Perusahaan: LinkedIn

  • Persaingan HP Lipat 2025 Makin Sengit, Samsung hingga Oppo Untuk Gigi untuk Gaet Pengguna! – Page 3

    Persaingan HP Lipat 2025 Makin Sengit, Samsung hingga Oppo Untuk Gigi untuk Gaet Pengguna! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Tahun 2025 jadi momen penting untuk pasar smartphone lipat. Tidak hanya dari sisi desain yang makin tipis dan ringan, tapi juga dari performa, inovasi kamera, sampai pengalaman pengguna yang makin disempurnakan.

    Meski persaingannya makin ketat, HP lipat diprediksi bakal makin diminati di segmen kelas atas.

    Tipis tapi Tetap Tangguh

    Bisa dikatakan teknologi HP lipat tahun ini benar-benar naik level. Salah satu contohnya bisa dilihat dari Oppo Find N5 yang hadir dengan bodi super tipis yang hanya 8,93 mm dan bobot yang cuma 299 gram.

    Semua itu berkat teknologi engsel titanium alloy dan proses 3D laser printing. Layar dengan struktur “waterdrop” dan teknologi ultra thin glass (UTG) yang lebih baru juga bikin lipatan nyaris tidak terlihat.

    Sebagai informasi, performa Oppo juga tidak kalah keren, karena sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Elite, baterai jumbo 5.6000mAh, dan fast charging 80W. Jadi, meski tampil ramping, urusan tenaga tetap gahar.

    Desain Bervariasi, Makin Personal

    Mengutip Shangai Innovatech Information Technology dari Linkedin, Jumat (2/5/2025), tahun ini menjadi ajang parade bergam model HP lipat.

    Untuk kategori layar besar, ada Oppo Find N5, Honor Magic V4, Vivo XFold 4, dan Huawei Mate X7 yang fokus ke pengalaman multitasking dan tampilan layar lega.

    Layarnya nggak main-main, pakai resolusi 2K dan refresh rate tinggi untuk visual yang lebih mulus.

    Sementara untuk model clamshell alias HP lipat mungil, ada nama-nama seperti Huawei Pocket 3, Xiaomi MIX Flip 2, dan Honor Magic V Flip 2.

    Masing-masing tampil dengan gaya lebih berani dan fitur kamera yang makin menarik buat anak muda.

    Misalnya Xiaomi MIX Flip 2 dikabarkan bakal hadir dengan desain yang beda dari biasanya, sedangkan Huawei Pocket 3 fokus di daya tahan layar lipatnya.

    Samsung yang dikenal sebagai pionir di pasar HP lipat dikabarkan bakal bangkit dan merebut kembali pangsa pasar.

  • Sosok Leonard Darmawan, WNI Meninggal di Singapura saat Event Lari, Lulusan NTU – Halaman all

    Sosok Leonard Darmawan, WNI Meninggal di Singapura saat Event Lari, Lulusan NTU – Halaman all

    TRIBUNNEWS.com – Warga Negara Indonesia (WNI), Leonard Darmawan, meninggal ketika berpartisipasi dalam ajang 2XU Compression Run di Singapura, Minggu (27/4/2025).

    Dalam laporan The Straits Time, Leonard dikatakan sempat mengalami kolaps saat pertengahan lari setelah menempuh jarak 19 kilometer.

    “Sekitar pukul 06.19 WIB, setelah menempuh jarak 19 km, Leonard tiba-tiba tergeletak di tanah,” kata Duta Besar Indonesia untuk Singaputa, Suryo Pratomo.

    Meski kolaps, imbuh Suryo, Leonard sempat berkomunikasi dengan pelari lainnya.

    Leonard juga sempat mendapat pertolongan pertama dari pejalan kaki, sampai ia dibawa ke Singapore General Hospital.

    “Saat itu, ia masih sadar dan masih berbicara dengan pelari lainnya. Namun, kondisinya memburuk dan ia diberikan CPR (resusitasi jantung paru) oleh seorang pejalan kaki,” jelas Suryo.

    Sayang, Leonard dinyatakan meninggal pada pukul 08.01 WIB, akibat gagal jantung dan pernapasan.

    “Berdasarkan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh Otoritas Ilmu Kesehatan, Leonard meninggal karena gagal jantung dan pernapasan,” kata Suryo.

    Jenazah Leonard telah dipulangkan ke Jakarta pada Selasa (29/4/2025).

    Dalam pemberitaan The Straits Time, Leonard Darmawan yang masih berusia 23 tahun, disebutkan bekerja sebagai Process Engineer di Singapore Refining Company yang berlokasi di Pulau Jurong.

    Ia bekerja di perusahaan tersebut sejak Oktober 2024, menurut akun LinkedIn-nya.

    Artinya, Leonard baru bekerja di Singapore Refining Company selama 8 bulan.

    Leonard diketahui pernah bersekolah di bawah yayasan Kanisius dan lulus pada 2020.

    Ia kemudian melanjutkan kuliah ke Nanyang Technological Univeristy Singapore (NTU) dan meraih gelar Sarjana Teknik pada 2024.

    Demi masuk NTU, Leonard rajin mengikuti bimbingan belajar untuk materi A Level yang digunakan untuk tes.

    Ia juga belajar khusus untuk Kimia, Fisika, dan Matematika selama satu tahun full.

    “Aku ikutin suatu bimbingan belajar untuk materi A level yang akan diteskan (seleksi perguruan tinggi).”

    “Aku belajar selama sekitar satu tahun di kelas 12 untuk belajar Kimia, Fisika, dan Matematika,” cerita Leonard saat wawancara bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura, Juli 2024.

    Sebelum bekerja di Singapore Refining Company, Leonard sudah memiliki banyak pengalaman magang di beberapa perusahaan.

    Contohnya, ia pernah menjadi karyawan magang di Ageing Asia selama tiga bulan, terhitung sejak Juni sampai Agustus 2021.

    Pada Mei 2022, Leonard juga magang di ExxonMobil sebagai Process Engineer.

    Dari ExxonMobil, Leonard magang di MSD selama delapan bulan, terhitung sejak Januari 2023.

    Awalnya, ia magang sebagai Operations Support Specialist, lalu menjadi PTO Engineer.

    (Tribunnews.com/Pravitri Retno W)

  • Amerika Kalah Jauh Cuma Bisa Nyontek China, Begini Buktinya

    Amerika Kalah Jauh Cuma Bisa Nyontek China, Begini Buktinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – TikTok makin populer dan dominasinya di dunia video pendek makin bersinar. Sejak diluncurkan secara global pada 2016, aplikasi milik ByteDance itu kini memiliki lebih dari 1,12 miliar pengguna aktif bulanan. Rata-rata, pengguna AS menghabiskan 108 menit per hari di platform ini.

    Sukses TikTok memaksa raksasa teknologi Amerika seperti Meta dan Google untuk mengekor. Instagram Reels, YouTube Shorts, hingga LinkedIn kini berlomba-lomba menghadirkan fitur ala TikTok.

    Namun pengamat menilai belum ada yang mampu menandingi kecanggihan algoritma TikTok dalam memahami perilaku pengguna.

    “Ini adalah pusat internet untuk generasi muda,” ujar Jasmine Enberg, analis utama di Emarketer, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (28/4/2025).

    Meski berbagai inovasi terus bermunculan, seperti e-commerce di TikTok hingga video berdurasi lebih panjang, para pesaing tetap kesulitan mengejar aplikasi asal China ini.

    Meski TikTok meraup pendapatan iklan sekitar US$23,6 miliar tahun lalu, monetisasi video pendek tetap menjadi tantangan. Para kreator, tetap kesulitan mengubah popularitas menjadi penghasilan yang konsisten.

    YouTube Shorts misalnya, yang membayar sekitar empat sen (sekitar Rp600) untuk setiap 1.000 tayangan, jauh lebih kecil dibandingkan konten YouTube berdurasi panjang.

    Instagram pun terus mencari celah monetisasi lewat kerja sama merek dan fitur baru seperti “Trial Reels”, yang memungkinkan kreator menguji konten hanya kepada non-pengikut sebelum dipublikasikan lebih luas. Meta sendiri mengakui bahwa monetisasi Reels masih dalam tahap pengembangan.

    Di tengah pengawasan ketat terhadap kepemilikan TikTok oleh China dan ancaman larangan di Amerika Serikat, pesaing seperti Meta dan YouTube melihat peluang emas.

    Menurut eMarketer, kedua platform itu berpotensi merebut hingga 50% dari belanja iklan yang akan dialihkan jika TikTok benar-benar dibatasi di AS.

    (dem/dem)

  • Waspada Penipuan Lowongan Kerja BYD, Ini Ciri-cirinya

    Waspada Penipuan Lowongan Kerja BYD, Ini Ciri-cirinya

    Jakarta

    Waspada terhadap penipuan lowongan kerja di BYD. Begini cara ngeceknya.

    Jangan langsung tergiur bila melihat iklan lowongan kerja dari BYD. Kamu patut waspada sebelum melamar. Akun Instagram BYD Indonesia mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap modus rekrutmen palsu yang mengatasnamakan BYD Indonesia.

    BYD mengingatkan, saat membuka lowongan pekerjaan mereka tidak pernah meminta biaya selama proses rekrutmen berlangsung.

    “Pastikan info lowongan hanya dari sumber resmi kami,” begitu bunyi unggahan di story Instagram BYD.

    Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja BYD

    BYD juga memberikan ciri-ciri penipuan dalam rekrutmen pekerjaan. Berikut penjelasannya.

    – Menggunakan email non-resmi (bukan @byd.com)
    – Meminta data pribadi sebelum ada penawaran resmi
    – Meminta biaya rekrutmen di awal proses
    – Tidak memberikan kontrak kerja resmi saat onboarding

    Jika menemukan ciri-ciri di atas saat kamu proses rekrutmen, jangan dilanjutkan. Atau kalau kamu ingin melakukan verifikasi saat melihat lowongan BYD, maka pastikan dari sumber resmi berikut ini:

    LinkedIn: BYD Indonesia
    Website resmi: BYD Indonesia
    Kemitraan resmi dengan:
    – Career Center Universitas
    – Kementerian atau Dinas Ketenagakerjaan

    “Selalu cek ulang latar belakang dan identitas recruiter yang menghubungi kamu,” begitu peringatannya.

    Untuk diketahui, BYD memang bakal membuka lapangan pekerjaan baru berkaitan pembangunan pabrik di kawasan Subang Smartpolitan, Jawa Barat. Di pabrik itu, BYD tak menutup kemungkinan untuk melakukan pengembangan fasilitas baterai dan kendaraan jenis plug-in hybrid premium di awal tahun depan.

    Bila semula direncanakan ada 8.700 orang tenaga kerja, kini jumlah penyerapan tenaga kerja itu akan meningkat menjadi 18.814 orang. Pembangunan pabrik ini ditargetkan akan memulai produksi komersialnya pada awal 2026. Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memanggil pihak perusahaan agar pembangunan bisa dipercepat.

    “BYD sudah lagi progress berjalan tinggal pembebasan tanah. Minggu depan mau kita undang para pihak agar cepat pembebasannya. Karena, katanya 18 ribu. Tapi nanti kita lihat karena angka 18 ribu itu, bener nggak 18 ribu,” katanya.

    (dry/rgr)

  • Sosok Ariyanto Bakri, Pengacara Jadi Tersangka Korupsi CPO, Kerap Pamer Hidup dan Barang Mewah – Halaman all

    Sosok Ariyanto Bakri, Pengacara Jadi Tersangka Korupsi CPO, Kerap Pamer Hidup dan Barang Mewah – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Pengacara Ariyanto Bakri kini tengah disorot bersamaan dengan adanya perkara dugaan suap vonis lepas terdakwa korupsi crude palm oil (CPO).

    Diketahui Ariyanto Bakri menjadi tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi suap penanganan kasus di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

    Ariyanto Bakri bersama dengan dua tersangka lainnya disebut bermufakat jahat untuk membentuk opini publik mulai dari penyidikan dan penuntutan terkait kasus korupsi timah, gula, termasuk minyak goreng (CPO).

    Lantas siapakah sosok Ariyanto Bakri?

    Ariyanto Bakri merupakan seorang lawyer atau pengacara yang menjadi partner dari kantor hukum ternama, Ariyanto Arnaldo Law Firm

    Dikutip dari akun Linkedin-nya, Ariyanto Arnaldo Law Firm didirikan oleh Arnaldo Soares pada 2002.

    Rupanya dirinya dikenal bukan hanya lewat sepak terjangnya di dunia advokat.

    Namun dirinya dikenal lantaran konten-kontennya yang bertajuk ‘Jakarta Keren untuk Gadun FM’.

    Konten yang diunggah di akun sosial media Instagram miliknya tersebut, @arybakri, menampilkan kehidupan mewah.

    Ariyanto Bakri juga kerap memamerkan barang-barang mewah miliknya.

    Termasuk memperlihatkan yacht miliknya, hingga koleksi kendaraan mewah.

    Tak hanya itu Ariyanto Bakri juga kerap memamerkan ruangan koleksi helm-helm mewah hingga sepeda yang tergantung di dinding.

    Barang-barang Mewahnya Disita

    Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menyita sejumlah kendaraan dan kapal mewah milik Ariyanto Bakri, buntut keterlibatannya dalam kasus suap ekspor CPO.

    Penyitaan itu diumumkan secara langsung oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar, dalam sesi jumpa pers pada Selasa (22/4/2025).

    “Tiga mobil mewah,” kata Harli.

    Tiga unit kendaraan yang disita antara lain:

    Satu unit mobil Abarth 695 dengan nomor polisi B 1845 AZG
    Satu unit Mini Cooper GP warna abu-abu bernomor B 199 IO
    Satu unit Porsche GT3RS, mobil sport berperforma tinggi yang sering tampil dalam unggahan Ariyanto

    Tal hanya kendaraan, Kejagung juga menyita 130 helm dari kediaman Ariyanto Bakri.

    Penyitaan ini dilakukan usai penyidik menggeledah rumah Ariyanto di kawasan Menteng pada Kamis (17/4/2025) lalu.

    “Juga dari Jalan Mendut di daerah Menteng, penyidik melakukan penyitaan setidaknya terhadap 130 helm,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Harli Siregar saat ditemui di depan Gedung Penerangan Hukum, Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (23/4/2025), mengutip Kompas.com. 

    Tersangka dalam Kasus Suap

    Kejagung telah menetapkan delapan orang tersangka dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Pusat terkait kasus vonis lepas ekspor CPO terhadap tiga perusahaan, yakni PT Wilmar Group, PT Permata Hijau Group, dan PT Musim Mas Group.

    Diketahui para tersangka termasuk hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ekspor CPO.

    Daftar 8 tersangka, mengutip Kompas.com:

    Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel)
    Muhammad Arif Nuryanta, Panitera Muda Perdata Jakarta Utara
    Wahyu Gunawan (WG), serta kuasa hukum korporasi
    Marcella Santoso dan Ariyanto Bakri.
    Djuyamto selaku ketua majelis (hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ekspor CPO)
    Agam Syarif Baharuddin selaku anggota majelis (hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ekspor CPO)
    Ali Muhtarom selaku anggota majelis (hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ekspor CPO)
    Social Security Legal Wilmar Group, Muhammad Syafei

    (Tribunnews.com/Garudea Prabawati) (Kompas.com/Shela Octavia)

  • Telkom Indonesia Kembali Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025 – Halaman all

    Telkom Indonesia Kembali Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih penghargaan LinkedIn Top Companies 2025 sebagai salah satu tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir. Ini merupakan tahun keempat secara berturut-turut Telkom menerima penghargaan bergengsi tersebut, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan profesional bagi seluruh karyawan.

    Penghargaan LinkedIn Top Companies 2025 disusun berdasarkan analisis LinkedIn terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang secara konsisten memperhatikan berbagai aspek kemajuan karir karyawan, hingga terpilih 15 perusahaan terbaik. Mengutip dari rilis resmi LinkedIn News Asia, aspek yang diperhatikan meliputi peningkatan keterampilan karyawan, peluang untuk karyawan dipromosikan, pengembangan dan penambahan keahlian baru, stabilitas perusahaan, keterlibatan karyawan, serta dukungan perusahaan terhadap pertumbuhan jangka panjang karyawannya.

    Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi mengapresiasi penghargaan ini sebagai sebuah pencapaian dari kontribusi seluruh karyawan TelkomGroup. “Penghargaan ini adalah cerminan dari semangat kolektif seluruh karyawan TelkomGroup, di mana karyawan bukan hanya bekerja, tapi juga berkontribusi aktif dalam membangun budaya kerja yang sehat, inklusif, dan penuh semangat untuk tumbuh bersama sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia. Untuk itu mewakili manajemen, kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen dan dedikasi yang luar biasa dari seluruh karyawan Telkom. Saya percaya, perusahaan hebat dibentuk oleh orang-orang hebat di dalamnya,” ungkap Afriwandi.

    Dukungan dan semangat karyawan tidak hanya berkontribusi pada kinerja perusahaan, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengantarkan Telkom meraih predikat Top LinkedIn Companies 2025. Peran aktif mereka dalam membagikan kisah-kisah inspiratif selama bekerja di Telkom menjadi cerminan nyata keterlibatan karyawan sebagai representasi penting perusahaan di ruang publik dan profesional.

    Untuk mendorong keterlibatan tersebut, Telkom menghadirkan program Employee Ambassador sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk berperan sebagai perwakilan perusahaan di dunia profesional digital. Program ini tidak hanya memperkuat reputasi dan employer branding, tetapi juga menjadi sarana pengembangan diri dan perluasan jejaring profesional bagi para karyawan.

    Melalui berbagai inisiatif employer branding, Telkom secara aktif membagikan cerita dan pengalaman kerja yang mencerminkan budaya perusahaan berbasis nilai-nilai AKHLAK, sekaligus mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif. Cerita-cerita ini disampaikan secara autentik oleh karyawan dari berbagai unit dan wilayah melalui platform LinkedIn dengan tagar #LivinginTelkom.

    Lebih dari itu, Telkom turut menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan gender dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, terbuka, dan mendukung potensi setiap individu tanpa memandang latar belakang. Hal ini menjadikan Telkom bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi juga ruang yang mendorong pertumbuhan profesional dan personal secara berkelanjutan.

    Berbagai program seperti layanan konseling WithU, Talent Marketplace, hingga Great People Scholarship Program (GPSP) menjadi representasi nyata dari keseriusan Telkom dalam mendukung pengembangan potensi karyawan di setiap tahapan karirnya. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman kerja karyawan, tapi juga memperkuat positioning Telkom sebagai perusahaan yang memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset strategis.

    Aktivasi employer branding yang konsisten melalui kanal LinkedIn turut memperluas dampak dampak positif dari seluruh inisiatif tersebut, sekaligus menjadikan Telkom sebagai magnet bagi talenta digital yang siap tumbuh dan berkontribusi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berkembang.

    Berbagai informasi terbaru terkait program employer branding Telkom dapat dilihat di akun Instagram @LivinginTelkom.

  • Telkom Indonesia Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025, Sudah 4 Kali Berturut-turut – Page 3

    Telkom Indonesia Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025, Sudah 4 Kali Berturut-turut – Page 3

    Untuk mendorong keterlibatan tersebut, Telkom menghadirkan program Employee Ambassador sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk berperan sebagai perwakilan perusahaan di dunia profesional digital.Program ini tidak hanya memperkuat reputasi dan employer branding, tetapi juga menjadi sarana pengembangan diri dan perluasan jejaring profesional bagi para karyawan.

    Melalui berbagai inisiatif employer branding, Telkom secara aktif membagikan cerita dan pengalaman kerja yang mencerminkan budaya perusahaan berbasis nilai-nilai AKHLAK, sekaligus mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif. Cerita-cerita ini disampaikan secara autentik oleh karyawan dari berbagai unit dan wilayah melalui platform LinkedIn dengan tagar #LivinginTelkom.

    Lebih dari itu, Telkom turut menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan gender dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, terbuka, dan mendukung potensi setiap individu tanpa memandang latar belakang. Hal ini menjadikan Telkom bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi juga ruang yang mendorong pertumbuhan profesional dan personal secara berkelanjutan.

    Berbagai program seperti layanan konseling WithU, Talent Marketplace, hingga Great People Scholarship Program (GPSP) menjadi representasi nyata dari keseriusan Telkom dalam mendukung pengembangan potensi karyawan di setiap tahapan karirnya. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman kerja karyawan, tapi juga memperkuat positioning Telkom sebagai perusahaan yang memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset strategis.

    Aktivasi employer branding yang konsisten melalui kanal LinkedIn turut memperluas dampak dampak positif dari seluruh inisiatif tersebut, sekaligus menjadikan Telkom sebagai magnet bagi talenta digital yang siap tumbuh dan berkontribusi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berkembang.   Berbagai informasi terbaru terkait program employer branding Telkom dapat dilihat di akun Instagram @LivinginTelkom.

     

    (*)

  • Telkom Indonesia Raih Penghargaan LinkedIn Top Companies 2025

    Telkom Indonesia Raih Penghargaan LinkedIn Top Companies 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih penghargaan LinkedIn Top Companies 2025, sebagai salah satu tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir. Ini menjadi tahun keempat secara berturut-turut Telkom menerima penghargaan bergengsi tersebut.

    Hal tersebut merupakan bukti bahwa Telkom Indonesia terus memperkuat komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan profesional bagi seluruh karyawan. Seperti diketahui, penghargaan LinkedIn Top Companies 2025 disusun berdasarkan analisis LinkedIn terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang secara konsisten memperhatikan berbagai aspek kemajuan karir karyawan, hingga terpilih 15 perusahaan terbaik.

    Berdasarkan dari rilis resmi LinkedIn News Asia, aspek yang diperhatikan meliputi peningkatan keterampilan karyawan, peluang untuk karyawan dipromosikan, pengembangan dan penambahan keahlian baru, stabilitas perusahaan, keterlibatan karyawan, serta dukungan perusahaan terhadap pertumbuhan jangka panjang karyawannya.

    Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi mengapresiasi penghargaan ini sebagai sebuah pencapaian dari kontribusi seluruh karyawan TelkomGroup.

    “Penghargaan ini adalah cerminan dari semangat kolektif seluruh karyawan TelkomGroup, di mana karyawan bukan hanya bekerja, tapi juga berkontribusi aktif dalam membangun budaya kerja yang sehat, inklusif, dan penuh semangat untuk tumbuh bersama sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia,” ujar Afriwandi dalam keterangan tertulis, Rabu (23/4/2025).

    Untuk itu, segenap manajemen Telkom Indonesia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen dan dedikasi yang luar biasa dari seluruh karyawan Telkom. Di samping itu, Afriwandi juga percaya, perusahaan hebat dibentuk oleh orang-orang hebat di dalamnya.

    Dia melanjutkan, dukungan dan semangat karyawan tidak hanya berkontribusi pada kinerja perusahaan melainkan juga memainkan peran penting dalam mengantarkan Telkom meraih predikat Top LinkedIn Companies 2025. Peran aktif mereka dalam membagikan kisah-kisah inspiratif selama bekerja di Telkom menjadi cerminan nyata keterlibatan karyawan sebagai representasi penting perusahaan di ruang publik dan profesional.

    Untuk mendorong keterlibatan tersebut, Telkom menghadirkan program Employee Ambassador sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk berperan sebagai perwakilan perusahaan di dunia profesional digital. Program ini tidak hanya memperkuat reputasi dan employer branding, tetapi juga menjadi sarana pengembangan diri dan perluasan jejaring profesional bagi para karyawan.

    Melalui berbagai inisiatif employer branding, Telkom secara aktif membagikan cerita dan pengalaman kerja yang mencerminkan budaya perusahaan berbasis nilai-nilai AKHLAK, sekaligus mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif. Cerita-cerita ini disampaikan secara autentik oleh karyawan dari berbagai unit dan wilayah melalui platform LinkedIn dengan tagar #LivinginTelkom.

    Lebih dari itu, Telkom turut menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan gender dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, terbuka, dan mendukung potensi setiap individu tanpa memandang latar belakang. Hal ini menjadikan Telkom bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi juga ruang yang mendorong pertumbuhan profesional dan personal secara berkelanjutan.

    Adapun berbagai program seperti layanan konseling WithU, Talent Marketplace, hingga Great People Scholarship Program (GPSP) menjadi representasi nyata dari keseriusan Telkom dalam mendukung pengembangan potensi karyawan di setiap tahapan karirnya. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman kerja karyawan, tapi juga memperkuat positioning Telkom sebagai perusahaan yang memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset strategis.

    Aktivasi employer branding yang konsisten melalui kanal LinkedIn turut memperluas dampak dampak positif dari seluruh inisiatif tersebut, sekaligus menjadikan Telkom sebagai magnet bagi talenta digital yang siap tumbuh dan berkontribusi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berkembang. Berbagai informasi terbaru terkait program employer branding Telkom dapat dilihat di akun Instagram @LivinginTelkom.

    (rah/rah)

  • Jadi Tersangka, Begini Marcella Santoso di Kasus Sambo hingga Rafael Alun

    Jadi Tersangka, Begini Marcella Santoso di Kasus Sambo hingga Rafael Alun

    Bisnis.com, JAKARTA — Pengacara Marcella Santoso (MS) telah ditetapkan sebagai tersangka sebanyak dua kali oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dalam perkara suap dan perintangan penyidikan.

    Berdasarkan catatan Bisnis, Marcella sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka di kasus suap vonis onstlag perkara fasilitas ekspor minyak goreng tiga group korporasi pada Sabtu (12/4/2025) malam.

    Dia ditetapkan tersangka dengan Ketua PN Jakarta Selatan, Muhammad Arif Nuryanta, Panitera Muda Perdata PN Jakarta Utara Wahyu Gunawan dan Advokat Ariyanto.

    Dalam kasus ini, Marcella bersama sejumlah tersangka diduga menyuap majelis hakim yang dipimpin Djuyamto Cs untuk memberikan vonis lepas kepada tiga grup korporasi. Total suap dalam perkara ini mencapai Rp60 miliar.

    Belum genap sebulan, Marcella kembali menjadi tersangka dalam kasus perintangan penyidikan, penuntutan dan pembuktian pada sejumlah kasus yang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung).

    Kasus tersebut mulai dari korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah, importasi gula Tom Lembong hingga korupsi crude palm oil (CPO) atau minyak goreng korporasi.

    Dalam kasus ini, Marcella telah bersekongkol dengan advokat sekaligus dosen Junaidi Saibih untuk merintangi sejumlah perkara tersebut dengan membuat narasi negatif kepada Kejagung.

    Narasi negatif itu dibuat melalui bekerja sama dengan Direktur Pemberitaan Jak TV, Tian Bahtiar. Narasi-narasi negatif itu kemudian disiarkan pada sejumlah platform Jak TV. Total uang yang digelontorkan untuk Tian mencapai Rp478,5 juta.

    Selain itu, Marcella dengan Junaidi juga diduga melakukan pembiayaan terhadap sejumlah demo yang menyudutkan penyidik Kejagung RI. Aksi demo itu kemudian dipublikasikan melalui berita yang memuat narasi negatif untuk kejaksaan.

    “Dengan biaya sebesar Rp478.500.000, yang dibayarkan oleh Tersangka MS dan Tersangka JS kepada Tersangka TB,” ujar Dirdik Jampidsus Kejagung RI, Abdul Qohar di Kejagung, Selasa (22/4/2025).

    Profil Marcella Santoso 

    Marcella Santoso merupakan pengacara dan konsultan yang dikenal dari firma hukum Ariyanto Arnaldo Law Firm (AALF).

    Berdasarkan informasi dari akun LinkedIn Marcella, dia mengenyam pendidikan SMA di Santa Laurensia pada 1992-2002. Kemudian, Marcella melanjutkan studi hukum di Universitas Indonesia (UI) dan berhasil lulus pada 2006.

    Tak berhenti disitu, Marcella juga memperoleh gelar magister hukum (2010) dan doktoral hukum (2022) pada kampus dengan almamater jaket kuning tersebut.

    Kemudian, Marcella tercatat bergabung dengan firma hukum AALF pada 2007 dan akhirnya menjabat sebagai partner di AALF Legal & Tax Consultant hingga saat ini.

    Adapun, kepiawaiannya dalam menangani kasus telah membuatnya masuk kedalam daftar Top 200: The 200 Club Indonesia’s Most Influential Lawyer pada 2025.

    Kasus yang Ditangani Marcella 

    Sementara itu, sejumlah kasus terkenal yang ditangani Marcella yaitu kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice (OOJ) perkara pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

    Dalam perkara itu, Marcella menjadi kuasa hukum anak buah Ferdy Sambo yakni terdakwa Arif Rachman Arifin dan Baiquni Wibowo.

    Selanjutnya, Marcella juga tergabung dalam tim hukum Harvey Moeis dalam perkara timah yang menyebabkan kerugian negara Rp300 triliun. Selain itu, perkara pencucian uang dan gratifikasi eks pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

  • Amazon Kaji Ulang Sewa Data Center Imbas Ketidakpastian Perekonomian Global

    Amazon Kaji Ulang Sewa Data Center Imbas Ketidakpastian Perekonomian Global

    Bisnis.com, JAKARTA — Amazon, perusahaan teknologi raksasa yang berfokus pada layanan digital, e-commerce dan komputasi awan, telah menunda beberapa pembicaraan sewa pusat data untuk divisi komputasi awannya, terutama di pasar luar negeri, yang mengindikasikan perlambatan jangka pendek dalam penyewaan fasilitas skala besar.

    Analis Wells Fargo mengatakan langkah yang diambil perusahaan cloud terbesar di AS ini sebagai tanda terbaru bahwa meningkatnya ketidakpastian ekonomi, yang memaksa perusahaan untuk memikirkan kembali bagaimana mereka membelanjakan miliaran dolar yang telah mereka alokasikan untuk infrastruktur AI, termasuk chip Nvidia.

    Analis Wells Fargo mengatakan besarnya penundaan Amazon tidak jelas, tetapi serupa dengan penarikan diri Microsoft baru-baru ini.

    Alih-alih membatalkan kesepakatan yang telah ditandatangani, Amazon “mencerna kembali kesepakatan sewa agresif baru-baru ini,” kata para analis.

    “Tampaknya perusahaan hyperscale (perusahaan cloud besar) menjadi lebih selektif dalam menyewa kluster daya besar, dan memperketat jendela pra-sewa untuk kapasitas yang akan dikirim sebelum akhir tahun 2026,” kata mereka dalam sebuah catatan, dikutip dari Reuters, Selasa (22/4/2025).

    Adapun penghentian dilakukan di tengah langkah kompetitor seperti Meta, Google milik Alphabet, dan Oracle tetap aktif dalam penyewaan.

    Amazon mengecilkan catatan tersebut. “Ini adalah manajemen kapasitas rutin, dan tidak ada perubahan mendasar baru-baru ini dalam rencana ekspansi kami,” kata Kevin Miller, wakil presiden Amazon Web Services Global Data Centers dalam sebuah posting di LinkedIn.

    Meski melakukan penundaan pusat data, Amazon tetap agresif dalam membangun kecerdasan buatan.  

    Belum lama, Amazon meluncurkan model kecerdasan buatan (AI) generatif terbaru mereka, Nova Sonic. Model ini dirancang untuk memproses suara secara native dan menghasilkan ucapan yang terdengar alami. 

    Melansir dari Techcruch, Rabu (9/4/2025), Nova Sonic hadir sebagai jawaban Amazon terhadap model suara AI terbaru yang dinilai lebih alami dibandingkan model-model suara awal seperti Amazon Alexa. 

    Terobosan teknologi ini menjadikan asisten digital lama, termasuk Alexa dan Siri dari Apple terasa kaku jika dibandingkan dengan model baru ini.

    Model suara Nova Sonic dapat diakses melalui Bedrock, platform pengembang Amazon untuk aplikasi AI perusahaan, melalui API streaming dua arah yang baru. 

    Dalam siaran pers, Amazon menyebut, Nova Sonic sebagai model suara AI yang paling hemat biaya di pasaran, dengan biaya sekitar 80% lebih rendah dibandingkan GPT-4o OpenAI.

    Senior Vice President dan Kepala Ilmuwan AGI Amazon Rohit Prasad mengatakan bahwa komponen Nova Sonic telah terintegrasi dengan Alexa+, versi yang lebih canggih dari asisten suara digital Amazon.