Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Adu Performa Mitsubishi Destinator vs Toyota Kijang Innova Zenix

    Adu Performa Mitsubishi Destinator vs Toyota Kijang Innova Zenix

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator resmi diperkenalkan sebagai SUV 7-seater terbaru pabrikan berlambang tiga berlian. Destinator digadang-gadang jadi lawan kuat bagi MPV 7-seater terpopuler di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix. Seperti apa perbandingan performa kedua mobil yang mengutamakan kenyamanan ini?

    Persamaan kedua mobil ini adalah sama-sama menggunakan penggerak depan alias front wheel drive dan sama-sama hanya punya satu pilihan transmisi, yakni otomatis CVT (continuously variable transmission).

    Performa Mitsubishi Destinator vs Kijang Innova Zenix

    Sementara buat jantung pacunya, Innova Zenix menawarkan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan mesin hybrid 2.000 cc. Sedangkan Destinator hanya memiliki satu pilihan, yakni mesin bensin 1.500 cc turbo. Mari kita ulas spesifikasinya.

    Mengutip website Toyota-Astra Motor (TAM), Toyota Kijang Innova Zenix bermesin bensin memakai jantung pacu 2.000 cc, M20A-FKS, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, chain drive Dual VVT-i, dengan output tenaga 174 PS (171,6 dk) pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm (204,9 Nm) pada rentang 4.500 rpm hingga 4.900 rpm.

    Beralih ke Toyota Kijang Innova Zenix HEV (hybrid electric vehicle), menggunakan mesin 2.000 cc, M20A-FXS, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, chain drive Dual VVT-i, yang ditopang baterai Ni-MH berkapasitas 1,31 kWh.

    Mesin Innova Zenix HEV bisa menghasilkan tenaga 152 PS (149,9 dk) pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 kgm (187,3 Nm) pada rentang 4.400 rpm hingga 5.200 rpm. Sedang untuk motor listriknya, bisa menghasilkan tenaga 113 PS (111,4 dk) dan torsi 21 kgm (205,9 Nm).

    Bergeser ke jagoan 7-seater baru, Mitsubishi Destinator, mengusung jantung pacu 1.500 cc, MIVEC turbo, 4B40, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 163 PS (160,7 dk) dan torsi 250 Nm.

    Mitsubishi belum meluncurkan harga Destinator saat peluncuran global (17/7). Rencananya harga SUV ini bakal diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    (lua/dry)

  • Profil Hakim Ketua di Sidang Vonis Tom Lembong: Dennie Arsan Fatrika

    Profil Hakim Ketua di Sidang Vonis Tom Lembong: Dennie Arsan Fatrika

    Profil Hakim Ketua di Sidang Vonis Tom Lembong: Dennie Arsan Fatrika
    Penulis
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Ketua Majelis Hakim yang mengetok palu vonis 4,5 tahun penjara untuk
    Tom Lembong
    kemarin adalah
    Dennie Arsan Fatrika
    . Ini profil Dennie.
    Dilansir situs web Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, diakses Kompas.com pada Sabtu (19/7/2025), Dennie Arsan Fatrika bergelar Sarjana Hukum (SH) dan Magister Hukum (MH).
    Berikut adalah keterangan yang tercantum di situs web PN Pusat:
    Dennie Arsan Fatrika, S.H., M.H.

    NIP: 197509211999031004

    Jabatan: Hakim Madya Utama

    Pangkat/Golongan : Pembina Utama Muda (IV/c)
    Berdasarkan situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, terlihat urutan jabatan yang pernah diemban Dennie sejak 2008.
    Pada 2008, Dennie tercatat sebagai hakim Pengadilan Negeri Lubuk Basung di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
    Selang sembilan tahun kemudian, Dennie melapor LHKPN lagi. Tahun 2017, dia menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang. Setahun kemudian, Dennie menjadi Ketua Pengadilan Negeri Palembang.
    Tahun 2020, dia menjadi hakim di Pengadilan Tinggi Bandung dan setahun kemudian menjadi Ketua di Pengadilan Tinggi Bandung.
    Tahun 2022, dia pindah ke Jakarta menjadi hakim di Pengadilan Tinggi Jakarta sampai 2024.
    Dennie Arsan Fatrika selaku hakim mengisi LHKPN pada 31 Desember 2024 dengan total kekayaan Rp 4.313.850.000 alias Rp 4,3 miliar.
    Tahun 2024, Dennie punya tiga bidang tanah dan bangunan senilai Rp 3.150.000.000 yang ada di Bogor.

    Dia juga punya alat transportasi dan mesin senilai Rp 900.000.000, terdiri dari mobil Toyota Innova, Mitsubishi Pajero Sport, dan sepeda motor Yamaha XMAX.
    Dia punya harga bergerak lainnya senilai Rp 153.850.000, serta kas dan setara kas Rp 460.000.000, juga hutang Rp 350.000.000.
    Total harta Dennie pada 2024 senilai Rp 4,3 miliar, dan pada tahun sebelumnya senilai Rp 4,2 miliar.
    Pada 2022, hartanya adalah Rp 1,952.041.864. Mundur ke tahun 2008 saat Dennie masih menjadi hakim di Pengadilan Negeri Lubuk Linggau, dia berharta Rp 192.000.000.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Oalah, Ini Alasan Mitsubishi Pakai Nama Destinator

    Oalah, Ini Alasan Mitsubishi Pakai Nama Destinator

    Jakarta

    Destinator merupakan nama mobil baru yang dimiliki Mitsubishi. Apa alasan pabrikan asal Jepang ini menggunakan nama tersebut?

    Presiden dan CEO Mitsubishi Motor Corp (MMC) Takao Kato mengatakan Destinator merupakan SUV tujuh penumpang yang dirancang untuk keluarga. Sebagai orang yang pernah tinggal di Indonesia, Takao Kato mengerti kebutuhan mobil di sini.

    “Sebagai orang yang pernah tinggal di Indonesia, saya paham betapa pentingnya keluarga di sini. Karena itu, saya yakin SUV ini bukan hanya sekadar mobil, namun bisa membuat keluarga makin dekat dan mendukung kegiatan mereka setiap hari,” kata Takao Kato saat memperkenalkan Destinator.

    Takao Kato menambahkan SUV ini difokuskan bisa membawa seluruh anggota keluarga dan mendukung kebutuhan harian. Mitsubishi berharap Destinator ini bisa menemani perjalanan pengemudi dan keluarga ke tujuan baru dengan percaya diri, lantaran desain, dimensi, fitur, dan performanya.

    “Di setiap tahap perencanaan dan pengembangan mobil ini, fokus kami selalu pada keluarga. Kami ingin menghadirkan kendaraan yang bisa membawa pelanggan bertualang bersama orang-orang tercinta, dengan rasa aman sampai tujuan dan kembali pulang dengan selamat,” jelas dia.

    “Dengan visi itulah, kami memberi nama SUV baru ini: Destinator, yang dibangun dengan pengalaman panjang kami dalam menciptakan SUV,” jelas dia.

    Perlu diketahui, Destinator akan diproduksi di pabrik Mitsubishi Krama Yudha Indonesia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Rencananya produk ini juga akan menyasar keluarga lain di negara Vietnam, Filipina, serta wilayah Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

    Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, 1.780 mm. Sementara itu ground clearance-nya sekitar 244 mm.

    Bandingkan dengan Xpander Cross masih punya spesifikasi panjang 4.500 mm, tinggi 1.750 mm, dan lebar 1.800 mm. Sementara itu, ukuran ground clearance-nya 225 mm atau 20 mm lebih tinggi dibanding Xpander MPV.

    Dari segi ukuran, jelas Destinator terlihat lebih besar. Khususnya soal ground clearance, mobil ini punya jarak yang lebih jenjang dibanding Xpander dan Xpander Cross.

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Soal kepraktisan, setiap baris kursi menawarkan akses ke port USB Tipe A dan Tipe C, memastikan semua penumpang tetap terhubung dengan nyaman dan membuat perjalanan jauh menjadi lebih santai.

    Destinator juga menawarkan ruang bagasi yang luas. Bahkan dengan kursi baris ketiga yang digunakan, masih ada ruang untuk empat galon air. Terdapat pembagian 40:20:40 di baris kedua dan kursi lipat individual 50:50 di baris ketiga, kedua baris dapat dilipat rata untuk menciptakan ruang kargo yang lapan–ideal untuk membawa barang-barang panjang dan beragam muatan lainnya.

    Mitsubishi belum meluncurkan harga Destinator saat peluncuran global. Rencananya harga SUV ini bakal diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    (riar/rgr)

  • Mitsubishi Pede Bisa Jual Destinator Segini Banyak

    Mitsubishi Pede Bisa Jual Destinator Segini Banyak

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator debut global di Indonesia, Kamis (17/7/2025). SUV 7 penumpang ini jadi amunisi anyar yang bisa mendongkrak penjualan.

    Mitsubishi percaya diri Destinator bisa membetot perhatian masyarakat. Bukan hanya untuk pasar Indonesia, Destinator yang dibuat di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ini bakal dikirim ke mancanegara, termasuk Vietnam, Filipina, wilayah Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

    “Untuk produk global market sekitar 50 ribu per tahun, minimal,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025).

    Di pasar Indonesia, Mitsubishi Destinator bisa menjadi senjata untuk melawan produk China seperti Wuling Almaz dan Chery Tiggo 8. Pabrikan asal Jepang ini percaya diri bisa menjual lebih dari seribu unit per bulannya.

    “Pasar Indonesia sendiri kita pasarkan Agustus bulan depan hingga akhir fiscal year yaitu bulan Maret, itu 10 ribu,” tambah Kurita.

    Mitsubishi belum meluncurkan harga Destinator saat peluncuran global. Rencananya harga SUV ini bakal diumumkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Namun SUV ini bakal berada di bawah Pajero Sport, tetap di atas Xforce, dan Xpander Cross.

    Mitsubishi All-New Destinator diperkenalkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung pacu berkode 4B40 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Mesin juga dipadukan dengan lima mode berkendara, serta terdapat fitur pengendali, termasuk Active Yaw Control (AYC) yang mengatur distribusi tenaga antara penggerak roda depan kiri dan kanan untuk meningkatkan kinerja menikung.

    Destinator merupakan sebuah midsize SUV berkapasitas tujuh penumpang dengan tiga baris yang luas. Di atas kertas, Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, 1.780 mm. Sementara itu ground clearance-nya sekitar 244 mm.

    (riar/rgr)

  • Pajero Sport di Showroom Dihantam Innova Tabrak Lari, Airbag Mengembang

    Pajero Sport di Showroom Dihantam Innova Tabrak Lari, Airbag Mengembang

    Jakarta

    Pajero Sport jadi korban dari tabrak lari Innova di Jambi. Akibatnya, bagian depan SUV 7 penumpang itu rusak, lampunya pecah.

    Sejumlah kendaraan yang dipajang di sebuah showroom menjadi korban usai ditabrak Innova. Innova itu disebut tengah dikejar warga karena diduga tabrak lari dan berujung menabrak mobil-mobil baru di showroom, salah satunya Pajero Sport.

    Dikutip detikSumbagsel, pemilik showroom bernama Alex mengaku ada tiga unit mobilnya yang menjadi korban dihantam Innova tersebut. Bahkan airbag dari Mitsubishi Pajero Sport sampai mengembang akibat ditabrak Innova.

    “Iya tadi kecelakaannya sekitar jam 4 sore. Tiga mobil saya yang kena. Dua Pajero dan satu Rush,” kata Alex.

    Alex menceritakan saat kejadian mobil Innova Reborn itu melaju dari arah RS Baiturahim menuju Simpang Kawat. Sebelum sampai traffic light, mobil tersebut memutar arah melalui u-turn. Mobil itu tengah dikejar warga usai diduga melakukan tabrak lari dari arah RS Baiturahim. Warga juga meneriaki mobil itu maling.

    Saat tengah dikejar, salah seorang warga menjatuhkan motornya untuk menghalangi laju mobil. Kemudian Innova itu hilang kendali hingga menabrak tiga unit mobil yang dipajang di showroom. Alex mengaku kerugian yang dialami mencapai Rp 120 jutaan.

    “Kena tiga mobil hingga bergeser sampai satu setengah meter,” ujar Alex.

    Setelah menabrak, Innova itu kabur dan dikejar warga. Usut punya usut, Kasat Lantas Polresta Jambi AKP Hadi Siswanto mengungkap mobil itu merupakan kendaraan dinas Bawaslu Provinsi Jambi. Mobil juga terungkap menggunakan pelat nomor palsu.

    Hadi menambahkan bahwa pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi itu.

    “Iya betul (pelat palsu), terlihat dari bahan dan cetakan yang dipakai pelat palsu,” kata Hadi.

    Terlibat Kecelakaan Jangan Kabur

    Sebagai pengingat, melarikan diri usai terlibat kecelakaan tidak seharusnya dilakukan. Mengacu pada Undang-undang No.22 tahun 2009 pasal 231, disebutkan bahwa kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas wajib:

    1. menghentikan kendaraan yang dikemudikannya
    2. memberikan pertolongan kepada korban
    3. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat, dan
    4. memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian kecelakaan

    Adapun bila suatu keadaan memaksa Anda tidak dapat berhenti dan menolong korban, dalam pasal 231 ayat 2 disebutkan untuk segera melaporkan diri ke pihak kepolisian terdekat.

    Begitu pula bagi Anda yang berada di lokasi kejadian, sebaiknya tidak main hakim sendiri. Dalam pasal 232 diatur bahwa setiap orang yang mendengar, melihat, dan/atau mengetahui terjadinya kecelakaan lalu lintas wajib:

    1. memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas
    2. melaporkan kecelakaan tersebut kepada pihak kepolisian
    3. memberikan keterangan kepada polisi.

    (dry/din)

  • Mitsubishi Pede Bisa Jual Destinator Segini Banyak

    Mitsubishi Destinator Punya TKDN 70 Persen, Bakal Diekspor ke Negara Ini

    Jakarta

    Mitsubishi Motors memilih Indonesia sebagai negara yang memproduksi Destinator. Rencananya Indonesia menjadi basis produksi untuk Destinator.

    Destinator merupakan model strategis global ketiga yang dilahirkan di Indonesia, setelah MPV crossover Xpander dan compact SUV Xforce.

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) akan memproduksi Destinator di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    Takao Kato, President & CEO Mitsubishi Motors Corporation, menyebut Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN) Destinator sudah di atas 50 persen.

    “Konten lokal sekitar 70 persen,” kata Takao Kato.

    All-New Destinator merupakan sebuah midsize SUV berkapasitas tujuh penumpang dengan tiga baris yang luas.

    Destinator sudah debut global di Indonesia, namun pengumuman harga rencananya dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ke-32, yang dibuka pada tanggal 23 Juli 2025, dengan penjualan yang dimulai pada hari yang sama.

    Model baru tersebut akan diperkenalkan di pasar ASEAN lainnya, termasuk Vietnam dan Filipina, dan juga wilayah Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

    “Kita pasti ekspor Destinator ke negara lain, mainly di ASEAN, Afrika, South America,” ujar Takao Kato.

    “Kita akan maksimalkan MMKI sebaik mungkin dan ekspor. Belum ada rencana produksi Destinator dari negara lain,” jelas dia.

    SUV 7-seater ini kelasnya di bawah Pajero Sport, namun berada di atas Xforce, Xpander, dan Xpander Cross.

    “Mobil ini dirancang untuk semua jenis perjalanan, dari aktivitas sehari-hari hingga liburan akhir pekan dengan memberikan rasa aman, nyaman, dan tenang di berbagai kondisi jalan dan cuaca, agar keluarga selalu bisa sampai tujuan,” ucap Takao Kato.

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Mitsubishi All-New Destinator diperkenalkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    (riar/rgr)

  • Kapan Harga Mitsubishi Destinator Rilis?

    Kapan Harga Mitsubishi Destinator Rilis?

    Jakarta

    Mitsubishi Motors memilih Indonesia sebagai tempat kelahiran Destinator. Namun harga mobil itu belum dirilis saat peluncuran global.

    Takao Kato, President & CEO Mitsubishi Motors Corporation, menyebut Destinator akan dipasarkan tanggal 23 Juli 2025. Hari tersebut diketahui bertepatan dengan pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    “Destinator akan diproduksi di Indonesia, dan mulai dijual pada tanggal 23 Juli 2025,” kata Takao Kato saat peluncuran di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025).

    SUV 7-seater ini kelasnya di bawah Pajero Sport, namun berada di atas Xforce, Xpander, dan Xpander Cross.

    “Mobil ini dirancang untuk semua jenis perjalanan, dari aktivitas sehari-hari hingga liburan akhir pekan dengan memberikan rasa aman, nyaman, dan tenang di berbagai kondisi jalan dan cuaca, agar keluarga selalu bisa sampai tujuan,” ucap Takao Kato.

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Mitsubishi All-New Destinator diperkenalkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    Destinator dilengkapi keselamatan aktif, antara lain Adaptive Cruise Control (ACC); Forward Collision Mitigation System (FCM); Blind Spot Warning (BSW); Rear Cross Traffic Alert (RCTA); Automatic High Beam (AHB); Leading Car Departure Notification (LCDN); dan Multi Around Monitor.

    Yang menarik lagi, lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan, antara lain:

    Wet: memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac:menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal: keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel: mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud: memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    (riar/rgr)

  • Mitsubishi Pede Bisa Jual Destinator Segini Banyak

    Mitsubishi Debutkan Destinator, SUV Keluarga Modern

    Mitsubishi Debutkan Destinator, SUV Keluarga Modern

  • Mitsubishi Destinator Debut Global di Indonesia, Ini Penampakannya

    Mitsubishi Destinator Debut Global di Indonesia, Ini Penampakannya

    Jakarta

    Mitsubishi Motors merilis mobil baru Mitsubishi Destinator di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025). Destinator melakoni debut global di Indonesia untuk meramaikan segmen mobil Sport Utility Vehicles (SUV).

    Destinator merupakan SUV 7 penumpang yang dirancang untuk keluarga. Mobil tiga baris ini menawarkan desain yang modern, ground clearance yang mumpuni, serta fitur kekinian.

    Sebelumnya mobil ini wara-wiri di Jakarta, dibawa di dalam kotak misterius. Hari ini selubung Destinator resmi dibuka.

    “Sekarang saatnya tiba, saya sangat senang bisa mengungkapkan apa yang ada di dalamnya,” ujar Takao Kato President & CEO Mitsubishi Motors Corporation saat peluncuran Destinator di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025).

    “Bagi banyak orang Indonesia, keluarga adalah bagian terpenting dalam kehidupan dan mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari,” tambah dia.

    “Namun yang kami perkenalkan hari ini bukan hanya soal kepraktisan. Ini adalah SUV keluarga premium yang menggabungkan fungsi sehari-hari, dengan ruang luas untuk tujuh penumpang, serta tampilan berani dan performa khas SUV sejati,” tambahnya lagi.

    Takao Kato melanjutkan Destinator akan diproduksi di Indonesia, dan mulai dijual pada tanggal 23 Juli 2025. Hingga berita ini dimuat, Mitsubishi belum merilis harga.

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    “Kami juga akan memperluas penjualannya ke kawasan ASEAN seperti Filipina dan Vietnam, lalu ke Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, hingga Afrika,” tambah Takao Kato.

    Ada beberapa fitur yang bikin mobil ini terasa lebih premium. Destinator dilengkapi dengan power panoramic sunroof yang menawarkan bukaan luas dan meningkatkan kesan lapang di dalam kabin. Selain tombol kontrol pada unit lampu kabin depan, Destinator menjadi kendaraan Mitsubishi pertama yang menyediakan pengaturan sunroof melalui sistem Smartphone-link Display Audio (SDA).

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    Panel instrumen mengintegrasikan SDA dan layar pengemudi ke dalam satu panel besar dengan tampilan monolitik. Sistem SDA 12,3 inci–yang terbesar di kelasnya–menghadirkan kesan modern dan meningkatkan pengalaman berkendara dengan menyajikan berbagai konten, termasuk tampilan multimeter yang merupakan penghormatan terhadap ikon triple-meter dari Pajero.

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    Soal mesin, Destinator dibekali jantung pacu 1.5 L turbo kode 4B40 yang bisa memuntahkan tenaga maksimum 120 kilowatt (kW) dan torsi puncak 250 newton meter (Nm). Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

    Destinator dilengkapi fitur keselamatan aktif, antara lain Adaptive Cruise Control (ACC); Forward Collision Mitigation System (FCM); Blind Spot Warning (BSW); Rear Cross Traffic Alert (RCTA); Automatic High Beam (AHB); Leading Car Departure Notification (LCDN); dan Multi Around Monitor.

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    Yang menarik lagi, ada lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan, antara lain:

    Wet, memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal, keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud, memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    Mitsubishi All-New Destinator diperkenalkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    (riar/rgr)

  • Bahan Kimia Berbahaya Cemari Air Minum-Tanah-Makanan di Seluruh Dunia

    Bahan Kimia Berbahaya Cemari Air Minum-Tanah-Makanan di Seluruh Dunia

    Jakarta

    Kota kecil Trissino yang tenang terletak di kaki Pegunungan Alpen, Italia dikelilingi oleh ladang yang subur, perbukitan hijau, dan beberapa pabrik kecil di pinggiran kota. Tiada yang menyangka sebelumnya bahwa sebagian besar sumber air minum dan tanah di seluruh kawasan telah tercemar bahan kimia sangat beracun dari sebuah pabrik kimia lokal. Namun fakta itulah yang baru-baru ini diungkapkan oleh sebuah pengadilan di Roma.

    Dalam sebuah perkara yang dibuka pada tahun 2021, sebelas terdakwa dijatuhi hukuman penjara bertahun-tahun. Mereka adalah para pekerja yang antara lain bekerja di perusahaan Mitsubishi Group asal Jepang dan Chemical Investors dari Luksemburg.

    Menurut perkiraan organisasi nonpemerintah, sekitar 350.000 jiwa di wilayah utara Italia, Veneto, bisa jadi terdampak pencemaran ini.

    Apa itu “bahan kimia abadi”?

    Perfluorinated dan polyfluorinated alkyl compounds, yang disingkat PFAS, adalah bahan kimia yang sangat persisten dan tak dapat terurai. Setelah memasuki lingkungan, senyawa ini akan tetap ada ‘selamanya’ atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “forever chemicals”.

    Para ilmuwan telah menetapkan kaitan antara PFAS dengan kerusakan hati dan ginjal, peningkatan kadar kolesterol, penyakit kelenjar getah bening, serta penurunan kesuburan reproduktif pada pria dan wanita.

    Menurut Badan Lingkungan Jerman, zat ini juga menyebabkan berat badan lahir rendah pada bayi, dapat menurunkan efektivitas vaksinasi, dan dalam konsentrasi tinggi dapat memicu kanker.

    Bahan kimia ini dianggap sebagai masalah global, dan bisa ditemukan nyaris di mana-mana. Pada tahun 2018, ilmuwan dari Universitas Harvard menemukan bahwa 98% warga Amerika Serikat memiliki kadar PFAS dalam darah mereka.

    Dari bom atom ke piring makan

    PFAS ditemukan pada 1938 oleh raksasa kimia Amerika, DuPont. Karena sifatnya yang dapat melindungi logam dari korosi meski pada suhu tinggi, bahan kimia ini pertama kali digunakan dalam pengembangan bom atom.

    Zat tersebut kemudian menyusup ke rumah-rumah di seluruh dunia, dengan merek dagang “teflon” dalam bentuk wajan berlapis. Ini menandai awal kejayaan komersial bahan kimia tersebut, yang terbukti berguna untuk banyak produk.

    Dengan ketahanannya yang unik terhadap panas, air, dan kotoran, material ini digunakan pada berbagai produk konsumen dan industri. Mulai dari pakaian outdoor tahan air, kosmetik, karpet antinoda, hingga alat medis, semikonduktor, dan turbin angin.

    Limbah bahan kimia dalam proses pembuatannya, yang sebagian besar masuk ke dalam tubuh lewat air minum dan makanan, menumpuk dalam tubuh seiring waktu. Selain dalam ASI dan darah, zat ini juga dapat ditemukan dalam rambut.

    Beberapa dekade sembunyikan bahaya

    Pada tahun 1998, tabir bahaya bahan antilengket “teflon” mulai tersibak, ketika seratus sapi milik seorang peternak tiba-tiba mati mendadak di dekat fasilitas produksi di Parkersburg, West Virginia, Amerika Serikat.

    Kemudian terungkap, ribuan orang di wilayah itu terkontaminasi oleh bocoran limbah dan air limbah dari pabrik DuPont yang mengandung PFAS.

    Dokumen-dokumen menunjukkan, DuPont, telah mengetahui bahaya bahan kimia ini selama puluhan tahun, namun tetap membuang zat tersebut ke lingkungan. Studi mengaitkan tingginya kadar PFOA (salah satu unsur PFAS) di wilayah itu, dengan kasus kanker ginjal dan testis.

    Pada tahun 2017, DuPont dan perusahaan yang terpisah, Chemours, setuju membayar kompensasi sebesar total 671 juta dolar AS kepada 3.550 orang yang terdampak.

    Eropa rencanakan penghapusan bertahap

    Namun PFAS masih terus dilepaskan ke lingkungan. Organisasi lingkungan AS, EWG, memperkirakan hampir 10.000 lokasi di Amerika tercemar oleh zat kimia berbahaya ini. Angka ini berdasarkan pengukuran dari Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) dan beberapa lembaga lainnya. Diperkirakan sekitar 160 juta orang bisa terdampak di seluruh negeri.

    Di Eropa, terdapat 23.000 lokasi yang diketahui tercemar PFAS. Menurut Badan Lingkungan Eropa, 2.300 di antaranya sangat tercemar hingga mengancam kesehatan.

    Di Alsace, Prancis, pihak berwenang saat ini memperingatkan warga agar tidak meminum air keran, setelah pemeriksaan menemukan peningkatan kadar 20 “bahan kimia abadai” dalam air minum.

    Di Dalton, negara bagian Georgia, AS, sebuah gugatan sedang diajukan terhadap produsen karpet, Chemours, dan perusahaan kimia 3M. Penduduk setempat juga khawatir mereka jatuh sakit akibat pencemaran PFAS.

    Batasan hukum yang mengikat, untuk kadar enam bahan kimia PFAS dalam air minum, pertama kali diadopsi di bawah Presiden AS Joe Biden. Namun, pemerintahan Trump kemudian membatalkan empat di antaranya.

    Pada tahun 2023, Grup 3M sepakat membayar sekitar 10 miliar dolar AS kepada pemasok air lokal, sebagai penyelesaian gugatan atas pencemaran PFAS, dan potensi gugatan di masa depan. 3M juga tengah digugat atas pencemaran di Belanda, salah satu negara tempat perusahaan kimia ini beroperasi.

    Uni Eropa baru-baru ini mengesahkan undang-undang untuk mengurangi penggunaan zat kimia abadi ini. Dalam jangka panjang, negara-negara anggota berupaya menghapuskan PFAS secara total. Pengecualian diberikan bagi produk yang penggunaan PFAS-nya dianggap “penting bagi masyarakat”, seperti alat medis berupa stent untuk membuka dan menutup pembuluh darah atau sendi buatan.

    Artikel ini pertama kali terbit dalam bahasa Jerman
    Diadaptasi oleh Ayu Purwaningsih
    Editor: Agus Setiawan

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini