Perusahaan: Mitsubishi Corp

  • Kecelakaan Beruntun di Jombang, Tronton Tabrak Truk Bata Ringan, Tambal Ban dan Warung

    Kecelakaan Beruntun di Jombang, Tronton Tabrak Truk Bata Ringan, Tambal Ban dan Warung

    Jombang (beritajatim.com) – Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya depan SPBU Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat, 31 Oktober 2025, sekitar pukul 05.15 WIB.

    Peristiwa ini melibatkan dua truk, yaitu tronton dan Mitsubishi, yang menabrak lapak tambal ban serta sebuah warung makan yang berada di pinggir jalan.

    Informasi dari lokasi kejadian menyebutkan, kecelakaan bermula saat truk tronton dengan nomor polisi AG-9304-UP yang dikemudikan oleh M. Nuril Hidayat (31), warga Desa Bureno, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, hendak mendahului kendaraan di depannya.

    Namun, saat berpindah jalur ke kanan, truk tronton tersebut tidak dapat menjaga jarak aman dan menabrak truk Mitsubishi dengan nomor polisi N-9578-UE yang dikemudikan oleh Andi Christian Mulia (30), warga Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

    Akibatnya, truk tronton oleng ke kanan dan menabrak lapak tambal ban milik Muna’in (50) serta warung makan milik Anik Ningtyas (40). Meskipun kerusakan cukup parah pada warung makan tersebut, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

    Saat kejadian, Anik yang sedang mencuci piring dan ibunya yang sedang memasak, berhasil menghindari bahaya karena tidak ada pelanggan yang sedang nongkrong di warung tersebut.

    “Saat itu saya sedang mencuci piring, sedangkan ibu saya sedang memasak. Tiba-tiba ada suara bruakkk cukup keras. Setelah saya lihat warung bagian depan ditabrak truk tronton,” kata Anik Ningtyas, pemilik warung tersebut.

    Selain menabrak warung makan dan lapak tambal ban, truk tronton juga menyebabkan truk bermuatan bata ringan yang melaju di jalur yang sama terbalik. Muatan bata ringan tersebut berserakan di jalan arteri, menghalangi arus lalu lintas di lokasi kejadian.

    Kepala Unit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Siswanto, mengonfirmasi kecelakaan tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya telah menerjunkan anggota untuk melakukan olah TKP. “Kami telah ke lokasi untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya. [suf]

  • Fitur Ini Bikin Mitsubishi XForce ‘Nempel’ di Jalan, Stabil pas Nikung

    Fitur Ini Bikin Mitsubishi XForce ‘Nempel’ di Jalan, Stabil pas Nikung

    Jakarta

    Mitsubishi XForce punya fitur pembeda dibanding kompetifor yang bikin mobil ini tetap ‘nempel’ saat menikung di jalan. Nama fiturnya AYC (Active Yaw Control), yang digadang-gadang bisa memberikan perlindungan tambahan. Seperti apa keunggulan dan cara kerjanya? simak yuk!

    Fitur AYC ini berfungsi membantu meningkatkan kestabilan dan pengendalian mobil saat menikung (mengontrol yaw rate) melalui pengaturan tenaga atau torsi ke roda dan pengereman. Rifat Sungkar, pereli sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia menjelaskan teknologi AYC merupakan keamanan ganda untuk menjaga kestabilan mobil.

    “Nah, kalau fitur AYC itu gini, tindakan preventifnya double. Karena gini, segala macam yang hal urusannya kepleset itu kan diantisipasi dengan yang namanya Traction Control, ASC ya, Automatic Stability Control,” kata Rifat dikutip Kamis (30/10/2025).

    Rifat menjelaskan bahwa dalam skema keamanan aktif mobil, fitur seperti ASC dan Traction Control adalah lapisan pertama. Fungsi utamanya adalah mendeteksi gejala selip dan mengembalikan traksi dengan cara mengurangi putaran mesin dan atau mengerem roda yang kehilangan cengkeraman.

    “Tapi advance-nya, ketika ASC sudah masuk sistemnya dan dia ingin mempertahankan mobil tanpa limbung di kecepatan tertentu, AYC itu masuk. Nah, fitur ini fitur advance, karena dia double protection untuk stability. So, it’s very very good,” kata Rifat.

    Kelebihan paling terasa dari AYC adalah kemampuannya menjaga stabilitas mobil saat harus melalui tikungan tajam. Sistem ini bekerja secara aktif dengan mengatur pengereman pada roda tertentu agar distribusi beban di keempat roda menjadi lebih seimbang.

    Hasilnya, mobil terasa lebih “menempel” di aspal, tidak mudah limbung, dan tidak terasa membuang keluar jalur (oversteer), yang sangat membantu saat melaju di jalanan berkelok atau membutuhkan manuver mendadak.

    AYC juga membuat Mitsubishi Xforce terasa lebih “patuh” terhadap perintah pengemudi. Saat memutar setir respons mobil terasa lebih responsif sesuai dengan input kemudi yang diberikan. Hal ini membuat pengemudi merasa lebih terhubung dengan kendaraan, bahkan saat bermanuver di kecepatan yang cukup tinggi atau pada kondisi jalan yang kurang ideal.

    AYC pada Mitsubishi Xforce terintegrasi dengan empat mode berkendara yang tersedia: NORMAL, WET, GRAVEL, dan MUD (pada varian tertentu). Sistem ini akan bekerja secara optimal saat pengemudi memilih mode selain NORMAL dan MUD, menyesuaikan respons mobil sesuai dengan kondisi permukaan jalan yang dipilih.

    Kecanggihan AYC tidak hanya terbatas pada aspal kering. Fitur ini juga dirancang untuk menjaga grip dan kontrol mobil di permukaan jalan yang licin, basah, berpasir, atau tidak rata (seperti saat menggunakan mode berkendara Gravel atau Mud). Saat berbelok di kondisi jalan yang kurang ideal, AYC memastikan ban tidak kehilangan cengkeraman, menjaga mobil tetap terkendali.

    AYC bekerja dengan menggabungkan data dari ABS, throttle sensor, putaran mesin dan juga sudut setir. Fitur ini akan bekerja saat pengemudi memakai mode berkendara. Misalnya pada mode Wet, AYC akan mengatur perputaran roda dengan membatasi respons throttle dan mengaktifkan traction control agar mobil lebih bisa dikendalikan di jalanan basah. Sementara pada mode Gravel, setir akan terasa lebih berat agar pengemudi tidak mudah membelokkan setir di permukaan jalan berpasir sehingga mobil tetap dalam kendali.

    (riar/dry)

  • Pemotor tewas akibat kecelakaan di Cengkareng Jakbar

    Pemotor tewas akibat kecelakaan di Cengkareng Jakbar

    Jakarta (ANTARA) – Seorang pengendara sepeda motor bernama Tarsisua (61) tewas akibat kecelakaan di Jalan Peternakan Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis.

    “Korban mengalami luka pada bagian kepala dan pinggang kanan, hingga meninggal dunia di TKP (tempat kejadian peristiwa),” ujar Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Metro Jakarta Barat AKP Joko Siswanto saat dihubungi di Jakarta.

    Kecelakaan bermula saat korban melaju dari arah timur ke barat di Peternakan Raya dan sesampainya di dekat PT. KIG Group, korban menyalip truk Fuso Mitsubishi bernomor polisi B-9807-FXS yang dikemudikan pria bernama Sahrudin.

    “Saat menyalip, korban terjatuh dan terlindas roda belakang kiri truk yang melaju searah di samping kanannya. Lindasan itu membuat korban terluka parah pada bagian kepala dan pinggang kanan memar, hingga meninggal dunia di TKP,” kata Joko.

    Joko mengatakan, jenazah korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tengerang

    “Visum et repertum atau laporan resmi forensik sudah dimintakan,” kata Joko.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Ini Dia Wujud Mitsubishi Delica Generasi Terbaru

    Ini Dia Wujud Mitsubishi Delica Generasi Terbaru

    Tokyo

    Mitsubishi memanfaatkan ajang Japan Mobility Show 2025 untuk memamerkan deretan kendaraan petualang. Salah satu di antaranya adalah Delica generasi terbaru.

    Mitsubishi memajang deretan model mobil petualangnya pada pameran otomotif dua tahunan Japan Mobility Show 2025. Mulai dari debut SUV crossover listrik bernama Elevance Concept sampai calon Delica terbaru yang akan meluncur di musim dingin tahun ini.

    Khusus Delica, ini adalah D:5 terbaru yang masih berbentuk prototipe. Minivan serbaguna ini ditingkatkan performanya. Fiturnya juga lebih lengkap disertai desain yang lebih kekar. Delica D:5 adalah minivan serbaguna yang menggabungkan kenyamanan dengan handling superior layaknya SUV.

    Mobil ini dikembangkan berdasarkan ‘MPV serbaguna yang ditingkatkan’. Tampilannya juga dibuat makin gagah namun tak meninggalkan kesan elegan. Grille depan dan bumper didesain ulang untuk menghadirkan kesan tangguh nan elegan. Pada kabinnya, panel dengan aksen logam menghadirkan nuansa yang kental dengan outdoor. Tampilan instrumen digitalnya juga makin canggih.

    Mitsubishi melengkapinya dengan teknologi S-AWC (Super-All Wheel Control). Berkat teknologi tersebut, dinamika mobil bisa ditingkatkan dengan cara mengontrol keempat roda secara bebas. Berbasis 4WD, S-AWC secara terus menerus mengontrol tenaga penggerak sekaligus pengereman pada keempat roda. Ini membuat mobil lebih responsif dan stabil.

    Delica D:5 terbaru akan dilengkapi dengan empat mode berkendara. Pertama ada eco, mode 2WD yang memprioritaskan konsumsi bahan bakar. Selanjutnya ada mode normal yang cocok untuk digunakan di segala macam kondisi berkendara.

    Mode gravel bisa digunakan untuk jalanan off-road yang permukaannya kasar dan berlumpur. Terakhir ada mode snow untuk kestabilan saat melintas di jalan licin saat bersalju. Tak cuma itu, Delica anyar juga dibekali dengan Hill Descent Control yang bisa menjaga kecepatan kendaraan secara konstan meski melintasi jalanan turunan curam.

    Bersamaan dengan penampilan Delica D:5 terbaru, Mitsubishi juga mulai membuka pemesanan Delica Mini. Konsumen di Jepang bisa melakukan pemesanan sejak 29 Oktober 2025. Adapun Delica Mini yang dijual saat ini merupakan generasi kedua.

    (dry/din)

  • Cara Nyetir Mobil Biar Irit Bensin

    Cara Nyetir Mobil Biar Irit Bensin

    Jakarta

    Cara menyetir turut mempengaruhi konsumsi BBM. Makanya jangan nyetir asal-asalan. Berikut ini tips menyetir supaya irit bensin.

    Nyetir mobil ada tekniknya. Apalagi kalau kamu mau mobilnya irit bensin. Ya, kebiasaan mengemudi memang mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil kamu di samping beberapa kondisi lainnya. Mengutip laman buku panduan manual Mitsubishi Xpander, berikut ini hal-hal yang bisa dipraktikkan agar konsumsi bensin mobil kamu irit.

    Pertama berkaitan dengan akselerasi dan deselerasi. Hindari akselerasi dan menjalankan secara tiba-tiba. Mudahnya, jangan kebiasaan ngegas-ngerem secara sering. Ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar jadi berlebihan.

    Kedua saat perpindahan gigi, khususnya mobil manual. Lakukan perpindahan gigi hanya pada kecepatan dan rpm yang sesuai. Beda halnya dengan mobil matic saat posisi gigi sudah diatur secara otomatis.

    “Sebisa mungkin gunakan gigi yang paling tinggi,” demikian dijelaskan pada buku panduan manual tersebut.

    Jalan-berhenti, jalan-berhenti seperti saat mengemudi di dalam kota bikin konsumsi bbm jadi boros. Jika memungkinkan, cari jalan yang sepi. Atau ketika berkendara di jalan yang ramai, hindari penggunaan gigi rendah dengan putaran mesin yang tinggi.

    Selanjutnya, jangan biarkan mobil dalam keadaan diam terlalu lama. Ya, meski posisinya diam, mobil tetap mengkonsumsi bahan bakar. Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kecepatan. Jangan sampai membejek gas penuh karena membuat BBM lebih banyak ‘diminum’ mesin.

    “Semakin tinggi kecepatan kendaraan, semakin banyak bahan bakar terkonsumsi. Hindari mengemudi pada kecepatan penuh. Bahkan sedikit saja melepas pedal gas akan menghemat bahan bakar secara signifikan,” begitu penjelasannya.

    Tekanan angin ban juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Pastikan kamu mengecek kondisi tekanan angin ban. Tekanan angin yang kurang akan meningkatkan hambatan saat berjalan dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Tak cuma itu, tekanan angin ban yang kurang juga mempengaruhi keausan ban dan stabilitas mengemudi.

    Terakhir berurusan dengan muatan mobil. Bawa barang di mobil seperlunya. Jangan mengendarai kendaraan dengan membawa barang yang tidak perlu di bagasi.

    “Penambahan berat kendaraan akan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Hindari juga mengemudi dengan barang-barang yang tidak diperlukan di atap. Hambatan udara akan bertambah dan meningkatkan konsumsi bahan bakar,” tulis buku panduan manual tersebut.

    (dry/din)

  • Tips Maksimalkan Fitur Mitsubishi Destinator saat Hujan

    Tips Maksimalkan Fitur Mitsubishi Destinator saat Hujan

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator dirancang untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, termasuk saat hujan deras. Sejatinya SUV tujuh penumpang ini punya sederet fitur supaya pengemudi bisa tetap tenang, aman, dan nyaman di balik kemudi. Simak ulasannya!

    Ada beragam tantangan saat berkendara hujan. Mulai dari jalan yang licin, jarak pandang terbatas, hingga potensi aquaplaning bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Dengan memaksimalkan fitur yang terpasang pada Destinator supaya berkendara lebih aman.

    Pilih mode berkendara

    Salah satu keunggulan utama Destinator adalah kehadiran Drive Mode yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Saat hujan turun, pengemudi disarankan untuk segera mengaktifkan Wet Mode.

    Kontrol traksi diatur untuk membuat komputer lebih banyak mengintervensi saat mengurangi slip roda sehingga membantu ketika bermanuver. Kemudian AYC meminimalkan understeer dan respons akselerasi, serta membuat bobot setir lebih berat atau tidak responsif.

    “Mitsubishi Destinator punya yang namanya drive mode. Yaitu drive mode yang bisa menyesuaikan dengan keadaan jalan. Drive mode yang pantas kita pakai dalam keadaan hujan adalah wet. Kenapa? Karena mobil ini akan mengantisipasi dengan sendirinya ketika setir tiba-tiba ketarik-tarik. Kalau kita gasnya agresif, dia akan lebih kalem dan itu menjaga stabilitas dari kendaraan ini,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Setelah hujan, jalan akan menggenang, dan untuk beberapa area semi off-road drive mode mud akan sangat berguna dan memberikan ketenangan.

    Fitur AYC (Active Yaw Control)

    Keandalan Destinator yang diadaptasi dari mobil performa tinggi Mitsubishi, yakni AYC. Fitur ini berperan sangat krusial dalam menjaga kestabilan mobil, terutama saat menikung di jalanan licin.

    AYC bekerja bersamaan dengan fitur stabilitas lain seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), dandrive modeuntuk mengoptimalkan kendali dan kenyamanan pengemudi.

    Destinator punya fitur pendukung untuk jaga visibilitas saat hujan

    Mitsubishi Destinator memiliki fitur auto defogger, kabin akan otomatis mengatur suhu dan sirkulasi udara untuk menghilangkan kabut atau embun dari kaca menjaga pandangan tetap jernih.

    Tak kalah menarik, Destinator juga dibekali fitur wiper otomatis. Fitur ini secara otomatis mengaktifkan wiper saat sensor mendeteksi tetesan air hujan di kaca depan. Intensitas wiper akan menyesuaikan dengan volume air, sehingga pengemudi tidak perlu repot mengatur penghapus air di kaca secara manual dan bisa tetap fokus ke jalan.

    Kelebihan lain yang ditawarkan dari Destinator ialah ground clearance setinggi 244 milimeter. Mobil ini siap menghadapi genangan air ringan tanpa khawatir mesin atau komponen bawah kendaraan terganggu.

    Mitsubishi Destinator tak berkompromi dalam hal keselamatan dan keamanan seluruh penumpang. SUV yang jadi pusat perhatian di GIIAS 2025 ini dilengkapi dengan keselamatan aktif dan canggih dengan Mitsubishi Diamond Sense.

    Sistem ini meliputi Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow, yang mengikuti akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan di depan, serta melaju dengan tetap menjaga jarak yang telah ditetapkan antara kendaraan; Forward Collision Mitigation System (FCM); Blind Spot Warning (BSW); Rear Cross Traffic Alert (RCTA); Automatic High Beam (AHB); Leading Car Departure Notification (LCDN); Multi Around Monitor; dan Rain Sensing Wiper

    Mitsubishi Destinator makin diminati masyarakat Indonesia. Buktinya, sejak diluncurkan pada Juli lalu, mobil ini sudah meraih surat pemesanan kendaraan (SPK) lebih dari 9.000 unit.

    (riar/dry)

  • Intip Garasi Wakil Ketua DPRD Tersangka Korupsi Proyek Dinas PU

    Intip Garasi Wakil Ketua DPRD Tersangka Korupsi Proyek Dinas PU

    Jakarta

    KPK menetapkan tersangka baru kasus suap dan pemotongan anggaran pada proyek di Dinas PUPR Ogan Komering Ulu (OKU). Wakil Ketua DPRD OKU, Parwanto menjadi salah satu dari empat orang yang ditetapkan tersangka. Menilik sisi lain dari Parwanto, simak kekayaan dan isi garasinya.

    Dikutip dari Laporan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN), Rabu (29/10/2025), Parwanto terakhir kali menyampaikan hartanya pada 21 Februari 2025 saat menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD OKU. Dia memiliki harta sebesar Rp 7.057.921.027 (Rp 7 miliaran).

    Isi Garasi Parwanto

    Sebagian besar hartanya merupakan aset tanah dan bangunan sebesar Rp 8,2 miliar, harta bergerak lainnya Rp 25 juta, isi garasi Rp 420 juta, kas dan setara kas Rp 9.118.503, dan hutang Rp 1,5 miliaran.

    Lebih rinci soal isi garasi, Parwanto tercatat hanya mendaftarkan dua kendaraan bermotor, antara lain:

    1. Mobil, Mitsubishi Pajero tahun 2017 senilai Rp 400 juta
    2. Motor, Yamaha B3F-F A/T tahun 2018 senilai Rp 20 juta

    Dua kendaraan bermotor itu statusnya diperoleh atas hasil sendiri.

    Wakil Ketua DPRD OKU ditetapkan tersangka

    Dikutip dari detikNews, ada empat tersangka baru kasus proyek di Dinas PUPR OKU:

    1. Wakil Ketua DPRD OKU, Parwanto
    2. Anggota DPRD OKU, Robi Vitergo
    3. Ahmad Thoha alias Anang, swasta
    4. Mendra SB, swasta

    Wakil Ketua KPK Fitroh Rohcahyanto membenarkan identitas keempat tersangka baru tersebut.

    “Benar,” kata Fitroh saat dimintai konfirmasi soal identitas para tersangka, Selasa (28/10/2025).

    Sebagai informasi, KPK awalnya menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan pemotongan anggaran pada proyek di Dinas PUPR OKU. Para tersangka terdiri atas anggota DPRD OKU, Kepala Dinas PUPR OKU dan pihak swasta. Keenam tersangka itu telah menjalani proses persidangan

    Kasus ini berawal saat tiga anggota DPRD OKU menagih fee proyek yang telah disepakati sejak Januari 2025 ke Nopriansyah selaku Kepala Dinas PUPR OKU karena sudah mendekati Lebaran. Nopriansyah pun menjanjikan fee yang diambil dari sembilan proyek di OKU tersebut cair sebelum Lebaran.

    Pada 13 Maret 2025, Nopriansyah menerima uang Rp 2,2 miliar dari Fauzi selaku pengusaha. Nopriansyah juga telah menerima Rp 1,5 miliar dari Ahmad. Uang itu diduga akan dibagikan kepada anggota DPRD OKU. Pada 15 Maret, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap para tersangka itu. KPK mengamankan uang Rp 2,6 miliar dan mobil Fortuner dari OTT itu.

    (riar/dry)

  • Tantang Dominasi China, Trump-PM Jepang Perkuat Rantai Pasok Logam Tanah Jarang

    Tantang Dominasi China, Trump-PM Jepang Perkuat Rantai Pasok Logam Tanah Jarang

    Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Sanae Takaichi menandatangani kerangka kerja sama strategis untuk menjamin pasokan logam tanah jarang (rare earths).

    Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan pada Selasa (28/10/2025) waktu setempat dan merupakan langkah kedua negara memperkuat rantai pasok dan mengurangi dominasi China dalam sektor komponen elektronik penting.

    Melansir Reuters, penandatanganan perjanjian tersebut berlangsung di Istana Akasaka, Tokyo, di bawah tiga lampu gantung bergaya neo-Baroque berlapis ornamen emas, dengan disaksikan para pejabat tinggi kedua negara. Dokumen itu mencakup kerja sama di bidang mineral strategis dan logam tanah jarang.

    Meskipun tidak secara eksplisit menyebut China, kedua negara sepakat memperkuat kemandirian pasokan bahan mentah penting. China diketahui memproses lebih dari 90% logam tanah jarang dunia, menjadikannya faktor utama kekhawatiran global terkait ketahanan rantai pasok. Beijing juga baru-baru ini memperluas pembatasan ekspor komoditas tersebut.

    Trump dijadwalkan bertemu Presiden China Xi Jinping pada Kamis (30/10/2025) di sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Korea Selatan untuk membahas kesepakatan yang berpotensi menangguhkan kenaikan tarif AS dan kontrol ekspor logam tanah jarang oleh China.

    Menurut pernyataan Gedung Putih, AS dan Jepang akan menggunakan kebijakan ekonomi dan investasi terkoordinasi untuk mempercepat pengembangan pasar logam tanah jarang yang lebih beragam, transparan, dan adil. 

    Kedua negara juga berencana memberikan dukungan finansial terhadap sejumlah proyek prioritas dalam enam bulan ke depan.

    Selain itu, Washington dan Tokyo akan mempertimbangkan skema penyimpanan cadangan (stockpiling) bersama dan memperkuat kerja sama dengan mitra internasional guna memastikan keamanan rantai pasok global.

    Data Eurasia Group menunjukkan bahwa meski China mendominasi industri ini, AS dan Myanmar menguasai sekitar 12% dan 8% produksi global logam tanah jarang, sementara Malaysia dan Vietnam menyumbang masing-masing 4% dan 1% kapasitas pemrosesan dunia.

    Investasi Energi AS–Jepang

    Sebagai bagian dari kesepakatan dagang bilateral yang lebih luas, Jepang berkomitmen menanamkan investasi senilai US$550 miliar di AS, termasuk di sektor pembangkit listrik dan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG).

    Sebelum kunjungan Trump ke Asia, Washington mendesak pembeli energi Rusia — termasuk Jepang — untuk menghentikan impor, serta menjatuhkan sanksi terhadap dua eksportir minyak terbesar Rusia, Rosneft dan Lukoil, guna menekan Moskow agar mengakhiri perang di Ukraina.

    Dalam beberapa tahun terakhir, Jepang meningkatkan impor LNG dari AS untuk mengurangi ketergantungan pada Australia dan mengantisipasi berakhirnya kontrak pasokan dari proyek Sakhalin-2 di Rusia, yang diluncurkan bersama Mitsui dan Mitsubishi pada 2009.

    Pada Juni lalu, JERA — pembeli LNG terbesar Jepang — menandatangani kontrak 20 tahun untuk membeli hingga 5,5 juta ton LNG per tahun dari AS mulai sekitar 2030, setara dengan volume impor tahunan Jepang dari Sakhalin-2.

    Sebagian besar pasokan dari Sakhalin-2, yang mencakup sekitar 9% kebutuhan gas Jepang, akan berakhir antara 2028 dan 2033. Saat ini Jepang masih mengimpor kurang dari 1% minyaknya dari Rusia di bawah pengecualian sanksi, sementara sebagian besar kebutuhan energi dipasok dari Timur Tengah.

    Pekan lalu, Tokyo Gas — pemasok gas kota terbesar di Jepang — menandatangani perjanjian awal untuk membeli 1 juta ton LNG per tahun dari proyek Alaska LNG, menyusul langkah serupa dari JERA pada September.

    JERA juga mengalokasikan investasi senilai US$1,5 miliar untuk aset gas di Louisiana, AS, menandai ekspansi pertama perusahaan ke sektor hulu di Amerika, di mana Tokyo Gas dan Mitsui telah lebih dulu beroperasi.

    Seorang pejabat senior Jepang menyatakan bahwa pemerintah ingin mempertahankan impor LNG dari Sakhalin-2 demi menjaga stabilitas harga listrik, karena jarak pengiriman dari Rusia hanya memakan waktu beberapa hari — jauh lebih cepat dibandingkan dari Alaska atau pantai Teluk AS yang bisa mencapai satu bulan.

    “AS meminta Jepang menghentikan impor energi Rusia, tetapi pasokan dari Sakhalin-2 adalah yang paling dekat dan paling murah,” ujar Nobuo Tanaka, CEO Tanaka Global Inc.

    “Pertanyaannya adalah, apakah AS bisa menyediakan LNG dengan harga serendah pasokan dari Rusia? Apakah gas dari Alaska bisa sekompetitif itu?” tambahnya.

  • Tabrakan Maut di Dander Bojonegoro, Dua Pelajar Meninggal Dunia

    Tabrakan Maut di Dander Bojonegoro, Dua Pelajar Meninggal Dunia

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas tragis terjadi di Jalan Raya Bojonegoro – Cepu, tepatnya di wilayah Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, pada Selasa (28/10/2025) sekitar pukul 00.00 WIB.

    Insiden yang melibatkan sepeda motor Honda Supra X tanpa TNKB dengan mobil pikap Mitsubishi L300 Nopol W-8897-EA ini menyebabkan dua pelajar meninggal dunia.

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Bojonegoro, IPDA Septian Nur Pratama menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi di lokasi, kecelakaan bermula ketika sepeda motor Honda Supra X yang dikendarai oleh MAF (16), berboncengan dengan F (16), keduanya pelajar asal Kecamatan Dander, melaju dari arah timur ke barat dengan kecepatan tinggi.

    “Saat di tempat kejadian perkara (TKP), pengendara sepeda motor berusaha mendahului kendaraan lain yang berjalan searah di depannya dengan cara mengambil haluan ke kanan hingga melebihi as jalan,” jelas IPDA Septian, Selasa (28/10/2025).

    Nahas, pada saat bersamaan, dari arah berlawanan (barat ke timur) melaju mobil Mithsubishi L300 Pickup yang dikemudikan oleh MZ (28), seorang swasta asal Gresik. Karena jarak yang sudah terlalu dekat, tabrakan pun tak terhindarkan.

    Akibat benturan keras tersebut, pengendara motor, MAF (16), warga Desa Sendangrejo, dan pembonceng, F (16), warga Desa Ngulanan, mengalami luka berat. Keduanya sempat dilarikan dan menjalani perawatan intensif di RSUD Kabupaten Bojonegoro. Namun, nyawa kedua pelajar tersebut tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia saat dalam perawatan medis.

    Sementara itu, pengemudi pikap Mitsubishi L300, MZ, selamat dalam insiden ini. Pihak kepolisian telah melakukan olah TKP dan mengamankan kendaraan yang terlibat untuk proses penyelidikan lebih lanjut. [lus/aje]

  • Kecelakaan Maut Truk Molen di Bedoyo-Baran Gunungkidul DIY, Tewaskan Tiga Warga

    Kecelakaan Maut Truk Molen di Bedoyo-Baran Gunungkidul DIY, Tewaskan Tiga Warga

    Liputan6.com, Gunungkidul – Kecelakaan tragis terjadi di Jalan Utama Bedoyo-Baran, Padukuhan Kerdonmiri, Kalurahan Karangwuni, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (27/10/2025) siang.

    Sebuah truk molen Mitsubishi Fuso dengan nomor polisi AD-1822-AJ menabrak dua sepeda motor hingga tiga orang tewas di tempat.

    Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Arfita Dewi, dalam keterangannya menjelaskan, peristiwa maut itu terjadi sekitar pukul 14.15 WIB. Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan saksi, kecelakaan bermula ketika dua sepeda motor melaju dari arah utara atau Rongkop menuju selatan arah Girisubo.

    Sesampainya di jalan menanjak dan menikung ke kanan tepatnya di Dusun Kerdonmiri, dari arah berlawanan datang truk molen yang dikemudikan Basuki Margono (61), warga Desa Jatirejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Truk tersebut diduga melaju terlalu ke kanan hingga mengambil sebagian badan jalan lawan arah.

    “Karena jarak yang terlalu dekat, pengemudi truk tidak sempat menghindar dan langsung menabrak dua kendaraan bermotor yang datang dari arah berlawanan,” terang AKP Arfita Dewi, Senin (27/10/2025).

    Benturan keras itu membuat kedua sepeda motor terpental dan para pengendara serta pembonceng terjepit di bawah truk molen. Warga sekitar yang panik segera berupaya memberikan pertolongan sembari menghubungi petugas kepolisian dan tim medis.

    Namun nahas, kata Arfita, ketiga korban Mas’ud Zairi (20), Bima Dwi Satmoko (21), Riyanto Budi Santoso (56), berprofesi sebagai penjual bakso keliling dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.

    “Ketiganya mengalami luka parah akibat terjepit di bawah truk. Setelah dievakuasi, jenazah para korban dibawa ke RSUD Wonosari untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terang dia.

     

    Sebuah kecelakaan terjadi di jalan tol Surabaya-Malang, tepatnya di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Rabu siang. Kecelakaan ini juga terekam dari video dashboard mobil.