Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Komplotan Rampok di Bogor Sempat Congkel Brankas Sebelum Bawa Kabur Pajero

    Komplotan Rampok di Bogor Sempat Congkel Brankas Sebelum Bawa Kabur Pajero

    Bogor

    Polisi mengungkap perampok yang menyekap pemilik rumah dan membawa kabur mobil Pajero di Gunungputri, Bogor, Jawa Barat, sempat masuk ke dalam kamar utama. Perampok itu mencoba mencongkel brankas menggunakan linggis.

    “Pelaku yang masuk ke dalam rumah kemudian menuju kamar utama, terdapat brangkas yang oleh pelaku dibuka paksa dengan cara dicongkel menggunakan linggis,” kata Kapolsek Gunung Putri AKP Aulia Robby, Sabtu (18/1/2025).

    Para pelaku membuka paksa brankas itu namun gagal. Sebab, keburu ketahuan oleh pemilik rumah.

    “Akan tetapi pada saat pelaku berusaha membuka paksa, diketahui oleh saksi yang berada di lantai 2 rumah karena mendengar suara berisik,” lanjutnya.

    Aulia mengatakan saat itulah para pelaku mengancam korban dan menguncinya di dalam kamar. Kemudian mereka membawa kabur mobil Pajero yang terparkir di garasi.

    “Kemudian pelaku mengambil kunci kontak mobil yang berada di meja ruang tamu, kemudian membawa kabur Mitsubishi Pajero warna hitam yang terparkir di garasi rumah,” jelasnya.

    “Tim gabungan Satreskrim dan Polsek Gunungputri telah berhasil menangkap empat orang dari enam orang pelaku,” kata Kapolsek Gunungputri AKP Aulia Robby Kartika Putra, Jumat (17/1).

    Para pelaku yang ditangkap berinisial DA, HS, N, dan ZA. Empat pelaku ditangkap di Jakarta dan Palembang.

    Sementara, dua pelaku sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) alias buron. “Sudah (DPO), dia (berperan) nungguin di mobil satunya untuk standby di dua mobil itu,” kata Aulia.

    (rdh/eva)

  • Pameran IIMS 2025 Ditargetkan Cetak Transaksi Rp 6,7 Triliun

    Pameran IIMS 2025 Ditargetkan Cetak Transaksi Rp 6,7 Triliun

    Jakarta

    Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2025 akan kembali digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 13-23 Februari mendatang. Pameran tersebut dijanjikan lebih besar dan meriah dibandingkan edisi-edisi sebelumnya!

    Rudi MF selaku Project Manager IIMS mengatakan, IIMS 2025 ditargetkan mencetak transaksi minimal Rp 6,7 triliun. Sementara jumlah pengunjung di pameran tersebut ditargetkan mencapai 500 ribu orang. Menurutnya, angka tersebut sangat realistis di tengah kondisi pasar yang sekarang.

    “Kita kan adjust (dari penjualan mobil sekarang). Tapi kalau lihat penambahan jumlah peserta (mobil) yang ada 10 brands, kita canangkan di Rp 6,7 triliun untuk angka minimal,” ujar Rudi MF di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/1).

    IIMS 2025 Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebagai catatan, IIMS 2025 akan menggunakan lahan seluas 154.289 meter persegi atau sedikit lebih luas dibandingkan tahun lalu dengan 133.547 meter persegi. Sementara peserta roda empatnya ada 33 brands dengan dua nama yang masih dirahasiakan.

    Peserta roda empat di IIMS 2025 antara lain AION, BMW, BYD, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, Audi, BAIC, DFSK, Denza, Citroen, Geely, GWM, Jaecoo, Jetour, KIA, Maxus, Mazda, Neta, Nissan, Seres, Vinfast dan VW.

    Kemudian untuk roda dua, ada Honda, Keeway, Benda, Benelli, BMW Motorrad, Italjet, Kawasaki, QJ Motor, Royal Enfield, Royal Alloy, Scomadi, dan Piaggio. Sementara untuk motor listriknya ada ALVA, Indomobil Motor, United, MAKA, Pasific, Polytron dan Yadea.

    Meski lebih meriah dibandingkan tahun lalu, namun harga tiket IIMS 2025 masih sama dengan tahun lalu. Hanya saja, kali ini, panitia menyediakan tiket terusan untuk pengunjung yang mau datang selama 11 hari berturut-turut.

    Berikut Harga Tiket IIMS 2025Premium Day (VIP) – Rp 150 ribuWeekdays (Senin-Jumat) – Rp 50 ribuWeekend (Sabtu-Minggu) – Rp 100 ribuSilver Pass (11 hari) – Rp 749 ribuGold Pass (11 hari) – Rp 1,4 jutaPlatinum Pass (11 hari) – Rp 1,9 juta.

    Sebagai catatan, tiket terusan antara silver, gold dan platinum punya keunggulan masing-masing. Misalnya, untuk platinum, pengunjung punya akses khusus ke beberapa area, termasuk bertemu artis-artis yang datang ke pameran.

    (sfn/dry)

  • Belum Laku, Diler Diskon Mitsubishi XForce Stok Lama Sampai Rp60 Juta

    Belum Laku, Diler Diskon Mitsubishi XForce Stok Lama Sampai Rp60 Juta

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mobil-mobil keluaran tahun lalu ternyata belum habis di pasaran. Diler-diler pun berupaya untuk mengobral mobilnya dengan harga miring, bahkan diskon sampai puluhan juta.

    Salah satunya Diler Mitsubishi di Jakarta yang tengah memberi diskon untuk beberapa line up. Diskon ini merata diberikan untuk kendaraan berjenis MPV maupun SUV.

    “Xpander dan Xpander Cross diskon Rp 20-25 juta per unit, biasanya kalau di normal paling Rp 5 juta diskonnya,” kata tenaga penjual Mitsubishi kepada CNBC Indonesia, Jumat (17/1/2025).

    Harga Xpander di tahun ini berkisar Rp 265 juta untuk GLS MT dan Rp 274 juta untuk tipe GLS CVT. Sedangkan tipe Xpander Ultimate termahal di Rp 327 juta transmisi CVT.

    Sedangkan Xpander Cross hanya dua tipe yakni MT Rp 330 juta serta Xpander Cross CVT Plus di harga Rp 356 juta.

    Selain Xpander, Mitsubishi Xforce juga diobral diskon lebih besar. Harga mobil ini juga lebih mahal yakni mencapai Rp 426 juta untuk tipe Ultimate DS (two tone).

    “Xforce lebih besar lagi diskonnya Rp 60 juta, soalnya produksinya lebih banyak jadi stoknya lebih banyak. Beda sama Xpander yang 7 penumpang bisa buat keluarga, kalau Xforce kan cuma 2 baris,” ujar tenaga penjual tersebut.

    Tidak ketinggalan, Diler juga tengah mengobral Pajero Sport namun nilainya lebih kecil. Harga mobil ini dibanderol mulai Rp 601 juta sampai Rp 773 juta.

    “Pajero ada diskon Rp 30 juta, tapi diskon semua mobil khusus NIK 2024 karena yang tahun ini belum keluar mobil NIK baru,” sebutnya.

    (hoi/hoi)

  • Daftar Harga Tiket IIMS 2025, Ada Paket Terusan 11 Hari

    Daftar Harga Tiket IIMS 2025, Ada Paket Terusan 11 Hari

    Jakarta

    Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2025 akan digelar kembali di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 13-23 Februari mendatang. Selain tiket regular, Dyandra Promosindo selaku promotor juga menyediakan tiket terusan.

    Rudi MF selaku Project Manager IIMS mengatakan, pameran tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu. Sebab, bukan hanya luas areanya yang bertambah, pesertanya juga makin banyak.

    “Tahun lalu, luas areanya 133.547 meter persegi, sekarang sampai 154.289 meter persegi. Peserta roda empat juga bertambah 10 merek dibandingkan IIMS 2024,” ujar Rudi MF di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/1).

    Indonesia International Motor Show (IIMS) Foto: Andhika Prasetia

    Untuk roda empat, ada sekira 33 merek yang hadir di IIMS 2025. Namun, mereka baru bisa mengumumkan 31 nama, yakni AION, BMW, BYD, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, Audi, BAIC, DFSK, Denza, Citroen, Geely, GWM, Jaecoo, Jetour, KIA, Maxus, Mazda, Neta, Nissan, Seres, Vinfast dan VW.

    Kemudian untuk roda dua, ada Honda, Keeway, Benda, Benelly, BMW Motorrad, Italjet, Kawasaki, QJ Motor, Royal Enfield, Royal Alloy, Scomadi, dan Piaggio. Sementara untuk motor listriknya ada ALVA, Indomobil Motor, United, MAKA, Pasific, Polytron dan Yadea.

    Meski lebih meriah dibandingkan tahun lalu, namun harga tiket IIMS 2025 masih sama dengan tahun lalu. Hanya saja, kali ini, panitia menyediakan tiket terusan untuk pengunjung yang mau datang selama 11 hari berturut-turut.

    Berikut Harga Tiket IIMS 2025Premium Day (VIP) – Rp 150 ribuWeekdays (Senin-Jumat) – Rp 50 ribuWeekend (Sabtu-Minggu) – Rp 100 ribuSilver Pass (11 hari) – Rp 749 ribuGold Pass (11 hari) – Rp 1,4 jutaPlatinum Pass (11 hari) – Rp 1,9 juta.

    Sebagai catatan, tiket terusan antara silver, gold dan platinum punya keunggulan masing-masing. Misalnya, untuk platinum, pengunjung punya akses khusus ke beberapa area, termasuk bertemu artis-artis yang datang ke pameran.

    (sfn/dry)

  • KA Pandanwangi Tabrak Truk Mitsubishi Colt Diesel Mogok di Perlintasan Km 4+322 Banyuwangi – Halaman all

    KA Pandanwangi Tabrak Truk Mitsubishi Colt Diesel Mogok di Perlintasan Km 4+322 Banyuwangi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI – Kereta Api (KA) Pandanwangi relasi Ketapang-Jember menabrk truk Mitsubishi Colt Diesel penuh muatan yang mogok di perlintasan sebidang di kilometer (km) 4+322 petak jalan antara Stasiun Banyuwangi Kota dan Stasiun Rogojampi, Rabu (15/1/2025) malam pukul 19.00 WIB.

    Akibatnya, badan truk bagian belakang hancur dan terguling. Sementara, KA Pandanwangi harus ditarik mundur kembali ke Stasiun Banyuwangi Kota karena lokomotif rusak.

    Kapolsek Kabat AKP Kusmin menjelaskan, Colt diesel DK 8479 KI bermuatan kayu cengkeh tengah melewati perlintasan Dusun Jurang Jeru, Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat.

    “Saat posisi truk berada di tengah perlintasan, secara tiba-tiba mesin mati sehingga sopir langsung memberitahukan kepada petugas perlintasan,” kata Kusmin.

    Petugas perlintasan kemudian menutup pintu perlintasan dan berlari ke jalur KA. Ia bergegas memberi tanda peringatan kepada KA yang akan melintas.

    “Dari upaya petugas, telah dilakukan pengereman oleh masinis KA Pandanwangi. Namun KA tidak berhasil berhenti sepenuhnya dan akhirnya menabrak truk,” katanya.

    Kereta menabrak truk dalam kecepatan pelan. Meski demikian, truk terguling akibat tertabrak dan lokomotif KA dilaporkan rusak.

    Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menjelaskan, lokomotif yang rusak tidak bisa melanjutkan perjalanan.

    “Untuk masinis yang bertugas dalam keadaan selamat. Sedangkan untuk lokomotif pengganti dikirim dari Ketapang. Sedangkan tim dari bagian jalan rel dan pengamanan yang dibantu warga mengevakuasi truk agar jalur segera bisa dilewati kembali,” kata Cahyo.

    KAI Daop 9 Jember menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang terjadi pada perjalanan KA Pandanwangi relasi Ketapang – Jember. 

    “KAI Daop 9 Jember menyesalkan masih adanya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang KA yang disebabkan karena kelalaian saat melintas jalur KA. Jangan terburu-buru, pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak,” ujar Cahyo. 

     

    Laporan Reporter Aflahul Abidin | Sumber: Surya

  • Penjualan ‘Mobil Murah’ Terjun Payung sepanjang Tahun 2024

    Penjualan ‘Mobil Murah’ Terjun Payung sepanjang Tahun 2024

    Jakarta

    Penjualan mobil pada 2024 menurun, jika dibandingkan dengan penjualan mobil pada 2023. Jika penjualan mobil pada 2023 mencapai 1.005.802 unit, penjualan pada 2024 hanya menyentuh 865.753 unit.

    Segmen ‘mobil murah’ yang dihuni Low Cost Green Car (LCGC) juga ikut merosot, seperti tercermin dalam data Gaikindo dan data penjualan mobil Desember 2024 yang dirilis Astra International. Jika pada 2023 penjualan LCGC mencapai 204.705 unit, penjualan LCGC pada 2024 hanya 176.766 unit.

    Jika dikalkulasi, LCGC turun penurunan hingga 27.939 unit. Wow, penurunan yang cukup besar.

    Berdasarkan data yang sama juga dijelaskan, meski penjualan mobil LCGC mengalami penurunan, mobil LCGC dari Astra Group berhasil menguasai market LCGC hingga 74 persen, dan 26 Persen market dikuasai pabrikan otomotif non Astra Group.

    Berikut penjualan mobil di Indonesia 2024:Ilustrasi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-31 yang digelar 18-28 Juli 2024 di ICE BSD City, Tangerang. GIIAS merupakan pameran otomotif terbesar. Pengunjung memadati arema GIIAS 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (18/7/2024). Foto: Andhika Prasetia

    Group Astra

    – TOYOTA + LEXUS: 291,566 Unit

    – DAIHATSU: 163,032 Unit

    – ISUZU: 26,379 Unit

    – UD Trucks: 1,960 Unit

    – PEUGEOT: 27 Unit

    Non Group Astra

    – MITSUBISHI: 99,938 Unit

    – HONDA: 94,742 Unit

    – SUZUKI: 66,809 Unit

    – HYUNDAI: 22,361 Unit

    – WULING: 21,923 Unit

    – CHERY: 9,191 Unit

    – BYD: 15,429 Unit

    – Brand Lainnya/Gabungan: 52,366 Unit

    (lth/dry)

  • Pakar sambut baik kapal patroli hibah dari Jepang untuk Bakamla

    Pakar sambut baik kapal patroli hibah dari Jepang untuk Bakamla

    Jakarta (ANTARA) – Pakar keamanan dan pertahanan Universitas Pertamina Ian Montratama menyambut baik pemberian kapal patroli dari Jepang untuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

    “Ya bagus karena lautan kita luas, dan kita masih butuh kapal patroli,” kata Ian saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

    Walaupun demikian, dia menjelaskan bahwa pemberian kapal patroli oleh Jepang tersebut bukan merupakan yang pertama.

    “Jepang pernah memberikan sejumlah kapal patroli ke Bakamla untuk keamanan maritim di Selat Malaka,” jelasnya.

    Sementara itu, dia mengatakan bahwa selain Bakamla, saat ini kapal patroli juga masih dibutuhkan untuk instansi lain, seperti TNI Angkatan Laut, Kepolisian Perairan (Polair), hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sehingga pemberian dari Jepang tersebut dinilai hal baik untuk Indonesia.

    Sebelumnya, pemberian kapal patroli disampaikan Perdana Menteri Jepang Shigeru Ishiba saat melakukan kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/1).

    Perdana Menteri Ishiba menjelaskan bahwa pemberian tersebut dilakukan melalui kerangka kerja sama official security assistant.

    Terkait hibah kapal itu, Bakamla RI telah meneken kerja sama pembuatan satu kapal patroli lepas pantai (OPV) buatan galangan kapal Jepang Mitsubishi Shipbuilding Co., Ltd. yang merupakan hibah dari Pemerintah Jepang.

    Pembangunan satu unit kapal patroli itu dibiayai sepenuhnya oleh Jepang melalui Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

    Adapun Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Irvansyah di Jakarta, Selasa (14/1), berharap kapal patroli hibah dari Jepang tersebut dapat segera selesai pada saat tahap pembuatan telah dimulai. Namun, dia memperkirakan kapal tersebut baru selesai dibuat pada 2026.

    Pewarta: Rio Feisal
    Editor: Tasrief Tarmizi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Salah Kaprah Mitsubishi Pajero & Toyota Fortuner Buat Ngebut di Jalan Tol

    Salah Kaprah Mitsubishi Pajero & Toyota Fortuner Buat Ngebut di Jalan Tol

    Jakarta

    Pernah mendengar atau melihat pengendara Sport Utility Vehicle (SUV) ladder frame seperti Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner melaju ngebut di jalan tol?

    Ada yang ngebut dengan meliuk-liuk menghindari kendaraan lain, bahkan ada juga yang hingga ‘menghajar’ bahu jalan. Tindakan seperti itu tentu membahayakan bagi pengendara sekaligus pengguna jalan lainnya.

    Mobil utilitas sport memang dikenal sebagai kendaraan dengan performa mesin yang kuat dan desain gagah. Meskipun begitu, sebenarnya mobil jenis ini tidak dirancang untuk aksi kebut-kebutan utamanya di jalan tol. Mengapa?

    Alasan Mobil SUV Tidak Boleh Ngebut-ngebutan di Jalan Tol

    Dari catatan detikOto, Praktisi keselamatan berkendara, Sony Susmana, mengatakan bahwa mobil-mobil SUV ladder frame tidak dijadikan kendaraan untuk kebut-kebutan di jalan tol.

    Karena mobil dengan dimensi bongsor tersebut bisa kehilangan kestabilan, apabila dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol.

    “Kendaraan-kendaraan yang big SUV rata-rata sasisnya ladder frame, antara sasis dan bodi tidak menyatu atau terpisah. Artinya, bodi mobil pada jenis sasis ini diletakkan di atas sasis lalu disambungkan. Bisa dikatakan secara bentuk lebih jangkung atau tinggi. Sehingga gejala limbung atau bounching yang terjadi lebih besar,” ujar Sony kepada detikOto, pada Senin (8/1/2024) lalu.

    Toyota New Fortuner GR Sport 4×4 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Ketika digunakan ngebut di jalan tol, Pajero Sport atau Fortuner kestabilannya mungkin tidak sebaik kendaraan dengan jenis sasis monokok. Kestabilan yang labil di kecepatan tinggi akan mempengaruhi handling. Di mana, hal ini bisa berakibat fatal terutama jika pengemudinya tak sigap.

    “Bentuk bodi seperti ini karakternya menangkap angin terutama di kecepatan tinggi. Sekalipun sudah didesain oleh tenaga-tenaga ahli tetap aja ada batas toleransinya,” jelas Sony yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

    Ketika memacu SUV bongsor di kecepatan tinggi, seringnya berisiko membuat selip atau bahkan mudah terbalik. Ini bisa diakibatkan oleh terpaan angin dari depan ataupun samping.

    “Kalau bicara ngebut sih bisa, toh power dari mesinnya besar. Dan ada kok balapan mobil SUV di sirkuit. Tapi, itu sudah dimodifikasi ya. Sementara kendaraan-kendaraan standar tersebut didesain hanya untuk jalan raya yang lebih mengedepankan kenyamanan,” pungkas Sony.

    (khq/fds)

  • Tes Fitur Mitsubishi Xforce Ultimate DS yang Bisa Bikin Dua Kaki Driver ‘Nganggur’

    Tes Fitur Mitsubishi Xforce Ultimate DS yang Bisa Bikin Dua Kaki Driver ‘Nganggur’

    Jakarta

    Setelah meluncurkan Mitsubishi Xforce Ultimate DS pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar sesi test drive untuk awak media pada Senin (13/1/2025). Lewat kegiatan ini, jurnalis otomotif bisa menjajal salah satu fitur terbaru Xforce Ultimate DS yang bisa bikin dua kaki pengemudi nganggur. Fitur apakah itu?

    Fitur tersebut adalah Adaptive Cruise Control atau ACC. Fitur ACC pada disempurnakan dengan low speed follow. Dengan fitur tersebut, fitur cruise control mampu beroperasi dalam kondisi stop and go. Selain itu, mobil ini memiliki fitur Curve Deceleration yang mampu mengurangi kecepatan pada kondisi jalan berkelok.

    “Cara pengoperasiannya cukup gampang. Ada tiga step yang mesti dilalui. Pertama aktifkan cruise control standar di sini dulu (tombol paling kanan di setir),” ungkap Product Planning Manager PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Setiawan Wijaya, di Jakarta (13/1/2025).

    Test drive Mitsubishi Xforce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    ACC pada Xforce bekerja dengan mendeteksi jarak kendaraan di depannya menggunakan kamera dan radar. Fitur ACC ini butuh kecepatan minimal 30 km/jam supaya aktif. Setelah fitur tersebut aktif, pengemudi harus mencari kendaraan di depan untuk mengaktifkan fitur selanjutnya, yaitu adaptive dengan low speed follow-nya.

    “Setelah cruise control aktif, untuk nyalain adaptive-nya kita mesti nyari ‘lawannya’ gitu, yaitu mobil yang ada di depan kita. Kalau di meter cluster sudah mendeteksi, maka di sini (indikator) dia akan berubah jadi warna hijau, yang menandakan fitur adaptive-nya sudah aktif,” sambung Setiawan.

    Test drive Mitsubishi Xforce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dalam uji coba yang detikOto lakukan, fitur ACC ini cukup membantu saat melaju di jalan tol dengan lalu lintas yang padat. detikOto yang kebagian mengemudi rute Jakarta – Sentul sejauh kurang lebih 40 km, cukup terbantu dengan adanya fitur ACC ini. Kedua kaki pun jadi ‘nganggur’ sebab fungsi mengoperasikan kendaraan, gas dan rem, sudah diserahkan sepenuhnya ke sistem cerdas di Xforce Ultimate DS ini.

    Kata Setiawan, jika fitur ACC sudah aktif, maka fitur ini bisa menyesuaikan di kecepatan berapapun. Baik itu di bawah kecepatan 30 km/jam, maupun di kecepatan yang tinggi seperti di atas 60 km/jam.

    Dengan fitur ACC, kendaraan bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya sekitar jarak 4 detik. Jarak ini semakin jauh jika kecepatan kendaraan semakin kencang, dan semakin dekat jika kecepatan kendaraan semakin lambat.

    XFORCE Media City Adventure

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar acara eksklusif media test drive bertajuk XFORCE Media City Adventure, pada 13 – 14 Januari 2025, yang diikuti oleh total 80 media untuk mencoba varian terbaru dari compact SUV Mitsubishi Motors, Xforce Ultimate with Diamond Sense. Acara ini berlangsung dengan rute petualangan perkotaan yang dirancang secara khusus dari Jakarta menuju Sentul, untuk memastikan para peserta dapat mengeksplor dan memanfaatkan fitur unggulan dari Xforce Ultimate DS.

    Atsushi Kurita, Presiden Direktur dari MMKSI mengatakan, “Xforce Ultimate DS merupakan cerminan dari komitmen Mitsubishi Motors untuk terus menyesuaikan kebutuhan dan keinginan para penggunanya. Acara ini kami hadirkan untuk memberikan impresi berkendara langsung, serta membuktikan keunggulan fitur Diamond Sense (DS) yang memberi keamanan, kenyamanan, serta keseruan yang dihadirkan oleh Xforce. Kami harapkan pengalaman positif yang didapat jurnalis pada kegiatan ini dapat dibagikan kepada masyarakat melalui pemberitaan yang positif dan menjadi referensi masyarakat untuk merasakan langsung produk yang kami yakini akan membawa pengalaman berkendara yang baru dan menginspirasi petualangan sehari-hari yang dipenuh dengan cerita menarik.”

    Rute Jakarta – Sentul dipilih untuk mendemonstrasikan penggunaan fitur Diamond Sense (DS) yang disematkan pada model ini di kondisi sebenarnya, dengan variasi jalanan perkotaan, jalur perbatasan kota, rute jalan tol, hingga medan yang merepresentasikan petualangan berlibur di akhir pekan konsumen di kota-kota besar. Dimulai dari Jakarta, rombongan melewati jalanan dalam kota dan tol yang memungkinkan untuk mengeksplor fitur seperti Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Blind Spot Warning with Lane Change Assist, dan Lead Car Departure Notification System.

    Rute berlanjut menuju Sentul, menghadirkan jalanan berkelok dan pemandangan asri yang menonjolkan stabilitas serta kemampuan manuver terbaik dari Xforce. Kombinasi medan tersebut memberikan pengalaman yang menyenangkan dan dinamis untuk seluruh peserta.

    Xforce juga menawarkan kombinasi ideal antara efisiensi dan performa dengan eksterior yang tangguh namun elegan, interior luas serta teknologi yang intuitif, hadir untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup perkotaan. Tak lupa beragam fitur keselamatan Diamond Sense lainnya seperti Forward Collision Mitigation, Rear Cross Traffic Alert, Auto Headlight, Auto High Beam, dan Auto Rain Sensor disematkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penggunanya.

    Acara media test drive ini juga merupakan bagian dari “Road to 55th Anniversary – Life’s Adventure Empowering Every Journey”, untuk memperingati 55 tahun perjalanan Mitsubishi Motors di Indonesia. Melalui momentum ini, MMKSI terus menunjukkan komitmennya untuk menghadirkan inovasi produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, memastikan setiap perjalanan diberdayakan dengan kepercayaan, teknologi, dan pengalaman berkendara yang tak tertandingi.

    (lua/dry)

  • Kapan Mitsubishi Xpander Hybrid Dibawa ke Indonesia?

    Kapan Mitsubishi Xpander Hybrid Dibawa ke Indonesia?

    Jakarta

    Pemerintah bakal memberikan insentif kepada mobil elektrifikasi jenis hybrid. Ini tentunya menjadi kabar baik bagi para agen pemegang merek di Indonesia. Bagi Mitsubishi, apakah hal itu bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan Xpander Hybrid di Indonesia?

    Sebagai info, pemerintah memberikan insentif untuk mobil listrik berbasis baterai, baik itu mobil listrik murni (BEV), maupun hybrid. Hal itu dikatakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

    “Dan insentif lain untuk kendaraan bermotor listrik, kendaraan hybrid, dan PPN untuk pembelian rumah yang selama ini sudah kita umumkan yaitu dengan harga jual sampai dengan Rp 5 miliar,” kata Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

    Insentif yang diberikan pemerintah tersebut berupa PPnBM ditanggung pemerintah (PPnBM DTP), di mana yang terbaru diberikan untuk mobil hybrid. Aturan itu menyatakan kalau PPnBM mobil hybrid ditanggung pemerintah sebesar 3%. Para pabrikan juga sudah diminta untuk mendaftarkan mobil hybridnya agar bisa menikmati insentif.

    Terkait hal itu, General Manager of Marketing Communication & PR Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari mengatakan, kendati insentif mobil hybrid sudah diberikan oleh pemerintah, bukan serta Mitsubishi langsung meluncurkan Xpander Hybrid di Indonesia.

    “Seperti yang kita tahu, untuk model hybrid Xpander sudah ada, tapi memang belum dipasarkan disini. Kemarin Pak Kato, CEO Mitsubishi Motors dari Jepang datang dan dia juga sempat bilang pada saat perayaan satu juta unit produksi di MMKI, dia ingin meningkatkan lagi produktivitas dan volume yang ada di MMKI, sekarang kan 220 ribu unit per tahun ya. Dia ingin meningkatkan lagi, salah satunya juga dengan memproduksi mobil-mobil baru termasuk hybrid dan elektrik, supaya bisa tidak hanya buat domestik juga bisa buat meningkatkan ekspor dari MMKI,” ungkap Intan kepada wartawan di Bogor (13/1/2025).

    Intan menjelaskan, secara teknologi, Mitsubishi sudah siap untuk membawa Xpander Hybrid ke Indonesia. Hanya saja perlu perencanaan yang matang. Karena meskipun ada insentif, tapi ada hal-hal lain yang juga membebankan, seperti peraturan opsen pajak dan PPN 12%.

    “Teknologinya sudah ada, sudah siap, MMKI juga sudah ready untuk membuat. Cuma memang timing-nya yang belum pas untuk bisa melakukan itu, karena walau mendapat insentif, tetap kan harus ada penyesuaian harga, apalagi sekarang ada opsen, kemudian PPN juga naik jadi 12%. Jadi gimana caranya mengeluarkan mobil yang bisa tetap memiliki harga kompetitif, begitu,” bilang Intan.

    “Apalagi seperti kita tahu kompetisinya sama brand-brand China atau non-Japanese yang memang harga mereka sangat bisa di-squeeze gitu. Sementara kalau kami sendiri maunya bisa bersaing gitu produknya, jangan sampai dikeluarkan produknya, tapi akhirnya tidak bersaing harganya, jadi ditunggu aja, janjinya sih tahun ini dan tahun depan pasti mengeluarkan mobil baru, salah satunya hybrid,” tegas Intan.

    (lua/dry)