Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Periset Nuklir RI Raih Anugerah Siwabessy Award dan Memorial Lecture 2024 BRIN

    Periset Nuklir RI Raih Anugerah Siwabessy Award dan Memorial Lecture 2024 BRIN

    Bisnis.com, JAKARTA – Dua peneliti bidang nuklir mendapatkan penganugerahan Siwabessy Award dan Memorial Lecture 2024 dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

    “Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) secara berkelanjutan memberikan penghargaan Siwabessy Award  kepada perorangan yang berasal dari internal maupun dari eksternal BRIN yang sudah berkecimpung dan menghasilkan berbagai prestasi maupun inovasi yang temuannya sangat luar biasa dan menaruh perhatian khusus dalam dunia ketenaganukliran di Indonesia. G.A. Siwabessy Memorial Lecture merupakan suatu kegiatan keilmuan dalam bentuk orasi ilmiah yang disampaikan oleh individu yang berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan di bidang ilmu pengetahuan dan ketenaganukliran, serta memiliki kontribusi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko di Jakarta.

    Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Zaki Su’ud, yang mengembangkan penelitian dalam dua bidang yaitu analisa dan desain PLTN generasi lanjut serta dalam bidang instrumentasi meraih anugerah Siwabessy Awards 2024.

    Pria kelahiran Wonosobo pada 12 Desember 1962 itu juga mengembangkan sejumlah komputer klaster untuk melakukan komputasi paralel guna menunjang penelitian analisa reaktor nuklir yang lebih canggih.

    Dia mengembangkan penelitian dalam 2 bidang yaitu analisis dan desain PLTN generasi lanjut serta dalam bidang instrumentasi.

    Dalam bidang analisis dan desain PLTN generasi lanjut dilakukan pengembangan lebih lanjut dari program difusi dan burnup, serta program analisis kecelakaan yang ada dengan sejumlah pengembangan model dan fitur.

    Selain itu, mulai dilakukan studi desain PLTN berumur panjang tanpa pengisian ulang bahan bakar dengan basis PLTN PWR, BWR, HTGR, dan GCFR. Program analisis gabungan netronik dan thermal hidraulik untuk analisis BWR dikembangkan dengan bahasa fortran maupun delphi.

    Selain itu, sejumlah penelitian agak teoritik mulai dilakukan misalnya dengan melakukan analisis perhitungan cross-section dengan model RGM-GCM, HArtree FOCK beserta variasinya, perhitungan grup konstan dengan collision probability, dll. Pada tahun 2005, ia mengembangkan penelitian breed burn reaktor dengan melakukan riset selama satu bulan di lab Prof. Sekimoto yang secara intensif mengembangkan reaktor jenis CANDLE.

    Dari penelitian inilah dihasilkan ide dan program untuk perhitungan skem burnup Modified CANDLE dengan menerapkan pembagian region dalam teras reaktornya. Penelitian tentang fusi juga mulai dilakukan dengan fokus pada perhitungan keseimbangan energi dan optimasi bahan untuk blanket dan first wall untuk reaktor tokamak. Berikutnya penelitian tentang korosi dan reaktor terapung juga dikembangkan.

    Untuk penelitian tentang korosi Pb-Bi cair setelah melalui 2 penelitian doktoral berhasil dicapai pembuktian teoritis/komputasional pertama di dunia bahwa korosi Pb-Bi dapat ditekan dengan optimasi kadar oksigen dalam bahan pendingin yang tepat.

    Penelitian MCANDLE juga berhasil menghasilkan desain yang dapat beroperasi dengan burnup minimal sekitar 18% (sesuai batas limit teoritis yang dikemukakan oleh Prof. Ehud Greenspan dari Univ. California Berkeley). Selanjutnya dengan memakai input bahan bakar berupa bahan bakar bekas PWR maka dapat dicapai reaktor MCANDLE yang dapat beroperasi dengan burnup keluaran sekitar 16%  sehingga dapat menggunakan bahan material generasi lanjut untuk reaktor cepat.

    Dalam 10 tahun terakhir sejalan dengan kemajuan komputer penelitian dengan program Monte Carlo dan analisis 3 dimensi yang lebih akurat mulai banyak digunakan di dunia. Sejalan dengan itu ia mengembangkan sejumlah komputer klaster untuk melakukan komputasi paralel guna menunjang penelitian analisis reaktor nuklir yang lebih canggih. Sejak 2007 mulai dilaksanakan konferensi internasional ICANSE yang ia inisiasi beserta sejumlah kolega.

    Sampai 2018 ada konferensi ICANSE dengan prosiding yang dipublikasikan di AIP conf proceeding dan IOP JOurnal of Physics conference proceedings.Ia telah menghasilkan 225 paper yang terbit di SCOPUS dan lebih dari 100 paper lain di jurnal nasional, prosiding nasional, dll.

    Sejumlah paten sedang diusulkan terkait desain reaktor MCANDLE generasi terbaru dan sejumlah program komputer baru yang dihasilkan. Sejauh ini ia telah meluluskan 160 mahasiswa meliputi 25 mahasiswa S3, 60 mahasiswa S2 dan 75 mahasiswa S1.

    Dalam penelitiannya, dia banyak melakukan kerja sama, antara lain dengan BATAN (BRIN-ORTN), BAPETEN, UGM, UNSRI, UNAND, Tokyo Tech, Tokyo City University, Osaka Univ., Gazi Univ., dll. Kerjasama dengan BATAN antara lain dikembangkan melalui forum IFAR (Indonesian Forum of Advanced Reactor). Adapun kerja sama dengan BAPETEN antara lain terkait pengembangan regulasi untuk PLTN.

    Sementara itu kuliah ilmiah Siwabessy Memorial Lecture tahun 2024 disampaikan oleh Prof Liem Peng Hong, diaspora Indonesia yang kini menjadi bagian Nippon Advanced Information Service (NAIS), Tokyo City University (TCU), Jepang.

    Prof Liem berhasil meneliti desain reaktor riset fluks tinggi dengan moderator grafit dan pendingin gas helium, yang mencakup aspek desain netronik, manajemen bahan bakar teras, termohidrolik, serta analisis simulasi kecelakaan reaktor.

    Pria yang lahir dan dibesarkan di Semarang itu mengalami dua kecelakaan nuklir utama dalam perjalanan karirnya, yakni kecelakaan kekritisan JCO Tokaimura (5 km dari rumah, September 1999) dan kecelakaan parah PLTN Fukushima Dai-Ichi (125 km dari rumah, Maret 2011), yang memberikan dampak khusus pada kegiatan litbang dan isi kontrak komersial yang diterima yang tidak bisa dijumpai di negara lain.

    Dia pernah ditempatkan di Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) G.A. Siwabessy (RSG GAS) di Bidang Fisika Reaktor (BFR). Selain tugas rutin perhitungan dan eksperimen fisika reaktor, dia melakukan litbang pengembangan perangkat lunak fisika reaktor untuk RSG GAS (program BATAN-2DIFF, -3DIFF, BATAN-FUEL, MTR-DYN).

    Program-program tersebut sampai saat ini masih digunakan oleh BATAN/BRIN dalam operasi, manajemen bahan bakar serta analisis transien/kecelakaan RSG GAS, dan mampu menggantikan seluruh program-program yang disediakan olehpemasok RSG GAS (Interatom, Jerman).

    Selain untuk reaktor riset, pengembangan perangkat lunak reaktor daya HTGR tipe pebble-bed reactor (program BATAN-MPASS, BATAN-Peu), dan reaktor daya jenis pressurized water reactor(PWR) (program NODAL3) juga dilakukan. Saat itu, reaktor daya HTGR dan PWR ini direncanakan akan dibangun masing-masing di Kepulauan Natuna (panas proses untuk Enhance oir Recovery) dan di Semanjung Muria (pembangkitan listrik).

    Program BATAN-MPASS kemudian dipakai oleh ia dan rekan-rekan peneliti dalam analisis dan desain RDE BATAN. Selama di PRSG, ia melakukan desain konversi teras oksida ke silisida RSG GAS dengan tujuan meningkatan umur teras dan pendayagunaan reaktor. Teras silisida yang dirancang berhasil direalisasi (awal tahun 2000-an) dan dioperasikan dengan selamat sampai saat ini (teras No. 108).

    Teras silisida ini lebih unggul, ekonomis, dan lebih mudah dioperasikan dibanding teras oksida awal rancangan pemasok Jerman. Selain itu, kerjasama dengan Pusat Elemen Bakar Nuklir (PEBN) dalam mempersiapkan jenis elemen bakar reaktor riset masa depan dengan muatan lebih tinggi juga dilakukan melalui desain plat bahan bakar mini. Eksperimen iradiasi plat bahan bakar mini di RSG GAS sudah berhasil dilakukan dengan selamat, dan sekarang sedang dilakukan evaluasi pasca iradiasi.

    Sejak 1999 sampai saat ini (2024, genap 25 tahun) ia melanjutkan karir di satu perusahaan penyedia jasa industri nuklir Jepang (NAIS Co., Inc., lokasi Tokaimura) sambil menjadi Visiting Professor di Tokyo Insitute of Technology (TIT), Tokyo City University (TCU), dan Lecturer di Sophia University.

    Pengguna jasa NAIS mencakup institusi litbang nuklir pemerintah (JAEA, IEA dll.), badan regulasi nuklir (NRA, NMCC), perusahaan pemasok reaktor (Mitsubishi, Hitachi-GE dll.), produsen elemen bakar nuklir (NFI), perusahaan listrik swasta dan grup (Shikoku Electric Power Company, TEPCO, TEPSYS dll.), universitas (Tsukuba University, Tokyo University, TIT, TCU dll.) dll.

    Kontrak-kontrak komersial meliputi bidang energi nuklir secara umum, analisis dan desain netronik serta termohidrolik berbagai macam perangkat kritis, reaktor riset, reaktor daya, akselerator, analisis resiko probabilistik, dekomissioning fasilitas nuklir, penyimpanan limbah lestari, kedokteran nuklir dan terapi 73BNCT, perisai radiasi fasilitas nuklir termasuk reaktor fusi ITER, evaluasi data nuklir, pengembangan perangkat lunak fisika reaktor, dan jasa layanan lainnya.

    Dalam perjalanan karir di Jepang, ia mengalami sendiri dua kecelakaan nuklir utama, yakni kecelakaan kekritisan JCO Tokaimura (5 km dari rumah, September 1999) dan kecelakaan parah PLTN Fukushima Dai-Ichi (125 km dari rumah, Maret 2011), yang memberikan dampak khusus pada kegiatan litbang dan isi kontrak komersial yang diterima yang tidak bisa dijumpai di negara lain.

    Di universitas, selain litbang, ia juga melakukan bimbingan mahasiswa/i Indonesia, yang setelah lulus sekarang sudah tersebar di BATAN/BRIN, BAPETEN, IAEA, perguruan tinggi dan perusahaan swasta.Kerja sama litbang dan pengembangan sumber daya manusia dengan institusi BATAN/BRIN (PRSG, PTKRN, PEBN dll.) lebih meningkat setelah ia berada di Jepang, termasuk pembentukan dan peningkatan jaringan hubungan antara lembaga litbang, regulasi nuklir dan universitas Jepang-Indonesia.

    Fokus kerma litbang salah satunya adalah pendayagunaan RSG GAS untuk produksi radiofarmaka Tc-99m/Mo-99 dengan menggunakan Mo alam, Neutron Transmutation Doping (silicon wafer), eksperimen fisika reaktor baru & partisipasi CRP IAEA dengan memakai RSG GAS; partisipasi desain dan analisis proyek RDE, IAEA expert mission ke Reaktor Triga Bandung, teknologi terapi BNCT, dll.

    Beberapa kunjungan dan kerja singkat atas undangan PRSG (RSG GAS) dilakukan dalam mencari solusi problem keselamatan dan perijinan operasi RSG GAS. Pada acara ulang tahun ke-34 RSG G. A. Siwabessy, ia menerima penghargaan tertinggi dari PRSG atas dedikasi dan kontribusinya selama tiga dekade.

  • Fuso eCanter, Inovasi Truk Listrik Pertama di Indonesia

    Fuso eCanter, Inovasi Truk Listrik Pertama di Indonesia

    Tangerang, Beritasatu.com – Fuso eCanter, truk listrik pertama di Indonesia, hadir dengan teknologi canggih dan efisiensi tinggi. Ditenagai baterai berkapasitas 83 kWh, truk ini mampu menempuh jarak hingga 140 km dalam sekali pengisian penuh dan memiliki kapasitas GVW (Gross Vehicle Weight) sebesar 6 ton. Kehadirannya menjadi jawaban atas kebutuhan distribusi yang ramah lingkungan sekaligus efisien.

    Sebagai salah satu pelopor dalam penggunaan kendaraan listrik di sektor logistik, PT Yusen Logistics Indonesia telah membuktikan performa eCanter melalui program Proof of Concept (PoC). Presiden Direktur PT Yusen Logistics Indonesia, Tetsuya Aoyama, menyatakan kebanggaannya karena dapat berpartisipasi dalam langkah menuju keberlanjutan.

    “Kehadiran Fuso eCanter dalam rantai bisnis kami adalah investasi yang sangat tepat untuk masa depan perusahaan yang memiliki visi keberlanjutan,” ujar Tetsuya Aoyama.

    Selain itu, perusahaan berkomitmen untuk menambahkan armada truk listrik secara bertahap hingga mencapai target zero emission pada tahun 2030, sesuai roadmap keberlanjutan perusahaan.

    Berdasarkan uji coba selama tiga bulan, PT Yusen Logistics Indonesia menemukan bahwa eCanter memberikan penghematan biaya operasional hingga 30% hanya dari sisi bahan bakar. Jika ditambah dengan efisiensi dari segi perawatan, penghematan menjadi lebih signifikan.

    Sementara itu, Deputy Director of Strategic Sales Management, Wempy Wisnu Aji, menjelaskan bahwa Fuso eCanter memiliki keunggulan lain yakni low maintenance.

    “Selain efisiensi biaya, PT Yusen Logistics juga mengapresiasi dukungan penuh Mitsubishi Fuso dalam hal garansi baterai (6 tahun), selain itu mensupport dari sisi technical bahkan dari pertama membuat design (pembuatan box karoseri),” ujarnya.

    Langkah nyata PT Yusen Logistics Indonesia bersama Fuso eCanter menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pengurangan emisi karbon dan mendukung target net zero emission pemerintah pada tahun 2060. Kehadiran eCanter menjadi inspirasi bagi pelaku industri lain untuk beralih ke solusi transportasi yang ramah lingkungan, sekaligus mendukung prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

    Fuso eCanter sebagai kendaraan distribusi yang efisien, hemat biaya, dan berkelanjutan. Dengan berbagai dukungan teknis dari Mitsubishi Fuso, PT Yusen Logistics Indonesia berhasil menjadikan eCanter sebagai bagian penting dari strategi bisnis mereka menuju masa depan logistik yang lebih hijau. Untuk informasi lebih lanjut terkait Fuso eCanter, klik di sini.

  • Kenapa Pengemudi Fortuner-Pajero Sering Dianggap Arogan di Jalan?

    Kenapa Pengemudi Fortuner-Pajero Sering Dianggap Arogan di Jalan?

    Jakarta

    Pengemudi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport kerap dipandang negatif oleh banyak masyarakat. Bagaimana tidak, sering kali kedua pengemudi mobil tersebut berperilaku arogan di jalan raya.

    Perilaku yang tidak terpuji itu seringkali merugikan pengendara lain. Contohnya kasus pengemudi Mitsubishi Pajero Sport yang mengeluarkan pistol dan menunjukkannya ke pengendara mobil lain setelah melakukan aksi penyerempetan. Duh!

    Mengutip catatan detikOto, pengemudi SUV bongsor itu melakukan aksi cowboy jalanan di sekitar flyover Kalibata, Jakarta Selatan. Kejadian itu bermula saat sopir Pajero Sport ingin mengambil jalur kanan, tetapi korban tidak memberikan ruang lantaran kondisi sedang macet dan jarak antar mobil sangat mepet.

    Pajero Sport yang dikemudikan sopir arogan tersebut berkelir hitam dengan nomor polisi (nopol) B 1614 TJN. Kabarnya, dia merupakan pegawai Badan Intelijen Negara (BIN) dengan jabatan staf khusus.

    Lewat video singkat yang diunggah di media sosial, pengemudi Pajero Sport itu sempat membuka kaca mobil, melontarkan kata-kata dengan nada tinggi, kemudian menunjukkan pistol. Sementara penumpang mobil lain yang menjadi korban berusaha menenangkannya sambil istighfar.

    Lantas, apa yang menyebabkan pengendara Pajero Sport-Fortuner seringkali arogan di jalan raya? Berikut penjelasannya menurut pakar.

    Ini Alasan Pengemudi Fortuner-Pajero Seringkali Arogan

    Ada sejumlah faktor yang menyebabkan pengemudi Fortuner-Pajero seringkali arogan di jalan raya. Dirangkum dari pemberitaan detikOto sebelumnya, berikut beberapa alasannya:

    1. Desain Mobil

    Pengamat otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Pasaribu, mengatakan jika desain mobil yang cenderung bongsor bisa mempengaruhi kepercayaan diri pengemudi. Menurutnya, mobil SUV ladder frame masuk kategori kendaraan alpha, sehingga membuat pengemudinya menjadi lebih berani dan merasa lebih kuat.

    “Desain yang ekspansif cenderung membangun citra power yang semakin dominan dan ‘alpha’. Semua itu dihasilkan dari citra non-verbal melalui dimensi, visual, audio, dan merek yang merepresentasikan citra eksklusif. Menjadi berbeda dan menjadi di atas yang lainnya,” kata Yannes beberapa waktu lalu.

    2. Menyalahgunakan Kendaraan

    Pemilik mobil SUV besar sering menyalahgunakan kendaraannya untuk kepentingan sepihak. Hal itu yang membuat pengendara Fortuner-Pajero Sport seakan menjadi sosok pria yang lebih berkuasa di jalan raya.

    “Jika pada awalnya desain yang ekspansif (dan eksklusif) dikonsumsi orang untuk memberikan penghargaan terhadap prestasinya, selanjutnya desain yang ekspansif tersebut cenderung akan mempengaruhi karakteristik psikologi pemakainya. Ia akan cenderung berperilaku seakan-akan semakin hebat, kuat, berdaya dan berkuasa atas yang lainnya,” jelas Yannes.

    Hal senada juga disampaikan Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana. Menurutnya, untuk menjadi arogan di jalan raya, pengendara sering memanfaatkan kendaraan yang besar, tinggi, dan kuat.

    “Bahkan warna dapat mempengaruhi juga. Sehingga pengemudi lain malas dekat-dekat mencari masalah, bukan ciut ya,” paparnya.

    “Berbentuk tinggi akan terlihat mampu menjangkau semuanya sehingga merasa memiliki kelebihan daripada kendaraan lainnya. Berbentuk besar, pengemudi merasa lebih harus mendapat prioritas dari yang lainnya,” tambah Sony.

    3. Tidak Ditindak dengan Serius

    Aksi pengemudi Fortuner-Pajero Sport yang arogan sudah seringkali terjadi dan meresahkan pengendara lain. Bahkan, beberapa kasus sempat viral di media sosial.

    Menurut Instruktur & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, hal tersebut akan terus terulang lagi karena beberapa kasus tidak ditindak dengan tegas.

    “Kasus-kasus seperti ini banyak mengakibatkan tindak anarkis atau fisik, perusakan namun berakhir dengan tidak berlanjutnya menjadi kasus hukum = Damai dengan pertimbangan restorative justice,” ungkap Jusri belum lama ini.

    4. Menganggap Dirinya Punya Wewenang

    Lebih lanjut, Jusri menjelaskan jika pengemudi Fortuner-Pajero Sport yang arogan bisa dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya karena mereka bekerja di instansi tertentu sehingga merasa punya wewenang tinggi daripada masyarakat umum. Belum lagi beberapa pengemudi yang membawa senjata api sehingga makin agresif dan berperilaku kasar.

    5. Minim Empati dan Tidak Taat Aturan

    Jusri juga mengatakan jika alasan pengendara Fortuner-Pajero Sport menjadi arogan karena kurangnya kesadaran tentang aturan hukum dan tata tertib berlalu lintas di jalan raya.

    Lalu, penegakkan hukum juga dinilai kurang tegas oleh pihak berwajib. Alhasil, beberapa pengendara akan berpikir bahwa jika melakukan arogansi di jalan raya bukanlah suatu masalah besar karena bisa diselesaikan secara damai.

    Akan tetapi, tidak semua pengemudi Fortuner atau Pajero Sport kerap bertingkah arogan di jalan raya. Sebab, masih ada banyak pengemudi yang menaati aturan lalu lintas dan bersikap baik kepada pengendara lain.

    Jika suatu saat detikers bertemu pengendara arogan di jalan raya, sebaiknya tidak perlu ditanggapi. Ada baiknya untuk mengalah, karena mengalah, sopan, dan berbagi merupakan kunci keselamatan dalam berkendara.

    (ilf/fds)

  • Diler ‘Ngamuk’ Obral Murah Mobil Baru, Diskon Avanza Nyaris Rp 30 Juta

    Diler ‘Ngamuk’ Obral Murah Mobil Baru, Diskon Avanza Nyaris Rp 30 Juta

    Jakarta, CNBC Indonesia – Diler mobil mulai mengobral kendaraan di tahun 2023 ini agar segera habis. Tenaga penjual diler mengungkapkan ada sebagian mobil yang stoknya mulai menipis sehingga diyakini bakal habis sebelum pergantian tahun 2024.

    Padahal, biasanya stok kendaraan dengan Nomor Induk Kendaraan (NIK) di tahun ini masih menyisakan unit untuk tahun berikutnya. Alhasil diler harus mengobral kendaraan yang terhitung tahun lama tersebut agar segera habis.

    Salah satu diler Toyota di Jakarta sedang mengobral beberapa unit, misalnya Avanza-Veloz dengan tambahan diskon puluhan juta.

    “Diskon sekarang untuk Avanza-Veloz sekarang di kisaran Rp 27 jutaan, diskon tergantung jenis unitnya,” katanya kepada CNBC Indonesia, Kamis (5/12/2024).

    Mobil 7-seater lain dari Toyota juga tengah diobral, nilainya bahkan lebih besar yakni untuk Toyota Rush.

    Foto: Jelang penutupan gelaran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024 pada Minggu, (14/7/2024), terdapat banyak produk yang diberikan diskon besar, tak terkecuali otomotif. (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)
    Jelang penutupan gelaran Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024 pada Minggu, (14/7/2024), terdapat banyak produk yang diberikan diskon besar, tak terkecuali otomotif. (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)

    “Rush sekarang diskonnya Rp 30 juta, lebih besar, dan bisa lebih besar lagi kalau pake diskon leasing, akhir tahun memang kadang lebih besar diskonnya,” sebut tenaga penjual diler tersebut.

    Diskon Diler berbeda dengan leasing. Diskon Diler umumnya diberikan oleh Diler, nilainya tergantung kebijakan masing-masing Diler. Sedangkan diskon leasing umumnya hanya didapat jika melakukan pembelian melalui kredit dan leasing tersebut.

    Selain Toyota, Diler Mitsubishi pun tengah mengobral mobilnya di akhir tahun ini, misalnya untuk Mitsubishi Xpander. Mobil low MPV pesaing Avanza ini tengah didiskon namun besarnya lebih kecil.

    “Sekarang kisaran Rp 14 juta diskonnya,” sebut tenaga penjual Mitsubishi kepada CNBC Indonesia, Rabu (4/12/2024).

    Jika unit tersebut masih tersedia hingga awal tahun depan maka diskonnya bisa lebih besar, namun dengan perbedaan pajak lain seperti BBN maka nilai On The Road (OTR) juga bisa mengalami kenaikan.

    (fys/wur)

  • BREAKING NEWS 1 Pemotor Tewas Kecelakaan Saat Menyalip Truk di Semarang

    BREAKING NEWS 1 Pemotor Tewas Kecelakaan Saat Menyalip Truk di Semarang

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pengendara Vario H3093AIW tewas  kecelakaan saat menyalip truk box H8659OV di Jalan Walisongo Kecamatan Tugu Kota Semarang, Rabu (4/12/2024).

    Pengendara Vario diketahui bernama Warsoyadi (48).

    Darah korban berceceran di pinggir jalan lokasi kecelakaan.

    Kasubnit Gakkum Satlantas Polrestabes Semarang, Ipda Agus Trihandoko mengatakan korban melaju dari arah Mangkang menuju Tugu.

    Korban mengalami kecelakaan saat menyalip truk box dari sisi kiri.

    “Saat mendahului dari sblh kiri terjadi kecelakaan dengan  truck Mitsubishi Colt Diesel warna Kuning Putih  yang melaju searah disampingnya,” tuturnya.

    Ia mengatakan korban mengalami luka cidera di kepala.

    Korban meninggal dunia di tempat karena terbentur badan truk.

    “Korban dibawa ke Kamar Jenasah RSUP. DR. Kariadi Kota Semarang,” tandasnya.

    Sementara itu sopir truk, Widodo mengaku tidak merasa menabrak korban saat kejadian.

    Dirinya terlihat takut saat polisi memeriksa truknya.

    “Tidak tahu mas tiba-tiba diberhentikan,” tandasnya.(rtp)

  • Mantap! 1.626 Unit Mitsubishi Terpesan Dalam 10 Hari

    Mantap! 1.626 Unit Mitsubishi Terpesan Dalam 10 Hari

    Jakarta

    GAIKINDO Jakarta Auto Week 2024 (GJAW 2024) membawa berkah bagi Mitsubishi Indonesia. Tercatat dalam 10 hari penyelenggaraan 1.626 unit Mitsubishi terpesan.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto terima, selama 10 hari pameran, komitmen MMKSI yang diwujudkan melalui rangkaian produk unggulan dan program inovatif berhasil diterima dengan sangat baik oleh pengunjung. Capaian tersebut terbukti dari keberhasilannya mencatat 1.626 SPK yang menjadi bukti nyata tingginya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Mitsubishi Motors.

    “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pelanggan setia Mitsubishi Motors di Indonesia atas kepercayaan dan antusiasme yang luar biasa. Respon positif yang kami terima di GJAW 2024 ini menunjukkan bahwa apa yang kami tawarkan mampu menjawab kebutuhan dan gaya hidup konsumen Indonesia,” ucap Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita.

    Dari berbagai model yang ditawarkan, Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) menjadi primadona dengan kontribusi 52% dari total pemesanan. Model ini terus membuktikan posisinya sebagai small MPV pilihan keluarga Indonesia. Tak kalah mencuri perhatian, Mitsubishi Xforce, compact SUV yang semakin lengkap dengan hadirnya varian Ultimate with Diamond Sense juga menyumbang 25% dari total penjualan.

    Sementara itu, New Pajero Sport, yang diluncurkan pada GIIAS 2024 lalu, menunjukkan penerimaan positif dengan kontribusi 22%. Adapun 1% pemesanan berasal dari lini kendaraan Mitsubishi Motors lainnya.

    Mitsubishi merilis XForce Ultimate DS resmi meluncur di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, Jumat (21/11/2024). XForce Ultimate DS dibanderol Rp 422,9 juta. Foto: Rifkianto Nugroho

    “Pencapaian ini menjadi wujud nyata dari brand campaign kami ‘Life’s Adventure – Empowering Every Journey’ di mana kami berkomitmen untuk mendampingi pelanggan dalam setiap perjalanan menuju kehidupan yang lebih baik. Sebagai bagian dari kehadiran kami di Indonesia selama hampir 55 tahun, kami terus mengukir manifestasi di atas fondasi yang kuat sehingga mampu menghadirkan solusi mobilitas yang relevan, inovatif, dan memberikan nilai nyata bagi pelanggan. Keberhasilan di GJAW 2024 ini menjadi motivasi dan semangat bagi kami untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik bagi seluruh konsumen dan masyarakat Indonesia,” Kurita menambahkan.

    Tidak hanya menghadirkan produk unggulan dan varian baru untuk model Xforce, MMKSI juga memaksimalkan dukungannya melalui program penjualan dan layanan purnajual yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan maksimal kepada konsumen.

    Dengan torehan ini, MMKSI ingin membuktikan komitmen sebagai partner berkendara terpercaya di Indonesia, menghadirkan solusi berkendara yang tidak hanya inovatif tetapi juga relevan dengan kebutuhan masyarakat. MMKSI siap untuk terus menghadirkan kendaraan berkualitas tinggi lengkap dengan layanan terbaik bagi Indonesia, dalam Road to 55 th Anniversary Mitsubishi Motors di Indonesia.

    (lth/rgr)

  • 40 Juta Tiang Listrik Bisa Jadi Tempat Ngecas Mobil Listrik

    40 Juta Tiang Listrik Bisa Jadi Tempat Ngecas Mobil Listrik

    Jakarta

    PT PLN (Persero) akan menyulap tiang listrik untuk menjadi tempat mengisi ulang daya baterai kendaraan listrik. Bahkan, sebanyak 40 juta unit tiang listrik yang ada di Indonesia bisa dijadikan tempat ngecas mobil listrik.

    Mendukung transisi ke kendaraan listrik, PT PLN menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, tak cuma SPKLU, pihaknya juga menyediakan fasilitas pengisian baterai kendaraan listrik di tiang listrik.

    “Kemarin saya menanyakan ke tim berapa jumlah tiang listrik yang kita kelola. Ternyata dihitung-hitung ada 40 juta tiang listrik yang kita kelola, sekitar itu,” kata Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (3/11/2024).

    Darmawan tak menyangka populasi kendaraan listrik di Indonesia meningkat tajam. Maka dari itu, pihaknya harus menyediakan fasilitas pendukung.

    “Kami juga membangun SPKLU dan juga bahkan kami membangun SPKLU berbasis pada tiang listrik yang jumlahnya 40 juta itu, untuk memfasilitasi itu,” ujarnya.

    Lebih lanjut, menurut Darmawan, penjualan mobil listrik di Indonesia jauh di atas perkiraan. Untuk mendukung kendaraan listrik, PLN bekerja sama dengan pabrikan yang menjual kendaraan listrik.

    “Maka, begitu ada pembelian mobil listrik kami harus memasang home charging. Dan ini kami kerja sama dengan Mercedes, dengan Nissan, dengan Toyota, dengan Mitsubishi, dengan Wuling, dengan BYD dan lain-lain, sehingga kalau ada pembelian mobil listrik kami yang jemput bola kami akan meningkatkan kapasitas daya yang terpasang, kami membantu juga memasang home charging. Kami harus membangun SPKLU, kalau dulu naik mobil bensin tidak ada masalah, mau ke Jawa Timur monggo, tapi begitu naik mobil listrik, setiap 300 km harus ngecas,” ujarnya.

    Saat ini PLN sudah memiliki 2.490 unit SPKLU untuk kendaraan listrik roda empat, 9.956 unit SPKLU roda dua, 2.200 unit stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) serta 24.099 pelanggan home charging. PLN juga menargetkan 1.000 unit SPKLU di tiang listrik tahun ini.

    (rgr/din)

  • Mantap! 1.626 Unit Mitsubishi Terpesan Dalam 10 Hari

    Senjata Pamungkas Mitsubishi Xforce Menaklukkan Kelas Compact SUV

    Jakarta

    Persaingan sengit di segmen Compact SUV membuat Mitsubishi bergerak agresif. Pabrikan asal Jepang ini meluncurkan inovasi terbarunya, Diamond Sense, sebagai senjata pamungkas yang memperkuat daya saing Mitsubishi Xforce di Indonesia.

    Dengan teknologi canggih berbasis sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut (ADAS), Mitsubishi Xforce kini tampil lebih tangguh dan makin canggih, terutama pada varian tertingginya, Xforce Ultimate DS.

    Mitsubishi merilis XForce Ultimate DS resmi meluncur di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, Jumat (21/11/2024). XForce Ultimate DS dibanderol Rp 422,9 juta. Foto: Rifkianto Nugroho

    Xforce Ultimate DS: Lebih Aman dan Tetap Nyaman!

    Berkat Diamond Sense, Xforce Ultimate DS dilengkapi radar dan kamera depan yang mampu mendeteksi kendaraan serta objek di sekitarnya dengan akurasi tinggi. Tim detikOto berkesempatan menguji langsung performanya, dan hasilnya? Mengesankan! Sistem kerjanya halus, responsif, dan memberikan pengalaman berkendara yang aman serta nyaman.

    Salah satu fitur unggulan yang diuji adalah Adaptive Cruise Control. Fitur ini dapat diaktifkan mulai dari kecepatan 30 km/jam, bahkan menjaga laju kendaraan dengan baik di kecepatan rendah. Tentu itu menjadi solusi sempurna untuk berkendara di lalu lintas perkotaan yang padat.

    Selain itu, Xforce Ultimate DS juga dilengkapi Blind Spot Warning yang memberikan peringatan jika ada kendaraan di area tak terlihat, serta Rear Cross Traffic Alert yang berguna saat mundur dari kondisi berhenti, khususnya di area parkir.

    Xforce Ultimate DS juga memiliki fitur Auto High Beam, yang otomatis mengatur pencahayaan lampu utama di jalanan gelap, serta Forward Collision Mitigation, yang membantu mencegah potensi tabrakan depan. Untuk pengguna di kota, fitur Lead Car Departure Notification System memberikan notifikasi saat kendaraan di depan mulai bergerak dari posisi berhenti-sangat praktis dalam situasi macet.

    Keamanan lebih lanjut diperkuat oleh enam airbag yang tersebar di seluruh kabin. Fitur tambahan seperti Active Stability Control, ABS, EBD, hingga Hill Start Assist juga menjadi standar, memberikan rasa percaya diri lebih saat berkendara di berbagai kondisi.

    Ketika menguji Xforce secara menyeluruh, fitur Active Yaw Control terbukti memberikan kendali lebih stabil saat bermanuver di jalan licin atau tikungan tajam. Fitur ini sangat membantu pengendara untuk tetap percaya diri, bahkan dalam situasi yang kurang ideal.

    Mitsubishi merilis XForce Ultimate DS resmi meluncur di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, Jumat (21/11/2024). XForce Ultimate DS dibanderol Rp 422,9 juta. Foto: Rifkianto Nugroho

    Fitur Melimpah, Harga Tetap Bersahabat

    Yang paling menarik? Harga jual Xforce Ultimate DS. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales menawarkan varian tertinggi ini dengan harga Rp 422,9 juta, alias hanya selisih Rp 8 juta dari varian Ultimate biasa (Rp 414,9 juta).

    Dengan tambahan fitur keamanan dan teknologi yang jauh lebih canggih, harga tersebut sangat kompetitif dan bernilai tinggi. Tak hanya kaya fitur, Xforce Ultimate DS juga tampil makin gagah berkat penyegaran desain eksterior yang modern dan sporty.

    Mobil ini juga lantas menjadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan SUV kompak berfitur lengkap tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

    (mhg/dry)

  • Persaingan Ketat di Balik Merosotnya Bisnis Nissan

    Persaingan Ketat di Balik Merosotnya Bisnis Nissan

    Jakarta

    Nissan kini tengah menghadapi masa sulit yang mengancam kelangsungan bisnisnya. Berbagai tantangan, mulai dari persaingan dengan mobil listrik murah asal China hingga tekanan regulasi di pasar utama, membuat produsen otomotif asal Jepang ini berada dalam situasi keuangan yang genting.

    Mengutip Dailymail, penjualan global Nissan menunjukkan tren penurunan yang signifikan. Pada paruh pertama tahun fiskal 2024, penjualan turun 3,8 persen menjadi 1,59 juta unit. China sebagai salah satu pasar terbesar Nissan bahkan mengalami penurunan yang lebih tajam, yakni mencapai 14,3 persen. Kondisi ini semakin diperburuk oleh maraknya mobil listrik murah dari China yang menawarkan harga kompetitif dan berhasil merebut pangsa pasar global. Jika kondisi ini terus berlanjut, Nissan diperkirakan akan menghadapi utang terbesar dalam sejarahnya pada 2026, yang bisa mencapai $5,6 miliar atau setara Rp 85 triliun.

    Langkah Pemangkasan untuk Bertahan

    Untuk menghadapi tekanan ini, Nissan mengambil berbagai langkah efisiensi. Perusahaan mengumumkan rencana pemangkasan 9.000 pekerja dan pengurangan kapasitas produksi hingga 20 persen di 25 jalur produksinya. Upaya ini bertujuan untuk menghemat biaya operasional sebesar $2,6 miliar atau setara Rp 40 triliun pada tahun ini.

    Selain itu, Nissan menunda peluncuran sejumlah model baru dan menjual sebagian besar sahamnya di Mitsubishi Motors. CEO Nissan, Makoto Uchida, secara simbolis memotong gajinya hingga 50 persen untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam menghadapi krisis ini.

    Persaingan Ketat di Sektor Elektrifikasi

    Menurut laporan Forbes, tertinggal dalam pengembangan kendaraan listrik menjadi tantangan utama bagi Nissan. Hingga saat ini, perusahaan hanya memiliki dua model kendaraan listrik yang dijual secara global. Sementara itu, teknologi hybrid e-Power yang sukses di pasar domestik Jepang, belum diperkenalkan di Amerika Serikat, salah satu pasar otomotif terbesar dunia.

    Sebagai langkah untuk tetap bersaing, Nissan berkomitmen memangkas biaya produksi kendaraan listriknya hingga 30 persen. Namun, para analis menilai upaya ini belum cukup untuk melawan dominasi produsen mobil listrik asal China dan mobil hybrid dari pesaing seperti Toyota.

    Tekanan Regulasi di Inggris

    Di Inggris, Nissan juga menghadapi tekanan dari kebijakan Zero Emissions Vehicles Mandate (ZEV) yang mewajibkan produsen meningkatkan penjualan kendaraan listrik secara bertahap hingga larangan total kendaraan berbahan bakar bensin dan diesel pada 2030. Kebijakan ini dinilai memberatkan, terutama bagi produsen yang belum memiliki portofolio kendaraan listrik murni dalam jumlah besar.

    Meski tengah menghadapi berbagai tantangan, Nissan masih memiliki beberapa produk unggulan yang diminati pasar. Model Rogue misalnya, tetap menjadi salah satu kendaraan terlaris di Amerika Serikat, sementara Qashqai dan Juke berhasil mempertahankan popularitasnya di Eropa.

    Namun, waktu terus berjalan bagi Nissan. Jika langkah strategis tidak segera diambil, perusahaan ini diperkirakan hanya memiliki waktu 12 hingga 14 bulan untuk bertahan. Selain mempertimbangkan penguatan kerja sama dengan produsen lain seperti Honda, Nissan juga harus mempercepat pengembangan teknologi kendaraan listrik dan meningkatkan efisiensi operasional untuk tetap kompetitif di pasar global.

    (rgr/dry)

  • Daftar Mobil dan Motor Terbaik di Pameran GJAW 2024

    Daftar Mobil dan Motor Terbaik di Pameran GJAW 2024

    Jakarta

    Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024 resmi ditutup, Sabtu (30/11). Pada seremoni penutupan, panitia mengumumkan daftar mobil dan motor terbaik di ajang yang berlangsung 10 hari tersebut.

    Menurut catatan kami, tak banyak produsen sepeda motor yang meluncurkan kendaraan baru di GJAW 2024. Mereka hanya mengandalkan produk lama yang masih menjadi jagoan hingga sekarang.

    Sementara produsen mobil cukup banyak yang memanfaatkan momen pameran untuk mengenalkan produk anyar. Bukan hanya merek Jepang, merek China dan Eropa juga cukup agresif meluncurkan kendaraan baru.

    Daftar mobil dan motor terbaik di GJAW 2024. Foto: Rifkianto Nugroho

    Dalam penghargaan mobil terbaik, merek China dan Jepang sama-sama mendominasi daftar. Namun, dalam penghargaan motor terbaik, nama-nama tenar asal Jepang seperti Honda dan Yamaha justru tak ada.

    Berikut Mobil dan Motor Terbaik di GJAW 2024

    Mobil

    Passenger SUV 5-Seater: Suzuki JimnyPassenger Car SUV 7-Seater: BMW X5Passenger Car MPV: Lexus LM 500hPassenger Car Crossover: Chery Omoda 5 RZSpecial Exhibit Car: Ford MustangMost Driven Car Electric: Chery J6Most Driven Car Hybrid: Toyota Innova Zenix QMost Driven Car ICE: Mitsubishi XForceBEV SUV: Mazda MX-30BEV MPV: BYD M6

    Motor

    Big Bike: Ducati Multistrada V4 Pikes PeakDaily Bike: Piaggio MedleyElectric Bike: Alva N3Most Ridden Electric Motorcycle: Alva N3Most Ridden ICE Motorcycle: Aprilia SR GT 200.

    Pengunjung Pameran Naik

    Rizwan Alamsjah selaku Ketua Penyelenggara GJAW 2024 mengatakan, pameran tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, hingga hari ke delapan, sudah ada 100 ribuan pengunjung yang datang.

    “Kami perlu bersyukur atas digelarnya pameran ini, dengan menempati lokasi baru, sambutannya baik. Sampai hari Jumat, pengunjung sudah lebih dari 100 ribu orang. Ini sudah melebihi acara sebelumnya yang mencapai 80 ribu pengunjung,” ujar Rizwan Alamsjah saat seremoni penutupan pameran, Sabtu (30/11).

    Menurut Rizwan ada sejumlah alasan yang membuat pameran tersebut diserbu lebih banyak pengunjung, mulai dari lokasi yang baru dan lebih luas, dukungan sponsor, hingga peluncuran produk-produk anyar.

    (sfn/lua)