascasarjana di Universitas Indonesia, mengajar di bidang ekonomi dan bisnis sejak 2017 hingga sekarang. Selain itu, dia pernah menjabat sebagai ketua Dewan Pembina Majelis Wali Amanat di Universitas Diponegoro (2016-2021) dan ketua Majelis Amanat di Universitas Sebelas Maret (2024-2029).

    Pada 2012, Muliaman diangkat sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk periode 2012-2017 melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 67/P Tahun 2012. Selanjutnya, dia terpilih sebagai ketua Dewan Komisioner OJK dan menjadi anggota Komisi XI DPR.

    Antara 2018 dan 2023, Presiden Joko Widodo menunjuk Muliaman sebagai Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein. Pada 2023, dia kembali aktif di dunia korporasi dengan menjadi komisaris utama dan komisaris independen di PT Bank Syariah Indonesia, serta komisaris independen di PT Astra International.

    Selain karier profesionalnya, Muliaman juga terlibat dalam berbagai organisasi, antara lain sekretaris jenderal Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PP ISEI), sekretaris dewan penasehat Indonesian Risk Professional Association (IRPA), ketua komite evaluasi program pendidikan dan pelatihan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), dan ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (Iluni FEUI).

    Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) 2017, kekayaan Muliaman Hadad tercatat mencapai Rp 39,14 miliar, yang terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 23,75 miliar, serta kendaraan senilai Rp 1,9 miliar.

  • Panggilan Ayu Fauzziyah Angkat Status Gizi Indonesia Lewat Gizipedia

    Panggilan Ayu Fauzziyah Angkat Status Gizi Indonesia Lewat Gizipedia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sederet tantangan di depan mata tak menghalangi semangat Ayu Fauziyyah Adhimah dalam memberikan konten-konten seputar ilmu gizi. Sebagai salah satu kreator platform edukasi gizi, ia terus menebar harapan bagi masyarakat khususnya dalam aspek kesehatan.

    Melalui Gizipedia Indonesia, Ayu berharap status gizi masyarakat Indonesia mengalami peningkatan.

    Gizipedia Indonesia merupakan platform yang berfokus pada gizi dan kesehatan. Platform ini diisi oleh para ahli gizi yang terdiri dari dietisien dan nutrisionis yang telah memiliki surat tanda registrasi dan tercatat sebagai anggota Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi).

    Gizipedia didirikan pada September 2019 oleh Ayu Fauziyyah dan Yusrina Husnul, serta Salsabila Fasya yang turut bergabung pada 2023. Mereka bekerja secara daring dari kota yang terpisah, di mana Ayu tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur, Salsa di Blitar, Jawa Timur, dan Yusrina bekerja di Yogyakarta.

    Pengembangan Gizipedia didasari oleh pemikiran para pendiri yang resah dengan minimnya wadah bagi ahli gizi, mahasiswa gizi, dan masyarakat untuk berdiskusi dan mendapatkan pengetahuan yang valid mengenai gizi.

    Menurut Ayu, banyak masyarakat yang cenderung lebih mempercayai informasi gizi dari para influencer yang tidak memiliki latar belakang gizi dan kesehatan daripada informasi dari ahli gizi yang kompeten di bidangnya.

    Berkaca dari fenomena tersebut, Ayu berharap kehadiran Gizipedia mampu memberi manfaat lebih luas kepada masyarakat. Gizipedia juga menjalin kolaborasi lintas sektor untuk meningkatkan status gizi masyarakat sekaligus membantu ahli gizi dalam bekerja dengan membuat aplikasi rumus perhitungan gizi.

    Awalnya, Ayu dan Yusrina saling berbagi konten melalui Twitter dan mengunggahnya ke Instagram sehingga mendapatkan banyak respons positif. Pengikut mereka di di Instagram tumbuh dari 5.000 pengikut hingga saat ini mencapai 105 ribu pengikut.

    “Jadi kami membantu untuk meningkatkan status gizi masyarakat dengan membagikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk lansia dan balita di Posyandu. Sebab, di sekitar kami banyak sekali lansia yang kekurangan gizi karena anak-anaknya merantau. Jadi kami membantu untuk meningkatkan status gizi Lansia seperti itu,” ungkap dia beberapa waktu lalu, dikutip Minggu (10/11/2024).

    Asal tahu saja, Gizipedia memiliki produk papan Gpad yang berisi kumpulan rumus dan diagnosa gizi pasien serta ratusan referensi modul dan e-book. Dana yang mereka dapatkan dari penjualan Gpad digunakan untuk mendukung program makanan tambahan bagi lansia dan balita di posyandu.

    Terdapat sejumlah program yang telah dijalankan oleh Gizipedia. Pertama, edukasi online melalui media sosial. Dalam hal ini, Gizipedia aktif memproduksi konten visual yang menarik terkait informasi seputar gizi dan kesehatan.

    Kedua, Gizipedia menyediakan bimbingan belajar uji kompetensi gizi. Program ini bertujuan membantu mahasiswa untuk belajar dan lulus dalam uji kompetensi gizi agar bisa mendapatkan surat tanda registrasi (STR) untuk bekerja di fasilitas kesehatan.

    Ketiga, Gizipedia memiliki program webinar dan sesi berbagi. Program ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan gambaran kepada calon ahli gizi agar mereka siap bekerja di masyarakat setelah lulus sekaligus meningkatkan kompetensi serta kualitasnya agar dapat bekerja secara profesional.

    Keempat, Gizipedia memberi makanan tambahan kepada lansia yang dilakukan setiap hari Jumat. Makanan tambahan yang diberikan antara lain telur, tahu, tempe, dan sayuran untuk mencegah malnutrisi yang banyak terjadi pada kelompok usia lanjut. Sejauh ini, kegiatan tersebut baru ada di wilayah Yogyakarta beberapa bulan terakhir.

    Kelima, Gizipedia turut melaksanakan program pemberian makanan tambahan bagi balita di Posyandu. Dalam hal ini, Gizipedia membagikan lauk hewani seperti tempe dan telur. Program ini baru ada di wilayah Yogyakarta dan berjalan beberapa bulan terakhir.

    Keenam, Gizipedia memiliki program konsultasi gizi dan cek kesehatan. Gizipedia turut berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta pada event #inijakarta tahun 2021 melalui booth konsultasi gizi dan cek kesehatan.

    Lebih lanjut, untuk mempertahankan keberlanjutan seluruh program, Gizipedia menyusun jadwal kegiatan mingguan dan bulanan yang berisi konten edukasi di media sosial minimal tiga kali dalam seminggu, webinar dan sesi berbagi setiap bulan, bimbingan belajar (bimbel) dan Try out UKOM 6 bulan sekali, pemberian makanan tambahan bagi lansia setiap hari jumat, serta pemberian makanan bagi balita setiap bulan saat Posyandu.

    Atas kegigihan dalam meningkatkan status gizi masyarakat luas, Ayu mendapatkan apresiasi Satu Indonesia Awards 2024 dari PT Astra International Tbk.

    Sebagai catatan, Satu Indonesia Awards merupakan ajang untuk mengapresiasi anak-anak muda yang berkontribusi untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Bagi Astra, peran anak muda sangat krusial dalam kemajuan bangsa Indonesia.

    Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro mengatakan, ada banyak hal yang telah diberikan oleh anak-anak muda Indonesia yang didasari oleh satu kesadaran, satu empati, dan satu keinginan untuk berbuat lebih baik bagi masyarakat sekitar.

    Dia pun menitipkan pesan kepada para pemenang Satu Indonesia Awards agar terus berkarya, berinovasi, dan berdedikasi kepada masyarakat sekitar dalam kapasitasnya masing-masing.

    “Sebarkan terus inspirasi dan terus semangat menciptakan solusi berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” kata Djony.

    Perlu diketahui, peserta Satu Indonesia Awards terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ketika pertama kali diadakan pada 2010 silam, Satu Indonesia Awards hanya diikuti oleh 120 peserta. Pada 2024 ini, terdapat 16.775 peserta yang ikut serta dalam Satu Indonesia Awards. Adapun secara agregat, sejak 2010 sudah ada 657 pemuda terbaik yang mendapatkan Satu Indonesia Awards. 

    #BersamaBerkaryaBerkelanjutan #KitaSATUIndonesia

    (bul/bul)

  • Teknologi Komputasi Awan Bukan Cuma Milik Asing. Mau Bukti?

    Teknologi Komputasi Awan Bukan Cuma Milik Asing. Mau Bukti?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dari waktu ke waktu, peran generasi muda sangat besar bagi kemajuan Indonesia. Seiring perkembangan zaman, generasi muda memiliki beragam cara untuk berkontribusi bagi negara. Salah satunya dengan mengembangkan teknologi pengelolaan cloud yang akan memudahkan aktivitas para pelaku usaha.

    Hal itulah yang dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Awanio, Irfan Y. Pratama. Berdiri sejak 2016, awalnya Awanio merupakan penyedia Platform as a Service (PaaS) yang mendukung kegiatan klien atau pelanggannya akan hosting aplikasi dan data.

    Bisnis Awanio kemudian terus berkembang sehingga tidak hanya melayani segmen business to consumer (B2C), melainkan juga business to business (B2B). Untuk segmen B2B, Awanio telah mengembangkan Cloud Enabler Platform (CEP) pada 2021 lalu.

    Asal tahu saja, CEP merupakan program yang memungkinkan orang mengelola komputasi awan (cloud), yakni ruang di dunia maya yang tercipta saat sebuah server terhubung dengan internet. Ruang tersebut dapat dimiliki sendiri apabila server dikelola secara mandiri, atau disewa dari penyedia layanan cloud.

    Namun, perlu diingat bahwa selama ini penyedia layanan cloud didominasi entitas global dari mancanegara, sehingga secara fisik server mereka tidak tersimpan di Indonesia.

    Di samping itu, Irfan menyebutkan bahwa program CEP milik Awanio menyasar penyedia layanan cloud lokal yang ingin membangun servernya di Indonesia. CEP juga dapat memberi bantuan bagi penyedia layanan cloud lokal yang hendak mengelola servernya sendiri.

    Mengingat lokasi server berada di wilayah hukum Indonesia, maka entitas usaha dan institusi pemerintahan memiliki kontrol penuh atas keutuhan dan kerahasian data yang mereka miliki. Pengelolaan cloud server secara domestik juga dapat menekan biaya operasi cukup signifikan.

    Lebih jauh, CEP memungkinkan pelaku usaha selaku klien untuk mengelola infrastruktur teknologi informasi (TI) yang dimilikinya, antara lain server, central processing unit (CPU), memory, storage, dan jaringan internet. Secara sederhana, jika server dipadankan dengan sebuah laptop, maka CEP adalah sebuah sistem operasi layaknya Windows (close source) dan Linux (open source) yang menjadi tempat orang meletakkan berbagai perangkat lunak.

    Tak tanggung-tanggung, CEP buatan Awanio diklaim dapat menyederhanakan manajemen dan mengoptimalkan sumber daya infrastruktur, sehingga mengurangi biaya operasional. CEP yang dikembangkan Awanio juga dapat mengkoordinasi perangkat keras dari merek dan spesifikasi yang sedikit berbeda.

    Tentu tidak mudah bagi Awanio untuk mengembangkan CEP. Awanio membutuhkan kepercayaan dari para pembuat keputusan entitas lokal yang sudah terbiasa sejak lama menggunakan jasa penyedia layanan cloud global.

    “Jadi tantangannya itu banyak perusahaan di Indonesia yang masih ragu untuk menggunakan teknologi dalam negeri, karena mereka menganggap teknologi asing sebenarnya lebih maju,” ungkap Irfan, Jumat (8/11/2024).

    Untuk itu, Awanio sangat fokus untuk memberikan kualitas layanan CEP yang maksimal bagi setiap klien. Pengembangan CEP juga sepenuhnya dilakukan oleh anak bangsa. Awanio memberdayakan banyak engineer dan developer TI dari berbagai daerah Indonesia, seperti Aceh, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

    Langkah demi langkah yang dilakukan Awanio mulai membuahkan hasil. Beberapa pelaku usaha nasional seperti PT IDX Solusi Teknologi Informasi (IDXSTI) sudah menggunakan jasa Awanio untuk mengelola komputasi cloud mereka yang servernya berlokasi di Indonesia.

    Belum lama ini, Hewlett Packard (HP) Indonesia mulai menggandeng Awanio untuk melancarkan penjualan server buatannya. Awanio pun turut memperoleh kepercayaan dari PT Inti, Krakatau Steel IT, dan DMMX.

    Kini, Awanio berusaha menangkap peningkatan permintaan layanan cloud di Indonesia dan di seluruh dunia. Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat banyak pelaku usaha membutuhkan solusi yang dapat membantu mereka mengelola infrastruktur TI dengan efektif dan efisien.

    Awanio telah berhasil meyakinkan beberapa distributor TI besar di Indonesia, seperti PT Synnex Metrodata dan PT Sinergi Wahana Gemilang. Beberapa mitra besar lain seperti Metrocom, Intikom, dan Mastersystem juga menggunakan solusi dari Awanio. Tak hanya itu, Awanio juga mulai mendapat kepercayaan untuk bermitra dengan penyalur perangkat keras global untuk server dan storage seperti IBM, HPE, Dell, Inspur, dan Stratus.

    Irfan menyatakan, Awanio berambisi melakukan ekspansi ke pasar global. Langkah ini juga untuk memberikan kesempatan bagi para engineer dan developer TI Indonesia di kancah internasional. Dalam hal ini, Indonesia juga mampu menyediakan solusi atas pengelolaan infrastruktur cloud yang permintaannya di pasar global berpotensi meningkat.

    “Ekspansi ini bukan hanya di Indonesia, tapi sampai ke luar negeri seperti negara-negara di Eropa,” jelas dia.

    Peluang Awanio untuk memberikan solusi lebih cepat dan responsif sangat terbuka. Berada di wilayah hukum yang sama diharapkan menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab lebih tinggi terhadap kedaulatan data. Selain itu, Awanio juga tidak terpapar fluktuasi kurs rupiah terhadap dollar AS (US$).

    Lantas, perkembangan teknologi telah membuka peluang bagi Awanio untuk terus berinovasi, tidak hanya seputar CEP saja. Awanio berkesempatan menjalin kerja sama dengan ekosistem pengembang perangkat lunak di Indonesia untuk area Cyber Security, Cloud Security, dan Artificial Intelligent (AI).

    Berkat inovasi brilian, langkah ekspansi yang masif, dan pemberdayaan talenta lokal yang maksimal, Irfan yang mengembangkan Awanio mendapat apresiasi dalam ajang Satu Indonesia Awards 2024 yang diselenggarakan oleh PT Astra International Tbk (ASII).

    Sementara itu, Presiden Direktur Astra International, Djony Bunarto Tjondro mengatakan, Satu Indonesia Awards merupakan ajang untuk mengapresiasi anak-anak muda yang berkontribusi untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Bagi Astra, peran anak muda sangat krusial dalam kemajuan bangsa Indonesia.

    “Saya kira banyak sekali yang telah diperbuat oleh anak-anak muda hebat ini yang didasari oleh satu kesadaran, satu empati, dan satu keinginan untuk berbuat lebih baik bagi masyarakat sekitar,” ujar dia, beberapa waktu lalu.

    Djony pun menitipkan pesan kepada para pemenang Satu Indonesia Awards agar terus berkarya, berinovasi, dan berdedikasi kepada masyarakat sekitar dalam kapasitasnya masing-masing. Harapannya, anak-anak muda dapat terus menginspirasi dan menciptakan solusi berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

    Sebagai informasi, peserta Satu Indonesia Awards terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ketika pertama kali diadakan pada 2010 silam, Satu Indonesia Awards hanya diikuti oleh 120 peserta. Pada 2024 ini, terdapat 16.775 peserta yang ikut serta dalam Satu Indonesia Awards.

    “Secara agregat, dari tahun 2010 sudah ada 657 pemuda yang mendapatkan Satu Indonesia Awards,” tandas Djony. 

    (bul/bul)

  • Ini Lho Hambatan yang Ngejegal Perkembangan Industri Otomotif

    Ini Lho Hambatan yang Ngejegal Perkembangan Industri Otomotif

    Jakarta: Ekosistem industri otomotif Indonesia mendapatkan perhatian dari para akademisi. Adapun kondisi industri otomotif Tanah Air saat ini dinilai terhimpit perjanjian eksklusivitas.
     
    Hal tersebut tertuang dalam salah satu panel di acara The 6th International Conference on Law and Governance in a Global Context (icLave) 2024 pada 4-5 November oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia di Jakarta. Konferensi yang diadakan sejak 2017 ini bertujuan memberikan perkembangan terbaru terkait hukum dan kebijakan publik internasional.
     
    Dosen FEB Universitas Indonesia Mone Stepanus, Dosen Hukum Persaingan Usaha Universitas Pelita Harapan (UPH) Dian Parluhutan, dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta Guntur Saragih memaparkan kajian ilmiah terkait apa saja yang menghambat industri otomotif. Salah satu pokoknya terkait perjanjian eksklusivitas.
    “Penting bagi kami mengangkat perjanjian eksklusivitas ini dalam forum internasional untuk menunjukkan kondisi persaingan usaha di Indonesia yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU),” ucap Mone Stepanus, dikutip Kamis, 7 November 2024.
     
    Jika perjanjian ini masih diterapkan, menurut Mone risikonya adalah kurang kondusifnya iklim persaingan usaha dan mungkin saja menghalangi pemain baru untuk berinvestasi dan memasuki pasar otomotif di Indonesia.
     
     

     

    Tantangan industri otomotif

    Industri otomotif di Indonesia didominasi oleh lima produsen besar, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi Motors. Mereka telah menguasai 82,3 persen dari total produksi nasional. Mone menjelaskan industri otomotif Indonesia menghadapi tantangan.
     
    “Ada berbagai kondisi telah memicu penerapan praktik monopoli atau oligopoli, baik melalui perjanjian vertikal maupun horizontal antar produsen,” ujar Mone, di acara yang dihadiri pembicara dari berbagai universitas di Indonesia, dan beberapa pembicara asing dari Leiden University, Chulalongkorn University, Western Sydney University, dan Monash University ini.
     
    Mone menyebutkan bukan hal yang aneh bagi produsen mobil untuk terlibat dalam perjanjian horizontal maupun vertikal dengan tujuan untuk mendominasi pasar. Perjanjian vertikal merupakan perjanjian yang dibuat oleh perusahaan induk berdasarkan tempat asal, seperti Toyota dari Jepang, yang membuat perjanjian dengan agen tunggal pemegang merek (ATPM) di Indonesia, yaitu PT Astra International.
     

    Ilustrasi. Foto: dok MI/Atet
     

    Selain itu juga ada fenomena ATPM mengadakan perjanjian eksklusivitas dengan dealer di bawahnya. Menurutnya ini salah satu trik untuk untuk meningkatkan volume penjualan mobil tertentu. “Di sisi lain ada yang perlu diwaspadai, karena perjanjian eksklusivitas ini membuat dealer susah untuk mengembangkan bisnisnya,” kata dia.
     
    Dian Parluhutan menambahkan, meskipun industri otomotif dianggap sebagai sektor strategis, terdapat risiko yang muncul dari praktik perjanjian eksklusivitas yang tidak sehat. Tidak jarang distributor membuat perjanjian eksklusivitas dengan dealer yang mewajibkan dealer untuk meminta izin kepada distributor jika mendirikan perusahaan baru menjual produk otomotif merek lain.
     
    Dengan kata lain, investor dilarang menjual merek lain, walaupun dengan mendirikan badan usaha baru yang tidak berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual pemegang merek ataupun distributor. Perjanjuan ekslusivitas ini berdampak buruk pada lanskap persaingan sektor otomotif.
     
    “Praktik seperti ini dapat menciptakan hambatan bagi pendatang baru, yang kesulitan bersaing dengan produsen besar yang telah mendominasi pasar,” ucapnya.
     
     

     

    Pengawasan ketat dari KPPU

    Dia menekankan pentingnya pengawasan yang ketat oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk memastikan persaingan yang adil tetap terjaga. Dian menambahkan KPPU dan asosiasi pelaku usaha otomotif perlu segera bertindak secara proaktif untuk merumuskan regulasi khusus di sektor otomotif. Cara ini dapat mendorong ekosistem persaingan usaha yang efektif dan sehat.
     
    Relevansi UU No. 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat juga mendapat sorotan. Menurutnya, diterapkannya perjanjian eksklusivitas pada industri otomotif telah melanggar UU 5/1999. Meski telah diatur dalam undang-undang, acap kali ada mereka yang nakal. Relasi kuasa antara ATPM dengan pengecer bisa menjadi celah mengakali UU 5/1999 tersebut.
     
    Dian pun menegaskan perjanjian eksklusivitas ini dilarang di Indonesia. Meskipun regulasi telah ada, penerapannya sering kali belum optimal. Industri ini membutuhkan pengaturan yang lebih komprehensif untuk mendukung iklim persaingan yang sehat.
     
    Sementara itu, Guntur menyarankan agar kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan KPPU dibutuhkan untuk mendorong inovasi dan investasi yang berkelanjutan di sektor otomotif. Apalagi pada 2023 ada peningkatan ekspor untuk sektor otomotif sebesar 5,96 persen (yoy).
     
    “Industri otomotif tidak hanya berkontribusi terhadap perekonomian, tetapi juga menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 1,5 juta orang di seluruh Indonesia,” tambah dia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)