Perusahaan: Lion Air

  • 7 Pesawat Batal Mendarat di Bali Akibat Cuaca Buruk

    7 Pesawat Batal Mendarat di Bali Akibat Cuaca Buruk

    Denpasar, Beritasatu.com – General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Ahmad Syaugi Shahab mengungkapkan, sebanyak tujuh pesawat pada Sabtu (28/12/2024) batal mendarat di Bali dan terpaksa dialihkan ke Surabaya dan Lombok.

    Prosedur divert atau mendarat di bandara lain ini diambil akibat cuaca buruk yang melanda Bali dan demi keselamatan penerbangan.

    “Ketujuh penerbangan tersebut terdiri dari lima penerbangan domestik dan dua penerbangan internasional,” ujar Syaugi.

    Dua penerbangan domestik yang seharusnya menuju Bali dialihkan ke Surabaya, yaitu penerbangan Lion Air rute Semarang-Bali dan rute Yogyakarta-Bali. Tiga penerbangan domestik lainnya dialihkan ke Lombok, termasuk Batik Air rute Surabaya-Bali, Super Air Jet rute Surabaya-Bali, dan Lion Air rute Balikpapan-Bali.

    Dua penerbangan internasional yang terdampak adalah Malindo Air dengan rute Melbourne-Bali yang dialihkan ke Surabaya, dan Air Asia dengan rute Perth-Bali yang dialihkan ke Lombok.

    Selain prosedur divert yang menyebabkan tujuh pesawat batal mendarat di Bali, hujan lebat sejak pagi juga menyebabkan keterlambatan keberangkatan penerbangan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

    Sebanyak 10 penerbangan domestik dan empat penerbangan internasional mengalami keterlambatan, dengan rata-rata waktu 60 hingga 120 menit dari jadwal. Pada sore hari, seluruh penerbangan yang mengalami keterlambatan berhasil terbang dengan aman.

  • Asal Usul Undian Berujung Rolls-Royce Teronggok di Gudang Kemensos

    Asal Usul Undian Berujung Rolls-Royce Teronggok di Gudang Kemensos

    Jakarta

    Mensos Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan ada satu unit mobil Rolls-Royce teronggok di Gudang Kemensos, Jakarta Selatan. Gus Ipul mengatakan mobil mewah produksi Inggris ini merupakan undian berhadiah dari maskapai penerbangan.

    Gus Ipul mengatakan pemenang undian tak mampu membayar biaya tebusan mobil mewah itu. Pasalnya, agar bisa membawa pulang hadiah undian tersebut, pemenang harus membayar seperempat dari harga hadiah.

    Menilik pasarannya kini, harga satu unit Roll-Royce berkisar Rp 20 miliar-Rp25 miliar. Artinya pemenang harus membayar biaya penebusan Rp 5 miliar hingga Rp 6,25 miliar.

    Kata Gus Ipul, kala itu, pemenang tak sanggup menebus biaya 25 persen tersebut. Gus Ipul mengatakan mobil itu sudah pernah dilelang Kemensos, tapi belum ada yang membelinya.

    “Jadi ada undian, waktu itu harganya mobil Rolls-Royce, kemudian yang dapat itu harus bayar 25%. Mereka enggak mampu, maunya dijual aja,” kata Gus Ipul dalam sambutannya di acara peluncuran aplikasi SIM UGB-PUB di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2024).

    “Setelah dijual, enggak ada yang mau beli sampai sekarang,” tambah dia.

    “Jadi batangan-batangan emas juga ada di sini yang masih terkumpul di gudangnya Kementerian Sosial,” ucap dia.

    Gus Ipul menerangkan, uang tebusan undian gratis berhadiah itu sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1954 tentang Undian. Nantinya uang pajak atau setoran itu diperuntukkan menopang program-program Kemensos.

    Maskapai Penerbangan Serahkan Hadiah Rolls-Royce ke Kemensos

    Dilansir detikOto, pada tahun 2015 lalu, Batik Air yang berada di bawah naungan Lion Air Group mengundi hadiah utama berupa mobil mewah Rolls-Royce. Tapi, sayang pemenang tak bisa dihubungi sehingga Batik Air menyerahkan hadiah Rolls-Royce ke Kementerian Sosial.

    Tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, Jumat (9/12/2016), mobil Rolls-Royce ini merupakan grand prize dari program undian Batik Air yaitu ‘Pergi dengan Batik Air, Pulang Bawa Rolls-Royce’ yang berlangsung dari Agustus 2015 hingga Januari 2016 dengan hadiah bulanan 2 unit Honda Jazz dan 1 unit Mercedes Benz.

    “Hari ini kami menyerahkan Rolls-Royce ke Kementerian Sosial dikarenakan pada saat penarikan undian grand prize yang diadakan pada Januari 2016, kami telah menghubungi 3 pemenang dan tidak ada yang berhasil menjawab panggilan telepon kami sehingga status dari Rolls-Royce menjadi Hadiah Tidak Tertebak (HTT) dan wajib diserahkan ke Kementerian Sosial,” kata Direktur Utama Batik Air Capt. Achmad Luthfie saat itu.

    Capt. Luthfie mengatakan, program undian ini diadakan untuk memberikan penghargaan bagi pelanggan setia Batik Air. Tapi, sangat disayangkan karena tidak didapatkan pemenangnya.

    “Penyerahan Rolls-Royce ke Kementerian Sosial sebagai Hadiah Tidak Tertebak sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial No. 13 tahun 2005 tentang izin undian yang tercantum di pasal 25 yaitu penyelenggara undian wajib menyerahkan hadiah yang tidak tertebak ke Kementerian Sosial,” tutupnya.

    (lir/lir)

  • Batik Air Kembali Terbang ke Banyuwangi, Siap Layani Liburan Tahun Baru

    Batik Air Kembali Terbang ke Banyuwangi, Siap Layani Liburan Tahun Baru

    Liputan6.com, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu tujuan pilihan wisatawan untuk libur Natal.dan Tahun Baru (Nataru). Menghadapi itu, maskapai nasional Batik Air kembali membuka rute penerbangan Jakarta – Banyuwangi pp mulai 29 Desember 2024. General Manager Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Banyuwangi, Johan Seno Acton, menjelaskan bahwa Batik Air akan beroperasi rute Jakarta-Banyuwangi pp per 29 Desember 2024. 

    Dengan jadwal dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) pukul 11.20 WIB dan tiba di Bandara Banyuwangi (BWX) pukul 13.10 WIB.  Sedangkan untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Banyuwangi pukul 13.50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 15.35 WIB.

    Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini akan melayani rute Jakarta-Banyuwangi pulang-pergi (PP) setiap Jumat dan Minggu. “Ini akan melengkapi dua penerbangan Jakarta – Banyuwangi selama ini. Saat ini sudah ada Citilink dan Super Air Jet,” kata Johan, Selasa (17/12/2024)

    Kembalinya Batik Air ini merupakan hasil koordinasi di event slot conference yang dihadiri pihak bandara awal bulan ini. Johan berharap okupansi penerbangan  tinggi sehingga Batik Air dapat beroperasi secara berkelanjutan, tidak hanya selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). “Dengan beroperasinya kembali Batik Air, diharapkan dapat memberikan tambahan pilihan maskapai kepada penumpang dan mendukung pariwisata Banyuwangi,” harap Johan.

    Bupati Ipuk Fiestiandani, menyambut baik kembalinya Batik Air yang akan melengkapi 2 penerbangan di Banyuwangi yang telah ada selama ini. “Tentu ini akan berdampak positif bagi Banyuwangi. Akses transportasi udara yang bertambah, tentunya akan semakin banyak orang yang akan berkunjung ke Banyuwangi. Akan berdampak pada perekonomian Banyuwangi,” kata Ipuk.

  • 4 Pesawat Gagal Mendarat di Bandara Ternate Akibat Cuaca Buruk

    4 Pesawat Gagal Mendarat di Bandara Ternate Akibat Cuaca Buruk

    Ternate, Beritasatu.com – Sebanyak empat pesawat menuju Bandara Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara, terpaksa membatalkan pendaratan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut sejak Minggu (15/12/2024) pagi hingga malam.

    “Benar, ada empat pesawat yang tidak dapat mendarat di Bandara Sultan Baabullah Ternate karena cuaca buruk,” ujar Airport Manager Lion Air Irawan Ijom, Minggu (15/12/2024) dilansir dari Antara.

    Maskapai yang terdampak cuaca buruk tersebut adalah dua pesawat penerbangan Wings Air dari Manado, satu Wings Air dari Ambon, dan satu penerbangan Super Air Jet A320-232 dari Makassar.

    Penerbangan pesawat Wings Air dari Ambon dijadwalkan berangkat pukul 11.35 WIT, sementara dua penerbangan Wings Air ATR 72-600 dari Manado masing-masing dijadwalkan berangkat pukul 10.40 Wita dan 12.30 Wita. Adapun Super Air Jet dari Makassar menuju Ternate berangkat pukul 11.10 WITA.

    “Penumpang yang menuju Ternate dengan empat penerbangan ini akan diberangkatkan kembali pada Senin (16/12/2024), dengan catatan kondisi cuaca telah membaik,” jelas Irawan.

    Penundaan ini menyebabkan penumpang tujuan Ternate harus menunggu lebih lama di terminal keberangkatan Bandara Sultan Baabullah.

    Salah seorang penumpang Wings Air rute Manado-Ternate, Farizal, mengungkapkan pesawat ATR 72-600 yang ia tumpangi sempat diberangkatkan dari Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 12.30 Wita.

    “Kami sudah berangkat dari Manado, tetapi ketika hendak mendarat di Bandara Sultan Baabullah Ternate, pendaratan gagal dilakukan karena cuaca buruk, sehingga pesawat kembali ke Manado,” tutur Farizal.

    Akibat pesawat yang dinaiki gagal mendarat di Ternate, ia bersama ratusan penumpang lainnya harus menginap di Bandara Sam Ratulangi. Mereka dijadwalkan kembali terbang ke Ternate pada Senin dini hari pukul 04.00 Wita.

  • Kemenang Buka Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025

    Kemenang Buka Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025

    ERA.id – Kementerian Agama mulai melakukan proses seleksi penyediaan transportasi udara bagi jemaah haji 1446 H/2025 M. Tahap pendaftaran dibuka hari ini, Kamis (12/12/2024) di kantor Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

    Kemenag mengundang delapan maskapai penerbangan nasional Indonesia dan Arab Saudi. Sebanyak enam maskapai hadir dan mengambil dokumen penyediaan transportasi udara, yaitu: Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Pelita Air, Saudia Airlines, dan Flynas. 

    Direktur Layanan Haji dalam Negeri Muhammad Zain mengatakan, proses penyediaan mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1197 Tahun 2024 tentang Pedoman Penyediaan Transportasi udara Jemaah Haji Tahun 1446 H/2025 M. M Zain, panggilan akrabnya, memastikan proses penyediaan akan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

    “Penyediaan transportasi udara kita lakukan secara transparan dan akuntabel. Semua maskapai diundang untuk turut mengikuti seleksi agar terjadi kompetisi yang sehat dalam penyediaan transportasi udara bagi jemaah haji,” sebut M Zain.

    “Pelayanan haji tahun ini harus maksimal, lebih baik dari tahun lalu, dan harus ada peningkatan kualitas layanan,” lanjutnya.

    Indonesia mendapat 221.000 kuota haji 1446 H/2025 M. Kuota ini terdiri atas 92% kuota haji reguler dan 8% kuota haji khusus.

    Dikatakan M Zain, jemaah haji Indonesia banyak yang sudah berusia lanjut. Sehingga perlu ada pelayanan yang bersifat prioritas dan khusus bagi jemaah tersebut saat di pesawat.

    “Biaya penerbangan sebagai komponen terbesar biaya penyelenggaraan haji, agar bisa lebih efisien dan layanan lebih maksimal,” pesannya.

    Dalam pertemuan dengan maskapai ini, Ditjen PHU menjelaskan tentang persyaratan administrasi, teknis pra operasional dan pasca operasional yang harus dipenuhi jika menjadi penyedia transportasi udara jemaah haji.

    Hadir dalam pertemuan ini, perwakilan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Capt Affandi menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan mendukung penuh layanan penerbangan, mulai dari penyediaan pesawat, slot time penerbangan, hingga pengawasan saaat operasional haji. Pesawat yang disewa harus pesawat yang siap pakai untuk beroperasi selama 2 bulan penuh.

    Tenaga Ahli Menteri Agama Bunyamin menambahkan bahwa keberhasilan haji adalah indikator utama keberhasilan Menteri Agama. “Lakukan mitigasi terhadap titik-titik krusial dalam transportasi udara jemaah haji. Saya minta agar maskapai melakukan yang terbaik untuk jemaah haji,” tandasnya.

  • Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025 Dibuka, Kemenag Tegaskan Transparan dan Akuntabel

    Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025 Dibuka, Kemenag Tegaskan Transparan dan Akuntabel

    loading…

    Kementerian Agama (Kemenag) melakukan proses seleksi penyediaan transportasi udara bagi jemaah haji 2025. Tahap pendaftaran dibuka sejak Kamis (12/12/2024). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews

    JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mulai melakukan proses seleksi penyediaan transportasi udara bagi jemaah haji 1446 H/2025 M. Tahap pendaftaran dibuka sejak Kamis (12/12/2024) di kantor Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

    Kemenag mengundang delapan maskapai penerbangan nasional Indonesia dan Arab Saudi. Sebanyak enam maskapai hadir dan mengambil dokumen penyediaan transportasi udara, yaitu: Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Pelita Air, Saudia Airlines, dan Flynas.

    Direktur Layanan Haji dalam Negeri Muhammad Zain mengatakan, proses penyediaan mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1197 Tahun 2024 tentang Pedoman Penyediaan Transportasi udara Jemaah Haji Tahun 1446 H/2025 M. M Zain, panggilan alrabnya, memastikan prpses penyediaan akan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

    “Penyediaan transportasi udara kita lakukan secara transparan dan akuntabel. Semua maskapai diundang untuk turut mengikuti seleksi agar terjadi kompetisi yang sehat dalam penyediaan transportasi udara bagi jemaah haji,” sebut M Zain dalam keterangan resminya, Jumat (13/12/2024).

    “Pelayanan haji tahun ini harus maksimal, lebih baik dari tahun lalu, dan harus ada peningkatan kualitas layanan,” lanjutnya.

    Indonesia mendapat 221.000 kuota haji 1446 H/2025 M. Kuota ini terdiri atas 92% kuota haji reguler dan 8% kuota haji khusus.

    Dikatakan M Zain, jemaah haji Indonesia banyak yang sudah berusia lanjut. Sehingga perlu ada pelayanan yang bersifat prioritas dan khusus bagi jemaah tersebut saat di pesawat.

  • Kemenag Pastikan Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025 Transparan dan Akuntabel

    Kemenag Pastikan Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025 Transparan dan Akuntabel

    Kemenag Pastikan Lelang Pesawat Jemaah Haji 2025 Transparan dan Akuntabel
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Kementerian Agama memulai proses seleksi penyediaan
    transportasi udara
    bagi
    jemaah haji
    1446 H/2025 M.
    Tahap pendaftaran dibuka Kamis (12/12/2024) di Kantor Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).
    Kemenag
    mengundang delapan
    maskapai penerbangan
    nasional Indonesia dan Arab Saudi.
    Sebanyak enam maskapai hadir dan mengambil dokumen penyediaan transportasi udara, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Pelita Air, Saudia Airlines, dan Flynas.
    Direktur Layanan Haji dalam Negeri Muhammad Zain mengatakan, penyediaan mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1197 Tahun 2024 tentang Pedoman Penyediaan
    Transportasi Udara

    Jemaah Haji
    Tahun 1446 H/2025 M.
    Zain memastikan proses penyediaan akan dilakukan secara transparan dan akuntabel.
    “Penyediaan transportasi udara kita lakukan secara transparan dan akuntabel. Semua maskapai diundang untuk turut mengikuti seleksi agar terjadi kompetisi yang sehat dalam penyediaan transportasi udara bagi jemaah haji,” sebut Zain dalam keterangan pers, Jumat (13/12/2024).
    “Pelayanan haji tahun ini harus maksimal, lebih baik dari tahun lalu, dan harus ada peningkatan kualitas layanan,” ujarnya lagi.
    Indonesia mendapat 221.000 kuota haji 1446 H/2025 M.
    Kuota ini terdiri atas 92 persen kuota haji reguler dan 8 persen kuota haji khusus.
    Zain menyampaikan, jemaah haji Indonesia banyak yang sudah berusia lanjut, sehingga perlu ada pelayanan yang bersifat prioritas dan khusus bagi jemaah tersebut saat di pesawat.
    “Biaya penerbangan sebagai komponen terbesar biaya penyelenggaraan haji, agar bisa lebih efisien dan layanan lebih maksimal,” kata dia.
    Dalam pertemuan dengan maskapai ini, Ditjen PHU menjelaskan tentang persyaratan administrasi, teknis pra-operasional, dan pasca-operasional yang harus dipenuhi jika menjadi penyedia transportasi udara jemaah haji.
    Salah satunya adalah pesawat yang disewa harus pesawat yang siap pakai untuk beroperasi selama dua bulan penuh.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jangan Sampai Salah, Maskapai Super Air Jet dan Lion Air di Bandara Soekarno Hatta Kini Pindah Terminal – Page 3

    Jangan Sampai Salah, Maskapai Super Air Jet dan Lion Air di Bandara Soekarno Hatta Kini Pindah Terminal – Page 3

    Sebelumnya, Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menggelar Airport Emergency Exercise (AEE) 2024, kegiatan latihan penanggulangan keadaan darurat yang menjadi bagian dari upaya memastikan kesiapan prosedur dalam dokumen Airport Emergency Plan (AEP), Kamis (28/11/2024).

    Kegiatan ini dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi skenario keadaan darurat di lingkungan Bandara Soekarno Hatta.

    Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini bertujuan untuk melatih pola koordinasi antarunit, baik internal maupun eksternal, serta memastikan pelaksanaan prosedur operasional standar (SOP) berjalan sesuai rencana. Selain itu, evaluasi terhadap dokumen AEP diharapkan dapat mengidentifikasi peluang perbaikan dan penyesuaian guna meningkatkan kesiapan operasional di masa mendatang.  

    “Dalam pelaksanaanya, latihan ini menitikberatkan pada komando, koordinasi, dan komunikasi yang efektif, baik di tingkat taktis melalui Mobile Command Post (MCP) maupun strategis melalui Emergency Operation Center (EOC),”ujar Dwi Ananda Wicaksana, General Manager Bandara Soekarno-Hatta.

    Lalu, Bandara Soekarno-Hatta menggandeng berbagai pihak, seperti BNPB, Polres Bandara Soetta, TNI, JATSC, OTBAN, BMKG, KKP, Imigrasi Soetta, Pertamina, maskapai penerbangan, dan instansi terkait lainnya, untuk memastikan sinergi dalam menangani keadaan darurat.  

    Dalam simulasi kali ini, sebuah pesawat Airbus A330-300 milik maskapai SUPER PREMIUM Air dengan rute Hongkong (HKG) menuju Jakarta (CGK) mengalami kerusakan sistem hidrolik atau dikenal hydraulic failure – main landing gear, saat mendekati fase pendaratan. Pilot memutuskan untuk tetap mendarat di Runway 2 (07L). 

    Namun, kerusakan tersebut berdampak pada sistem pengereman yang tidak berfungsi, menyebabkan roda terkunci dan memicu kebakaran akibat gesekan dengan landasan. Pesawat akhirnya berhenti di posisi GRID B8, memblokir landasan pacu. 

     

  • Operasional 2 Maskapai di Terminal Bandara Soekarno-Hatta Akan Berubah Mulai 14 Desember 2024

    Operasional 2 Maskapai di Terminal Bandara Soekarno-Hatta Akan Berubah Mulai 14 Desember 2024

    Tangerang, Beritasatu.com – PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengumumkan perubahan operasional maskapai untuk penerbangan domestik yang mulai berlaku pada 14 Desember 2024. Perubahan ini mencakup perpindahan Super Air Jet yang akan beroperasi di Terminal 2E, serta Lion Air yang akan melayani penerbangan domestik di Terminal 1A.  

    Asisten Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi menyampaikan, perubahan ini bertujuan untuk rebalancing terhadap distribusi operasional di seluruh terminal guna mengoptimalkan kapasitas terminal 1 dan 2 serta kelancaran arus penumpang dan penerbangan.

    “Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman perjalanan para penumpang dan mendukung kelancaran operasional maskapai yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar M Holik dalam keterangannya, Rabu (11/12/2024).

    Holik mengatakan bahwa perpindahan operasional maskapai bandara Soekarno-Hatta ini telah direncanakan secara matang dengan memperhatikan kebutuhan operasional maskapai dan kenyamanan penumpang. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi intensif dengan maskapai terkait untuk memastikan kelancaran proses perpindahan ini.

    “Mengingat periode ini berdekatan dengan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kami juga telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi agar pelayanan kepada penumpang tetap optimal di tengah peningkatan jumlah perjalanan,” ungkapnya.

    “Kami mengimbau para penumpang untuk memeriksa jadwal penerbangan dan terminal keberangkatan mereka dengan berkala sebelum menuju ke bandara,” sambung Holik.

    Pengelola Bandara Soekarno-Hatta mengimbau seluruh penumpang untuk tiba lebih awal di bandara dan selalu memperhatikan informasi jadwal penerbangan serta terminal keberangkatan.

    “Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal penerbangan dan terminal, masyarakat dapat menghubungi contact center Bandara Soekarno-Hatta di 138 atau 172 dan mengunjungi media sosial resmi Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” tandasnya dalam memberikan informasi terkait bahwa perpindahan operasional maskapai bandara Soekarno-Hatta.
     

  • Tiga Perempuan Korban TPPO Dipulangkan ke Lombok

    Tiga Perempuan Korban TPPO Dipulangkan ke Lombok

    Sampang (beritajatim.com) – Tiga orang perempuan korban kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kabupaten Sampang, dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

    Kapolres Sampang, AKBP Hendro Sukmono mengatakan, tiga korban diantaranya inisial S (39), D (32), dan P (38). “Para korban ini telah diterbang dengan pesawat Lion air JT-642 tujuan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat,” terangnya, Sabtu (7/12/2024).

    Tidak hanya itu, Polres juga memberikan uang saku kepada tiga korban TPPO tersebut hingga menuju rumah masing-masing.

    Salah satu korban TPPO berinisial S menyampaikan rasa terimakasih kepada Polres Sampang telah menyelamatkan para korban yang sebelumnya ditampung tersangka selama tiga bulan. “Beruntung kami tidak jadi berangkat, kalau berangkat tidak tahu nasib kami di negeri orang,” ucapnya.

    Sekedar diketahui, sebelumnya Pria inisiak F (47) warga Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan/Kabupaten Sampang, diringkus kepolisian setempat berada di rumahnya.

    Kapolres Sampang AKBP Hendro Sukmono menjelaskan, tersangka F terlibat kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Ia memperoleh para korban dengan cara menghubungi temannya bernisial M dan B asal Lombok untuk mencarikan orang yang mau bekerja ke luar negeri.

    Akibat perbuatanya, F terancam dijerat pasal UURI No 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan TPPO. Dalam pasal 2 ayat (1), (2) berbunyi setiap orang yang melakukan perekrutan, penampungan untuk tujuan mengeploitasi orang terancam hukuman minimal 3 tahun penjara dan maksimal 5 tahun penjara.[sar/kun]