Perusahaan: Jasa Raharja

  • Kecelakaan di Semarang, Korban Dapat Santunan Rp20-50 Juta

    Kecelakaan di Semarang, Korban Dapat Santunan Rp20-50 Juta

    Jakarta: Jasa Raharja memastikan seluruh korban kecelakaan beruntun yang melibatkan truk trailer di Semarang, mendapat santunan. Sebanyak 2 korban meninggal dan 10 korban luka akibat kecelakaan pada Kamis, 21 November 2024.

    Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana, menyampaikan seluruh korban meninggal dunia mendapat santunan Rp50 juta. Santunan diserahkan kepada ahli waris sah. Sementara itu, korban luka mendapat jaminan biaya perawatan maksimal Rp20 juta yang dibayarkan kepada rumah sakit tempat korban dirawat.

    “Santunan tersebut merupakan bentuk perlindungan dasar sebagai salah satu wujud kehadiran negara terhadap masyarakat,” kata Dewi dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 November 2024. 

    Menurut dia, upaya pemberian santunan dipercepat oleh pihaknya. Yakni, dengan menindaklanjuti langsung info yang beredar terkait kecelakaan tersebut. 

    Petugas, kata Dewi, langsung mendatangi tempat kejadian usai mendapat informasi terkait kecelakaan. Jasa Raharja menyampaikan keprihatinan atas kecelakaan ini.

    Di sisi lain, Dewi mengingatkan masyarakat agar mengutamakan kehati-hatian dalam berkendara. Sehingga, potensi kecelakaan dapat diminalisasi.
     

    “Kami terus mengingatkan kepada para pengguna jalan raya agar senantiasa waspada dan berhati-hati. Kami juga mengimbau kepada para pemilik kendaraan, baik pribadi maupun perusahaan, untuk memastikan kelaikkan kendaraan sebelum digunakan untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan,” kata Dewi.

    Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu diduga akibat pengendara truck trailer tidak waspada saat jalanan menurun di turunan Silayur. Sehingga, menabrak kendaraan truck colt diesel, beberapa sepeda motor, dan ruko.

    Akibat musibah tersebut, 2 orang meninggal dunia dan 10 orang luka. Seluruh korban dievakuasi dan mendapat perawatan di RSUP dr. Kariadi, RS Permata Medika, RS Hermina Pandanaran, dan RSUD Adhyatma Tugurejo.

    Jakarta: Jasa Raharja memastikan seluruh korban kecelakaan beruntun yang melibatkan truk trailer di Semarang, mendapat santunan. Sebanyak 2 korban meninggal dan 10 korban luka akibat kecelakaan pada Kamis, 21 November 2024.
     
    Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana, menyampaikan seluruh korban meninggal dunia mendapat santunan Rp50 juta. Santunan diserahkan kepada ahli waris sah. Sementara itu, korban luka mendapat jaminan biaya perawatan maksimal Rp20 juta yang dibayarkan kepada rumah sakit tempat korban dirawat.
     
    “Santunan tersebut merupakan bentuk perlindungan dasar sebagai salah satu wujud kehadiran negara terhadap masyarakat,” kata Dewi dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 November 2024. 
    Menurut dia, upaya pemberian santunan dipercepat oleh pihaknya. Yakni, dengan menindaklanjuti langsung info yang beredar terkait kecelakaan tersebut. 
     
    Petugas, kata Dewi, langsung mendatangi tempat kejadian usai mendapat informasi terkait kecelakaan. Jasa Raharja menyampaikan keprihatinan atas kecelakaan ini.
     
    Di sisi lain, Dewi mengingatkan masyarakat agar mengutamakan kehati-hatian dalam berkendara. Sehingga, potensi kecelakaan dapat diminalisasi.
     

    “Kami terus mengingatkan kepada para pengguna jalan raya agar senantiasa waspada dan berhati-hati. Kami juga mengimbau kepada para pemilik kendaraan, baik pribadi maupun perusahaan, untuk memastikan kelaikkan kendaraan sebelum digunakan untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan,” kata Dewi.
     
    Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu diduga akibat pengendara truck trailer tidak waspada saat jalanan menurun di turunan Silayur. Sehingga, menabrak kendaraan truck colt diesel, beberapa sepeda motor, dan ruko.
     
    Akibat musibah tersebut, 2 orang meninggal dunia dan 10 orang luka. Seluruh korban dievakuasi dan mendapat perawatan di RSUP dr. Kariadi, RS Permata Medika, RS Hermina Pandanaran, dan RSUD Adhyatma Tugurejo.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ADN)

  • Jurus Perusahaan Agar Bisnis Tumbuh Positif

    Jurus Perusahaan Agar Bisnis Tumbuh Positif

    Jakarta: Reputasi perusahaan dan marketing yang baik merupakan salah satu aset yang paling berharga dan penting dalam dunia bisnis. Dengan reputasi yang baik serta digital marketing yang tepat sasaran, maka konsumen dan pelanggan potensial akan lebih percaya pada produk atau layanan yang ditawarkan.
     
    “Kepercayaan ini mendorong loyalitas pelanggan, yang pada gilirannya berdampak positif pada peningkatan penjualan dan pangsa pasar perusahaan,” kata Chairman SWA Media Kemal E. Gani dalam keterangannya, Rabu, 20 November 2024.
     
    VP of Passenger Marketing PT KAI (Persero) Yoga Bhirawa mengakui reputasi positif bagi perusahaan sangatlah penting. Apalagi sebagai perusahaan yang menyediakan jasa, maka reputasi yang baik adalah hal yang sangat penting bagi KAI demi meningkatkan kepuasan pelanggan.
    “Agar mendapat reputasi yang baik kami terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, kenyamanan, keamanan serta kepuasan para penumpang. Dengan penumpang puas, maka akan meningkatkan reputasi perusahaan secara organik,” ujar dia.
     
    Sementara Brand Communication Department Head BRI Danareksa Sekuritas Zayyi Ahsanti menjelaskan brand awareness adalah kunci agar perusahaan terus dipercaya, dikenal dan mendapat nasabah-nasabah baru. BRI Danareksa sendiri membangun brand awareness BRIDS dan BRIGHT melalui saluran digital.
     
    “BRIDS menyadari positioning market saat ini adalah milenial dan Gen Z, sehingga harus fun dan mudah dimengerti. Sementara BRIGHT memiliki positioning yang menyediakan layanan pasar modal yang lengkap bagi investor berpengalaman,” ujarnya.
     

     
    Untuk itu, ajang Indonesia Most Reputable Companies Award 2024, Indonesia Most Reputable Companies Champions 2024 dan Indonesia Digital Marketing Champions 2024 memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang mampu membangun, menjaga reputasi dan digital marketing.
     
    Perusahaan dengan gelar Indonesia Most Reputable Companies Award 2024 di antaranya KMN Eye Care, RS Pondok Indah Group, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance), PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (Semen Dynamix), PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Prudential Life Assurance, PT KAI (Persero) dan PT Jasa Raharja.
     
    Sementara perusahaan yang meraih Indonesia Most Reputable Companies Champions 2024 di antaranya Filantra, Xendit, MS Glow Aesthetic Clinic, Dexa Group dan PT Darya-Varia Laboratoria Tbk. Adapun perusahaan yang meraih Indonesia Digital Marketing Champions 2024 di antaranya Urban Republic (Erajaya Active Lifestyle), Bakpia Kukus Tugu Jogja, PT Chubb Life Insurance Indonesia, PT Prudential Life Assurance, AXA Insurance Indonesia dan PT BRI Danareksa Sekuritas.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Razia Gabungan, 51 Kendaraan di Magetan Kena Sanksi Tilang

    Razia Gabungan, 51 Kendaraan di Magetan Kena Sanksi Tilang

    Magetan (beritajatim.com) – Razia gabungan lintas sektoral yang digelar di Jalan Yosonegoro, Magetan, pada Rabu (20/11/2024), menjaring puluhan pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

    Dimulai pukul 08.00 WIB, razia tersebut memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan dan kondisi teknis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Hasilnya, sebanyak 51 pelanggaran ditemukan, dengan tindakan berupa sanksi tilang. Selain itu, petugas menyita 17 kendaraan, 33 STNK, serta satu unit kendaraan roda empat yang tidak sesuai ketentuan.

    Operasi ini melibatkan Satlantas Polres Magetan, Dinas Perhubungan Magetan, dan Jasa Raharja, dengan tujuan meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

    Menurut KBO Satlantas Polres Magetan, Iptu Bagus, operasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama. “Pelanggaran seperti ini berpotensi besar menyebabkan kecelakaan. Kami terus mengedukasi masyarakat agar lebih sadar dan patuh,” ungkapnya.

    Sementara itu, Dinas Perhubungan Magetan melalui Kasi Lalu Lintas, Ari Susilo, menjelaskan bahwa mayoritas pelanggaran pada kendaraan roda empat terkait ketidaklengkapan uji KIR. Selain itu, ditemukan pula pelanggaran serius seperti truk over dimension overloading (ODOL). “Kami mencatat ada 15 kendaraan yang melanggar, termasuk truk bermuatan berlebih,” ujarnya.

    Apresiasi untuk Pengendara Tertib
    Sebagai bentuk apresiasi, petugas memberikan hadiah kepada pengendara yang mematuhi peraturan lalu lintas. Langkah ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pengguna jalan untuk memprioritaskan keselamatan.

    “Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu melengkapi surat-surat kendaraan dan mematuhi aturan lalu lintas. Hal ini sangat penting demi keselamatan bersama, baik bagi pengendara sendiri maupun pengguna jalan lainnya,” tutup Ari. [fiq/suf]

  • Basuki Hadimuljono Bikin Keok Budi Karya, Resmi Gantikan Ganjar Pranowo – Page 3

    Basuki Hadimuljono Bikin Keok Budi Karya, Resmi Gantikan Ganjar Pranowo – Page 3

    Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, Ph.D., berharap kepengurusan baru Kagama dapat melanjutkan prestasi pendahulu dan memperkuat peran alumni dalam pembangunan bangsa. Senada dengan itu, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, menekankan pentingnya Kagama bersifat adaptif terhadap tantangan seperti teknologi, energi, dan perubahan global.

    “Kagama harus tetap guyub, rukun, migunani, yang berarti tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga untuk negara,” tambah Rivan.

    Ganjar Pranowo, ketua umum sebelumnya, memuji Basuki sebagai figur yang berpengalaman dan relevan untuk melanjutkan estafet kepemimpinan.

    “Saya yakin anggota Kagama di seluruh dunia bisa berkontribusi. Tugas Pak Basuki adalah menghubungkan konteks zaman, waktu, dan isu yang ada,” ujarnya.

    Pembaruan Tata Kelola Kagama

    Selain pengukuhan Basuki, Munas XIV Kagama juga menetapkan enam orang formatur dari 25 calon yang diajukan peserta. Dalam perubahan penting lainnya, organisasi Kagama kini memiliki Dewan Pengawas yang terdiri dari lima anggota, yang dipilih langsung oleh ketua umum terpilih.

    Dengan dukungan penuh dari anggota dan struktur organisasi yang diperbarui, Basuki optimis membawa Kagama menjadi lebih relevan dan berdampak luas bagi masyarakat, bangsa, dan negara. “Kita harus berkolaborasi untuk membangun Gadjah Mada, masyarakat, dan Indonesia,” pungkasnya.

  • Kerap Melanggar, Polisi Gresik Gelar Razia Ratusan Truk di Jalan Daendels Pantura

    Kerap Melanggar, Polisi Gresik Gelar Razia Ratusan Truk di Jalan Daendels Pantura

    Gresik (beritajatim.com) – Kerap melanggar tidak sesuai jam operasional, Polres Gresik bersama petugas gabungan dari TNI, dan unsur terkait melakukan razia terhadap ratusan truk galian C yang melintas di Jalan Daendels Pantura Gresik.

    Dalam razia gabungan itu, ada 104 truk dan 34 mobil pick up yang diperiksa surat kendaraannya. Dari jumlah itu, 17 truk dan 4 mobil pick up dilakukan penilangan karena melanggar peraturan lalu lintas.

    Kasatlantas Polres Gresik AKP Derie Fradesca menuturkan, razia ini melibatkan anggotanya, POM TNI, Dinas Perhubungan, dan Jasa Raharja, bertujuan untuk menekan pelanggaran lalu lintas serta meningkatkan kesadaran pengemudi tentang peraturan yang ada.

    “Kami melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan serta menindak pengendara yang melakukan pelanggaran,” tuturnya, Sabtu (16/11/2024).

    Selain melakukan razia terhadap truk galian c dan pick up. Pihaknya juga melakukam hal yang sama pada kendaraan bermotor. “Ada 179 motor yang kami periksa. Dari jumlah itu, 36 diantaranya terpaksa dilakukan penilangan,” ungkap Derie.

    Alasan dipilihnya Jalan Daendels Pantura Gresik lanjut dia, karena jalan tersebut kerap kali menjadi lalu lalang truk galian C dan sebagian besar melanggar. Baik itu tanpa penutup terpal maupun jam operasional. “Tujuan razia untuk menciptakan jalan raya yang lebih aman dan tertib bagi semua pengguna jalan,” ujarnya.

    Adanya operasi gabungan ini kata dia, diharapkan pengemudi semakin sadar dan patuh terhadap aturan lalu lintas, sehingga keamanan dan ketertiban di jalan dapat terwujud. “Mari bersama-sama menjaga ketertiban di jalan raya demi keselamatan bersama,” pungkas Derie. [dny/kun]

  • Dispar Gunungkidul berlakukan E-Ticketing untuk masuk objek wisata

    Dispar Gunungkidul berlakukan E-Ticketing untuk masuk objek wisata

    kami berharap transaksi non-tunai dapat semakin meningkat dengan dukungan sinergi QRIS dan BPDGunungkidul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberlakukan sistem E-Ticketing berbasis aplikasi MPos untuk masuk objek wisata, yang diharapkan memajukan digitalisasi sektor pariwisata dan meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan tiket di destinasi wisata wilayah itu.

    Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Oneng Windu Wardana di Gunungkidul, Kamis, menyampaikan bahwa sistem E-Ticketing ini telah melewati fase uji coba sejak Juli 2024, melalui berbagai proses evaluasi dan perbaikan, hingga kini siap diluncurkan secara resmi.

    “Peluncuran E-Ticketing ini menggunakan dukungan dana APBD dan kemitraan bersama Jasa Raharja Putra, proyek ini berhasil menyediakan 28 alat E-Ticketing di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Selatan Gunungkidul,” kata Oneng.

    Ia mengatakan pihaknya juga telah mengusulkan penambahan 22 alat untuk mendukung pelayanan lebih optimal.

    Penerapan E-Ticketing ini telah memberikan kontribusi nyata pada pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata yang telah mencapai Rp29 miliar hingga saat ini. Dari jumlah tersebut, Rp2 miliar diperoleh melalui aplikasi MPos, dengan rincian Rp1,4 miliar transaksi tunai dan Rp600 juta transaksi non-tunai.

    “Ke depan, kami berharap transaksi non-tunai dapat semakin meningkat dengan dukungan sinergi QRIS dan BPD,” katanya.

    Baca juga: Dispar Gunungkidul: Kunjungan wisatawan pada 3 hari libur 57.564 orang

    Baca juga: Dispar Gunungkidul usulkan pembangunan 15 ruas jalan dukung pariwisata

    Dalam sambutannya, Brand Manager PT Jasa Raharja Putra Yogyakarta Wahyu Ari Wigati mengungkapkan bangga atas kolaborasi ini. Menurutnya, kerja sama yang telah terjalin selama 10 tahun ini kini semakin kuat dengan program E-Ticketing. Pihaknya berharap dapat memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung maupun petugas.

    “Kami bangga dapat berkolaborasi dalam proses digitalisasi objek wisata di Gunungkidul. sekaligus memasyarakatkan penggunaan teknologi digital di sektor pariwisata,” katanya.

    Plt Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan digitalisasi pariwisata adalah keniscayaan di era modern. Sistem ini diharapkan dapat berdampak signifikan pada peningkatan kualitas layanan pariwisata di Gunungkidul.

    “Kita harus terus berinovasi dan terbuka terhadap kritik agar pelayanan publik semakin optimal. Bukan hanya fokus pada retribusi, tetapi juga mendorong wisatawan untuk memperpanjang masa tinggal mereka, sehingga berdampak positif pada perekonomian lokal,” kata Heri.

    Ia berharap dengan sistem E-Ticketing yang baru ini, pariwisata Gunungkidul dapat menjadi destinasi yang lebih modern dan kompetitif serta memberikan pengalaman lebih baik bagi wisatawan.

    “Hal ini juga menjadi langkah nyata dalam memajukan sektor pariwisata melalui digitalisasi, yang berpotensi menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

    Baca juga: Dispar Gunungkidul: Pendapatan retribusi wisata Rp2,08 miliar

    Baca juga: Dispar Gunungkidul dukung pembangunan Kelok 18 tumbuhkan pariwisata
     

    Pewarta: Sutarmi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • ASDP Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lewat Bazar UMKM

    ASDP Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lewat Bazar UMKM

    Jakarta: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) ikut  membantu memperluas akses pemasaran produk-produk UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berdampak positif bagi ekonomi nasional.
     
    Hal itu dilakukan dengan menggelar Bazar UMKM bertajuk ‘Pesona Timur Indonesia’ yang diselenggarakan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, PT PLN (Persero), PT Jasa Raharja, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), dan mitra seperti Bank Indonesia serta IFG Group.
     
    Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengungkapkan pihaknya secara konsisten mengarahkan dukungannya pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.
    Melalui kolaborasi dengan berbagai BUMN dan institusi terkait, ASDP bertujuan membantu UMKM untuk memperluas akses pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memberikan pendampingan di berbagai bidang, mulai dari manajemen usaha hingga legalitas HAKI. Dengan memperkuat UMKM, ASDP turut berperan dalam mendorong ekonomi inklusif dan berkelanjutan.
     
    “Melalui rangkaian kegiatan ini, ASDP ingin membuka peluang bagi pelaku usaha kecil untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas, sekaligus menciptakan kesadaran masyarakat akan potensi produk lokal,” kata Shelvy dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 13 November 2024.
     
    Shelvy menjelaskan, upaya ini merupakan perwujudan misi ASDP dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah, khususnya di wilayah Timur Indonesia yang kaya akan produk dan budaya unik.
     
    Program ini pun sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).
     
    “Kami mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal dan menjelajahi keindahan Indonesia. Dengan kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang beragam, produk UMKM kita memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian nasional,” tutur Shelvy.
     

     

    Dorong pengembangan produk lokal

    Shelvy menambahkan, TJSL ASDP terus mengedepankan pemberdayaan UMKM dan pengembangan produk lokal yang bisa dinikmati masyarakat luas. Dalam bazar di Labuan Bajo, sebanyak 121 UMKM terlibat, dengan 80 UMKM hadir secara langsung dan 41 lainnya secara daring.
     
    Partisipan ini terdiri dari 67 mitra binaan BUMN penyelenggara, 21 mitra binaan Pemerintah Provinsi NTT, 15 mitra binaan Rumah BUMN Labuan Bajo, 17 mitra binaan Bank Indonesia, dan satu mitra dari Dekranasda.
     
    Acara ini juga didukung dengan workshop pengembangan kapasitas, seperti workshop digital konten promosi, workshop kain tenun, dan workshop pengolahan kopi. Mengingat kopi sebagai komoditas penting di kawasan Timur Indonesia, peserta UMKM juga diperkenalkan dengan seni Latte Art, memperkaya keterampilan mereka dalam menambah nilai produk kopi lokal.
     
    Dukungan ASDP dalam pemberdayaan UMKM ini juga merupakan wujud komitmen perusahaan pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup pengentasan kemiskinan, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kesenjangan, serta kemitraan untuk mencapai tujuan pembangunan.
     
    Hingga November 2024, ASDP telah menyalurkan dana sebesar Rp737,9 juta untuk mendukung pelatihan HAKI, penguatan distribusi produk UMKM, serta penyelenggaraan bazar.
     
    “Kami percaya, keberlanjutan UMKM berkontribusi pada pembangunan daerah, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan. Diharapkan, minat pada produk lokal akan terus meningkat dan menjadi motor penggerak ekonomi nasional,” tutup Shelvy.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • ASDP hadirkan Bazar UMKM Pesona Indonesia Timur

    ASDP hadirkan Bazar UMKM Pesona Indonesia Timur

    Bazar ini menjadi ajang strategis untuk memperluas akses pemasaran produk-produk UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerahJakarta (ANTARA) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan kementerian dan sejumlah BUMN menyelenggarakan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertajuk Pesona Timur Indonesia.

    Terakhir kegiatan ini berlangsung di Marina Plaza Hotel Meruorah Labuan Bajo, NTT, pada 8-10 November 2024 dan akan dilanjutkan di Sarinah Jakarta, pada 21-24 November 2024.

    Sejumlah pihak terlibat dalam kegiatan ini yaitu Kementerian BUMN, PT PLN (Persero), PT Jasa Raharja, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), dan mitra seperti Bank Indonesia serta IFG Group.

    “Bazar ini menjadi ajang strategis untuk memperluas akses pemasaran produk-produk UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berdampak positif bagi ekonomi nasional,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

    Melalui kolaborasi dengan berbagai BUMN dan institusi terkait, ASDP bertujuan membantu UMKM untuk memperluas akses pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memberikan pendampingan di berbagai bidang, mulai dari manajemen usaha hingga legalitas HAKI. Dengan memperkuat UMKM, ASDP turut berperan dalam mendorong ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

    ASDP juga menginisiasi beragam program pelatihan dan bazar UMKM, termasuk pada kegiatan Pesona Timur Indonesia. Melalui rangkaian kegiatan ini, ASDP ingin membuka peluang bagi pelaku usaha kecil untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas, sekaligus menciptakan kesadaran masyarakat akan potensi produk lokal.

    Upaya ini merupakan perwujudan misi ASDP dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah, khususnya di wilayah Timur Indonesia yang kaya akan produk dan budaya unik,” ujar Shelvy.

    Baca juga: ASDP operasikan KMP Cucut dampak penutupan bandara di Labuan Bajo

    Baca juga: Wamenhub cek kesiapan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

    Program ini pun sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI). “Kami mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal dan menjelajahi keindahan Indonesia. Dengan kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang beragam, produk UMKM kita memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian nasional,” jelasnya.

    Shelvy menambahkan TJSL ASDP terus mengedepankan pemberdayaan UMKM dan pengembangan produk lokal yang bisa dinikmati masyarakat luas. Dalam bazar di Labuan Bajo, sebanyak 121 UMKM terlibat, dengan 80 UMKM hadir secara langsung dan 41 lainnya secara daring.

    Partisipan ini terdiri dari 67 mitra binaan BUMN penyelenggara, 21 mitra binaan Pemerintah Provinsi NTT, 15 mitra binaan Rumah BUMN Labuan Bajo, 17 mitra binaan Bank Indonesia, dan 1 mitra dari Dekranasda.

    Acara ini juga didukung dengan workshop pengembangan kapasitas, seperti workshop digital konten promosi, kain tenun, dan ​​​​pengolahan kopi. Mengingat kopi sebagai komoditas penting di kawasan Timur Indonesia, peserta UMKM juga diperkenalkan dengan seni Latte Art, memperkaya keterampilan mereka dalam menambah nilai produk kopi lokal.

    Dukungan ASDP dalam pemberdayaan UMKM ini juga merupakan wujud komitmen perusahaan pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup pengentasan kemiskinan, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kesenjangan, serta kemitraan untuk mencapai tujuan pembangunan.

    Hingga November 2024, ASDP telah menyalurkan dana sebesar Rp737,9 juta untuk mendukung pelatihan HAKI, penguatan distribusi produk UMKM, serta penyelenggaraan bazar.

    “Kami percaya, keberlanjutan UMKM berkontribusi pada pembangunan daerah, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan. Diharapkan, minat pada produk lokal akan terus meningkat dan menjadi motor penggerak ekonomi nasional,” tutup Shelvy.

    Baca juga: ASDP sebut telah layani 24 lintasan penyeberangan di NTT

    Baca juga: ASDP perkuat digitalisasi Ferizy hadapi liburan Natal-Tahun Baru 2025

    Pewarta: Ahmad Wijaya
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tumbuhkan Ekonomi, ASDP Gelar Bazar UMKM ‘Pesona Timur Indonesia’

    Tumbuhkan Ekonomi, ASDP Gelar Bazar UMKM ‘Pesona Timur Indonesia’

    Jakarta

    PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, PT PLN (Persero), PT Jasa Raharja, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), dan mitra seperti Bank Indonesia serta IFG Group menggelar Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertajuk ‘Pesona Timur Indonesia’.

    Kegiatan ini berlangsung di Marina Plaza Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, pada 8-10 November dan akan dilanjutkan di Sarinah, Jakarta, pada 21-24 November 2024 mendatang.
    Bazar ini menjadi ajang strategis untuk memperluas akses pemasaran produk-produk UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berdampak positif bagi ekonomi nasional.

    Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengungkapkan, sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), ASDP secara konsisten mengarahkan dukungannya pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Melalui kolaborasi dengan berbagai BUMN dan institusi terkait, ASDP bertujuan membantu UMKM untuk memperluas akses pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memberikan pendampingan di berbagai bidang, mulai dari manajemen usaha hingga legalitas HAKI. Dengan memperkuat UMKM, ASDP turut berperan dalam mendorong ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

    “ASDP juga menginisiasi beragam program pelatihan dan bazar UMKM, termasuk pada kegiatan ‘Pesona Timur Indonesia’. Melalui rangkaian kegiatan ini, ASDP ingin membuka peluang bagi pelaku usaha kecil untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas, sekaligus menciptakan kesadaran masyarakat akan potensi produk lokal. Upaya ini merupakan perwujudan misi ASDP dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah, khususnya di wilayah Timur Indonesia yang kaya akan produk dan budaya unik,” ujar Shelvy.

    Program ini pun sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI). “Kami mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal dan menjelajahi keindahan Indonesia. Dengan kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang beragam, produk UMKM kita memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian nasional,” jelasnya.

    Shelvy menambahkan, TJSL ASDP terus mengedepankan pemberdayaan UMKM dan pengembangan produk lokal yang bisa dinikmati masyarakat luas. Dalam bazar di Labuan Bajo, sebanyak 121 UMKM terlibat, dengan 80 UMKM hadir secara langsung dan 41 lainnya secara daring. Partisipan ini terdiri dari 67 mitra binaan BUMN penyelenggara, 21 mitra binaan Pemerintah Provinsi NTT, 15 mitra binaan Rumah BUMN Labuan Bajo, 17 mitra binaan Bank Indonesia, dan 1 mitra dari Dekranasda.

    Acara ini juga didukung dengan workshop pengembangan kapasitas, seperti workshop digital konten promosi, workshop kain tenun, dan workshop pengolahan kopi. Mengingat kopi sebagai komoditas penting di kawasan Timur Indonesia, peserta UMKM juga diperkenalkan dengan seni Latte Art, memperkaya keterampilan mereka dalam menambah nilai produk kopi lokal.

    Dukungan ASDP dalam pemberdayaan UMKM ini juga merupakan wujud komitmen perusahaan pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup pengentasan kemiskinan, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kesenjangan, serta kemitraan untuk mencapai tujuan pembangunan.

    Hingga November 2024, ASDP telah menyalurkan dana sebesar Rp737,9 juta untuk mendukung pelatihan HAKI, penguatan distribusi produk UMKM, serta penyelenggaraan bazar. “Kami percaya, keberlanjutan UMKM berkontribusi pada pembangunan daerah, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan. Diharapkan, minat pada produk lokal akan terus meningkat dan menjadi motor penggerak ekonomi nasional,” tutup Shelvy.

    Lihat juga video: Alasan KUR Tidak Masuk Program Pemutihan Kredit UMKM

    (prf/ega)

  • Segini Nominal Santunan Jasa Raharja bagi Korban Kecelakaan Maut Tol Cipularang

    Segini Nominal Santunan Jasa Raharja bagi Korban Kecelakaan Maut Tol Cipularang