Perusahaan: Instagram

  • Tiket Kereta Api Libur Nataru 2024/2025 Sudah Bisa Dipesan, Cek Infonya

    Tiket Kereta Api Libur Nataru 2024/2025 Sudah Bisa Dipesan, Cek Infonya

    Jakarta

    Tiket kereta api (KA) untuk masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) sudah bisa dipesan. Penjualan tiket ka untuk libur Nataru 2024/2024 ini sudah bisa dipesan untuk keberangkatan mulai tanggal 19 Desember 2024.

    Seperti dilansir akun resminya (Instagram @kai121_), Selasa (06/11/2024), KAI juga telah merilis informasi tanggal pemesanan dan tanggal keberangkatan yang tersedia untuk bisa dipesan. Tanggal keberangkatan terdekat adalah pada 19 Desember 2024 yang bisa dipesan sejak 4 November 2024. Sementara tanggal keberangkatan terjauh adalah pada 5 Januari 2025 yang bisa dipesan sejak 21 November 2024.

    Mengutip dari unggahan KAI, berikut ini informasi lengkap seputar pemesanan tiket ka untuk masa libur Nataru 2024/2025:

    Pemesanan 4 November 2024: Keberangkatan 19 Desember 2024Pemesanan 5 November 2024: Keberangkatan 20 Desember 2024Pemesanan 6 November 2024: Keberangkatan 21 Desember 2024Pemesanan 7 November 2024: Keberangkatan 22 Desember 2024Pemesanan 8 November 2024: Keberangkatan 23 Desember 2024Pemesanan 9 November 2024: Keberangkatan 24 Desember 2024Pemesanan 10 November 2024: Keberangkatan 25 Desember 2024Pemesanan 11 November 2024: Keberangkatan 26 Desember 2024Pemesanan 12 November 2024: Keberangkatan 27 Desember 2024Pemesanan 13 November 2024: Keberangkatan 28 Desember 2024Pemesanan 14 November 2024: Keberangkatan 29 Desember 2024Pemesanan 15 November 2024: Keberangkatan 30 Desember 2024Pemesanan 16 November 2024: Keberangkatan 31 Desember 2024Pemesanan 17 November 2024: Keberangkatan 1 Januari 2025Pemesanan 18 November 2024: Keberangkatan 2 Januari 2025Pemesanan 19 November 2024: Keberangkatan 3 Januari 2025Pemesanan 20 November 2024: Keberangkatan 4 Januari 2025Pemesanan 21 November 2024: Keberangkatan 5 Januari 2025Hal-hal yang Penting Diperhatikan saat Pemesanan

    Selain itu, KAI turut menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait pemesanan tiket kereta api untuk masa libur Nataru 2024/2025, yaitu:

    Pastikan tanggal dan jam keberangkatan tiket telah sesuai.Teliti dan cek kembali saat memasukkan data penumpang.Pastikan rute serta stasiun keberangkatan dan tujuan sesuai.Cara Pesan Tiket Kereta Api Libur Nataru 2024/2025

    Untuk pemesanan tiket kereta api masa libur Nataru 2024/2025 sudah dapat dipesan secara online melalui aplikasi Access by KAI atau website resmi KAI di https://booking.kai.id/, serta mitra penjualan resmi KAI lainnya.

    Cara pesan tiket kereta api via aplikasi:

    Buka aplikasi Access by KAIPilih menu tiket kereta apiPilih stasiun asal dan stasiun tujuanPilih tanggal keberangkatan yang tersediaMasukkan jumlah penumpang dewasa dan bayiKlik tombol “Cari Tiket”Pilih jenis kereta dan jam keberangkatanMasukkan data pemesan dan data penumpangKlik tombol “Lanjutkan”Pastikan data benar, lalu lanjut ke pembayaranLakukan pembayaran sesuai metode yang adaJika sudah, maka informasi tiket akan muncul.Buka website https://booking.kai.id/Pilih stasiun asal dan stasiun tujuanPilih tanggal keberangkatan yang tersediaMasukkan jumlah penumpang dewasa dan bayiKlik tombol “Cari & Pesan Tiket”Pilih jenis kereta dan jam keberangkatanKlik tombol “Pesan”Masukkan data pemesan dan data penumpangMasukkan kode captcha, lalu klik “Pesan”Pastikan data benar, lalu lanjut ke pembayaranLakukan pembayaran sesuai metode yang adaJika sudah, informasi tiket akan dikirim via e-mail.

    (wia/imk)

  • Catat Jadwal KJP Plus Tahap 1 Siap Cair November 2024, Segini Besarannya

    Catat Jadwal KJP Plus Tahap 1 Siap Cair November 2024, Segini Besarannya

    JABAR EKSPRES – Jadwal pencairan KJP Plus tahap 1 November 2024 dinantikan oleh ribuan siswa di Jakarta. Simak jadwal, rincian dana, dan tips cara mengecek informasi resmi agar tidak ketinggalan.

    Bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus tahap pertama untuk bulan November 2024 segera cair, memberikan dukungan pendidikan yang sangat dinantikan. Bagi ribuan siswa dari keluarga kurang mampu, program KJP Plus ini menjadi sumber pendanaan utama untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Namun, kapan tepatnya dana ini akan cair?

    Meski tanggal 4 November telah berlalu, yang biasanya jadi patokan pencairan bulanan, hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak terkait. Berdasarkan pencairan sebelumnya, kemungkinan besar dana akan disalurkan pada minggu pertama atau kedua bulan ini.

    Para penerima sangat disarankan untuk memantau informasi terbaru dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta atau melalui akun Instagram resmi Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP). Informasi ini penting agar penerima dapat bersiap dengan tepat.

    BACA JUGA: Mainkan 1x Dapetin Saldo Rp272.000 Ribu Perhari dari Game Receh, Cair ke Dompet Elektronik DANA Gratis

    Selain jadwal, besaran dana KJP Plus tahap 1 yang diterima tiap siswa juga berbeda-beda tergantung pada jenjang pendidikan mereka. Berikut rincian lengkap bantuan KJP Plus per jenjang pendidikan:

    SD/MIBiaya rutin: Rp135.000Biaya berkala: Rp115.000Total bulanan: Rp250.000Tambahan SPP (untuk sekolah swasta): Rp130.000SMP/MTsBiaya rutin: Rp185.000Biaya berkala: Rp115.000Total bulanan: Rp300.000Tambahan SPP (untuk sekolah swasta): Rp170.000SMA/MABiaya rutin: Rp235.000Biaya berkala: Rp185.000Total bulanan: Rp420.000Tambahan SPP (untuk sekolah swasta): Rp290.000SMKBiaya rutin: Rp235.000Biaya berkala: Rp215.000Total bulanan: Rp450.000Tambahan SPP (untuk sekolah swasta): Rp240.000PKBM (Paket A/B/C)Biaya rutin: Rp185.000Biaya berkala: Rp115.000Total bulanan: Rp300.000

    Selain itu, sebagian dana ini dapat digunakan secara tunai hingga Rp100.000 per bulan, sementara sisanya disalurkan dalam bentuk non-tunai untuk kebutuhan pendidikan, seperti membeli alat tulis atau seragam sekolah.

    Bagi siswa yang bersekolah di lembaga swasta, ada tambahan dana untuk pembayaran SPP yang langsung dibayarkan melalui rekening sekolah. Dengan adanya dukungan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap agar siswa dari semua kalangan bisa mendapat akses pendidikan yang lebih baik.

  • Ingin Bergaya Hidup Mewah, Seorang Gadis di Sukabumi Jadi Promotor Judi Online

    Ingin Bergaya Hidup Mewah, Seorang Gadis di Sukabumi Jadi Promotor Judi Online

    Liputan6.com, Sukabumi – Seorang perempuan inisial AZ alias A (23) asal Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi diamankan Satreskrim Polres Sukabumi Kota usai terbukti mempromosikan judi online lewat akun sosial media instagram. 

    Polisi juga mengamankan seorang pria inisial RA (25) yang mempromosikan judi online lewat sosial media Facebook, dengan tiga akun berbeda. 

    Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi mengatakan, kedua pelaku mempromosikan judi online (judol) atau slot melalui dua platform sosial media berbeda. Tersangka mendapat keuntungan setelah mengunggah konten video bermain judi online dan link slot.

    “Dari absen promosi judi online, yang mana dari hasil promosi dilaporkan di aplikasi telegram untuk mendapat keuntungan sebesar Rp500 ribu sampai Rp2 juta untuk setiap unggahan,” ujar Rita di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (6/11/2024). 

    Saat diinterogasi polisi, pelaku inisial AZ mengaku alasan tak mempunyai pekerjaan tetap membuat dirinya tergiur keuntungan yang didapat dari promosi judi online untuk memenuhi gaya hidup. 

    “(Kegiatan apa?) Main, diam saja, main nongkrong doang ngopi gitu. (Kuliah?) Enggak, lulusan SMA, enggak kuliah. (Kenapa tidak cari kerja?) Belum bu, rencana ada,” ucap AZ. 

    AZ menyebut, tawaran sebagai promotor judi online itu sempat ditolak, namun akhirnya diterima karena iming-iming pembayaran di awal, sebelum mengunggah konten promosi judi slot. 

    “Ditolak dulu untuk kedua kali, yang ketiga baru mau. (Alasannya?) Kepepet karena dia nawarin uang langsung transfer. Posisinya lagi butuh untuk pribadi keseharian saja, lifestyle (gaya hidup) sih banyaknya,” ungkapnya.

    Rita menyebut, pelaku mencairkan uang hasil promo slot tersebut setiap 15 hari setelah pelaporan pada aplikasi instagram. Adapun barang bukti yang diamankan, diantaranya satu unit PC dan CPU berwarna hitam, satu unit layar monitor, 2 smartphone berbagai merk, dan 3 kartu ATM, serta rekening koran bank.

     

     

  • 3 Zona Rasa-Penghargaan Tenant, Ini Daya Tarik Pucuk Coolinary Festival 2024

    3 Zona Rasa-Penghargaan Tenant, Ini Daya Tarik Pucuk Coolinary Festival 2024

    Jakarta

    Pucuk Coolinary Festival sukses digelar pada tanggal 2-3 November di Gelora Bung Karno (GBK) Parkir Timur Senayan. Dengan menghadirkan lebih dari 200 tenant yang menawarkan lebih dari 500 pilihan menu yang sedang tren atau populer (FYP), festival tahunan ini sukses mencuri perhatian ratusan ribu pencinta kuliner Tanah Air.

    Pucuk Coolinary Festival 2024 menampilkan tiga zona rasa yang unik: Pedas Land, Gurih Land, dan Manis Land. Ragam makanan mulai dari rujak pedas, siomay gurih, hingga dessert manis dapat ditemukan di festival ini, cocok ditemani dengan Teh Pucuk Harum yang menyegarkan dan dikenal sebagai minuman yang nggak bikin nyangkut di leher.

    Gaet Pemerintah Beri Dukungan bagi Pelaku UMKM Kuliner

    Bukan sekadar ajang kuliner, Pucuk Coolinary Festival 2024 juga menjadi wadah untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas. Acara yang merupakan kerja sama dengan pemerintah ini, dinilai semakin memberikan peluang bagi pelaku usaha kuliner untuk memperkenalkan produk mereka kepada audiens yang lebih luas. Seluruh tenant yang berpartisipasi dapat bergabung secara gratis (free of charge), bahkan Teh Pucuk Harum juga membiayai transportasi dan akomodasi tenant dari luar kota.

    “Kami berkomitmen memberikan kesempatan kepada UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dukungan ini merupakan bentuk nyata kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam memajukan sektor kuliner Indonesia agar lebih dikenal, kreatif, dan inovatif,” ujar Senior Marketing Manager Teh Pucuk Harum Gina Iswary dalam keterangan tertulis, Rabu (6/11/2024).

    Penghargaan untuk Tenant Favorit: ‘Tenant Ter-Pucuk’

    Pedas Land: Rujak Bang ShultanGurih Land: Siomay JJnan BakenaryManis Land: SALAD NYOO

    Ketiga tenant pemenang mendapatkan dana apresiasi serta sertifikat penghargaan dari Teh Pucuk Harum. Penghargaan juga diberikan kepada juara 2 dan 3 dari setiap zona rasa, seperti Ayam Renald, Aaa nggaa? Itsfrydays, dan Es Pisang Ijo PEMUDA.

    Foto: Teh Pucuk Harum

    “Rasanya bangga sekali bisa meraih penghargaan Tenant Ter-Pucuk,” kata Yusup Maulana, pemilik Rujak Bang Shultan, salah satu tenant yang mendapatkan voting terbanyak.

    “Kami sangat berterima kasih kepada Teh Pucuk Harum atas dukungannya dan berharap bisa terus berpartisipasi di acara mendatang,” tuturnya.

    Doorprize Menarik bagi Pengunjung

    Selain mencicipi ragam kuliner, pengunjung yang ikut serta dalam voting tenant juga berkesempatan mendapatkan berbagai doorprize menarik. Ada dua unit sepeda motor, puluhan smartphone, televisi, kipas angin, serta berbagai hadiah menarik lainnya yang dibagikan kepada pengunjung beruntung.

    Teh Pucuk Harum: Pendamping Sempurna untuk Semua Rasa

    Pucuk Coolinary Festival tak lepas dari peran Teh Pucuk Harum sebagai pendamping kuliner utama. Teh Pucuk Harum, dengan rasa manis yang pas dan segarnya yang khas, menjadi minuman yang cocok untuk segala jenis makanan. Teh Pucuk Harum menawarkan sensasi rasa yang mampu melengkapi setiap sajian baik pedas, manis, maupun gurih, tanpa memberikan rasa ‘nyangkut di leher’.

    Gelaran Pucuk Coolinary Festival Selanjutnya

    Tak cuma di Jakarta, kabar baiknya kemeriahan Pucuk Coolinary Festival masih akan berlanjut di kota-kota lainnya. Festival kuliner ini bakal mampir di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Medan, Palembang, dan Bali.

    Hal ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pecinta kuliner di berbagai daerah sekaligus memperkenalkan produk-produk UMKM kuliner lokal ke pasar yang lebih luas. Jangan sampai ketinggalan! Hadirkan pengalaman kuliner tak terlupakan bersama Teh Pucuk Harum di Pucuk Coolinary Festival!

    Untuk informasi terbaru seputar jadwal dan lokasi Pucuk Coolinary Festival berikutnya, masyarakat dapat mengikuti Instagram resmi Teh Pucuk Harum di @pucukharumid.

    (akn/ega)

  • Pertamina Eco RunFest 2024 Jadi Ajang Lari Karbon Netral Pertama di RI

    Pertamina Eco RunFest 2024 Jadi Ajang Lari Karbon Netral Pertama di RI

    Jakarta

    PT Pertamina (Persero) mengumumkan penyelenggaraan Pertamina Eco RunFest 2024 yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada hari Minggu, 24 November 2024. Acara tahunan ini bakal diikuti oleh lebih dari 21 ribu peserta untuk Eco Run maupun Eco Festival.

    Uniknya, acara ini menjadi ajang lari pertama di Indonesia yang mengikuti Carbon Neutral Event, atau perdagangan karbon untuk dekarbonisasi, dengan estimasi pengurangan emisi hingga 876 ton Co2.

    Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S. Poerwadi mengungkapkan Pertamina Eco RunFest 2024 tidak hanya sekadar ajang lari, tetapi juga sarana untuk menyebarkan energi positif kepada masyarakat. Di samping itu untuk membentuk kesadaran akan pentingnya sustainable living, atau gaya hidup berkelanjutan guna mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

    “Dengan tema Energizing the Change, acara Pertamina Eco RunFest 2024 mendorong masyarakat untuk menerapkan hidup yang lebih sehat dan lebih hijau, serta menjaga bumi dengan aksi berkelanjutan melalui beragam aktivitas ramah lingkungan,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/11/2024).

    Hal itu dia sampaikan di acara Press Conference Pertamina Eco RunFest 2024 yang digelar di Jakarta.

    Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan seluruh elemen acara nantinya akan mengusung konsep zero plastics dengan penggunaan material ramah lingkungan, pengelolaan sampah dan limbah yang baik, serta penyediaan water station untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

    Memperkuat komitmen tersebut, Pertamina juga mengikutkan event Eco RunFest 2024 dalam Carbon Neutral Event, yakni melakukan perdagangan karbon (carbon credit) dari emisi, yang setelah dihitung dengan perhitungan IDX Carbon, emisi ini diperkirakan mencapai 876 ton CO2. Jumlah karbon yang dihasilkan pada event ini, di antaranya berasal dari penggunaan pesawat para peserta event, penggunaan kendaraan, penggunaan energi selama proses kegiatan, serta perhitungan sampah.

    “Dengan kampanye ramah lingkungan, kami berharap acara ini akan membawa masyarakat dari segala kelompok usia untuk merasakan pengalaman lari yang penuh semangat, sekaligus inspirasi gaya hidup berkelanjutan. Kami juga didukung oleh partner seperti Savoria Group dan Schneider Electric Indonesia yang mendukung konsep sustainable living, yang juga punya semangat sama dalam keberlangsungan bumi dan lingkungan,” tambah Fadjar.

    Sementara itu, pada Eco Fest, terdapat Energizing Music Festival yang menampilkan musisi dari berbagai genre pada tiga panggung besar, diantaranya Happy Asmara, Hivi, Tipe-X, Tiara Andini, Tulus, Maliq & D’Essentials, Sal Priadi, Mahalini, Juicy Luicy, Feel Koplo, Vidi Aldiano, Nadin Amizah, Reality Club, dan Vierratale. Selain itu, masyarakat dapat mengikuti berbagai kegiatan Eco Workshop berupa kreativitas ramah lingkungan yang dapat diikuti oleh semua kalangan, mulai dari anak hingga dewasa. Serta, beragam tenant dalam area Eco Market, yang menyediakan produk makanan serta minuman, dan produk ramah lingkungan.

    “Kami mengapresiasi dukungan masyarakat pada kegiatan lari yang juga mengusung konsep sustainable living ini, sehingga seluruh tiket Pertamina Eco RunFest 2024 dapat terjual habis melalui aplikasi MyPertamina. Hal ini membuktikan masyarakat memiliki perhatian besar dalam mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik,” ujar Fadjar.

    Fadjar berharap Pertamina Eco Run Fest 2024 dapat mengulang kesuksesan ajang tahun sebelumnya, di mana selain diikuti oleh hampir 20 ribu pelari dan penonton, acara ini juga berhasil mendaur ulang 1.746 Kg sampah.

    “Kami berharap, Pertamina Eco RunFest akan terus berkembang menjadi acara yang dinantikan setiap tahunnya, menjadi bagian dari perubahan positif bagi alam dan lingkungan,” tutup Fadjar.

    Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Pertamina Eco Run Fest 2024 pada situs resmi https:// pertaminaecorunfest.com atau Instagram @pertamina.ecorunfest.

    (akn/ega)

  • 3 Ucapan Nikita Mirzani yang Bikin Razman Nasution Buat Laporan ke Polisi

    3 Ucapan Nikita Mirzani yang Bikin Razman Nasution Buat Laporan ke Polisi

    Jakarta, Beritasatu.com – Kuasa hukum Razman Arif Nasution, Rahmad Riadi menjelaskan alasan kliennya melaporkan selebritas Nikita Mirzani ke Polres Jakarta Selatan terkait dugaan pencemaran nama baik. Rahmad Riadi menyebut ada tiga ucapan dari Nikita Mirzani yang dianggap menyakiti hati Razman.

    “Pak Razman datang ke Polres untuk menyerahkan bukti-bukti terkait ucapan saudari NM di Instagram miliknya, yang disampaikan dalam bentuk jeruk lemon. Dalam unggahan itu terdapat beberapa ucapan yang menyakiti perasaan Pak Razman,” ujar Rahmad Riadi saat ditemui di Polres Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2024).

    Rahmad Riadi menjelaskan, Nikita Mirzani mengunggah beberapa video yang kini dijadikan bukti dalam laporan ke polisi. Ada enam video yang disampaikan kepada penyidik. Keenam video itu diunggah pada 27 September, 3 Oktober, 5 Oktober, dan 7 Oktober 2024.

    “Pada salah satu video, saudari NM menyebutkan Pak Razman tidak membayar pajak. Itu adalah informasi yang keliru. Pak Razman sudah menjelaskan bahwa masalah pajak yang terkait dengan gedung Rasuna Office Park adalah hal yang berbeda,” katanya.

    Selain itu, Nikita Mirzani juga menuduh Razman Arif Nasution bukan lagi seorang pengacara. Rahmad menegaskan, tuduhan ini tidak benar, mengingat hingga saat ini Razman masih aktif mendampingi klien, seperti Vadel Badjideh.

    “Pak Razman masih mendampingi Vadel Badjideh di polda, serta hadir dalam persidangan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dan Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Jadi, tuduhan yang disampaikan saudari NM ini tidak sesuai dengan kenyataan,” jelas Rahmad.

    Terakhir, ucapan Nikita Mirzani dianggap melecehkan Razman secara pribadi. “Saudari NM menyebut Pak Razman sebagai orang miskin dan bau mulut. Bahkan, dia mengunggah meme yang menghina Pak Razman dengan menggambarkan tubuhnya kecil, dan ada meme lain yang menyamakan Pak Razman dengan kura-kura ninja. Semua ini jelas mencemarkan nama baik Pak Razman,” tandasnya.

  • Diledek Ahmad Dhani Jadi Duda, Ari Lasso: Jangan Dengarkan Dia

    Diledek Ahmad Dhani Jadi Duda, Ari Lasso: Jangan Dengarkan Dia

    Jakarta, Beritasatu.com – Musisi Ari Lasso memberikan tanggapan santai terhadap candaan sahabatnya, Ahmad Dhani yang meledek dirinya karena telah menjadi duda.

    “Walah, Dhani mah jangan didengarkan,” ujar Ari Lasso dikutip dari channel YouTube, Rabu (6/11/2024).

    Ari Lasso menjelaskan, Ahmad Dhani memang dikenal sebagai sosok yang suka bercanda dengan teman-temannya, termasuk dirinya.

    “Dia (Ahmad Dhani) memang seperti itu, jangan diseriuskan kalau dia bicara. Dia hanya bercanda saja,” kata Ari dengan santai.

    Sebelumnya, kabar perceraian musisi Ari Lasso mengejutkan banyak orang. Ari mengumumkan berakhirnya pernikahan yang telah berlangsung selama 25 tahun melalui akun Instagram pribadinya @ari_lasso, pada Februari 2024.

    Ia menyebutkan, perceraian tersebut resmi terjadi pada momen ulang tahun pernikahan mereka.

    Berita perceraian Ari Lasso ini pun menuai berbagai reaksi, baik dari netizen maupun teman-teman dekatnya. Salah satu komentar yang menarik datang dari Ahmad Dhani, yang melontarkan candaan mengenai status baru Ari sebagai duda.

    “Akhirnya merasakan juga menjadi duda,” kata Ahmad Dhani dalam unggahan yang dikutip pada Minggu (27/10/2024).

  • Laporan Razman Arif Nasution terhadap Nikita MirzaniMasih Diselidiki Polres Jakarta Selatan

    Laporan Razman Arif Nasution terhadap Nikita MirzaniMasih Diselidiki Polres Jakarta Selatan

    Jakarta, Beritasatu.com – Humas Polres Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi memastikan, kasus yang dilaporkan oleh Razman Arif Nasution (RAN) terhadap selebritas Nikita Mirzani (NM) masih berada dalam tahap penyelidikan.

    “Kasus yang dilaporkan oleh saudara RAN terhadap saudari NM ini masih dalam tahap penyelidikan,” kata AKP Nurma Dewi saat ditemui di Polres Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2024).

    AKP Nurma Dewi menjelaskan hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan terhadap Razman Arif Nasution terkait pelaporannya kepada Polres Jakarta Selatan.

    “Untuk saat ini, saudara Razman Arif Nasution masih diperiksa oleh penyidik terkait klarifikasi atas pelaporannya,” ujarnya.

    Selain itu, AKP Nurma Dewi memberikan informasi terkait kasus yang melibatkan Vadel Alfajar Badjideh (VAB), yang masih dalam tahap penjadwalan pemeriksaan.

    “Kasus Vadel Badjideh masih dijadwalkan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

    AKP Nurma Dewi menambahkan, dalam kasus yang dilaporkan Nikita Mirzani, penyidik telah memeriksa sebanyak 16 orang saksi, termasuk Nikita Mirzani sendiri. Saat ini, kasus tersebut telah memasuki tahap penyidikan, dengan berkas acara pemeriksaan (BAP) terhadap 16 saksi yang telah selesai dilakukan.

    Sebelumnya, ayahnya Vadel Badjideh, Umar Badjideh didampingi kuasa hukumnya, Razman Arif Nasution melaporkan Nikita Mirzani ke Polres Jakarta Selatan atas tuduhan pencemaran nama baik pada Senin, 7 Oktober 2024.

    “Saya datang ke Polres Jakarta Selatan untuk melaporkan seorang wanita (Nikita Mirzani) yang telah menghina saya dan keluarga di Instagram miliknya,” kata Umar Badjideh saat memberikan keterangan di Polres Jakarta Selatan.

    Selain keluarga Vadel, Razman Arif Nasution juga melaporkan Nikita Mirzani dengan tuduhan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Laporan ini merupakan respons lantaran dirinya dihina oleh Nikita Mirzani di media sosial miliknya.

  • Pelajaran dari strategi komunikasi Jokowi untuk Pemerintahan Prabowo

    Pelajaran dari strategi komunikasi Jokowi untuk Pemerintahan Prabowo

    Jakarta (ANTARA) – Memasuki era baru di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto, terdapat pelajaran penting yang bisa diambil dari strategi komunikasi Joko Widodo selama satu dekade sebelumnya.

    Dari penggunaan media sosial hingga pendekatan blusukan, Jokowi telah membentuk pola komunikasi yang tidak hanya memperkenalkan pemimpin sebagai “presiden rakyat”, tetapi juga berhasil menciptakan kedekatan yang mendalam antara pemerintah dan masyarakat. Meskipun demikian, tantangan-tantangan yang dihadapi selama era Jokowi menunjukkan bahwa komunikasi pemerintah harus terus berkembang, terutama di era digital yang cepat berubah ini.

    Beberapa pelajaran dapat menjadi landasan penting bagi pemerintahan baru untuk membangun komunikasi yang efektif, transparan, dan adaptif.

    Pertama, komunikasi media sosial. Salah satu strategi paling menonjol dari pemerintahan Jokowi adalah pemanfaatan media sosial untuk menjangkau masyarakat. Selama bertahun-tahun, Jokowi memanfaatkan platform, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk berkomunikasi langsung dengan rakyat, terutama generasi muda. Langkah ini memberikan kesan pemimpin yang dekat dengan masyarakat, yang secara langsung hadir di ruang-ruang digital tempat rakyat banyak menghabiskan waktu mereka.

    Hanya saja, meskipun strategi media sosial ini sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas, tantangan besar yang muncul adalah kurangnya kedalaman informasi. Banyak isu yang dikemas secara sederhana dan viral, yang akhirnya kurang memberikan pemahaman menyeluruh terhadap kebijakan yang kompleks.

    Untuk pemerintahan Presiden Prabowo, kedalaman ini bisa dicapai dengan menyertakan edukasi dalam setiap konten. Komunikasi yang mendidik tentang latar belakang, proses pengambilan keputusan, dan dampak dari kebijakan publik akan membantu masyarakat memahami konteks secara lebih komprehensif.

    Penggunaan buzzer

    Pelajaran kedua adalah mengurangi ketergantungan pada buzzer. Penggunaan buzzer dan influencer selama masa Jokowi merupakan strategi yang mengundang banyak perhatian publik. Di satu sisi, pendekatan ini memperkuat eksposur isu-isu pemerintah di media sosial, namun di sisi lain, ketergantungan pada buzzer mengurangi keaslian pesan dan menimbulkan kesan komunikasi yang direkayasa. Dampak lainnya adalah fenomena echo chamber, di mana diskusi kebijakan hanya berputar di kalangan tertentu di media sosial, sehingga tidak menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

    Bagi pemerintahan Presiden Prabowo, komunikasi yang autentik dan tulus sangat penting untuk membangun kepercayaan publik. Mengurangi ketergantungan pada influencer akan memungkinkan pemerintah lebih fokus pada pesan yang jelas dan langsung, tanpa risiko distorsi yang disebabkan oleh aktor-aktor media sosial eksternal. Pesan yang orisinal dan edukatif, terutama jika disampaikan langsung oleh pemerintah, akan jauh lebih efektif dalam menjangkau dan memenangkan hati rakyat.

    Pelajaran ketiga, penggunaan juru bicara tunggal. Tantangan lain yang sering muncul selama pemerintahan Jokowi adalah banyaknya juru bicara dan pernyataan yang terkadang tidak selaras. Inkonsistensi ini memunculkan kebingungan di kalangan masyarakat, terlebih ketika beberapa isu krusial, seperti pandemi atau kebijakan ekonomi nasional, dibahas dengan cara yang tidak seragam.

    Govcom Insights, sebuah agensi yang memfokuskan diri pada komunikasi pemerintah, dalam laporannya menekankan pentingnya satu juru bicara utama yang kompeten, yang bertanggung jawab penuh terhadap semua pernyataan publik dari pemerintah.

    Dalam pemerintahan Prabowo, langkah ini dapat diimplementasikan dengan menunjuk satu juru bicara yang memiliki kompetensi dalam berkomunikasi dan pemahaman mendalam tentang kebijakan publik. Selain membantu memastikan konsistensi, juru bicara ini akan memperkuat koordinasi di internal pemerintah dan menjaga agar pesan tetap akurat serta mudah dipahami oleh masyarakat.

    Pelajaran keempat, pemanfaatan teknologi. Di era informasi yang serba cepat, pemerintahan Prabowo dapat memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung strategi komunikasi publiknya. Dengan AI, pemerintah bisa menganalisis opini publik secara real-time, mendeteksi tren, dan mengidentifikasi isu-isu yang berkembang dengan cepat. Pemantauan ini memungkinkan pemerintah untuk merespons berbagai situasi secara tepat dan efektif.

    Sebagai contoh, AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi topik-topik yang sedang ramai dibicarakan masyarakat, serta membantu pemerintah mengatur narasi yang akurat dan relevan. Teknologi ini juga dapat berperan dalam mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran disinformasi atau hoaks yang sering kali dapat memicu kebingungan dan kesalahpahaman. Dengan memanfaatkan data dan teknologi, pemerintahan Prabowo akan memiliki kontrol lebih besar dalam menjaga keakuratan dan ketepatan informasi yang disampaikan kepada publik.

    Menjaga transparansi

    Pelajaran kelima yang bisa dipetik adalah menjaga transparansi. Selama satu dekade terakhir, pendekatan blusukan Jokowi menjadi simbol komunikasi langsung antara pemerintah dan rakyat. Melalui kunjungan langsung ke berbagai daerah, Jokowi berhasil menciptakan ikatan yang kuat dengan masyarakat dan menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu di lapangan. Hanya saja, pendekatan blusukan ini juga memiliki keterbatasan, publik menganggap bahwa hal ini kadang digunakan untuk membangun citra semata, tanpa memberikan solusi nyata.

    Di era Prabowo, pendekatan ini bisa diperluas dengan format dialog publik yang lebih terstruktur dan reguler, seperti town hall meetings atau forum-forum terbuka. Ini akan membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka secara langsung, sementara pemerintah juga dapat memberikan penjelasan rinci tentang kebijakan yang diambil. Keterlibatan masyarakat dalam proses dialog ini tidak hanya memperkuat kepercayaan publik, tetapi juga membuat pemerintah lebih responsif terhadap masukan langsung dari rakyat.

    Keenam, membangun komunikasi berbasis edukasi. Salah satu kelemahan yang sering terlihat dalam komunikasi pemerintah di era Jokowi adalah kurangnya edukasi dalam penyampaian pesan. Publik sering kali menerima informasi yang bersifat satu arah, tanpa penjelasan yang memadai tentang konteks dan dampak dari kebijakan tersebut. Dalam laporan Govcom Insights, direkomendasikan agar pemerintah lebih banyak memanfaatkan komunikasi yang bersifat edukatif.

    Pemerintahan Prabowo dapat mengatasi hal ini dengan menyertakan komponen edukasi dalam setiap kebijakan publik yang disampaikan. Misalnya, untuk kebijakan ekonomi, pemerintah bisa memanfaatkan berbagai media, termasuk infografis dan video edukatif, untuk menjelaskan dampak kebijakan terhadap masyarakat. Dengan strategi komunikasi yang mendidik, masyarakat akan menjadi lebih memahami dan menghargai proses pengambilan kebijakan pemerintah.

    Ketujuh, membangun kepercayaan publik yang kuat dan berkelanjutan. Laporan Govcom Insights juga menyimpulkan bahwa pemerintahan Jokowi telah memberikan fondasi kuat dalam membangun komunikasi pemerintah yang merakyat dan transparan. Namun, tantangan yang dihadapi, mulai dari konsistensi pesan hingga keterlibatan buzzer yang berlebihan, perlu diatasi oleh pemerintahan baru agar komunikasi dapat semakin efektif dan relevan di era digital.

    Untuk pemerintahan Prabowo, membangun komunikasi yang konsisten, berbasis data, dan responsif terhadap perkembangan zaman adalah langkah penting yang tidak bisa diabaikan. Dengan pendekatan yang lebih adaptif, mendidik, dan berfokus pada dialog langsung dengan rakyat, maka pemerintahan baru dapat memperkuat kepercayaan publik dan menciptakan komunikasi yang inklusif serta berdampak. Ke depan, ini adalah kesempatan bagi Presiden Prabowo untuk mewujudkan visi pemerintah yang dekat dan relevan dengan kehidupan rakyat, menjadikan komunikasi sebagai jembatan untuk mewujudkan perubahan yang berarti.

    *) Irwan Hermawan, S.E., MMktgComm, CPR adalah seorang Humas Pemerintah di Kanwil DJP Jakarta Pusat, Ketua Litbang APPRI, Pengajar Komunikasi-Humas di Universitas Indonesia dan Co-Founder Govcom Insights

     

    Copyright © ANTARA 2024

  • Terungkap, Data Pengguna Facebook Dijual Bebas ke Sini

    Terungkap, Data Pengguna Facebook Dijual Bebas ke Sini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Meta ketahuan mengumpulkan data pengguna secara ilegal. Bahkan, dilaporkan induk Facebook dan Instagram tersebut memberikannya pada pihak ketiga, dalam hal ini kepada pengiklan.

    Komisi Perlindungan Informasi Pribadi Korea Selatan menjelaskan Facebook mendapatkan informasi dari 980 pengguna di negara tersebut. Perusahaan melakukan analisa pada aktivitas pengguna di Facebook.

    Dari sana, Facebook mendapatkan informasi tersebut terkait agama, pandangan politik dan seksualitas. Ada juga informasi pembelot Korea Utara hingga pengikut agama tertentu.

    “Ditemukan bahwa (Meta) menganalisis data perilaku pengguna seperti laman yang disukai dan iklan diklik di Facebook serta membuat dan mengelola tema iklan terkait dengan informasi sensitif,” kata lembaga itu, dikutip dari Reuters, Rabu (6/11/2024).

    Namun, raksasa jejaring sosial itu tidak mendapatkan persetujuan dari pengguna. Sayangnya kemudian informasi digunakan oleh para pengiklan.

    Jumlah pengiklan yang mendapatkan akses informasi itu mencapai 4.000 pengiklan. Meta dinilai melakukan perlakuan tidak adil menolak permintaan pengguna mengakses informasi.

    Lembaga itu juga menyatakan Meta gagal melindungi data pengguna. Bahkan data 10 warga negara telah dibocorkan oleh para peretas.

    Ini membuat Meta, induk perusahaan media sosial itu, didenda mencapai 21,62 miliar won (Rp 245 miliar) di pengadilan Korea Selatan.

    Reuters menuliskan pejabat Meta Korea menolak memberikan komentar terkait masalah itu.

    (fab/fab)