Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Detik-detik Mobil Tabrak Truk di Tol Cengkareng, 3 Orang Meninggal Dunia – Halaman all

    Detik-detik Mobil Tabrak Truk di Tol Cengkareng, 3 Orang Meninggal Dunia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Terjadi kecelakaan yang menewaskan tiga pemuda di jalan tol wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (29/3/2025) sekitar pukul 19.00 WIB.

    Ketiga korban meninggal dunia adalah pengemudi dan penumpang mobil listrik Hyundai Ioniq dengan nomor polisi B 5 ION.

    Mobil tersebut menabrak bagian belakang truk Mitsubishi bernomor polisi BN 8963 WO.

    Penjelasan Kepolisian

    Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jakarta Barat mengatakan, mobil tersebut dikemudikan oleh Kelvin.

    Mobil Hyundai melaju dari Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) atau dari wilayah utara, menuju ke arah selatan.

    Pada kilometer 5,2 atau di wilayah Kecamatan Cengkareng, Hyundai yang dikemudikan Kelvin melaju di sisi kiri.

    Pada waktu yang sama, ada truk Mitsubishi yang tengah berhenti di lajur satu karena mengalami kerusakan pada as roda belakang.

    Jarak kedua kendaraan makin dekat sampai akhirnya mobil Hyundai tidak menabrak bagian belakang truk BN 8963 WO.

    “Benturan keras menyebabkan tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian dan beberapa orang mengalami luka-luka,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Metro Jakarta Barat AKP Karta, dilansir Tribun Bekasi, Minggu (30/3/2025) dini hari.

    Para korban kemudian dilarikan ke RS Puri Indah Kembangan, Jakarta Barat. 

    Sementara itu, jenazah korban meninggal dievakuasi ke RSUD Tangerang.

    Korban luka antara lain adalah  M Antoni, pengemudi truk.

    Ia mengalami luka di bagian kepala dan pinggang kanan.

    Sedangkan korban luka lainnya bernama Salim, ia mengalami patah pada tangan kanan dan kaki kanan.

    Kemudian ada Agus Mulyadi, dirinya mengalami patah pada kedua kakinya.

    Karta juga menjelaskan identitas korban tewas, Kelvin (pengemudi minibus) serta dua penumpang Hyundai, Rudy dan Suherman.

    Menurut Karta, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengamankan barang bukti berupa dua unit kendaraan yang mengalami kecelakaan.

    “Kami memeriksa saksi-saksi untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dan mengecek kondisi korban luka di RS Puri Indah Kembangan,” tuturnya.

    Karta mengimbau para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, terutama saat berkendara di jalan tol.

    Selain itu, ia meminta agar pengemudi di jalan tol tetap fokus guna menghindari kejadian serupa pada masa mendatang.

    Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul 3 Pemuda Tewas di Tol Cengkareng, Mobil Listrik Melaju dari Kawasan PIK Lalu Menabrak Truk di Km 5.

    (Tribunnews.com/Deni)(TribunBekasi.com/Miftahul Munir)

  • Cocok buat Lebaran Bareng Keluarga, Intip Harga Xpander Terbaru

    Cocok buat Lebaran Bareng Keluarga, Intip Harga Xpander Terbaru

    Jakarta

    Mobil keluarga menjadi pilihan untuk Lebaran bareng keluarga. Bisa muat banyak orang dan memiliki fleksibilitas tinggi membuat mobil jenis MPV cocok jadi pilihan.

    Di kelas ini, Mitsubishi punya Xpander yang diklaim cocok menjadi pilihan untuk mudik atau menghabiskan libur Lebaran bareng keluarga. Mobil ini dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir, yang menunjang performa, kenyamanan, serta keselamatan berkendara untuk pengendara maupun penumpang.

    Dari tampilan luar, Xpander kini memiliki desain yang lebih gagah, modern dan mewah dengan mempertahankan bahasa desain ‘Dynamic Shield’ khas Mitsubishi Motors. Pembaruan eksterior pada tampilan depan terdapat pada New Front Bumper Design yang terlihat lebih modern, dipadukan dengan lampu depan baru yang memiliki bentuk T-Shape Headlight dan sudah menggunakan LED.

    Di bagian belakang juga mendapat ubahan seperti pada desain bumper dan juga lampu belakang yang sama berbentuk T-Shape dengan LED. Bukaan pintu bagasi sudah menggunakan fitur Electric Switch Tail Gate Door Handle yang memudahkan saat membuka pintu bagasi.

    Bagian samping terdapat Side Sill Garnish, dengan desain velg berukuran 17 inci Two Tone Alloy Wheel untuk tipe tertinggi Xpander Ultimate.

    Mitsubishi New Xpander saat ini mendapat tambahan fitur New Front 360 Camera (tipe Ultimate), New Rear Camera, New Side Mirror Camera, New Front Bumper Grille Design, New Rear Design, Rear Window Defogger.

    Beralih ke interior, Mitsubishi New Xpander juga mendapat sentuhan baru yang lebih mewah di dalam kabinnya. Ada berbagai lapisan soft touch pada bagian kabin yang membuat lebih berkelas.

    Bagian dashboard sekarang desainnya mengusung gaya New Horizontal Axis Design Dashboard dengan lapisan kulit lembut. Lapisan soft touch juga terdapat pada door trim.

    Untuk sistem hiburan mendapat ubahan dengan layar sentuh berukuran 8 inci yang memiliki koneksi smartphone. Tampilan panel instrument juga sekarang lebih modern, dan desain lingkar kemudi yang berubah lebih sporty kini memiliki fungsi audio switch dan juga cruise control.

    Pengaturan AC di dalam kabin sudah digital. Kemudian bagian konsol tengah mendapat tambahan arm rest dengan cup holder, dan tersedia colokan USB di depan dan bagian samping serta tempat untuk meletakkan uang elektronik.

    “Di kelas 1500 cc, New Xpander itu punya benefit dengan keleluasaan kabin. Nah, keleluasaan kabin ini salah satu yang menjadi faktor utama kenyamanan berkendara di jarak jauh. Lalu, hospitality-nya mengenai tempat penyimpanan ini selalu menjadi perdebatan yang mencuatkan emosi tinggi, kan biasalah tempat orang nyimpen kan berbagi dan selalu rebutan. Nah, untuk bagian bangku, di belakang bangku depan itu sudah ada slot-slot untuk menyimpan gadget-gadget, lalu ada colokan charger di tengah. Nah, untuk ketiga row, ketiga-tiganya ada tempat penyimpanan botol, which is sebenarnya itu yang selalu jadi hal yang mengganggu kalau tempat botol itu tidak ada,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Mitsubishi New Xpander mendapat fitur-fitur seperti Tilt & Telescopic Steering, New Door Trim with Soft Touch and Real Stitches, New Meter Cluster Design with Opening Animation, Front Console Tray with Card Holder, USB Port, Power Outlet, and Wireless Charger, New CVT Transmission, New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold BAH), New Floor Console with Arm Rest, Rear Usb Charging Port on Floor Console, KOS + Start Stop Engine Button (tipe Ultimate).

    Mitsubishi Xpander hadir dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro 4, yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM dan torsi 141 N.m pada 4,000 RPM. Mesin itu dihubungkan dengan transmisi CVT atau manual.

    Mitsubishi juga tetap memberikan sistem keselamatan untuk Xpander. Kini, Xpander dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Sistem pengunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan juga sekarang tersedia di Xpander.

    Ditambah lagi dengan adanya Electric Parking Brake dengan Brake Auto Hold di tipe Ultimate dan Sport. Sistem keselamatan lain seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist sudah tersedia mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

    Berikut daftar harga Xpander:

    Xpander GLS CVT: Rp 279.100.000Xpander Exceed MT: Rp 283.250.000Xpander Exceed CVT: Rp 292.500.000Xpander Ultimate MT: Rp 318.250.000Xpander Ultimate CVT: Rp 331.950.000.

    Harga di atas berlaku OTR Jakarta untuk bulan Maret 2025. Harga Xpander warna putih lebih tinggi Rp 1,5 juta.

    (rgr/mhg)

  • KRONOLOGI Kecelakaan Maut di Cengkareng: 3 Orang Tewas di TKP, Mobil Listrik Ringsek di Jalan Tol

    KRONOLOGI Kecelakaan Maut di Cengkareng: 3 Orang Tewas di TKP, Mobil Listrik Ringsek di Jalan Tol

    TRIBUNJAKARTA.COM – Kronologi kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Tol Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat, tiga orang pria tewas di lokasi kejadian.

    Peristiwa nahas tersebut tepatnya terjadi di Jalan Tol arah Selatan KM 05.200, pada Sabtu (29/3/2025) sekitar pukul 19.00 WIB. 

    Kanit Tujawali Satlantas Polres Jakarta Barat, AKP Karta menerangkan, insiden ini melibatkan dua kendaraan yaitu mobil listrik Hyundai dengan nomor polisi B-5-ION dan truk Mitsubishi bernomor polisi BN-8963-WO.

    Mobil listrik tersebut menghantam dengan kencang sebuah truk yang tengah berhenti di lajur satu karena mengalami kerusakan pada as roda belakang.

    Pengemudi mobil listrik itu dikenadari seorang pria bernama Kelvin Indrawan melaju dari arah Utara menuju Selatan. 

    Saat mendekati lokasi kejadian, kata Karta, kendaraan mobil listrik menabrak truk Mitsubishi yang tengah berhenti di lajur satu.

    “Benturan keras menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka dan tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian,” ujar Karta kepada wartawan, Minggu (30/3/2025).

    Selain Kelvin Indrawan, ada dua korban meninggal di mobil listrik tersebut.

    Korban penipuan modus arisan bodong yang dijalankan selebgram berinisial RAW diduga mencapai ratusan orang. Lisa Amelia (24) seorang korban penipuan mengatakan, masih banyak korban yang belum mau lapor polisi dengan berbagai alasan.

    Dua orang itu adalah Rudy mengalami luka pada tengkorak kepala serta kehilangan tangan dan kaki.

    Satu lainnya adalah Suherman mengalami patah pada kepala, tangan kiri, dan kaki kiri

    Jenazah korban meninggal dievakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang.

    Sementara itu, korban luka segera mendapatkan perawatan di RS Puri Indah Kembangan.

    Korban luka pertama bernama M. Antoni (pengemudi truk) mengalami luka di bagian kepala dan pinggang kanan memar.

    Kedua, bernama Salim mengalami patah pada tangan kanan dan kaki kanan dan ketiga Agus Mulyadi mengalami patah pada kedua kakinya.

    Menurut Karta, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas.

    Kemudian, pihak kepolisian mengamankan barang bukti yaitu dua unit kendaraan yang alami kecelakaan.

    “Kami memeriksa saksi-saksi untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dan mengecek kondisi korban luka di RS Puri Indah Kembangan,” tuturnya.

    Karta mengimbau para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, terutama saat berkendara di jalan tol.

    Selain itu, ia meminta agar pengemudi di jalan tol tetap fokus guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

    “Kondisi mobil Hyundai ringsek usai menabrak truk yang berhenti,” imbuhnya. 

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Mobil Hyundai Tabrak Truk di Bahu Jalan Tol Dalam Kota, 3 Orang Tewas di TKP

    Mobil Hyundai Tabrak Truk di Bahu Jalan Tol Dalam Kota, 3 Orang Tewas di TKP

    Mobil Hyundai Tabrak Truk di Bahu Jalan Tol Dalam Kota, 3 Orang Tewas di TKP
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com –

    Kecelakaan
    lalu lintas terjadi di Jalan Tol arah Selatan, tepatnya di KM 05.200 wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (29/3/2025) sekitar pukul 19.00 WIB. Tiga orang tewas dalam peristiwa ini.
    Insiden ini melibatkan dua kendaraan, yaitu minibus Hyundai dengan nomor polisi B-5-ION dan truk Mitsubishi bernomor polisi BN-8963-WO.
    Kanit Tujawali Satlantas Polres Jakarta Barat, AKP Karta menerangkan,
    kecelakaan
    bermula ketika minibus Hyundai yang dikemudikan Kelvin Indrawan melaju dari arah Utara menuju Selatan.
    Saat mendekati lokasi kejadian, kata Karta, kendaraan tersebut menabrak truk Mitsubishi yang tengah berhenti di lajur satu karena mengalami kerusakan pada as roda belakang.
    “Benturan keras menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka dan tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian,” ujar Karta, Minggu (30/3/2025) dini hari, seperti dikutip
    Wartakota.
    Korban luka, lanjut Karta, segera mendapatkan perawatan di RS Puri Indah Kembangan, sedangkan jenazah korban meninggal dievakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang.
    Kedua, bernama Salim mengalami patah pada tangan kanan dan kaki kanan. Ketiga Agus Mulyadi mengalami patah pada kedua kakinya.
    “Korban meninggal dunia bernama Kelvin Indrawan (pengemudi minibus) mengalami luka parah di kepala dan tangan,” ujarnya.
    “Lalu Rudy mengalami luka fatal pada tengkorak kepala serta kehilangan tangan dan kaki, terakhir Suherman mengalami patah pada leher, tangan kiri, dan kaki kiri,” jelasnya.
    Menurut Karta, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas.
    Kemudian, pihak kepolisian mengamankan barang bukti, yaitu dua unit kendaraan yang alami kecelakaan.
    “Kami memeriksa saksi-saksi untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dan mengecek kondisi korban luka di RS Puri Indah Kembangan,” tuturnya.
    Karta mengimbau para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, terutama saat berkendara di jalan tol.
    Selain itu, ia meminta agar pengemudi di jalan tol tetap fokus guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang.
    “Kondisi mobil Hyundai ringsek usai menabrak truk yang berhenti,” imbuhnya.
    Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul “Kecelakaan Maut, Mobil Hyundai Tabrak Truk di Bahu Jalan Tol Dalam Kota, 3 Pemuda Tewas di TKP”.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KRONOLOGI Kecelakaan Maut di Cengkareng: 3 Orang Tewas di TKP, Mobil Listrik Ringsek di Jalan Tol

    Kecelakaan Maut Hari Ini di Cengkareng: Hyundai IONIQ 5 N Ringsek Hantam Truk, Jadi yang Pertama?

    TRIBUNJAKARTA.COM – Kecelakaan hebat yang menelan korban jiwa terjadi hari ini di Jalan Tol Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat pada Sabtu (29/3/2025) malam. 

    Sebuah mobil Hyundai IONIQ 5 N menghantam kencang sebuah truk yang sedang mogok di pinggir jalan. 

    Kejadian itu diunggah oleh akun @jakartabarat24jam di Instagram. 

    “Truk mogok di pinggir sedang dalam perbaikan mekanik. IONIC di tengah ngebut langsung motong kiri mau mendahului mobil di depannya. Nahas, mobil langsung menghantam truk itu,” tulis akun tersebut. 

    Diduga sebelum kecelakaan terjadi, Hyundai IONIQ sedang kebut-kebutan dengan mobil BMW M3. 

    Kecelakaan itu merenggut sejumlah nyawa korban. 

    “Mekanik truk yang di kolong meninggal, sopir IONIK juga meninggal. Sopir dan kernet truk selamat karena di luar truk dengan posisi aman,” tulisnya. 

    Imbas kecelakaan itu, lalu lintas di JORR KM 5 dari arah PIK macet total. 

    Jadi kecelakaan IONIC 5 yang pertama?

    Pertanyaan kemudian muncul, apakah kecelakaan mau yang terjadi itu merupakan kecelakaan pertama mobil IONIC 5 N di Indonesia. 

    Hal itu diungkapkan oleh akun @rockfor.d.pojono yang melakukan siaran langsung di lokasi. 

    Dikutip dari IG @lugnutz_aj, @rockfor.d.pojono dikejutkan dengan peristiwa kecelakaan tragis. 

    “Kebetulan Opod baru aja keluar dari PIK on the way ke Bintaro, namun Toll JORR yang siangnya senggang tiba-tiba macet parah!” tulis akun tersebut. 

    Setelah ketiban macet kurang lebih 30 menit, ia baru mengetahui muara dari kemacetan itu. 

    Ternyata, ada kecelakaan di KM 5. 

    “Memang saat cek GPS sudah ada info bahwa di sini terjadi kecelakaan. Namun, ternyata yang dimaksud adalah sebuah IONIQ 5 N yang sudah dalam posisi masuk kolong truk,” tulisnya. 

    Akun tersebut menduga bahwa mobil yang mengalami ringsek parah ialah Hyundai IONIQ 5 N. 

    “Di video memang enggak terlalu jelas karena posisi truk sudah patah sasis dan semi-terguling, namun di detik 32-34 saat Opod panning ke belakang sedikit, kalian bisa lihat velg IONIG 5 N yang berada di balik truk tersebut! Apakah ini IONIQ 5 N pertama di Indonesia yang hancur total?” tulisnya. 

    Penjelasan Petugas: 3 Tewas

    Petugas PT Jalan Tol Lingkar Barat, Joharudin, membenarkan kecelakaan yang menewaskan tiga orang tersebut.

    “Betul Km 5+200, dari arah Rawa Buaya menuju Kembangan, kendaraan truk ditabrak Hyundai Ioniq 5 N,” kata Joharudin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/3/2025).

    Dia melaporkan ada lima orang yang menjadi korban kecelakaan tersebut. Tiga di antaranya, lanjut dia, meninggal dunia.

    “Dua korban dilarikan ke RS Puri Kembangan, yang tiga lagi evakuasi. Kondisi kemungkinan tiga meninggal dunia, dua orang luka-luka sudah dibawa ke RS Kembangan,” kata Joharudin.

    Penjelasan polisi dan identitas korban

    Kronologi kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Tol Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat, tiga orang pria tewas di lokasi kejadian.

    Peristiwa nahas tersebut tepatnya terjadi di Jalan Tol arah Selatan KM 05.200, pada Sabtu (29/3/2025) sekitar pukul 19.00 WIB. 

    Kanit Tujawali Satlantas Polres Jakarta Barat, AKP Karta menerangkan, insiden ini melibatkan dua kendaraan yaitu mobil listrik Hyundai dengan nomor polisi B-5-ION dan truk Mitsubishi bernomor polisi BN-8963-WO.

    Mobil listrik tersebut menghantam dengan kencang sebuah truk yang tengah berhenti di lajur satu karena mengalami kerusakan pada as roda belakang.

    Pengemudi mobil listrik itu dikenadari seorang pria bernama Kelvin Indrawan melaju dari arah Utara menuju Selatan. 

    Saat mendekati lokasi kejadian, kata Karta, kendaraan mobil listrik menabrak truk Mitsubishi yang tengah berhenti di lajur satu.

    “Benturan keras menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka dan tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian,” ujar Karta kepada wartawan, Minggu (30/3/2025).

    Selain Kelvin Indrawan, ada dua korban meninggal di mobil listrik tersebut.

    Dua orang itu adalah Rudy mengalami luka pada tengkorak kepala serta kehilangan tangan dan kaki.

    Satu lainnya adalah Suherman mengalami patah pada kepala, tangan kiri, dan kaki kiri

    Jenazah korban meninggal dievakuasi ke RSUD Kabupaten Tangerang.

    Sementara itu, korban luka segera mendapatkan perawatan di RS Puri Indah Kembangan.

    Korban luka pertama bernama M. Antoni (pengemudi truk) mengalami luka di bagian kepala dan pinggang kanan memar.

    Kedua, bernama Salim mengalami patah pada tangan kanan dan kaki kanan dan ketiga Agus Mulyadi mengalami patah pada kedua kakinya.

    Menurut Karta, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas.

    Kemudian, pihak kepolisian mengamankan barang bukti yaitu dua unit kendaraan yang alami kecelakaan.

    “Kami memeriksa saksi-saksi untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dan mengecek kondisi korban luka di RS Puri Indah Kembangan,” tuturnya.

    Karta mengimbau para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, terutama saat berkendara di jalan tol.

    Selain itu, ia meminta agar pengemudi di jalan tol tetap fokus guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

    “Kondisi mobil Hyundai ringsek usai menabrak truk yang berhenti,” imbuhnya. (TribunJakarta.com/Kompas.com). 

     

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Cara Aktifkan Adaptive Cruise Control di XForce Ultimate DS

    Cara Aktifkan Adaptive Cruise Control di XForce Ultimate DS

    Jakarta

    Mitsubishi Xforce kini memiliki fitur baru yang dikemas dalam teknologi Diamond Sense. Fitur itu terdapat di Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense atau Xforce Ultimate DS.

    Diamond Sense atau DS merupakan penamaan untuk kategorisasi fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang terdapat pada mobil-mobil Mitsubishi Motors. Fitur-fitur itu aktif berkat tersematnya perangkat Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, dan Ultrasonic Parking Sensor.

    Adapun fitur keselamatan pada Mitsubishi Xforce Ultimate DS terdiri dari adaptive cruise control (ACC), automatic high beam (AHB), Forward Collision Mitigation (FCM), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Blind Spot Warning (BSW) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

    Salah satu fitur unggulan pada Mitsubishi Xforce Ultimate DS adalah fitur adaptive cruise control. Fitur canggih Adaptive Cruise Control (ACC) yang terdapat pada Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense, memungkinkan mobil berjalan sendiri dengan membebaskan kerja pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem.

    Lebih jauh, ACC juga bisa membuat mobil menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalulintas. Berkat penggunaan sensor-sensor pendukung, mobil bisa melakukan akselerasi dan pengereman secara otomatis (adaptif) mengikuti ritme mobil di depannya. Selain itu, mobil juga akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem.

    “Fitur yang menjadi unique point dari ADAS ini di Xforce adalah di adaptive cruise control bisa juga digunakan dalam kondisi low speed, sangat bermanfaat terutama bagi Jakarta atau kota besar yang kondisi traffic-nya sangat padat,” kata Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Cara Gunakan Fitur Adaptive Cruise Control

    Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengemudi agar tidak cepat lelah dalam menyetir. Berikut cara menggunakan fitur ACC di Xforce Ultimate DS:

    Tekan tombol “ACC ON” pada setir.Arahkan switch ke “SET” pada setir di kecepatan sekitar 30 km/jam (stop & go), 40-50 km/jam (low speed follow), atau 80 km/jam (high speed follow).Pastikan indicator di cluster berubah menjadi warna hijau.Mengikuti mobil di depan hingga berhenti (sampai 3 detik). Tanpa mengoperasikan rem/gas ACC akan tetap aktif untuk mengikuti mobil depan.Adaptive Cruise Control pada Mitsubishi XForce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOtoKetentuan Operasi:Range kecepatan operasi 0-135 km/jamUntuk pengaktifan awal, mobil harus melaju setidaknya 30 km/jam agar ACC dapat bekerja.Ketika aktif, dapat mengikuti kendaraan di depan hingga berhenti total.Jika berhenti total kurang dari 3 detik, mobil dapat langsung mengikuti kembali kendaraan di depan.Jika berhenti lebih dari 3 detik, ACC dapat langsung diaktifkan hanya dengan memainkan switch ke “RES +” pada setir.Jika dinonaktifkan, ACC dapat diaktifkan kembali dengan mengarahkan switch ke “SET -” di kecepatan lebih dari 30 km/jam.Kecepatan ACC dapat ditambah/dikurangi dengan menekan tombol “CANCEL” ke atas atau ke bawah (bukan ditekan).Di jalan yang berbelok, sistem ACC akan melakukan perlambatan dengan mendeteksi pergerakan setir.Sistem ACC secara otomatis akan tidak aktif jika:Mengoperasikan rem atau gas secara manual.Mengaktifkan rem parkir elektrik.Mematikan tombol ACC di setir.Memindahkan tuas transmisi selain posisi “D”, termasuk”Ds”.

    “Xforce Ultimate DS ini memang untuk perjalanan jauh amat sangat membantu, dikarenakan Adaptive Cruise Control ini bisa sampai dengan kecepatan 0 km/jam. Jadi dari mulai kencang sampai 0 km/jam, dia bisa bereaksi. Untuk men-trigger nyalanya lagi, tinggal pencet rest atau tombol cruise control bagian atas ke atas dan mobil akan bergerak dengan sendirinya,” ujar Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    (rgr/din)

  • Kecelakaan Beruntun Libatkan 5 Kendaraan Terjadi di Jalur Pantura Indramayu, Terungkap Penyebabnya – Halaman all

    Kecelakaan Beruntun Libatkan 5 Kendaraan Terjadi di Jalur Pantura Indramayu, Terungkap Penyebabnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, INDRAMAYU – Kecelakaan beruntun terjadi di jalur arteri Pantura Indramayu, Desa Sukalila, Kecamatan Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/3/2025) sekira pukul 14.00 WIB.

    Kecelakaan melibatkan satu truk sumbu tiga dan empat minibus.

    Kelima kendaraan itu datang dari arah Cirebon menuju Jakarta.

    Menurut keterangan seorang warga, Luwijaya (50), kecelakaan terjadi di u-turn atau akses putar arah.

    “Kalau kronologi pastinya saya tidak tahu pasti, saya tahu katanya ada kecelakaan terus macet, langsung saya ke sini,” ujar dia kepada Tribun.

    Luwijaya mengatakan, sesampainya di lokasi, tampak ada lima kendaraan yang ringsek akibat tabrakan beruntun.

    Kecelakaan diduga berawal saat ada mobil yang putar arah hendak menuju ke arah Cirebon di u-turn.

    Kemudian dari belakang datang truk sumbu tiga dan disusul tabrakan lainnya.

    Lima kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun itu adalah Suzuki Carry bernomor polisi E 1196 YA, Daihatsu Gran Max H 8139 QA, Mitsubishi double cabin E 8431 RB, dan truk sumbu tiga bernomor polisi B 9241 UWV.

    Sedangkan satu kendaraan lagi sudah dievakuasi petugas karena ringsek parah.

    Luwijaya menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

    Namun, dia tidak bisa memastikan berapa orang yang mengalami luka-luka.

    “Kejadiannya itu di u-turn makanya sekarang ditutup,” ujar dia.

     

    Penulis: Handhika Rahman

  • Ini Lokasi Posko Mudik 24 Jam buat Balancing-Tambal Ban

    Ini Lokasi Posko Mudik 24 Jam buat Balancing-Tambal Ban

    Jakarta

    Posko mudik menjadi tempat yang menunjang kenyamanan perjalanan. Dunlop di bawah PT Sumi Rubber Indonesia menyediakan fasilitas posko mudik untuk masyarakat umum. Apa saja layanan yang diberikan?

    Posko Mudik Dunlop 2025 berada di Rest Area KM 57 Tol Jakarta – Cikampek. Fasilitas itu melayani konsumen selama 24 jam, mulai dari 24 – 30 Maret 2025.
    Layanan ban seperti isi nitrogen, balancing, hingga tambal ban.

    “Sebagai salah satu brand tyre terkemuka di Indonesia, Dunlop menempatkan konsumen sebagai prioritas utama. Salah satunya melalui aktivitas Posko Mudik ini yang bertujuan untuk memberikan edukasi keselamatan kepada konsumen terutama terkait ban dalam berkendara,” ujar Soichi Nagao, General Manager Sales Planning & Marketing PT Sumi Rubber Indonesia dalam keterangannya.

    Tidak hanya layanan pengecekan ban yang dihadirkan, edukasi serta konsultasi tentang ban juga dihadirkan tim Posko Mudik Dunlop, sehingga para pengunjung bisa berkonsultasi tentang kondisi ban secara aktual. Ban merupakan komponen yang perlu dijaga kondisinya supaya perjalanan mudik semakin aman.

    Selanjutnya pemudik juga bisa relaksasi dan beristirahat sebab tersedia kursi pijat gratis dan sunscreen gratis untuk para pengunjung.

    “Menariknya, Posko Mudik Dunlop juga diberlakukan program Kejutan Dunlop Spesial untuk konsumen yang berkesempatan mendapatkan Mitsubishi XForce. Selain menikmati layanan posko, konsumen juga bertransaksi 2 ban dan 4 line up tipe tertentu dapat ikut Kejutan Dunlop Spesial serta souvenir souvenir menarik lainnya” tukas Johan Tri Marhadi Fahmi, Marketing Department Head PT Sumi Rubber Indonesia.

    Selain itu, fasilitas dan aktivasi program Posko Mudik Dunlop baru dihadirkan. Aktivasi “Kick The Ball” diperkenalkan untuk pengunjung. Konsumen berkesempatan menendang bola sampai gol ke dalam lingkar tengah ban. Pemenangnya mendapat hadiah voucher minimarket, e-wallet, dan souvenir dari Dunlop.

    Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memprediksi sekitar lebih dari 146 juta penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik tahun ini.

    Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Jumat, 28 Maret 2025. Jasa Marga merilis setidaknya puncak arus mudik dan balik itu akan terjadi di empat gerbang tol utama yaitu Gerbang Tol Cikampek Utama, Gerbang Tol Kalihurip Utama, Gerbang Tol Ciawi, dan Gerbang Tol Cikupa.

    (riar/dry)

  • Truk Fuso Didandanin Ekstrem, Habis Rp 700 Juta!

    Truk Fuso Didandanin Ekstrem, Habis Rp 700 Juta!

    Jakarta

    Truk bukan sekadar alat pengangkut saja, namun bisa juga menjelma kanvas modifikasi.

    detikcom menemui salah satu truk milik Haji Opik, salah satu pengusaha tekstil asal Bandung yang menggeluti dunia modifikasi truk. Kendaraan dengan konsep ekstrem itu mejeng di kantor PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Mitsubishi Fuso, Pulomas, Jakarta Timur.

    Perwakilan Haji Opik, Dadang menceritakan, bosnya itu memang pecinta seni. Truk modifikasi dengan grafis “Toplis” serta petarung itu tidak diperuntukkan sebagai penghasil cuan pengangkut barang alias hanya digunakan untuk jalan-jalan santai hingga keperluan kontes saja.

    “Pak haji senangnya (modifikasi), hobi,” kata Dadang di Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

    “Orang seni gitu. Nggak di kendaraan doang, bukan cuma mobil. Tapi juga bangunan, rumah,” tambah dia.

    Dadang mengatakan modifikasi truk itu masuk kategori ekstrem. Tampilan dari basis FE 84 G HDL 136 lansiran tahun 2019 itu tidak lagi terlihat seperti bentuk aslinya.

    Modifikasi truk Fuso jadi jedag-jedug. Foto: Pradita Utama

    “Pilar A diubah, pilar kacanya agak dilurusin,” kata Dadang.

    Ya, truk itu sudah dimodifikasi habis-habisan oleh pemiliknya. Dari luar terlihat cat lebih mentereng dengan airbrush dan body kit, lanjut area kepala; ada tiga monitor TV yang punya bukaan-penutup secara otomatis.

    Bukan itu saja, truk ini juga punya fasilitas hiburan karaoke dengan full audio, istilahnya jaman sekarang bisa jedag-jedug!

    Desain interior pada kabin pengemudi juga sudah berubah total. Semua ornamen sudah dimodifikasi, mulai dari jok, dashboard hingga penambahan mic seperti ruang karaoke.

    Modifikasi truk Foto: Pradita Utama

    “Subwoofeer 4, power monoblock 1.000; 4 unit, 4 channel 800 watt,” ujar Ipung salah satu perwakilan juga dari truk tersebut.

    Biar kesan hi-tech juga dapat bak transformers, area body truk ini juga bisa bergerak naik turun.

    Pengerjaan airbrush, body, hingga penambahan penggerak motor dikerjakan lewat bengkel karoseri Bawor Maju Jaya di Banyumas, Jawa Tengah. Sementara interior serta audio digarap bengkel Automax.

    Pemilik truk sengaja memodifikasi kendaraannya ini agar berbeda dengan yang lain. Waktu pengerjaannya 1,5 tahun. Kebutuhannya bukan buat operasional bisnis harian. Eits, kira-kira berapa ya modifikasinya?

    “Modifikasi kurang lebih Rp 700 juta,” kata Dadang.

    (riar/dry)

  • Alasan Honda Setop Produksi Mobilio

    Alasan Honda Setop Produksi Mobilio

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menghentikan produksi Low MPV Mobilio di Indonesia. Alasannya tren pasar yang semakin mengarah ke segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV), yang kini lebih diminati oleh konsumen Tanah Air.

    Honda Mobilio pertama kali meluncur di Indonesia pada 2014 dan sempat menjadi salah satu model terlaris di segmen LMPV.

    Tapi dalam beberapa tahun terakhir penjualan Mobilio terus menurun, Honda juga tidak memberikan penyegaran bagi mobil keluarga 7-penumpang itu. Di sisi lain popularitas Low SUV terus meningkat seperti Honda BR-V, Toyota Rush, dan Mitsubishi Xpander Cross.

    “Kami melakukan pengaturan produksi dan delivery untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar,” kata Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM saa dihubungi Senin (24/3/2025).

    “Sejak pertengahan tahun lalu, kami memang fokus pada segmen LSUV untuk memenuhi segmen 7-seater sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tren pasar,” tambah dia.

    Kendati setop produksi saat ini, Honda masih memajang Mobilio dalam situs resminya.

    Namun dalam data wholesales Gaikindo 2025, nama Honda Mobilio tidak ada lagi, bahkan namanya tidak muncul sejak awal Januari. Biasanya Mobilio muncul di dalam daftar kolom bersama Brio RS, CR-V, HR-V, City Hatchback, WR-V dan BR-V.

    Sementara itu, tahun lalu Mobilio tercatat masih terdistribusi sebanyak 421 unit. Hanya saja sejak Juli 2024 tidak ada lagi distribusi Mobilio dari pabrik ke dealer.

    Mobilio terakhir didistribusikan pada Juni 2024. Kala itu ada 60 unit yang terdistribusi. Sebelumnya lagi, tepatnya pada Februari dan Mei Low MPV andalan Honda itu juga sama sekali tak didistribusikan ke dealer.

    Segmen mobil tujuh penumpang, Honda sudah punya amunisi lain yakni BR-V. Tak cuma itu, Honda juga tak pernah lagi mengajak Mobilio mejeng di pameran-pameran otomotif Indonesia.

    (riar/dry)