Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Harta Kekayaan Antonius Kosasih, Eks Dirut Taspen yang Ditahan KPK usai Rugikan Negara Rp200 Miliar – Halaman all

    Harta Kekayaan Antonius Kosasih, Eks Dirut Taspen yang Ditahan KPK usai Rugikan Negara Rp200 Miliar – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Taspen (Persero) Tbk, Antonius Nicholas Stephanus Kosasih atau ANS Kosasih ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (8/1/2025) malam.

    Antonius Kosasih menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi investasi fiktif di PT Taspen yang ditaksir merugikan negara hingga Rp200 miliar.

    Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu, mengatakan bahwa Antonius Kosasih ditahan di Rutan Gedung Merah Putih KPK untuk 20 hari pertama. 

    Jadi, dia bakal mendekam di sel tahanan, setidaknya hingga 27 Januari 2025 mendatang.

    Asep mengungkapkan, Antonius Kosasih selaku Direktur Investasi PT Taspen dan Ekiawan diduga melakukan korupsi terkait penempatan dana investasi PT Taspen sebesar Rp 1 triliun pada reksa dana RD I-Next G2 yang dikelola Insight Investment Management.

    “Merugikan keuangan negara atas penempatan dana investasi PT Taspen sebesar Rp1 triliun pada reksa dana RD I-Next G2 yang dikelola oleh PT IIM, setidak-tidaknya sebesar Rp200 miliar,” ujar Asep dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (8/1/2025) malam.

    Lantas, seberapa banyak harta kekayaan Antonius Kosasi yang merugikan negara hingga Rp200 miliar tersebut?

    Harta Kekayaan Antonius Kosasih

    Saat menjabat sebagai Dirut PT Taspen, Antonius Kosasih diwajibkan melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Antonius Kosasih diketahui terakhir melaporkan hartanya pada 31 Maret 2023 untuk periodik 2022.

    Dalam laporan tersebut, dia tercatat memiliki total harta mencapai Rp47 miliar.

    Berikut rincian harta Anonius Kosasih, dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id:

    TANAH DAN BANGUNAN Rp. 19.825.000.000

    Tanah dan Bangunan Seluas 208 m2/144 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , HASIL SENDIRI Rp. 3.120.000.000
    Tanah dan Bangunan Seluas 236 m2/120 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , HASIL SENDIRI Rp. 3.540.000.000
    Tanah dan Bangunan Seluas 255 m2/109 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , HASIL SENDIRI Rp. 3.825.000.000
    Tanah Seluas 1050 m2 di KAB / KOTA MALANG, HASIL SENDIRI Rp. 840.000.000
    Tanah dan Bangunan Seluas 157 m2/140 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA SELATAN , HASIL SENDIRI Rp. 3.500.000.000
    Tanah dan Bangunan Seluas 127 m2/101 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA SELATAN , HASIL SENDIRI Rp. 2.500.000.000
    Tanah dan Bangunan Seluas 127 m2/101 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA SELATAN , HASIL SENDIRI Rp. 2.500.000.000

    ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 1.447.000.000

    MOBIL, MITSUBISHI (PEMBAYARAN SECARA CICILAN) PAJERO SPORT (NILAI PEROLEHAN = HARGA DEALER) Tahun 2014, HASIL SENDIRI Rp. 300.000.000
    MOBIL, HONDA CRV Tahun 2020, HASIL SENDIRI Rp.488.000.000
    MOBIL, HONDA CR-V Tahun 2022, HASIL SENDIRI Rp.659.000.000

    HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 8.912.660.000

    SURAT BERHARGA Rp. —-

    KAS DAN SETARA KAS Rp. 16.363.218.909

    HARTA LAINNYA Rp. 537.336.420

    Sub Total Rp. 47.085.215.329

    HUTANG Rp. —-

    TOTAL HARTA KEKAYAAN Rp. 47.085.215.329

    Profil Antonius Kosasih 

    Mantan Dirut PT Taspen, Antonius Kosasih resmi ditahan KPK sebagai tersangka dalam kasus korupsi investasi fiktif. – Segini jumlah harta kekayaan Antonius Kosasih, eks Direktur Utama PT Taspen yang ditahan KPK jadi tersangka kasus dugaan korupsi investasi fiktif. (Kompas.com)

    Antonius Kosasih diketahui menjabat sebagai Dirut Taspen sejak 2020 hingga Maret 2024.

    Pria kelahiran Jakarta, 12 Juli 1970 tersebut, juga pernah menjadi Direktur Investasi di PT Taspen, sebelum menjadi Dirut.

    Antonius Kosasih disebutkan pernah menikah dua kali, tapi sayangnya kini sudah bercerai.

    Setelah bercerai dari istri pertama, ia menikahi Rina Lauwy, lalu cerai lagi pada tahun 2021 lalu.

    Karier Antonius Kosasih terbilang cemerlang, karena sebelum bekerja di PT Taspen, dia sudah sangat berpengalaman menjabat sebagai Dirut.

    Sebelumnya, Antonius Kosasih diketahui menempuh pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada (UGM).

    Dia juga melanjutkan pendidikannya sampai ke jenjang S2 di Institusi Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI).

    Riwayat Jabatan

    Dirut PT Transportasi Jakarta (2014-2016)
    Komisaris Utama PT Wika Realty (2016-2017)
    Direktur Keuangan PT Wijaya Karya Persero (2016-2019)
    Direktur Investasi PT Taspen Persero (2019-2020)
    Dirut PT Taspen Persero (2020-2024)

    Riwayat Pendidikan

    S1 Jurusan Ekonomi UGM (lulus 1992)
    S2 Jurusan Manajemen Keuangan dan Investasi IPMI (lulus 2006)

    Peran Antonius Kosasih dalam Kasus Korupsi Investasi Fiktif

    Kasus ini, bermula pada Juli 2016, ketika PT Taspen (Persero) diduga melakukan investasi pada program THT untuk pembelian Sukuk Ijarah TSP Food II (SIAISA02) sebesar Rp200 miliar yang diterbitkan oleh PT Tiga Pilar Sejahtera Food (TPSF) Tbk.

    Namun, pada Juli 2018, diketahui bahwa Sukuk Ijarah TSP Food II (SIAISA02) tidak layak untuk diperdagangkan karena gagal bayar kupon. 

    Selanjutnya pada Agustus 2018, terdapat proses pengajuan permohonan PKPU ke Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan dinyatakan sebagai PKPU tetap terhadap PT TPSF oleh PT SM.

    KPK mengatakan, Antonius Kosasih menjabat sebagai Direktur Investasi PT Taspen pada Januari 2019.

    “Pada Januari 2019 tersangka ANSK (Antonius Nicholas Stephanus Kosasih) diangkat menjadi Direktur Investasi PT Taspen (Persero) dan pada April 2019 PT Taspen membahas opsi perdamaian PKPU yang dihadiri seluruh direksi termasuk tersangka ANSK selaku Direktur Investasi.”

    “Dalam rapat tersebut dibahas mengenai proposal perdamaian,” kata Asep.

    Dalam rapat tersebut, Direktur Investasi memberikan gambaran skenario tindak lanjut terhadap Sukuk 2 TPSF, yakni opsi untuk tetap pada sukuk dengan jangka waktu yang diperpanjang selama 10 tahun atau opsi lainnya, mengubah sukuk menjadi saham bersama dengan PT SM yang kemudian diubah menjadi unit penyertaan pada Reksadana PT SM.

    Pada rapat ini, Antonius Kosasih Selaku Direktur Investasi menanggapi pertanyaan dari Direktur Utama yakni opsi terbaik adalah mengkonversi ke reksadana.

    Lalu, sekitar Mei 2019 ada pertemuan-pertemuan antara Antonius Kosasih dengan pihak Ekiawan, selaku Dirut PT IM.

    Pada 8 Mei 2019, PT IIM diminta Tim Divisi Investasi PT Taspen memaparkan skema optimalisasi Sukuk TPS Food Il.

    Selanjutnya, pada 20 Mei 2019, Komite Investasi PT IIM memasukkan Sukuk Ijarah TPS Food ll (SIAISA02) sebagai bond universe (daftar portofolio yang layak untuk investasi) melalui mekanisme optimalisasi RD I-Next G2. 

    Hal ini bertentangan dengan ketentuan Akta Kontrak Investasi Kolektif reksa dana Insight Tunas Bangsa Balanced Fund 2 (1-Next G2) pada Pasal 6 tentang kebijakan investasi angka 6.3 huruf iv yang berbunyi:

    “Efek Bersifat Utang dan/atau Efek Syariah Berpendapatan Tetap yang ditawarkan tidak melalui penawaran umum dan telah mendapat peringkat dari Perusahaan Pemeringkat Efek yang terdaftar di OJK dan masuk dalam kategori layak investasi (investment grade)”. 

    Padahal, saat itu peringkat Sukuk SIAISA02 ld D (gagal bayar) dan dalam kondisi PKPU sehingga masuk kategori Non-Investment Grade (Tidak layak investasi dan berisiko tinggi).
     
    KPK juga mengatakan, Antonius Kosasih mestinya tidak melakukan penempatan investasi sebesar Rp1 triliun yang dikelola oleh PT IIM. 

    Dalam kebijakan investasi PT Taspen, penanganan Sukuk dalam perhatian khusus harus disikapi dengan Hold and Average Down atau menahan untuk tidak memperjualbelikan dan menjual di bawah harga perolehan. 

    “Penempatan dana/investasi sebesar Rp 1 triliun pada RD I-Next G2 yang dikelola oleh PT IIM yang melawan hukum, mestinya tidak boleh dikeluarkan,” ujarnya.

    KPK mengatakan, perbuatan melawan hukum itu membuat beberapa pihak dan korporasi mendapat keuntungan, termasuk Antonius Kosasih dan Ekiawan Heri Primaryanto. 

    Beberapa korporasi tersebut di antaranya PT Insight Investment Management (PT IIM) Rp78 miliar, PT VSI sebesar Rp2,2 miliar, PT PS sebesar Rp102 juta, dan PT SM sebesar Rp44 juta. 

    “Pihak-pihak yang terafiliasi dengan tersangka ANSK dan tersangka EHP,” ucap Asep.

    (Tribunnews.com/Rifqah/Seno Tri/Ilham Rian)

  • Kebakaran SPBU Cuplik Sukoharjo, 1 Mobil dan 2 Pompa Mesin Pengisian BBM Hangus

    Kebakaran SPBU Cuplik Sukoharjo, 1 Mobil dan 2 Pompa Mesin Pengisian BBM Hangus

    TRIBUNJATENG.COM – SPBU 44.575.25 Cuplik, Kelurahan Bulakan, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mengalami kebakaran pada Rabu (8/1/2024) pagi.

    Saat ini masih diselidiki penyebab kebakaran.

    Kergian dalam kejadian ini diprediksi mencapai ratusan juta rupiah.

    Insiden ini melibatkan sebuah mobil Mitsubishi L 300 yang sedang mengisi bahan bakar minyak (BBM).

    Satu unit mobil serta dua pompa mesin pengisian BBM terbakar hangus.

    Pemadaman api berlangsung selama satu setengah jam dengan melibatkan dua mobil pemadam kebakaran dan satu tangki pengangkut air.

    Setelah dilakukan proses pendinginan, petugas menemukan adanya tangki di dalam mobil yang diduga berisi BBM.

    “Mungkin dari mobil, ada ledakan saat mengisi bensin. Dalam mobil terdapat dua tangki BBM,” jelas Wakil Komandan Regu Dinas Kebakaran (Damkar) Sukoharjo, Agus Kariyadi.

    Saat ditanya mengenai dugaan kebakaran yang mungkin disebabkan oleh penimbunan BBM, Agus menyatakan bahwa hal tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

    “Kepolisian yang menyelidiki, tugas kami hanya memadamkan,” tegasnya.

    Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo, Margono, menambahkan bahwa pada saat kejadian, mobil tersebut sedang mengisi BBM jenis pertalite.

    “Operator pom bensin melihat percikan api dari mobil yang diisi. Kemudian, terjadi kebakaran dan melapor ke pemadam Sukoharjo,” kata Margono.

    Menurut penjelasan Damkar Sukoharjo, kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

    “Luas yang terbakar kurang lebih 100 m⊃2;, dari total area SPBU sekitar 850 m⊃2;. Estimasi kerusakan atau kerugian mencapai Rp 600.000.000, dengan aset yang bisa diselamatkan senilai Rp 400.000.000,” ungkapnya. (Kompas.com)

  • Mobil Kenang-kenangan Shin Tae Yong, Alphard Sampai Sedan Listrik G80

    Mobil Kenang-kenangan Shin Tae Yong, Alphard Sampai Sedan Listrik G80

    Jakarta, CNN Indonesia

    Shin Tae Yong setidaknya pernah menikmati empat mobil selama menjadi pelatih Timnas di Indonesia. Sebagian besar mobil itu buatan produsen asal negaranya, Korea Selatan.

    Shin Tae Yong menjadi pelatih timnas sejak 2019. Salah satu prestasinya yang paling membanggakan adalah membawa timnas menjadi finalis Piala AFF 202O, mendapatkan medali perunggu SEA Games 2021 dan perak Piala AFF U-23 2023.

    Selama di Indonesia, Shin Tae Yong pernah bilang tak pernah nyetir sendiri. Hal ini dikarenakan dia diberi fasilitas sopir pribadi dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

    Toyota Alphard

    MPV boxy lambang kemewahan Toyota ini pernah didapat Shin Tae Yong dari PSSI untuk aktivitasnya sehari-hari. Alphard memadukan ruang kabin luas yang fungsional dengan taburan fitur kemewahan buat menunjang kenyamanan selama perjalanan.

    Hyundai Staria

    Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan kado istimewa untuk Shin Tae Yong pada 2022 lalu, yaitu Staria dan Palisade. Saat itu HMID beralasan dua mobil ini diberikan karena dedikasi Shin Tae Yong memajukan sepak bola Indonesia dan berhasil membawa Timnas Indonesia jadi runner-up AFF 2020 pada awal Januari 2022 lalu.

    Staria adalah MPV boxy yang mirip Alphard. Desain mobil ini dikhususkan untuk penumpang yang duduk di baris kedua. Kabin Staria dirancang bisa diisi tujuh sampai sembilan orang.

    Hyundai Palisade

    Mobil ini merupakan SUV bongsor yang terbesar dimiliki Hyundai di Indonesia. Palisade saat ini banyak dilirik jadi mobil dinas para pejabat sebagai alternatif Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

    Bodinya yang besar bisa mengakomodasi banyak kebutuhan, sementara performanya dapat diandalkan untuk blusukan.

    Genesis Electrified G80

    Mobil terakhir yang didapat Shin Tae Yong dari HMID adalah sedan listrik bekas digunakan di KTT G20 Bali 2022, Genesis Electrified G80. Genesis sendiri adalah divisi merek mewah yang dimiliki Hyundai seperti Lexus oleh Toyota.

    Mobil ini panjangnya 5 meter, lebarnya 1,92 meter, tinggi 1,47 meter dan wheelbase 3 meter. Shin Tae Yong bisa merasakan kemewahan dan kenyamanan Electrified G80 seperti para tamu VVIP di KTT G20.

    Walau tak pernah nyetir sendiri, Shin Tae Yong pernah mengatakan doyan nyetir di kampung halamannya. Bahkan dia bilang senang mengemudi dengan kecepatan tinggi.

    “Saya senang menyetir sendiri dengan kecepatan yang tinggi,” kata dia pada 14 Mei 2024.

    Shin Tae Yong kini statusnya sudah dipecat PSSI. Ketua Umum PSSI Erick Thohir beralasan hal itu dilakukan karena masalah strategi, komunikasi dan kepemimpinan di Timnas Indonesia.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mobil Pajero Tabrak Toko Percetakan di Surabaya, Kerugian Capai Rp 3 Miliar
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        7 Januari 2025

    Mobil Pajero Tabrak Toko Percetakan di Surabaya, Kerugian Capai Rp 3 Miliar Surabaya 7 Januari 2025

    Mobil Pajero Tabrak Toko Percetakan di Surabaya, Kerugian Capai Rp 3 Miliar
    Tim Redaksi
    SURABAYA, KOMPAS.com
    – Seorang pengemudi mobil Pajero berusia 66 tahun, Oei Kie Lay, menabrak sebuah bangunan percetakan di Jalan Klampis Jaya, Sukolilo, Surabaya, Selasa (7/1/2024) sekitar pukul 12.30 WIB.
    Beruntung, insiden ini tidak mengakibatkan korban jiwa.
    Kapolsek Sukolilo, Kompol I Made Patera Negara, menjelaskan kronologi kejadian.
    “Pelaku mengendarai mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi L 1939 ACR, yang berjalan dari arah selatan menuju ke utara,” ungkap Made saat dikonfirmasi.
    Menurut Made, Oei berniat memarkirkan mobilnya di deretan rumah toko (ruko) di lokasi tersebut.
    Namun, ia kehilangan kendali dan menabrak pintu percetakan.
    “Karena kurang hati-hati saat parkir, kendaraan yang dikemudikannya melaju ke depan, menabrak pintu ruko nomor 15D. Setelah menabrak, pengemudi berusaha berjalan mundur,” ujarnya.
    Setelah itu, Oei kembali menabrak sebuah mobil Toyota Innova dengan nomor polisi L 1409 AAE yang terparkir di sekitar lokasi.
    Dalam keadaan panik, ia menginjak gas kendaraannya, yang menyebabkan mobil Pajero melaju lagi ke depan dan menabrak ruko beserta barang-barang di dalamnya.
    “Jadi penyebab kecelakaan ini adalah faktor manusia yang kurang hati-hati,” tambah Made.
    Akibat kecelakaan tersebut, sejumlah barang di dalam
    toko percetakan
    mengalami kerusakan parah. Total kerugian yang diderita mencapai hingga Rp 3 miliar.
    “Kerusakan mencakup 1 set mesin trotect, 2 mesin skycutt, 6 set komputer, 1 set mesin cetak, 1 kulkas, 1 mesin laminasi, 8 meja, 10 kursi, 2 stavolt, 1 stabilizer dan 2 bagian kaca ruko,” perinci Made.
    Saat ini, pihak kepolisian telah membawa Oei dan mobil Pajero yang dikendarainya ke Polsek Sukolilo untuk dimintai keterangan lebih lanjut terkait kecelakaan yang terjadi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Fungsi Fitur Diamond Sense di SUV Xforce Ultimate Terbaru

    Fungsi Fitur Diamond Sense di SUV Xforce Ultimate Terbaru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mitsubishi Xforce Ultimate DS diluncurkan di GJAW 2024 yang merupakan komitmen perusahaan untuk urusan keselamatan pengguna.

    DS sendiri singkatan dari Diamond Sense, yang merupakan penamaan untuk kategorisasi fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk penghuni kabin Mitsubishi Xforce Ultimate DS.

    Fitur ini bekerja menggunakan kamera, sensor radar di depan dan belakang. Adapun fitur keselamatan canggih pada Xforce yang termasuk Diamond Sense salah satunya Adaptive Cruise Control (ACC).

    ACC yang menjadi senjata utama Xforce Ultimate DS merupakan fitur driving assistance untuk membantu pengemudi mengendalikan pedas gas dan rem mobil. ACC disediakan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara saat fitur diaktifkan, misalnya di jalan bebas hambatan tol.

    Selanjutnya ada AHB, FCM, LCDN, BSW, RCTA. Cara mengoperasikannya cukup tekan tombol di kemudi.

    “Diamond Sense adalah penamaan khusus, dari principal sendiri dinamakan Mitsubishi Safety Sense. Setiap region diberikan penamaan sendiri,” kata Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT MMKSI di GJAW 2024.

    DS selain digunakan di Indonesia, juga digunakan di Thailand. Fitur ini bisa digunakan di unit yang lain, seperti yang sudah ada saat ini di all-new Triton dan Pajero Sport. Fitur keselamatan ini juga akan tersemat ada produk Mitsubishi baru lain.

    Selain itu Mitsubishi Xforce Ultimate DS ditopang 4 mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC).

    Bagian eksterior Mitsubishi Xforce Ultimate DS tetap mempertahankan desain Dynamic Shield, namun memiliki perbedaan dengan dua varian pendahulunya dengan disematkannya warna eksterior two-tone, serta penambahan rear spoiler, dan juga roof rail.

    Selain itu varian Ultimate DS -juga terdapat pada varian Ultimate- punya ground clearance 222 mm, dan radius putar 5,2 meter.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mengenal Fitur Diamond Sense di Mitsubishi Xforce Terbaru

    Mengenal Fitur Diamond Sense di Mitsubishi Xforce Terbaru

    Jakarta

    Mitsubishi Xforce kini memiliki fitur canggih yang disebut Diamond Sense (DS). Apa itu Diamond Sense dan apa saja fungsinya?

    Mitsubishi meluncurkan Xforce Ultimate with Diamond Sense. Varian baru Mitsubishi Xforce Ultimate DS hadir dengan teknologi “Diamond Sense”, yakni perangkat fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang lebih lengkap dari varian sebelumnya.

    Diamond Sense”merupakan penamaan untuk fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang terdapat pada model Mitsubishi Motors. Diamond Sense merepresentasikan pendekatan lebih lanjut Mitsubishi Motors terhadap keselamatan dan bantuan terhadap pengendara, yang menyertakan teknologi yang cocok dan didesain untuk memberikan kesadaran tingkat tinggi, perlindungan dan dukungan pengendaraan baik bagi pengemudi maupun penumpang.

    “Diamond Sense adalah penamaan khusus, dari principal sendiri dinamakan Mitsubishi Safety Sense. Setiap region diberikan penamaan sendiri. Diamond Sense selain digunakan di Indonesia, juga digunakan di Thailand. Fitur ini bisa digunakan di unit yang lain, seperti yang sudah ada saat ini di All-New Triton dan Pajero Sport. Tidak menutup kemungkinan fitur ini disematkan di unit-unit lain ke depannya,” kata Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Secara umum pengkategorian “Diamond Sense” dilakukan berdasarkan elemen-elemen seperti awareness, protection, dan driving support. Untuk mendukung fungsi Diamond Sense, mobil ini telah ditambahkan perangkat Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, dan Ultrasonic Parking Sensor. Adapun fitur keselamatan advanced pada model Mitsubishi Xforce yang termasuk pada Diamond Sense antara lain ACC, AHB, FCM, LCDN, BSW, RCTA.

    Mitsubishi XForce Ultimate DS. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Adaptive Cruise Control (ACC) with low speed follow: Cruise Control dengan fitur advanced meliputi Adaptive with Low-Speed Follow yang mampu beroperasi dalam kondisi Stop and Go. Juga ada fitur Curve Deceleration yang mampu mengurangi kecepatan pada kondisi jalan berkelok.

    Automatic High Beam (AHB): Secara otomatis menyesuaikan lampu low beam atau high beam dengan mendeteksi penerangan sekitar dan keberadaan kendaraan lain di depan.Forward Collision Mitigation (FCM): Sistem Forward Collision Mitigation (FCM) secara otomatis mengaktifkan rem ketika mendeteksi potensi benturan sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan penumpang serta pejalan kaki.Lead Car Departure Notification System (LCDN): Pada saat kendaraan berhenti, fitur ini memberi notifikasi kepada pengemudi melalui Digital Driver Display untuk segera maju mengikuti kendaraan di depan.Blind Spot Warning (BSW): Mendeteksi kendaraan lain di area blind spot, dan memberikan peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display.Rear Cross Traffic Alert (RCTA): Rear-Cross Traffic Alert mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kedua sisi belakang, sehingga memungkinkan keluar parkir dengan aman.Auto Headlight: Fitur ini dapat mengaktifkan On/Off lampu depan secara otomatis sesuai dengan kondisi penerangan sekitar.Auto Rain Sensor: Secara otomatis mengaktifkan dan menyesuaikan kecepatan wiper saat hujan, menjaga visibilitas tanpa mengganggu fokus pengemudi.Rear Camera: Membantu pengemudi saat mundur dengan memberikan tampilan jelas di area belakang kendaraan serta mengurangi blind spot terhadap objek lain.

    Selain itu, empat mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC) masih dipertahankan untuk menambahkan keamanan berkendara.

    Secara eksterior, Mitsubishi Xforce Ultimate DS tetap mempertahankan konsep silky & solid serta identitas desain New Generation Dynamic Shield. Bedanya, varian Ultimate DS ini memiliki warna eksterior two-tone, yakni warna bodi kendaraan pilihan yang tersedia dengan bagian atap berwarna hitam, serta penambahan Rear Spoiler, dan Fashionable Roof Rail. Selain hal di tersebut, spesifikasi eksterior lain yang terdapat pada varian Ultimate DS juga tersedia pada varian Ultimate, seperti Ground Clearance 222 mm, Well-Tuned Suspension, Easy Handing – radius putar yang minim (5,2m).

    Pada sisi interior dan fitur, varian Mitsubishi Xforce Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate. Mobil ini dilengkapi 8-steps reclining seat (17˚-33˚), Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3″ Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay, Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers, 8″ Meter Cluster, Top-class Cargo Space dengan beragam ruang penyimpanan serbaguna, Hands-free Power Liftgate dengan kick sensor, Dual-Zone Auto Climate Control dengan teknologi Panasonic Nanoe-X dan fungsi memori, Floor Console Box dengan Armrest & Cooling Function, Auto-Dimming Rearview Mirror, Wireless Charger, Assist Grips x4, Tonneau cover, Coin box, Horizontal axist instrument panel dengan floating console dan ambient lighting, Connected Car Service.

    (rgr/din)

  • Profil Didik Haryadi, Anggota DPR Jalan Kaki 540 Km Jakarta-Boyolali Penuhi Nazar, Hartanya Rp 53 M – Halaman all

    Profil Didik Haryadi, Anggota DPR Jalan Kaki 540 Km Jakarta-Boyolali Penuhi Nazar, Hartanya Rp 53 M – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut profil Didik Haryadi, anggota DPR yang jalan kaki 540 km dari Jakarta ke Boyolali.

    Didik Haryadi menjadi bahan perbincangan karena videonya menyatakan diri siap jalan kaki untuk penuhi nazar viral lewat media sosial.

    Ia mengawali jalan kakinya dari depan gedung DPR Senayan, Jakarta.

    Didik Haryadi akan mengakhiri perjalannya di Boyolali, Jawa Tengah.

    Perjalanan yang dimulai 1 Januari 2025 itu, akan menempuh jarak 540 km.

    “Siap kita hari ini, bismillah berjalan Jakarta-Boyolali. Siap semangat,” kata Didik Haryadi, dikutip dari akun Instagram pribadinya, Selasa (7/1/2024).

    Kini, perjalanan Didik Haryadi sudah memasuki hari keenam.

    Dirinya telah sampai di daerah Indramayu, Jawa Barat.

    Dikutip dari infopemilu.kpu.go.id, didik Haryadi lahir di Boyolali pada 12 November 1976.

    Ia sudah berusia 48 tahun.

    Didik Haryadi tidak banyak memberikan informasi terkait biodata dirinya.

    Jelasnya, ia memiliki dua gelar akademis, yakni Sarjana Teknik (S.T.) dan Sarjana Hukum (S.H).

    Didik Haryadi mulai terjun ke dunia politik saat menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

    Dia kemudian maju di Pileg 2024 dapil Jawa Tengah V.

    Didik Haryadi menang dengan perolehan 38.096 suara.

    Ia menjadi caleg suara terbanyak kesembilan di dapil Jawa Tengah V

    Didik Haryadi bersama 579 anggota DPR periode 2024-2029 dilantik dalam sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

    Anggota DPR RI Didik Haryadi saat memulai nazarnya berjalan kaki Senayan-Boyolali di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/1/2025) (Tribunnews.com/Reza Deni)

    Didik Haryadi memiliki harta kekayaan mencapai Rp 53.644.620.492.

    Ia melaporkan hartanya di Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada 24 September 2024 lalu.

    Berikut rincian lengkapnya:

    Tanah dan Bangunan Rp 28.780.000.000

    1. Tanah Dan Bangunan Seluas 390 M2/390 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 3.510.000.000

    2. Tanah Dan Bangunan Seluas 390 M2/390 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 3.510.000.000

    3. Tanah Dan Bangunan Seluas 185 M2/185 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 1.665.000.000

    4. Tanah Dan Bangunan Seluas 506 M2/350 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 4.048.000.000

    5. Tanah Dan Bangunan Seluas 129 M2/129 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 967.500.000

    6. Tanah Dan Bangunan Seluas 903 M2/903 M2 Di Kab / Kota Subang, Hasil Sendiri Rp 1.354.500.000

    7. Tanah Dan Bangunan Seluas 1207 M2/300 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 4.828.000.000

    8. Tanah Dan Bangunan Seluas 251 M2/100 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 1.004.000.000

    9. Tanah Dan Bangunan Seluas 252 M2/100 M2 Di Kab / Kota Karawang, Hasil Sendiri Rp 1.008.000.000

    10. Tanah Dan Bangunan Seluas 676 M2/450 M2 Di Kab / Kota Boyolali, Hasil Sendiri Rp 6.084.000.000

    11. Tanah Dan Bangunan Seluas 801 M2/801 M2 Di Kab / Kota Semarang, Hasil Sendiri Rp 801.000.000

    Alat Transportasi dan Mesin Rp 7.142.000.000

    1. Mobil, Toyota Alphard Hybrid Tahun 2024, Hasil Sendiri Rp 1.700.000.000

    2. Mobil, Mercedez Bens E350 Tahun 2020, Hasil Sendiri Rp 1.100.000.000

    3. Mobil, Lexus Lx570 Tahun 2021, Hasil Sendiri Rp 2.250.000.000

    4. Mobil, Hyundai Stargazer Tahun 2023, Hasil Sendiri Rp 210.000.000

    5. Mobil, Toyota Hiace Premio Tahun 2023, Hasil Sendiri Rp 680.000.000

    6. Mobil, Toyota Yaris Tahun 2017, Hasil Sendiri Rp 155.000.000

    7. Mobil, Toyota Camry Tahun 2014, Hasil Sendiri Rp 190.000.000

    8. Motor, Honda Vario Tahun 2019, Hasil Sendiri Rp 7.000.000

    9. Motor, Vespa Lx Iget 125 Tahun 2022, Hasil Sendiri Rp 45.000.000

    10. Motor, Yamaha Jupiter Tahun 2010, Hasil Sendiri Rp 5.000.000

    11. Mobil, Mitsubishi Tritor Tahun 2018, Hasil Sendiri Rp 210.000.000

    12. Mobil, Toyota Fortuner Tahun 2012, Hasil Sendiri Rp 240.000.000

    13. Motor, Honda Gold Wing Tahun 1987, Hasil Sendiri Rp 350.000.000

    Harta Bergerak Lainnya Rp 1.055.000.000

    Surat Berharga Rp —-

    Kas Dan Setara Kas Rp 18.552.620.492

    Harta Lainnya Rp 8.955.000.000

    Utang  Rp 10.840.000.000

    Total Harta Kekayaan Rp 53.644.620.492

    (Tribunnews.com/Endra)

  • Kecelakaan di Tol Jagorawi, Tiga Kendaraan Ringsek
                
                    
                        
                            Bandung
                        
                        6 Januari 2025

    Kecelakaan di Tol Jagorawi, Tiga Kendaraan Ringsek Bandung 6 Januari 2025

    Kecelakaan di Tol Jagorawi, Tiga Kendaraan Ringsek
    Editor
    BOGOR, KOMPAS.com
    – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Ruas Jalan Tol Jagorawi, tepatnya di Km 42.700 Jalur A, pada Senin (6/1/2025).
    Peristiwa ini melibatkan tiga unit kendaraan dan terjadi di wilayah
    Desa Cibanon
    , Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.
    Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah Mitsubishi Light Truck Box dengan nomor polisi B 9007 WCC, Isuzu Traktor Head B 9115 PEA, dan Mitsubishi Traktor Head Tangki berpelat nomor B 9478 SEI.
    Dalam gambar yang beredar, Mitsubishi Light Truck Box terlihat ringsek di tengah ruas jalan tol.
    Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor,
    Ipda Ferdhyan Mulya
    , menjelaskan bahwa kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 12.20 WIB.
    Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
    “Untuk korban jiwa nihil,” ujarnya melalui keterangan tertulis.
    Sebelum kecelakaan terjadi, kendaraan Mitsubishi Light Truck Box bernomor polisi B 9007 WCC bergerak dari arah Jakarta menuju Ciawi di lajur 2.
    Setibanya di lokasi kejadian, kendaraan tersebut bergerak ke kiri dan hilang kendali.
    “Menabrak bagian samping belakang kanan kendaraan Isuzu Traktor Head yang sedang bergerak di lajur 1, kemudian kendaraan Mitsubishi Light Truck Box oleng ke kanan menabrak Kendaraan Mitsubishi Traktor Head Tangki,” ungkap Ipda Ferdhyan Mulya.
    Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Kecelakaan Beruntun di Tol Jagorawi, 3 Kendaraan Besar Sampai Ringsek
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Toyota Siapkan Hilux Travo untuk Hadapi Mitsubishi Triton Generasi Terbaru

    Toyota Siapkan Hilux Travo untuk Hadapi Mitsubishi Triton Generasi Terbaru

    Jakarta

    Kehadiran generasi terbaru Mitsubishi Triton tampaknya membuat Toyota merasa tertantang. Pabrikan otomotif asal Jepang ini dikabarkan tengah mempersiapkan “senjata” baru mereka, yang diberi nama Toyota Hilux Travo.

    Indikasi persaingan sengit di segmen mobil niaga ringan ini terungkap dari pendaftaran hak paten nama ‘HILUX TRAVO’ oleh Toyota di Department of Intellectual Property (DIP) Thailand.

    Hak Paten Toyota Hilux Travo Foto: dok. DIP Thailand

    Berdasarkan pengecekan detikOto di laman resmi DIP Thailand, Toyota Motor Corporation telah mendaftarkan nama ‘Hilux Travo’ dengan nomor registrasi 240156667. Nama tersebut didaftarkan sebagai merek yang mencakup produk mobil, SUV, truk, kendaraan darat bermesin, serta berbagai komponen terkait industri otomotif.

    Media otomotif asal Thailand, Headlightmag.com, bahkan telah membuat ilustrasi desain prediksi Toyota Hilux Travo. Mereka memperkirakan model baru ini akan diluncurkan pada 2025.

    Headlightmag.com juga menduga bahwa nama Hilux Travo adalah kode dari Toyota untuk menghadirkan generasi terbaru Hilux. Tradisi ini dianggap umum bagi Toyota, yang kerap menambahkan nama atau kode baru setiap kali meluncurkan generasi baru suatu model.

    Hilux Travo diperkirakan akan hadir dengan desain yang lebih modern dan segar dibandingkan Hilux generasi saat ini. Salah satu perubahan signifikan yang dirumorkan adalah penggunaan platform TNGA-F, yang merupakan basis platform andalan Toyota untuk kendaraan tangguh.

    Toyota New Hilux GR Sport yang saat ini dipasarkan di Indonesia Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Di sektor dapur pacu, Hilux Travo diprediksi tetap mengusung mesin diesel GD series yang telah terbukti tangguh dan andal. Namun, untuk memenuhi standar regulasi emisi terkini, Toyota dikabarkan akan meningkatkan standar emisinya menjadi EURO6, menjadikan model ini lebih ramah lingkungan.

    Meski informasi dan prediksi ini masih bersifat awal, kehadiran Toyota Hilux Travo tentu menjadi langkah menarik untuk menghadapi Mitsubishi All-New Triton yang telah mencuri perhatian. Toyota tampaknya tidak ingin kalah dalam persaingan di segmen mobil niaga ringan, dan kemunculan Hilux Travo menjadi salah satu bukti nyatanya.

    (mhg/rgr)

  • Honda, Nissan, Mitsubishi Merger, Bakal Sebesar Apa?

    Honda, Nissan, Mitsubishi Merger, Bakal Sebesar Apa?

    Jakarta

    Nissan, Honda, dan Mitsubishi tengah dalam pembicaraan serius soal merger. Akan seberapa besar ketiganya bila bergabung?

    Dua pabrikan raksasa Jepang, Honda dan Nissan, dikabarkan tengah serius membicarakan soal potensi merger antar kedua perusahaan. Tak menutup kemungkinan, Mitsubishi juga masuk dalam daftar merger tersebut. Diberitakan Nikkei Asia, di Benua Kuning, ketiganya disebut tengah tertinggal dari para rivalnya.

    Dengan merger, ketiganya diharapkan bisa bersaing dengan para kompetitor di era perkembangan kendaraan listrik, hybrid, dan teknologi lainnya yang lebih bersih. Hasil dari gabungan dua perusahaan raksasa ini baru akan hadir secara penuh mulai tahun 2030 dan seterusnya, demikian diungkap Presiden dan CEO Honda Toshihiro Mibe.

    Pada saat itu, pasar di Asia Tenggara dan India, kemungkinan besar akan makin diperhitungkan. Sementara pasar di negara maju seperti Eropa, Amerika Utara, dan Jepang mulai melambat. Lalu sebesar apa nantinya bila tiga perusahaan tersebut resmi bergabung?

    Nikkei dalam analisa dari data yang dihimpun Marklines di lima negara kawasan ASEAN serta India, posisi perusahaan tersebut akan kuat. Di Indonesia misalnya, diperkirakan merger tersebut akan menempatkan Honda,dan Nissan di posisi kedua di bawah Toyota. Saat ini, Toyota memang cukup dominan di pasar otomotif Tanah Air. Selain di Indonesia, di Vietnam, Thailand, dan Filipina, juga memprediksi perusahaan merger menempati posisi kedua.

    Di Thailand dan Filipina, merger Nissan dan Honda diprediksi berada di bawah Toyota. Sementara di Vietnam, perusahaan gabungan itu akan ada di bawah Hyundai-Kia. Tapi lain ceritanya dengan di Negeri Bollywood, India. Meski bergabung, Honda dan Nissan tak akan bisa menembus posisi lima besar. Honda dan Nissan masih akan kalah dengan Suzuki, Hyundai-Kia, dan juga Tata.

    Kehadiran Mitsubishi dalam merger ini memang sangat krusial bagi perusahaan. Pasalnya, Mitsubishi memiliki peran cukup penting di pasar Filipina dan juga Vietnam. Rumornya, kelanjutan dari potensi merger ini akan dibahas lebih lanjut pada akhir Januari 2025.

    Di sisi lain, bos Mitsubishi cukup menyambut baik adanya potensi merger antara Nissan dan Honda.

    “Kami bisa mendukung bisnis global mereka dengan menggunakan kekuatan kami, termasuk bisnis di ASEAN, juga truk pikap kompak,” ungkap President dan CEO Mitsubishi Motors Takao Kato.

    Analis menilai, merger antara ketiga perusahaan itu diharapkan bisa menghasilkan produk yang menarik perhatian konsumen.

    “Kesepakatan potensial ini adalah tentang meningkatkan skala untuk menurunkan biaya per kendaraan, menurunkan biaya pengembangan dengan dapat menerapkan teknologi baru di lebih banyak kendaraan dan dengan demikian mendapatkan nilai lebih dari investasi dalam teknologi tersebut,” kata Stephanie Brinley, Direktur Asosiasi Intelijen Otomotif di S&P Global Mobility.

    “(Namun) dalam banyak hal, (membuat) produk yang menarik masih menjadi inti kesuksesan,” katanya lagi.

    Stephanie menilai, gabungan ketiga produsen tersebut dapat memberikan kesempatan lebih besar untuk pengembangan namun nilai investasinya lebih sedikit. Tapi lagi-lagi, produk menarik jadi kata kuncinya.

    (dry/din)