Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Taksi Asal Vietnam Ramai di Jalan, Pemain Indonesia Perlu Waspada?

    Taksi Asal Vietnam Ramai di Jalan, Pemain Indonesia Perlu Waspada?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Model bisnis pemain baru di industri taksi daring asal Vietnam, Xanh SM yang disokong VinFast perlu diwaspadai lantaran disinyalir menjadi strategi laten VinFast demi mendongkrak penjualan mobil listrik di Indonesia.

    Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Persaingan dan Kebijakan Usaha (LKPU) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Ditha Wiradiputra menilai strategi yang dilakoni VinFast ini sebetulnya demi mengejar pangsa pasar produsen mobil listrik dari China yang sudah lebih dulu eksis.

    Menurut dia, bisnis model VinFast, lini usaha otomotif dari Vingroup, perlu dicermati lebih lanjut meskipun telah memberikan opsi baru bagi konsumen transportasi taksi di Indonesia.

    “Persoalannya adalah perusahaan taksi baru ini mempunyai model bisnis yang bisa dikatakan menarik. Menariknya adalah sesungguhnya perusahaan taksi ini adalah sebuah perusahaan otomotif di negara asalnya, dalam hal ini Vietnam,” kata Ditha, seperti dikutip, Senin (27/1/2025).

    Situs resmi Xahn SM mengungkapkan perusahaan ini beroperasi di Indonesia dengan bendera PT Xanhsm Green And Smart Mobility Indonesia (Xanh SM Indonesia). Xanh SM adalah merek pertama layanan pemesanan mobil listrik di Vietnam, di bawah naungan induknya Green and Smart Mobility (GSM) dari Vingroup.

    Dengan armada yang berasal dari VinFast atau produk kendaraan perusahaan sendiri, Ditha menilai praktek ini analoginya seperti Toyota atau Mitsubishi masuk ke dalam bisnis taksi. Analogi lainnya seperti pabrikan pesawat Boeing dan Airbus masuk ke dalam bisnis maskapai penerbangan dengan unit pesawat produksi sendiri.

    “Agak repot kalau maskapai penerbangan bersaing dengan Boeing atau Airbus, karena mereka punya kendaraannya sendiri. Kita melihat ini yang dilakukan Xanh taksi,” katanya.

    Ditha menduga, upaya Xanh SM merupakan cara perusahaan otomotif asal Vietnam itu untuk memasyarakatkan produk karena mobil buatannya bisa langsung terserap pasar. Namun dia menilai upaya ini bisa dibilang “scam”, seolah-olah membuat penjualan suatu produk seakan-akan tinggi.

    “Mungkin itu strategi yang baik-baik saja, cuman dia harus memikirkan dampaknya bagi pasar. Dalam hal ini, dia ingin seolah-olah pertumbuhan pasar dari produk dia sangat besar dengan dia masuk ke dalam bisnis taksi,” kata Ditha.

    “Memang nggak mudah untuk bisa membuat produk otomotif dengan mudah membanjiri pasar, laku di pasar. Tapi kemudian dia menggunakan strategi itu, dikhawatirkan mempunyai implikasi terhadap nasib orang-orang yang ada di bisnis layanan transportasi,” jelas Ditha.

    Dia mengatakan, jangan sampai kehadiran pemain baru yang hanya menjadi akal-akalan untuk mendongkrak penjualan mobil membuat para mitra pengemudi di layanan transportasi harus terkena imbas.

    “Bagus-bagus saja dia punya ide supaya kelihatan produknya laku, dia pakai dalam bisnis taksi. Cuman hal tersebut jangan sampai mengganggu atau mempunyai dampak yang tidak baik terhadap bisnis ride hailing,” katanya.

    “Berdampak buruk bagi mereka mitra-mitra yang ketika mendapati pemain baru, jangan-jangan di pinggir jalan semakin banyak nih orang ngetem, mobil-mobil online nunggu penumpang.”.

    Terkait dengan kondisi ini, pemerintah juga diminta untuk menyiapkan regulasi mengenai model bisnis seperti yang dilakukan Xanh-Vinfast-Vingroup tersebut. “Dia mungkin bisnisnya bukan untuk ride hailing, tapi bisnis otomotif jualan mobil ini harus hati-hati karena ini ada regulasinya,” katanya.

    “Misalkan saya mikir bisnis angkot menarik dan saya langsung saja operasikan angkot. Mungkin saya sama supir angkot yang lain bisa kena hajar, apalagi angkot ada trayeknya, ada organda, ada aturannya dan ini harus jaga kepentingan semua pihak. Jangan sampai hal-hal yang mungkin bagus tapi mempunyai dampak tidak baik buat bagi yang lain.”

    Sebelumnya diberitakan, pada awal beroperasi pada 18 Desember 2024, Xanh memastikan ada 1.000 taksi listrik yang akan melayani konsumen Indonesia. Angkanya akan bertambah menjadi 10.000 unit armada pada 2025.

    Perusahaan beroperasi menggunakan armada mobil listrik milik VinFast model VF e34, yang juga merupakan perusahaan otomotif asal Vietnam. Xanh SM tercatat sebagai anak usaha Vinfast di Indonesia.

    (ayh/ayh)

  • Pelajar di Jombang Tewas Usai Tabrak Truk

    Pelajar di Jombang Tewas Usai Tabrak Truk

    Jombang (beritajatim.com) – Kecelakaan tragis terjadi di Jalan Raya Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, pada Sabtu (25/1/2025) petang. Seorang pelajar bernama Rizki Saiful Akbar (17), warga Desa Tejo, Mojoagung, meninggal dunia di lokasi setelah menabrak truk Mitsubishi S-8578-UT.

    Kecelakaan ini melibatkan sepeda motor Honda Beat bernopol S-2076-OV yang dikendarai Rizki dan truk yang dikemudikan Solikan (63), warga Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito. Berdasarkan keterangan polisi, Rizki diduga kurang konsentrasi saat berkendara, sehingga menabrak bagian belakang truk yang sedang berbelok ke kanan.

    Benturan keras mengakibatkan Rizki terpental dan mengalami luka serius yang menyebabkan korban meninggal di tempat. Warga yang berada di lokasi segera berusaha memberikan pertolongan, sementara yang lain melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian.

    Polisi menahan truk untuk penyelidikan lebih lanjut dan meminta keterangan dari dua saksi, yaitu Adi Santoso (55) dari Desa Karobelah, Mojoagung, dan Rojiun (40) dari Desa Plemahan, Sumobito.

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Siswanto, mengungkapkan bahwa pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan ini. “Penyebab kecelakaan secara pasti masih kami selidiki,” ujar Siswanto. [suf]

  • Taksi Asal Vietnam Masuk RI, Ini Kata Pakar

    Taksi Asal Vietnam Masuk RI, Ini Kata Pakar

    Jakarta

    Ekspansi Xanh SM ke bisnis taksi diprediksi bakal meningkatkan penjualan mobil listrik terutama mobil buatan VinFast di Indonesia.

    Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Persaingan dan Kebijakan Usaha (LKPU) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Ditha Wiradiputra menyatakan bahwa model bisnis pemain baru di industri taksi asal Vietnam, Xanh, bakal mendongkrak penjualan mobil listrik VinFast.

    VinFast menerapkan strategi ini demi mengejar pangsa pasar produsen mobil listrik dari China yang sudah lebih dulu eksis. Ditha menyampaikan bahwa bisnis model VinFast perlu dicermati lebih lanjut meskipun telah memberikan opsi baru bagi konsumen transportasi taksi di Indonesia.

    “Persoalannya adalah perusahaan taksi baru ini mempunyai model bisnis yang bisa dikatakan menarik. Menariknya adalah sesungguhnya perusahaan taksi ini adalah sebuah perusahaan otomotif di negara asalnya, dalam hal ini Vietnam,” tutur Ditha dihubungi, Sabtu (25/1/2025).

    Taksi Xanh SM menggunakan armada yang berasal dari VinFast atau bisa dibilang sebagai produk kendaraan perusahaan sendiri. Ditha menganalogikan, seperti Toyota dan Mitsubishi masuk ke dalam bisnis taksi atau seperti Boeing dan Airbus masuk ke dalam bisnis penerbangan atau maskapai dengan unit produksi sendiri.

    “Agak repot kalau maskapai penerbangan bersaing dengan Boeing atau Airbus, karena mereka punya kendaraannya sendiri. Kita melihat ini yang dilakukan Xanh taksi,” jelasnya.

    Ditha menduga, upaya yang dilakukan perusahaan Xanh SM merupakan bagian dari cara perusahaan otomotif asal Vietnam untuk memasyarakatkan produknya, karena mobil buatannya bisa langsung banyak terserap di pasar.

    “Mungkin itu strategi yang baik-baik saja, cuman dia harus memikirkan dampaknya bagi pasar. Dalam hal ini, dia ingin seolah-olah pertumbuhan pasar dari produk dia sangat besar dengan dia masuk ke dalam bisnis taksi. Memang nggak mudah untuk bisa membuat produk otomotif dengan mudah membanjiri pasar, laku di pasar. Tapi kemudian dia menggunakan strategi itu, dikhawatirkan mempunyai implikasi terhadap nasib orang-orang
    yang ada di bisnis layanan transportasi,” katanya.

    Pemerintah juga diminta untuk menyiapkan regulasi mengenai model bisnis seperti yang dilakukan pemain otomotif dari Vietnam tersebut.

    “Dia mungkin bisnisnya bukan untuk ride hailing, tapi bisnis otomotif jualan mobil ini harus hati-hati karena ini ada regulasinya. Misalkan saya mikir bisnis angkot menarik dan saya langsung saja operasikan angkot. Mungkin saya sama supir angkot yang lain bisa kena hajar, apalagi angkot ada trayeknya, ada organda, ada aturannya dan ini harus jaga kepentingan semua pihak. Jangan sampai hal-hal yang mungkin bagus tapi mempunyai dampak tidak baik buat bagi yang lain,” jelas Ditha.

    (rrd/rir)

  • Kronologi Kecelakaan Beruntun Bus Medali Mas Seruduk Truk Telur dan Minibus di Km 481 Tol Boyolali – Halaman all

    Kronologi Kecelakaan Beruntun Bus Medali Mas Seruduk Truk Telur dan Minibus di Km 481 Tol Boyolali – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Medali Mas jurusan Tangerang-Malang versus truk boks Mitsubishi Canter pengangkut telur dan sebuah mobil penumpang warna putih di ruas tol Boyolali, Sabtu pagi ini diduga karena keteledoran sopir bus Medali Mas.

    Pengemudi bus PO Medali Mas diduga tidak sigap mengantisipasi adanya kendaraan yang berjalan searah menuju Solo yang sedang berhenti karena di depan ada kecelakaan tunggal sebuah mobil jenis Isuzu Elf.

    Bus kemudian menyeruduk truk pengangkut telur dan mobil penumpang warna putih tersebut dari belakang.

    Insiden ini terjadi di Km 481+100 A ruas Tol Trans Jawa Semarang-Solo pada Sabtu pagi, 25 Januari 2025 pukul 08.25 WIB.

    Setelah mendapatkan informasi adanya kecelakaan tersebut, petugas segera mendatangi lokasi kejadian dan melakukan aksi cepat evakuasi.

    Menurut petugas, sebelum kejadian di Km 480 minibus warna putih dan truk pengangkut telur sudah mengurangi kecepatan dikarenakan ada kecelakaan di depan. 

    Posisi minibus di lajur 1 dan posisi truk melintang di lajur 1 dan 2 dan posisi bus di bahu jalan pasca kecelakaan terjadi.

    “Dalam proses evakuasi pemindahan kendaraan, sempat dilakukan buka tutup lajur, dan semua KR telah berhasil di evakuasi petugas dan diamankan di Gerbang Tol Boyolali.”

    Kondisi bus PO Medali Mas jurusan Tangerang-Surabaya-Malang menyeruduk sebuah mobil MPV dan truk Mitsubishi Canter boks pengangkut telur di ruas tol Semarang-Solo Kilometer 481 Boyolali, Sabtu (25/1/2025) pagi. (Kolase Tribunnews)

    “Berdasarkan laporan yang disampaikan petugas bahwa tidak ada korban dalam insiden ini,” ujar Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Prajudi, Sabtu (25/1/2025).

    Terpantau pukul 12.02 WIB petugas membuka lajur secara normal dan terus melakukan pemindahan sisa muatan serta pembersihan oleh Petugas MCS.

    Selanjutnya kecelakaan ini telah ditindaklanjuti oleh Unit Gakum Lakalantas Polres Boyolali.

    “PT Trans Marga Jateng memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kejadian ini,” ucap Prajudi.

    “Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, pastikan kondisi kendaraan laik jalan. Jika lelah dapat beristirahat di tempat yang telah disediakan,” sambungnya.

  • Libur Panjang, Beberapa Titik Tol Jakarta Arah Cikampek Mulai Macet!

    Libur Panjang, Beberapa Titik Tol Jakarta Arah Cikampek Mulai Macet!

    Jakarta

    Libur panjang Isra Miraj dan Imlek selama 25-29 Januari 2025 membuat masyarakat Jakarta ramai-ramai bepergian ke luar kota. Imbasnya, lalu lintas di jalan tol menjadi lebih ramai dibandingkan hari biasanya.

    Disitat dari akun media sosial resmi Jasa Marga, sejumlah titik di Tol Jakarta arah Cikampek sudah mulai macet sejak Sabtu pagi (25/1). Salah satu titik macetnya berada di ruas Tol Tambun.

    “(Pukul) 07.08 WIB #Tol_Japek Tambun KM 22 padat, ada kendaraan bus gangguan di lajur kiri,” tulis Jasa Marga melalui akun X resminya, Sabtu (25/1).

    Ilustrasi tol Jakarta-Cikampek saat ramai kendaraan bermotor. Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD RAMDAN

    Lalu lintas kembali padat di Km 25-27 Cibitung. Kemacetan terjadi karena padatnya volume kendaraan.

    “Cibitung KM 25 – KM 27 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin. Karawang Barat KM 45 – KM 48 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin,” demikian lanjut keterangan akun yang sama.

    Selain itu, masih melalui sumber yang sama, lalu lintas di Tol Layang MBZ juga macet di sejumlah titik pada Sabtu pagi. Kemacetan tersebut terjadi di ruas Cikunir arah Cikampek.

    “07.10 WIB #Jalan_Layang_MBZ Cikunir KM 10 – KM 11 arah Cikampek padat, kepadatan volume lalin. Bekasi Timur KM 15 – Tambun KM 19 padat, ada kendaraan gangguan di lajur kiri. Tambun KM 22 arah Cikampek padat, ada kendaraan Mitsubishi Xpander gangguan ban di bahu luar/kiri,” kata Jasa Marga.

    Lalu lintas yang padat, ditambah cuaca yang tidak menentu, membuat risiko berkendara menjadi lebih besar. Itulah mengapa, pengemudi kendaraan disarankan lebih berhati-hati selama berada di perjalanan.

    (sfn/lth)

  • Profil Sonny T. Danaparamita, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Soroti Pagar Laut dan Dukung Nelayan – Halaman all

    Profil Sonny T. Danaparamita, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Soroti Pagar Laut dan Dukung Nelayan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Sonny Danaparamita merupakan Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi PDI-Perjuangan.

    Nama Sonny Danaparamita menjadi perbincangan publik.

    Ia memuji nelayan bernama Kholid yang berani mengungkap korporasi di balik pemasangan pagar laut di Tangerang, Banten. 

    Sonny memuji Kholid di hadapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Kamis (23/1/2025).

    Di sisi lain, Sonny juga mempertanyakan Sakti Wahyu terkait keberadaan pagar laut.

    Sonny bahkan mengutip hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi “Qulil alhaqq wa law kaana murran” yang artinya “Katakanlah yang sesungguhnya walaupun itu pahit”.

    Anggota Komisi IV DPR RI itu meminta kepada Menteri Sakti untuk mengungkap siapa pemilik pagar laut tersebut.

    Menurut Sonny, Sakti tidak perlu khawatir karena ada ribuan nelayan yang siap mendukungnya.

    Siapa Sonny Danaparamita? Berikut profilnya.

    Profil Sonny Danaparamita

    Sonny Danaparamita lahir di Banyuwangi, Jawa Timur pada 30 Agustus 1974.

    Sonny memiliki nama lengkap Sonny Tri Danaparamita.

    Ia merupakan anak dari pasangan alm. Purwoto dan alm. Sri Hutami, yang berprofesi sebagai guru dan tenaga pendidik.

    Sonny Danaparamita menempuh pendidikan dasar di SDN Genteng II, SMPN Genteng I, dan SMAN Genteng I.

    Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya pada bidang Hukum di Universitas Jember (Unej).

    Tak sampai di situ, Sonny Danaparamita berhasil menyelesaikan studi S2 Ilmu Hukum di Unej pada 2023.

    Sonny memulai kariernya di bidang hukum pada 2001.

    Saat itu ia menjadi Legal di PT Niaga Sewaka Nusa dan PT Prakarsa Mukti Sejati.

    Pada 2004, Sonny beralih profesi sebagai Marketing di PT Megawarna Lestari.

    Karier Sonny Danaparamita semakin moncer.

    Ia menduduki posisi sebagai Direktur PT Resopim pada 2007.

    Kemudian, Sonny terjun ke dunia politik.

    Pada 2009, Sonny terpilih menjadi Tenaga Ahli Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

    Ia juga menduduki posisi sebagai Tenaga Ahli pada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2014.

    Sonny Danaparamita kemudian menjabat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI periode 2019-2024.

    Pada 2024, Sonny kembali terpilih menjadi Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDP.

    Selain itu, Sonny Danaparamita diketahui aktif dalam organisasi.

    Karier

    Legal PT Niaga Sewaka Nusa (2001-2002)
    Legal PT Prakarsa Mukti Sejati (2001-2003)
    Marketing Eksekutif PT Megawana Lestari (2004 – 2006)
    Direktur PT RESOPIM (2007-2009)
    Project Officer Peace Through Development (2008-2010)
    Pengurus Institute Human Resources Development (2009-sekarang)
    Peneliti Daya Saing Indonesia (2009-Sekarang)
    Tenaga Ahli DPR RI (2009-2014)
    Tenaga Ahli MPR RI (2014-2019)
    Anggota DPR RI (2019-2024)

    Organisasi

    Ketua Lembaga Ilmiah FH UNEJ (1996-1998)
    Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan UNEJ (1997 -1998)
    Reporter Persma ‘IMPARSIAL” (1997 -1999)
    Sekjen Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (1994-2006)
    Sekretaris DPC Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) (1999-2001)
    Sekretaris Jenderal Perhimpunan Indonesia Damai (2007-2008)
    DPP Persatuan Alumni GMNI (2007-Sekarang)
    Ketua Dewan Kehormatan PERPENAS (2016-Sekarang)

    Harta Kekayaan

    Sonny Danaparamita tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp 4,6 miliar.

    Hartanya itu terdaftar di dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang dilaporkannya pada tanggal 30 Maret 2024 untuk periodik 2023.

    Harta terbanyak Sonny Danaparamita berasal dari tanah dan bangunan yang ia milik di wilayah Banyuwangi, senilai Rp 1,7 miliar atau Rp 1.760.000.000.

    Ia tercatat memiliki alat transportasi berupa mobil Toyota Harrier tahun 2009, mobil Mitsubishi Pajero tahun 2017, mobil Honda HRV tahun 2017, mobil Toyota Alphard tahun 2012, motor Honda GL 200 tahun 2006, dan motor Yamaha Vixion tahun 2013 dengan total nilai Rp 1.069.000.000.

    Sonny memiliki harta bergerak lainnya Rp 435.000.000.

    Selain itu, Sonny Danaparamita mempunyai kas Rp 775.000.000 dan harta lainnya senilai Rp 574.000.000.

    Sonny tidak memiliki hutang.

    Berikut daftar lengkap rincian harta kekayaan milik Sonny Danaparamita:

    DATA HARTA
     
    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 1.760.000.000
     
    1. Tanah dan Bangunan Seluas 131 m2/100 m2 di KAB / KOTA BANYUWANGI, HASIL SENDIRI Rp. 460.000.000
     
    2. Tanah dan Bangunan Seluas 347 m2/234 m2 di KAB / KOTA BANYUWANGI, WARISAN Rp. 1.300.000.000
     
    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 1.069.000.000
     
    1. MOBIL, TOYOTA HARRIER Tahun 2009, HASIL SENDIRI Rp. 150.000.000
     
    2. MOTOR, HONDA GL 200 Tahun 2006, HASIL SENDIRI Rp. 22.000.000
     
    3. MOTOR, YAMAHA VIXION Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp. 12.000.000
     
    4. MOBIL, MITSUBISHI PAJERO Tahun 2017, HASIL SENDIRI Rp. 360.000.000
     
    5. MOBIL, HONDA HRV Tahun 2017, HASIL SENDIRI Rp. 225.000.000
     
    6. MOBIL, TOYOTA ALPHARD Tahun 2012, HASIL SENDIRI Rp. 300.000.000
     
    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 435.000.000
     
    D. SURAT BERHARGA Rp.—

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 775.000.000
     
    F. HARTA LAINNYA Rp. 574.000.000
     
    Sub Total Rp. 4.613.000.000

    III.HUTANG Rp.—

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 4.613.000.000

    (Tribunnews.com/Falza) (TribunVideo.com/Rima Anggi)

  • Perusahaan pengendali hama luncurkan mobil listrik untuk operasional

    Perusahaan pengendali hama luncurkan mobil listrik untuk operasional

    Penggunaan mobil listrik ini tidak hanya mengurangi emisi karbon secara signifikan, tetapi juga memberikan efisiensi dalam
    operasional sehari-hari,

    Tangerang (ANTARA) – Rentokil Initial Indonesia, perusahaan di bidang pengendalian hama dan hygiene meluncurkan 11 unit mobil operasional berbasis listrik berjenis Battery EV (BEV) untuk mendukung efisiensi dan keberlanjutan lingkungan.

    “Kehadiran mobil listrik ini untuk mendukung dalam menciptakan biaya operasional yang lebih efisien, sekaligus mendukung ekosistem ramah lingkungan. Langkah ini sejalan dengan misi Rentokil Initial dalam perjalanan menuju Net Zero Carbon pada tahun 2040,” kata Managing Director Rentokil Initial Indonesia Heri Susanto dalam keterangannya di Tangerang Rabu.

    Ia menuturkan, mobil listrik yang dipilih yakni minivan Mitsubishi L100 EV karena ukuran yang compact sehingga dapat melewati jalan perkotaan yang sempit, dan torsi yang besar untuk melalui jalan yang curam.

    Selain itu ditunjang fitur keamanan yaitu dua air bag untuk pengemudi dan penumpang, anti-lock braking system(ABS), active stability control (ASC), dan electronic break force distribution (EBD) dan kemampuan discharging dan kemampuan angkut hingga 425 kilogram.

    “Penggunaan mobil listrik ini tidak hanya mengurangi emisi karbon secara signifikan, tetapi juga memberikan efisiensi dalam
    operasional sehari-hari,” katanya.

    Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita menambahkan, pihaknya siap menjadi partner yang menemani kegiatan operasional bisnis Rentokil Initial dan mendukung misi terhadap keberlanjutan lingkungan

    “Mitsubishi Motors berkomitmen menyediakan produk berkualitas tinggi dengan fitur inovatif yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pelaku usaha industri modern, dan juga masyarakat Indonesia secara umum,” pungkas Kurita.

    Pewarta: Achmad Irfan
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Lapor LHKPN 2024, Kekayaan Menperin Agus Gumiwang Rp198,6 Miliar

    Lapor LHKPN 2024, Kekayaan Menperin Agus Gumiwang Rp198,6 Miliar

    Bisnis.com, JAKARTA – Harta kekayaan dan aset para menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran telah tercantum dalam e-lhkpn KPK dengan data terbaru, tak terkecuali Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang telah menjabat sejak 2019 hingga saat ini. 

    Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) melalui situs remsi e-lhkpn KPK, dikutip Rabu (22/2/2025) harta kekayaan Agus Gumiwang yang tercatat per 31 Oktober 2024 mencapai Rp198,36 miliar yang terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas, dan harta lainnya. 

    Secara rinci, total aset tanah dan bangunan yang dimiliki Ketua Dewan Pembina Parta Golongan Karya (Golkar) itu sebesar Rp65,88 miliar yang berlokasi di Jakarta Selatan, Gianyar, Tangerang Selatan, Bogor, dan Jakarta Pusat. 

    Sementara itu, alat transportasi yang dimiliki Agus yaitu mobil Mitsubishi PJ SP24LDAKAR-H4X4 Tahun 2019, Toyota BZ4X Tahun 2022, dan Mini Countryman 2024 senilai Rp2,65 miliar. 

    Di sisi lain, harta bergerak lainnya yang tercatat yaitu senilai Rp12 miliar, surat berharga Rp20,35 miliar, kas dan setara kas Rp5 miliar, serta harta lainnya sebesar Rp181 miliar. Agus tercatat memiliki utang senilai Rp89,6 miliar. 

    Adapun, total harta kekayaan Agus Gumiwang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya periode 31 Desember 2023 yang naik 0,42% atau sebesar Rp197,53 miliar. 

    Sebagai informasi, Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Agus sebagai menperin periode 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024) malam di Istana Negara. Politikus Partai Golkar itu telah mengemban tugas sebagai menperin pada periode kedua pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin (2019-2024). 

    Karier Agus dalam dunia usaha dan politik mengikuti jejak sang Ayah, Ginandjar Kartasasmita di Partai Golkar dan menjadi bagian dari kabinet menteri pada pemerintahan Soeharto.

    Dikutip dari laman resmi profilnya, Agus Gumiwang Kartasasmita lahir di Jakarta pada 3 Januari 1969 sebagai anak kedua dari empat bersaudara, dari pasangan Ginandjar Kartasasmita dan Yultin Harlotina. 

  • Menkopolkam Budi Gunawan Punya Harta Rp36,2 Miliar di LHKPN

    Menkopolkam Budi Gunawan Punya Harta Rp36,2 Miliar di LHKPN

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolkam) Budi Gunawan telah melaporkan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) sebesar Rp36,2 miliar.

    Harta tersebut dilaporkan Budi Gunawan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menjabat sebagai pimpinan tertinggi di Kemenkopolkam atau Menkopolkam pada 2024.

    Dalam laporan e-LHKPN yang dikutip Bisnis pada Rabu (22/1/2025), mayoritas harta Budi Gunawan berada di aset dan bangunan senilai Rp21,7 miliar yang tersebar di Jakarta Selatan, Bogor, Gianyar, Lampung, Surakarta dan Denpasar.

    Kemudian untuk menunjang mobilitasnya, Budi memiliki aset dalam bentuk alat transportasi dan mesin sebesar Rp3,7 miliar.

    Secara terperinci, garasi Budi Gunawan diisi oleh dua Mobil milik jenama otomotif asal Eropa, yakni Ineos Grenadier (2023) senilai Rp1,8 miliar dan Land Rover Defender (2020) Rp1 miliar.

    Kemudian, Budi juga memiliki Mitsubishi Pajero (2018) senilai Rp350 juta dan Toyota Alphard senilai Rp600 juta. Adapun, mantan Kepala BIN ini juga memiliki harta bergerak lainnya Rp320 juta dan kas dan setara kas Rp10,4 miliar.

    Profil Budi Gunawan 

    Budi lahir pada 11 Desember 1959 di Solo, Jawa Tengah. Budi atau BG merupakan peraih gelar Adhi Makayasa lulus dari Akademi Kepolisian pada 1983.

    Pria yang akrab disapa BG itu juga meraih gelar doktornya di Ilmu Hukum dari Universitas Trisakti dan lulus dengan predikat Summa Cum Laude.

    Pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dia dipercayai menjadi Ajudan Wakil Presiden (1999-2000) dan Presiden RI (2000-2004).  

    Selama perjalanannya di kepolisian, Budi sempat menjabat posisi strategis mulai dari Kapolda Jambi, Kapolda Bali, Kadiv Propam Polri hingga Wakil Kepala Polri (Wakapolri).

    Sebagai Wakapolri, Budi Gunawan telah mendampingi dua Kapolri yaitu Jenderal Badrodin Haiti (2015-2016) dan Jenderal Tito Karnavian (2016).

    Dalam catatan Bisnis, Budi Gunawan juga pernah ditetapkan tersangka kasus dugaan transaksi mencurigakan pada 2015. 

    Dalam periode tersebut, dia juga gagal menjadi Kapolri usai kasus tersebut diumumkan oleh KPK era Abraham Samad Cs. Meski demikian, BG berhasil memenangkan praperadilan atas status tersangkanya. 

    Sementara itu, pada era pemerintahan Jokowi, BG ditunjuk sebagai pucuk pimpinan intelijen atau sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) sejak 9 September 2016.

  • Mobil Listrik China Serbu Indonesia, Begini Respons BYD

    Mobil Listrik China Serbu Indonesia, Begini Respons BYD

    Jakarta

    Pabrikan otomotif China ramai-ramai menyerbu pasar otomotif Indonesia. Sadar atau tidak, jumlah mobil China sudah 12 merek yang menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    BYD salah satunya, merek mobil listrik terlaris di Indonesia pada 2024 ini umurnya belum genap setahun di sini. BYD meyakini kehadiran merek baru dari China itu justru bisa mendongkrak penjualan mobil listrik.

    “Menurut kita, apalagi untuk tahap awal ini semakin banyak pemain BEV yang masuk itu semakin baik untuk memberikan kontribusi kepada industri, khususnya kendaraan hijau,” kata Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan.

    “Semakin banyak opsi buat masyarakat, semakin baik gairah untuk membeli kendaraan, variasi model, tipe-tipe yang lebih, mungkin secara fitur lebih unggul, mungkin secara brand belum terlalu unggul. Itu memberi warna baru untuk industri otomotif,” tambah dia.

    Sejauh ini ada 12 merek yang bergabung menjadi anggota Gaikindo. Mereka berusaha mendapatkan hati masyarakat Indonesia, antara lain Wuling, BYD, Chery, Morris Garage, DFSK, Seres, Neta, Tank, Baic, Haval, Ora, dan Aion.

    Tahun ini, merek China diprediksi makin banyak. Ada beberapa merek yang dipastikan masuk Indonesia, antara lain Zeekr, Jetour, Jaecoo, dan Geely. Plus ada tambahan merek lain seperti Leapmotor. Terbaru, Erajaya Active bakal menjadi pemasok resmi untuk merek Xpeng. Jadi makin ramai nih?

    “Seperti kita tahu industri otomotif itu satu pilar untuk mencapai pertumbuhan ekonomi, tentunya kita memandang positif,” kata Luther.

    Selama ini pasar otomotif dikuasai oleh merek-merek asal Jepang. Lima besar merek otomotif terlaris di Indonesia juga masih ditempati oleh Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki.

    Meski belakangan keberadaan China makin masif, namun faktanya belum sanggup mengalahkan dominasi merek Jepang. Dari 10 besar merek terlaris, merek China hanya ada Wuling, Itupun berada di posisi 10 dengan torehan angka 21.923 unit.

    Sementara itu, merek Korea Selatan Hyundai bertengger di posisi kesembilan dengan penjualan sebanyak 22.361 unit.

    Wuling yang masuk dari tahun 2017 masih memimpin penjualan merek China di Indonesia. Secara wholesales, Wuling sudah mengirimkan 21.923 unit pada 2024. Hasil tersebut bikin Wuling masuk daftar 10 mobil terlaris di Indonesia. Sedangkan retail sales (distribusi dealer ke konsumen) jumlahnya mencapai 25.067 unit, membuatnya berada di peringkat delapan.

    Merek China yang masuk peringkat kedua adalah BYD. Meski terhitung sebagai pendatang baru, BYD juga sanggup bersaing dengan deretan merek China lainnya, bahkan merek Jepang. BYD secara wholesales mendistribusikan 15.429 unit sementara yang dikirim ke garasi konsumen mencapai 13.946 unit. Dari data Gaikindo, BYD baru tujuh bulan berjualan di Indonesia.

    (riar/din)