Perusahaan: Instagram

  • Pamit dari Layanan Transjakarta, Rute BW9 Resmi Dihentikan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        2 Desember 2025

    Pamit dari Layanan Transjakarta, Rute BW9 Resmi Dihentikan Megapolitan 2 Desember 2025

    Pamit dari Layanan Transjakarta, Rute BW9 Resmi Dihentikan
    Penulis
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    TransJakarta resmi menghentikan operasional rute bus wisata BW9 Kota Tua–Pantai Indah Kapuk (PIK).
    Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi PT
    Transjakarta
    @
    pt_transjakarta
    dan menandai berakhirnya salah satu rute wisata gratis yang populer di Jakarta.
    Dalam keterangannya, TransJakarta menyampaikan ucapan perpisahan kepada pelanggan yang pernah menggunakan layanan BW9 Kota Tua–PIK.
    Perusahaan menjelaskan bahwa penghentian rute dilakukan dengan sejumlah pertimbangan untuk peningkatan layanan ke depan.
    TransJakarta juga mengajak masyarakat tetap memanfaatkan rute bus wisata lain yang masih beroperasi.
    Selain itu, pelanggan dapat mengikuti program Commemorative Ticket edisi terbatas dan menuliskan pesan pada “Jendela Kenangan” mulai 6–14 Desember 2025.
    Setelah BW9 berhenti beroperasi, masyarakat yang ingin menuju Pantai Indah Kapuk dapat menggunakan layanan reguler TransJakarta seperti rute T31 (PIK 2–Blok M) dan 1A (Pantai Maju–Balai Kota).
    Untuk rute wisata, TransJakarta masih menyediakan layanan BW1 (Sejarah Jakarta), BW2 (Monas Explorer), dan BW4 (Pencakar Langit).
    Koridor BW9 dikenal sebagai layanan bus tingkat wisata yang menghubungkan kawasan Kota Tua Jakarta dengan Pantai Indah Kapuk.
    Rute ini tidak berbayar dan penumpang cukup melakukan tap pada kartu uang elektronik saat masuk bus.
    Operasionalnya berlangsung setiap hari pukul 10.00–17.00 WIB, dengan keberangkatan dari Halte Kali Besar Barat sebelum melaju langsung ke area PIK.
    BW9 diperkenalkan sebagai rute wisata Kota Tua–PIK pada 30 Oktober 2023.
    Sebelumnya, pada periode libur Lebaran 2023, TransJakarta telah mengoperasikan BW9 dengan rute Monumen Nasional–Pantai Indah Kapuk.
    Perubahan rute ke Kota Tua dilakukan pada akhir Oktober 2023 seiring pembaruan layanan bus wisata.
    Penghentian rute BW9 menandai penyesuaian layanan wisata TransJakarta untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan pola perjalanan terkini.
    Peralihan ini diharapkan tetap memberikan alternatif mobilitas yang nyaman melalui rute reguler maupun jalur wisata yang masih tersedia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kesempatan Terakhir Wakil RI Alter Ego Tampil di Grand Final PMGC 2025

    Kesempatan Terakhir Wakil RI Alter Ego Tampil di Grand Final PMGC 2025

    Jakarta

    Babak The Gauntlet dan Group Stage PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2025 telah berakhir. Wakil Indonesia, Alter Ego Ares, melaju ke babak Last Chance.

    Sesuai dengan namanya, babak tersebut merupakan kesempatan terakhir bagi mereka untuk bisa bertahan di ajang bergengsi ini. Jadi kalau Rosemary dan kawan-kawannya berhasil menjadi dua tim teratas di Last Chance, maka berhak lanjut ke Grand Final. Namun, jika Alter Ego Ares kalah, dipastikan tereliminasi dari kompetisi.

    Mereka harus bermain di Last Chance, karena gagal mengamankan posisi tiga teratas di Group Stage pada 28 November – 4 Desember 2025. Alter Ego hanya mampu finish di peringkat delapan, dan alhasil, tim ini turun ke Last Chance dan akan bertempur pada 6-7 Desember 2025.

    Padahal perjalanan mereka di pekan pertama Group Stage cukup baik. Alter Ego Ares yang tergabung di Grup Green dengan rencana mengamankan peringkat tiga besar agar dapat lolos ke partai puncak.

    Rosemary cs hampir sempurna menerapkan strateginya di match day pertama dan kedua. Wakil Indonesia ini sukses mendapatkan winner winner chicken dinner (WWCD) di match kedelapan dan menutup match day kedua di peringkat dua.

    Sayangnya pada match day ketiga mereka tergelincir. Alter Ego Ares hanya mampu mengamankan lima poin dari total enam match yang dilakoni pada hari tersebut. Mereka pun terpaksa turun ke peringkat delapan dari sebelum kedua, sehingga gagal mengantongi tiket fast-track menuju Grand Final PMGC 2025.

    Sementara deretan tim yang berhasil melesat ke Grand Final dari Group Stage ialah Alpha Gaming, Dplus, dan Goat Team yang tergabung di Grup Green. Sedangkan tiga tim yang lolos dari Grup Red masih menunggu hasil pertandingannya mulai 2-4 Desember 2025, pantauan detikINET dari Instagram resmi PUBG Mobile Esports ID, Selasa (2/12/2025).

    Sedikit informasi, terdapat 40 tim yang akan bersaing memperebutkan titel tim PUBG Mobile terkuat di dunia. Mereka berasal dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Arab Saudi, Brasil, Meksiko, Myanmar, Afrika Selatan, China, India, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, Paskitan, Irak, Mesir, Turki, Malasyia, Vietnam, Turki, Mongolia, Thailand, Amerika Utara, tim yang berasal dari wilayah Eropa. Adapun tim yang berpartisipasi adalah sebagai berikut.

    Vampire EsportsD’XaviereArenaVirtus.proAlpha GamingMadbullsRegnum Carya EsportsULF EsportsKara EsportsGS TeamR8 EsportsGeekay EsportsWolves EsportsAlpha7 EsportsThunderTalk GamingOrangutanDRXAlter Ego AresAlliance MYTeam FlashTeam SecretInner Circle EsportsArcredGOAT TeamPapara SuperMassiveTeam FalconsBoars GamingTwisted MindsNuclear ZoneGen.G Esports9z TeamInfluence RageLoops EsportsETSH EsportsBurmese GhoulsWeibo GamingTianbaDplusRejectTrue Rippers

    (hps/rns)

  • 9 Asupan Vitamin dan Mineral yang Wajib Dikonsumsi Pejuang Rupiah

    9 Asupan Vitamin dan Mineral yang Wajib Dikonsumsi Pejuang Rupiah

    Jakarta

    Pekerja kantoran biasanya kerap mengalami stres, mood swing, hingga melemahnya imun tubuh. Perjalanan kantor macet, desak-desakan di transportasi umum, sampai deadline yang menumpuk merupakan sejumlah pemicunya.

    Di samping itu, vitamin dan mineral menjadi dua nutrisi penting bagi tubuh, khususnya bagi para budak kantoran. Pasalnya, kedua nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kerja organ-organ dalam tubuh lebih maksimal, berikut di antaranya:

    1. Vitamin D

    Vitamin D adalah salah satu mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Dikutip dari Medlineplus, vitamin D secara umum memiliki banyak sekali manfaat, seperti membantu penyerapan kalsium.

    Vitamin D juga menjaga sistem kekebalan tubuh dibutuhkan untuk melawan bakteri dan virus. Di samping itu, Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Metta Satyani, SpGK, mengatakan Vitamin D juga membantu seseorang mengatasi mood swing atau perubahan suasana hati yang cepat dan signifikan.

    “Vitamin D berperan dalam produksi serotonin hormon ‘bahagia’ di otak,” ujar dr Metta, dikutip dari Instagram detikcom, Jumat (7/11/2025).

    2. Vitamin B Kompleks

    Vitamin B Kompleks (khususnya B6, B9, dan B12) berperan untuk menjaga mood. Vitamin B kompleks sering digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan suasana hati. Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan semangat dan kinerja kognitif Anda.

    “Vitamin B kompleks, terutama B6, B12, dan folat, penting untuk menjaga fungsi otak, energi, dan kestabilan mood,” tambah dr Metta.

    Vitamin B Kompleks juga berperan dalam memproduksi sel darah putih yang menjadi bagian dari sistem imun tubuh. Vitamin B Kompleks, khususnya B6 dan B12 ini juga memiliki peran dalam sintesis DNA yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel.

    3. Vitamin C

    Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan memperkuat imun tubuh. Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh lebih cepat pulih saat stres atau sakit.

    Kamu bisa mendapatkannya dari jeruk, kiwi, tomat, dan paprika merah. Vitamin C sangat diperlukan bagi pekerja dengan side hustle (pekerjaan sampingan).

    “Kondisi tubuh kamu yang kerja nonstop itu butuh lebih dari sekadar kopi dan semangat. Apalagi buat Gen Z yang aktif banget, penting banget untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian,” kata dr Metta.

    4. Zinc

    Seng atau Zat Besi merupakan jenis mineral membantu pembentukan sel imun, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga metabolisme tubuh. Kekurangan zinc bisa membuat kamu gampang lelah, sariawan, atau rambut rontok.

    5. Selenium

    Dikutip dari National Institute of Health (NIH), selenium merupakan mineral esensial yang terdapat di sejumlah makanan dan suplemen. Mineral ini berperan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung kerja hormon tiroid.

    6. Natrium

    Dikenal dengan nama lain Sodium, mineral ini adalah elektrolit penting yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium juga penting untuk kontraksi otot, transmisi sinyal saraf, dan fungsi jantung yang sehat.

    Namun, konsumsi natrium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga perlu diatur dengan bijak.

    7. Kalium

    Selain Natrium, Kalium juga merupakan mineral kunci dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Mineral ini bantu mengatur tekanan darah, memelihara kesehatan jantung, dan mendukung fungsi otot yang normal.

    Konsumsi yang cukup dari kalium juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sehingga, cocok bagi karyawan yang duduk di ruangan ber-AC selama berjam-jam.

    8. Magnesium

    Magnesium adalah mineral esensial yang berperan pada lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Mineral ini bantu menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, mengatur tekanan darah, mendukung sistem kekebalan tubuh dan meregulasi stres.

    Magnesium juga dapat memperbaiki kualitas tidur dan membantu mengatasi gangguan mood.

    “Magnesium juga nggak kalah penting. Mineral ini membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi stres, dan menjaga kestabilan emosi,” jelas dr Metta.

    9. Kalsium

    Selain menjaga kekuatan tulang, Kalsium juga berperan penting dalam kontraksi otot, detak jantung, dan transmisi saraf. Kekurangan kalsium bisa bikin tubuh mudah lemas, otot tegang, sulit menyimak hingga memicu penyakit arthritis

    dr Metta mengatakan kehilangan tubuh kehilangan cairan, bukan hanya air yang hilang, tetapi juga mineral penting. Salah satu cara mudah menjaga mood dan memperkuat imun tubuh adalah mengonsumsi air mineral alami.

    “Ingat, dengan memenuhi cairan tubuh dan mineral yang baik bukan cuma soal kuantitas air, tapi juga kualitasnya. Pilih air mineral yang mendukung keseimbangan tubuh, apalagi jika aktivitas harian banyak dilakukan di ruangan dingin dan kering seperti kantor ber-AC,” pungkasnya.

    (akd/ega)

  • Instagram Berencana Batasi Penggunaan Hastag, Maksimal Tiga per Postingan

    Instagram Berencana Batasi Penggunaan Hastag, Maksimal Tiga per Postingan

    Bisnis.com, JAKARTA —Instagram sedang mempersiapkan aturan baru yang hanya akan memperbolehkan penggunaan tiga hastag dalam setiap postingan.

    Instagram dikabarkan tengah menyiapkan aturan baru yang cukup mengejutkan para penggunanya. Platform berbagi foto dan video ini disebut-sebut hanya akan memperbolehkan maksimal tiga hashtag dalam satu postingan.

    Belakangan, sejumlah pengguna mengaku mulai menerima notifikasi yang muncul saat mereka mencoba menambahkan banyak tagar. Notifikasi itu menegaskan bahwa pengguna “hanya boleh menggunakan tiga tagar per postingan.

    Menurut laporan GSMArena pada Selasa (2/12/2025), Instagram belum merilis pengumuman resmi terkait pembatasan ini. Artinya, aturan baru tersebut kemungkinan besar masih berada dalam tahap uji coba dan belum dirasakan oleh seluruh pengguna.

    Dari sumber lain mengatakan beberapa akun bahkan menunjukkan hasil berbeda. Misalnya, pembatasan ini tidak berlaku untuk akun @DroidAppNL, namun sudah aktif pada akun @theTripmeister. Perbedaan ini semakin memperkuat dugaan bahwa fitur pembatasan hashtag sedang diuji secara terbatas.

    Para ahli menilai, langkah ini bisa menjadi upaya Instagram untuk menyaring konten berkualitas dan mengurangi praktik hashtag stuffing yang sering digunakan demi meningkatkan jangkauan. Namun di sisi lain, kreator konten menilai aturan ini berpotensi membuat postingan mereka lebih sulit ditemukan.

    Instagram dan Tren Fitur-Fitur Baru

    Selain isu pembatasan hashtag, Instagram sebelumnya juga meluncurkan sejumlah fitur baru seperti Repost yang memungkinkan pengguna membagikan ulang konten publik ke pengikut.

    Instagram Map yang menampilkan lokasi teman yang memilih berbagi lokasi, Tab Friends di Reels untuk melihat konten yang disukai teman, durasi Reels yang kini bisa mencapai 3 menit, aplikasi editing video mandiri bernama Edits, fitur profil rahasia Flipside, serta AI Editing Tools untuk memanipulasi video.

    Namun tidak semua fitur bertahan lama. Instagram juga telah menghapus beberapa fitur seperti Notes pada Feed dan Reels (April 2025) karena minim peminat, Flipside (Mei 2024) yang dinilai kurang populer, serta IGTV yang kemudian digabungkan ke dalam fitur video biasa karena kalah bersaing dengan format video pendek.

    Akan Tetap Berlaku atau Hanya Uji Coba?

    Untuk saat ini, belum ada jawaban pasti. Instagram belum memberi pernyataan resmi, sehingga belum diketahui apakah pembatasan tiga hashtag ini hanya sekadar uji coba atau akan diterapkan secara permanen.

    Yang jelas, perubahan ini bisa menjadi salah satu langkah besar Instagram dalam mengatur ekosistem kontennya. Bagi para kreator dan pengguna aktif, tentu ini menjadi hal yang perlu diperhatikan ke depannya.(Nur Amalina)

  • Di Blok M, Makmur Jaya Bongkar Resep 3 Menu Eksklusif ala Luar Angkasa

    Di Blok M, Makmur Jaya Bongkar Resep 3 Menu Eksklusif ala Luar Angkasa

    Jakarta:  Makmur Jaya Coffee Roaster memberi kejutan di barisan sajian berbagai jenama minuman yang hadir dalam The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang eksklusif dan unik di Toffin Booth Camp (TBC) di Blok M Hub, Jakarta 27-30 November 2025. Tak sekadar menyajikan minuman kopi biasa, Makmur Jaya tampil dengan tiga menu ajaibnya yang menunya belum pernah disajikan di tokonya.

    Tiga minuman tersebut dikemas dalam konsep Outerspace, dengan tiga minuman ajaib Nebula Fusion, The Milky Way, dan Interstellar. Di mana ketiganya menyimpan konsep filosofis mendalam yang menggambarkan tiga masa, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.

    Makmur Jaya menjelaskan alasan di balik pembagian konsep menu yang unik ini. “Kami ingin menghadirkan pengalaman yang lebih dari sekadar rasa. Tiga konsep ini mewakili perjalanan kami,” ujar perwakilan Makmur Jaya.
    1. Nebula Fusion “Baru Lahir”
    Konsep menu pertama dinamai Nebula Fusion yang bermakna “Baru Lahir” atau “Masa Lalu”. Menu ini merepresentasikan awal mula lahirnya Makmur Jaya.  Menghadirkan “Jenny” sebagai fondasi hasil perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation yang menjadi ciri khas Makmur Jaya.

    Pada menu pertama ini, Jenny diracik dengan susu dan coklat, yang menjadikan Dua minuman andalan yang menjadi favorit sejak awal adalah Es Kopi Susu dan Es Coklat Java. “Ini adalah fondasi dan kenangan pertama kami,” tambahnya.
    2. Masa Kini: “The Milky Way”
    Konsep kedua, “The Milky Way”, melambangkan masa sekarang. Nama ini terinspirasi dari galaksi Bima Sakti tempat manusia berada. “Di tengah galaksi ada black hole. Ibaratkan black hole ini adalah espresso yang menjadi pusat minuman kami. Sedangkan bintang-bintang yang berputar di sekitarnya adalah susu yang kami gunakan. Dari sanalah nama The Milky Way lahir,” paparnya.

    Menu ini pun merupakan representasi dari kekuatan dan keseimbangan yang ada di masa kini.

    The Milky Way. Foto: Medcom/Citra Larasati

    3. Masa Depan: “Interstellar”
    Konsep ketiga adalah “Interstellar”, yang berarti ruang di antara bintang-bintang. Konsep ini mewakili masa depan. Minuman dalam menu ini memiliki lapisan (layer) antara espresso dan clarified milk, yang diibaratkan seperti dua galaksi berbeda, Galaksi A dan Galaksi B yang bertemu dalam satu wadah.

    “Seperti dalam film Interstellar, di mana ada perbedaan waktu dan lompatan ke masa depan. Ini melambangkan bagaimana Kopi Jenny akan berkembang ke depannya. Masa depan seperti apa? Kami belum tahu, tapi kami terus berinovasi,” jelasnya.

    Proses meracik Interstellar. Foto: Medcom/Citra Larasati

    Proses Kreasi dan Rasa yang Unik
    Di balik ketiga konsep tersebut, proses research and development (R&D) dilakukan dengan serius. Untuk menciptakan menu The Milky Way, tim Makmur Jaya melakukan trial and error selama sekitar satu bulan.

    Pemilihan biji kopi pun tidak main-main. “Sebenarnya pemilik kami sudah mengembangkan ide ini sebelum kompetisi. Tapi untuk espresso-nya, kami mencari yang paling pas. Akhirnya kami memilih campuran 70 persen Ethiopia,” ujar perwakilan Makmur Jaya.

    Biji kopi andalan mereka memiliki nama khusus. Untuk produk kaleng, mereka menggunakan nama “Jenny”. Sementara untuk sajian di store, beberapa bulan lalu mereka meluncurkan “Nexus Blend”, yang merupakan perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation.

    “Singkatnya, dari Jenny sampai Nexus Blend, ini adalah perjalanan rasa dan cerita kami,” tutupnya.

    Dengan tiga konsep yang dalam, Kopi Jenny dari Makmur Jaya mengajak pelanggannya untuk menikmati lebih dari sekadar secangkir kopi, tapi juga sebuah narasi tentang waktu, ruang, dan eksplorasi rasa tanpa batas.
    Toffin Booth Camp 2025
    Toffin Booth Camp sendiri merupakan sebuah festival Food & Beverage (F&B) yang mengusung konsep experience bar, kolaborasi, dan pop-up market dalam satu rangkaian acara. Festival ini berlangsung pada 27–30 November 2025 di Blok M Hub, Jakarta.

    Menghadirkan lebih dari top 40 brand F and B dan 10 brand lifestyle, membuat Toffin Booth Camp menjadi ruang kolaboratif yang merayakan kreativitas, inovasi, serta perkembangan gaya hidup kuliner Indonesia dengan mempertemukan para brand, kreator, dan inovator lokal dalam satu tempat.  Merek seperti Gigi Susu, Roti Macan, Makmur Jaya Coffee Roasters, Bali Boozy, Kibo x Warung SCI, Secondfloor, Knots, Braud, Kissa, Crio, Wone Café menjadi line-up yang ditunggu-tunggu di TBC kali ini.

    Ario Fajar, Vice President of Marketing PT Toffin Indonesia, menjelaskan bahwa konsep TBC tahun ini hadir dengan pendekatan yang berbeda. Jika sebelumnya TBC berbentuk workshop, pada 2025 pihaknya mengembangkan konsep acara menjadi sebuah festival yang lebih besar, menghubungkan konsumen dengan pelaku bisnis dalam bentuk menu kolaborasi.

    “Tahun ini adalah tahun kolaborasi, di mana Toffin sebagai pemimpin pasar mengambil peran sebagai penggerak sekaligus wadah bagi brand untuk berinovasi bersama dan mendorong kemajuan ekosistem F&B di Indonesia,” ujar Ario.

    The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang Eksklusif dan Unik Experience Bar di Toffin Booth Camp hadir sebagai ruang eksplorasi rasa yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Di sini, para pengunjung diajak masuk ke dunia omakase menu singkat yang dikurasi langsung oleh brand-brand terbaik di industri F&B. Setiap sesi menghadirkan perjalanan rasa selama 90 menit, lengkap dengan 2-4 hidangan eksklusif yang diracik khusus untuk festival ini.

    Dengan kapasitas hanya 18-20 orang per sesi, Experience Bar memberikan pengalaman intim, personal, dan premium, sebuah kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan kreator, chef, dan barista di balik brand favorit. Pengunjung bisa melihat proses, mendengar cerita, dan merasakan kolaborasi nyata antara Toffin dan para pelaku industri F&B yang sama-sama ingin mendorong inovasi.

    Owner Gigi Susu, Budianto Basari menambahkan, Toffin Booth Camp jadi momen untuk membuka wawasan dan belajar hal yang bisa langsung dipakai di kafe. Sebagai merek yang masih berkembang, pengalaman seperti ini akan meningkatkan kemampuan pegawai. “Pada akhirnya, tujuan kami simpel, bikin semua orang yang datang ke Gigi Susu merasa dapat rasa yang konsisten dan vibe yang hangat. TBC ini jadi reminder kalau proses belajar nggak pernah berhenti, dan justru itu yang bikin perjalanan ini seru,” katanya.

    Pop-Up Market: 50 Brand Ternama dalam Satu Destinasi Selain Experience Bar, TBC 2025 menghadirkan Area Pop-Up Market yang mempertemukan lebih dari 40 brand F&B dan 10 brand lifestyle. Di sini, pengunjung bisa menikmati sajian dari para Top Brands seperti Knots, Braud, Kissa, Mamitoko, Kibo, dan Crio juga Local Brands seperti Blue Doors, Atomic, Lull BakeHouse, Taralle, UD Jaya, HATS, dan masih banyak lagi.

    Head of Alternative Trade Channel Frisian Flag Indonesia, Munkadir Winata, menambahkan, pihaknya sangat antusias dapat menjadi bagian dari Toffin Boothcamp (TBC) 2025 sebagai official milk sponsor. TBC menjadi ruang kolaborasi penting bagi Frisian Flag Indonesia dan para pelaku industri F&B untuk menghadirkan solusi sajian nikmat berbasis produk susu bagi konsumen Indonesia.

    “Di TBC 2025, kami membawa berbagai activation menarik, mulai dari menu demo, Bar Take Over, hingga Latte Art Show bersama Bryan Masga, Pemenang Indonesia Latte Art Championship 2025. Kami juga menghadirkan penawaran terbaik bagi komunitas F&B serta seluruh pengunjung TBC 2025.” ucap Mundakir.

    Pengunjung dapat menikmati beragam pilihan menu, mulai dari kopi, matcha, teh, cocktail, mocktail, es krim, pastry, bakery, cake, hingga burger dan banyak sajian lainnya. Tidak hanya menawarkan pengalaman rasa yang lengkap, acara ini juga memberikan keuntungan ekstra bagi pengunjung. Bank BCA menghadirkan cashback 20% untuk setiap transaksi minimal Rp100 ribu.

    Tidak hanya itu, TBC 2025 juga menghadirkan sebuah panggung yang akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari mini workshop seputar kopi dan pastry, hingga hiburan musik akustik, DJ, dan vinyl. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Toffin Booth Camp, kunjungi laman resmi di toffin.id/toffin-boothcamp-2025 atau Instagram @toffin.id. Toffin Indonesia.

    Toffin merupakan penyedia solusi bisnis food and beverage terdepan di Indonesia yang menghadirkan beragam produk, layanan, dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan industri F&B. Toffin merupakan distributor resmi lebih dari 30 bland global seperti Victoria Arduino, Nuova Simonelli, Hario, BWT, dan masih banyak lagi.

    Jakarta:  Makmur Jaya Coffee Roaster memberi kejutan di barisan sajian berbagai jenama minuman yang hadir dalam The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang eksklusif dan unik di Toffin Booth Camp (TBC) di Blok M Hub, Jakarta 27-30 November 2025. Tak sekadar menyajikan minuman kopi biasa, Makmur Jaya tampil dengan tiga menu ajaibnya yang menunya belum pernah disajikan di tokonya.
     
    Tiga minuman tersebut dikemas dalam konsep Outerspace, dengan tiga minuman ajaib Nebula Fusion, The Milky Way, dan Interstellar. Di mana ketiganya menyimpan konsep filosofis mendalam yang menggambarkan tiga masa, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan.
     
    Makmur Jaya menjelaskan alasan di balik pembagian konsep menu yang unik ini. “Kami ingin menghadirkan pengalaman yang lebih dari sekadar rasa. Tiga konsep ini mewakili perjalanan kami,” ujar perwakilan Makmur Jaya.
    1. Nebula Fusion “Baru Lahir”
    Konsep menu pertama dinamai Nebula Fusion yang bermakna “Baru Lahir” atau “Masa Lalu”. Menu ini merepresentasikan awal mula lahirnya Makmur Jaya.  Menghadirkan “Jenny” sebagai fondasi hasil perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation yang menjadi ciri khas Makmur Jaya.

    Pada menu pertama ini, Jenny diracik dengan susu dan coklat, yang menjadikan Dua minuman andalan yang menjadi favorit sejak awal adalah Es Kopi Susu dan Es Coklat Java. “Ini adalah fondasi dan kenangan pertama kami,” tambahnya.

    2. Masa Kini: “The Milky Way”
    Konsep kedua, “The Milky Way”, melambangkan masa sekarang. Nama ini terinspirasi dari galaksi Bima Sakti tempat manusia berada. “Di tengah galaksi ada black hole. Ibaratkan black hole ini adalah espresso yang menjadi pusat minuman kami. Sedangkan bintang-bintang yang berputar di sekitarnya adalah susu yang kami gunakan. Dari sanalah nama The Milky Way lahir,” paparnya.
     
    Menu ini pun merupakan representasi dari kekuatan dan keseimbangan yang ada di masa kini.
     

    The Milky Way. Foto: Medcom/Citra Larasati

    3. Masa Depan: “Interstellar”
    Konsep ketiga adalah “Interstellar”, yang berarti ruang di antara bintang-bintang. Konsep ini mewakili masa depan. Minuman dalam menu ini memiliki lapisan (layer) antara espresso dan clarified milk, yang diibaratkan seperti dua galaksi berbeda, Galaksi A dan Galaksi B yang bertemu dalam satu wadah.
     
    “Seperti dalam film Interstellar, di mana ada perbedaan waktu dan lompatan ke masa depan. Ini melambangkan bagaimana Kopi Jenny akan berkembang ke depannya. Masa depan seperti apa? Kami belum tahu, tapi kami terus berinovasi,” jelasnya.
     

    Proses meracik Interstellar. Foto: Medcom/Citra Larasati

    Proses Kreasi dan Rasa yang Unik
    Di balik ketiga konsep tersebut, proses research and development (R&D) dilakukan dengan serius. Untuk menciptakan menu The Milky Way, tim Makmur Jaya melakukan trial and error selama sekitar satu bulan.
     
    Pemilihan biji kopi pun tidak main-main. “Sebenarnya pemilik kami sudah mengembangkan ide ini sebelum kompetisi. Tapi untuk espresso-nya, kami mencari yang paling pas. Akhirnya kami memilih campuran 70 persen Ethiopia,” ujar perwakilan Makmur Jaya.
     
    Biji kopi andalan mereka memiliki nama khusus. Untuk produk kaleng, mereka menggunakan nama “Jenny”. Sementara untuk sajian di store, beberapa bulan lalu mereka meluncurkan “Nexus Blend”, yang merupakan perpaduan 70% Ethiopia Konga Full Wash dan 30% Columbia Jairo Archila Honey Yeast Lechi Co-fermentation.
     
    “Singkatnya, dari Jenny sampai Nexus Blend, ini adalah perjalanan rasa dan cerita kami,” tutupnya.
     
    Dengan tiga konsep yang dalam, Kopi Jenny dari Makmur Jaya mengajak pelanggannya untuk menikmati lebih dari sekadar secangkir kopi, tapi juga sebuah narasi tentang waktu, ruang, dan eksplorasi rasa tanpa batas.
    Toffin Booth Camp 2025
    Toffin Booth Camp sendiri merupakan sebuah festival Food & Beverage (F&B) yang mengusung konsep experience bar, kolaborasi, dan pop-up market dalam satu rangkaian acara. Festival ini berlangsung pada 27–30 November 2025 di Blok M Hub, Jakarta.
     
    Menghadirkan lebih dari top 40 brand F and B dan 10 brand lifestyle, membuat Toffin Booth Camp menjadi ruang kolaboratif yang merayakan kreativitas, inovasi, serta perkembangan gaya hidup kuliner Indonesia dengan mempertemukan para brand, kreator, dan inovator lokal dalam satu tempat.  Merek seperti Gigi Susu, Roti Macan, Makmur Jaya Coffee Roasters, Bali Boozy, Kibo x Warung SCI, Secondfloor, Knots, Braud, Kissa, Crio, Wone Café menjadi line-up yang ditunggu-tunggu di TBC kali ini.
     
    Ario Fajar, Vice President of Marketing PT Toffin Indonesia, menjelaskan bahwa konsep TBC tahun ini hadir dengan pendekatan yang berbeda. Jika sebelumnya TBC berbentuk workshop, pada 2025 pihaknya mengembangkan konsep acara menjadi sebuah festival yang lebih besar, menghubungkan konsumen dengan pelaku bisnis dalam bentuk menu kolaborasi.
     
    “Tahun ini adalah tahun kolaborasi, di mana Toffin sebagai pemimpin pasar mengambil peran sebagai penggerak sekaligus wadah bagi brand untuk berinovasi bersama dan mendorong kemajuan ekosistem F&B di Indonesia,” ujar Ario.
     
    The Experience Bar: Omakase-Style Journey yang Eksklusif dan Unik Experience Bar di Toffin Booth Camp hadir sebagai ruang eksplorasi rasa yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Di sini, para pengunjung diajak masuk ke dunia omakase menu singkat yang dikurasi langsung oleh brand-brand terbaik di industri F&B. Setiap sesi menghadirkan perjalanan rasa selama 90 menit, lengkap dengan 2-4 hidangan eksklusif yang diracik khusus untuk festival ini.
     
    Dengan kapasitas hanya 18-20 orang per sesi, Experience Bar memberikan pengalaman intim, personal, dan premium, sebuah kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan kreator, chef, dan barista di balik brand favorit. Pengunjung bisa melihat proses, mendengar cerita, dan merasakan kolaborasi nyata antara Toffin dan para pelaku industri F&B yang sama-sama ingin mendorong inovasi.
     
    Owner Gigi Susu, Budianto Basari menambahkan, Toffin Booth Camp jadi momen untuk membuka wawasan dan belajar hal yang bisa langsung dipakai di kafe. Sebagai merek yang masih berkembang, pengalaman seperti ini akan meningkatkan kemampuan pegawai. “Pada akhirnya, tujuan kami simpel, bikin semua orang yang datang ke Gigi Susu merasa dapat rasa yang konsisten dan vibe yang hangat. TBC ini jadi reminder kalau proses belajar nggak pernah berhenti, dan justru itu yang bikin perjalanan ini seru,” katanya.
     
    Pop-Up Market: 50 Brand Ternama dalam Satu Destinasi Selain Experience Bar, TBC 2025 menghadirkan Area Pop-Up Market yang mempertemukan lebih dari 40 brand F&B dan 10 brand lifestyle. Di sini, pengunjung bisa menikmati sajian dari para Top Brands seperti Knots, Braud, Kissa, Mamitoko, Kibo, dan Crio juga Local Brands seperti Blue Doors, Atomic, Lull BakeHouse, Taralle, UD Jaya, HATS, dan masih banyak lagi.
     
    Head of Alternative Trade Channel Frisian Flag Indonesia, Munkadir Winata, menambahkan, pihaknya sangat antusias dapat menjadi bagian dari Toffin Boothcamp (TBC) 2025 sebagai official milk sponsor. TBC menjadi ruang kolaborasi penting bagi Frisian Flag Indonesia dan para pelaku industri F&B untuk menghadirkan solusi sajian nikmat berbasis produk susu bagi konsumen Indonesia.
     
    “Di TBC 2025, kami membawa berbagai activation menarik, mulai dari menu demo, Bar Take Over, hingga Latte Art Show bersama Bryan Masga, Pemenang Indonesia Latte Art Championship 2025. Kami juga menghadirkan penawaran terbaik bagi komunitas F&B serta seluruh pengunjung TBC 2025.” ucap Mundakir.
     
    Pengunjung dapat menikmati beragam pilihan menu, mulai dari kopi, matcha, teh, cocktail, mocktail, es krim, pastry, bakery, cake, hingga burger dan banyak sajian lainnya. Tidak hanya menawarkan pengalaman rasa yang lengkap, acara ini juga memberikan keuntungan ekstra bagi pengunjung. Bank BCA menghadirkan cashback 20% untuk setiap transaksi minimal Rp100 ribu.
     
    Tidak hanya itu, TBC 2025 juga menghadirkan sebuah panggung yang akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari mini workshop seputar kopi dan pastry, hingga hiburan musik akustik, DJ, dan vinyl. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Toffin Booth Camp, kunjungi laman resmi di toffin.id/toffin-boothcamp-2025 atau Instagram @toffin.id. Toffin Indonesia.
     
    Toffin merupakan penyedia solusi bisnis food and beverage terdepan di Indonesia yang menghadirkan beragam produk, layanan, dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan industri F&B. Toffin merupakan distributor resmi lebih dari 30 bland global seperti Victoria Arduino, Nuova Simonelli, Hario, BWT, dan masih banyak lagi.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (CEU)

  • Gampang Mood Swing saat Bekerja? Mungkin Ini Penyebabnya

    Gampang Mood Swing saat Bekerja? Mungkin Ini Penyebabnya

    Jakarta

    Sebagai pekerja, tekanan kerja memang tidak bisa dihindari. Belum lagi dengan kegiatan komuter dari kota-kota satelit seperti Jabodetabek. Kondisi ini memicu stres dan mood swing saat di kantor.

    Mood swing adalah perubahan suasana hati yang cepat dan signifikan. Fenomena mood swing adalah konsep umum yang digunakan untuk menggambarkan emosi yang berfluktuasi dengan cepat dan intens.

    Saat mood swing, seseorang dapat dengan cepat beralih dari perasaan bahagia dan optimis menjadi sedih, mudah tersinggung, atau marah. Biasanya orang banyak menggambarkan keadaan mood swing dengan kata ‘roller coaster’.

    Kondisi ini merupakan sinyal tubuh seseorang yang sedang kekurangan vitamin dan mineral penting. Dikatakan Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Metta Satyani, SpGK, banyak yang tidak sadar jika mood seseorang dipengaruhi oleh asupan vitamin dan mineral, khususnya vitamin D, vitamin B Kompleks (B6, B12, Folat), dan magnesium.

    “Yang pertama, Vitamin D. Vitamin D berperan dalam produksi serotonin hormon ‘bahagia’ di otak,” ujar dr Metta, dikutip dari Instagram detikcom, Kamis (6/11/2025).

    “Vitamin B kompleks, terutama B6, B12, dan folat, penting untuk menjaga fungsi otak, energi, dan kestabilan mood. Magnesium juga nggak kalah penting. Mineral ini membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi stres, dan menjaga kestabilan emosi,” sambungnya.

    Salah satu cara mudah menjaga keseimbangan mineral tubuh adalah dengan rutin minum air mineral yang mengandung mineral alami. Bukan sekadar pelepas dahaga, tapi sebagai sumber magnesium, kalsium, kalium yang bisa bantu jaga fungsi saraf dan mood tetap stabil.

    Tubuh butuh lebih dari sekadar air, melainkan butuh asupan mineral juga. Jadi, jangan sampai salah pilih air mineral.

    Kamu bisa memilih air mineral yang ada kandungan mineral alami seperti Le Minerale. Kandungan mineral alami seperti kalsium, kalium, magnesium, klorida, dan bikarbonat bisa bantu penuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh kamu.

    (anl/ega)

  • Ferry Irwandi Galang Dana Korban Banjir Sumatra, Rp 10 M dalam 24 Jam

    Ferry Irwandi Galang Dana Korban Banjir Sumatra, Rp 10 M dalam 24 Jam

    Jakarta

    Content creator dan influencer Ferry Irwandi menggalang dana untuk membantu korban banjir Sumatra. Dalam 24 jam, donasi menyentuh angka Rp 10,3 miliar, jauh lebih banyak dari target awal yang hanya Rp 1 miliar.

    Di situs Kita Bisa, Ferry mengajak warganet untuk bahu membahu membantu korban banjir Sumatra.

    “Teman-teman, saudara kita di Sumatra membutuhkan bantuan kita. Curah ekstrem yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut telah memicu banjir bandang dan tanah longsor di berbagai wilayah di Sumatra, meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh,” tulis Ferry.

    “Air merendam permukiman, akses jalan dan listrik terputus, rumah-rumah warga rusak, serta fasilitas umum lumpuh. Ribuan warga kini terpaksa mengungsi dan bertahan hidup dalam kondisi serba terbatas,” sambungnya.

    Adapun kebutuhan mendesak yang disebutkan Ferry antara lain makanan siap saji, logistik, obat-obatan, layanan kesehatan, perlengkapan kebersihan, hingga air bersih.

    A rescuer walks through the mud as the search and rescue operation continues at an area hit by deadly flash floods following heavy rains in Palembayan, Agam regency, West Sumatra province, Indonesia, December 2, 2025. REUTERS/Willy Kurniawan Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

    “Bencana ini meninggalkan luka yang dalam bagi ribuan keluarga di Sumatra. Namun, harapan itu masih ada melalui kepedulian kita semua,” tuturnya.

    Terakhir, jumlah donasi ‘Solidaritas Bantu Korban di Sumatra’ mencapai Rp 10.374.634.800 dari 87.692 donasi. Di akun Instagram @irwandyferry, dia menuturkan bahwa penyaluran bantuan untuk seluruh daerah terdampak terutama daerah terpencil dan terisolasikan akan segera dilaksanakan.

    “Informasi dari tim @kitabisacom , penggalangan dana ini tercatat sebagai penggalangan dana terbesar yang pernah ada di @kitabisacom untuk bencana nasional dan ini dapat terjadi karena kepedulian dan sumbangsih kawan-kawan. Perkembangan selanjutnya akan selalu diupdate secara berkala. Terima kasih,” ucapnya.

    Di kolom komentar, netizen yang mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas kepedulian Ferry dan para donatur untuk korban banjir Sumatra.

    “Bang kalau open relawan aku siap ikut terjun ke lapangan🙌 semoga cepat tersalurkan ke saudara-saudara kita yg sedang mengalami musibah di aceh, sumut dan sumbar,” aku @darwansyahtj.

    “Terlalu gokiel… 🥹 makasih orang orang baik 🫶🏻🙌,” ungkap @bg_juls.

    “LUAR BIASA!! rakyat bantu rakyat 🙌🏻🔥,” seru @__rhmln.

    “SEMOGA REZEKI NYA LANCAR SEMUAA, AAAMIINNN 😭😭❤️❤️❤️,” doa @jeniqlo.

    (ask/ask)

  • Kostum Indonesia untuk SEA Games 2025 Dirilis, Hasil Penjualan untuk Banjir Sumatera

    Kostum Indonesia untuk SEA Games 2025 Dirilis, Hasil Penjualan untuk Banjir Sumatera

    JAKARTA – Kostum atau jersey Kontingen Indonesia untuk tampil di SEA Games 2025 bulan ini sudah resmi dirilis. Beberapa persen dari hasil penjualannya akan dipakai untuk aksi sosial membantu korban banjir di Sumatera.

    Perkenalkan koleksi jersey terbaru yang akan digunakan oleh Kontingen Indonesia pada pesta olahraga dua tahunan itu berlangsung di Terminal 1C Bandara Soekarno–Hatta, Cengkareng, Jakarta, pada Senin, 1 Desember 2025.

    Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, memastikan bahwa sebagian dari hasil penjualan jersey akan dialirkan untuk para korban terdampak bencana alam banjir yang terjadi di Pulau Sumatera.

    “Kami semua sudah berkomitmen karena kami melaksanakan kegiatan ini di tengah-tengah kedukaan yang terjadi di Indonesia maupun di Thailand. Maka, hasil dari penjualan, beberapa persennya, akan dikontribusikan untuk bantuan sosial,” kata dia.

    Hal itu dipertegas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Erick Thohir, dalam unggahan di media sosial Instagram miliknya. Ia mengatakan jersey ini bakal semakin memicu semangat atlet yang berkompetisi.

    “Sebagian hasil penjualan jersey tim Indonesia ini juga akan didonasikan oleh NOC Indonesia untuk penanggulangan bencana alam di Sumatera,” tulis dia.

    Ada tiga jersey yang diluncurkan, terdiri dari jersey dengan dominasi warna merah sebagai jersey pertama, kemudian warna putih untuk jersey kedua, serta terakhir warna palet hijau Bumi untuk jersey ketiga.

    Identitas visualnya menonjolkan kekayaan budaya dan keindahan alam Nusantara yang terinspirasi dari detail ukiran kriya Toraja sebagai simbol warisan bangsa yang abadi serta membentuk karakter Indonesia hari ini.

    SEA Games 2025 akan berlangsung pada 9-20 Desember mendatang. Indonesia akan mengirim sebanyak 996 atlet dengan target mendapat kurang lebih 85 medali emas untuk mengejar ranking ketiga klasemen akhir.

  • Siap-siap! Tarif Tol Sedyatmo Mau Naik

    Siap-siap! Tarif Tol Sedyatmo Mau Naik

    Jakarta

    Tarif ruas Tol Sedyatmo akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat atau naik. Penyesuaian tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo.

    “Dalam waktu dekat akan diberlakukan penyesuaian tarif untuk Ruas Tol Sedyatmo, sesuai dengan Keputusan Menteri PU No. 1325/KPTS/M/2025,” tulis unggahan di Instagram resmi @official.jmmetropolitan, Selasa (2/12/2025).

    Kenaikan tarif tol ini merupakan penyesuaian tarif reguler, di mana evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Hal itu telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2024 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

    Belum diketahui kapan tarif baru Tol Sedyatmo akan diterapkan. Pengumuman ini sebagai bentuk sosialisasi sebelum akhirnya diterapkan.

    “Jangan lupa untuk memastikan saldo uang elektronik sebelum berkendara. Informasi tarif dan kondisi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Grup bisa diakses melalui aplikasi travoy,” ucapnya.

    Ruas tol Sedyatmo terakhir kali mengalami kenaikan tarif pada 20 Agustus 2023. Berikut daftar tarif yang berlaku saat ini:

    • Golongan I: Rp 8.500
    • Golongan II: Rp 11.000
    • Golongan III: Rp 11.000
    • Golongan IV: Rp 12.000
    • Golongan V: Rp 12.000.

    (acd/acd)

  • Kenapa Remaja di Jerman Rentan Ideologi Ekstrem?

    Kenapa Remaja di Jerman Rentan Ideologi Ekstrem?

    Jakarta

    Tahun lalu, dua remaja berusia 15 dan 17 tahun berniat menebar teror di sebuah pasar Natal di Leverkusen, Nordrhein-Westfalen. Dengan berbekal sebuah truk, kedua remaja yang berbaiat kepada kelompok teror Negara Islam (IS) itu berniat menabrakkan kendaraan ke kerumunan dan menewaskan sebanyak mungkin orang. Dua hari sebelum rencana itu terwujud, polisi mencokok keduanya setelah mengendus percakapan mereka di dunia maya.

    Kedua remaja, asal Afghanistan dan Republik Otonom Chechnya di Rusia, pada 2024 dijatuhi hukuman empat tahun penjara. Kasus semacam ini membuat resah aparat keamanan Jerman. Badan Kriminal Federal (BKA) mencatat lonjakan tajam kekerasan dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah tersangka remaja, hingga 17 tahun, melonjak hampir sepertiga sejak 2019. Pada kelompok anak-anak hingga 13 tahun, kenaikannya bahkan mencapai dua pertiga.

    Dalam laporan Statistik Kriminal Kepolisian (PKS) terbaru, BKA mengurai sejumlah kemungkinan penyebab. “Ada indikasi bahwa tekanan psikologis pada anak dan remaja meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tekanan psikologis memang bukan penyebab langsung perilaku kriminal, tetapi dalam kombinasi dengan faktor-faktor lain dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya tindak kekerasan.”

    Faktor risiko: Perang, krisis iklim, pandemi

    Risikonya berlapis: kekerasan dalam keluarga, kurangnya kasih sayang orang tua, kemiskinan, serta kecemasan menghadapi ragam krisis sosial seperti perang, perubahan iklim, dan pandemi. BKA menilai kelompok yang paling rentan adalah anak-anak dan remaja pengungsi. Terasing dan kehilangan arah, mereka mencari jawaban soal makna hidup di internet.

    Sering kali, pencarian itu justru membawa mereka ke kanal para ekstremis – baik yang berbaju agama maupun politik. Kemungkinan terseret masuk ke lingkaran radikalisme pun membesar. Selama lebih dari 20 tahun, kelompok Violence Prevention Network (VPN) di Berlin menangani anak, remaja, dan dewasa muda yang terpapar paham kekerasan. Lembaga swadaya masyarakat itu juga menjadi mitra penting aparat keamanan dalam upaya deradikalisasi.

    Konflik Timur Tengah sebagai pemantik

    Direktur VPN, Thomas Mücke, mengingatkan adanya gejala meningkatnya “kebisuan” antara orang dewasa dan generasi muda. Dari lokakarya tentang Timur Tengah yang mereka selenggarakan di sekolah-sekolah, Mücke tahu betul betapa cepat situasi bisa memanas secara emosional. Karena itu, dia menilai ruang aman untuk berdialog dengan anak-anak dan remaja sangat penting agar mereka tak meluncur ke jalan buntu.

    “Di ruang itulah mereka bisa mengutarakan hal-hal yang sulit diucapkan orang dewasa,” kata Mücke. Dalam ruang seperti itu, mereka bisa diajak berdiskusi, ditantang argumennya, dan dibuka terhadap cara pandang lain. “Kalau kita kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi, para ekstremislah yang menang.”

    Propaganda di TikTok dan platform lain

    “Internet, dengan batas masuk yang rendah dan ketersediaan tak henti, menjadi ruang virtual yang mudah diakses bagi anak muda untuk berjejaring dan mengekspresikan sikap yang penuh kebencian dan siap melakukan kekerasan,” demikian kesimpulan lembaga itu.

    Musuh bersama: Antifa dan komunitas Queer

    Laporan tersebut menyinggung kelompok “Jung & Stark” (JS), yang meroket via Instagram pada 2024. “Perkumpulan baru yang tak terikat jaringan ekstrem kanan regional maupun nasional ini dalam waktu singkat menjadi pintu masuk bagi banyak anak dan remaja ke dunia ekstremisme kanan,” tulis laporan itu.

    Kelompok JS meramu fragmen ideologis yang diracik lewat penentuan musuh bersama: mulai dari kelompok kiri Antifa hingga komunitas LSBTIQ – lesbian, gay, biseksual, transgender, interseks, dan queer.

    Bagaimana meredam gema ruang maya?

    Mengeluarkan anak dan remaja dari gema ruang maya yang sempit kian sulit, menurut pantauan VPN. Feride Aktas, dari divisi “Ekstremisme Berbasis Agama”, kian cemas akan memburuknya kualitas diskursus politik dan sosial.

    “Kita ada di titik ketika kita begitu jauh satu sama lain, sehingga yang pertama harus dipulihkan adalah kemampuan berdialog,” kata Aktas. Karena itu, menurut dia, anak muda tak boleh langsung dihukum atau dicap hanya karena ucapan-ucapan meragukan. Yang penting adalah masuk ke wilayah emosi mereka.

    Peran keluarga dan sekolah

    Dalam percakapannya dengan remaja yang terpapar radikalisme, Aktas masih mendengar gema pandemi COVID-19. Banyak yang merasa tak ada seorang pun hadir untuk mereka—baik di keluarga maupun di sekolah. Remaja demikian tetap merasa kesepian meski berada dalam kelompok. “Dan akhirnya mereka menemukan tempat di kelompok-kelompok yang, lewat berbagai cara, menjerat mereka dalam ekstremisme kanan maupun Islamisme,” ujar Aktas.

    Rekan Aktas, Thomas Mücke, menambahkan bahwa banyak orang tua gagal melihat tanda-tanda dini radikalisasi anaknya. Itu sebabnya ia mendorong keluarga segera mencari bantuan jika ragu. “Kami melihat situasinya secara saksama dan langsung berdialog dengan orang tua.”

    Pelarian eks-IS dari Suriah

    Dalam sepuluh tahun terakhir, VPN menangani 431 kasus yang dianggap “relevan secara keamanan”—orang-orang yang berpotensi membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Di antara mereka, 75 adalah “individu berisiko tinggi”, yang dinilai memiliki ancaman serius terhadap keamanan publik. Ada pula 65 remaja yang pernah bergabung dengan IS dan kembali dari Suriah.

    Indikator keberhasilan VPN terlihat dari angka residivisme. Dari 431 anak dan remaja yang mereka dampingi keluar dari lingkungan ekstremis, hanya dua yang kembali terjerumus.

    Artikel ini pertama kali terbit dalam Bahasa Jerman
    Diadaptasi oleh Rizki Nugraha
    Editor: Yuniman Farid

    (ita/ita)